Wisata Alam Bandung Selatan

Rabu, 29 Maret 2006M
00 Rabiul Awal 1427H

Hari Sabtu yang lalu gerombolan Kampung Gajah kembali berwisata mengisi akhir pekan, setelah pekan sebelumnya menikmati Observatorium Bosscha di Lembang kali ini menikmati suasana alam pegunungan Bandung Selatan, yaitu Kawah Putih Gunung Patuha, tea walk (walaupun hanya nongkrong) perkebunan teh Walini, pemandian air panas Cimanggu (tapi tak sempat) dan Situ Patengan.

Perjalanan menuju objek wisata tersebut sepanjang 46km dari Kotamadya Bandung mungkin bisa dikatakan melelahkan pikiran menyaksikan kemacetan jalan Kopo sebagai satu-satunya jalan akses yang mudah dibandingkan dengan jalur lainnya serta melelahkan otot-otot kaki kiri menahan kopling bagi sang supir. Jika anda sudah melewati fly over jalan tol Padalarang-Cileunyi selepas pintu tol Kopo maka anda akan menyadari bahwa perjalanan dari lingkar selatan jalan Soekarno-Hatta hingga kota Kabupaten Bandung di Soreang adalah datar, sejauh kira-kira 10km. Bahkan jika anda melihat peta administratif Soreang adalah titik tengah dari keseluruhan kota Bandung.

Peta Kabupaten Bandung

objek pertama di Ciwidey saat jalan menanjak adalah wisata belanja stroberi. Di kiri-kanan jalan banyak kebun-kebun stroberi, anda bisa memetiknya sendiri, jika ogah rugi anda bisa memetik sambil memakannya langsung. Hehe. Kebun stroberi ini tak sempat kami singgahi karena sudah terlalu sore, dikhawatirkan terlalu gelap sampai di objek berikutnya yang masih jauh dan menanjak.

Perjalanan berikutnya sampai di gerbang Kawah Putih Gunung Patuha yang kawahnya sendiri masih sekitar 5km lagi melalui jalan sempit beraspal naik turun dan lebih banyak naiknya. Kiri kanan jalanan tersebut dipenuhi dengan tumbuhan hutan tropis, tinggi dan rapat-rapat. Saat melewati jalan tersebut kabut sedang turun dan bau belerang mulai tercium. Transmisi kendaraan harus di gigi satu, entah kenapa meskipun jalan agak datar saat dipindah ke gigi dua mesin kendaraan ngos-ngosan tidak bertenaga, mungkin akibat kurangnya udara kering karena kabut sedang turun.

Kawah Putih, Gunung Patuha

Gunung Patuha konon berasal dari nama Pak Tua –masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Gunung Sepuh– memiliki ketinggian 2.434m dpl, dengan kisaran suhu 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat –saat adalah surut dalam Bahasa Sunda– yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194m dpl. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada abad X dan XII silam.

Sebelum ditemukannya danau Kawah Putih di puncak Gunung Patuha, masyarakat menganggap puncak itu sebagai daerah yang angker, hingga tak seorang pun berani menjamahnya. Bahkan karena angkernya, burung yang melewati kawah pun akan mati. Misteri keindahan danau kawah putih baru terungkap tahun 1837, oleh seorang botanis Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Namun, Junghuhn tidak memercayai cerita itu begitu saja, sambil melanjutkan perjalanan menembus hutan belantara hingga akhirnya menemukan sebuah danau kawah yang indah. Dari dalam danau itu keluar semburan lava bau belerang yang menusuk hidung. Ternyata kondisi belerang yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan burung enggan untuk terbang di atas permukaan kawah. Dan pada tahun 1987 PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten mengembangkannya menjadi sebuah objek wisata.

Ada perbedaan antara Kawah Putih Gunung Patuha, jika dibandingkan dengan sejumlah kawah yang berada di wilayah Jawa Barat, danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air danau kawahnya selalu berubah-ubah warna, terkadang berwarna hijau apel dan kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu dan yang paling sering dijumpai adalah berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, karenanya kawah itu dinamakan Kawah Putih.

Perkebunan teh Walini Vila Kidang Kancana, Walini

Perjalanan dilanjutkan kembali melewati bumi perkemahan Ranca Upas dan perkebunan teh Walini. Di tengah perkebunan ini ada satu-dua vila dan pemandian umum. Vila di kebun teh Walini yang pernah saya singgahi sepuluh tahun lalu adalah vila Kidang Kancana, sebuah bangunan kayu dua lantai dan memiliki kolam air panas alami di depannya. Waktu semakin sore, kami hanya sempat singgah dan nongkrong di pinggiran kebun teh saja.

objek wisata selanjutnya adalah pemandian air panas alami Cimanggu, karena tak berbekal pakaian ganti kami pun hanya melewati saja objek wisata ini dan meneruskan ke objek berikutnya, yaitu Situ Patenggang.

Memang ada kerancuan nama tempat ini, ada yang menyebut Patengan, juga ada yang menyebut Patenggang. Jika menilik etimologi nama patengan berasal dari pateang-teang (saling mencari), menjadi pateangan (menunjukkan tempat pencarian) hingga akhirnya menjadi patengan. Sedangkan nama patenggang adalah artinya terpisah oleh jarak atau kondisi. Hingga kini dua nama tersebut tetap dipakai, namun jika melihat nama desa tempat danau itu berada adalah desa Patengan, kawasan Rancabali.

Situ Patengan
Barisan perahu di Situ Patengan

Kawasan ini memiliki sebuah legenda sehingga muncul nama Situ Patenggang. Sejarah atau mitos tentang situ ini muncul ke disebabkan karena seorang pangeran dan seorang putri yang saling jatuh cinta, namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keduanya karena dipisahkan oleh keadaan. Sehingga air mata mereka membentuk sebuah situ atau danau. Selanjutnya danau itu dinamai dengan situ patenggang. Pada akhirnya mereka dapat berkumpul kembali pada sebuah batu di situ tersebut yang diberi nama Batu Cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pasangannya, maka cinta mereka akan abadi.

Beruntung, saat waktu sudah menunjukkan pukul 18:30 langit masih terang ketika kami menikmati Situ Patenggang yang airnya tenang kebiru-biruan, namun tak sempat menikmati situ tersebut dengan naik perahu.

Pulang kembali ke kota Bandung harus menikmati kemacetan lagi yang lebih parah di jalan Kopo. Semoga jalan tol Soroja (Soreang-Pasir Koja) yang sedang direncanakan bisa dibangun segera, supaya kawasan Bandung dengan segala potensinya bisa tumbuh berkembang.

