Hymne Pahlawan

Kamis, 10 November 2005M
08 Syawwal 1426H

Dengar seluruh
Angkasa raya memuji
Pahlawan negara

Nan gugur remaja
Di ribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang
Wahai bunga putra bangsa
Harga
Jasa
Kau cahaya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Selamat Hari Pahlawan Indonesiaku!

Komentar

30 komentar untuk catatan 'Hymne Pahlawan'

  1. #1
    gravatar

    lho? kok beda?
    setau gue: “dengan seluruh angkasa raya memuja” bukan “memuji”.

  2. #2
    gravatar

    Iya, ya? Lupa!

  3. #3
    gravatar

    Bener mas Yulian, memuji. Memuji artinya memberikan pujian, penghargaan. Sedangkan memuja lebih dekat dengan kata menyembah. Saat SD saya juga masuk dalam barisan “penyanyi” pada upacara bendera. Dan kami menggunakan kata memuji.

  4. #4
    gravatar

    #1: “Dengar” apa “dengan”?

  5. #5
    gravatar

    [...] Jay menulis lagu Hymne Pahlawan, lagu yang biasanya kita kenal sebagai lagu mengheningkan cipta atau menurut saya lebih tepatnya adalah menciptakan hening. [...]

  6. #6
    gravatar

    Sama ragunya dengan #4. Seingat saya, jaman sekolah dulu pernah memperdebatkan soal “dengan” dan “dengar” ini. Tapi saya lupa mana yang benar. Dan sialnya lupa juga rujukan yang dipakai untuk menentukan mana yang benar.

  7. #7
    gravatar

    menciptakan hening?
    wew ….

    masuk man!
    gw setuju

  8. #8
    gravatar

    Huhuhuhu….. lagi pengen lihat lagi film 10 november tentang perjuangan arek-arek suroboyo..

  9. #9
    gravatar

    Merdeka:)

    Ayo pahlawan pahlawan Indonesia baruku
    jadikan Negeri ini negeri Impian kita semua

  10. #10
    gravatar

    #7: Setahuku siy “dengar” bukan “dengan”… Dulu soalnya sering banget jadi paduan suara pas upacara… hehehehe..

  11. #11
    gravatar

    # 10: Sorry salah nulis… mustinya komentar untuk nomer #4, bukan #7:D

  12. #12
    gravatar

    #4: stuju dgn #10, ‘dengar’ yg betul, soalnya saya PSM…:D

  13. #13
    gravatar

    Selamat walau agak terlambat!

    http://www.gravatar.com/avatar.php?gravatar_id=f553fa27ab07776cbf532dec48e951da

  14. #14
    gravatar

    Disuruh nundukin kepala, terus ngelamun saat upacara.

  15. #15
    gravatar

    Khusus bwt achedy, anda ngawur n sok tw!yg bener itu memuja, walau artinya agak canggung tapi namanya lirik lagu gak bisa diubah tanpa seizin yag menciptakan!saya rasa guru SD anda yang mengajar waktu itu salah

  16. #16
    gravatar

    ada yang punya mp3-nya nggak?
    TQB4

  17. #17
    gravatar

    ada yg bisa kaih tau atau punya lagu mp3 nya hyne pahlawan ga butuh neh he he he buat upacara bendera…
    terima kasih

    dewo

  18. #18
    gravatar

    Saya butuh bangat MP3 “HYMNE PAHLAWAN”. Kalau ada yang punya, tolong dong di email ke saya . Terima kasih

  19. #19
    gravatar

    Iya saya juga butuh MP3 nya Hymne Pahlawan untuk di upload di http://gssjratulangie.multiply.com

    Terima kasih sebelumnya

  20. #20
    gravatar

    ….Maaf…Tolong kasih partiturnya juga dong….

  21. #21
    gravatar

    Betul nih tolong siapa yang punya mp3 nya bagi-bagi ke kita-kita.

  22. #22
    gravatar

    lagu mengheningkan cipta bagi rakyat indonesia sangat bersejarah,apabila mengingatnya air mata pun tertetes membasahi mata & pipih,kita tahu bagaimana sejarah para pahlawan kita untuk merbut kembali atau mengibarkan bendera untuk & demi negara & bagaimana cara nya agar rakyat kita tidak di kerja paksa maka dari itu marilah kita mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan2 kita yang telah gugur demi mempertahankan negara kita yang tercinta

  23. #23
    gravatar

    minta accord menheningkan cipta donk !!

