Arang Batok: Penjernih Air

Senin, 5 September 2005M
01 Syaban 1426H

Mencari air jernih untuk diminum memang sudah semakin sulit, yang alami mungkin hanya ada di mata air di gunung dan di oase di gurun. Air jernih pun akhirnya menjadi produk industri hingga kata generik ‘aqua’ pun menjadi paten industri, ah jangan sampai kata ‘air’ menjadi merek dagang pula. Fungsi air untuk diminum pun akhirnya dilebih-lebihkan untuk kepentingan komersial, seperti yang diulas oleh Priyadi tentang ‘Khasiat’ Air Hexagonal.

Padahal kebutuhan utama manusia terhadap air untuk diminum hanya satu, yaitu ‘air jernih’, jernih menurut warna dan jernih menurut proporsi kandungan mineral yang terlarut di dalamnya. Dalam tubuh air berfungsi sebagai pelarut, sebagai carrier pembawa zat-zat lain yang harus diedarkan ke seluruh tubuh dan banyak lagi fungsi dan manfaat lainnya.

Dengan semakin kotornya air minum, baik dari sumur timba, sumur pompa ataupun air-supply-nya PDAM, kini semakin banyak keluarga mengurangi konsumsi air tersebut sebagai air minum dan digantikan dengan membeli ‘air jernih’ hasil proses industri dalam gelas atau botol plastik.

Sebenarnya, air jernih dari sumur untuk diminum masih bisa didapatkan dengan proses penjernihan saat memasaknya, yaitu dengan meletakkan arang batok (tempurung kelapa) di dalamnya (segenggam arang batok sudah lebih dari cukup untuk memasak satu panci air), sebaiknya arang batok dibungkus dahulu dengan kain putih bersih. Selama air dipanaskan hingga mendidih arang batok akan bekerja menyerap zat-zat yang mengotori air, juga menyerap bau serta warna sehingga menghasilkan air jernih yang siap diminum (didinginkan dulu ya, jangan minum air mendidih!).

Manfaat air jernih yang lain yang tidak berhubungan adalah untuk mengusir lalat, yaitu dengan cara menyimpannya dalam plastik bening dan digantung, biasanya digantung di dapur atau di atas meja makan. Mungkin nanti ada yang menjual bola kaca berisi air sebagai pengusir lalat yang bisa dipakai di atas meja makan tanpa merusak pandangan dan suasana.

Komentar

166 komentar untuk catatan 'Arang Batok: Penjernih Air'

  1. #1
    gravatar

    Ha? dimasak bersama air? baru dengar nih gw, yang gw tau selama ini adalah penyaringan dengan menggunakan sabut kelapa dan teman2nya (lupa:) ). Wah thanks atas infonya. Kapan2 bisa dicoba.

  2. #2
    gravatar

    arang batoknya dibungkus kain dulu yah…?
    sebenarnya prinsip arang batok ini tadinya kan untuk absorbent seperti halnya carbon active, yang gunanya menyerap warna dan bau karena karakteristik arang yang high porosity, cuma masyalahnya kenafa musti dibungkus dulu, ada baiknya sih, proses penjernihan terpisah dari proses penggodogan (asal kata “ngagodog”)atau pentaheuran (asal kata “naheur”):P
    kalo penjernihan dengan cara mengendapkan mineral logam terlarut (umumnya besi dan mangan)yang bikin air jadi kuning sih biasanya pake tawas (aluminium sulfat)
    desinfektan tambahan adalah kaporit (CaOCl2) buat membunuh bakteri pathogen spt E.coli
    teknik pengelolaan air bersih yang umum dilakukan diulas di http://www.iptek.net.id/ind/warintek/Pengelolaan_dan_Sanitasi_idx.php?doc=5b4

  3. #3
    gravatar

    nah, ada ahlinya nih lulusan Ilmu Kimia:D

    iya, dibungkus biar kalau dituang ke gelas arang batoknya nggak ikut jadi ampas di gelas

    kalo dipisah prosesnya (sateuacan ngagodog cai) nggak tahu juga apa arang batok akan bekerja dalam suhu air biasa?

  4. #4
    gravatar

    Iya.. air yang ditaruh diwadah plastik.. itu ternyata buat ngusir lalat toh? Mm.. penjelasan ilmiahnya gimana ya? Kalo gak salah di restorant chinese food, meja nya di lap pake campuran air cuka bair lalat gak ada, tapi kalau air yang dibungkus plastik..

  5. #5
    gravatar

    Kekeke.. yang air dibungkus plastik terus digantung itu apa bener-bener manjur? kalau lihat tuh agak aneh dan takut kejatuhan.. hehehe

  6. #6
    gravatar

    #5: lebih manjur daripada menyalakan lilin

  7. #7
    gravatar

    prinsipnya kayak sumur resapan gitu Jay, cuman kalo sumur resapan lebih ditujukan untuk mengembalikan air ke tanah, sedangkan ini untuk digunakan (minum, mandi, dll).

