Mengenal Komunikasi Serat Optik

Selasa, 21 November 2006M
29 Syawwal 1427H

Media komunikasi digital pada dasarnya hanya ada tiga, tembaga, udara dan kaca. Tembaga kita kenal sebagai media komunikasi sejak lama, telah berevolusi dari hanya penghantar listrik menjadi penghantar elektromagnetik yang membawa pesan, suara, gambar dan data digital. Berkembangnya teknologi frekuensi radio menambah alternatif lain media komunikasi, kita sebut nirkabel atau wireless, sebuah komunikasi dengan udara sebagai penghantar. Tahun 1980-an kita mulai mengenal media komunikasi yang lain yang sekarang menjadi tulang punggung komunikasi dunia, yaitu serat optik, sebuah media yang memanfaatkan pulsa cahaya dalam sebuah ruang kaca berbentuk kabel, total internal reflection.

Kabel Serat Optik

Sebuah kabel serat optik dibuat sekecil-kecilnya (mikroskopis) agar tak mudah patah/retak, tentunya dengan perlindungan khusus sehingga besaran wujud kabel akhirnya tetap mudah dipasang. Satu kabel serat optik disebut sebagai core. Untuk satu sambungan/link komunikasi serat optik dibutuhkan dua core, satu sebagai transmitter dan satu lagi sebagai receiver. Variasi kabel yang dijual sangat beragam sesuai kebutuhan, ada kabel 4 core, 6 core, 8 core, 12 core, 16 core, 24 core, 36 core hingga 48 core. Satu core serat optik yang terlihat oleh mata kita adalah masih berupa lapisan pelindungnya (coated), sedangkan kacanya sendiri yang menjadi inti transmisi data berukuran mikroskopis, tak terlihat oleh mata.

Detil core kabel serat optik

Bentuk kabel dikenal dua macam, kabel udara (KU) dan kabel tanah (KT). Kabel udara diperkuat oleh kabel baja untuk keperluan penarikan kabel di atas tiang. Baik KU maupun KT pada lapisan intinya paling tengah diperkuat oleh kabel khusus untuk menahan kabel tidak mudah bengkok (biasanya serat plastik yang keras). Di sekeliling inti tersebut dipasang beberapa selubung yang isinya adalah core serat optik, dilapisi gel (katanya berfungsi juga sebagai racun tikus) dan serat nilon, dibungkus lagi dengan bahan metal tipis hingga ke lapisan terluar kabel berupa plastik tebal. Dari berbagai jenis jumlah core, besaran wujud akhir kabel tidaklah terlalu signifikan ukuran diameternya.

Memotong kabel serat optik sangat mudah, cukup menggunakan gergaji kecil. Sering terjadi maling-maling tembaga salah mencuri, niatnya mencuri kabel tembaga yang laku di pasar besi/loak malah menggergaji kabel serat optik. Yang sulit adalah mengupasnya, namun hal ini dipermudah dengan pabrikan kabel menyertakan serat nilon khusus di bawah lapisan terluar yang keras sehingga cukup dikupas sedikit dan nilon tersebut berfungsi membelah lapisan terluar hingga panjang yang diinginkan untuk dikupas.

Untuk apa dikupas? Tentunya untuk keperluan penyambungan atau terminasi. Kita lihat dulu bagaimana pulsa cahaya bekerja di dalam serat kaca yang sangat sempit ini. Kabel serat optik yang paling umum dikenal dua macam, multi-mode dan single-mode. Transmitter cahaya berupa Light Emitting Diode (LED) atau Injection Laser Diode (ILD) menembakkan pulsa cahaya ke dalam kabel serat optik. Dalam kabel multi-mode pulsa cahaya selain lurus searah panjang kabel juga berpantulan ke dinding core hingga sampai ke tujuan, sisi receiver. Pada kabel single-mode pulsa cahaya ditembakkan hanya lurus searah panjang kabel. Kabel single-mode memberi kelebihan kapasitas bandwidth dan jarak yang lebih tinggi, hingga puluhan kilometer dengan skala bandwidth gigabit.

Pulsa cahaya serat optik multi-modePulsa cahaya serat optik single-mode

Inti kaca kabel single-mode umumnya berdiameter 8,3-10 mikron (jauh lebih kecil dari diameter rambut), dan pada multi-mode berukuran 50-100 mikron. Pulsa cahaya yang ditembakkan pada single mode adalah cahaya dengan panjang gelombang 1310-1550nm, sedangkan pada multi-mode adalah 850-1300nm.

OTB wallmount
OTB rackmount

Ujung kabel serat optik berakhir di sebuah terminasi, untuk hal tersebut dibutuhkan penyambungan kabel serat optik dengan pigtail serat optik di Optical Termination Board (OTB), bisa wallmount atau 1U rackmount. Dari OTB kabel serat optik tinggal disambung dengan patchcord serat optik ke perangkat multiplexer, switch atau bridge (converter to ethernet UTP).

Penyambungan kabel serat optik disebut sebagai splicing. Splicing menggunakan alat khusus yang memadukan dua ujung kabel seukuran rambut secara presisi, dibakar pada suhu tertentu sehingga kaca meleleh tersambung tanpa bagian coated-nya ikut meleleh. Setelah tersambung, bagian sambungan ditutup dengan selubung yang dipanaskan. Alat ini mudah dioperasikan, namun sangat mahal harganya. Inilah sebabnya meskipun harga kabel fiber optik sudah jauh lebih murah namun alat dan biaya lainnya masih mahal, terutama pada biaya pemasangan kabel, splicing dan terminasinya.

Berbagai jenis konektor kabel serat optik

Pigtail yang disambungkan ke kabel optik bisa bermacam-macam konektornya, yang paling umum adalah konektor FC. Dari konektor FC di OTB ini kita tinggal menggunakan patchcord yang sesuai untuk disambungkan ke perangkat. Umumnya perangkat optik seperti switch atau bridge menggunakan konektor SC atau LC. Cukup menyulitkan ketika menyebut jenis konektor yang kita kehendaki kepada penjual, FC, SC, ST, atau LC.

Setelah kabel optik terpasang di OTB dilakukan pengujian end-to-end dengan menggunakan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR). Dengan OTDR akan didapatkan kualitas kabel, seberapa besar loss cahaya dan berapa panjang kabel totalnya. Harga perangkat OTDR ini sangat mahal, meskipun pengoperasiannya relatif mudah. OTDR ini digunakan pula pada saat terjadi gangguan putusnya kabel laut atau terestrial antar kota, sehingga bisa ditentukan di titik mana kabel harus diperbaiki dan disambung kembali.

Untuk keperluan sederhana misalnya sambungan fiber optik antar gedung pada jarak ratusan meter (hingga 15km) kini teknologi bridge/converter-nya sudah semakin murah dengan kapasitas 100Mbps, sedangkan untuk full gigabit harga switch/module-switch-nya masih mahal. Jadi, meskipun harga kabel serat optik sudah di kisaran Rp10.000/m namun total pemasangannya membengkak karena ada biaya SDM yang menarik dan memasang kabel, biaya splicing setiap core-nya, pemasangan OTB, pengujian OTDR, penyediaan patchcord dan perangkat optiknya sendiri (switch/bridge).

Komentar

210 komentar untuk catatan 'Mengenal Komunikasi Serat Optik'

  1. #1
    gravatar

    Iya ongkos pasangnya juga membingungkan karena kisaran standar harga kudu berapa juga ga jelas.

  2. #2
    gravatar

    weleh, mantabbbbb

  3. #3
    gravatar

    kok dulu gue megang kabel fo, katanya ga boleh ketekuk

  4. #4
    gravatar

    #3: Ada batas toleransi kabel FO ditekuk seberapa radius tekukannya. Kabel yang sudah lepas dari gulungannya biasanya digulung berbentuk angka 8, supaya tidak terpilin. Kalo patchcord memang biasa digulung.

    Tekukan tajam bisa membuat core FO (yang lebih kecil dari sebesar rambut) patah.

  5. #5
    gravatar

    Jualan kabel, pak Jay? :p

  6. #6
    gravatar

    #5: Nggak, saya nyari kabel 6 core, gak nemu-nemu, akhirnya malah nemu yang berlebih, tapi nggak di-splice sisanya karena gak ada budget-nya.

  7. #7
    gravatar

    mo pasang dimana jay ?

  8. #8
    gravatar

    #7: Sudah dipasang.

  9. #9
    gravatar

    tulisannya bagus…bisa buat nambah info wiki indonesia nih, boleh á?

  10. #10
    gravatar

    Maksud lo?

