God Bless dan Gong 2000: Musik Cadas Progresif Indonesia

Sabtu, 23 Juni 2007M
08 Jumadil Akhir 1428H

Musik rock atau musik cadas adalah salah satu genre yang saya nikmati. Salah satu genre yang mengakar ke musik rock ini adalah jenis progressive rock, musik cadas progresif. Haha, bikin istilah sendiri. Musik cadas progresif yang pertama kali saya dengar di pertengahan 80-an adalah album Genesis era Phil Collins dan album Yes 90125. Waktu itu saya anggap kedua musik di atas adalah genre Pop-Rock, sebab musik lain yang saya dengarkan adalah Emerson, Lake and Palmer, Deep Purple, Led Zeppelin, Scorpions (era heavy metal dan blues-rock-nya) dan tak lupa musik standar yang berkesan “wajib didengarkan” yaitu The Beatles dan The Rolling Stones. Setun A. Setun A! Setun anying!

Album God Bless: Cermin (1980)

Dari kubu musik dalam negeri tak lupa saya mendengarkan kedua album God Bless, debut albumnya yang dirilis tahun 1975 dan album Cermin di tahun 1980. Saya menyukai kedua album God Bless ini karena kehebatan mereka menyerap warna musik progresif dan art-rock Yes dan ELP dengan nuansa pentatonis dan lirik bahasa Indonesia, terutama pada dentingan piano/kibor Yockie Suryoprayogo. Kala itu banyak anggapan bahwa bahasa Indonesia tak cocok dijadikan lirik lagu rock, apalagi progressive rock.

Di era yang sama, Harry Roesli dan Guruh Soekarno Putra pun banyak menyerap unsur-unsur art-rock dan progressive rock ke dalam karya-karya mereka, juga memasukkan unsur-unsur pentatonis. Mengenalkan kepada penikmat musik, inilah rock Indonesia, inilah rock progresif Indonesia, bahkan dengan lirik-lirik positif yang membanggakan negeri Indonesia. Suatu yang jarang kita temukan lagi di musik-musik Indonesia saat ini, sudah berubah seperti yang dituliskan oleh Mira.

Grup band Yes yang meluncurkan hits “Owner of a Lonely Heart” cukup mengecewakan penggemar fanatik musik cadas progresifnya. Meski memang menjadi lagu populer dan menambah fans mereka, namun bagi para penggemar fanatiknya cukup aneh ketika konser Yes dipenuhi penonton perempuan-perempuan di depan panggung festival berteriak histeris. Mereka kemudian membentuk grup band baru yang diberi label “Anderson Bruford Wakeman Howe” (ABWH) yang cukup mengobati penggemar Yes untuk kembali mendengarkan angelic sound Jon Anderson, sayatan gitar Steve Howe dan jeritan kibor Rick Wakeman.

Hal tersebut terjadi juga di tubuh God Bless. Album Raksasa yang menjadi hit menjelang akhir tahun 1990-an dirasa kurang membawa konsep musik lamanya, musik baru God Bless terlalu didominasi gitar dan musik yang dibawa oleh Eet Syahranie, membawa warna musik Van Halen. Gong 2000 menjadi obat bagi penggemar God Bless lama, bahkan jauh lebih kental bagi mereka yang merindukan dentingan piano dan kibor bernuansa pentatonis (digantikan Harry Anggoman), cabikan bass Donny Fatah serta sayatan gitar Ian Antono. Dan tak lupa lirik-lirik lagu Gong 2000 yang menggigit. Bahkan penggemar pun tak peduli, apakah mereka Gong 2000 atau God Bless.

Arahkan wajah ke mana kau suka… segera
Langkahkah kaki ke mana kau mau, tak perlu ragu
Tajamkan tekad sedahsyat bencana… yang murka
Singkirkan nafsu patahkan belenggu, bebaskan dunia

Namun tengoklah ke sini
Tak seharusnya ke sana
Di sini… semua ilmu menjadi bumi
Di sana… semua ilmu menjadi api
Ke sini… yo yoo

Konser Gong 2000 di lapangan Parkir Timur Senayan pada tanggal 26 Oktober 1991 cukup menggembirakan penikmat musik God Bless atau Gong 2000 ini. Lagu lama God Bless dari album Cermin diaransir ulang, seperti “Selamat Pagi Indonesia”, “Sodom dan Gomorah” serta “Anak Adam”, dibawakan dengan warna musik yang lebih modern. Satu-dua lagu dari album Semut Hitam dan tentunya lagu-lagu dari album Gong 2000 sendiri.

Tahun 1997, God Bless bersatu kembali, mencoba memberi warna baru dengan duo gitar Ian Antono dan Eet Syahranie dalam album Apa Kabar. Namun tidak menggigit di publik penikmat musik cadas progresif. Dan di akhir tahun 2000 Gong 2000 dibubarkan. Sungguh disayangkan, termasuk ucap Achmad Albar sendiri.

“Sayangnya masyarakat mengenal Gong 2000 sebagai grup band. Padahal hanya sebatas komunitas antar musisi untuk bersama-sama membenahi kondisi sekaligus, mencari jalan bagi musisi muda berbakat. Kalaupun nanti Gong 2000 melegenda, itu saya serahkan ke masyarakat,” tutur Ian.

Bubarnya Gong 2000, ternyata sangat disayangkan oleh Achmad Albar. “Saya sebenarnya tidak rela grup ini bubar. Namun saya berharap Ian akan melanjutkan dengan obsesinya yang baru,” kilah Iyek, nama akrab Achmad Albar, yang telah bekerjasama dengan Ian selama 25 tahun.

Apakah ada musik cadas progresif lain saat ini yang membawa unsur Indonesia dalam lirik dan musiknya?
Mungkin hanya tinggal legenda.

Mei 2009, God Bless merilis album baru, berjudul 36th sebagai simbol ulang tahunnya yang ke-36.

God Bless 36th

God Bless 36th

01. N.A.T.O.
02. Prahara Timur Tengah
03. Kar’na Kuingin Kau Bahagia
04. Biarkan Hijau
05. Pudar
06. Jalan Pulang
07. Sahabat
08. Syair Untuk Sahabat
09. Dunia Gila
10. Rock’n Roll Hidupku

Komentar

134 komentar untuk catatan 'God Bless dan Gong 2000: Musik Cadas Progresif Indonesia'

  1. #1
    gravatar

    Bang Iyek emang keren. Belum lagi model rambutnya. Susah lho punya rambut dengan model kribo total begitu.