Berikut beberapa informasi nomor telepon yang mungkin berguna:

Prana Tirta Jln Rancawalini Ciwidey 5927050, Rancabali

Cimanggu Cottage Jln Raya Rancabali Ciwidey

Wisma Palapa Jln Raya Soreang – Ciwidey 5895445

Hotel Lembah Gembyang Tlp 022 5928998

Pondok Selly Jl. Raya Ciwidey Tlp 5928260

Sukarasa Endah Jl Raya Pasir Jambu tlp 022 5928311

Pondok Unyil jl Baru Tunggul tlp 022 5928250

Eco Hotel Jl Baru Tunggul RT 004/01 Tlp 5928082

Sukarasa Indah Hotel Jl. Ciwidey 5928301

Tirta Selly Hotel Jl. Ciwidey Tlp 5928119

Kampung Pa’go Jl Soreang – Ciwidey KM 25
Telp (022) 592 8062
Fax (022) 592 8062
HP : 0812 208 3864

Patuha Resort & Pemandian Cimanggu
Perhutani KPH Bandung Selatan
Jl. Cirebon No. 4 Bandung
Telp 022 – 720 8310
Bpk. Subarno: 081 321 771 810
Bpk. Darmono: 081 320 298 718
Bpk. Oce: 081 841 2812
Rate mulai 50K/malam/orang (kamar sharing)

Hotel Abang Jl. Raya Ciwidey No. 500 Km.2
Telp 022 – 592 8235 – 592 8429
Bpk. Acep: 081 321 607 257

Argapuri Resort Jl. Raya Gambung Km. 6 Pasir Jambu
Telp 022 – 592 8816 – 18, 592 8200

Hotel Sindang Reret Jl. Raya Propinsi Ciwidey Kab. Bandung
Telp 022 – 592 8205

Komentar

198 komentar untuk catatan 'Wisata Alam Bandung Selatan'

  1. #1
    gravatar

    wah aseek tuh klo kesana, trs sabari botram:D

  2. #2
    gravatar

    Pertanyaan: siapakah Sang Supir dalam cerita di atas?

  3. #3
    gravatar

    Kang, fotona meni sae!

  4. #4
    gravatar

    wuiihh lengkap abisss

  5. #5
    gravatar

    hwaaaaaaaaaaaaaaaa ikottttt ikotttt, janji mandi kali ini:((

  6. #6
    gravatar

    Huh, dulu tak ajakin ke ciwidey pada gak mau.

    *pundung*

  7. #7
    gravatar

    sayang ga begitu dikenal wisata bandung selatan. ga ada infonya, website tidak tersedia, padahal banyak yg keren hehe. gunung puntang ga kelewat jay? lebih deket daripada ranca upas

  8. #8
    gravatar

    #6 Tenang, kan ada rencana Ciwidey II.

  9. #9
    gravatar

    Kunjungan kali pertama. Eh pertama bukan ya? Anggap saja pertama deh. Wah seru juga tuh jalan-jalannya Kampung Gajah. Lain kali ajak-ajak ya Mas Yulian (Jay) kalau ke kawah Putih. Dari dulu belum sempet euy. Hmmph, sekarang malah dah gak punya kamera lagi:(

  10. #10
    gravatar

    siyal! batre kamera abis!

    tak kira ciwidey itu apa… ternyata…
    hihihi..

    thanks buat warga bandung!

  11. #11
    gravatar

    * masih iri * :(

  12. #12
    gravatar

    Saputangan Dari Bandung Selatan

  13. #13
    gravatar

    wah asyik benar pemandangannyah, jadi mengingngat masa lalu lagi

  14. #14
    gravatar

    duh kapan yah bisa main ke ciwidey lagi, sejuk pisan udara na plus hamparan kebun teh, situ, dan pemandangan yang indah deh bagus untuk refreshing…

  15. #15
    gravatar

    pokonya asyik deh kalo ke bandung mah dan jangan lupa botram kata orang sunda mah

  16. #16
    gravatar

    mau cerita lainnya wisata alam bandung donk

  17. #17
    gravatar

    Ciwidey memang asyik tapi udaranya dingin booooooo!!!

  18. #18
    gravatar

    Ciwidei nyenengin ati lho dateng aje isi… oh my god

  19. #19
    gravatar

    berita kawah putih disebarkan donks

  20. #20
    gravatar

    info costnya dong kalo nginep & masuk ke tempat wisatanya

  21. #21
    gravatar

    minta info bea masuk and no telp villa di pemandian air panas cimaggu dan tolong kirim ke email saya… eidel_78@yahoo.com…… terima kasih

  22. #22
    gravatar

    Seru Juga Tp Mana Peta Untuk Ke Kawah Putih Saya dari Jakarta Nih

  23. #23
    gravatar

    aku anak malang, nah aku pengen tahu peta wilayah Bandung secara keseluruhan. Maklum kalo ga bawa peta ga bisa jalan-jalan sendiri di Bandung coz bisa nyasar nanti he…he…he…boleh ga aku minta?terima kasih sebelumnya

  24. #24
    gravatar

    itu yang foto ada rumahnya teh dimananya kawah putih?mananya ciwidey?

  25. #25
    gravatar

    #24: Itu vila Kidang Kancana, di tengah perkebunan teh Walini.

  26. #26
    gravatar

    Diliat bagus darimanya?
    ga ad bgs2nya..
    kren juga ga!
    payah deh pokonya!

  27. #27
    gravatar

    Aduh jd pengen juga jalan-jalan ke Bandung, tp tunggu jatah cuti tahunan dech

  28. #28
    gravatar

    Untuk wilayah jabotabek lebih suka wisata alam relatif besar, tetapi kami kurang informasi, termasuk mengenai wisata alam ke daerah ciwedey, situ patenggang,
    yang menjadi masalah adalah kami susah mencari acses untuk menginap,
    sekarang Jakarta~Bandung hanya 1.5 jam dapat ditempuh, jadi merupakan alternatif pilihan untuk berwisata ke tempat-tempat yang daerahnya masih relatif asri dan sejuk, seperti ke daerah ciwiday.
    Tolong dong informasinya, bagaimana kita bisa menginap seperti di walini, dan ke nomor berapa kita bisa booking.

  29. #29
    gravatar

    Gak bakalan kecewa deh jika kamu datang ke daerah wisata Bandung selatan, Ciwidey, Situ Patenggang, Kawah Putih, pemandian air panas Cimanggu, dll.

    Akoe sering bolak balik ke sana, kenapa coba …..
    karena aku orang Soreang, orang Gajah gituh loh..
    tapi sekarang aku kerja di Jakarta. Belum sempet lagi main ke sana
    belum ada waktu yang luang.

  30. #30
    gravatar

    Aku Mau No Telp vila yang ada di perkebunan teh Walini itu donk, Vilanya bersih gak Ya?

  31. #31
    gravatar

    kalo bisa, kasih tau no2 yang bisa dihub ketempat2 itu swong. kayanya masih asri banget tuh.
    misal. no villanya ke, ato tmpat pemandian arir panasnya cimanggunya. pokoke, tempat2 yang diblg di ‘jay adalah yulian’ deh…
    tax b4

  32. #32
    gravatar

    Makasih infonya, minggu depan aku mau kesana loh…

  33. #33
    gravatar

    misi oom…
    boleh tau gak contact buat booking cottage-nya?
    yg cimanggu tuh…

    makasih.. :)

  34. #34
    gravatar

    Ciwidey emang asyiiiiikkkk bbbuuuaaaannggggeettt…..coba dech”spa tau suka,stiap selera orang kan beda-beda

  35. #35
    gravatar

    blog boga alamat telepon vila kidang kancana teu , ieu kang ibing hayang he’es di dinya euyy

  36. #36
    gravatar

    itulah alam yang telah tuhan kita ciptakan untuk kita,kita meski mensyukuri nikmat yang telah diberikan.kalau ada umur dan biaya aku pengen kessana dan jika allah mengijinkan aku akan berangkat.amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  37. #37
    gravatar

    kalo inget ciwidey rasanya pengen balik lagi. aku sudah beberapa kali mengunjunginya. dan yang paling berkesan saat aku ikut gerak jalan wisata internasional yang diadakan di daerah tersebut.cuma terakhir kali aku kesana, pengembangan wisata tersebut masih kurang, tidak terkelola dengan baik.

