Carole Hillenbrand: Perang Salib – Sudut Pandang Islam

Senin, 23 Januari 2006M
22 Dzulhijjah 1426H

Cover buku Perang Salib

Tidak ada peristiwa yang lebih menentukan dalam sejarah Abad Pertengahan selain perang penaklukan Tanah Suci. (Michaud)

Perang Salib atau Crusade pada akhir abad ke-11 hingga ke-13 pada intinya adalah peperangan untuk menguasai tanah suci Jerusalem, melibatkan dua kaum besar yaitu negara-negara Eropa Barat Nasrani dan negara-negara Timur Tengah Islam. Bahkan menurut pemikiran saya sendiri perang di kawasan Laut Tengah tersebut masih ada hingga kini meskipun tanpa dalih agama dan semakin mendunia dengan terlibatnya negara baru Amerika dari seberang samudera Atlantik serta negara baru Israel sebagai kaum yang memerdekakan diri di tanah airnya. Ketiga kaum atau agama tersebut semuanya bermuara meyakini Jerusalem adalah tanah sucinya mereka. Memang benar adanya.

Sudah lama diyakini bahwa Perang Salib membawa pencerahan besar kepada kaum Eropa Barat yang dulu bisa dikatakan sangat tertinggal ketika ilmu pengetahuan dan kebudayaan maju pesat di negara-negara Timur Tengah, bahkan meluas hingga ke barat ke Andalusia dan ke timur ke daratan India. Dan sepertinya studi dan riset tinjauan sejarah Perang Salib jauh lebih banyak dilakukan oleh kaum Barat.

Seorang Guru Besar Studi Islam dan Bahasa Arab dari Universitas Einburgh, Carole Hillenbrand menulis sebuah buku The Crusade: Islamic Perspective yang dirilis pada tahun 1999. Kini buku tersebut sudah diterjemahkan oleh penerbit Serambi, berjudul Perang Salib: Sudut Pandang Islam, setebal 808 halaman, hardcover, dan banyak disertai ilustrasi, gambar dan foto hampir di setiap halamannya.

Buku ini bisa dikatakan merupakan risalah panjang yang mengungkapkan semua proses dan akibat Perang Salib dari sudut pandang Islam, mungkin bersifat kontroversial sebab dari sejak Abad Pertengahan para ilmuwan Barat banyak melakukan studi dan menelurkan karya tentang perang ini. Bagi kaum muslim bisa dikatakan sejak dulu tidak menganggap Perang Salib sebagai sebuah visi atau tujuan, hanya menganggap sebagai sebuah kondisi defensif terhadap pernyataan perang kaum Nasrani di akhir abad ke-11.

Buku ini tidak ditulis secara kronologis, tapi secara rinci mengulas aspek-aspek kehidupan, strategi perang, persenjataan dan benteng, ideologi, kesenian dan kebudayaan, bangunan dan lain-lainnya sebagai akibat perang dan pandangan terhadap konflik yang terjadi. Ulasan-ulasan tersebut disisipi bukti-bukti sejarah inkripsi atau artefak dari berbagai museum serta bangunan-bangunan yang masih utuh berdiri hingga kini.

Tak lupa tokoh pahlawan kaum Muslim diulas, yaitu Saladin atau Shalahuddin yang juga diakui tidak hanya diidolai oleh orang Islam tapi juga disegani oleh kaum Barat pada saat itu. Juga diulas pandangan kaum Muslim terhadap legenda Saladin di bagian epilog yang mengulas aspek-aspek warisan Perang Salib.

Apa yang saya tulis di atas bukanlah karena saya telah selesai membaca buku tersebut, tetapi hanya membaca-baca sekilas setiap babnya serta melihat-lihat gambarnya. Rasanya saya pun tak tahu kapan buku ini akan selesai dibaca.

“Perang Salib dari sudut pandang Barat telah menghasilkan karya-karya yang begitu kaya dan melimpah dalam waktu lebih dari satu abad. Di sisi lain, sangat sedikit studi yang mencermati respon kaum muslim terhadap Perang Salib. Karya ini hadir untuk mengisi ruang tersebut. Dengan analisis yang mendalam dan bekal sumber-sumber berbahasa Arab, karya ini mencoba menjelaskan motif dan maksud kaum muslim …. Karya ini, yang menunjukkan dengan jelas dampak Perang Salib yang terus dirasakan kaum muslim hingga kini, merupakan sebuah kontribusi yang luar biasa pada kajian sejarah tentang relasi Timur dan Barat.” (Anne-Marie Eddé, Université de Reims)

Komentar

86 komentar untuk catatan 'Carole Hillenbrand: Perang Salib – Sudut Pandang Islam'

  1. #1
    gravatar

    Beberapa hari lalu sudah liat di toko buku. Tapi melihat tebal dan harganya, jadi hilang rasa keingin tahuan tentang perang ini. Terlebih mungkin kemalasan yang akan mendera jika diberi makanan terlalu banyak:D

  2. #2
    gravatar

    Tengkiu Infonya Jay, mungkin waktu mampir ke toko buku gw akan beli:) buat ngisi waktu luang gw yang mungkin akhir – akhir ini makin banyak:D

  3. #3
    gravatar

    beliin dong jay…
    hihihi

    *kabur*

  4. #4
    gravatar

    robin hood ikutan perang salib gak, sih? *bertanya2*

  5. #5
    gravatar

    #4: Hmmm, intro filem Robin Hood: Prince of Thieves kan Robin Locksley dipenjara orang Moor. Bangsa Moor Islam yang menguasai daratan Andalusia dan Spanyol selatan terpaksa hijrah akibat Perang Salib.