  11. #11
    gravatar

    ILD (Injection Laser Diode) tuh sama gak ma Vertical Cavity Surface Emitting Lasers (VCSELs) ??

    o iya nambahin, ada 2 tipe design kabelnya
    1.Loose-tube construction (buat instalasi di luar ruangan)

    2.Tight buffer construction (buat di dalam gedung)

    Kabel fiber optic ini juga gak ada interfen ke kabel fiber lain. Gak ada gannguan crosstalk seperti pada copper media.Tapi bukan berarti media ini sempuran ato kagak ada gangguannya, kalo instalasi nya kagak beres.
    bisa terjadi
    >> Scattering
    >> Microbend, Macrobend
    >> Masalah splicing yg gak bener

    OTDR buatan fluke berapa duit yah ??? kira2 sama gak sama tester buat kabel utp :))

  12. #12
    gravatar

    Terima kasih atas tulisannya Kang Jay… :)

  13. #13
    gravatar

    #11: http://en.wikipedia.org/wiki/VCSEL

    VCSEL memang menggantikan ILD, namun masih terbatas pada fiber optik untuk jarak dekat seperti Gigabit Ethernet atau Fiber Channel (fiber optik untuk storage networking).

    Terima kasih untuk tambahan infonya.

    Mungkin kalo kepepet bisa pake senter atau bolpen laser pointer, di ujung satu lagi pake kertas putih dilihat dalam kamar gelap :D

  14. #14
    gravatar

    perusahaan dimana saya bekerja masih mempelajarinya untuk diversifikasi usaha…
    btw, boleh kopi paste ke portal ga?

  15. #15
    gravatar

    keren abizzzzzzzzzzzzzz

  16. #16
    gravatar

    terimakasih atas datanya gw bisa menyelesaikan PI gw
    btw gw boleh tanya sst?
    cahaya yang di terima pada serat optik jenis cahaya apa aja?

  17. #17
    gravatar

    Biasanya kita tau, ada berita kasus maling kabel listrik , kabel telepon,?
    tp klo maling kbel Fiber Optik kayak gimanaya jadinya, pasti tukang pembelinya bingung apa yang mo di ambil ? gelasannya, apa kulitnnya ,HAHAHAHAHAHAHA

  18. #18
    gravatar

    Jalur transmisi yang paling CEPAT Di DUNIA, KERRREEEEEEEEEN !!!!!!

  19. #19
    gravatar

    Mas Jay, numpang nanya. Ada gak situs di Indonesia yang ngebahas masalah penggunaan OTDR, hitung-hitung lagi cari bahan buat seminar KP. Thx ya… mas Jay.

  20. #20
    gravatar

    bisa lebih di perjelas dan spesifik ga!!!!!!!!!

  21. #21
    gravatar

    artikel nya bagus

  22. #22
    gravatar

    ok salam kenal
    gw baru baca pertama kali langsung tertarik sama dunia interne
    tolong dong bang
    jelasin tentang internet (aktifasi nya)
    mulai dari satlit, pt yang menjual jalur internet, sampai ke user
    yang menggunakan FO
    makasih ya mas

  23. #23
    gravatar

    kalau boleh saya mau tambahin.biasanya dalam prkatek dan implementasi dilapangan banyak menggunakan tipe single mode tranmission (jenis kabel F/O harus SM juga) karena kebanyakan jarak P to P diatas 2Km.untuk aplikasi tertentu yang jaraknya tidak terlalu jauh

  24. #24
    gravatar

    saya sangat tertarik ttg tentang dunia komputerisasi, kalo boleh tau kalo mo nge download software VB untuk pemula yang gratisan bisa diambil dari mana ya? tolongin dunk…..

  25. #25
    gravatar

    Jumat/Sabtu kemarin baru aja splacing, ongkosnya 750rb utk alat dan 300rb pernode.
    Total cost 3750rb utk 10 core ….

  26. #26
    gravatar

    boleh terangkan sedalamnya tentang fiber optik….

  27. #27
    gravatar

    pak Jay boleh minta id YM gak.. biar bisa tanya2 lebih gitu lhooo

  28. #28
    gravatar

    untuk pancarn radio yang di ubah ke cahaya, apa bisa di inputkan ke FO?
    ada rencana untuk ngebuat cuma sayang, aku lum tau tampat dimana bisa beli FO?

  29. #29
    gravatar

    Bang Jay…saya belum pernah megang kabel FO apalagi masang, tapi ada kerjaan yg mengharuskan sy pegang n pasang kabel FO. Dari tulisan abang, sy jd ragu tuk ngerjainnya. Tapi sy juga penasaran mo tau gimana cara pemasangan kabel FO. Bisa tolong bantu sy lebih dalam?? btw, berapa kisaran harga alat potong, konektor n OTDRnya? Thanks buat tulisannya.

  30. #30
    gravatar

    bang jay.wah keren abis artikelnya.eh ngomomg. boleh minta id YM nya ga niii.q lg mau tertarik sama FO.kebetulan bangetketemu ma bang jay niii.bantu aku ya bang jay.bang jay baik dech…..

  31. #31
    gravatar

    saya mo kerjakan laporan kerja praktik tentang fiber optik,
    tolong dong kasih apa aja tentang FO
    terima kasih…

  32. #32
    gravatar

    Dealer FO di indonesia ad ga’ ya…

  33. #33
    gravatar

    mau nanya, gemana cara ngukur rise time budget dari Link fiber optik yang ada di lapangan (bukan teori). Apa betul ga bisa diukur????Dapet risetime pemancar dan pengirimnya dari pengukuran apa?

  34. #34
    gravatar

    thank’s buat artikelnya. bisa buat ngerjain tugas nih!!!!

  35. #35
    gravatar

    Pak bisa minta contoh format spliceing yang biasa di pake gak

  36. #36
    gravatar

    Kalo mau pasang FO sekitar 1-1.5 km hanya utk data saja kira kira total habis brp ( perangkat + jasa )
    Yang gigabit deh kalo bisa.
    Thanks ya Jay

  37. #37
    gravatar

    Bang Jay…saya belum pernah megang kabel FO apalagi masang, tapi ada kerjaan yg mengharuskan sy pegang n pasang kabel FO. Dari tulisan abang, sy jd ragu tuk ngerjainnya. Tapi sy juga penasaran mo tau gimana cara pemasangan kabel FO. Bisa tolong bantu sy lebih dalam?? btw, berapa kisaran harga alat potong, konektor n OTDRnya? Thanks buat tulisannya.

  38. #38
    gravatar

    mas tv cable pake optic u/head endnya saya butuh apa

  39. #39
    gravatar

    #36: Saya bukan vendor Fiber Optik.

    #37: Splicer dan OTDR kalau tidak salah sekitar Rp100jt lebih harganya.

    #38: Butuh multiplexer untuk menggabungkan channel-channel TV menjadi satu kesatuan data yang dikirimkan ke kabel optik (selanjutnya di dekat pelanggan diconvert menjadi sinyal kabel coax, makanya disebut Hybrid Fiber Coax atau HFC).

  40. #40
    gravatar

    mas klo bisa dikasih tahu bagaimana cara ngrim data,misalnya data analok harus diubah dulu jadi data apa,trus diubah lagi jadi ap,sehinna data tersebut bisa dikirim melalui serat optik.balas yaaaaaaaaaaaaaaaaa.!!!!!!!!!!!!!!!!!!aku tgg

  41. #41
    gravatar

    isane mung komentar tok ae!

  42. #42
    gravatar

    weissssssss,oks banget artikelnya!Bang Jay, ane mo minta info tentang sumber optik-nya terlebih lagi tentang LED-nya. tolong bantuin ya….Bang Jay baek deh (kalo mo bagi2 infonya)

  43. #43
    gravatar

    boleh tak terangkan maklumat tentang fiber single mode

  44. #44
    gravatar

    Good article! Senang banget ada yg tertarik di fiber optik.
    Sekedar tambahan.
    untuk kabel FO SM (Single Mode) umumnya dipakai jarak jauh, sedangkan MM (Multimode)jarak dekat. Untuk FO MM dipakai untuk

  45. #45
    gravatar

    PlizZZ….Bantuin aq ngumpulin artikel, bahan, data n’ apa aja yang ada hubungannya ma wireless optic……Mksh y KK’……………aq mohon bantuannya

  46. #46
    gravatar

    bunk jay
    W minta gambar
    1. Splicing
    2. bridge/converter
    3. switch
    4. patchcord jenis fc yg mana?, jenis lc yg mana, jenis sc yg mana
    ok
    thanks bukn jay

  47. #47
    gravatar

    mas jay,pa benar jika ketusuk core bisa gila…..ehm

  48. #48
    gravatar

    #25
    mas bemen, boleh saya PM, minta no nya dong, saya sedang mencari utk memasang 2 titik, masing2 hanya titik hanya 2 node, kemana dan dimana saya bisa nge hubungi, utk wilayah bandung.
    terima kasih teman2 semua….

