Ensiklopedi Kucing

Rabu, 21 Desember 2005M
20 Dzulqaidah 1426H

Cover The Encyclopedia of The Cat

Hore, mari bergembira!
Saya mendapat hadiah sebuah buku. Sebuah buku tentang kucing, tepatnya ensiklopedi kucing, terbitan Parragon berjudul The Encyclopedia of The Cat yang ditulis oleh Michael Pollard. Buku berbahasa Inggris ini cukup mewah –setidaknya buat saya– hardcover, 384 halaman bergambar, katanya sih ada 1000 gambar, tentunya tidak saya hitung. Buku ini berisi tentang sekilas dunia kucing, anatomi, pemeliharaan, sejarah, klasifikasi, galur murni dan campuran, kucing liar serta sekitar 44 ras kucing yang cukup banyak dikenal di dunia, termasuk 7 ras kucing besar, atau big cat.

Saya memang penggemar kucing, dulu selama belasan tahun memelihara kucing di rumah, dari kucing kampung yang kampungan hingga jenis ras Angora berbulu dan berbuntut panjang yang kampungan juga, bahkan pernah dalam sekali waktu rumah kecil mungil padat dipenuhi sekeluarga ikut diramaikan oleh sebelas ekor kucing. Bagi kalangan tertentu kadang disindir guyon bahwa memiara kucing itu tak ada gunanya, sepertinya memang tidak ada gunanya jika dikaitkan dengan hal-hal seperti kucing tak bisa menjaga rumah, tidak bisa menyalak, suka mencuri, kencing sembarangan dan sifat-sifat lain kucing kampung kampungan.

Salah satu periwayat Hadits dan sahabat Rasulullah adalah Abu Hurairah, yang artinya Bapak Kucing karena memiliki piaraan seekor kucing dan Rasulullah membiarkan kesenangan sahabatnya tersebut. Hurairah sendiri berarti kucing betina, sedangkan kucing jantan adalah Hirr, kadang Abu Hurairah sering juga dipanggil Abu Hirr. Petikan berikut saya ambil dari situs Ukhuwah:

Setelah masuk Islam, Rasulullah SAW bertanya, “Siapa nama anda?”
“Abdu Syams, ” jawab Abu Hurairah singkat.
“Bukannya Abdur Rahman?” tanya Rasulullah.
“Demi Allah, anda benar. Nama saya Abdur Rahman, ya Rasulullah!” jawab Abu Hurairah setuju.

Abu Hurairah terlahir sebagai seorang Yahudi di Yaman bernama Abdu Syams, seorang yatim tanpa sanak famili selain ibunya sendiri. Ia bekerja kepada Busrah bin Ghazwan dan menjadi muslim melalui Amr al-Dausi dan menghabiskan beberapa tahun berikutnya bersama Rasulullah SAW sebagai sahabat. Abu Hurairah meriwayatkan sekitar seribu Hadits sebagai salah satu kelebihan dirinya, yaitu memiliki kemampuan mengingat yang tajam.

Zaid bin Tsabit pernah bercerita, suatu ketika ia, Abu Hurairah, dan seorang shahabat lainnya berdoa dan berdzikir di dalam masjid. Tiba-tiba Rasulullah mendatangi mereka. Mereka pun berhenti berdoa dan berdzikir. Rasulullah berkata, “Ulangi doa dan dzikir yang kalian baca!”
Zaid bin Tsabit dan sahabat yang seorang lagi –bukan Abu Hurairah– berdoa. Rasulullah mengamini doa mereka berdua. Lalu Abu Hurairah berdoa, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sebagaimana yang dimohon kedua sahabatku ini. Dan aku memohon kepada-Mu ilmu yang tak dapat aku lupakan.” Rasulullah mengamini doa Abu Hurairah.
Zaid dan seorang shahabat yang lain berkata, “Kami juga memohon kepada Allah ilmu yang yang tak dapat kami lupakan.” Rasulullah berkata, “Kalian telah didahului putra Bani Dausy (Abu Hurairah).”