    Wah bisa jadi topik blog tentang sumur resapan *ubek-ubek arsip kuliah dulu*

  8. #8
    gravatar

    itu kan untuk proses “Penggodogan” atau “Penaheuran”
    Klo di sumur gimana yah? bisa enggak yah di masukkan “sakarung” gitu

    Sekarang di pinggir jalan banyak yg jual filter air
    mulai harga ratusan rebu sampe jutaan, jagan2 dalemannya arang kelapa:)

  9. #9
    gravatar

    akang jay……
    kok tulisan na sering kayak printer yang pitanya kagak ngepas…
    sok kepotong2… gitu deh poko na….
    kompi sayah nu kudu di upgrade atawa kumaha ieuh?

  10. #10
    gravatar

    #9: oh, font ‘Palatino Linotype’ di Windows2000 tampak hancur ya? padahal bentuk font itu bagus

  11. #11
    gravatar

    lho, kok bisa ya air digantung jadi ngusir lalat?

  12. #12
    gravatar

    mau dong….info buat”air siap minum”nya….
    soalnya…saya udah nyari di google tapi kurang puas
    saya dapet tugas bikin paper…nah saya ambil tema ini…
    gimana?ada yang bisa bantu saya?trimakasih…………

  13. #13
    gravatar

    #11
    Kata orang2 air yang digantung bisa menyilaukan mata lalat.

  14. #14
    gravatar

    saya ingin mengetahui kandungan kimia apa yang terdapat dalam arang tempurung kelapa itu serndiri

  15. #15
    gravatar

    apakah bahan kimia yang terdapat dalam arang yang boleh menjernihkan air dalam akuarium?

  16. #16
    gravatar

    mau nanya, waktu neliti tu arang, kamu tau juga gak berapa nilai kuat tekannya…makasi

  17. #17
    gravatar

    air yang di gantung buat ngusir lalat mungkin jd buat lalat takut liat dirinya sendiri. kan jd keliatan lebih besar and serem lagi, lalat bisa melihat kesegala arah dengan sudut mencapai 360 derajat yang di bagi dalam enam bidang pada masing2 matanya.GILA GAK TUH!

  18. #18
    gravatar

    oy ada yang bisa bantu aku gak?aku lagi disuruh buat jurnal pencemaran lingkungan non logam susah bgt judulnya gak boleh sama ma temen lagi, oh iya arang batok tuh punya daya absorbsi lebih besar, karna telah mengalami pembakaran yg nyebabin lebarnya pori2 so ada ruang to udara ato air masuk.gak tau karna strukturnya ato apanya jd digunain to mutihin gula ato obat mencren gak bahaya kok kan mengandung karbon

  19. #19
    gravatar

    Mohon bantuannya donk. Ada ga ya, bahan murah(mungkin)seperti arang batok kelapa yang bisa menyaring minyak yang terkandung dalam air? Soalnya aku mau bantu teman aku bikin filter air yang murah untuk dirumahnya

  20. #20
    gravatar

    Ada yang bisa bantu gak ya….
    Bagaimana caranya, air bekas kolam ikan dapat dimanfaatkan lagi untuk mandi.Asal setelah mandi badan tidak menjadi gagal.Kitakan perlu juga menghemat air.Atau cukup disaring dgn arang tempurung kelapa, air sudah bersih dan dapat digunakan lagi?kalo bisa dibuatkan sket biar gampang membuatnya.Terima kasih yaaa….

  21. #21
    gravatar

    gimana caranya ya lalat bisa takut ama gantungan air jernih? bener ga sih?
    trus kalo mau buat penyaring air yang bisa langsung minum ada caranya ga?

  22. #22
    gravatar

    sebenarnya gue juga udah tau dari sononya kalo air sumur bisa dijernihin pake batok kelapa, cuma gimana cara kerja batok kelapanya?itu dia yang gue ga tau. bisa jelasin gak?

  23. #23
    gravatar

    prinsip kerja arang batok memang benat sebagai penyerap warna, bau dan bahan2 organik tapi permasalahannya kenapa? dikaitkan dengan struktur kimianya iru sendiri
    klo tigak salah sekam padi jg gt fungsunya tapi….rumus strukturnya gmana? dan apa kaitannya?

  24. #24
    gravatar

    gmn kalo areng dipake buat mutihin gigi?

  25. #25
    gravatar

    Kualitas air di rumah sangat jelek, berbau besi dan kalao disimpan jadi ‘hinyay’, bagaimana cara mem-filternya agar bisa dikonsumsi minimal bisa buat nyuci baju.

  26. #26
    gravatar

    Walah walah,
    air jernih…………! gimana caranya nyumbat luapan lumpur di sidoarjo. Karena denger2 lumpur mengandung carun, lantas air tanah kan pasti ikutan beracun. Kira kira sang tempurung ini manjur kagak ya untuk mengatasimasalah ini?

  27. #27
    gravatar

    cara kerjanya yang detail?

  28. #28
    gravatar

    Nah….kalo kita mau penjernihan air kolam ikan(kolam halaman rumah) kek mana pulak itu ya?…padahal aku udah rendem arang satu keranjang (20 kg) di tandon tempat sirkulasi air kolam itu..tapi masih juga hijau air nya.
    Kasihan aku lihat ikan2 itu ach…apalagi musim kemarau seperti ini air kan susah…kalo setiap minggu di ganti air nya kan mubajir itu air.