    Oh iya, filem Robin Hood di atas banyak menyuguhkan dialog yang cerdas dan menggelitik antara Robin (Crusader/Kristen) dengan Azeem (Moorish/Islam), dan Sean Connery cuma nongol semenit sebagai King Richard yang baru pulang dari Jerusalem.

    Info lain baca saja http://en.wikipedia.org/wiki/Robin_Hood

  6. #6
    gravatar

    harganya berapa?

  7. #7
    gravatar

    wah… jadi inget film Kingdom of Heaven

  8. #8
    gravatar

    eh iya comment-nya lupa:p, jarang2x ya ada film holywood yang netral kayak gitu ceritanya

  9. #9
    gravatar

    osama bin laden ada di buku itu gak?:D

  10. #10
    gravatar

    dari pada salah ngomong
    Lilis
    :) ajah ah *tulus*

  11. #11
    gravatar

    Baca yang aslinya aja deh. Lebih murah, bisa beli bekas di Amazon.:)

  12. #12
    gravatar

    #5 robin hodd: prince of thieves? wowo jadi ingat sama prince of persi: prince of thieves:)

    ane sangat mengagumi sultan saladin, harusnya pemimpin Indonesia meniru dia setidaknya begitu jika tak mampu meneladai kepemimpinan Rasulallah SAW

  13. #13
    gravatar

    keren bukunya euy.. ada yg jual.?:D

    pengen tau isi nya.. jadi penasaran

  14. #14
    gravatar

    boleh minjem?:D

  15. #15
    gravatar

    Bisa masuk ke wishlist-ku,
    aku kalau melihat film Kingdom Of Heaven dan main Game Stronghold pasti selalu ingat dengan Salahuddin.:)

  16. #16
    gravatar

    Bukunya bagus ya…..

  17. #17
    gravatar

    minggu2 awal februari ’06 denger2 mo ada pameran buku lagi@bandung. mudah2an ada buku itu di sana dan diskon ;-).makasih infonya.

  18. #18
    gravatar

    di Palasari dah ada bajakan na belom?

    *nyengir-nyengir sambil liad isi dompet*

  19. #19
    gravatar

    Yaa Maju Terus…… pencerahan…

    Hidup Shalahudin!

  20. #20
    gravatar

    Dari sudut pandang jepang/manga ada juga tuh, beberapa dari karya Aoike Yasuko. “day of saladin” “alcasar” dst.
    Cenderung fiktif, mungkin bias, tapi lumayan bisa mencetuskan ketertarikan penggemar komik buat mengulik sejarah aslinya.
    Apa ada yang berani nerbitin di Indonesia ya? Liat di Elex komik Aoike cuman satu jilid yang butut. Padahal serialnya keren-keren. Kalau ada yang tahu ternyata sudah ada tolong kabari, kalau belum, apa saya terbitkan aja yaaa…

  21. #21
    gravatar

    Sekedar referensi dari wikipedia: Crusade

  22. #22
    gravatar

    [...] Yulian: Carole Hillenbrand: Perang Salib – Sudut Pandang Islam [...]

  23. #23
    gravatar

    sebenernya orang barat(Eropa)mengakui kehebatan pasukan 2 Islam dalam perang Salib.tetapi mereka gengsi untuk mengakuinya. terus yang anehnya kok banyak ya ilmuwan eropa yang ngaku2 penemu inilah, itulah. padahal segala ilmu pengetahuan ada di Al-qur\’an. orang barat mengubah nama ilmuwan islam jadi terdengar seprti nama barat, seperti ibnu sina=avisenna, al khawarism=al horism and masih banyak lagi islam is the best faith in the world

  24. #24
    gravatar

    Sultan Saladin adalah permata umat Islam yang dimiliki oleh Barat.
    Ketika tentara kristen menguasai Jerusalem, muslim dan yahudi dibunuhin.
    Ketika tentara yahudi meuasai Jerusalem, muslim dan kristen dibunuhin.
    Ketika tentara islam menguasai Jerusalem, kristen dan yahudi bergembira.
    Itu fakta yang diakui barat secara malu-malu.

    Sulit membayangkan Islam tanpa Saladin.

  25. #25
    gravatar

    Sebagai seorang pemuda muslim saya terharu sekaligus kagum pada sosok Shalahuddin. Beliau seorang besar dari zamannya sampai sekarang. Saya yakin akan banyak lahir Shalahuddin baru yang akan membela umat Islam atas penjajahan barat sekarang ini. Apalagi AS, Inggris, dan Perancis dah kembali mengobarkan perang salib abad milenium ini dengan invasi ke Irak. Siapa ya kira-kira Shalahuddin abad modern ini sekarang?
    Allahu Akbar! keep revolt to rebuilt Khilafah and say no to Capitalism say yes to Islam

  26. #26
    gravatar

    Perang Salib merupakan pemicu keruntuhan Masa Kejayaan Islam. Dengan kekalahan kaum Muslim pd perang tersebut, begitu banyak dokumen dan naskah ilmiah hasil pemikiran ilmuwan Islam (yang merupakan bukti tingginya penguasaan sains dan teknologi pd saat itu) dimusnahkan, setelah sebagian diantaranya dicuri untuk dibawa ke Barat.