  38. #38
    gravatar

    gw jg sueneng bisa ke ciwidey apalagi sbg anak pariwisata getoh lohh
    bravo ciwidey moga pemerintah lbh memperhatikan potensi wisata ciwidey cuz subhanallah gax kalah seru dibanding bali huehuehue……..

  39. #39
    gravatar

    Gw juga pernah ke sana. Pertama kali th’96 waktu masih SMA, trus th’98 waktu diklat pas kuliah and terakhir th’03 waktu lulus2an plus ospek angk. baru…. Gileeee ga berubah man… Tetep keren abis, udaranya kalo pagi di bulan juli sekitar 4 derajat C. Serasa di negeri Belanda. Akhir th ini pengen ke sana tp udah fullbooked.. hiks…hiks… Btw sekarang tarifnya berapa yah??

  40. #40
    gravatar

    baguznya!!!!!!!!!!!!!!1
    pengen dech kesana..

  41. #41
    gravatar

    aku mau donk contact numbernya villa Walininya atau villa kidang kancananya.thx ya.

  42. #42
    gravatar

    Thanks, saya mo kesana

  43. #43
    gravatar

    oh ya saya mau ke sana, terus nginep kemana kalo mau ke kawah putih,

    Thanks

  44. #44
    gravatar

    kami sekeluarga mau kesn nih…boleh minta no telp dan alamatnya???

    thx

  45. #45
    gravatar

    oh yaa minta dibalas yaa ke alat email rensyeuh@yahoo.com

    sekalian jg minta alat n telp villa kindang kancana yaaa???
    tahx banget yeuuuuuuh……….kita pasti kesana kooooooooooook

  46. #46
    gravatar

    Duh, asa hayang ulin deui ka Ciwidey. Sanajan tiris oge’, da resep, atuh.
    Bisa-an si Akang ‘Jay’. Nuhun, Kang. Asa diajak ulin, euy!

  47. #47
    gravatar

    Thank you banget untuk infonya. Minta nomor telphone nya vila Kidang Kancana dong. Harus booking dulu gak kalo ke sana.

  48. #48
    gravatar

    Wah…Indah bgt pemandangannya.sy mau donk info contact numbernya villa Walini atau villa kidang kancananya.thks Bgt

  49. #49
    gravatar

    waduh enak juga nich” kalo bisa kesana.kang minta alamat sareng no tlpna hatur nuhun pisan punten,bales ka alamat email marketing@hengtraco.com

  50. #50
    gravatar

    infonya top bgt, boleh minta no tlp villanya ga.., Klo bisa dibalesnya ASAP soalnya buat liburan akhir tahun nich.
    thnx B4.

    salam

  51. #51
    gravatar

    Ciwidey itu tmpt yg indah dah hrgnya sangat murah, saya pertama kesana sm teman2 seneng bgt terus yg kedua kalinya sm pasangan tapi kita gak sempat ke lokasi pariwisatanya krn ada urusan klg !!! semenjak saya tau ciwidey saya menjadikan tempat IDOLA rasanya pengen sekali bs dtg untuk menlepasakan rutinitas yang buat penat kepala didalam lingkungan kerja, minta info VILLA yang lain dunk selain Kampung PAGO n Sindang Reret ( thx )

  52. #52
    gravatar

    saya sebenarnya blm pernah kesana, tapi temanku cerita tentang situ patenggang bagus sekali, dan udaranya katanya dingin ya disana, wah harus bawa banyak jaket nich, tolong dong minta info biaya masuk kalo saya pake bis yang penumpangnya 60 orang, pertanyaan saya apakah bayarnya rombongan apa satu persatu di hitungnya?tolong dong di balas ke email saya ya.
    thank’s banget atas infonya tentang pariwisata kota bandung.
    pejaten barat pasar minggu jaksel

  53. #53
    gravatar

    Wah…. iya nih bagi2 dong nomor2 telepon penginapan yg bersih dan cocok untuk keluarga di daerah Ciwedeuy. Saya sudah banyak sekali mendengar cerita dan lihat foto2 Ciwedey dan sekitarnya yg benar2 luar biasa. Maunya sih akhir tahun ini mencoba menjelajah ke sana tp ga tau tempat2 penginapan yg dekat dengan lokasi wisata di Ciwedeuy. Boleh dong bagi2 info penginapannya dan rutenya :

  54. #54
    gravatar

    Wah ok banget info nya pak Jay…..
    jadi pingin ngajak keluarga kedaerah sana.
    Kalo Sindang Reret enak ga ya u/ keluarga ? model hotel ato villa ya ?
    Sama no telp Villa Kidang Kencana ada ga ?
    TQ allot info nya …..

  55. #55
    gravatar

    waaaahhh…jadi gak sabar pengen cepet2 ksana..alna cewe gw da dibandung…tepatna di alun2 jalan dalem kaum gt…hehehehe…misss u thayankqhw….muahhhh…

  56. #56
    gravatar

    wah…. tempatnya oks bgt!!! mau dong alamatnya trus tarifnya berapa sih… ada vila yang utk 15 orang ga? mau liburan nehhhh

  57. #57
    gravatar

    Aku Nci, aku dan keluarga besar ku mo jalan2 ke ciwedeuy ini.., Boleh minta no telp villa yg temapt kamu nginep gak??? please… Aku perlu banget nih, Makasih ya sebelumnya…

  58. #58
    gravatar

    Aku Nci, Aku dan keluarga besar aku mo jalan2 ke tempat ini, aku boleh gak minta no telp villa dan alamat villa yg ada kamu nginep, kita ada 70 orang, kira2 bisa gak yah.. villa itu nampung utk 70 orang??? Makasih yah sebelumnya…

  59. #59
    gravatar

    Jay .. thx atas segala infonya .. dilengkapin lagi dong lokasi wisata yg dah lo kunjungin .. keterangan lo gak kalah sama brosur2 wisata …. bener tuu kata temen2 yg lain .. mohon info tarif dan no telpon disana ….

  60. #60
    gravatar

    #59: Mohon maaf, juga kepada semuanya. Saya belum sempat mencari-cari nomor telepon vila tersebut karena belum terpikir mencarinya ke mana.

  61. #61
    gravatar

    wah,,
    aa jAy mksh bwt infonyee,,
    aq naq tOurisM yg mo pRaktek guide di sana jd mdh dpt bahan neeh,,
    huehhh,,
    thanx ya,,

  62. #62
    gravatar

    jay, kamu repot ya jawab questioner aku, ko belum ada juga, tolong clue2 nya aja biar aku browsing lagi telp n addressnya. tempat pertanian jamur, susu pengalengan, strwberry field and others, minggu depan aku mo survey nich.tq

  63. #63
    gravatar

    #62: Gak pernah nanya dan nyimpen nomor telepon tempat wisata alam nih. Biasa datang langsung ke lokasi. Gak nyimpen brosurnya juga. Gak tahu nyari teleponnya harus ke mana.

    BTW, Pangalengan itu di Bandung selatan, 40km dari pusat kota Bandung, dan Lembang itu 15km ke utara dari pusat kota Bandung.

    Kebun stroberi ada di Ciwidey (Bandung selatan), di sekitaran Lembang/Cihideung (Bandung utara) ada Rumah Stroberi. Pertanian jamur entah di mana.

  64. #64
    gravatar

    Jay.. itu gw kan ada di poto :D
    Oh ya, no telepon penginapan di situ hubungi aja PN VIII (022)2038969 atau liat di http://www.pn8.co.id.
    Thx potonya, jadi bisa cerita2 sama istrikuw.. hehe..