  29. #29
    gravatar

    Kalo untuk menjernihkan air buat aja pake pipa paralon (PVC) tinggi 70cm ukuran 3 inci. Tutup bag. bawah dengan dop, beri lubang di bagian dinding bawah PVC. Trus isi berturut-turut dgn ijuk 5cm, arang batok 8cm trus pasir hitam (pasir gunung) 30cm. air dialirkan dari atas dan keluar di bawah. Aliran air harus kecil, sebesar 1 pipa waterpass. Hasil air akan lebih baik (tidak berminyak dan tidak bau serta lebih jernih. Coba deh…! saya udah coba dan lumayan baik untuk cuci dan mandi. Untuk minum sebaiknya diuji dulu di lab. microbiologi….

  30. #30
    gravatar

    tahu nga gimana cara ngatasin air tanah yang berasa asin…..

  31. #31
    gravatar

    link ini kok gak bisa diakses?
    http://www.iptek.net.id/ind/warintek/Pengelolaan_dan_Sanitasi_idx.php?doc=5b4

  32. #32
    gravatar

    #31: Mungkin sudah dihilangkan artikelnya, atau berubah URL.

  33. #33
    gravatar

    oh iya kalo ingin pesan arang yang di tangerang gua punya pabrik arang harga terjangkau.. .. he.. serius arang batok asli buatan pasar anyar. dan klo mau pesan ke bapak andri

  34. #34
    gravatar

    pemesanan by email->

    bpk andri : WS_AW3@yahoo.com

  35. #35
    gravatar

    Saya tertarik & ingin mengetahui bagaimana proses detail/cara kerja arang batok dalam menjernihkan air sumur. Mohon dibalas ke alamat e-mail saya. Terima kasih

  36. #36
    gravatar

    mau tau dong..mekanisme kerja arang aktifnya, kok bisa jadi penyerap bau (gas). katanya sih bisa juga sebagai penyerap etilen pada buah, jadi buah or sayur bisa punya umur simpan lebih lama. btw kang jay tau ga, mekanisme kerja arang aktifnya tuh gimana???

  37. #37
    gravatar

    Air PDAM di tempat saya keruh sekali. Gimana bikin jernih dengan alat yang sederhana dan murah. Soalnya water filter yang murah (8000an, pakai arang aktif) yang saya beli tidak mampu menjernihkannya. Malah bikin kran mampet. Tolong kirim solusinya ke email saya. nur_rosyidah@yahoo.com

  38. #38
    gravatar

    Kasus saya sama dengan mbak ida, Air PDAM di tempat saya keruh sekali kadang malah bau. mohon gimana caranya membuat filter air yang murah meriah. mohon di jawab disini atau kirim ke email saya hasan_fauzi@yahoo.com. Terima kasih

  39. #39
    gravatar

    aq mau nanya, ada gak sich cara lain untuk menjernihkan air selain dengan arang batok dan tawas?

  40. #40
    gravatar

    Salam.
    Dari yg saya baca di atas kok gak ada yg serius bahas bagan penjernih air ya.ada 1 yg make saringan pipa PVC, itu yg bagus mas2/mbak.jd blog ini berguna.tidak main2.ada yg serius kasih bagan?

  41. #41
    gravatar

    Ada yang jualan alat penjernih air tuh, pakai sistem batok kelapa. Yang kecil 750 ribu. Yang besar 2.2 juta, langsung dipasang ke pompa air. Cuman gue nggak tau, harga segitu mahal apa nggak, soalnya gue juga lagi shopping, kalai ada yang lebih murah lagi, tapi bagus.

  42. #42
    gravatar

    sama ma yang laen, aq cuma mo tau gmana prinsip kerja tempurung klapa itu sbg absorbant secara fisik dan kimia. tlg yah di kirim melalui email saya…. nuhun

  43. #43
    gravatar

    saya juga mengalami hal yang sama, apalgi waktu musim hujan begini , bagaimana cara menjernihkan air sumur di tandon yg mengandung pasir, tolong lebih jelas baganya dari mas mas tadi. atw pleas ekirim ke email saya. sbakirh@gmail.com
    terim kasih banyak

  44. #44
    gravatar

    Sy bisa dapat alamat lengkap n phonenya

  45. #45
    gravatar

    sy tertarik tlg bls

  46. #46
    gravatar

    ardhydimitry@yahoo.co.id

  47. #47
    gravatar

    good n thnks

  48. #48
    gravatar

    seberapa besar keterjaminan ini metode

  49. #49
    gravatar

    weleh2 koq ta liat2 g ada yang bahas filter aer cara lain, ato paling nggak ya yang kaya pake pipa PVC itu lho…tapi klo bisa yang mampu dipake arus air lebih besar,jd klo mau mandi g kelamaan jernihin aer dulu..

  50. #50
    gravatar

    ass. saya mau nanya, bisa gak sih arang batok ini digunakan juga buat ngejernihin limbah yg bersifat asam (pH1)?? tahan gak?? klo boleh saya tau ada gak jenis adsorben lain yg tahan asam basa..kirim ke email saya ya. thnks

  51. #51
    gravatar

    sama ogut juga punya masalah dengan air tanah pakai jet pump, disimpan di watervoar (tangki air) lalu disalurkan melalui pipa. secara kasat mata sih air nya bersih ,tetapi setelah disaring pakai kain, ternyata banyak endapan tanah yang nyangkut disaringan kain tadi.. pokoknya bikin kerjaan ekstra gantiin kain yang dah kotor. ada gak sih cara paling efektif biar air nya bersih terus.. gitu lock.