    Pada saat itu Eropa sedang berada dalam abad kegelapan, namun pasca perang salib, berkat dokumen2 yang mereka curi dari peradaban Islam, mereka seolah memperoleh pencerahan. Dengan mudah mrk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berkat “warisan” dari umat Islam tsb. Sehingga saat ini sepatutnya masyarakat Barat berterimakasih thdp peradaban Islam krn bagaimanapun tanpanya tidaklah mungkin dpt mencapai kemajuan spt kondisi saat ini.

  27. #27
    gravatar

    betapa dahsyatnya perang salib pada waktu itu dimana orang -orang islam harus rela berkorban nyawa, karna harus melawan para kaum yahudi, dan itu perlu di contohin oleh kita -kita dan para generasi muda sekarang, ayo kita pertahankan islam sampai nyawa taruhannya………………hidup islam!

  28. #28
    gravatar

    perang salib adalah sebagaikebangggaan bagi umat islam, karna orang- orang muslim pada saat itu mempunyai semangat yang begitu dahsyat, adakah penerus generasi sekarang yang mempunyai jiwa islam yang kuat? yang berani menentang, dan membinasakan bagi orang- orang yahudi, insyallah… pasti ALLAH membantu kita.seperti pada eraglobalisasi sekarang ini banyak tipu daya orang luar yang mau menjerumuskan orang islam, dengan berbagai macam cara, baik melalui pakaian, maupun makanan, dan gaya hidup yang penuh dengan kebarat- baratan itu sangat menentang dari ajaran islam, secara tidak sadar kita orang islam sudah di tantang melalui cara itu.na, uzzubilah….maka oleh sebab itu sebagai orang islam yang baik mari kita melawan segala tipu daya itu. insyallah, allah pasti menolong kita.Amin.

  29. #29
    gravatar

    wah, dari dulu belum sempet beli bukunya.
    sepertinya seru nih.
    kayaknya buat umat muslim tidak pantas menyebut perang tersebut dengan nama perang salib. bagaimana jika kita sebut perang bulan sabit.
    karena perang salib merupakan propaganda kaum nasrani pada saat itu.

  30. #30
    gravatar

    duh harganya berapaan seeh?
    mahal banget ya
    ku pengen beli neh
    aku ada tugas sekolah tentang perang salib….

  31. #31
    gravatar

    denger nama salahudin jadi inget ama Game Age Of Empire. game_nya mirip sekali dengan yg ada di film. tapi maap, lupa judul film_nya. pokoknya oke banget…!

  32. #32
    gravatar

    Saya melihat perang salib mungkin agak berbeda.bagi saya ini daalah kebodohan dari kedua pihak tersebut dalam menyikapi sebuah persoalan.Pertanyaan nya adalah apakah kekerasan merupakan jalan terbaik terhadap persoalan.Seharusnya pemimpin pada waktu bisa berpikir lebih bijak.berapa korban jiwa yang melayang akibat peristima itu.Apa tidak pernah terpikirkan dampak sosial dari perang tersebut.Bagi saya perang adalah perbuatan orang-orang bodoh yang tidak berpikir secara bijak terhadap dampak yang akan di timbulkan dari perrang tersebut.
    trims.

  33. #33
    gravatar

    Gw baru tau ada yang namanya Perang Salib
    *hehehe*
    bercanda ketan

  34. #34
    gravatar

    Waduh!
    Ternyata Perang Salib itu ada di buku Sejarah kelas 2 SMP, coy
    *wew*
    8gile men gw ga tau itu ada dibuku gw n’diri*

  35. #35
    gravatar

    harganya berapa sehhhhh….mahal yaaaa..ada dimana ya bro..

  36. #36
    gravatar

    perang salib adalah perang yang sangat HEBATTTTT HIDUP ISLAM HIDUP SALAHUDIN AL AYUBI yang disebut orang barat SALADIN

  37. #37
    gravatar

    Buat Mas Mansur dan f@dyl
    Saya gak ikhlas perang salib adalah kebodohan kedua belah pihak, pihak yg memulai kekerasan lah yg bertanggungjawab. Ketiga anda terpaksa membela diri demi keselamatan anda dari serangan orang jahat sehingga terjadi kekerasan, apa bisa anda dikatakan bodoh?. Saat ini umat islam sebaiknya tdk perlu terus mengharap ucapan terima kasih dari Barat karena warisan ilmu pengetahuan dari islam. Barat bekerja lebih keras muslim berbekal dari budaya islam yg maju saat itu, bukan cuman invasi terus ilmu diambil begitu saja, tapi dipelajari dengan disiplin dan dikembangkan dengan semangat dan antusias. Barat sekarang dikatakan paling maju dalam science (khusus duniawinya saja). Umat islam sebaiknya juga begitu, harus lebih antusias mengembangkan kemampuannya belajar dari Barat sekarang dan mengembangkannya..insya allah lebih deh, soalnya islam saat itu majunya segitu aja menghasilakan Barat spt sekarang, apalagi jika Barat sekarang diambil alih ilmunya oleh islam lalu dikembangkan pasti lebiih maju buat masa depan nanti.amin..