  65. #65
    gravatar

    Gw wiwin, mgkn dah bosen ditanya, ada info yg lbh detail gak ttg villa yg dikunjungi, no telp villa dan alamat villa yg ada kamu nginep, kita ada 30 orang, kira2 bisa gak yah.. Makasih yah sebelumnya…
    bsk minggu mo survey ke situpatenggang…please2 kasih infonya ya…..

  66. #66
    gravatar

    #65: Baca komentar #64

  67. #67
    gravatar

    mabuhai………………

    gw pgn bgt liat Kawah Putih Ciwidey…….
    rencanay gw mo rombongan ksna
    tgl 18 Maret’07 mudah2an jdi

  68. #68
    gravatar

    Ciwedey Vol…T.O.P B.G.T better than Puncak or Lembang

  69. #69
    gravatar

    Penginapan terdekat adalah di Cimanggu, sebelah kiri jalan setelah RancaUpas sekitar 800 m arah selatan Kawah Putih. Cimanggu juga merupakan daerah wisata dengan Hotsprings. Cottage tersebut milik PTPN VIII Gn. Patuha.. jadi coba aja hubungi PTPN. Dari Bandung, keluar Pintu Tol KOPO, kemudian langsung ke selatan (kanan) menuju Soreang dan terus ke Ciwidey. Jangan lupa bawa Jacket, Sweater, Raincoat & payung. Kalau punya sarung tangan wol & scraft.. dibawa. Jangan lewatkan Situ Patengan, kebun² strawberry, RancaUpas, RancaWalini sebagai obyek wisata tambahan.
    PTPN VIII Telp (022) 7830826, Fax (022) 7830827. Kalo kata saya, adventure ke Ciwidey nggak afdol kalo nggak Camping di Ranca Upas. Tapi kalo ingin cottage, ada di Cimanggu, 4 cottage, masing² 1 rtamu, 1kmandi, 1ktidur, 1krendam sekitar 500ribu-an/malam. Kolam renang publik bayar lagi. Yang di Walini, Vila Walini (PTPN) 1 rkeluarga, 1krendam+kmandi, 6 ktidur, kolam air panas private di halaman vila harga 1,5 – 2,5jt/malam. Rata-rata htm 2rb-5rb/orang, 5rb-15rb/mobil. Bdg-Ciwidey 46km, 1 jam kalo nggak macet di Kopo. Kalo ada yang hafal.. lewat LeuwiGajah lebih lancar tembus ke Soreang.

  70. #70
    gravatar

    Ari Villa Kidang Kancana teh nu di Situ Patengan nya?? sisieun Situ? terakhir ngadangu mah.. sekitar 1 – 1,5jt

  71. #71
    gravatar

    #62: mungkin bisa bantu kontak Asosiasi Pedagang Komoditi Agro Jawa Barat
    hub. Bambang Supriatna 022 9120 1134

  72. #72
    gravatar

    bisa buat photo pre wed ga yaaa??? wiken ini gw mo ksana..

  73. #73
    gravatar

    Ciwidey gitu looohhh, my hometown tercinta…………….
    arameng atuh, ulah karapok kaditu teh tong hilap nyandak liwet. ajakan abinya neng geulis urang bandung tea.lalinggih hela kabumi engke mah.yukkkkkkkkkkkkkk…………….
    Jangan lupa,,,,………

  74. #74
    gravatar

    bisa banget buat pre wed, hasilnya pasti bagus apalagi di kawah putih, aksen elegannya dan nuansa back to nature nya makin terlihat, percaya dech.

  75. #75
    gravatar

    tolong minta no telp villa di perkebunan teh walini dong
    kami ada rencana akhir bulan mau ke sana, cuma sayang informasi villa dan penginapan jarang banget.

  76. #76
    gravatar

    tolong yang punya informasi villa cimanggu atau villa perkebunan teh walini
    kirim ke email saya ya ..ipunk_dsi@yahoo.com
    thank’s

  77. #77
    gravatar

    Kang jay, cerita na asik oge, jadi inget cerita baheula tahun 1998, ber7 , 3 cowok 4 cewek ke patengan, bikin tenda di tepi danau, percaya teu, dari bertujuh itu yang empat sekarang jadi suami istri. Padahal kita waktu itu teu terang aya batu cinta. Pokona hebringlah kanggo kang jay. Diantos perjalanan asik berikutnya.

  78. #78
    gravatar

    ntar yati ku ajak ke situ patengan biar tau apa itu situ patengan

  79. #79
    gravatar

    Makasih atas catatan Ciwidey yang begitu panjang, enak dibaca. Rencana 7-7-7 saya dan kelurga besar Wong Pamulang akan ke Ciwidey. Trims. Salaam.

  80. #80
    gravatar

    jadi pengen kesana tapi takut nyasar dan belum kenal medannya

  81. #81
    gravatar

    Aku sekeluarga tertarik sekali deh ke ciwidey n sekitarnya…
    bisa minta alamat lengkapnya, mas-mas and mbak-mbak yang baik…
    terutama contact cottage atau penginapannya…
    ma-kasih..

  82. #82
    gravatar

    ada yang punya no.telpon kampung pago, ndak ?
    minta infonya donk…

  83. #83
    gravatar

    Om Jay, kayaknya seru naget ya jalan2nya… Aku lumayan sering ke Bandung, khususnya Bandung Selatan. Tempat yang udah aku kunjungi antara lain : Lembang (Tangkuban Perahu : lewat jalur resmi dan tidak resmi, Bosscha, Maribaya, Cihideung : Cafe Sapu lidinya TOBB BANGGET), Bandung Selatan ( Ciwideuy, kawah putih, situ patenggang, pangalengan, malabar) Klo Bandung Kota mah gak seru.

    Sekarang ini aku dah bosen ke tempat itu terus, terutama pangalengan. Aku sampe hapal kotanya, soalnya hampir tiap bulan ke sana…. Om Jay, ada referensi tempat wisata lain gak di Bandung yang seru….

  84. #84
    gravatar

    #83: Ya nanti kalo jalan-jalan lagi dilaporkan di blog ini.
    Saya sendiri lupa Situ Cileunca di Pangalengan seperti apa.

    Yang kurang diberdayakan itu wilayah Bandung barat, walau buatan manusia, Saguling dan Cirata itu harusnya bisa jadi tempat wisata menarik. Mungkin di Cililin hingga Sindangkerta (sekalian Gununghalu) ada tempat potensial wisata.

    Bandung timur rasanya engga ada, paling beli-beli Ubi Cilembu :D

    Bandung utara cukup potensial, aksesnya aja yang kurang bagus. Curug-curug di Cimahi utara, Situ Lembang, Lembang, Tangkuban, Maribaya. Bandung di sini maksudnya adalah Kabupaten Bandung, Kodya Bandung dan Kodya Cimahi.

    Yang seru itu orang-orangnya, bukan tempatnya. Hehehe.

  85. #85
    gravatar

    ada yg punya no telp kampung pago??? kami rencananya pengen kesana, tapi cari infonya agak susah karena ga sepopuler sampireun…. walau mungkin ga kalah indahnya….

  86. #86
    gravatar

    ada yang punya referensi Resort&hotel di daerah ciwiday&pengalengan&ranca upas?Gua dari MIDORI organizer. Untuk daerah Selatan kaya gua kurang menguasai, kalau ada yang mau bantu dengan memberika data2&pengalaman,dengan senang hati gua terima.email aja ke tomblay_x@yahoo.com / Midori_organizer@yahoo.com

  87. #87
    gravatar

    Aku udah 4 x ke Ciwidey dan ga pernah bosen…It’s so beautiful & different from others. Kalo ada yg butuh info/hotel bisa email ke lisaconnieleticia@yahoo.com. . OK?