  49. #49
    gravatar

    Mas, mo nanya nih kl di daerah jakarta agent yang bisa pasang FO di mana yah, mohon ifonya beserta no tlp nya mas.
    Sebelonya terima kasih.

  50. #50
    gravatar

    Gini mas, saya skrang mau ngumpulin artikel tentang pengukuran kabel optik dengan menggunakan OTDR. Apa saja langkah-langkah utk cara menggunakan OTDR ini.Langahnya krm beserta gambarnya

    Ma ksh mas………..!

  51. #51
    gravatar

    Mas Jay kalo mau tau lebih dalam tentang komunikasi serat optik dengan menggunakan
    teknologi WDM dimana saya bisa dapat. dan EDFA itu apa ya..??

  52. #52
    gravatar

    Mas Jay & laennya,

    Temen kebetulan kerja di Fiber Optic maintenance-nya Kabelvision.
    Dia gak mau ngasih no telpon (udah repot on call kalo outage FO), tapi kalo email masih mau ngelayani.
    emailnya budi.santoso@kabelvision.com. Bilang kenal dari daniel anak STTTelkom

    semoga membantu,
    dudung

  53. #53
    gravatar

    tolong kirim ttg FO yang lebih Lengkap Lagi donk ke email aq please

  54. #54
    gravatar

    siiiiip dech!!!!!

  55. #55
    gravatar

    Ada yang punya contoh hitungan investasi Lambda VS Core ?

  56. #56
    gravatar

    mas numpang nanya… tentang transmisi melalui optik: transmisi analog, digital & multi channel transmisi. Tapi lebih yang ke multi channel sih… saya butuh data detail tapi kok cari2 sulit bgt… browsing juga kesusahan … mungkin mas bisa bantu… Thnx

  57. #57
    gravatar

    halo bang jay,kalo ada order splicing and testing gw siap bang,alat komplit plit…,harga affordable..

  58. #58
    gravatar

    yang butuh kabel FO + jasa instalasi bisa call aku adam 0811320690 ato adam@trihasta.com

  59. #59
    gravatar

    mas jay tolong dong kirimi aku artikel-artikel fiber optik, tolong banget ya mas kirim ke email ku.

    juve_w21@yahoo.co.id

    ni aku lg cari bahan buat skripsi FO
    thanks mas JAY

  60. #60
    gravatar

    Installasi Fiber optic memang mahal, toolkitnya aja Rp. 20 Jt + pelatihan. saya berani ngasih harga dibawah pasaran, jasa terminasi (pasang connector) Rp. 150.000,- per titik. Connector menyesuaikan kebutuhan dan harga pasar.

  61. #61
    gravatar

    hebat artikelnya tapi boleh ngambil dari wikipedia yah..

  62. #62
    gravatar

    saya pernah lihat alat penyambung fiber optic. ternyata kecil banget ukuran kotaknya aja hanya sebesar kotak buat mancing sedangkan alatnya hanya berbentuk alat kotak kecil dan dapat masuk kedalam tas.

    katanya kalo ketusuk kabel fiber optik harusdioprasi karna dapat menyebabkan kematian, makanya dalam pemasangan standar harus mengunakan setidaknya sarung tangan dan penutup hidung agar sisa pemotongan tak terhirup.

    saya juga pernah liat proposal pemasangan fiber optik step index mono mode yang ukuranya sagat kecil tapi katanya kecepatanya bisa sampai 100GB. kalo ngasalah harganya sekitar 2jt per sambungan

    kalau ada yang mau bertanya tentang fiber optik dan berdomisili di jakarta bisa bertanya kepada anak smk telkom soalnya mereka sudah diajari fiber optik dikelas 2

  63. #63
    gravatar

    Vendor FO certified + system integrator – e-Business Solutions – IT Services
    FO yang available Systimax + comscope + OFS.
    Wahana Cipta Sinatria
    Ph : 021 – 3501555, 031 – 5319719
    Fax : 021 – 3866128, 031 – 5319720

  64. #64
    gravatar

    kalau yang mau terminasi bisa hub. saya rudibst@yahoo.com, type ST, dipanggang, suntik

  65. #65
    gravatar

    Salam, numpang promo nih …
    Instalasi Fiber Optic skala besar (corporate needs)hub Ary, e-mail : aryawan@multicom-online.com
    022-7312800

  66. #66
    gravatar

    Mas jay,saya baru bkerja di suatu ISP…
    nah di perusahaan saya akan di pasang FO…
    saya ingin skali mengerti tentang FO..
    tolongin saya donk..
    ilmu dasar tentang FO..
    soalna saya msh sangat awam….

  67. #67
    gravatar

    Biasanya klo FO apa saja gangguan yg sering terjadi….
    dan saya ingin tau bagai mana cara perbaikannya….
    saya baca di wiki..
    efisiensi dari serat optik di tentukan dari kemurnian-
    bahan penyusun gelas…
    yg ingin saya tanyakan..
    apa yg di maksud dengan bahan gelas..
    tolong di jawab yach mas jay….

  68. #68
    gravatar

    boleh juga….artikelnya,tapi lebih lengkap lagi dong kayanya seru deh….ada gambar teknisinya lagi maintenance fiber optik ada ngga bos….??..

  69. #69
    gravatar

    bang jay yang keren… aku lagi mau pasang kabel optic kira kira 100 meter doang buat backbone, apa perlu kabel optic atau cukup dengan cat5e aja… karena mengingat ini jaraknya tanggung dan buat backbone… di tunggu ya bang jay jawaban… semoga bang jay semakin dermawan dalam ilmunya.. amin kalo bisa kirim ke cybertoko@cbn.net.id thank u

  70. #70
    gravatar

    #66: Lho, skip skip eci eci?
    Yang saya tulis di atas kan pengantar tentang FO.

    #67: Gelas dalam arti glass, bukan gelas-gelas kaca untuk minum (ya memang terbuat dari glass juga, sih).

    #69: Jarak 100m kan bisa menggunakan kabel UTP. Jika outdoor gunakan kabel STP. Pake tipe cat5e untuk 100Mbps, pake cat6 untuk 1Gps.

  71. #71
    gravatar

    mau pakai gimana lho menghubunginya

  72. #72
    gravatar

    mas kalo mau belajar terminasi FO di mana yach saya mau dong informasinya tolong di kirim ke
    andi_r@cbn.net.id

  73. #73
    gravatar

    mas mau tanya gimana caranya membuat wajan bolic menggunakan usb wireless, gimana instalasinya, koonfigurasi menggunakan so windows saja.tolong send ke email saya.Thanks

  74. #74
    gravatar

    Informasi Yang Sangat Berharga. Thankz Mas JAY.

  75. #75
    gravatar

    bagus deh artikelnya…. tapi aku mau nyari tentang test online ma offline OAN (Optical Access Network) kok ga nemu2 ya?buat laporan KP di INTI:(

    klo ada yang tau,,, kasih tau aku yak,,,

    Apa harus tnya lagi ma pembimbing lapangan di PT INTI? yah,,, mals bgt deh,,,

  76. #76
    gravatar

    bang jay saya bisa minta informasi harga kelengkapan seperti conection dan alat sambumbung()_toolkitnya?
    hub ke 0361 7949857

  77. #77
    gravatar

    wah bagus banget tulisannya mas, kok bisa sampai sebegitunya!! sekolah dimana mas? he… he… he…

  78. #78
    gravatar

    mas jay tolong kirimkan gambar kabel konektor FO soalnya ada tugas di skul kalau sampai tidak mengumpulkan saya akan di beri sangsi, mohon bantuannya secepatnya

  79. #79
    gravatar

    mas Jay….
    IkutaN nimBrung…

    klo g salah sumber cahaya yang digunakan untuk SKSO adalah laser, karena sprektrum laser yang sempit yah??? emang efeknya apaan seh??? kenapa harus sinyal yg ber-spektrum sempit???