  38. #38
    gravatar

    perang salib ? aku juga belum mengenal namanya shalahuddin tapi aq yakin sosok beliau sangatlah baik sehingga di dunia baratpun segan terhadap karir yang di milikinya. itulah dunia ada menang ada kalah. tergolong oleh sifat keserakahan manusia sendiri entah itu islam or kristen. yang jelas dalam islam memulai perang adalah suatu hal yang sangat hina mungkin begitu pula tentang umat kristen pada umumnya. menurutku dimasa perang salib adalah masa yang paling sulit dimana Agama dijadikan politik untuk memecah belahkan persatuan yang sudah terjalin erat di masa itu. intinya bagi kaum mislim dan kaum kristen perang bukanlah suatu tujuan baik dalam kehidupan. dan juga jangan sok benar menanggapi salah satunya sampai sekarang pernahkah diantara kaum saling memiliki, saling menghargai, saling kerja sama, walaupun ada cuma sebagian yang menyadarinya inilah dampak dari perang salib tersebut. bagi siapa saja yang membaca ini muslim maupun kristen, islam berpegang teguh pada al quran yang didalam surahNya pun menyampaikan lakum dinukum waliaddin….. bagimu agamamu dan bagiku agama ku bila diantara kaum muslim tak pernah berpedoman dengan ayat ini maka dialah musuh bagi kami (muslim) dan begitu pula dengan ayat-ayat suci injil. jadi itulah dampak perang, menang jadi arang kalah jadi abu. aku tidak tertarik dengan buku perang salib tersebut walau aku orang fanatik islam yang pasti buku tersebut membuahkan hasil negatif diantara pembaca yang belum mengerti. wahai sahabatku hormatilah orang lain walaupun dia sangat asing bagimu. sudahilah rasa dendam yang berpanjangan maafkanlah kata teman tentang keimananmu masa perang salib biarlah berlalu yang kita butuhkan adalah memerangi hati yang penuh nafsu setan. iman seseorang adalah karena adanya Tuhan jadi tak usah memikirkan keimanan orang lain walupun anda sudah merasa keimanan anda sempurna.

  39. #39
    gravatar

    #39:

    aku tidak tertarik dengan buku perang salib tersebut walau aku orang fanatik islam yang pasti buku tersebut membuahkan hasil negatif diantara pembaca yang belum mengerti.

    Hmm, bagaimana pembaca bisa mengerti jika tidak membaca? Rujukan sejarah Perang Salib bukan hanya buku ini. Tarikh Islam, sejarah Kristen, epik Mahabharata dan lain-lainnya adalah milik dunia, milik semua orang.

    Yang harus dicermati adalah unsur propagandanya, misalnya banyak muslim tak mengerti percaya begitu saja buraq itu kuda terbang berkepala perempuan, bahkan bangga menjadikannya lukisan penghias rumah.

    Fakta sejarah bukanlah alat untuk membuat pertentangan kehidupan antar agama.

  40. #40
    gravatar

    Buat saudaraku mas Mansyur, tidak semua perang itu jelek dan merupakan tindakan bodoh. Riwayat Nabi Musa setelah membebaskan bani israel dari Firaun (Mesir) menuju tanah palestina (yerusalem), Musa mendapatkan perintah dari Allah untuk masuk dan memerangi penduduk itu. Tapi daikrenakan oleh kerdilnya bani israel, maka mereka menolak itu semua dan menuruh Musa berperang sendiri. Mas mansur, perang apabila digunakan sebagai alat pembela diri/ mempertahankan diri itu sifatnya WAJIB.

  41. #41
    gravatar

    ..serta negara baru Israel sebagai kaum yang memerdekakan diri di tanah airnya..

    eh ? israel memerdekakan diri di tanah airnya ? ini pendapat salah, israel memang memerdekakan diri tapi di tanah orang lain yaitu tanah bangsa Palestine, jadi israel itu memerdekakan diri di tanah bangsa lain dan menjajah bangsa tsb, bangsa tsb adalah bangsa Palestine…

  42. #42
    gravatar

    banyak sekali sumber literatur perang salib di internet, baik versi barat maupun Timur tengah, atau mesopotamia.
    perang salib berperiode banyak, salah besar mengatakan tentara salib menang pada keseluruhan periode. dari hampir sepuluh periode perang salib, hanya perang salib 1 yang dimenangkan oleh Tentara Salib yang beroleh restu Paus Urban II.

    Perang salib 1 dibumbui pembantaian Muslim dan Yahudi serta Kanibalisme oleh tentara Salib.

    barulah kekalahan besar datang sejak perang salib II hingga seterusnya.
    dimulai dengan kekalahan tentara SAlib pada perang lembah hattin/luar Jerusalem (the battle of Hittin) dari bala tentara Shalahudin, lebih dari 50.000 tentara Salib dibabat habis, termasuk ksatria Templar yang dibanggakan pasukan crusade. banyak juga yang menyerah dan ditebus (ransom).
    sejak perang salin II tsb hingga masa sultan Khalil, Jerusalem tidak pernah jatuh lagi ketangan Crusader.
    Bahkan sejarah mencatat, puluhan tahun setelah Salahudin Wafat, Jerusalem pernah diberikan dengan damai (tanpa perang) dan dibuka untuk ke pejiarah 3 agama. tapi kembali penindasan ditunjukkan Kristen. Lalu Jerusalem
    direbut kembali oleh kesultanan Memeluke (Mamluk)

    Note : Shalahudin the conqueror, meninggal dunia karena sakit, dan pada saat meninggal penyimpanan harta Sultan/Raja besar ini, hanya menyimpan sekeping kecil emas dan sekitar enambelas dinar uang. tidak cukup membiayai pemakaman beliau.
    Barat mengenal beliau sebagai “the great conqueor”. the great knight and the Warrior of Chivalry”

  43. #43
    gravatar

    apakah agama itu semua benar?

