Tegallega

Minggu, 25 Maret 2007 M
08 Rabiul Awal 1428H

Taman kota terluas di Bandung adalah lapangan Tegallega. Tegallega artinya adalah tegalan yang luas, sesuai dengan arti literalnya, tegal lega dalam Bahasa Sunda. Lapangan Tegallega berisi taman yang rindang, sarana olah raga dan monumen Bandung Lautan Api. Lapangan ini dikelilingi oleh jalan Inggit Garnasih (Ciateul) di sebelah utara, jalan Oto Iskandar Di Nata di sebelah barat, jalan PETA di sebelah selatan (ruas lingkar selatan) dan jalan Mohamad Toha di di sebelah timur. Sebagian kecil wilayah sebelah utara kini berisi permukiman padat.

Tegallega merupakan ujung selatan Kota Bandung hingga tahun 1930-an. Lahan terbuka ini dahulu berfungsi sebagai lapangan pacuan kuda atau balap kuda sejak masa Hindia Belanda, namun kemudian pacuan kuda dipindahkan ke Arcamanik. Dibanding dengan taman kota lainnya, saat ini Tegallega merupakan taman kota yang terbaik. Fasilitas ruang terbuka yang luas, pepohonan yang semakin rindang dan penataan yang lebih apik. Jika kita hanya melihat dari jalan saat lewat hal-hal tersebut tak akan terlihat karena di sekeliling lapangan cenderung tertutup pepohonan, pasar kembang dan komplek kolam renang Tirtalega, seakan lapangan yang kurang terbuka aksesnya.

Ah, lebih baik mata kamera yang berbicara.

Tegallega dengan latar Tangkubanparahu
Tegallega dengan latar Tangkubanparahu

Foto lainnya bisa dilihat di halaman Panoramio saya. Melalui Google Maps Panoramio mungkin belum masuk.

Komentar

16 komentar untuk catatan 'Tegallega'

  1. #1
    gravatar

    Sebelum masuk tegallega mesti berjuang melewati jalan yang aduhai dan pasar yang semrawut… :(

  2. #2
    gravatar

    #1: Lewat Lengkong Besar-Ciateul atuh!

    *pasti Fajri naek angkot Cisitu-Tegallega*

  3. #3
    gravatar

    Wuih sekarang udah bersih dan bagus yah. Jaman kuliah dulu, ambil mat kul Renang, duh asli jorok tamannya.

  4. #4
    gravatar

    eh, ajax ajax dong jay kalo ke sana… :P

  5. #5
    gravatar

    taun 93 s.d 96 saya ngontrak di depan kantor saya yang lama (pt. inti) deket sama taman tegallega. saat itu mah keliatannya teh asa teu pararuguh itu taman teh. bener kitu sekarang mah berbunga-bunga begituh? tidak sareukseuk lagih sama yang teu pararuguh tea?

    waas nih dah lama gak ke bandung…

  6. #6
    gravatar

    jadi bagus gitu dia… apa fotonya yang bikin terlihat bagus?

  7. #7
    gravatar

    Iya euy.. jadi bagus gitu ya? padahal tiap minggu ada 2-3x lewat tapi tidak merhatikan. Konsen ke angkot yang semrawut di Jl Peta-nya. Sieun nyuremped tea geuning.

  8. #8
    gravatar

    wah kok kantor saya ga keliatan di foto ya? :D

  9. #9
    gravatar

    #8: Aya ceu, nu ieu, http://www.panoramio.com/photo/1473370

    Nu ieu malah ti Gedung INTI motretna, http://www.panoramio.com/photo/1174996

  10. #10
    gravatar

    kayaknya terakhir masuk ke taman tegalega tuh waktu jaman SMP sewaktu olahraga di sana … sekarang meskipun sering lewat gak pernah masuk karena udah males duluan karena liat pedagang di luar yang rame banget … ternyata di dalamnya sekarang bagus toh … boleh lah sekali-kali ntar mampir …

  11. #11
    gravatar

    Keren ya? Bandung gitu loh :) :) :)

  12. #12
    gravatar

    #9.. si akang geuningan ka INTI teu bebeja *cetuk*

  13. #13
    gravatar

    Wew.

    Hihihi, foto lami eta mah, taun 2005 mun teu lepat, motret ti lantai pangluhurna.

  14. #14
    gravatar

    Kalau dilihat dari atas via Google-Earth, meski rada bas-bang, saat itu, masih terlihat Ci-Mall. Bisa dilihat di http://yosnex.multiply.com

  15. #15
    gravatar

    hai temen temen ak perndatang baru nih aku dari pekanbaru / riau umr aku 22

  16. #16
    gravatar

    tegallega tempat esek-esek, tempat mangkal wanita malam, kenyataan loh banyak alat kontrasepsi pria berserakan dimana-man

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.