  52. #52
    gravatar

    kebeneran neh.. aku lagi koleksi desain pemurnian air… tapi kok gak ada yang bahas pake UV, Ozon dan Hexagonal?

  53. #53
    gravatar

    ari arang batok meserna dimana kang?

  54. #54
    gravatar

    dalam proses penjernihan pasti memakai matrial ijuk, kami punya setok banyak untuk ijuk.yang membutukhkan bisa hubungi saya di no 0265-7000503/085224030304

  55. #55
    gravatar

    Pake Cara Kayak Waktu SD aja!!!!! caranya dengan menggunakan tempat yang telah diisi dengan Pasir halus, pasir kasar, batuan kecil(kerikil), batuan Gedhe

  56. #56
    gravatar

    sama dengan teman2 diatas, saya juga punya masalah dengan air tanah pakai jet pump, disimpan di watervoar (tangki air) lalu disalurkan melalui pipa. secara kasat mata sih air nya bersih ,tetapi setelah diendapkan +- 6 jam airnya langsung keruh.
    Mohon info cara paling efektif biar air nya bersih terus.. Terima kasih

  57. #57
    gravatar

    tempurung kelapa mengandung banyak silikat dan fosfor. mungkin bahan inilah yang bisa mengikat warna keruh air. tempurung kelapa banyak kegunaannya. walau begitu, kita tidak jeli dalam pemanfataan ulangnya.
    jangan segan untuk mencobanya di rumah. kandungan bahan kimia alami dari tempurung tidak akanmerusak kesehatan.

  58. #58
    gravatar

    gimana cara penyaringan air pada PDAM?

  59. #59
    gravatar

    Kalo ada yang nyari filter air yg murah tapi bagus, coba liat2 di Lindesteves (Jl. Hayam Wuruk, seberang pom bensin). Disitu ada Hypermarket Bahan Bangunan. Salah satunya ada yg terangkai 3 filter semacam tabung, pompa serta container airnya. Hrgnya satu set sekitar 1.2 jt. Untuk ganti filternya ada di carefour dan Giant. Bisa langsung diminum.

  60. #60
    gravatar

    mau dunk kita dikasih tau gimana netralin air laut, bisa ndak pake arang kelapa

  61. #61
    gravatar

    Temans,
    senada dengan rekans diatas, sumur tanah kami kedalaman 6 meter, bau dan kotor, berwarna kehitaman- mungkin karena dekat got dan septic tank tentangga kurang lebih 2 meter.

    saya udah bikin sumur bor disampingnya kedalaman 11 meter tapi masih bau,

    saya tertarik dengan penyaringan sederhana dengan batu, pasir , arang tempurung dan ijuk. tapi saya tidak tahu cara membuatnya.

    sekarang kami pakai mesin peyedot air dan sumur tanahnya kami tutup atasnya karena ada didalam ruang keluarga. rumah kami kecil 5×7 m saja

    please, temans yang baik hati, beri masukan dong – gambar dan ukurannya. tolong kirim ke temanmuchsan@yahoo.com

    thanks ya

  62. #62
    gravatar

    kayaknya dah basi kalau netralin air laut dan air yang tercemar dengan batok kelapa cari alternatif lain dong???? selain arang batok kelapa he……

  63. #63
    gravatar

    #62: Sok atuh dicari!

  64. #64
    gravatar

    kang, saya mau tanya kalo air asin bisa nyebabin mesin cuci otomatis cepat rusak teu? soalnya saya ada rencana mo ganti mesin cuci saya yang semi otomatis jd otomatis. masalahnya ir di tempat saya rada asin, jadi takut cepet rusak nih mesin cucinya, ada trik2 biar air gak asin gak?

  65. #65
    gravatar

    Mu coba bantu aja nech..areng teh merupakan zat pengadsorpsi yang baik.karena memiliki pori yang cukup besar.Sehingga zat pengotor dapat terserap dalam pori arang tersebut.Tidak ada zat tertentu yang terdapat dalam arang yang membantu proses penjernihan air.Dengan adanya pemanasan menyebabkan pori yang terdapat dalam arang menjadi terbuka lebar, sehingga pengotor dapat terserap maksimum dalam arang.Sistem penjernihan dengan menggunakan arang merupakan adsorpsi fisik,karena pengotor tidak bereaksi dengan karbon(prosesnya secara mekanik).Masalah air laut???ga bisa di filtrasi sama arang,karena ion ion garam terlarut dalam air.proses sederhana air laut dijadikan air tawar ya di distilasi.Memang kurang efektif juga..Biasanya untuk filtrasi air laut digunakan membran khusus yang dapat menahan ion ion tertentu…Klo nteu salah pH air laut tu asam.Asam ini yang dapat mempercepat terjadinya korosif.klo pengen aman ya pake aer tawar aja..Ya klo pH aer asam ga bisa asal filtrasi doank.mesti ada treatment tertentu..Klo kaya aqua mereka hanya pake proses penyaringan yang berulang,membran yang digunakan dalam filtrasi hanya bisa melewatkan logam2 mineral yang diperlukan oleh tubuh.Ga kaya aer bikin sendiri(naheur)..klo soal alat penyaringan bikin pake drum yg gede aja cukup tow ga pake PVC yang gede dikasi ijuk+arang ya sudah lumayan qo…

    norman_bardez@yahoo.com

  66. #66
    gravatar

    Akang, punten, minta rumus kimia sekam padi dan reaksi kimia pembakaran sekam padi, ada ga??
    thx b4

  67. #67
    gravatar

    caranya yg lain yg lebih murah ato simple ada ga??????