  2. #2
    gravatar

    gw gak tau banget liri2k god bless, tapi yang gw tau lagu2 indonesia jamana dahulu mempunyai lirik yang mudah didengarkan, tidak ada kalimat perumpamaan. contohnya koes plus.

  3. #3
    gravatar

    Sebelum dibilang kena sindrom “kakek-kakek” yang selalu menganggap jaman dulu selalu baik, menurut saya di era 70-80-an memang musik Indonesia memiliki warna yang lebih “progressive” dari sekarang. Di bagian ROCK, di samping God Bless, Gong 2000, ada Makara (lagu laron-laron), Solid (Tony Wenas udah jadi lawyser he he), dan sebagainya. Kalau sekarang ada juga yang menarik seperti Discuss, Imanissimo dan tentu saja Samba Sunda. Sepertinya bung Jockie lagi siap-siap album baru yang “bau-baunya” bakal asyik juga.

  4. #4
    gravatar

    Bukan generasi God Bless.

  5. #5
    gravatar

    wah, god bless… asli saya nggak begitu ngerti musik mereka, tapi sekarang saya ngerti generasi tahun kapan om jay ini hihihi :D

  6. #6
    gravatar

    #1: Kalo engga salah diameter kribonya pernah lebih dari 60cm.

    #2: Hehe, Koes Plus mah generasi 60 sampe 70-an awal.

    #3: Laron-laron desa berduyun-duyun ke kota… (heuheu, jaman Jakarta mulai diserbu pencari hidup dari kota-kota kecil)

    #4: Generasi Tommy J. Pisa?

    #5: Apalagi kalo dengerin musik ELP, Yes atau Genesis era Peter Gabriel. :D

  7. #7
    gravatar

    pokoke, God Bless maupun Gong 2000 is the best in Indonesia… and in my iTunes playlist :D

    lagu wajib? Menjilat Matahari!

  8. #8
    gravatar

    tidak ada band muda indonesia yang mampu menggeser god bless dan gong 2000 dari playlist iTunes di PowerBook, iPod maupun Walkman!

    * generasi muda god bless yang terlambat lahir *

  9. #9
    gravatar

    Godbless-Raksasa itu gak terlupakan. Bagian dari masa muda.
    Kalau album Cermin sdh dirilis ulang lg blom? Baru punya “Huma diatas Bukit” saja nih
    Tapi susah melupakan gaya melodius permainan Ian Antono ya?…

    Salam GodBless…

  10. #10
    gravatar

    Mau jadi legenda sekarang susah, karena industrinya udah menganut economic velocity. Major label selalu pegang peranan lebih banyak. Jangankan di Indonesia, di Amrik juga udah kayak gitu.

    Btw, Howe sempet bikin band sendiri selepas Yes, namanya Asia dan corak musiknya ga jauh beda :D

  11. #11
    gravatar

    #10: Supergroup Asia lebih ke genre arena rock. Ya karena memang pecahan Yes, ELP dan King Crimson.

    *duh, full discography Asia entah menghilang ke mana, cuma nyisa Anthologia*

  12. #12
    gravatar

    ASIA jauh banget ama YES. Mungkin karena ada si Downes, yang hobby-nya bermanis-manis ria. Untuk group baru, coba dengerin Apple Pie (Rusia).

  13. #13
    gravatar

    kangen sama album “Selamat Pagi Indonesia” nya GodBless neh… hik hik….

  14. #14
    gravatar

    Kalo ini Om Jay, kan enak juga:

    * OneWay.
    * RedSpider.
    * Roxx.
    * Lost Angels (sekarang Boomerang).
    * Brigade Metal.
    * Adi Metal Rock Band.
    * Pythagoras.
    * Kaisar (oooo.. kasta manusia.. :d)

    Hehe.

  15. #15
    gravatar

    musik cadas?? dah lama ga denger istilah ini, saya suka gebukan drum yaya muktio di gong2000, meski drum kok kesannya melodius gimana gitu :D **hi, salaman**

  16. #16
    gravatar

    hmmm king crimson dah denger jay? maut2 tuh personelnya, terutama yg era 80an. ngambil2in musisi dari yes, ELP, frank zappa dll

  17. #17
    gravatar

    Goodbless yang saya suka pada saat permainan eet syahrani saja…
    Sound Gitarsnya Cadas boo… :D

  18. #18
    gravatar

    [...] tulisan Om Jay tentang God Bless dan Gong 2000: Musik Cadas Progresif Indonesia, saya jadi teringat masa SMP di kampung. Sambil tangan diacungkan ala metal, kalau ada pertunjukan [...]

  19. #19
    gravatar

    saya kagum sama mas eetnya,,uih ngerih boo tehnik gitarnya

  20. #20
    gravatar

    keracunan God Bless pada tahun 1988.
    Setiap hari brainwash ama lagu semut hitam… gag niat menghapal tapi akhirnya jadi hapal karena seharian kasetnya disetel terus.

  21. #21
    gravatar

    walah….
    God Bless paling suka kalo lagu yang diaransemen kang Ian.. hormonisasinya keren!!
    Rumah Kita, Pangung Sandiwara, Anak Kehidupan, Apa Kabar, Saksi Gitar Tua, Nurani, Damai yang Hilang… karya mereka baik GodBless,Gong200, maupun albun solo Ahmad Albar.

    Satu yang saya cari sekarang adalah lagunya (Ahmad Albar) ‘Dunia Huru-hara’ dan ‘Muhammad Ali’
    Eh.. teman-teman, Ada yang punya album ‘Makara’ gak? Tolong di jadiin MP3 donk.. biar abadi. Album ini pertama dan satu-satunya yang HUEEEBAATT! banget secara saya. “Laron-laron” benar2 fenomenal. Sayang kang Harry Moekti keburu pensiun dari tarik suara selepas Adegan.

    ‘Gelap,.. gelap terasa dunia ini.. seakan mendung..sepanajng masa..’
    ‘Suram… betapa suram hidup ini.. bila sinar terang, menghalau mendung ini…’
    ‘Kegelapan yang datang tak mungkin selamanya… nanti akan berakhir..’
    (Asyik banget tuh lagu… aransemen ciamik)

    Coba bandingkan dengan lagu-lagunya Peter Pan atau Ungu…. jauuuuh bok!!

    * kena sindrom kakek-kakek *

  22. #22
    gravatar

    Kang Jay… suka menikmati ‘SPIRIT Band’ gak…. kalau iya, bahas donk !!!!