  80. #80
    gravatar

    Nanya donk:
    Bagaimana caranya Instalasi Cable Belden Cat6 gepeng untuk jack AMP CAT6

    Thx

  81. #81
    gravatar

    mas jay
    tolong saya dong saya butuh harga terminasi untuk fiber optik karena saya mau buat proposal untuk pembayaran terminasi FO. Kalau bisa yang update harga untuk terminasi. dan saya mau belajar banyak tentang FO tolong kirimkan artikelnya ya ke djoko_mufhti@yahoo.com
    thank’s

  82. #82
    gravatar

    mas…….
    tolong kirim tentang fiber optik…
    atau kirim alamat yang membahas alamat tentang fiber optik……..
    thankz……….

  83. #83
    gravatar

    makasih bagi2 ilmunya

  84. #84
    gravatar

    la,nape sume versi indon saja…
    enggak ada versi english ka?

  85. #85
    gravatar

    selamat siang….
    ilmunya bagus sekali…
    tapi tidak effecient untuk semua pengguna.
    sy dy malaysia, enggak faham versi indon.
    mohon di buat dalam versi english atau melayu..
    trima kasih atas keperihatinan kalian mendengar luahan hati kecil ku ini

  86. #86
    gravatar

    Mas Jay saya mau bertanya cara belah tube yg 12 core bisa ga ya ?.. Apa ada alat Khusus ?….

  87. #87
    gravatar

    om.. jay, mau tanya
    1. batas toleransi losses FO berapa per meternya?
    2. Di dunia fiber optik parameter apa aja yang utama?
    3. punya artikel ato bahan bahasan FO yd lebih detil gak?
    aku lg nyari bahan buat KP ney, tp gak dpt2x. btw, alamat e-mailnya donk om…, biar bisa nanya2x lagi.

    nb : #86 . alatnya ada kaya jacket striper yg buat kabel coax cuma lebih kecil. klo gak salah namanya tube striper. (mudah2xan bener heheheheh…)

  88. #88
    gravatar

    …sy bisa bantu untuk INSTALASI-TERMINASI FO. Wil SBY & Jawa Timur
    ST conn with crimping cukup 15 usd/core … it_solusianda@yahoo.co.id

  89. #89
    gravatar

    #17 Jangan salah, FO juga ada yang nyolong. FO milik provider XL udah ngalamin kejadian ini sampe dua kali loh. Operator Filipina juga udah ngalamin pencurian FO sampe 3x

  90. #90
    gravatar

    Haiii lam kenal….

    Aq mu nanya ne..cara nge ‘crimping’ fiber optic ma koksial gmn sih??? bgug ne, ud seharian browsing tp g ktmu jg…T_T

  91. #91
    gravatar

    asw.
    pak salam kenal ya. saya pupu. saya tertarik dengan artikel bapak.
    saya adalah mahasiswi politeknik program studi teknik telekomunikasi.
    sekarang saya sedang mencari-cari judul untuk TA. Waktu itu saya minta salah satu dosen saya untuk menjadi pembimbing TA. saya merekomenasikan judul TA yang berkaitan dengan saluran transmisi. beliau menyarankan saya untuk mempelajari fiber optic.
    bapak punya saran nggak untuk judul TA saya yang berkaitan dengan fiber optic?
    makasih ya, pak sebelumnya.
    ^_^

  92. #92
    gravatar

    pak Jay..
    bisa bagi ilmunya ya..? begini saya punya jaringan TV kabel coaxial, nah ada satu jalur pelanggan jaraknya sekitar 1,5 km – 2 km yang minta dipasangin layanan tv kabel. dgn jarak itu tidak ada t4 untuk persinggahan amplifier buat coaxial, karena jaraknya terlalu jauh, maka saya berpikir apa FO bisa menjangkau jarak tersebut tanpa ada node persinggahan.
    jadi dari studio langsung ke lokasi layanan dgn jarak tadi. Nah pak jay… kalau seandainya bisa, perangkat apa yang harus disediakan (hanya untuk satu jalur tersebut). FO nya jenis apa, amplifier/boosternya, converternya, terus kualitasnya bgm, dsb-dsb yang bisa jadi pertimbangan untuk pengadaan itu. baik buruknya.
    trus kisaran berapa harganya? bisa didapat dimana? (referensi)

    bisa dibantu ya pak?… thanks! ilmu yang berguna adalah ilmu yang tersalur… benar khan pak…?
    sori pak becanda. ditunggu di email saya.

  93. #93
    gravatar

    hi pak jay perkenalkan nama saya zack!
    saya mau minta bantuan ni!
    pak jay punya gak teori mengenai modulasi dan demomodulasi pada SKSO!
    terutama mengenai multiplexer dan demultiplexernya!
    soalnya saya sedang dalam tahap penyelesaian TA mengenai SKSO tersebut!
    tolong ya pak jay!

  94. #94
    gravatar

    oia! pak jay klo ada artikel atau teori pendukung mengenai SKSO yang saya minta tolong dikirim aja ke alamat ini ya pak jay!bk_03_1mf@yahoo.com

  95. #95
    gravatar

    saya minta bantuan cari data fiber optik dalam komunikasi gambar.biasanya kan untuk komunikasi data? ada g’ untuk komunikasi gambar? saya ada kendala dalam nyusun skripsi. makasih ya????

  96. #96
    gravatar

    Man temen kalo ada yang biasa terminasi n splicing(jointing).. silahkan masukan penawaran ke albert@powertel.co.id….Thx

  97. #97
    gravatar

    kang pelatihan fo dimana ya. yang dijari dari mulai splicing sampe testing & comisioning

  98. #98
    gravatar

    temen2 kalo ada yg bth terminasi FO di Sby/Jatim dan skitarnya dapat kita bantu..biaya & Service dijamin PUAS, tks
    call 031 8413365 (office)
    YM! : bos_sulaeman

  99. #99
    gravatar

    kalau ada artikel tentang POF (Polimer Optical Fiber) bisa kirim ke email or blog…
    karena untuk bahan skripsi….
    thanx…

  100. #100
    gravatar

    bagaimana jika fiber opti itu patah apa harus disambung dari awal?

  101. #101
    gravatar

    da penjelasan yang lebih mendetail gak tentang fiber optik???
    thanks….

  102. #102
    gravatar

    Ya seperti kabel lainnya kalau fiber optic patah musti disambung dan nyambungnya harus dari awal, artinya kabel dikupas sampai pada corenya lalu corenya disambung/displice. Ada dua cara splicing/penyambungan yaitu : Mekanical splicing dan Fusion splicing.

    Mecanical splicing adalah penyambungan secara manual/mekanis dimana kedua ujung core setelah dikupas/ditelanjangi menggunakan alat penelanjang (stripper)didempetkan dg kerapatan yg ditentukan lalu dijepit dg alat sambung standar pabrikan FO.
    Penyambungan mekanis ini biasanya bersifat darurat dg alasan FO yg ada sangat pendek hingga tdk memungkinkan dilakukan fusion splicing, atau alasan lain karena alat sambung lebur/Fusion Splicer tdk ada atau masih menunggu dari tempat lain, sementara FO harus segera disambung.
    Penyambungan mekanis ini memerlukan tingkat ketrampilan dan ketelitian yg tinggi karena betul2 manual supaya hasil ukuran lossnya rendah.

    Fusion splicing/Peleburan dilakukan dg menggunakan Splicer sudah computerized sehingga pengerjaannya lebih mudah dan hasil splicingnya relatif lebih bagus, dan biasanya ukuran lossnya sangat rendah.
    Setelah splicing selesai maka core optik disusun didalam sebuah tray dg rapi dan terikat kuat/tidak goyang lalu dimasukkan ke dalam alat sambung kabel yg namanya Clossure. Clossure inilah yg berfungsi buat melindungi core dari gangguan eksternal, jadi ujung kabel satu dg lainnya dijepit kuat di clossure ini, sedangkan core berada di dalamnya dg aman.

    Kalau sampean liat ada benda warna hitam berbentuk silinder atau yg lain kira2 sepanjang 60 Cm nempel di ujung tiang kabel FO ya itulah Clossure.
    Kabel FO bawah tanah juga demikian prosedurnya hanya saja bentuk dan specifikasi clossurenya sedikit beda karena harus lebih tahan lumpur dan air dalam waktu lama.
    Kenapa harus memakai clossure segala?, karena FO itu wujudnya sangat kecil/lembut jadi sangat rawan patah sehingga harus betul2 terlindungi dengan kokoh.

