Kembang Sepatu

Senin, 25 Juni 2007M
10 Jumadil Akhir 1428H

Bunga Kembang Sepatu banyak kita temukan di mana-mana. Seringnya menjadi tanaman penghias halaman rumah atau di taman-taman. Sewaktu kecil saya tak habis pikir dari mana itu nama sepatu bisa dilabelkan ke bunga merah berkelopak lima ini, setelah bertanya ke bapa ternyata nama kembang sepatu itu berasal dari fungsinya yang bisa menggantikan semir sepatu. Waktu itu saya coba dengan bunganya yang masih kuncup tapi sudah panjang dan digosokkan ke sepatu kulit dengan lap biasa. Hasilnya lumayan.

Bunga Kembang Sepatu yang mekar

Kreativitas masa kecil dengan tumbuhan bunga ini adalah daunnya. Daun kembang sepatu sering saya gunakan untuk membuat bahan mainan balon-balon air. Beberapa lembar daun kembang sepatu diremas-remas dalam air hingga airnya agak berminyak (seperti membuat cingcau hijau). Setelah dirasa cukup kental airnya kemudian membuat ring kecil bergagang dari kawat yang dibalut benang rajutan. Biasanya minta benang rajutan ini dari teteh saya yang nyambi sepulang sekolah merajut topi-topi kecil buat topi boneka pesanan. Celupkan ring tersebut dan tiup, dan menyemburlah puluhan balon-balon air di udara. Jika tak ingin meniup cukup dikibas-kibaskan saja. Saya lupa, kalau tidak salah sedikit dicampur dengan secolek sabun beken bermerk B29 berwarna kuning.

Kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis) adalah tanaman semak suku malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah jambu atau merah tua. Nu beureum euceuy oge seueur!

Bunga Kembang Sepatu yang masih kuncup

Di malaysia, kembang sepatu disebut sebagai Bunga Raya dan ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960.
Bunga nasional Indonesia apa, ya?
Anggrek?
Kembang Pete?

Tak hanya penampilan sederhananya di taman-taman yang berguna dari kembang sepatu ini, juga fungsi darurat semir sepatu dan bahan pewarna untuk makanan, bunga ini mempunyai khasiat kesehatan juga. Dulu sering iseng juga kuncup bunganya yang segera mekar sering diambil dan dihirup madunya. Manis.

Bunga kembang sepatu mengandung hibiscetin, sedangkan batang dan daunnya mengandung kalsium oksalat, peroksidase, lemak, dan protein. Berkhasiat mengobati bronchitis, gonorhoea (kencing nanah), haid tidak teratur, obat sakit panas, demam pada anak-anak, sariawan, batuk, gondok, dan sakit kepala.

Spesies hibiscus yang lain, yaitu hibiscus sabdariffa atau roselle cukup dikenal di Mexico dan dibuat minuman yang bernama Jamaica, atau hibiscus tea. Berikut beberapa metoda pengolahan sederhana sebagai obat:

  1. Ramuan untuk bronchitis, cuci dua kuntum bunga kembang sepatu, lalu tumbuk sampai halus. Beri 3/4 gelar air masak dan sedikit garam. Aduk ramuan tersebut hingga merata, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari. Atau bisa juga dengan ramuan, rebus 2-3 kuntum bunga kembang sepatu dengan 2 gelar air sekira 15 menit, kemudian saring. Air rebusan yang telah disaring diminum dua kali sehari.
  2. Ramuan untuk kencing nanah, cuci enam kuntum bunga kembang sepatu, rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa 3/4 gelas. Setelah itu, saring dan didiamkan (diembunkan) selama satu malam. Minum dengan madu tiga kali sehari sebanyak 1/2 gelas.
  3. Ramuan untuk haid tidak teratur, cuci tiga kuntum bunga kembang sepatu, lalu giling hingga halus. Tambahkan satu gelas air masak dan sedikit cuka. Selanjutnya peras dan saring. Minum 2-3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.
  4. Ramuan untuk sakit panas, tumbuk akar kembang sepatu secukupnya hingga halus, rebus dengan tiga gelas air mendidih sekira 30 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.
  5. Ramuan untuk demam pada anak-anak, lumatkan daun kembang sepatu segar secukupnya dengan sedikit air. Lumurkan di seluruh badan 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sariawan dan batuk, rebus daun kembang sepatu secukupnya dalam tiga gelas air mendidih selama 15 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari.
  6. Ramuan untuk gondok, siapkan akar kembang sepatu secukupnya dan air secukupnya. Akar diserbukkan dan direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam. Kompreskan pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sakit kepala, serbuk daun kembang sepatu direbus selama 1/2 jam dan dikompreskan pada dahi.

