Metode Input Fonetik Aksara Sunda di Mac OS X

Sabtu, 1 November 2008M
01 Dzulqaidah 1429H

Bahasa Sunda adalah bahasa suara atau bahasa bunyi. Tentunya anda mengenal kosakata Sunda yang sulit dijelaskan artinya, hanya sebagai pengantar atau penjelas, atau bisa disebut juga sebagai sound effect. Misalnya, “Saya mah keur rieut!” atau “Gék manéhna diuk nundutan.” Kata “mah” dan “gék” di kalimat itu tak ada artinya, namun memperjelas kalimat yang diucapkan serta memberi ilustrasi suasana.

Begitu pula dalam penulisan, kosakata Bahasa Sunda ditulis dengan fonetik, sesuai dengan pengucapannya. Misalnya dalam bahasa Indonesia kata “bapak” dibaca “bapa”, sedangkan dalam Bahasa Sunda “bapa” ya juga ditulis “bapa”.

Aksara Sunda yang sudah terdaftar dalam Unicode di bulan Februari tak ada artinya jika sulit digunakan. Salah satu hambatannya adalah Layout Keyboard komputer. Layout keyboard terbanyak dipakai adalah Keyboard Latin, baik di PC atau pun Laptop. Di negara lain pabrikan perangkat keras ada yang membuat keyboard khusus untuk bahasa tertentu, misalnya keyboard Jepang, Jerman, Rusia, Arab dsb. Kita tak bisa memaksa pabrikan untuk membuat keyboard khusus untuk Bahasa Sunda yang berisi tombol-tombol aksara Sunda.

Satu peluang terbaik adalah kaitan aksara Sunda dengan aksara Latin. Aksara Sunda bisa ditulis dalam bahasa Latin, melalui konsonan, vokal dan fonetiknya seperti yang telah ditetapkan di tabel Unicode. Aksara Konsonan (ngalagena) diwakili oleh aksara konsonan Latin dengan tambahan aksara KH dan SY, juga dengan aksara vokalnya (swara), a-i-u-é-o-e-eu.

Aksara Latin é tidak tertera pada layout keyboard Latin, untuk hal tersebut Unicode mewakilkan é menjadi ae.

Dengan lengkapnya aksara konsonan dan vokalnya ini saya mencoba membuat metode input fonetik aksara Sunda dengan keyboard Latin. Saat ini baru di sistem operasi Mac OS X dan sangat terbantu dengan font Sundanese Unicode.

Metode input fonetik adalah suatu cara menuliskan aksara dengan gabungan aksara Latin. Jadi tidak dengan satu tombol muncul aksaranya secara langsung di layar, tapi dengan dua atau lebih tombol. Tanpa metode input fonetik akan terasa rumit bagaimana memasukkan simbol-simbol SWARA, PAMAÉH, PAMEPET, PANGHULU, PAMINGKAL, PANYIKU, PANYUKU dsb.

Misalnya pada kita menuliskan BERITA (ᮘᮨᮛᮤᮒ) di keyboard Latin maka kita menekan tombol B-E-R-I-T-A. Dalam aksara Sunda, secara fonetik tertulis sebagai BE-RI-TA. Di sinilah fungsi input fonetik bekerja, yaitu bagaimana komputer menerjemahkan BE menjadi aksara BA ditambah dengan PAMEPET, menerjemahkan RI menjadi aksara RA ditambah PANGHULU dan menerjemahkan TA menjadi aksara TA.

Pemenggal fonetik dalam metoda input ini adalah menggunakan tombol SPASI, jadi setelah menekan BE, aksara BA+PAMEPET belum muncul, harus diakhiri dengan SPASI agar muncul aksara yang dimaksud (dan spasi di layar tidak akan menjadi karakter spasi). Jika diakhiri dengan ENTER maka BE akan tertulis BE dalam aksara Latin.