    SEDIKIT YANG SAYA TAHU TENTANG FIBER OPTIC
    Standar FO umumnya sama, wujud kabel sebesar diameter kl. 1 inchi baik yang isinya 6 core hingga 96 core (maaf di atas 96 core saya belum pernah liat).
    Setiap 6 core dg pewarnaan berbeda buat pengkodean dimasukkan ke dalam tube/loss tube dg warna yg berbeda pula.
    Jadi kalau sebuah kabel FO berisi 96 core maka di dalamnya terdapat 16 loss tube yg berisi nasing2 6 core FO. Kalau satu kabel isinya kurang dari 16 loss tube biasanya diganti dengan plastik dg ukuran yg sama dg loss tube yg biasa disebut filler buat memenuhi isi dari diameter kabel.

    WARNA SEBAGAI PENGKODEAN
    Yang umum dipakai di dunia telekomunikasi warna FO ada 12 warna dengan urut-urutan (dalam bhs. Indonesia)sbb:

    1 = B > Biru 7 = M > Merah
    2 = O > Orange 8 = H > Hitam
    3 = H > Hijau 9 = K > Kuning
    4 = C > Coklat 10 = U > Ungu
    5 = A > Abu-abu 11 = P > Pink
    6 = P > Putih 12 = T > Tosca

    Agar mudah diingat/mudah dihafal maka warna kabel FO disingkat menjadi: BOHCAPMHKUPT (BOHCAP eM Ha Ka U Pe Te).
    Warna ini bukan hanya berlaku bagi Core saja tetapi Loss Tubenya juga, karena bertujuan utk memudahkan urutan kabel itu sendiri bilamana yg dipakai/disambung lebih dari 1 loss tube.
    Biasanya untuk Core pewarnaan diulang setiap 1 s/d 6 (BOHCAP), sedangkan Loss Tube setiap 1 s/d 12 (BOHCAPMHKUPT)

    Sebagai contoh sebuah kabel berisi 24 core yang terdiri dari 4 tube (masing2 tube isi 6 Core), maka urutannya adalah :
    Core nomor 1 = Core warna Biru, Loss Tube warna Biru, core berikutnya urut s/d core warna putih.
    Core nomor 7 = Core warna Biru, Loss Tube warna Orange, core berikutnya urut s/d core warna putih.
    Core nomor 13 = Core warna Biru, Loss Tube warna Hijau, core berikutnya urut s/d core warna putih.
    Core nomor 19 = Core warna Biru, Loss Tube warna Coklat, core berikutmya urut s/d core warna putih.

    BENDING RADIUS :
    Untuk menghindari FO patah akibat tekukan/bending, maka ada ketentuan radius minimum yang diperbolehkan dalam menggulung atau menekuk Kabel FO al :
    -Bending radius untuk Kabel minimal 20 kali diameter kabel (kl. 80 Cm).
    -Bending radius untuk Core minimal 3 Cm.

    Demikian kira2 yg saya tahu. Tx.

  103. #103
    gravatar

    untuk penggunaan kabel fiber optic, parameter yang harus diperhatikan adalah jarak dan kecepatan data yang diinginkan.

    Ada dua type kabel fiber optic yaitu multimode dan singlemode.
    Perbedaannya terletak pada ukuran diameter core fibernya.
    Untuk yang multimode ukurannya 50um dan 62,5um, sedangkan singlemode ukurannya 9um.

    Penggunaannya juga berbeda.

    boleh saling diskusi ke email atau YM saya : teddykurniawan@yahoo.com

  104. #104
    gravatar

    kurang spesifik bos……………

  105. #105
    gravatar

    halooo jay,bley mtk tlg tak.saya kena buat pembentangan next week..bley bagi maklumat cket tentang serat optik dalam komunikasi………….please

  106. #106
    gravatar

    bisa mnta foto2 penyambugannya g’… sekalian data2nya…

  107. #107
    gravatar

    saya ingin tahu banyak ttg FO, kerana berkaitan dgn pekerjaan saya, CCTV. boleh kha minta artikelnya yg lebih spesifik, karena saya ingin tahu ttg penyambungan ST, SC, apa bedanya, dan loose tube itu apa?
    terimakasih.

  108. #108
    gravatar

    keren..

  109. #109
    gravatar

    temen2 yang di surabaya untuk Terminasi fo bisa hubungi fiberoptic.surabaya@yahoo.com

  110. #110
    gravatar

    boleh ga di pake buat nyetrum tu fo pak jay he ehe ehh

  111. #111
    gravatar

    Mas Jay..

    Bisa bantu informasi ; kami perlukan OTB 48 & 96 cores qty masing masing 2 units.
    Utk merek bisa 3M atau Litech atau NBC..kami butuhkan segera.

    Terima kasih.

  112. #112
    gravatar

    Oh iya …Ini no telp yg bisa dihubungi 021 – 68306481.

    Terima kasih.

  113. #113
    gravatar

    Mas Didi,

    Sudah dapat OTBnya belum

  114. #114
    gravatar

    salam kenal mas jay. saya baca artikel anda, saya benar2 tertarik.
    yang mo saya tanyakan bisa gak kasih sedikit topologi nya bila saya mo gunakan untuk menyambung dari server saya ke pelanggan. maksudnya apa saja yang saya butuhkan. kalau boleh juga saya pengen tau berapa kira2 harga alat2 yang di butuhkan

  115. #115
    gravatar

    contoh aplikasinya mana?tambahin ya….

  116. #116
    gravatar

    pak Jay… apakah masa depan fiber optic terancam dengan adanya teknologi wireless????

  117. #117
    gravatar

    Assalamualaikum…

    Salam kenal buat semua, khususnya Mas Jay.
    Materinya BAGUS Mas Jay, walaupun kurang lengkap, hehehe…
    Kok nggak ngebahas Terminasi : Epoxy & Light Crimp?,
    kan masih banyak yang pake, untuk Budget yang terbatas.
    Tapi “OK Banget kok” untuk meng-edukasi Publik & Institusi yang membutuhkan informasi seputar FO.
    Terus terang, awalnya saya “Blank Banget apa itu FO”, sedangkan PO & DP Project sudah ditangan,
    Lho, kok bisa? Akhirnya saya harus cari tau apa itu FO dalam 1x24jam & sambil “Learning by Doing” tentunya.
    Hingga saat ini sudah banyak Institusi/Vendor IT yang telah kami bantu untuk instalasi FO Backbone,
    seperti : Inter Floor, Building to Building ataupun Kawasan hingga Kilometer.
    Dan sekarang Core Bussines saya salah satunya adalah FO, selain Data Center Infrastructure.
    —Maju Terus Dunia IT & Telco Indonesia—

    Thx
    for Mas Jay

  118. #118
    gravatar

    idenya baik,walaupun kurang passssssssdehhhh.

  119. #119
    gravatar

    #116: Kenapa harus terancam?

  120. #120
    gravatar

    Komanandan, saya mau pasang fiber optic sebagai back bone jaringan di kantor antar kantor pusat ke kantor cabang yang kira2 150 m. maksud saya antar kantor pusat ke cabang pakai fiber optic, sedangkan di internal pusat atau internal cabang pakai kabel UTP. bisa nggak tuh? apa saja yang dibutuhkan? kalau pakai kabel UTP kan pakai switch hub dan conektornya rj 45. terus kalau di fiber optik pakai apa?

  121. #121
    gravatar

    Pakai patch-chord FC, SC, ST, atau LC ke port/interface fiber optik di switch/router.

  122. #122
    gravatar

    Siap lah boss….. ajib lana ajib lakum nyunghid kacapatanan…….

    Artinya Keren Abiissssssssss…………………. Forumnya

  123. #123
    gravatar

    ada yang punya proposal untuk project fiber optic / atau sharing project juga boleh…

  124. #124
    gravatar

    Mantaf itu kabel fiber. Untuk konektor yg murah pake aja 3M VF-45. Alat splicing nya juga mudah digunakan dan ringan juga murah lagi, dari plastik sihhh. Cukup pake senter aja untuk ngetes nya.

    Kalo ada yang mau bagi2 info bisa ke bangkris@gmail.com
    Dari bambang di batam

  125. #125
    gravatar

    mlm mr.jay
    aku suka ma tulisan bapak, bisakah saya minta tolong, saya punya kendala dalam penyusunan skripsi yang saya butuhkan informasi pengaruh temperatur pada fiber optik dan kira-kira kalo pengen beli fiber optik optik dimana ya pak(toko apa)??
    terimakasih sbelumnya

  126. #126
    gravatar

    mas jay, anak saya dapat tugas dari gurunya untuk mengkliping tulisan ttg serat optik. tolong ya kalau ada artikelnya yang komplit. makasih banyak.

  127. #127
    gravatar

    ada gak tempat pelatihan pemasangan fiber optik untuk pemula?