Katanya –ceuk saha?– bunga kembang sepatu ini dipakai juga di dunia kosmetik. Oleh industri kosmetik, sari bunga sepatu telah dipetik khasiatnya, dikemas dalam seri produk lotion yang mengunggulkan kemampuan menghaluskan dan memutihkan kulit. Lho, katanya menghitamkan sepatu? Duh, pemutihan kulit, standar kecantikan industrialis!

Komentar

45 komentar untuk catatan 'Kembang Sepatu'

  1. #1
    gravatar

    nuhun, kang. nuhun, nuhun :)

  2. #2
    gravatar

    hey
    thanks for the article
    gw tertolong dengan artikel kembang sepatu yang di post di sini
    thx a lot

  3. #3
    gravatar

    Dulu mah saya buka ujung kelopak nya dan ada yang manis yang sikumbang dan kupu-kupu mau, trus di sedot manis deh…
    22 tahun lalu, he..he..

  4. #4
    gravatar

    makaSih banGeT gambarnYa. Soalny n! gambar bu@t tugAS seK0l@h.. He…he…

  5. #5
    gravatar

    bunga sepatu adalah bunga kesukaanku coz……sederhana dan banyak daunnya artinyaa melindungi

  6. #6
    gravatar

    Pak, mo nanya nih!
    kalau ekstraksi daun kembang sepatu baiknya di Refluks atau maserasi?
    alasannya kenapa?

  7. #7
    gravatar

    Weleh….weleh……………….!
    nggak nyangka juga ya ternyata khasiat kembang sepatu banyak buanget!saya harap temukan lagi khasiatnya ya……………. karena di depan rumah saya banyak bunga sepatu.

  8. #8
    gravatar

    mas aku mau tanya. Apa sih manfaat bunga sepatu bagi pewarnaan makanan

  9. #9
    gravatar

    Uraian dalam artikel ini sangat referentif. Untuk menambahkan,sebagaimana saya ketahui dari Buku “Hindari Ketergantungan Obat” bahwa bronchitis bisa juga disebabkan oleh saluran bronchus meradang dan berlendir menyebabkan tekanan meningkat sehingga kemampuan paru-paru untuk mengkompresikan oksigen ke dalam darah menjadi menurun atau berkurang.
    Penyembuhannya dengan Normalisasi Pennasia untuk menormalisasi proses reaksi yang terjadi dalam tubuh secara maksimal sehingga dapat sembuh alami. Untuk lebih jauh, anda bisa belajar penyembuhan alami ini. Silahkan kunjungi SembuhAlami.com

  10. #10
    gravatar

    tak ada yg membahas ekstrak kaembang sepatu ….. loew ada please munculkan

  11. #11
    gravatar

    minta bagian2 kembang sepatu na dunk…

  12. #12
    gravatar

    thx infonya. to referensi….
    gw mo bwt artikel ttg kembang sepatu

  13. #13
    gravatar

    saya mau tanya, bagaimana cara menanam bunga sepatu?? bagian apa yang diambil supaya bisa dikembangbiakkan??
    matur nuwun

    pf:tolong secepatnya di-reply ya. Thanx ;)

  14. #14
    gravatar

    Salam kenal ya..
    Kembang sepatu?
    heem.. suka di ambil bagian bawah bunganya trus dirasain sarinya,, enak,, manis…

  15. #15
    gravatar

    saudara sy minum daun wera klo mo lahiran,…ilangin mulesnya kontraksi,..But…ni ktnya lhoo….masalahnya sy ga liat sendiri wktu dia melahirkan,..n..sy jg lom prnh coba

  16. #16
    gravatar

    nie jadi tugas iPA ku… q nyari dengan judul Takson Bunga Sepatu… hehehehe

  17. #17
    gravatar

    oh, bisa jadi obat yah.. kalo lagi gk ada obat, nyobain ini aja deh :D

    Makasih infonya….

  18. #18
    gravatar

    ekstrak kembang sepatu juga bisa untuk mengetahuai aman tdknya air utk di konsomsi dengan cara campur ekstrak kembang sepatu dengan air apabila tdk berubah warna maka air itu aman utk dikonsumsi

  19. #19
    gravatar

    […] mainan kanak-kanak, yang sekali tiup dapat memunculkan puluhan balon itu. Sampai kemudian ada yang memberitahu saya rahasianya: kembang sepatu. Maka sore itu saya ajak anak saya memetik beberapa helai daunnya […]

  20. #20
    gravatar

    terima kasih infonya, bagus sekali, pertanyaan saya jadi terjawab kenapa dinamakan kembang sepatu. padahal engga ada bentuk sepatunya sama sekali. lol. buat mba mira, iya, saya juga pernah mainan minyag goreng pura2. asyik seru banget waktu kecil….

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.