  88. #88
    gravatar

    aku lagi cari wisata di Bandung, terus no. telpnya juga…mana lebih efisien? kita pegang travel apa jalan sendiri?…
    tolong bantu dong

  89. #89
    gravatar

    sampurasun ! nepangkeun, fezz aseli bandung selatan. ukur usul, engke mah panginten tiasa dimuat objek wisata situ ciburuy. pami teu lepat nguping mah, nuju di rehab, cenah bade lungsur dana 3 milyar ti pemkab. Bandung kanggo pengerukan situ sareng panataana. hatur nuhun.

  90. #90
    gravatar

    SAYA MAH BELUM NGERTI CIWIDEI.. MAKANAN APAAN SIH? MAKLUM MASIH KATRO NDESO.. TOLONG BIAR GAUL NIH!!!!

  91. #91
    gravatar

    Ke Ciwidey…..
    ikut, ikut ikutt……

  92. #92
    gravatar

    wah seru tuh……kapan2 diadain travelling gratisan gto napa!!!!!

  93. #93
    gravatar

    ceritanya kurang heboh,membosankan!jadi sekarang juga tampilkan gambar yang langka

  94. #94
    gravatar

    kenapa sih dikasih gambar ayam yang lagi bertelur dasar bodoh

  95. #95
    gravatar

    Rencananya besok saya & Istri mau ngabisin cuti tahunan di ciwidey. Sudah booking di Kampung Pa’go.
    Sudah tidak sabar nih melihat alam ciwidey ….

  96. #96
    gravatar

    wah ciwidey…
    akhir-akhir ini lagi sering juga kesana cari tempat buat outdoor training kampus.
    Pengennya beli stroberi juga, tapi lom sempet…
    Trus dah survey ke rancaupas…
    tanahnya lapang sekali…

    mantap, tapi ga tahan dinginnya…
    whishshs..

  97. #97
    gravatar

    wuihhh jadi pengen kesana lagi ihh, foto ranca upas na mana atuh,,jadi kangen nih sama kampung halaman,,

  98. #98
    gravatar

    weekend kemarin baru abis dari sana..
    mantaffff tempatnya wuy..
    ga nyesel

    salam kenal ya omm..

  99. #99
    gravatar

    sudah ke posting… disini http://harr51.wordpress.com/2007/08/13/ciwidey-good-to-be-true/

  100. #100
    gravatar

    bandung selatan tempat kelahiran uing, dulu waktu kecil merasa bisa saja, ti taun 1985 uing kaluar ti bansel, pasliat gambar pamandangan bansel, ternyata endah banselteh, uing jadi hayang balik euy

  101. #101
    gravatar

    tolong donk kirimin objek wisata yang ada di Bandung Selatan,,, butuh secepatnya nih kite semue mo rekreasi ke daerah sono…..!!! tepatnya di Objek Wisata Pengalengan,, apan aja sih yang paling menonjol dari objek wisata tersebut, tolong yah kirim secepatnya ke alamat email ini… fozy_cooling@yahoo.com atau ke fozy.cooling@gmail.com …. makasih sebelumnya… and maju terus dunia pariwisata Indonesia…. BRAVO… BANDUNG…

  102. #102
    gravatar

    Hello mas Jay, perkenalkan saya jef, saya berasal dari Prop.Bengkulu, saya mo nanya informasi soal wisma melati yg ada di PTPN 8 mas…. saya dan rekan – rekan ( universitas bengkulu ) akan pergi kesana untuk praktikum lapangan.

  103. #103
    gravatar

    jay…

    masih bersedia jadi guide kannnn???

    hmmm abis lebaran jay…

  104. #104
    gravatar

    #103: Siyap!

  105. #105
    gravatar

    Tahun Kemrin Q N Rombongan Btl wista ke tempat itu, ternyat tempat itu tidak berubah sma kya dulu, kota Bandung memnag sejuk dan wisata ya menarik

  106. #106
    gravatar

    situ patenggang wow surga nya kota bandung!!!!!!!!! Pasti kalo sudah kesanah lo pengen lagi, gw ajah setiap tahun liburan kesanah.

  107. #107
    gravatar

    Saya minta tolong peta dari jakarta menuju Hotel Abang or Kampung Pa’go dong.. dan tolong email ke alamat rachel_wis1606@yahoo.com
    Makasih ya teman2 atas bantuannya….

  108. #108
    gravatar

    mandi di situ patengang asik tuh

  109. #109
    gravatar

    saya orang bandung tapi saya tida terlalu banyak tau tentang bandung nama saya hendri saya tempat kelahiran saya di daerah saguling tepatnya di gading

  110. #110
    gravatar

    wah wah wah abdi urang bandung tp nembe sakali k ciwidey, itu jg waktu umur 10 th pengen dong k sana adem kyknya ya !!!!!!!!!

  111. #111
    gravatar

    bandung is the best place i ever saw, altough i see alot of trash every where, let us making change to our city

  112. #112
    gravatar

    wah lamun ceuk saya mah memang alus euy, tapi dikawasan eta teh loba preman nu sok ngalakukeun tindakan asusila
    padahal potensi dan nilai estetika kawasan jauh lebih bagus dari kawasan lain
    nuhun….

  113. #113
    gravatar

    Tolong yg bisa kasih info,saya sekeluarga (anak 8 th n 3.5th) pingin merasakan liburan akhir taon di daerah ciwidey.Enaknya nginep dimana ya biar gak jauh dr tempat wisata ciwidey, atau kl ada paket wisata yg di ciwidey.Tlg kirim ke email ya sbudisan@yahoo.co.id. Terima kasih

  114. #114
    gravatar

    iiihhh pengen ….
    abisnya, lom pernah kesana euy …

  115. #115
    gravatar

    oke…akupengen jalan2 deh terutama di situ patenggang,rancabali,terus jalan kearah selatan menuju pantai selatan cianjur. kayanya pantai yang paling dekat ditempuh dari kota bandung. tapi bagaimana kondisi alam dg jalannya….?

  116. #116
    gravatar

    Bisa minta info villa kidang kancana? Contact person, no telpnya atw harganya? berapa kamar, dll
    Villa-villa seputar ciwidey untuk liburan keluarga besar kurang lebih 5 keluarga dengan rombongan balita & abgnya hehe
    Terima kasih

  117. #117
    gravatar

    kami sekeluarga dari depok, pengen banget pergi ke ciwidey liburan ini, tapi belum pernah ke sana..
    tolong dong alamat hotel yang bagus, murah , & bersih…

    di sana ada objek wisatanya apa aja ya?
    katanya ada makanan enak ya di sepanjang jalan menuju ciwidey, nama restorannya apa ya?

    kra- kira kalo pesan sekarang masih bisa dapat hotel ga?
    kami tunggu jawabannya segera..

    terima kasih..