  128. #128
    gravatar

    Ikutan promosi leh ga yah?????hehhehhee… cari fo cable Netviel Prysmian ( Pirelli ) email aja ke punkgeulisna@yahoo.com thanks

  129. #129
    gravatar

    bagaimana si cara settingan otdr yang baik?

  130. #130
    gravatar

    kalau ada yang mau terminasi saya juga ada yang sudah penggalaman, analisa gangguan.. kirim email aja. tapi ada yang bagus tuh pt silkar, putra mandiri

  131. #131
    gravatar

    Halo Sahabat Media, melalui media ini perkenalkan saya dari PT. Lentera Agung Kencana, adalah Distributor untuk alat-alat dan peralatan Media Telekomunikasi dan Data, Bisnis Perusahaan kami adalah :
    1. Distributor Resmi Untuk Product Krone ( LSA-PLUS, MDF, K71,K52 Rumah Kabel)
    untuk Produk Tembaga seperti 4Pair Cable UTP Cat5e, Cat6, dan Fiber Optic
    2. Produsen Sieges, Produk fiber optic dan Accessories, seperti pigtail/patchcord
    (Singlmode dan Multimode, Connector mudule dan optical termination box (OTB),
    selain Connector FC, SC dan ST, kami juga menyediakan connector E2000,LC dan
    DIN Connector.

    Kami telah mensupplay produk kami, baik yang tembaga maupun fiber optic, untuk Proyek-proyek PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Indosat, PT. Siemen Indonesia, PT.Acatel Indonesia dll.

    Contact Person :
    Masdar Chairuman
    Mobile : 08179141389
    Tlp : (021) 65307858 Ext 797
    Fax : (021) 65307859
    Email : masdar@lenteraagung.con / masdarlentera@yahoo.com

  132. #132
    gravatar

    mas saya bisa minta metode metode pengukuran serast optik dengan OTDR? dan landasan teori tentang pengukuran menggunakan OTDR?

  133. #133
    gravatar

    saya baru lulus dari SMK MUHAMMADIYAH 1 Samarinda,jurusan yang saya ambil komputer jaringan begitu lulus saya di panggil oleh sebuah perusahaan IT dari jakarta,saya pernah terminasi fiber optic yang 8 core, di kutai kartanegara, tenggarong kalimantan timur,saya merasa terminasi fo sangat mudah cuman harus teliti dan extra hati-hati biyar ga ketusuk corenya, operasinya jauh lho ke singapur mungkin di indonesia belum ada alatnya,jadi kalo mau terminasi jangan lupa sedia tisue, alkohol, dan sarung tangan, kalo saya sendiri seh ga suka pake sarung tangan karna saya merasa ga nyaman saat terminasi, tapi kalo anda beli alat teminasi merek PANDUIT udah lengkap tuh didalamnya segala tisue sampe alkoholnya pokoknya tinggal pakai deh dan siap kerja

  134. #134
    gravatar

    pak kalo gambar instalasikabel serat optik gmana???thanks

  135. #135
    gravatar

    pak, knapa ga bahas EDFA? apa smua jaringan optik pake EDFA?
    thx..

  136. #136
    gravatar

    Salam kenal
    saya halim atau bisa dipanggil miko dan saya bekerja di perusahaan IT dijakarta siapa yang perlu bantuan pengadaan barang2 IT, saya bisa bantu.baik pengadaan , perbaikan dan perawatan perangkat keras(Hadware) untuk semua produk IBM,COMPAQ, dan HP perangkat Pendukung (Printer,passbook,dumb terminal, thin client,RCU), design dan implementasi teknologi jaringan(networking, web programer,dll..silakan atau bisa kontak saya ke 081380671694.ok

  137. #137
    gravatar

    [...] 7.      http://yulian.firdaus.or.id/2006/11/21/fiber-optic/#comment-38648 [...]

  138. #138
    gravatar

    assalammualaikum……..
    saya mahasiswa teknik fisika ITS mw nanya pak tentang langkah2 penggunaan fusion splicers itu secara umum seperti apa ya????penyetingan apa aja yang perlu dilakukan sebelum penggunaan
    dan faktor apa saja kah yang memepengaruhi loss akibat splicing serat optik???
    terima kasih

  139. #139
    gravatar

    jeng jay.. oopss.. soryy.. mas jay… saya sedang cari tempat pelatihan koneksi, terminasi FO (apapun tentang membentangkan FO sehingga siap masuk network).. piye mas jay? bisa bantu aku ga? apih@yahoo.com.
    Thanks before lho mas jay.. :)

  140. #140
    gravatar

    gmana caranya buat pembengkokan fo??

  141. #141
    gravatar

    mas jay, boleh minta tolong gak. kasih sedikit info donk tentang pemasangan FO baik pada SELULAR maupun MULTIMEDIA, soalnya ane gaptek nih. makasih sebelumnya (Kalau tidak keberatan jelasin juga ya, pemasangan fisik dan elektronisnya end berserta gambar ya mas jay) terima kasih sebelumnya buat mas Jay…. wassalam

  142. #142
    gravatar

    mas, kbetulan aq kerja di fo

    klo mo splicing itu kan harus menghilangkan lpisan luarnnya….
    dlu kami punya heater chemical untukng menghilangkan lapisannya…
    tp sekarang alatnya rusak…
    tau ndak mas, jenis chemical apa yang bs mengkelupaskan lapisannya itu…

    selama ini kami membakarnya utnuk menghilngkan lapisannya, tapi kelemahnnya
    core nya jadi rapuh, jadi saat udah di splicing akan mudah patah…

    makacih mas….
    for share… ta2g_we@yahoo.com

  143. #143
    gravatar

    massss….
    Kalau penggunaan WALLMOUNT untuk FO itu apa merupakan keharusan atau gimana? maksud saya, contoh kalau saya mau menghubungkan dari komputer(merupakan server) satu ke komputer lainnya apa bisa langsung pake convertersaja atau gimana? mas bisa gak info detailnya alat2 yang digunakan untuk perakitan FO untuk pemasangan dari satu point ke point satunya.

  144. #144
    gravatar

    terminasi kabel fo mudah,cepat,high return,cuma kalo udh splicing bs bikin otak ngampleeeeehhhh…….!!!bgadangnya bs 3 hari gak kelar2,malem ini aja tim gw msh di site!!pokoke nguampleehhh daaahhhh…btw high risk high return felllaz..

  145. #145
    gravatar

    Halo rekan-rekan :
    Ada pertanyaan yang ingin saya ajukan berkaitan dgn pekerjaan yang akan saya ambil. Meliputi:
    1. boring?
    2. Galian kabel FO?
    3. Tarikan kabel FO?
    4. Pembuatan Fit?
    5. Splicing?
    Berapa kisaran harga untuk item-item diatas?
    Mudah-mudahan ada yang bisa bantu. Terutama Pak Jay. Terimakasih

  146. #146
    gravatar

    mas jay. kalau setia penyambungan apakah kita perlu adaptor seperti layaknya hub?

  147. #147
    gravatar

    welehhhh seiring kemajuan jaman sekarang komputer pakai kabel serat optik

    kayanya nanti ada lagi produk paling cuanggggiiiiiiihhhhh, he….he….he…

  148. #148
    gravatar

    Hai teman teman,ada yang bisa sharing informasi untuk pelatihan ( Penyambungan ) F.o. Ribbon,mohon contact saya di 0818 0617 8375.Rudy.Sukses selalu…

  149. #149
    gravatar

    bos mau tanya…..saya terminasi FO singel mode, tapi konektornya yang terpasang multi mode.ada masalah ngak, n g mana solusinya, pa harus terminasi ulang?
    thx buat jawaban nya, sukses…….

  150. #150
    gravatar

    pak jay, minta artikelnya ya? buat tugas kuliah.. :)

  151. #151
    gravatar

    Assalamualaiakum Wr.Wb.

    PAk JAy makasih bgt dah ngasih info…
    oya ane minta artikelnya bwt baca-baca, sekalian buat nambah bahan Skripsi.
    Sukron BGT.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

  152. #152
    gravatar

    asslm
    ikutan nimbrung
    tlg di bales ya…
    saya mau tanya kalo mau beli serat optik di mana yaa????
    yang bisa per meter buat penelitian. buat skripsi.
    thanks
    asslm

  153. #153
    gravatar

    [...] http://yulian.firdaus.or.id/2006/11/21/fiber-optic/ [...]