  23. #23
    gravatar

    [...] lagi seandainya kuasa membuka mulut mungkin akan berkata selamat pagi Indonesia, cintaku –God Bless: Selamat Pagi [...]

  24. #24
    gravatar

    gak ngebosenin smpe kapan pun pasti di nikmati.karna didalam nya ditumbuhi musisi yg bener2 punya soul yg bagus tentang seni……..GBU

  25. #25
    gravatar

    GODBLESS….!!! KEEP ROCKIN!!!!
    tiada hari tanpa dengerin Godbless…biar di tingkat 17-an…ampe festival versi Log Zhelebour gw selalu bawain lagu2 godbless!!!
    tidak ada band jaman canggih seperti sekarang ini yang dapat menggantikan kehebatan GODBLESS di tanah air ini!!! paling berkesan ama konser mereka di kota Tasikmalaya tahun 1986! gw paling suka album Semut Hitam 1988 ! pokona sakali godbless…tetap godbless bukan yang lain!!!!!

  26. #26
    gravatar

    Bicara Rock Indonesia….?
    Salah 1 nya dan yg terbesar hanya Achmad A & Company, dr sisi manapun anda melihat baik olah,gaya & ciri vokal tak ada 2nya di negeri ini. Begitu jg dengan karakter aransemen Ian Antono,apapun materinya soulnya selalu ROCK.
    Kolaborasi ke-2 tokoh tsb menghasilkan harmonisasi lagu yg layak disebut sbg musik Rock Nusantara.Ian Antono bukan penganut dewa gitar/Shredder(pendekar yg hidup dijalan gitar)meski kulikan gitarnya jg sukar dicari persamaannya ,tp Ian tipikal musisi sejati yg rajin b’experimen dgn b’macam gaya lagu.Mungkin tdk b’lebihan andai disejajarkan dgn Jeff Beck.
    Dari era awal-kini Godbless, 2 Kribo, Dangdutnya Albar(album Zakia),Syair Kehidupan,Gong 2000 dsb adalah beberapa contoh buah pikir Iyek Cs.
    Bicara Rock Nusantara….merekalah Living Legends
    Majulah negriku..!

  27. #27
    gravatar

    hehehehe.. numpang lewat ya..

  28. #28
    gravatar

    God bless you, GOD BLESS!

  29. #29
    gravatar

    Kalau mau daftar gitaris terbaik se Indonesia kayaknya Ian Antono yang teratas…
    viva GodBless

  30. #30
    gravatar

    kapan bikin album lagi?
    lagu “musisi” bisa diaransemen ulang lagi gak?biar lebih menggemparkan dunia rock indonesiia

  31. #31
    gravatar

    lagu “musisi” mbok diaransemen lagi, biar lebih meramaikan dunia rock yang ada di Tanah Air

  32. #32
    gravatar

    godbless jadi identifikasi music tanah air syarat dengan intelektual…dari harmoni dan syairyg sangat menyenth bwat bangsa ini yg seharusnya tidak cengeng..godbless bwat saya adalah album maret 89, inilah masa keemasan godbless… jujur kalo mau pensiun masa itu puncak bogbless di negri ini…
    nuansa kuat keyboard jockey s memberi byak harmoni yg kental bwat googbless yg terkesan modern,lagu menjilat matahari,setan tertawa,musisi,adalah curahan hati godbless trentang kondisi saat itu… bravo godbless…

  33. #33
    gravatar

    asalamualaikum saudaraku, saya dari malaysia dan sangat meminati permainan musik god bless maupun gong 2000 malangnya album (kaset ketika itu) dalam simpanan saya telah punah akibat kebakaran rumah saya 5 tahun yang lalu, saya membelinya di singapura lantaran sukar diperolehi di malaysia, kepada sesiapa yang mempunyai koleksi yang saya sebutkan TOLONG lah bantu saya mendapatkan kembali mutiara musik yang hilang. saya sanggup bayar harga yang dikenakan asalkan tidak keterlaluan.

  34. #34
    gravatar

    gw pengen punya cd ori godbless dari huma diatas bukit 1977-apakabar tapi gak pernah nemuin di toko cd jkt manapun kcuali kaset. tapi gw punya cd bajakannya godbless(sori ya godbless) saking susah dapet yg cd ori,ada yg tau toko yg jual cd godbless yg lengkap di jkt ! plissss….

    misii aaahh..

  35. #35
    gravatar

    Power metal : ” THE LEGEND OF SPEED METAL INDONESIA “

  36. #36
    gravatar

    God Bless emang the best, nggak ada yang nyaingin. gue salut dengan musik’y yang keras, walupun dijaman kayak gitu! lain dengan lagu2 anak sekarang, biarpun gue besar dijaman pop tapi jiwa gue tetap ngrock.
    tolong pasarin lg donk kaset’y, gue cuma punya Semut Hitam, Apa Kabar, The Best ama Gong 2000!

  37. #37
    gravatar

    Gue sk banget ma jenis musik “Klasik Rock” n yang g pny di Indonesia cm “Good Bless” dari dlu mpe sekarang…dan itu cm ada d otak dan hati gue…walaupun skrg dah ga exist lagi…tp gue berharap ma generasi muda Good Bless,supaya mereka mau melestarikan jenis musik klasik rock…

    – Rock is not dead -

  38. #38
    gravatar

    saya ngefans banget sama GOOD BLESS..Dapat warisan kaset dari bokap.Tapi karena keseringan diputer aus dech..
    tolong donk bagi temen2, kasih alamat yang disa download album-albumnya yha..saya pengen banget,pengen kasih surprise buat bokap..Buat Good Bless..

    Selamat menunaikan ibadah puasa..

  39. #39
    gravatar

    minta alamat yang bisa DOWN LOAD album-albumnya GOD BLESS donk..