  118. #118
    gravatar

    Bisa minta info villa kidang kancana? Contact person, no telpnya atw harganya? berapa kamar, dll . Villa-villa seputar ciwidey untuk liburan Tahun baru.
    kalo ada kirim ke email all_player_3sakt1@yahoo.com

  119. #119
    gravatar

    infonya lumayan, tapi masih belum lengkap : berapa ongkos dari Bandung klo pake umum+tiket masuk ke Cimanggu, Ranca Upas, Walini, Kawah Putih, Patenggang. sewa villa/malam berapa? jalur tikus biar nggak kena macet (jika anda orang luar bandung keluar tol sebaiknya jangan lewat kopo tapi tol Bubat ke arah Baleendah-Kulalet-Banjaran-Soreang-Ciwidey, macetnya jauh lebih pendek. tapi klo tau jalan tikusnya di jamin ngak ada macet). klo mau brenang di Cimanggu lebih baik tanya dulu biar ngak kecewa karena tiket ngak bisa di tarik lagi, biasanya kolam yang dalam ngak ber-air, jd kita hanya bisa berendam di kolam untuk anak2. ke Patenggang jangan terlalu sore karena sangat dingin+berkabut jd tdk bisa liat pemandangan. ke Kawah putih jika bisa lebih pagi lebih bagus+pemandanganya jauh lebih indah, apalagi jika anda tau kpn musim bunga, spanjang jalan kiri-kanan anda bisa berpoto sejenak seolah ada di jalan hutan kawasan erofa. hati2 bagi yg bermasalah dgn sistim pernafasan bisa2 anda pingsan. bagi anda yg suka jln pake motor, jln offroad bisa lebih mengasyikan. bisa lansung lewat Ciwidey masuk dari jembatan sebelum pos sektor polisi-finish di Kawah Putih. atau lebih jauh anda masuk dari Pangalengan-lewat Argapuri-Ciwidey-Kawah Putih. itu mungkin sedikit info bagi kita sesama yg suka jln2. wisata ke daerah selatan ini memang menyenangkan bagi para wisatawan sekarang ini, tapi bagi saya pribadi ada perasaan sedih karena kawasan selatan (Ciwidey) sudah tidak seindah dulu lagi. tapi saya juga merasa beruntung karena pernah menikmati indahnya di era 80an-90an, dmn memang sepanjang perjalanan-ke tujuan itu kita disuguhi pemandangan alami yang sangat indah menyejukan mata, sampah belum begitu menggunung seperti sekarang ini.
    saran saya : bawa pakaian hangat yang cukup karena daerah itu memang dingin, pastikan tidak lupa mengunjungi & membeli oleh2 khas yg memang tidak ada di tempat lain (pastikan anda tidak dikacangin guide+sopir yg dikejar setoran), dan yg terpenting adalah jagalah kebersihan dengan membawa kenangan indah tapi tidak meninggalkan sampah di tempat2 yg kita kunjungi, apalagi anda yg dtg dari luar Bdg, silahkan nikmati keindahan alam kami namun mohon jgn dikotori !!! terima-kasih.

  120. #120
    gravatar

    #120: Dilengkapi dong dang…

  121. #121
    gravatar

    wuih fotonya asik tuuh..!
    eh,dateng ke kawah putih langsung asik kali ya buat foto nikahan??
    hhee.,.

  122. #122
    gravatar

    wah thanx bgt nih…coz aq maret ini mo kesana buat liburan ama temenku…,tp enaknya tempat yg mana dulu yang hrz di datengi…thanx a lot bro.kirim lewat emailku ya..

  123. #123
    gravatar

    boleh tau donk alamat & no tlp villa kidang kancana tolong kirim ke email aku ya thanks ya mas…

  124. #124
    gravatar

    bandung……….tunggu kami ya,,,,,,,,,

  125. #125
    gravatar

    pemandangan alamnya emang asyik,,, tapi lingkungannya -aduh jorok buanget, sampah berserakan and kalo makanannya, paling baso yang rasanya gak karuan. dan ingat menurut mitos kalau ke danau patenggang ama pacar suka jadi putus ha ha ha .

  126. #126
    gravatar

    bicara tentang wisata di bandung selatan…. masih perawan sih! but pengelolaannya itu, yang kurang maksimal, jadinya….. sayang! truz kayaknya pengunjung juga suka pipis dan buang sampah sembarangan,padahal kalau bikan kita siapa lagi donk yang bisa melestakan alam ini (deuuu sok nasehatin ^_^), kesimpulannya sih, klasik: JANGAN PIPIS SEMBARANGAN EN BUANGLAH SAMPAH PADA ….TEMANNYA, eh TEMPATNYA!!! STOP GLOBAL WARNING N CINTAI ALAM SEKITAR KITA.

  127. #127
    gravatar

    minta info villa kidang kancana dong…

  128. #128
    gravatar

    Tolong informasinya tiket masuk ke Situ Patengan, Ciwidey, dan kebun stroberry dong !! Pada jam-jam berapakah kabut mulai turun….
    Kita mau ke sana rombongan barengan ama ibu2 dari Ciledug nech…

  129. #129
    gravatar

    MOhon infonya untuk perjslanan keluarga besar sekitar 33 orang, vila kira2 berapa harga dan contact person yang bisa dihubungi, terimakasih…bisa diemail ke saya gak

  130. #130
    gravatar

    wah…wah jadi pengen k ciwide lagi dewh….tapi kok harganya g d sebut???klo d sebut kan bisa nyocokin ma kondisi keuangan hehehehe……..

  131. #131
    gravatar

    oh iya… mas….dari cibaduyut tuh brp jam c k sana…klo mcet…brp jam???

  132. #132
    gravatar

    kang ada tempat training agrobisnis gak ya di daerah ciwedey ato bandung lah. butuh banget nih infonya….

  133. #133
    gravatar

    minta no.contact untuk booking vila Kidang Kancana dung. thx

  134. #134
    gravatar

    Wa’as Kang…
    Soal ngga bersihnya sih, hampir dimana- mana.

  135. #135
    gravatar

    gw cinta bgt ma bandung,smp terobsesi tuk dapetin cowo bdg, alhmdulh…..tuhan dengar do’a gw, da juga cowo bandung yang mo jadi pacar gw. jd…….hampir setiap libur panjang gw habisin tuk jln2 di sana dech.

  136. #136
    gravatar

    wah mantep euy nteu ngaajaaak ngajakkk :(

  137. #137
    gravatar

    terima kasih untuk informasinya. saya berencana untuk berangkat bersama keluarga pada musim libur pertengahan bulan juni mendatang. tolong informasinya tentang hotel yang bagus (pemandangan, lokasi, fasilitas dsb) karena saya rencana berangkat bersama 5 keluarga yang lain (rombongan). tolong berikan recomendasi mengenai hotel yg di maksud serta restauran yang enak dan representative. kirimkan email kepada saya di Widjaya69@yahoo.com (kalau tidak keberatan sertakan nomor telepon anda). sertakan juga peta perjalanan dari Jakarta menuju ke Ciwidey. kami pun ingin melihat-lihat Kawah putih dan situ patengang, juga yang lain kalau ada yang menarik seperti kebun buah strawberry.
    Terima kasih untuk bantuannya ya… salam kenal dari saya, Simon(jakarta)

  138. #138
    gravatar

    tolong sekalian peta perjalanan tersingkat dari jalan tol cipularang ke ciwidey. keluar di pintu tol kopo atau pintu tol padalarang (lewat cimahi)? berapa km? terima kasih ya pak Jay.

  139. #139
    gravatar

    pak Jay asli orang bandung?

  140. #140
    gravatar

    #138-#140:
    Heuheu, soal rekomendasi hotel saya tidak tahu, karena saya ke sana pulang hari atau kemping di Bumi Perkemahan.
    Mengenai jalan, keluar saja dari pintu tol Kopo, selanjutnya belok ke selatan dan ikuti saja jalannya. Mengenai jarak, sepertinya dari pintu tol Kopo sekitar 30km-an.

  141. #141
    gravatar

    Kalau mau makan strawberry di Pesantren Al Ittifaq Ciwidei aja, mantaabb.