  154. #154
    gravatar

    hallo
    mo ikutan nanya nih
    tolong utk dijawab dan dibales yach….
    saya mau nanya kalo di indonesia yang menjual perangkat keras ( hardware ) E.C.I utk fiber optik dimana ya ???
    buat referensi perusahaan….
    mohon bantuannya….
    thanks

  155. #155
    gravatar

    mas jay, mw ambil artikelnya nya buat tugas ya,makasih sblumnya

  156. #156
    gravatar

    [...] Komunikasi Melalui Serat Optik Mengenal Komunikasi Serat Optik [...]

  157. #157
    gravatar

    [...] Nopember 3, 2008 · Disimpan dalam Serat Optik Mengenal Komunikasi Serat Optik [...]

  158. #158
    gravatar

    Makasih ya artikelnya dipake buat referensi ya..ya..ya,,”,)

  159. #159
    gravatar

    Hai..
    all yang udah jago2

    ssy mau bertanya
    1. core itu buat apa sich napa ada banyak pilihan 4 s.d. 96 ya ?
    2. ada amored, aerial perbedaan dari segi fungtional?
    3. OM2 atau OM3 beda nya dimana?
    4. ada kabel fo indoor dan out door apakah kalau ke tukar tidak bisa dipakai?
    5. yang terbaik merk apa ya fo itu ? untuk out door maupun indoor

    Terima kasih banyak

  160. #160
    gravatar

    Mungkin jawaban ku bisa sedikit membantu.

    1. Sebelum instalasi, kita harus menentukan kabel FO yang ber-”core” berapa mau dipakai? Karena semakin banyak jenis data yang akan dilewatkan jelas membutuhkan core lebih banyak. Misal untuk data network, kita butuh #2 core (Rx/Tx), untuk voice butuh #2 core (Rx/Tx), untuk video kita butuh #1 core (Tx). Intinya tergantung pada berapa banyak device di kedua sisi yang akan kita gunakan. Tapi sekarang sudah ada multiplexer untuk #1 core, jadi data-voice-ataupun video dapat digabung pada #1 core.

    2. Untuk instalasi di bawah tanah (buried), kita membutuhkan kabel yang ber-armoured. untuk proteksi kabel agar tidak mudah tertekuk jika bagian tanah sering dilalui kendaraan/alat berat, melindungi gigitan tikus, dll.

    3. Aku masih kurang paham juga untuk OM2, OM3. Tapi type ini spesifikasi untuk multimode FO cable. Yang OM3 didesain khusus untuk mengakomodir bandwidth yang lebih besar. Tolong koreksi kalo salah.
    4. Kabel itu bisa saja tetap dipakai, tapi ukuran outdoor jelas lebih besar. saat terminasi kabel outdoor jelas lebih banyak step yang dilakukan. Yang indoor tidak ber-armour sehingga lebih memudahkan proses instalasi.
    5. Dulu waktu project, spec cable nya pake merek Pirelli. Kalo sekarang sudah lebih banyak lagi merek2 baru, terlebih yang buatan China lebih murah.

  161. #161
    gravatar

    hello semua
    yang udah pda ngolthok tentang FO
    aku mau minta tolong kepada mas2 yang udah pada jago smua kirimi ttg FO yang lengkap donk
    plus kalo ada gmbr
    1. Splicing
    2. bridge/converter
    3. switch
    kirim ke email qu ya bachtiar87@yahoo.com
    thaks ya sebelume

  162. #162
    gravatar

    Tolong dong buat yang tahu tentang fo

    saya lagi buat tugas akhir tentang fiber optic,
    dan saya kebingungan untuk cari tahu sofware simulasi fo. tuk dapetin kecepatan fo.
    bagi yang tahu.. tolong yach… bantu.

    makasih sebelumya..

  163. #163
    gravatar

    pak…
    katanya kalo ngeliat sinarnya kabel FO bisa ngebikin orang jadi mandul ya…????

  164. #164
    gravatar

    tolong dong untuk diperlihatkan ato di jelaskan spesifikasi fo utk serat bundle..

  165. #165
    gravatar

    mas, klu buat jaringan LAN menggunakan fiber optik kira2 bisa gak y? lalu, konsepnya seperti apa? dan apa2 aja alat yang dibutuhin untuk 5 komputer? kira2 berapa y biaya nya? mhon diberi petunjuknya y mas, karena saya akan menyusun TA, dan ntar lagi hrs kmpul proposal nih. tlg krm ke email aku y mas….. yosifitri@yahoo.com

    mkci sebelumnya y mas….

  166. #166
    gravatar

    salam kenal mas, saya pengen tau lebih banyak tentang FO. dari jenis,cara kerja sampai pemasangan. mohon info sebanyak2nya.Terima kasih.

  167. #167
    gravatar

    mas jay, saya masih awam dalam dunia FO nich mau nanya kalau instalasi kebel FO yang ditanam apakah musti menggunakan selubung luar??? terima kasih sebelumnya

  168. #168
    gravatar

    Mas Jay,parameter Return Loss yang terbaik itu berapa ya untuk FC/UPC – FC/UPC Patchcord? Pizzz inform me. Thanks ya mas Jay

  169. #169
    gravatar

    gila aja lu………bikin LAN 5 komp pake FO………klo LAN nya antar daerah sie gpp…….blom sewa splicer,miller,cleaver,protector nya…blom bli patch cord, converter FO to Ethernet OTB/ODF nya….HALAHHHH….duit yg lu kluarin bisa puluhan JUTA….

  170. #170
    gravatar

    thanks untuk Mas Jay, atas info FOnya…berguna untuk saya yg sedang memanage pekerjaan FO link sumatera sepanjang 400 km termasuk link internasional ke negeri tetangga, meliput pekerjaan inland dan submarine, pemilihan lokasi BMH dan NOC, route inland, marine survey, metholodogi pekerjaan laying cable submarine, pemesanan kabel Single Armor dan Double Armor, dll.
    secara projek sih ga masalah…tapi secara system ini baru buat saya.

  171. #171
    gravatar

    salam..
    gni pak,,
    saya mahasiswa tingkat 3
    jurusan teknik telekomnikasi

    lagi nyariu bahan TA..
    hehehe,,
    kira2 kalo saya bahs tentang fiber optik ada yang menarik ga pak??
    pengmbanganya apa?
    biar kita garap bersama pak,,

    trus,, barusan saya baca tentang OTDR,, dead zone,,
    atau apalah tentang fiber optik,,
    dari hal itu ada yang menarik ga pak untuk bahan TA..
    pengembangan apa sih yang bisa di bikin dari sini?
    sebelumnya maap neh ya pak,, kalo pertanyaan saya keliatan agak sedikit bodoh (baca: polos hehehe :)

    sebenarnya tadi saya habis baca artikel,,saya ada kepikiran,,
    gimana kalo saya membahas tentang konfigurasi penggabungan wimax dan wifi?
    klo itu kira2 bisa ga ya di angkat jadi judul TA?
    atau terlalu sedrhana ya pak?

    tolong kalo sempat dibalas ya pak..
    ke email saya aja pak,,
    makasih pak..

    :)

  172. #172
    gravatar

    dear all fren…
    saya minta bantuannya kalau ada yang tahu, kabel serat optik panjang 1000 – 1300 meter berapa “ms”(mili secound) hasil pengukuranya…..menurut stadard CCITT yang sudah ditetapkan….

    TK’s
    ervin

  173. #173
    gravatar

    Kami FM. Technology (08129134277 – lionghermanto@yahoo.com ) menerima jasa Penarikan Jaringan Network, dengan Fiber Optic maupun non Fiber dan Terminasi Fiber. kami akan memberikan harga yang bersaing ketat.

  174. #174
    gravatar

    Ingin Blajar FO di situa mana,.?
    Trus cara nge ‘crimping’ fiber optic ma coaxial,..?

    Tlong Kirim di tommyaprodita@gmail.com

  175. #175
    gravatar

    walah,,, artikelnya bener2 bagus tapi sayangnya saya telat bacanya… hehe.. udah kelewat beberapa tahun nih… tapi gak papa ilmu tu harus dibagi….. aku pengen belajar tentang FO nih… mohon pencerahannya…. YM dha_wifian@yahoo.co.id

  176. #176
    gravatar

    Pak Jay, saya mahasiswa teknik UNSOED, mo tanya ni pak, butuh bgt bwt skripsi saya. Yang dimaksud “Efek Linier” pada serat optik tu apa ya? Trus apa pengaruhnya terhadap serat optik itu sendiri?
    Mohon penjelasannya, kalo bisa secepatnya. Terima kasih.