  40. #40
    gravatar

    dari seluruh group band yang da di jagad Indonesia ini GOD BLESS tidak akan pernah tergantikan.
    buat om ian “Bisa g nerima murid”

  41. #41
    gravatar

    ada yg punya album cerminnya god bless bagi bagi dong mp3 nya ama duo kribo

  42. #42
    gravatar

    hmm… umur gw masih 22 tahun tapi gw nge fans bgt ama yg namanya Gong 2000 dan God Bless. dulu keracunan babe ama om pas zaman SMP. permainan mereka sampe sekarang bener2 brilian, cabikan bas Donny Fatah yang ga kalah ama Billy Sheehan, Ian Antono sang Dewa Gitar, Yockie yang juga ga kalah ama John Lord-nya Deep Purple, dan Bang Iyek yang karakter vokalnya ngeROCK abis. Stamina mereka pun yahud, katanya sekarang mereka masih sanggup nyanyi 20 lagu dalam sekali konser. hmmm… grup band sekarang ga ada yang kuat kynya (kecuali SLANK ama GIGI). favorit gw lagu Bara Timur (Gong 2000) dan Kehidupan (God Bless). btw, gw rada beda ama yg lain masalah album God Bless saat Ian dan Eet berduet, gw bener2 suka semua track nya. kapan y mereka bikin album lg?

  43. #43
    gravatar

    gw bs minta lirik+grip lagu “ANAK ADAM”
    coz,sampai saat ini gw belum tau!

  44. #44
    gravatar

    Mas Jay… titip pesen ke bang iyek… kasihan tuh si Ucok Aka merana sendirian di Kediri…

  45. #45
    gravatar

    Mas jay…kasih tau god bless, “TOLONG DI TERBITKAN LAGI ALBUM CERMIN” saya susah banget nyari album itu….

  46. #46
    gravatar

    aku dari Malang, aku butuh banget album Godbless “Cermin” & yang penting lagi album Godbless “Apa Kabar 92″ sumpah…… aku sudah muter2 k Bali & Jogya gak ada 2 album tersebut. skrang aku minta tolong dengan sangat… sangat…. & sangat….. bantu aku dapetin album tsb. 2 album tsb sangat berarti buat hatiku……..
    semoga Allah SWT memberikan kemudahan2 bagi kita….. amin
    GODBLESS said;
    Slank,Dewa,Padi,…etc.= PERSIB,PELITA JAYA,PERSEBAYA
    GODBLESS = AC MILAN,REAL MADRID

  47. #47
    gravatar

    tolong adain mp3 lagu godbless diman saya mencari

  48. #48
    gravatar

    bisa bantu cariin album God Bless “cermin” dan album-album GONG 2000 Bara Timur,Laskar dan Prahara. nanti aku ganti harga n ongkos kirim ke banda aceh….ya mas jay

  49. #49
    gravatar

    Semua Album – album God Bless kayaknya di rilis ulang dalam bentuk CD maupun kaset. Banyak gue liat album semut hitam, raksasa, the best, huma di atas bukit dan juga album apa kabar dalam format CD ataupun kaset. Harga CDnyapun cuman Rp 35.000,- tapi album cermin emang gak keliatan.

  50. #50
    gravatar

    jaman sekarang orang2nye pada males bikin lagu yang berkualitas dan bermakna, pendengarnya juga sama. coba kita liat, sekarang mana ada lagu yang temanya berbicara tentang alam, sosial , hakekat hidup, dan hal2 yang membuat kita tidak hanya dapat hiburan tapi ada makna yg di dpt dr syair lagu yg kita dengar. krn musisi sekarang kualitasnya “gorengan”…produsernya”kacangan”…pendengarnya”kelaperan”….jadi wajar klo dikasih musik yang bagus( rumit komposisi dan harmonisasinya) kagak pada nyambung lantaran mind setnya sebatas duit,untung dan nggak mau pusing,artinye jamn udahn berubah bukan makin baik eh malah makin jeblok…kalah ama era/generasi terdahulu yang kalo berkarya ya tulus dan total berkarya berdasar pada idealisme dan skil yang bener2 mumpuni alias jago…liat skarang grup band kaya kangen band aja laku… hah yang salah siapa nih . dibandingin ama godbless ya jaaauuuuh kaya surga dan neraka jahanam….udah pada tuli and mati rase kali ye sodare2 kite…gawat ni bangsa…

  51. #51
    gravatar

    makasi om atas info2ny. Berharga banget bagi saya, karena saya adalah penggemar musik2 godbless, led zeppelin, stones, beatles, koes plus, dpurple, yes, dll. Dan saya juga sedang membangun band yang maenin lagu2 mereka.

  52. #52
    gravatar

    Tolong dunk kasih albumnya, kirimi situsnya k email gue

  53. #53
    gravatar

    [...] Sumbang, Iwan Fals, Dewa 19 format lama, Pas Band, KLa Project sampai konser Klakustik, Chrisye dan God Bless. Genre yang mendominasi sejak kecil adalah Rock dan Metal. Apalagi mencapai puncaknya di era [...]

  54. #54
    gravatar

    mas…. saya penggemar achamad albar dan ian antono…..btw, setengah mati nyari mp3 yg liriknya hapal sedikit tapi lupa judulnya… minta tolong ya kalo ada mp3 nya kirim atau aku download dehhh yaitu :
    1. lirik : teringat kota tua dimana bunda telah melahirkan puteranya yang kini mengembara meenyusuri jalan hidupnya… harapan bunda bukanlah harta… dst…
    2. liriknya : aku hadir kini menghadapi pagi menatap sisa bintang malam tadi.. berdegup dada mendengar nada menjeritkan derita jiwa .. hati bertanya bathin merasa tentang hidupku sebagai manusia… masa depanku masih kelabu… dst.. YM dan emaiku (saelano@yahoo.com)

  55. #55
    gravatar

    GOD BLESS and gong 2000. adalah tempat dimana aku bisa menggabungkan bagian dari instrumen yang aku pelajari. mudah-mudahan kamu bisa terus mengeluarkan album terbaikmu. aku tunggu ya!!! salam musik indonesia, tetap maju pantang mundur. ok. GBU. email (yozk_te042@yahoo.co.id)

  56. #56
    gravatar

    Saya termasuk salah seorang penggemar beratnya Bod Bless, wa bilkhusus Kang Ahmad (Ahmad Albar, maksud saya),lagu-lagunya benar-benar menyentuh dan berbobot, meski (ternyata) ia terjerat Narkoba, namun tak mengurangi kesenangan saya pada lagu-lagunya, semoga tertangkapnya Iyek, membuat ia tersadar bahwa Narkoba tak layak dikonsumsi, dan semoga ia segera insaf setelah ini. Mas Fariz (Rustamunaf) Ayo dong bahu membahu sama Iyek untuk insaf dan menjauh dari Narkoba.
    Saya pengen sekali mengoleksi lagu-lagu Ahmad Albar (yang dalam format mp3), ada yang bisa bantu saya?
    Trims

  57. #57
    gravatar

    LUAR…BIASA….
    SEJAK KECIL SUARA IYEK DAN DISTORSI IAN ANTONO SELALU MEMBANGUNKAN AKU DI WAKTU PAGI

    Namun tengoklah ke sini
    Tak seharusnya ke sana
    Di sini… semua ilmu menjadi bumi
    Di sana… semua ilmu menjadi api
    Ke sini… yo yoo…………..