Kembali ke soal buku ensiklopedi di atas, cukup mudah dan sederhana mengenal dunia kucing dengan segala aspeknya, foto dan gambarnya cukup membantu penerjemahan Bahasa Inggris buku tersebut, sebab awak tak pandai mengerti English sehingga bahasa tersebut awak sebut susah! Satu yang cukup menarik adalah hampir di tiap halaman disisipkan kalimat singkat tentang fakta seputar kucing, yang bersifat umum hingga spesifik serta fakta tak langsung, misalnya menurut perhitungan jumlah; kucing adalah binatang piaraan nomor satu terbanyak di dunia, kuku kucing lebih tepat disebut protractible daripada retractable; sebab dibutuhkan otot untuk mengeluarkan kukunya namun otomatis menarik kembali tanpa tenaga, Colostrum atau susu pertama induk kucing mengandung banyak immunoglobulin sebagai pencegah infeksi anak kucing yang baru lahir, dan masih banyak lagi.

Ternyata saya menemukan secuil cacat, yaitu fakta yang sama ditulis di dua kali. Unlike dogs, cats are not pack animals, so they have no need to impress any superiors. This is why they have no inclination to obey any training instructions. Yang berlanjut di halaman berikutnya, “Although impossible to train, cats are very intelligent animals. The often learn how to open doors, swing door knockers and even fetch –if they feel like it.”

Cover The Tribe of Tiger

Selain ensiklopedi ini, buku lain tentang kucing yang pernah saya baca adalah karangan Elizabeth Marshall Thomas yang berjudul The Tribe of Tiger, merupakan buku yang cukup bagus menggambarkan kehidupan, perilaku dan sisi psikologis berbagai kucing. Bedanya buku ini tanpa gambar dan dituliskan seperti sebuah novel.

Atas permintaan Tuan M.D.A.M.T. saya sisipkan informasi pada bab Training your Cat. Kucing memang lebih dikenal sebagai binatang yang sulit dilatih, bahkan hampir tak mungkin. Namun ada beberapa metoda untuk membiasakan kucing untuk tindakan tertentu misalnya cara pendekatan manusia sehingga kucing mengenal kita, selain mengenali tempat dengan urinnya kucing juga memiliki ingatan terhadap lingkungan dan manusia, ingatan ini hanya bisa terjadi jika sering dilakukan disertai dengan reward atau hadiah, seperti misalnya cara memanggil untuk memberi makan. Dulu saya punya oven butut yang dipakai untuk menyimpan ikan khusus untuk kucing, derakan pintu oven ini diingat oleh kucing sehingga tanpa memanggil bunyi derakan ini sudah cukup membuat kucing saya pontang-panting berlari mendekat. Kuncinya reward and memory.

Pelatihan lain yang memungkinkan adalah supaya berak dan kencing pada tempatnya. Kebiasaan ini yang paling cocok adalah dimulai saat kucing masih kecil, apalagi jika induknya bisa dijadikan contoh. Disebutkan pula jika pindah rumah atau tempat baru kucing masih bisa dilatih untuk hal tersebut dengan mencontohkan cara mengubur dengan langsung memegang tangan kucing menarik-narik tanah/pasir dan mengubur sesuatu. Hal inipun membutuhkan hal yang sama, reward and memory.

Hal lain yang masih memungkinkan adalah memberi sebutan, nama atau cara memanggilnya, atau menghardik untuk tidak melakukan sesuatu tanpa harus menyentuh si kucing. Dulu kucing saya paling takut kalau siapapun sudah memegang sapu lidi (sapu lidi kecil untuk membersihkan kasur), apalagi jika diarahkan ke muka si kucing, sebab menepuk kepalanya saja dengan tangan hanya membuat si kucing merendah merem tapi tak bergeming sok keceh.