  68. #68
    gravatar

    caranya yg lain yg lebih murah ato simple ada ga???????????

  69. #69
    gravatar

    Saya punya canister untuk filter kolam ikan hias yang belum terpakai, lalu terfikir untuk menggunakannya sebagai alat penyaring air minum di rumah. Bisa nggak ya? Kalau bisa, benda apa saja yang harus saya masukkan sebagai alat penyaringnya di luar arang batok kelapa? Soalnya wadah penyaringannya berlapis empat. Ada yang bisa bantu?? Terimakasih sebelumnya.
    Salam,
    kleermakerij

  70. #70
    gravatar

    Wow… simpel banget ya… tapi… masih belum tega euy cobanya… (^_^)
    Btw, ada ga filter air yg dari jetpump? Soalnya air dari kran saya suka bercampur pasir nih… (>_

  71. #71
    gravatar

    Saya butuh alat penyaring air yg bisa disambun dari jet punp yang udah ada karena belakangan air saya ini jadi berbau dan berbusa…Kira2 apa ya penyebabnya perubahan air tanah pd rumah saya?Krn udh cek pipa2 juga ga ada yg bocor…Ada yg bisa bantu?

    Lalu apakah saya bisa mendapatkan alat tersebut di TOKO LINDESTEVES sebagaimana disebut di artikel2 ini?

    Klo ada yg bisa info tolong email ke nitasip@yahoo.com. Thanks a lot bantuannya..

  72. #72
    gravatar

    saya terkesan dengan informasi arang batok ini, tolong bisa dijelaskan lebih rinci lagi tentang penjernihan air dengan tabung besar.

  73. #73
    gravatar

    areng teh merupakan zat pengadsorpsi yang baik.karena memiliki pori yang cukup besar.Sehingga zat pengotor dapat terserap dalam pori arang tersebut.Tidak ada zat tertentu yang terdapat dalam arang yang membantu proses penjernihan air.Dengan adanya pemanasan menyebabkan pori yang terdapat dalam arang menjadi terbuka lebar, sehingga pengotor dapat terserap maksimum dalam arang.Sistem penjernihan dengan menggunakan arang merupakan adsorpsi fisik,karena pengotor tidak bereaksi dengan karbon(prosesnya secara mekanik).Masalah air laut???ga bisa di filtrasi sama arang,karena ion ion garam terlarut dalam air.proses sederhana air laut dijadikan air tawar ya di distilasi.Memang kurang efektif juga..Biasanya untuk filtrasi air laut digunakan membran khusus yang dapat menahan ion ion tertentu…Klo nteu salah pH air laut tu asam.Asam ini yang dapat mempercepat terjadinya korosif.klo pengen aman ya pake aer tawar aja..Ya klo pH aer asam ga bisa asal filtrasi doank.mesti ada treatment tertentu..Klo kaya aqua mereka hanya pake proses penyaringan yang berulang,membran yang digunakan dalam filtrasi hanya bisa melewatkan logam2 mineral yang diperlukan oleh tubuh.Ga kaya aer bikin sendiri(naheur)..klo soal alat penyaringan bikin pake drum yg gede aja cukup tow ga pake PVC yang gede dikasi ijuk+arang ya sudah lumayan qo…empurung kelapa mengandung banyak silikat dan fosfor. mungkin bahan inilah yang bisa mengikat warna keruh air. tempurung kelapa banyak kegunaannya. walau begitu, kita tidak jeli dalam pemanfataan ulangnya.
    jangan segan untuk mencobanya di rumah. kandungan bahan kimia alami dari tempurung tidak akanmerusak kesehatan.arang batoknya dibungkus kain dulu yah…?
    sebenarnya prinsip arang batok ini tadinya kan untuk absorbent seperti halnya carbon active, yang gunanya menyerap warna dan bau karena karakteristik arang yang high porosity, cuma masyalahnya kenafa musti dibungkus dulu, ada baiknya sih, proses penjernihan terpisah dari proses penggodogan (asal kata “ngagodog”)atau pentaheuran (asal kata “naheur”):P
    kalo penjernihan dengan cara mengendapkan mineral logam terlarut (umumnya besi dan mangan)yang bikin air jadi kuning sih biasanya pake tawas (aluminium sulfat)
    desinfektan tambahan adalah kaporit (CaOCl2) buat membunuh bakteri pathogen spt E.coli
    teknik pengelolaan air bersih yang umum dilakukan diulas

  74. #74
    gravatar

    wah menarik banget infonnya…. saya juga lagi cari arang batok kelapa sebanyak-banyak tuk di ekspor. mungkin teman-teman bisa beri petunjuk atau ini kesempatan bisnis bagi kawan-kawan tuk jual arang batok kepala ke saya. silahkan email ke temposby@yahoo.com, atau ke HP 081330363674. trims ya