  58. #58
    gravatar

    Pertama kali tau Godbless dikasitau teman, katanya eh Ian Antono tuh pinter lho, dia bisa bisa niruin swara jangkrik dari gitarnya. Mulailah aku jadi Godblesser sejati n mulai ngumpulin sgala seswatu berbau GB, sampe nyablon kaos Godbless.

  59. #59
    gravatar

    sayang sekali…..Bang IYek mestinya menghabiskan dan mengisi masa tua nya dengan bertobat dan mendekatkan diri pada Tuhan…seperti Alm Gito Rollies …bukan malah menghabiskan dengan narkoba….

  60. #60
    gravatar

    gue penggemar godbless sejati.band zaman skrg gk ada yg bisa nandingin kehebatan godbless.gue paling suka lagu “musisi”,lagu berkualitas tinggi dgn tingkat kerumitan luar biasa.MAJU TERUS GODBLESS,YOU ARE LEGEND!!

  61. #61
    gravatar

    (a href=””Gw fans berat God Bless, Om Iyek, Om Donny dan Om Ian- semua kolexi dia gw punya komplit bahkan CLOVER LEAF. Gw mengajak orang-orang yang fans GB untuk gabung dalam GOD BLESS COMMUNITY(GBC)& CP : TINO (08161877774)=””)

  62. #62
    gravatar

    sorry neh baru buka tntang good bless, aq penggemar berat good bless. good bless is the best band. menurut aq sebanyak-banyak gruop band yang ada di indonesia mulai dari dahulu sampe sekarang gx ada yang bisa menandingi band seperti good bless, group ini merupakan legenda band rock di indonesia dan tidak akan tergantikan,
    bagi q good bless merupakan sumber inspirasi dari group band yang ada sekarang. jarang ada band zaman sekarang yang seperti good bless, lagu2 yang dimainkan zaman sekarang hanya lagu2 cinta yang menurut aq kurang banyak positifnya, hidup inikan tidak hanya dengan cinta, namun masih banyak tema lain yang bisa diangkat untuk dijadikan lagu. semua lagu good bless sangat bagussssssssssssss…….!!!!!!!! apalagi musisi….saya harap nanti ada generasi penerus good bless..!! Sukses selalu buat good bless

  63. #63
    gravatar

    keajaiban ke 9 dunia adalah lahirnya godbless di indonesia. semangat tetep terpacu kalau denger godbless.tlg info paguyuban godbless.

  64. #64
    gravatar

    Dlm dunia musik dlm negri, godbless adalah jawara yang sulit tertandingi. Sebuah Performa yang pantas dikagumi oleh sekian generasi. terlepas dr berbagai dinamikanya, godbless mampu menyihir manusia untuk larut dalam nuansa musiknya. Hebat dan sangat luar biasa. Semoga semangat godbless abadi, meski mas ian, mas iyek, mas doni mulai lagi jarang bertempur dalam blantika musik. Dan……..akhirnya hidup godbless.

  65. #65
    gravatar

    Aku tahu vokal Achmad Albar itu asyik sejak dia duet sama Farid Harja. Terus aku juga jadi tertarik sama Ian Antono yang garap album Iyek dan almarhum si gendut itu. Akhirnya aku jatuh cinta sama God Bless. Apalagi aku banyak dapat info tentang God Bless dari abang iparku yang tahu banyak God Bless di awal 1970-an. Yang pasti membedakan God Bless sama yang lain, apalagi band-band sekarang: LIRIKNYA ANTICENGENG.MUSIKNYA NGGAK “KERITING”, ROCK YANG PENUH HARMONI.Band sekarang: rambut gondrong, pake anting, tatoan, tapi lagu Dian Pisesha. Ya, kan?

  66. #66
    gravatar

    Aku ada niat bikin buku tentang God Bless atau biografi personilnya. Gimana, siapa mo dukung? Basic-ku memang seorang penulis dan kini editor pada sebuah penerbit. Aku tahu banyak tentang kerja penerbitan. Background-ku sastra. Bang Iyek, Mas Ian, mau kan dibuatkan biografi? Tapi, kendalaku masalah waktu. Atau, ada teman-teman yang mau memulai? Aku siap mendukung. Kontak aku di milsa11@yahoo.com

  67. #67
    gravatar

    Gw jg sempet ngefans ma God Bless. ya… waktu zaman2nya gw baru belajar gitar. Coz, gw ngefans ma Ian Antono. Buat gw god bless hampir bisa disebut “Dream Theater”-nya Indonesia.

  68. #68
    gravatar

    salam kenal ,blog nya bagus sekali

  69. #69
    gravatar

    hmm… lagu “trauma” paling keren tuh mas…!!

  70. #70
    gravatar

    saya adalah fans berat GODBLESS gak ada band Indonesia dari dulu sampai skrg yg bisa menandingi GODBLESS. walaupun waktu album semut hitam saya msh SD, tp smp skrg sy blm pernah nemuin lg band spt supergrup GODBLESS. kenapa ya lagu2 band skrg gak ada yg sekualitas lagu2 dulu? tp kok laku ya? payah tenan….

  71. #71
    gravatar

    God Bless indonesia gak ade matinye

  72. #72
    gravatar

    o iya album 97 kok susah nyarinya ya

  73. #73
    gravatar

    Greeting,

    Hello Sir,
    Maaf saya mo menanyakan dmnkah saya bisa mencari or membuka situs/web GODBLESS. Soalnya saya searching kok ga ktemu yakk? ato mungkin saya yg kuper yak? :).
    Saya cmn mau tanya, dmn saya bs minta ijin buat meng-cover lagu godbless “musisi” soa;nya klo saya ijin labelnya pasti kena royalty. skedar intro saja saya bermaen musik bergenre Death Metal, u knw Death Metal Not rich. thxz.
    mail me at morbiddust_4k@yahoo.co.uk.
    Thxz atas perhatiannya.

    regards,

  74. #74
    gravatar

    I am looking for Gong 2000 ( Albums LASKAR and PRAHARA ). I used to have them but I lost them during the earthquake in 1996.Does anybody know how/where I can get them ( CD’s or Cassettes ). Anybody has information about them please write to my email ettow@yahoo.com -thanx you-

  75. #75
    gravatar

    sy mau dong download lagu2 gong 2000 sy udh lama cari tapi ga dapet2

  76. #76
    gravatar

    Gue pengen banget punya mp3 harapan bunda-nya bang Iyek.gimana dan dimana gue bisa ngunduhnya. lagu ini bener-2 luar biasa.ngingetin gue ama nyokap yang ada disana,diseberang pulau ,tepatnya dikota plaju-Palembang.ada yang bisa bantu

  77. #77
    gravatar

    saya punya buanyak lagu gong 2000/godbless, tapi nggak ada yg jdlnya laskar,
    please… bagi ke aku.