Kabar baik tentang tentang ancaman kesehatan manusia yang dibawa oleh kucing adalah hanya sedikit, tapi kita pun tetap harus berhati-hati. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Rabies. Ini adalah hal yang paling serius, kecuali di Australia dan Inggris sebab di kedua negeri tersebut pengendalian serta vaksinasi kucing tertata dan teratur secara ketat. Kabar mutakhir, 5 dari 10 rumah di Inggris memelihara minimal satu kucing. Kucing saya pernah satu kali divaksin anti-rabies, lucunya kucing tetangga lain dipaksa-paksa sampai harus menggunakan kurungan sedangkan kucing saya cukup dibawa jalan sendiri mengikuti Ibu saya.
  2. Toxoplasmosis. Mitos yang sering kita dengar adalah perempuan hamil jangan dekat-dekat dengan kucing karena bulunya berbahaya bagi kandungan. Setelah saya baca di Wikipedia penyebab tepatnya bukanlah di bulunya, namun dari kotoran kucing yang memang bisa jadi kotoran kucing menempel pada bulunya yang rontok. Toxoplasmosis yang menginfeksi kandungan disebut sebagai congenital toxoplasmosis, bisa menyebabkan infeksi pada bayi yang belumlah lahir. Tak disebutkan bahwa penularannya bisa melalui pernafasan, tapi pada makanan yang dimasak kurang matang karena tercemar kotoran kucing atau tidak cuci tangan sebelum memegang makanan.
  3. Ringworm atau Tinea. Saya tidak tahu apa istilah umumnya, sebuah penyakit kulit yang bisa menular melalui sentuhan dan bulu kucing yang bisa berfungsi sebagai pembawa atau carrier. Risiko terhadap jamur ini mengakibatkan kebiasaan mencuci tangan setelah memegang kucing sebagai sebuah keharusan.
  4. Flea atau kutu. Kutu kucing atau Ctenocephalides felis bisa saja menggigit kulit manusia meskipun tidak menginfeksi apa-apa, namun bisa terjadi gigitan kutu tersebut menimbulkan luka. Bedak kucing yang dijual sudah cukup sebagai tindakan pencegahan, selain tentunya sebagai salah satu cara memelihara kucing dengan baik.
  5. Gigitan dan cakaran. Ludah kucing bisa mengandung bakteri berbahaya bagi tubuh kita, begitu pula cakarannya. Antiseptic seharusnya sudah cukup, dan jarang terjadi luka gigitan atau cakaran menyebabkan demam, jika terjadi demam segera hubungi dokter anda, semoga bukan gejala rabies. Satu hal jika saya bermain-main dengan kucing sampai dia menggigit –terutama jika menggelitik perutnya, bagian paling vulnerable dari tubuh kucing–adalah jangan menarik lengan ketika digigit, biarkan tangan diam ketika digigit, seringnya sang kucing tak meneruskan gigitannya.

Komentar

302 komentar untuk catatan 'Ensiklopedi Kucing'

  1. #1
    gravatar

    It is best to remember that all low-priced hosting alternatives usually are not ineffective; it’s also possible to uncover some fantastic solutions, which supply deals for internet hosting. These affordable packages are reliable, affordable, controllable likewise as user-friendly. Validate regardless of whether they supply great customer service, in any way the point of your time. The customer assistance should also incorporate the technological aid specified by an economical crew. You will find couple areas, which you will need to enquire once you select affordable hosting of your web site. You have got the correct to know the internet hosting house allotted for you. Talk to them whether there may be any chance of strengthening the house within the upcoming, when you have the possibility of boosting your enterprise within the upcoming.

  2. #2
    gravatar

    This is actually attention-grabbing, You are an excessively professional digg. I registered a person’s rss and show off forward to throughout journey of additional of this fantastic publish. Additionally, We have provided your website in my internet sites

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.