  177. #177
    gravatar

    salam kenal semua,

    bila ada yg membutuhkan kabel fo, sub-duct dan lain dengan harga murah
    bisa menghubungi saya di 081317136491, atau 27396699

  178. #178
    gravatar

    bang kirimin dong ke email aku semua artikel atau bacaan tentang fiber optik,gw mau dalami ..tq

  179. #179
    gravatar

    emang brp tahanan penampangnya mas kalo saya boleh tahu ! maklum anak ingusan keluaran smk hehe

  180. #180
    gravatar

    haloo,

    great articles. kebetulan saya adalah seorang wiraswasta yang salah satunya adalah menjul fiber otic. karena say sekarang punya web, http://www.dwitel.com, boleh ga blog tentang fiber optic ini saya copy?. tentunya dengan nama anda sebgai authornya. thx

  181. #181
    gravatar

    kalau butuh LSA k52 merek krone bisa hubungi saya

  182. #182
    gravatar

    aku org br tlg info kan dimn cari alat u osp telpon yg murah sgt ptg skl

  183. #183
    gravatar

    oh kl kbl telpon dimana ya carinya en pst tel cid kl ada info sms dulu aja ke aku 06517424909

  184. #184
    gravatar

    pak saya mau jual second otdr yokogawa, fusion splicer fujikura dan power meter exfo. dijual murah. kalau ada yang mau hub kunsenoke@gmail.com

  185. #185
    gravatar

    pak jay…. aku mau ikutan nanya nih,
    apa sih bedanya Fiber Optik SM G655 dengan SM G652 ??
    penggunaanya dmna ?? trus untung ruginya apa ??

    mkasih sbelumnya ats jwabanya pak y…

  186. #186
    gravatar

    kalo gue pribadi sih butuh banget info yang akurat dari fiber optic, gue semakin yakin kalo mau teknologi yang mutakhir ya.. ini fiber optic, dari sini bisa belajar, soal bagaimana seorang mahir tidaknya seorang operator atau para IT, tentu sangat membutuhkan pemikiran yang jitu, waktu bekerja ga banyak bengong…nungguin data masuk, nunggu prosesing data, penginstalan dan banyak lagi.., mangkanya pake fiber optic buat ngenakin kerja…ok..kalo oke tes sendiri kemajuannya…!

  187. #187
    gravatar

    [...] (id) Mengenal Komunikasi Serat Optik [...]

  188. #188
    gravatar

    [...] Mengenal Komunikasi Serat Optik [...]

  189. #189
    gravatar

    hallo mas jay….mao numpang iklan neh…

    mas jay….klo ada yg mau membutuh kan jasa splicing/penyambungan kabel FO baik itu jaringan Telkom.Indosat,XL dll.sy siap untuk mengerjakan nya,peralatan sy komplit mulai dr Splicing,otdr,power meter,dan talk set,harga yang sy tawarkan pun bersaing,bila ada yg membutuhkan bs langsung hub saya di no 08159974797/08195583454 dng saya sendiri RAMLAN ato di mail bijoptic@yahoo.co.id.

    trims mas Jay untuk ruang yang di berikan.

    sukses teruns dunia fiber optic dan mas JAY.

    wasalam

    Ramlan
    JOINTER OPTIC

  190. #190
    gravatar

    [...] Komunikasi Serat Optik [...]

  191. #191
    gravatar

    [...] Jay adalah Yulian » Mengenal Komunikasi Serat Optik Media komunikasi digital pada dasarnya hanya ada tiga, tembaga … radio menambah alternatif lain media komunikasi, kita sebut nirkabel … dipakai jarak jauh, sedangkan MM (Multimode … :: More info about Jay adalah Yulian » Mengenal Komunikasi Serat Optik [...]

  192. #192
    gravatar

    Teman2.. ada yang tau tempat beli konektor dan detektor (sensor) untuk dipakai di Serat Optik Single mode ??

    tolong bantuanya ya…
    trims..

  193. #193
    gravatar

    waaaaah, pak jay. makasih yaa review-nya. sangat membantu saya yang ingin rekruitasi lab.skso (sistem komunikasi serat optik di ittelkom.
    semoga ilmu2nya terus jadi amalan baik untuk pak jay.
    terima kasih :)

  194. #194
    gravatar

    gw pernah dengar..katanya kabel fo klw nusuk kekulit.jangka waktu 3 TH bisa mampus

  195. #195
    gravatar

    pak jay,saya mau tanya juga nih.bener ga fiber optik klw nusuk ke kulit bisa mati dalam jangka waktu 3th? soalnya saya pernah kena tusuk tu…

  196. #196
    gravatar

    salam kami, ingin bergabung

  197. #197
    gravatar

    kang jay……sy mau confimasi mengenai harga OTB rackmounted 24/48 port dan OTB Wallmounted 12,24 port tipe ST

  198. #198
    gravatar

    pak_ bisah di jelaskan Urutan Kbl Fiber Optik itu standarnya gemana pak..????
    yang 96 core

  199. #199
    gravatar

    saya ingin pelatihan jaringan kabel optik untuk bulan november 2011 ini tolonglah aku!
    aku butuh jadwal dan biaya terima kasih sebelumnya

  200. #200
    gravatar

    Makasi mas tulisannya, tulisan ini membantu saya dalam menyelesaikan Laporan Kerja Praktik.

  201. #201
    gravatar

    Mo tanya nih..
    Untuk yang multimode ukurannya 50um apakah dapat untuk menggantikan 62,5um. koneksi langsung bisa atau pakai konverter? thks

  202. #202
    gravatar

    Mas Jay makasih atas infonya
    mo nanya ni mas jay > ada rencana kabel optic yang dh di OTB mo disambung lebih kurang 75 meter lagi dari yg ada saat ini, apakah itu bisa dilakuiin dan natinya setelah disambung apa mesti router/modem/switch dipindahin juga gimana ya!! ngikutin kabel FO tsb
    makasih ya

  203. #203
    gravatar

    saya butuh terminal lsa_plus 10p krone

  204. #204
    gravatar

    Pak Jay atau yang ngerti tentang jaringan saya mau tanya,
    Kami ingin memindahkan STL dari gedung server ke gedung sebelah, kabel internal yang pertama menggunakan Kabel FO Multimode, tetapi saya memakai kabel FO single mode untuk menghubungkannya.. Lalu yang saya ingin tanyakan bisakah Kabel FO Multimode itu di sambung dengan Kabel FO Singlemode, apkah harus memakai Media Converter atau media lainnya ??
    Tolong solusinya !
    Makasih….

  205. #205
    gravatar

    [...] htmlhttp://yulian.firdaus.or.id/2006/11/21/fiber-optic/ [...]

  206. #206
    gravatar

    […] Mengenal Komunikasi Serat Optic […]

  207. #207
    gravatar

    Maaf saya masih awam tentang fiber optic…

    Di rumah saya baru saja ada pemasangan kabel fiber optic (telkom)… *tapi belum aktif*
    1. Apa betul kalau gulungan kabel tsb di lempar pada saat pemasangan dapat merusak serat opticnya?
    2. Bagaimana kalau kabel fiber optic tsb tergilas ban mobil…. apa masih aman…??
    3. Bagaimana juga kalau kondisi pemasangannya tercepit diantara genteng rumah??

    Dua poin di atas terjadi semua pada kabel yang di pasang di rumah saya….

    * Bisa dijawab via email juga yaa….?

    Terima kasih.

  208. #208
    gravatar

    mas Jay Yang Saya banggakan, terimakasih atas artikel yang keren ini. Alhamdulillah saya cukup terbantu dengan adanya artikel ini. Terkmakasih mas Jay :D
    Buat temen2 yang mungkin sedang ingin belajar tentang Spicing FO atau pengukuran FO bisa hubungi saya di nomor 08112692472 email : hafiz089966@yahoo.com kita belajar bareng kan gak ada salahnya :D
    buat temen2 yang sedang membutuhkan (ingin membeli) Splicer bisa juga hubungi saya, atau ada temen2 yang sedang membutuhkan jasa Jointer (Splicing FO) dan pengukuran FO bisa juga langsung hubungi saya :D
    dimanapun temen2 berada insya Allah saya bisa bantu,

    Terimakasih :D

  209. #209
    gravatar

    Bagi anda yang mempunyai kebutuhan mengenai kabel Fiber optik/acessories fiber optik lainnya dengan harga yang terjangkau ?
    untuk itu silahkan anda bisa mengunjungi laman kami di wwww.tokopedia.com/biselnetz.untuk patch cord kami juga melayani custom sesuai jenis dan ukuran.demikian atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

    Best regards

    BISELNETZ
    Alamat:Jln.Laswi No.22 BANDUNG
    Telp:0227200935/08122353414

  210. #210
    gravatar

    Kabel duck 48 core berapa ya harganya

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.