  78. #78
    gravatar

    lagi nyari yang judulnya laskar,
    kalo punya minta dong… thanks

  79. #79
    gravatar

    Mas saya mau tanya klo untuk beli / download atau apapun lah (yang penting dapet gitu lagunya) kaset atau cd god bless yang live itu dimana yah….? terus terang saya baru tahu sekarang klo kaset atau cd nya itu ada di pasaran.

    klo mau beli / download dimana yah..? juga saya lagi nyari lagu vonis dan aku bersaksi (hits single nya)

    Tolong ya mas..

    Terima kasih

  80. #80
    gravatar

    gue belajar&doyan nyanyi terimpirasi oleh mereka. waktu itu ada tetangga gue nyetel lagu dia, waktu itu gue denger lagu semut hitam , gue dnger2 boleh juga, waktu itu gua msih smp kls III, kebtulan gue skua sekali ngeben, wktu itu lagi marak2nya lagu rok di indonesia dan gua pinjem tuh kaset, kebetulan gua isi di ben itu sebagai vokalis, dan guae pl;ejari tuh album godbless ama konco2gue, susah jga sih untuk ngikutinnya apalagi musiknya, tpi kalo kate orang2 sih suara gue bisa mirip skali ama bang iye, smpai 6 bulan kite2 blajar musknya godbles,dan wktu itu ada pestipal band sekolah sepriangan timur yng lagu wajibnya itu dari lagu godbles judulnya semut hitam, alhamdulillah ben gua dpat 2 gelar, bend paporit & dan pokalis terbaik

  81. #81
    gravatar

    gue punya usul kpada pentolan2 godbles & Gong 2000 supaya musik kalian ga punah, mngkin harus dibangkitkan lagi godbles2 & Gong 2000 muda, dengn jalan dakan audisi hususnya untuk Vokalis, knapa vokalis, mngkin untuk diluar vokalis om om diatas masih bisa exis , tpi kalau vokalis, kan om iye(sory) tdak segahar dulu lagi
    gue pnggemar berat om iye, guru & gaya vokal gue , begitu om om dari gue smoga godbles tetap rocker no wahid di negri ini
    tx

  82. #82
    gravatar

    sori nyambung lagi
    nih no hp gue 081905450449
    siapa tau kalau om om mau pnggil gue,,,,,,,,,,,,,,,,,

  83. #83
    gravatar

    klo meneurut gw god bless/gong 2000,masih kalah hebat dari power metal dari surabaya. dari segi vokal end gitarnya top abis…. end susah bgt di tiru..sumpah.

  84. #84
    gravatar

    aku mau download lagu lama godblees n edane yang lama,gimana caranya ya?pliis aku mau koleksi lagunya,soalnya aku blm punya.txs

  85. #85
    gravatar

    Godbless, Edane, Grassrock, AKA, SAS, Jet Liar, Trenyem, Roxxx, Traktor, PowerSlaves……..ga akan tergantikan oleh band2 rock skrg….ngakunya rock, isinya gambus hahahahaha…sedih liat generasi rock indonesia yg bermuka homo sok macho…xixixixixixixix, kl nyari influence tu ya mbok liat band2 leluhur kt tu yg gagah dan berwibawa…..fuck u all fake rockstars…….hidup rock indonesia 80an….

  86. #86
    gravatar

    godbless dan gong2000….ini adalah group rock terbaik di indonesia.adalah ian antono/eet syahranie,donny fatah,teddy soejaya/yaya muktyo,achmad albar dan jockey suryoprayoga/harry anggoman.mereka adalah musisi2 rock kelas wahid di tanah air.karya godbless/gong2000 tak mudah lekang oleh bergantinya waktu,musiknya energik dengan warna rock yang sangat kental dan bertehnik tinggi.syair2lagunyapun bermakna sangat dalam.sampai sekarang tak mudah menemukan musisi rock sekelas mereka.kapan ya regenerasi musisi kita bisa sehebat mereka?

  87. #87
    gravatar

    yang punya album godbless sebelum semut hitam 1988 mau donk…mp 3 atau kaset ga masalah…imelku otok_2001@yahoo.com…tak tunggu yooo..ongkos kirim ga masalah

  88. #88
    gravatar

    gw pengen dpt mp3 gobless semut hitam dan rumah kita, spa yang dpt bantuin gw… thank sebelumnya

  89. #89
    gravatar

    lagu lirik Mu tlah menjelma nadiku.Kepingin menjilat angkasa, biar timur membara akan tetap kujadiakan syair kehidupan,Panggung rock merindumu wahai sang legenda

  90. #90
    gravatar

    Salam kenal,
    Gw penggemar Godbless & Gong 2000.

    Buat temen2 yang mau request lagu2 Godbless or Gong 2000 bisa e-mail ke jokopray@gmail.com, gw punya lumayan banyak, tapi nggak kumplit2 bgt sih, siapa tau temen2 bisa tukeran n bisa saling ngumplitin.

  91. #91
    gravatar

    salam kenal

    Numpang promosi mas
    Buat yang cari2 kaos progressive rock mampir2 di
    abur.multiply.com

    Thanks

  92. #92
    gravatar

    bentar lagi album GodBless mau keluar,..siap2 merinding bulu kuduk gw penggemar abis GodBless dengan segala sejarahnya emosi gw ampe nangis ketika dengerin lagu2 GodBless,..om Don,semoga baca ini kapan kta jalan2 lagi kebogor besuk om iyek samapi akhirnya om iyek sdh bebas,..come on Om !!! screammmmmmmm !!!!!!!!!

  93. #93
    gravatar

    godbless emang +sipp….