  44. #44
    gravatar

    SEPENGGAL SEJARAH YANG DIPEREBUTKAN
    Agama adalah produk sejarah, namun Tuhan tidak.
    Agama yang bermunculan 2000 atau 3000 tahun lalu
    Tak sebanding dengan usia Bumi dan alam semesta yang jutaan-milyaran tahun
    Dan tuhan ada sebelumnya
    Dan akan masih ada sampai setelah semua ini berakhir,
    Jutaan-milyaran tahun kedepan.
    Lalu kemana sajakah Tuhan sebelum ini?
    Jika memang Tuhan baru diklaim 2000-3000 tahun silam…. oleh agama-agama,
    Yang hanya sepercik peradaban,
    terbentuk oleh budaya, kondisi, waktu dan tempat tertentu…
    Sedangkan Tuhan tidak dibatasi oleh apapun

    [Red: Sisanya dihapus, terlalu panjang, OOT]

  45. #45
    gravatar

    Dan adalah sifat dasar manusia yang berusaha mencari Tuhannya
    Sekaligus kelemahan manusia oleh penasaran dan keserakahan
    Sehingga seolah bukan Tuhan yang menciptakan manusia
    Tetapi manusialah yang sering menciptakan Tuhan
    Dengan bayangan, khayalan dan wujud-sosok yang manusia pikirkan
    Manusia ingin Tuhan gagah seperti matahari, jadilah Dewa Matahari.
    Manusia ingin Tuhan memberi kesuburan, jadilah Dewi Sri
    Manusia ingin Tuhan seperti sosok mereka…
    Manusia ingin Yuhan bisa menebus dosa…
    Manusia ingin Tuhan memberi mereka negeri untuk tinggal…
    Manusia selalu ingin dan ingin….
    Seberapa kekalkah konsep manusia akan bertahan dalam milyaran tahun usia alam semesta???
    Sedangkan Tuhan telah mengalir sendiri dalam proses denyut semesta
    Dan senantiasa menjadi bagian dari sel-sel evolusi manusia dan alam semesta

  46. #46
    gravatar

    harga di solo rp 175ribu, kemahalan gak ya >

  47. #47
    gravatar

    sumpe, aq dh bca 1/2 buku ini nih. emang tebel dan lumayan mahal bwt ukuran buku di ina. but, orng yg bli dijamin g nyesel. pha lagi isinya yg lumayan “nendang” dan bnyk pengetahuan yg tidak diketahui umat islam secara umum, apalagi kristen.
    dijamin kmu bsa sombong2an klo’ mslh perang salib

  48. #48
    gravatar

    Untuk MAs dg No absen #44 #45

    Terimakasih, selama ini aku tidak tahu apa itu arti keesaan Tuhan

  49. #49
    gravatar

    perang salib/ apa namanya apa murni perang atas agama?/perang keserakahan pemimpin kekuasan untuk menguasai kekayaan alam jajahannya pada waktu itu atas agama?apa kemungkinan.kebisaan bangsa eropa pada waktu itu fanatik agama yg dianut asal atas agama mau berperang?.harus dilihat dari berbagai dari nilai econominya dong bukan dari segi agama aza.

  50. #50
    gravatar

    perang yuk ah. meh seru kayak perang salib

  51. #51
    gravatar

    mansur = pusing. Jangan bicara masalah kebijaksanaan, dan jangan membodohkan orang lain karena ketidak mampuan kamu sur. apalagi kepada beliau (saladin) sebagai salah satu pihak. tobat surrrr, insaf !!!!

  52. #52
    gravatar

    emang originnya israel itu dimana? tanah kanaan itu dulunya waktu jaman Musa punya siapa?

    ..serta negara baru Israel sebagai kaum yang memerdekakan diri di tanah airnya..

    eh ? israel memerdekakan diri di tanah airnya ? ini pendapat salah, israel memang memerdekakan diri tapi di tanah orang lain yaitu tanah bangsa Palestine, jadi israel itu memerdekakan diri di tanah bangsa lain dan menjajah bangsa tsb, bangsa tsb adalah bangsa Palestine…

  53. #53
    gravatar

    mbok sekretaris:
    robin hood ikutan perang salib gak, sih? *bertanya2*

    me:
    Dari buku yanglagi saya terjemahin sih dibilang dia blm sempet brangkat ke perang salib buat bantu king richard…krn pas mo brangkat dpt kabar bahwa sang raja meninggal…

  54. #54
    gravatar

    mikirin perang salib terlalu jauh,lebih baik mikirin hari esok bisa makan apa tdk.
    apalagi mikirin maalah agama yg belum tentu dijalankan sesuai dgn ajaran kitab yg dipercaya.sekarag pikirkan bagaimanacaranya meonlong orang lain,dirisendiri dan keluarga dgn begitu kebencian terhadap oranglain yg menganut agama yang anda tdk suka terhapus dalam perasan.kiranya kitasemua saling menyayangin sebagai manusia yg punya martabat lebihtinggi daripada makhluk lain.

