Arang Batok: Penjernih Air

Senin, 5 September 2005M
01 Syaban 1426H

Mencari air jernih untuk diminum memang sudah semakin sulit, yang alami mungkin hanya ada di mata air di gunung dan di oase di gurun. Air jernih pun akhirnya menjadi produk industri hingga kata generik ‘aqua’ pun menjadi paten industri, ah jangan sampai kata ‘air’ menjadi merek dagang pula. Fungsi air untuk diminum pun akhirnya dilebih-lebihkan untuk kepentingan komersial, seperti yang diulas oleh Priyadi tentang ‘Khasiat’ Air Hexagonal.

Padahal kebutuhan utama manusia terhadap air untuk diminum hanya satu, yaitu ‘air jernih’, jernih menurut warna dan jernih menurut proporsi kandungan mineral yang terlarut di dalamnya. Dalam tubuh air berfungsi sebagai pelarut, sebagai carrier pembawa zat-zat lain yang harus diedarkan ke seluruh tubuh dan banyak lagi fungsi dan manfaat lainnya.

Dengan semakin kotornya air minum, baik dari sumur timba, sumur pompa ataupun air-supply-nya PDAM, kini semakin banyak keluarga mengurangi konsumsi air tersebut sebagai air minum dan digantikan dengan membeli ‘air jernih’ hasil proses industri dalam gelas atau botol plastik.

Sebenarnya, air jernih dari sumur untuk diminum masih bisa didapatkan dengan proses penjernihan saat memasaknya, yaitu dengan meletakkan arang batok (tempurung kelapa) di dalamnya (segenggam arang batok sudah lebih dari cukup untuk memasak satu panci air), sebaiknya arang batok dibungkus dahulu dengan kain putih bersih. Selama air dipanaskan hingga mendidih arang batok akan bekerja menyerap zat-zat yang mengotori air, juga menyerap bau serta warna sehingga menghasilkan air jernih yang siap diminum (didinginkan dulu ya, jangan minum air mendidih!).

Manfaat air jernih yang lain yang tidak berhubungan adalah untuk mengusir lalat, yaitu dengan cara menyimpannya dalam plastik bening dan digantung, biasanya digantung di dapur atau di atas meja makan. Mungkin nanti ada yang menjual bola kaca berisi air sebagai pengusir lalat yang bisa dipakai di atas meja makan tanpa merusak pandangan dan suasana.

Komentar

167 komentar untuk catatan 'Arang Batok: Penjernih Air'

  1. #1
    gravatar

    untuk semuanya barangkali bermanfaat,,,,
    Saringan air dapat dibuat dengan menggunakan ember besar bekas cat sebanyak 4-5 buah denga urutan paling atas diisi dengan saringan busa dan bagian bawah dari ember dibolongi kemudian ember kedua diisi dengan pasir silika, ember ketiga diisi dengan batu zeolit aktif dan terakhir diisi dengan arang aktif.
    slamat mencoba…!!!

  2. #2
    gravatar

    Saat ini, air bersih memang semakin sulit di dapatkan. Teknik ini pantas dicoba

  3. #3
    gravatar

    Boleh tanya gak arangnya di halusin apa msh brupa batok klapa tu…?

  4. #4
    gravatar

    arangnya di halusin apa msh brupa batok klapa tu…?

  5. #5
    gravatar

    kalau mau menjernihkan air kolam ikan agar tidak cepat keruh arang batoknya diapakan

  6. #6
    gravatar

    Baru tau arang batok untuk ngerebus air, pengen coba juga ni

  7. #7
    gravatar

    Gimana cara bikin areng batok kelapanya? heuuuu… :D

  8. #8
    gravatar

    toko sepatu, jual sepatu,sepatu kulit…

    […]LG Siapkan Mesin Cuci Sepatu | Berita Top Indonesia[…]…

  9. #9
    gravatar

    waahh..
    harus dipraktekkan ni..
    Q ma tmen* kul jgag mw mmbwt iutu bwt bahan praktek,,
    smoga bsa berhasil sperti tmen* yg diatas,,
    itu yg dipakai pasir biasa yg warna hitam atau pasir putih sich?,,yg aku bingungin itu..

  10. #10
    gravatar

    kalo membersihkan oli bekas gimana caranya??

  11. #11
    gravatar

    Wah bagus nee gw minta solusi me temen,,, sumur pompa gw bila di biarin 6 jam aje di permuakaan nye ada kayak minyak and bau besi lagi,, tolong donk solusi nye.

  12. #12
    gravatar

    t4ku kan budidaya cacing sutra,awal2nya abis benih di tebar air masih jernih ampek cacing umur 3 hari,tapi setelah itu cacing berkembang biak banyak kok airnya tambah keruh ya,apa ya solusinya

  13. #13
    gravatar

    muhun cai bersih di gantung dina plastik bisa ngusir laleur
    Sabab plastikna cembung jadi gambar laleur ngabadagan sieuneun weh

  14. #14
    gravatar

    ass..
    kepada teman” semua mohon bantuannya..
    saya sedang menyusun karya tulis ilmiah (tingkat akhir), didaerah rumah saya banyak masyarakat yg menggunakan sumur gali yang mengandung mangan melebihi baku mutu,, saya ingin praktekkan dengan menggunakan pasir silika yang bervariasi untuk menjernihkan air dan menurunkan kadar mangan.. adakah dari teman” punya literatul ketebalan pasir silika yang 20cm,40cm,60cm,80cm?? tolong bantuannya ya teman”.

  15. #15
    gravatar

    Hey awesome blog site! Gentleman. Outstanding. Awesome. I will book mark your web site along with make nourishes also? We are pleased to get numerous helpful tips listed here in the post, we need exercise further approaches within this regard, thank you for expressing.

  16. #16
    gravatar

    Let me right away use your feed as I are not able to to get ones e-mail subscription weblink or maybe e-newsletter assistance. Do you have any? Kindly allow me to recognise in order that I can subscribe. Thanks a lot.

  17. #17
    gravatar

    baik juga bos!trmksh.batok di kebumen ya sudah habis dibuat memasak.ijuk? dipasar pura2 beli sapu ijuk/duk..deh entar buat filter boleh dicabut.

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.