  94. #94
    gravatar

    sejak saya umur 7 tahun sampai saya sekarang umur 26 tahun saya adalah penggemar fanatik Godbless. terutama ama ahmad albar dan Gitaris Rock legendaris indonesia Ian Antono

  95. #95
    gravatar

    DEAR GOD BLESS LOVERS…
    SEBUAH PEMBERITAHUAN BAGI GOD BLESS LOVERS YANG SO PASTI UDAH RINDU DENGAN GOD BLESS/GONG 2000. INSYA ALLAH TGL 23 MEI 2009 (BERTEPATAN DGN LONG WEEKEND) THE LEGEND INI AKAN KONSER DI SALAH SATU BALLROOM HOTEL BERBINTANG DI KOTA PADANG.. JD JGN SAMPAI NGGAK DATANG… ACARA INI AKAN DIKEMAS SEDEMIKIAN ELEGANT SESUAI DENGAN SELERA THE LOVERS, ACARA INI KHUSUS UNTUK NGOBATIN KERINDUAN SELAMA INI… UNTUK INFO LEBIH LANJUT, SILAHKAN KIRIM E-MAIL KE : sla_guyseo@yahoo.co.id

  96. #96
    gravatar

    ADDDDDDDDDDDUHHHHHHHHHH!!!!!!!
    enak bgt sih musik om achmad albar!klo bleh tanya aku pingin liat orangnya harry anggoman!!udah saya search tp gak ketemu2 ya!bisa gak god bless/gong2000 di surabaya?atau di TV siaran langsung?
    aku ngidola`in godbless dari umur 3-24 lho!
    klo mau ngirim tentang god bless/gong 2000 kirim e-mail ke:nico_ray@prabu.com
    ya? aku tunggu!!!!!!!!!!!!

    I L O V E G O D B L E S S / G O N G 2 0 0 0

    TERIMA KASIH ATAS LAGU KALIAN!!

  97. #97
    gravatar

    klo emang GODBLESS mo luncurin album baru sukurlah, telinga ku da hampir tuli dengerin lagu2 sinitron (lagu indonesia sekarang mbosenin)
    Bang YEK kapan antum maen lagi di bumi AREMA, ana da kangen dengerin antum nyanyi LIVE kaya dulu di
    BALE BARONG CAFE

  98. #98
    gravatar

    sukses terus buat god bless, saya penggemar berat good bless, lagu god bless yang paling saya suka adalah musisi. saya dengan band sering tampil membawakan lagu tersebut. thank……keep Rockin

  99. #99
    gravatar

    kapan god bless mengeluarkan album baru…?

  100. #100
    gravatar

    Lagu yang gw suka dari God Bless…Hmm…Bla..bla…dari album semut hitam 1988 itu…God Bless memang legendaris…

  101. #101
    gravatar

    GW SUKA BANGET LAGU-LAGU GOOD BLES

    NUANSANYA BENER-BENER MENGGELEGAR……

    KEHIDUPANKU ADALAH KEHIDUPANMU.
    HEHEEEE

  102. #102
    gravatar

    ALBUM BARUNYA UDAH KELUAR TUH! BURUAN PD BELI DEH KEREN2 ABIS, TERUTAMA “JALAN PANJANG” & “N.A.T.O” (No Action Talk Only).
    SATU-SATUNYA BAND ROCK YG KONSISTEN.
    KEEP ROCKIN N ROLLIN !!!

  103. #103
    gravatar

    God Bless 88…”album “Semut Hitam”…wow…..keren deh..pokoknya dulu gua hapal semua(sekarang masih sih…).. beli “Raksasa”..beda bgt musiknya..but its ok…selera pasar..Eet “VH” Syahranie…bikin GodBless kaya Van Halen heheheh…

    GodBless bubar..sedih boooo..tp muncul Gong 2000… wahhh good idea..dan dahsyat…
    Habis itu keluar album the story of GB….greatest hits of GB….lumayan deh koleksi gua…

  104. #104
    gravatar

    kebanyakan musik sekarang aliran musik cengeng semua.. kaga ngerti semua, lagu2 cinta, cengeng???? pusing. dengan bangkitnya god bless, Indonesia akan bangkit lagi dengan music rock. SAY NO TO SONG CENGENG

  105. #105
    gravatar

    bicara musik lokal gk cuma godbless, walaupun saya fans berat godbless, tp tetap ada jawara lain semisal, aka,sas,uhisga,giant step,rollies, golden wing dan koes plus tentunya. kl bicara progresif saya kira giant step rajanya…longlive musik rock lokal!

    JIM!

  106. #106
    gravatar

    wah. god bless emang keren abis, god bless jalan terus.terakhir gw liat konsernya di senayan , pd saat ulang tahun PAN. Malam itu God Bless Tampil Ok. Banget. Gw Dukung terus god bless. Tq. Erlan ( Cengkareng )

  107. #107
    gravatar

    Saya berharap byk smga dgn keluar kandang sang legenda rock Indonesia GOD BLESS bs memotivasi bangkitnya kembali POWER METAL & EDANE agr grup2 band cadas ini akn melibas & membantai habis habisan band2 cengeng anak2 muda skrg!!!saya muak dgr lagu2 mrk!!!

  108. #108
    gravatar

    GOD BLESS AND IAN ANTONO MAJU TERUS…
    mudahan mereka mau re-mix lagu-lagu lamanya…

  109. #109
    gravatar

    Ass…Mas Iyek aku penggemarmu dr smp, sma hingga aku dah punya anak 2.musikmu slalu bergema dirumahku tiap pagi. trus terang gak ada bosan2 nya,alhamdulilah aku kumpulkan karyamu dr dulu ampe skng.Teruskan karya2 mu mas iyek.

  110. #110
    gravatar

    boss minta lagu menanti kejujuran versi aslinya

  111. #111
    gravatar

    god blessss gue salut bangt…
    q ngefn bgt ma god blesss…
    smpei2 nma band gue GOD BLESS KIDS…………
    sukses buat god blessss

  112. #112
    gravatar

    Sejak era 80an s/d detik ini saban hari saya ttp dgr lagu2nya GOD BLESS walaupun GOD BLESS prnh vacum selama -+12 th & lagu2nya msh saya abadikan s/d detik ini dlm bentuk kaset pita,cd & di memory card ponselku.