  75. #75
    gravatar

    sori salah ketik, maksudnya arang batok KELAPA

  76. #76
    gravatar

    Saya sudah coba pakai areng batok ngikuti theori diatas tapi masih tetap bau walaupun direbus sampai airnya mau habis.Gimana ya supaya air sumur saya bisa netral nggak bau dan masih banyak ngandung Fe nya,mau beli yang di toko2 banyak temen2 yang kecewa.
    Kalau soal air bening dimasukin plastik memang terbukti Lalat banyak yang meng”hindar”,teknologi ini sebetulnya teknologi warteg,karena warteg2 di jakarta dan dimana saja sejak tahun 2004 sudah pakai cara ini

  77. #77
    gravatar

    Saya amat tertarik dengan anda, bisa sy dapet penjelasannya? seperti yang lain juga, air sumur rumah saya amat kuning dan agak berbau, selagi bisa diproses menjadi air bersih yang lebih murah kenapa harus beli.
    Tolong deh kirim ke email saya satiaceh@gmail.com
    Trims ya…

  78. #78
    gravatar

    saya orang ndeso tinggal di daerah transmigrasi bisakan bisa bantu teknologi air asin menjadi air tawar yang sangat sederhana dan kalau ada teknologi yang murah meriah bisa email saya padmo_sudiharto@yahoo.co.id ditunggu lho ya

  79. #79
    gravatar

    Salam semua,
    Untuk masalah teknologi pengolahan air asin (air laut) menjadi air tawar sampai sekarang ini hanya 2 konsep proses yaitu :
    1 Menggunakan sistem Reverse Osmosis (RO).
    Sistem RO itu fital sekali menggunakan membrane, high pressure pump dan chemical, rekan kalau mau mencoba dapat membeli membrane dan high pressure pump tersebut di pasaran, tapi jangan harap apabila tidak menggunakan chemical serta watertreatment yang baik akan menghasilkan kualitas penggunaan alat yang lama.
    2. Sistem distilasi
    Sistem ini sangat komplex sekali dimana memanfaatkan panas yang terbuang guna mengolah air laut menjadi air distilate.
    Sistem ini sangat handal, namun memerlukan mediapanas guna memanaskan air untuk terjadinya proses distilasi.
    Kesempatan ini kalau saya mau kupas habis sistem distilasi dan sistem RO serta prosesnya mungkin nda cukup nih.
    Jadi kalau ada yang berminat atau ada pertanyaan tentang proses pengolahan air laut menjadi air tawar dengan konsep tersebut diatas dapat mengirimkan email ke saya di hendrik@sasakura.co.id atau hendri369@yahoo.com. Salam

  80. #80
    gravatar

    Daripada repot masak air pakai arang batok lebih baik pasang aja mesin RO. Praktis langsung bisa diminum bebas bau, logam berat, kaporit, bakteri dll. Untuk minum dan masak lebih praktis dan huemat tidak perlu repot beli air galon lagi. Untuk mandi, cuci juga ok (kalau mau). Pokoknya lebih sip dari jenis filter non RO. Harga sangat terjangkau lagi. Berminat hubungi saya gusbagong@yahoo.com atau 081328123329

  81. #81
    gravatar

    Halo gusbagong@yahoo.com berapa ya.. harga filter air yang situ tawarkan, kalau terjangkau kayaknya ada minat nich

  82. #82
    gravatar

    Saya mempunysi msalah dengan air,air dr jet pump saya berwarna kuning dan saya menggunakan bak penampung dan dan filter air, namun air tetap kuning dan bau . Apakah arang batok bisa digunakan? dan bagaimana caranya? ditunggu jawabannya.

  83. #83
    gravatar

    RO apa sich? aku nggak ngerti. mahal nggak harganya ?

  84. #84
    gravatar

    mau dong info lebih banyak tentang air. mungkin g klo penjernihan air sumur dengan arang langsung bisa di minum tanpa harus di rebus???
    kan jadi irit..

  85. #85
    gravatar

    sulit sekali untuk mendapatkan kontrak dengan pihak shipping/ forwarder dalam rangka ekspor arang-arangan. jika ada yang punya rekomendasi, boleh tuch kabarin saya ke l_pranajaya@yahoo.co.id. makasih…

  86. #86
    gravatar

    saya agak ragu dgn jenis kontaminasi air saya, mungkin ada yg bisa bantu?

    air jernih, kadang agak bertanah liat, sedimentasinya sih hanya +/- 0,005% dari kapasitas bak mandi… berbau besi… lebih tepatnya karat… kadang seteah tidak dipakai, air yang ditampung dibak mandi akan membentuk semacam lapisan metalik di atasnya…. kemudian ntah kenapa saya agak kesulitan tidur beberapa minggu terakhir ini….

    saya sedang membuat penyaringan air dgn tipe biosand dan ceramic filtration… bisa nga itu membantu mengatasi masalah air di atas???