  142. #142
    gravatar

    Ciwidey…
    Bandung Selatan…
    12th silam tePatY 1996 aWal Mula gw TigGaL di daeRah SorEanG bWt NuNtuT elMu…
    bisa di BilanG ciWideY gK asiNg lg…30meNit dR tmpt gw bLjaR.,..
    ….. …… baNyak ….. yG gw KcWakan ….
    sEmuA OrG sKrG cuma bs meNiqMati….denGan sekiAn ribu Rp… taPi gK maU meLesTarikan, meRawAt, MenJaGa../. bWt gw SkRg BanYak OrG ber’ONANI denGan ALAM yG aKhiRnya… aPa yG Qta SmuA rasakan….
    aYooo.. Gk cuma MenIkmaTI…Tp HaruS melindunGi….

  143. #143
    gravatar

    [...] We took route in normal way via Ciawi-Bogor, Puncak, Cianjur and Bandung and the following day we went to the final destination in Ciwedey West Java. [...]

  144. #144
    gravatar

    Aq anak Kalteng, selama 16 tahun ini baru sekali aq mampir ke Kota nan indah Bandung.. Rasanya pengen bgt nih dpt kesempatan lg jln2 k’Bandung apalagi bisa Jln bareng ma Mas..

  145. #145
    gravatar

    makasih pak atas infonya.besok mau kesana:)

  146. #146
    gravatar

    Ciwidey seru,,,

    aInk teh sbenernya bkn orng cWdy asli tp saya sudah 10 thn tinggal di cWdy, saya tinggal di cWdy tepatnya di kmpng Cikembang,,

    saya udah ngerasain gManna serrrunya tinggal di cWdy…
    informasi lbh lanjut,
    datang aJ langsung ke cWdy……,
    bwat the Jack dilarang ke bandung
    informasi lebih lanjut sms/tlpn ke no di bwh ini
    085222155464 taw add ke syadam_aja@yahoo.com

  147. #147
    gravatar

    ada comment diatas yg nyebutin harga vila yang ada kolam renang air panas private berkisar 1,5 – 2,5 juta. maksudnya vila kidang kencana kan sama vila ciung wanara. harga sewanya ga mahal2 amat ko :

    1. untuk Kidang kencana : 605.000/malam
    2. Ciung Wanara : 400.000/malem

    bisa disewa terpisah. tp yang paling bagus yang Kidang Kencana.

  148. #148
    gravatar

    Hi… Jay,

    Niat pengen keciwidey euy…, pernah sempet kesana tapi gagal total lantaran stuck macet dijalan. kali ini niatnya pengen cari tempat nginep deket deket situ dah…, biar nggak abis waktu dijalan. any suggestion?

  149. #149
    gravatar

    Slm kenal Pak JAY. kami Petani strowbery.jngn lp main kkebun kami.www.jualstrowberiku.com disitu ada almt Rumah dan kebun kami jg.Harga dari Rp.1000/pcs sd Rp.7rb/pcs ada juga Rp.15rb/kg sd Rp.30rb/kg
    Bisa Kami antar. luar jawa minim pemesanan 100kg antar

  150. #150
    gravatar

    Disana ada penginapan hotel bintang 4 ngga?

  151. #151
    gravatar

    sae pisan

  152. #152
    gravatar

    kanggo info villa kidang kencana sareng ciung wanara di antos pisan kang jay…taun baru mau plan kesana…

    minta no tlp yg bisa di hub nya….

    Dede@Cresyn.com

  153. #153
    gravatar

    Teman-teman dan sahabat ku yang baik2, infokan dong dimana2 saja daerah wisata diseputar bandung buat kita2 yang dari jakarta mo berwisata bersama keluarga (sekalian yang ada tempat nginapnya jikalau diperlukan)

    Teriam kasih
    Arif

  154. #154
    gravatar

    Relevant article Trip to Ciwedey: Touring Bike
    http://stephenlangitan.wordpress.com/2008/06/21/touring-to-ciwedey-west-java/

  155. #155
    gravatar

    bagus sekalio tempatnya .aky seorang dari madagascar kuliah di bandung belajar bahasa indonesia sangat senang sekali karena setiap liburan aku sering pergi ke ciwidy .untuk melihat gunung itu .
    aku papa orang perancis maman orang madagascar say sangat suka tingal di indonesia dibandinkan tinggal di perancis atau di madagascar .
    terimakasi orang menulis cerita iny

    see you next time

  156. #156
    gravatar

    Mas jay, saya mo nginep nih di daerah ciwidey sekitarnya sm temen2. tolong kasih info berapa harga kamar permalam vila kindang kencana dan alamat lengkapnya. Ops sekalian harga tiket masuk untuk kawasan kawah putih, pemandian cimangu, kebun stroberi and situ patenggang Thanks ditunggu email baliknya.

  157. #157
    gravatar

    mohon info na donk…
    kalo naik angkot dari jakarta gimana?
    biaya na berapa?
    ada hotel or losmen yang ekonomis ga?
    tempat mana aza yang harus kita kunjungin dan berapa tiket masuk na?
    maklum orang susah yang pengen refreshing neh…
    jadi harus di itung2 dan harus extra irit…heheheh
    bales segera ya!!!

  158. #158
    gravatar

    kalo di bandung apa saja wisata-wisata kuliner?

  159. #159
    gravatar

    please minta hotel2 sekitar kawah putih yang murah dan nyaman.kirim ke email aku yah.ika_anima@yahoo.com

  160. #160
    gravatar

    Waow…………..kren abis…Jadi pengen ke sana nich..??

  161. #161
    gravatar

    Wah ternyata alam kita sangat sangat bagus dan prospek untuk dijual

  162. #162
    gravatar

    Ciwidey ( soreang )tempat gokil euy.y.y…
    7 motor ( 13 orng ) g ma tmn2 brngkt 2 thn yg lalu…
    Kenangan yg ga akan pernah g lupakan seumur hidup g…
    G msh ada darah situ bro.o ( dari bokap )…
    I love my grand mother & grand father…”semoga ALLOH S.W.T memberikan SURGA yg telah di janjikan-NYA…AMIN”

  163. #163
    gravatar

    Salam Kenal dr jakarta….please mohoon info nih kantor mau ada acara famelly gattering tahun ini kurang lebih 150 org dewasa 50 anak villa yang bisa buat outbond yang murah meriah…….di ciwidey dan tidak jauh dari tempat wisata Cimanggu, Ranca Upas, Walini, Kawah Putih, Patenggang acar menginap 2 hari 1 malam…tolong nih infonya tempat dan no tlp ..email nur_9e@yahoo.co.id

  164. #164
    gravatar

    danaunya tenang banget cocok buat refreshing

  165. #165
    gravatar

    Kang Jay, bagus banget info nya. Tolong donk info kan kalo mau ke ciwidey naik angkutan umum. aku dan istri mau kesana dari serang minggu depan. tolong ya informasi tentang rute ke ciwidey kalo naik angkot, sekalian juga hotel yang nyaman di sekitar situ. Please advise kalo ada cara yang lebih mudah tapi bisa kunjungi semua tempat wisata disana. kirim ke email ku ya.. Thanks.