Lalu bagaimana kita menuliskan kata TRANG TRANG KOLÉNTRANG (ᮒᮢᮀ ᮒᮢᮀ ᮊᮧᮜᮨᮔ᮪ᮒᮢᮀ)?
Sesuai dengan kaidah aksara Sunda, kata tersebut kita bagi dulu secara fonetik menjadi TRANG-TRANG-KO-LÉ-N-TRANG. Fonetik TRANG adalah gabungan aksara TA ditambah PANYAKRA (menjadi TRA) dan ditambah -NG (PANYECEK) menjadi satu fonetik TRANG. Fonetik LÉ selanjutnya adalah aksara LA ditambah PANÉLÉNG dan N adalah aksara NA ditambah PAMAÉH.

Aksara é yang tidak ada di keyboard kita ganti dengan ae, sehingga kita akan menuliskannya menjadi
TRANG_ TRANG_ KO_ LAE_ N_ TRANG_
Simbol garis bawah (_) maksudnya adalah spasi sebagai pemenggal fonetik saat mengetik.

Suku kata fonetik tersebut saya tuliskan dalam library INPUT PLUGIN yang bisa digunakan di lingkungan sistem operasi Mac OS X, sehingga saya bisa mengganti metode input U.S. Keyboard menjadi input fonetik aksara Sunda.

Input plugin tersebut bisa anda unduh (bernama sundanese.inputplugin) dan cukup di-copy ke folder ~/Library/Input Methods/. Selanjutnya anda harus logoff terlebih dahulu agar file sundanese.inputplugin terdaftar di System Preferences – International – Input Menu, dan bisa diaktifkan. Jangan lupa, install font Sundanese Unicode ke dalam sistem, karena saat ini font tersebut satu-satunya yang memiliki aksara-aksara Sunda dalam tabel Unicode.

System Preferences - International - Input Menu Menu Bar - Sundanese (Phonetic)

Kurang lebih 2.000 suku kata fonetik saya tuliskan di input plugin tersebut. Mohon dilaporkan jika ada kesalahan terutama dalam penulisan gabungan simbol PAMINGKAL, PANYAKRA dan PANYIKU dengan simbol PANYECEK, PANGLAYAR dan PANGWISAD.

Untuk sistem operasi lain saat ini belum saya buat, atau mungkin anda tertarik juga untuk membuat metode input fonetik ini di sistem operasi Linux dan Windows.

Berikut contoh hasil penulisan aksara Sunda di aplikasi NeoOffice (selayaknya saya contohkan dalam bentuk video agar terlihat bagaimana proses penulisan yang saya jelaskan di atas). Nanti saya usahakan contoh dalam format video.

Sundanese script on NeoOffice
Bug yang sudah ditemukan:
1. Simbol PANÉLÉNG seharusnya tergambar di sebelah kiri konsonan meskipun diketik setelah konsonan, terkadang simbol ini tergambar di sebalah kanan konsonan.
2. Simbol di atas konsonan, PANGHULU, PANGLAYAR, PANYECEK, PAMEPET dan PANEULEUNG kadang bertumpuk, bukan berendengan. Begitu juga simbol PAMINGKAL, PANYAKRA, PANYIKU dengan simbol PANYUKU.


Kata siapa orang Sunda tidak bisa bilang ef atau ve?
Itu pitnah dan sama sekali tidak memotipasi!

Komentar

37 komentar untuk catatan 'Metode Input Fonetik Aksara Sunda di Mac OS X'

  1. #1
    gravatar

    Tangkapan layar NeoOffice di atas ada kesalahan pada ejaan latinnya, seharusnya awéwéna, tapi dalam aksara Sunda-nya sudah benar (menggunakan panéléng, bukan pamepet).

  2. #2
    gravatar

    Terima kasih, Kang Jay.. Btw, Ada tips untuk menggunakannya di (salah satu distro) Linux, Kang?

    *belum sempet tanya Google* :(

  3. #3
    gravatar

    Belum sempat ngoprek di Linux, euy…
    Mungkin harus mempelajari dulu Smart Common Input Method (SCIM) agar bisa menambahkan metode inputnya.

  4. #4
    gravatar

    kalo untuk windows, bagaimana ?