    terima kasih

  87. #87
    gravatar

    saya punya case serupa. Air sumur bening bgt, tapi kemudian berubah warna jadi kekuning2 an ketika didiamkan beberapa lama. Plus, ada kesan bau besinya. Saya coba buat filter kimiawi menggunakan arang. komposisinya: kerikil, kemudian di atasnya dikasih arang, lalu pasir. Pas realisasinya sih, sy tidak pake ijuk krn ndak tahu yg jual di mana. Harusnya sebelum pasir, dipasang ijuk dulu :D

    Perbandingan takarannya adalah 1:1:1:3. ember setinggi 50 atau 60 cm udah fit lah. 30 cm buat filternya, dan sisanya utk air yg ingin difilter.

    hasilnya? Sip. Air yg keluar dr hasil filtrasi tidak berbau besi, dan bisa dikonsumsi. Sy cobakan pada air teh, tidak bereaksi apa2. Sebelum difiltrasi, air teh langsung jadi biru banget.

    Nah, sy denger ada produk filter air (pake karbon aktif) yg harganya 200rb an saja. ada yg pernah mendengar gak?

    btw, ttg pemurni air pake teknologi RO, saya survey di 2 vendor, ternyata memang dia memfilter semua mineral yg ada di air. So, air memang bener2 pure. Well, saya pikir mineral tetap harus dipertahankan. krn kl tidak, ya air bakalan cuman berakhir di keringat/air seni aja. cmiiw. bisa ndak ya saringannya itu diperlebar? hehe, jadi kandungan mineral2nya masih bisa lewat filter, lainnya tidak :D

    sekian.

  88. #88
    gravatar

    Bos awal,Untuk komposisi tabung filternya adalah 1:1:1:3,maksudnya adalah bila tinggi ember 60 cm dan untuk filter 30 cm,maka 5cm tinggi pertama (dasar) ditaruh kerikil; 5cm tinggi kedua ditaruh arang; 5cm tinggi ketiga ditaruh ijuk dan 15cm tinggi ke empat ditaruh pasir,begitu bukan?!?atau sebaliknya?!?
    Jika bisa tolong dijelaskan lebih detail,karena air di rumah saya kuning keruh seperti banyak mengandung zat besi.
    Pasir yang digunakan adalah pasir putih atau pasir yang ada di toko bangunan?!?

  89. #89
    gravatar

    ada yang jual arang batok gak di jogja? sama sekalian ijuk. aku mo buat filter air tradisional yg agak besar, biar volume air yg bisa disaring bisa lebih banyak. hiks. hiks..contact plis di awaludin.zakaria@gmail.com, atau di awal@gamatechno.com

    utk bos Budi, betul begitu urutannya. kl filternya mo ditinggiin, ya gpp. pertahankan saja komposisi nya. pasir yg dipake pasir yg di toko bangunan saja. tp bagusnya ya sudah diayak/disaring saja, biar kerikil2nya kepisah.

  90. #90
    gravatar

    MOhon Bantuan kepada semuanya.di tempat tinggal saya air sumurnya berminyak,bau dan keruh.bahan-bahan apakah yang dipergunakan agar air saya bisa diminum.terimakasih atas bantuan nya mohon kirim ke email saya ghifar16@gmail.com

  91. #91
    gravatar

    bagaimana caranya kok bisa hanya memakai batok bukannya memakai banyak bahan bukan cuma satu

  92. #92
    gravatar

    g mana prinsip kerja alat itu?????

  93. #93
    gravatar

    Air d rmh sy jernih dan ga bau apa2 tapi mun ditaheur teh di dasar panci aya nu bodas2 tebel pisan, kunaon nya? Wat suld ay du..

  94. #94
    gravatar

    saya ingin berbagi sebuah page yg menerangkan cara membuat sebuah penjernih air, dengan arang sebagai salah satu komponennya. disini ditambahkan resin utk memfiltrasi ion2 logam. Saya tambah penasaran saja, sebenarnya yg mengabsorbsi partikel logam itu karbon aktif atau resin ya..

  95. #95
    gravatar

    pake resin? menarik tuh. Gimana caranya, berapa perbandingan resin ma karbon aktifnya? Trus gimana ya cara mengurangi kadar kapur dalam air? di tempat saya ternyata airnya tu berkapur. Kalo direbus, meninggalkan kerak di teko.. katanya kalo kapur di air yang kita minum tu bikin batu ginjal…apa iya ya?

  96. #96
    gravatar

    biji kelor tuh kenapa susah mencarinya di pasaran??

  97. #97
    gravatar

    apa segitu susahnya mencari air bersih di bumi indonesia yang serba dikelilingi air ini??? saya pernah denger gantinya ijuk sama sabut kelapa… yang dikeringkan… prinsipnya sama aja kan???

  98. #98
    gravatar

    hi ….
    nothing new, but masalah kita sama juga, saya butuh bantuan dari temen-temen, saya juga punya masalah dengan air tanah pakai jet pump, disimpan di watervoar (tangki air) lalu disalurkan melalui pipa. secara kasat mata sih air nya bersih ,tetapi setelah diendapkan +- 6 jam airnya langsung keruh.air juga… saya baru pindah di daerah jakarta timur…

  99. #99
    gravatar

    apakah arang batok kelapa bisa juga untuk menjernihkan air yang ditampung di tong ataupun bak penampungan air?