  55. #55
    gravatar

    Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    Dunia ini terasa kabur, apalagi kalo kita ngomongin mengenai sejarah, banyak hal yang pada hakikatnya salah kemudian dibenar-benarkan. sebagai contoh: vasco de gamma yang menurut faktanya adalah seorang pria bengis, namun dalam sejarah dunia namanya diagungkan-agungkan (pembohongan sejarah). saya salut kepada saudara Jay yang masih mau menggali kebenaran dari sejarah-sejarah yang ada. bila umat Islam sekarang ini tidak tahu atau bahkan tidak mau tahu akan sejarah leluhurnya, bagaimana nasib generasi Islam di masa yang akan datang.

  56. #56
    gravatar

    Legenda Salahudin bisa dilihat dalam filmnya Kingdom og Heaven. Game besutan micfosoft Age Of Empire mirip sekali dengan filmnya. yg blom nonton silahkan nonton pilemnya.. :D

  57. #57
    gravatar

    saya sangat kagum kepada salahadin karena dia tokoh yang begitu pemberani.
    seharusnya kita menjadikan dia menjadi tokoh idola setelah Nabi Muhammad.
    Seharusnya pemimpin kayak gini yang bisa memajukan umat islam.
    semoga pepimpin kita seperti salahadin yang bisa melindungi umat dan
    perang salib menjadi pelajaran berharga bagi kita dan menjadi motivasi bagi kita untuk
    bertempur melawan orang kafir

  58. #58
    gravatar

    ASSALAMU ALAIKUM
    tolong juga dong bahas mengenai sejarah wali songo (secara objektif, bukan dari sudut pandang orang Jawa/berbau mistis).
    JAZAKALLAH KHAIRAN

  59. #59
    gravatar

    kenapa muslim amat membenci kristian ya??

  60. #60
    gravatar

    waaaah…ok tuch! eh,kabarnya drakula muncul setelah perang salib?bener gak??? btw,harganya berapa and dijual dimana?? finaly,HIDUP ISLAM.ALLAHU AKBAR!!!!

  61. #61
    gravatar

    Hmmmm…….. buku ini bagus banget, gw udh baca…. ini buku terbitan serambi, kalo ga salah. Abis buku ini, kita bakalan mw cari tw, semua hubungan fajta atwpun fiksi yang berhubungan dengan buku ini. Mulai dari knights of templar, Maria Magdalena, Misi umat kristiani ke tanah Arab, sampai fiksinya di karangannya Dan Brown, tw dwonk…..’Da Vinci Code’ yang bagusnya lagi, buku ini yakin bukannya bakalan menumbuhkan rasa antipati kita para muslim kepada para kristiani. Yakin dah, bahkan bakalan membuat kita mempunyaipandangan yang lebih luas dan fleksibel akan arti toleransi…… he3x dalem kan?

  62. #62
    gravatar

    kasih tau dong judul buku apaan…..

  63. #63
    gravatar

    saya sudah beli harganya 150 ribu lebih,…. tapi setelah membaca, harga itu terlalu murah111

  64. #64
    gravatar

    Dua Perusahaan Panasonic di Indonesia (PEDIDA & MTPDI) dinyatakan TUTUP oleh Pengusaha Matsushita dengan benderanya PANASONIC, yang patut disayangkan adalah arogansi pihak pengusaha yang diwakili oleh Managemen dalam memperlakukan para buruhnya yang sangat tidak MANUSIAWI ???!!!!
    MANA filosofi K. Matsushita yang sangat humanis

  65. #65
    gravatar

    untuk rokvy#59 kalau membutuhkan jawaban, anda bisa baca buku ini!! pasti ada latar belakangnya. Pada dasarnya Islam tidak membenci kristen. kalau ada pergeseran makna agama, semua itu akibat oknum pemeluknya.

  66. #66
    gravatar

    Saya setuju dengan pendapat Arief #65, Islam tidak membenci Kristen (Nasrani) buktinya di kitab suci Al-Quran diakui bahwa Injil adalah salah satu kitab yg resmi dibawa oleh Nabi Isa As. yang juga adalah Nabinya orang Islam.
    Sekarang saya balik bertanya, Apakah umat Kristiani (Nasrani) setelah Isa As (Yesus, sebutan Kristiani) Nggak ada didunia menyebut islam juga adalah agama yang mereka akui resmi dan diakui kebenarannya? atau paling tdk tercantum di injil mereka saat ini ?
    Itu berati islam adalah agama yang ‘Demokratis’. Jadi Siapa yang membenci?

    Saya sangat meyakini agama yang saya anut (Islam). Namun saya tidak pernah membenci orang yang berbeda keyakinan beragama, Selama dilakukan dgn cara yang baik dan tidak memfitnah, mem propaganda, atau cara-cara yang kotor lainnya.
    Wassalam.