  5. #5
    gravatar

    Wow, wow, wow *kagum*.
    Font-nya donk. Cari di mana?

  6. #6
    gravatar

    Font-nya download di http://daluang.com/gembolan-paket-unicode-aksara-sunda-v100/

  7. #7
    gravatar

    Mungkin harus start dari sini http://lists.freedesktop.org/archives/scim/2004-October/001024.html untuk membuat library fonetik-nya (.mim)

  8. #8
    gravatar

    bolehlah.. bagi bagi font na kang:)

  9. #9
    gravatar

    Tentang masalah “rendering”, saya coba buat “screenshots” aplikasi yang berbeda-beda di Ms Windows XP SP3.

  10. #10
    gravatar

    PS.. Silakan lihat di URL yang saya lampirkan berikut:
    http://jamparing.sytes.net/aksara/index.php?q=node/32

  11. #11
    gravatar

    Terima kasih kirimannya. Saya buat dalam satu artikel pendek di sini:
    http://jamparing.sytes.net/aksara/index.php?q=node/33

  12. #12
    gravatar

    Horeee, om Jay menulis lagi. Dah lama nggak nulis lho om…

    BTW, saya ini seneng bahasa Sunda tapi nggak bisa bahasa Sunda, hanya bisa mendengar dan mencoba mengerti saja.

    Kalau semakin diimprove, support bahasa Sunda ini tentu akan semakin baik. Kan masih lebih susah nulis kanji daripada nulis bahasa Sunda :-)

  13. #13
    gravatar

    “Itu pitnah dan sama sekali tidak memotipasi!”

    hehehehe…

  14. #14
    gravatar

    Naik pesva, minum panta… upload content ke server nya pake ep-te-ep…. ada juga variannya : upload content ke server pake ep-te-vi…

  15. #15
    gravatar

    Kata siapa orang Sunda tidak bisa bilang ef atau ve?

    Tentang fa-qa-va-xa-za:
    “Kelima buah aksara dimaksud bukan berarti sebagai ciptaan baru, akan tetapi dengan cara mengaktifkan beberapa varian lambang aksara Sunda Kuno yang intensitas kemunculannya tidak begitu tinggi. Lambang aksara fa dan va merupakan varian lambang aksara pa; lambang aksara qa dan xa adalah varian lambang aksara ka; lambang aksara za adalah varian lambang aksara ja.” (Direktori Aksara Sunda untuk Unicode, hal 65-66).

  16. #16
    gravatar

    jadi simplified sunda:
    F dan V menjadi P;
    Q dan X menjadi K;
    Z menjadi J…

    :-?

  17. #17
    gravatar

    Cikaracak Ninggang batu, laun-laun Kana Komputer…

  18. #18
    gravatar

    [...] Linux yang ada di laptop saya mencoba menulis aksara Sunda dengan metode yang sama di Mac OS, yaitu phonetic input methods. Setelah membaca-baca referensi dan HOWTO, saya temukan metode input [...]

  19. #19
    gravatar

    [...] di layout keyboard PC standar) diganti menjadi ae. Hal ini pula yang memudahkan saya membuat metode input fonetik di Mac dan di Linux. Di Windows saya belum tahu caranya. *duh, [...]

  20. #20
    gravatar

    #15

    Kata siapa orang Sunda tidak bisa bilang ef atau ve?

    Pitnah!

  21. #21
    gravatar

    kade aksara sunda anu Ngalagena saurna tos di gentos janten Kaganga anu langkung sampurna tapi da upami ditinggal mah sakedik bentenna, aya huruf-huruf nu benten.

  22. #22
    gravatar

    saya baru tau kalo mengaplikasikan fonetik itu ternyata sangat sulit. great thought guru :D

  23. #23
    gravatar

    Buat saya justru lebih mudah meng-input fonetik daripada harus menghafal layout keyboard baru.

  24. #24
    gravatar

    [...] pamaké komputer nu resep uprak-oprék dina sistem Unix, tulisan Kang Jay dina basa Indonésia, Sundanese Phonetic Input Method, bisa dijadikeun référénsi penting. Kang Jay ku anjeun maparin pituduh awal dina cara maca jeung [...]