  24. #24
    gravatar

    Tumpah darah pejuang bangsa, tertembus mesiu di mana mana
    Tidak rela…semangatpun membara, Tak perduli nyawa demi merdeka
    Serbu dan serang tak kenal waktu, hingga merdeka walau tubuh cidera
    Sebagai bukti perjuangan Patriot Bangsa, menuju gerbang merdeka

    Bukan jiwa menjadi pengecut, melainkan membara tak kenal takut
    Selama nadi ini masih berdenyut, berkorban nyawa sudahlah patut
    Tak kan mundur selangkahpun, walau tidur dihutan tanpa selimut
    Patriot bangsa perlu dianut, semangat membaja tak pernah menuntut

    Bulat tekad usir penjajah dari bumi persada nusa
    Jika harus bermandi darah bangga bela nusa dan bangsa
    Dipersembahkan jiwa dan raga untuk persada nusa
    Untuk merdeka.!!…. merdeka.!!…. merdeka .!!…..merdeka !!!

    Bersatu teguh menempuh, bambu runcing sebagai senjata ampuh
    Menghalau penjajah agar negeri merdeka dan tak kenal rapuh
    Tapal batas negeri tercinta , dijaga ketat darat laut udara yang terjauh
    Negara merdeka aman tenteram dan damai tempat kita berteduh

    Kupersembahkan negeri ini untukmu wahai insyani
    Sebagai generasi penerus dapatlah menjunjung tinggi negeri
    Menjaga menata dan melanjutkan perjuangan patriot sejati
    Demi negeri aku rela berkorban …..untukmu negeri

    Darah Pejuang dipersembahkan membasahi bumi pertiwi
    Sebagai bunga bangsa negeri dikenal hingga nanti
    Sebatas itukah sanjungan untuk pahlawan sejati … ???
    Pantaskah insyani hanya melihat dan tidak ada reaksi … ?

    Negeri …………..negeri ………….negeri……. nasibmu
    Sebagai ajang peperangan dan merebut kekuasaan,,,………….

    keren nggak…???

  25. #25
    gravatar

    mas…tlg dong klu ada Mp3 lagu hening cipta karangan T.PRAWIT

  26. #26
    gravatar

    kok dengan, seingatku dengar

  27. #27
    gravatar

    Maaf sebelumnya kepada semuanya,, jangan terus-terusan berdebat. Saya lulusan dari sekolah seni di Bandung. Dulu saya di Obade dan Orchestra,, jadi saya betulkan bahwa lirik itu bukan ‘memuja’ tapi ‘memuji’ dan saya mempunyai notasinya beserta lagu minus one-nya. Sampai saat ini saya masih terjun di dunia seni sebagai musisi dan guru kesenian. Bagi Anda semua yang membutuhkan MP3 atau notasi,, silahkan hubungi FB saya dengan nama Agung Mochiqal. Terima kasih

  28. #28
    gravatar

    boleh di share tempat download lagunya gak kak?

  29. #29
    gravatar

    siip!
    menurut saya ini yang benar. kata “dengar” jika digabungkan dengan kata berikutnya yaitu “dengar seluruh angkasa raya memuji”menyerukan bahwa dengarlah,seluruh angkasa(jagad)memuji. tapi jika kata “dengan” yang digunakan maka maknanya pun berbeda. kata dengan di sini seakan-akan angkasa memuji bersama sesuatu.
    Kemudian kata “harga”, saya pernah dengar juga diganti “hanya”. pada awalnya bingung juga sih mendengarnya, saya pikir ada perubahan lirik gitu. karena jaman saya SD, menggunakan kata “harga”. Ini berarti menghargai sekali jasa pahlawan seperti cahaya yang menerangi Indonesia. Jika kata “hanya”yang digunakan maka seakan-akan kita menuntut, kok “hanya jasa” yang diberikan untuk Indonesia. Padahal jasa para pahlawan sangatlah besar.

  30. #30
    gravatar

    #27 :Ciuyssss belegedew gitu

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.