  67. #67
    gravatar

    Mungkin dengan menelusuri dari asal-muasal terjadinya perang salib dari pertama sampai yang ketiga, kita dapat menilai bahwa ternyata para salibis sangat membenci terhadap perkembangan Islam pada waktu itu sehingga mereka sangat berambisi untuk mempecah belahkan umat muslim dengan berbagai cara apapun, sehingga mereka rela berkorban harta, jiwa, raga demi menghancurkan umat muslim.
    (SALIBIS LAKNATULLAH).

  68. #68
    gravatar

    Bukunya bagus, aku lg baca………….
    Tp sebagian cuman bercerita seputar tempat kejadian di wilayah peperangan,
    Eh ternyata banyak juga tokoh Islam dalam perang salib selain Saladin……

  69. #69
    gravatar

    buku ini jelas bisa jadi rujukan bw pencerahan kita tentang perang salib itu sendiri. terus terang gw baru tau sejarah / siapa salahudin itu dari film kingdom of heaven dari situ aja gw jadi penasaran banget tentang sosok salahudin..tapi kalo harga bukunya 150 rb duh… belum ada budget nich..

  70. #70
    gravatar

    nanya dong?? beli buku The Crusade “Islamic Perspective” versi indonesianya dimana yang terdekat? kebetulan saya tinggal di klp. gading

  71. #71
    gravatar

    Seseorang memeluk agama bukan untuk dipamerkan or dibandingkan ke yg lain, tapi untuk dilaksanakan dng baik.Orang ateis yang tdk pernah jahat thd org lain blm tentu dibenci Tuhan daripada org beragama yang suka korupsi.sejarah diambil sbg ilmu pengetahuan bukan alat pembenaran pendapat.Hidup kehidupan yang damai.

  72. #72
    gravatar

    Ada buku baru juga yang menceritakan Perang Salib III yaitu antara kaum muslimin yang di pimpin oleh Sultan Shalahuddin dan kaum nasrani eropa (kaum Frank) pimpinan Raja Richard dari Inggris dgn koalisi Prancis pimpinan raja Philip Agustus.Perang ini dilancarkan oleh kaum Nasrani untuk kembali merebut Kota Suci/Baitul Maqdis Jerussalem yang berhasil di rebut oleh Sultan Shalahuddin pda Perang Salib II yang sangat fenomenal setelah Pertempuran Tanduk Hattin.Kisah ini juga sdh di filmkan dgbn juduk Kingdom of Heavens.Ada berberapa hal yang menarik bahwa setelah membaca buku ini ternyata diketahui bahwa Richard Si Hati Singa dari Inggris adalah seorang homosexual yang pasangannya adalah Phillip Agustus raja Prancis.Juga diceritakan mengenai intrik2 di seputar keluarga kerajaan di Eropa.Dalam tubuh pasukan kaum Muslimin sendiri terungkap fakta sejarah pertikaian kaum Kurdi dan Turki.Sultan Shalahuddin sendiri berasal dari etnis Kurdi.Demikianlah dgn membaca buku ini mudah2an dapat membantu kita memahami benang panjang sejarah ummat Islam hingga saat ini.

  73. #73
    gravatar

    gua sekarang lagi nyari bahan skripsi masalah perang dalam islam (jihad fi-sabilillah dan kaitannya dengan terorisme, dan lagi sibuk cari-cari bahannya, trus dapetin informasi yang menarik dari internet sampai kepada buku-buku yang bertajuk perang,saya fikir bebagai versi atau tulisan bertajuk perang salib yang berkisah tentang perseteeruan antara ummat islam dan kristen hingga kini masih berakar, sehingga perang dalam diri antara kedua agama besar tersebut saat ini telah merugikan ummat islam yang ada di negara2 islam kecil seperti afganistan, somalia dan lain2, namun sampai kapan perang salib ini berakhir.saat ini sebagian ummat islam hanya bisa berkeluh kesah dan hanya berdoa, sebagian berjuang mempertahankan hidup mereka, sebagian lain hanya diam dan terlena menikmati hidup yang hanya sementara. apakah ini akan berakhir? akankah kejayaan islam akan kembali di bumi allah. hanya allah yang maha tahu….. insya’allah besok proposal gue didaftarin sama kajur, mudah2an keterima dan gue bisa garap skripsinya… mama dan papa doakan anakmu diperantauan semoga anakmu berhasil dan membahagiakan kalian. amin ya robbal alamin.

  74. #74
    gravatar

    aku butuh lebih banyak referensi tuk buat skripsi masalah perang dalam islam

  75. #75
    gravatar

    Harganya berapaan sih?

  76. #76
    gravatar

    Hidup Barbarossa…

  77. #77
    gravatar

    menarik gak buku ini ntar ga menarik…

  78. #78
    gravatar

    barat terlalu banyak merekayasa dan menafsirkan semuanya dengan kemampuan imajinasinya sehingga mereka sering dibutakan oleh hal itu,padahal agama dibutuhkan lebih dari sekedar insting dan imajinasi tetapi dibutuhkan hati yang bersih untuk bisa menelaahnya.sehingga mereka terlihat lebih picik dan kecenderungan pada ketakutan sendiri.umat islam lebih sering dijadikan objek untuk mencari kesalahan dan diadu domba oleh kesombongan barat terlebih amerika sehingga kadang kita dibuat bodoh dengan memerangi saudara kita sendiri.semoga allah memberi kejayaan pada agama ini dan negri ini.amin