  113. #113
    gravatar

    god bless memang keren banget, apalagi ahmad albar sang vokalis walau sudah tua masih stabil dlm bernyanyi, itu perlu dicontoh oleh band indonesia yang kebiasaan baru 1 tahun terbentuk sudah bubar, aku paling ngefans sama kang ian antono

  114. #114
    gravatar

    Salam kenal semua, aku penggenar gitarisnya godbless mas ian dan eet. kapan mereka adakan konser album barunya?

  115. #115
    gravatar

    nama eet syahrani terangkat di gong2000. sukses bwat eet
    cayo…….

  116. #116
    gravatar

    God Bless bener2 buat hidupku hidup lagi……….

  117. #117
    gravatar

    Kebanyakan anak muda sekarang hanya dengerin grup band yg seusia dengan mereka, makanya kurang referensi dalam bermusik.. Padahal di Amrik, anak-anak ABG banyak yg berburu CD musik-musik tahun 70-an, 80-an, and 90-an.. Dan mereka begitu menikmati mendengarkan musik-musik lama dan menganggapnya “hmm.. keren juga..”

    Aku bukan generasi Godbless, tapi seneng banget dengerin Godbless apalagi album semut hitam.. Tema lagunya tentang realitas kemanusian, politik, dll.. Kualitas musiknya oke apalagi gitarnya mas Ian Antono..

    Beda dgn lagu-lagu sekarang yg isinya cuma tentang memuja-muja cinta, ngejar-ngejar cewek/cowok, meratapi nasib, huu.. gak banget deh..

    Mending dengerin Godbless.. Viva Gobless!

  118. #118
    gravatar

    Setahu saya,Eet Sjahranie gitaris God Bless & tdk prnh gabung di Gong 2000.Slm 3 jari bt semua maniak sejati God Bless.

  119. #119
    gravatar

    tolong kepada pecinta musik jadul, saya hapal sedikit syair lagu tapi tidak apal judul lagunya dan penyanyinya.
    adapun syairnya :
    Hidupku di dunia
    yang penuh dengan dosa
    …………………
    Alam narkotika
    si pembawa derita
    ………………
    ………………
    Reff:
    Tapi kini kusadari
    walau …………
    takkan kembali….
    ………………
    tolong apa judulnya dan siapa penyanyinya. terimakasih.

  120. #120
    gravatar

    selama ini saya susah dapeti mp3 she passed a way yang full. pada bisa bantu gak yang lagu terakhirnya gak kepotong??? terima kasih…

  121. #121
    gravatar

    God Bless,mulai dr album semut hitam sampai raksasa beat mereka cenderung hard rock deh, tp yg selamat pagi indonesia,she passed a way,huma di atas bukit kesan glamrock atw ke orchestra lebih kuat,kesannya agak beragam tapi bagaimanapun juga aku tetap mendewakan God Bless sbg satu2nya grup rock yg melegenda di Indonesia..
    kapan ada lagi nih..?

  122. #122
    gravatar

    ini salah satu band yang yang tidak ada matinya. lagu-lagunya selalu evergreen bagi penikmat musik rock sejati. waktu itu diriku masih kelas 4 SD ketika album semut hitam meledak. sejak itu aku jadi lebih suka mendengarkan musik rock dibanding jenis musik yang lain. jujur saja lagu-lagu rock (jika memang ada) sekarang tidak ada yang sebagus lagu-lagu rock era 70-90-an.

    selain GB tentu saja masih ada generasi band berikutnya yang tidak kalah bagus (penerus godbless) seperti power metal, grass rock, elpamas, roxx, edane, rudal, kaisar, andromeda, sahara, jet liar, red spider, sucker head, dll. walaupun mereka mengusung warna musik yang berbeda tetapi tetap membawa spirit musik rock bagi indonesia.

  123. #123
    gravatar

    GOD BLESS emang the best!!! dibandingkam dgn musik skarang,sangat jauh perbedaannya.Dari era gitarisnya bang Ian Antono sampai mas Eet Syahranie,menunjukkan bahwa musik GOD BLESS penuh dengan kualitas musikalitasnya yang sungguh diatas rata-rata.Liriknya juga keren,aransemen musiknya,pokoknya top abiisss dah…SALAM GOD BLESS MANIA DISELURUH TANAH AIR..

  124. #124
    gravatar

    Setelah lama mencari komunitas god bless akhirnya ketemu juga,sy menggandrungi musik yg pertamakali ya god bless,dari album semut hitam dan raksasa lanjut ke gong 2000,bagi god bless mania ayo kita bentuk komunitas god bless mania namanya terserah yang penting mendukung god bless terus exis dan tour lagi di Indonesia,jg kita bisa shering2 semua yg menyangkut god bless(info,koleksi dan program).I love you Iyek

  125. #125
    gravatar

    log zelebour/ato logic record ya? tolong dong album2 god bless diproduksi ulang,dan dipasarin lagisampe ke Medan,krn skrg sangat susah cari.ato kl mo inden kemana ya? dari album god bless ampe 36th.ok

  126. #126
    gravatar

    Goog Bless Inspirasi Q dalam Bermusik……..I Like U Good Bless……….Good Bless No 1 Forever

  127. #127
    gravatar

    godbless group band sepanjang masa…

  128. #128
    gravatar

    god bless yg musisi uhhh
    itu mncerminkan diriq yg kpingin sprti mereka is the best poko’nya

  129. #129
    gravatar

    dari dulu sampai sekarang musik god bless terus berkumandang d kamar ku….
    GOD BLESS emang the best!!! musik skarang,sangat jauh perbedaannya.gitarisnya bang Ian Antono dan mas Eet Syahranie,menunjukkan bahwa musik GOD BLESS penuh dengan kualitas …SALAM GOD BLESS MANIA DISELURUH TANAH

  130. #130
    gravatar

    gabung aja di FB God Bless Community (GBC) Indonesia

  131. #131
    gravatar

    saya sangatsenang ma lagunx gong 2000

  132. #132
    gravatar

    lg2unx bikin hidup sprti seorang rockker,apa lagi permainan gitarnx ian antono
    by,

  133. #133
    gravatar

    SUPER GROUP deh GODBLESS ini
    the best pokoknya….

    impian mereka adalah konser tunggal dgn soundsystem mumpuni….
    semoga terlaksana..
    kalo bisa undang jockie S, Teddy sudjaya+ eet syahranie…biar manggung bareng….

    kalo boleh usul GODBLESS agar regenerasi…
    biar langgeng sepanjang masa….

  134. #134
    gravatar

    godbless dan gong 2000,my influenze band saya sampe skrang…is the best

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.