  166. #166
    gravatar

    tolong ulas dong, perkebunan teh Rongga beserta peninggalan2 jaman belandanya…lebih seruuu

  167. #167
    gravatar

    Walah kalo bicara bandung mah atuh teu aya seepna, kantenan uapami tos titirisan minum bandrek campur kalapa muda matep pisan. Bandrek si abah di kawah putih

  168. #168
    gravatar

    wuikkk indahnya pemandangan alam bandung selatan. jadi pengen meluncur ke TKP neh

    salam
    citra indah

  169. #169
    gravatar

    Jika dilihat dari beberapa Film layar bioskop sejak kebangkitan dan marak kembali Film Indonesia bermunculan, yang dibuat dengan setting Bandung Selatan ada dua tema-nya jika engga yang romatis, lantas yang berbau horror. Ada apa memangnya dengan Bandung Selatan? selain menyuguhkan panorama alam yang memang indah dan mempesona juga Bandung Selatan menyimpan sejuta misteri yang menarik jika di suguhkan dengan pengalaman yang nyata tuch….
    Siapa tahu menjadi peringatan bagi kita semua agar tidak berbuat yang tidak-tidak jika sudah tahu, kecuali memang benar-benar menjadi takut dampaknya.

  170. #170
    gravatar

    bandung mang terkenal ma alamwisatanya nyang sejuk n alami…
    pokonya klo kebandung pasti ketagihan deh…

    apalagi klo kesananya sama ayank ber2an…
    pokoke mak nyus deh…

    posting terusmas hal2 nyang kaya gini…
    jadi bisa memilih tujuan wat liburan nanti…

    oke mas….

    sampe lupa nih,salam kenal ya mas… ;))

  171. #171
    gravatar

    salam kenal, info wisata yang menarik

  172. #172
    gravatar

    yah ,,,bner bgt Kawah Putih emang indah ..menurut Qw Kawah Putih lebih asyik dari pada Tangkuban Perahu…
    tu sih menurut Qw yah…yah beda lah ..Kawah Putih ama Tangkuban Prahumah // =)

    peace…….

  173. #173
    gravatar

    Pak Jay, kami sekeluarga dr Jakarta ingin menghabiskan akhir pekan ini di bandung selatan ( ciwidey dan sekitarnya) Boleh tolong bantu unt menginformasikan rute wisata yg terbaik, tempat menginap dan makan yang enak & murah ? NO telp & nama hotel / penginapan juga ya…ditunggu informasinya di fc_dithia@yahoo.com ya….

  174. #174
    gravatar

    Saya pernah menginap di Argapuri Resort,kira2 30 menit dech sebelum kawah putih,lokasinya dingin gt n banyak villa2 nya..kunjungin aja web nya di http://www.argapuri.com..
    Semoga liburan di Bandung Selatan nya menyenangkan..
    Nuhun Kang Jay..

  175. #175
    gravatar

    untuk rekan rekan yang mau keciwidey sy siap bantu untuk jadi pemandu karena sy asli orang bandung tinggal tlp aja 02270418142/92438065 saya siap antar anda semua ketempat yang belum anda liat,mulai dari patenggang,kawah putih,cimanggu,ciwalini sampai pelabuhan jayanti atau anda mau petik stroberi sendiri,atau ke kandang sapi mau sedot susu sapi siap saya bantu.

  176. #176
    gravatar

    mau tanya klw ke patenggang dari kawah putih kira2 berapa kilometer lagi jauhnya, n berapa lama waktu yg di tempuhnya..??
    1 agustus kmrn baru saja dari kawah putih, tp blum sempat ke patenggang.mungkin lain waktu mau mencoba.
    thanx infonya!!!

  177. #177
    gravatar

    Malam Kang Jay…apakah bisa kita saling nge link di http://www.wisata-alamku.blogspot.com/

    Thanks

  178. #178
    gravatar

    aku terkesan dgn bandung may be some day i will come to bandung city and all culture

  179. #179
    gravatar

    aduh jd pngn ge k cwidey…wah…ingt ngora bsa jg kbgoh ameng kadinya…,ayna kbgh abi ge orng cwidey ktang??

  180. #180
    gravatar

    duch………………..

    bGz bgD yac… t4 na jAdI pEnGeN ksNa dEch…….

    bANdUnG mAnK iS thE bEsR dEch…………

  181. #181
    gravatar

    i……….h.asik bgt kyanya ,coba klo gua bisa jln2 ke sana psti akan mnjadi moment gua yg ta kn prnah gua lupakan,gua dah merasa trtarik stelah membaca tapi pasti akan membuat org lbih pnasaran lagi apabila diprbayak foto2 yg kren abis dri kawasan trsbut……Thanks Bge…………t dh mmberi informasinya.

  182. #182
    gravatar

    jay, mau ga nge guide? takut nyasar nih.. alamat emailnya dunk..
    email gw: lucyaritonang@yahoo.com

    Thanks a lot yah..
    cantik banget di gambar Bandung Selatan yah.. mo liat langsung ach..

  183. #183
    gravatar

    Boss, Ke kawah putih jalannya bagaimana kondisinya apakah bisa dilewati oleh sedan?

  184. #184
    gravatar

    kawah putih ya hmmm…memang asyik suasana alamnya…:D thanks postingannya

  185. #185
    gravatar

    untuk semua yg punya informasi tentang VILLA KIDANG KENCANA.
    tolong bantu saya kirimin no.telp + alamat lengkap villa tersebut yah…
    saya mau booking untuk bulan ini. ditunggu balasannya ke email robbie_aditya@yahoo.com
    thank yah,

  186. #186
    gravatar

    aduh euy tempatnya enak buat berbagi kasih dgn pasangan,,,apalagi di temani hamparan danau yang begitu indaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah bgt,,,jd mau ajak doi ke sana uey

  187. #187
    gravatar

    Buat info Kidang Kencana Cottage cobain buka ke :
    http://agrowisata-n8.blogspot.com/2009/07/villa-kidang-kencana-rancabali-ciwidey.html

  188. #188
    gravatar

    iya tuch… Situ Patenggang, Cimanggu, Ciwalini, Ranca Upas, Kawah Putih adalah tempat Wisata yang super ueeenak banget, udah udaranya dingin-dingin empuk, sejuk, tapi ada kolam air panasnya … wuiiiih.. segeeeer.

    Aku juga punya blog bagus tentang wisata alam yang lainnya….
    BANDUNG Paris van Java With Love: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago Pakar – Goa Pakar)

  189. #189
    gravatar

    wuehhhh edan,,, keren banget pemandanganya!!

  190. #190
    gravatar

    makasih infonya, sangat membantu sekali, kebetulan teman saya ada yang mau menginap di daerah situ

  191. #191
    gravatar

    info yang manfaat dan makin lengkap dengan tambahan2 d koment :D..

  192. #192
    gravatar

    liburan yang menyenangkan :)

  193. #193
    gravatar

    masih ada yg terlewatkan kawah cibuni/kawah rengganis di daerah ciwidey,pasti blm ksana ya,di sana tempat nya ga kalah indah dengan yg lain

  194. #194
    gravatar

    jangan lupa di bandung barat ada curug malela yang tak kalah indahnya di banding tempat lain

  195. #195
    gravatar

    ane pernah ke kawah putih ma tangkuban sekali aja, dulu tahun 2000. gimana skrg ya?

  196. #196
    gravatar

    Pengen ke situ patenggang lagi #semangat

  197. #197
    gravatar

    nanya dong.. di situ patengan tuh kan airnya banyak ya,, saya suka penasaran, kenapa ga pernah liat ada yang berani brenang disitu ya? kalo saya lagi kesana, mau tanya2 kok takut, suasananya keren sekaligus misterius. Penasaran aslinya!! jawab yah…. ke email aja cukup. nuhun…

  198. #198
    gravatar

    artikel yang bagus…

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.