  79. #79
    gravatar

    Seandainya ada generasi sallahhudin mungkin bangsa israel akan keluar dari jalur GAZA..dan palestina pasty tdk diteror lg oleh orang2 narani..hidup palestinku bangkitlah tunjukan bahwa engkau bs menang..AMIIN

  80. #80
    gravatar

    Pemimpin Islam (seperti Saladin) orangmya pinter dan toleran
    oleh karena itu Yerusalem menjadi tempat yang harmonis.
    Coba lihat deh perbedaan sejarah ini :

    Pasukan perang salib : menguasai Yerusalem selama 88 tahun
    (1097-1187)
    Pasukan Islam : menguasai Yerusalem lebih dari 1100 tahun !
    (638-1096) & (1187-1920-an)

    Pemimpin Islam lebih toleran sehingga rakyat disana mendukung.
    Orang-orang Islam yang toleran 10X lebih lama berkuasa daripada
    tentara Salib yang brutal (dan suka berantem sesama mereka sendiri)
    Sejarah telah membuktikan toleransi orang muslim, malah orang-orang Prancis
    memliki sejarah romantis (bahkan ‘cantik’) dengan orang-orang Islam ketika
    tidak jadi dibantai ketika mereka kalah perang Salib, Bahkan orang-orang
    muslim memberikan sebagian uang mereka kepada tentara Salib supaya mereka bisa pulang ke Eropa (supaya nggak kehabisan ongkos).

    Itulah sejarah, bahkan musuh orang muslim yag sudah kalah pun tidak mereka aniaya bahkan dikasih duit. Makanya Prancis sangat marah dan yang pertama kali protes sama Israel, soal perang Gaza. Soalnya orang-orang Prancis merasakan sendiri dalam darah mereka yag mengalir arti toleransi sejati yang pernah mereka alami pada masa lalu, ditempat yang sama : Yerusalem.

  81. #81
    gravatar

    Apakah muslim membenci Kristen?
    Saya seorang Muslim : Tidak membenci Kristen.

    Yang saya benci adalah : Kebudayaan Barat
    Bahkan orang Kristen sendiri membenci kebudayaan Barat yang kapitalis ini, orang-orang Barat telah menjelekkan agama Kristen sehingga orang-orang Kristen yang asli malah terbawa-bawa jadi jelek.

    Coba aja tanya sama orang Kristen…
    Tentara Salib itu adalah orang-orang Barat (Eropa) yang menjadikan Kristen sebagai pakian doang, padahal mereka bengis dan rakus.

    Walau senjata mereka sangat kuat (berbaju zirah, berpedang, tameng, berkapak dll) tapi didalamnya mereka sangat lemah (karena jiwa yang rakus). Olek karena itu Saladin berhasil mengalahkan mereka.

    Tentara Salib memakai label “Kristen” untuk peperangan
    Orang Kristen yang sebenarnya memiliki Kasih seperti yg dicontohkan Nabi Isa.

    The Muslim.

  82. #82
    gravatar

    kalau nggak salah, agama yang diturunkan Tuhan hanya satu. Gak mungkin Tuhan menurunkan lebih dari satu, emangnya disuruh berantem? Tapi agama yang hanya satu itu diturunkanNya berangsur-angsur, dengan perantaraan beberapa nabi (mungkin maksudNya mengkondisikan masyarakat dulu). Yang gede-gede, mula-mula Ibrahim, lalu Musa, Isa, dan terakhir Muhammad (eh bener ya?). Ajarannya itu-itu juga, cuma orang pada lupa, lantas dibikin-bikin sendiri, jadi seolah-olah agama Tuhan itu banyak, ada Yahudi, Kristen dan Islam. Padahal sebenarnya semua itu aslinya, sekali lagi aslinya, sama. Jadi marilah kita tidak berantem dengan alasan agama, wong sebenarnya agama kita sama.

  83. #83
    gravatar

    Katanya masyarakat eropa baru terbuka pengetahuanya setelah adanya perang salib : contohnya tentara salib terheran-heran melihat tentara muslim sedang memasak air, sebelumnya masyarakat eropa tidak pernah yg namanya memasak makanan apa iya ? kalau ada tolong buku yg memuat di balik peristiwa perang salib yg memuat kejadian-kejadian yg bernuansa hikma, saya kepengin beli bukunya untuk bahan ceramah ramadhan di bulan puasa ini.

  84. #84
    gravatar

    kenapa bukan perang orang indon dengan Malaysia sahaja kan lebih baik…hahahha

  85. #85
    gravatar

    sangat sulity mencari sumber primer tentang perang salib di indonesia terutama berkaitan perang salib buku yang ada lebih ke pengkultusan tokoh terutama salahuddin, dan teori konspirasi mengekor davinci kode.

    plese deh bwt para M.Ag,prof,n orang pinter dari UI,UGM,UIN dlll terjamahin kek tulisan guilleme of tyre ato addison C.G.

  86. #86
    gravatar

    Wah dulu waktu SMA ane baca buku ini sampe 3 kali (minjem sm alumni) tp sekarang nyari buku ini di gramed susahnya minta ampun. pengen nyari di kwitang takut gk ketemu.
    buku itu penerbitnya apa ya?
    saya bener2 pengen milikin ni buku, soalnya banyak literatur2 abad pertengahannya.
    sekarang yg saya punya ATLAS Perang Salib, tp kerasa kurang tebel. hehe

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.