  25. #25
    gravatar

    mank da software aksara sunda???
    pengen psan??
    nyari di google g da??
    dmana att??
    gmana cara ngedownloadnya??

  26. #26
    gravatar

    aku sama sekali ngga ngerti sama aksara sunda dan butuh banget aksaranya buat tugas sekolah..
    ada direction yang lebih mudah ngga ?
    makasih^^

  27. #27
    gravatar

    selamat pagi everyone. This is Saleh from Florida. For my Ph.D. dissertation, I am looking for English-Indonesian dictionary (kamus) or any book that shows how Indonesian words are transcribed phonetically. If you have come across one before, or if you know of any useful book, please don’t hesitate to reply to this message. Thanks!

  28. #28
    gravatar

    Hatur nuhun Kang, elmuna os katampi pisan.
    Mung nu bade ditaroskeun teh perkawis bug-na tea kumaha cara ngungkulanana? Simkuring ngangge Office for Mac, leres pisan paneleng-na janten aya di palih katuhu, lajeng simbol-simbol anu sanesna numpuk henteu ngarendeng. Kedah dikumahakeun ngalereskeunana?
    Diantos waleranana.

  29. #29
    gravatar

    nuhun kang

  30. #30
    gravatar

    Sampurasun juragan,,, Bade tumaros yeuuuhh,,, Perkawis aksara ngalagena simkuring teh nganggo buku na kang Tedi Permadi,, Kinten-kinten aya deui terbitan anu sanes teu kang,, Hatur nuhun,,

  31. #31
    gravatar

    sampurasun! kang, punten. sim kuring bogoh kana aksara sunda kaganga. kumaha mun hoyong ngainstallkeunana dina laptop kuring?? mun tiasa ngadownloadna ka mana??? nuhun………….

  32. #32
    gravatar

    sampurasun…. saya sedang belajar mengkaji sastra, dari aksara sansekertha – sunda kawi – kawi jawa – kawi bali dan aksara sunda diatas yang tertulis, mana yang lebih dahulu akan keberadaannya, karna jika kita amati lebih dalam menurut pandangan saya pribadi sastra palawa sunda kawilah yang paling pertama keluar di jagat buana ini, dikarnakan ejaan dalam sastra serta geguritannya dikembangkan dalam bahasa lain (negara lain), salah satu contoh Ha Na Ca Ra Ka yang disunda serupa tapi tak sama dari jawa, sedangkan dari kawi bali terpunggal beberapa bait dan aksara sunda kawi ejaanya hampir serupa dengan tulisan india dan thailand, jika kita melihat nusantara berkibar maka disanalah kita tahu bahwa Sunda Kawilah sebenarnya berada yang dimotori oleh Patih Gajah Mada cucu dari Padjadjaran yang menyamar guna masuk majapahit berada sebagai patih guna menumbangkan majapahit. bila berkenan team peneliti yang mau bersusah payah menelusuri maksud tersebut hendaknya mempelajari cikal bakalnya yang benar dan bukan berdasarkan emosi serta pamor + politik belaka.mohon maaf bila salah penjabaran maksud terungkap. Rampes (budak angon)

  33. #33
    gravatar

    nuhun kang infonya
    parah euy, saya tanya anak bandung banyak yang teu bisa aksara sunda

  34. #34
    gravatar

    sampurasun , kang kompie saya kan windows 7 , terus pake microsof word 2007 , tolong dong gimana caranya supaya bisa masang aplikasi aksara sunda (ngalagena)
    plisss bantuin ..
    :))

  35. #35
    gravatar

    Kan System Operationnza iPad pake Mac OS, lalu apakah bisa dipakai di iPad?

  36. #36
    gravatar

    love it

    Jay adalah Yulian » Metode Input Fonetik Aksara Sunda di Mac OS X

  37. #37
    gravatar

    punten kang cara masuk keun kana aplikasina kmha cara naa nya?

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.