  100. #100
    gravatar

    Kalo batu kerikil, pasir, ama sabut kelapa bisa menjernihkan air apa nggak?
    kalo bisa alasanya apa?

  101. #101
    gravatar

    bhuhhh, banyak ya yang comment

  102. #102
    gravatar

    topiknya seruuu nihhhhhhhhh
    sekarang kan lg musim kmarau
    jd PDAM kadang2 kering. pengen praktek ni. tp kenapa harus arang batok klapa??
    kanapa kok bisajernih?? thanks
    jawabannya krm ke mail saya yaaa. wassalam

  103. #103
    gravatar

    tolong bantuin aku dong!aku tinggal di lamongan jatim,
    aku bingung mau buat sumur bor,soalnya rata rata asin walaupun kadang ada yang payau!kalo dilihat struktur tanahnya kayaknya berasal dari tanah lumpur warna agak putih kekuningan. bagi yang ngasih tahu cara mendapatkan air tawar saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnyadengan mengirim email : sutrisno1981@yahoo.co.id

  104. #104
    gravatar

    To All,
    Arang batok kelapa bisa dibuat sendiri dengan cara membakar batok kelapa tadi (bukan sabut kelapa lho..) hingga hangus kurang lebih 2 s/d 4 jam. Membakarnya bisa dipancing dengan memberi minyak tanah SEDIKIT saja agar bisa terbakar.

    Untuk Comment nomor 90, air berminyak sangat sulit untuk difilter. Sebenarnya bisa aja dengan membuat oil trapper. Bahkan oli bekas bengkel yang hitam pekat bisa difilter hingga jernih. Hitung hitung ramah lingkungan sebelum dibuang ke parit. he..he..he..Oil trapper bisa dibuat sendiri.

  105. #105
    gravatar

    Makasih ni infonya :-)

  106. #106
    gravatar

    Rame juga mengikuti semua tulisan ttg filter air. Air dirumah aslinya keluar dari mesin jetpump jernih tapi bau besi, namun satu jam sudah keruh. Saya udh gunakan filter tabung pralon(beli), dalamnya isi: batu warna putih(mengandung silicat?), arang tempurung kelapa, ijuk dan pasir. Hasilnya sudah beberapa tahun tidak ada keluhan, air tidak bau dan jernihnya lama/ tidak berubah keruh. Kalau debit air yang keluar dari filter kecil/ atau tidak begitu jernih lagi, maka aliran air masuk filter diubah/ dibalik selama 20 menit. Yang semula arah aliran melalui komposisi: Pasir, Ijuk, Arang, Kerikil; maka dibalik: Kerikil, Arang, Ijuk, Pasir. Maka semua endapan seperti lumpur akan keluar. Setelah jernih, maka arah aliran dikembalikan seperti semula. Selamat mencoba/ mengikuti.

  107. #107
    gravatar

    mas gimana cara memurnikan oli bekas kembali apakah dengan arang batok bisa?

  108. #108
    gravatar

    bagaimana memurnikan oli dengan zat yang lain ? bagaimana caranya dan apa yang di gunakan? tolong di bimbing

  109. #109
    gravatar

    Penjernihan air sederhana:
    Langkah 1: Pengendapan
    Idealnya air dari pompa/sumur diendapkan dulu di drum/torren selama sejam, tujuannya untuk mengendapkan logam mangan dan besi. Logam ini dalam tanah larut dalam air, tetapi begitu bersentuhan dengan udara akan bereaksi membentuk zat garam, yang warnanya kuning kecoklatan. Di dasar torren (kira2 10 centi dari dasar drum) di buat lubang untuk memasukkan pralon 1 inchi untuk mengalirkan air yang akan kita saring. Di dalam torrent, pralon tsb jangan di buka ujungnya (ditutup pake penutup pralon, cari di toko besi). Tapi dilubangi dengan bor/solder dengan lubang kecil-kecil yang banyak, terus ditutup pake ijuk agar endapan tidak banyak yang terbawa keluar. Ini idealnya. Kalau tidak ada ruang untuk drum pengendapan, ya apa boleh buat.

    Langkah 2: Next

  110. #110
    gravatar

    Penjernihan air sederhana:
    Langkah 2: Penyaringan Paska Pengendapan
    Siapkan pralon 8 inci sepanjang 1 m, kalau gak ada 6 inci. (Bisa 4 inci tapi agak terlalu kecil, takutnya debit air tidak tertampung). Lalu bagian bawahnya ditutup dengan penutup pralon, syukur kalo penutupnya bisa knockdown supaya bisa dibuka lagi nantinya. Di bagian bawah juga dilubangi dan dimasukkan pralon 1 inci untuk keluarnya air. Berikut lapisan-lapisan penyaring, mulai dari bawah ke atas:

    (1) Kerikil/kerakal, 20 cm, berfungsi sebagai penyangga lapisan atasnya.
    (2) Sabut/ijuk 10 cm,
    (3) Pasir aktif (cari di toko) 10 cm
    (4) Karbon aktif (arang aktif, cari di toko) 10 cm,
    (5) Ijuk 10 cm,
    (6) pasir beton (direndam dulu semalam, sambil diaduk-aduk biar tanahnya terbuang) 20cm (bisa juga batu-bata yang dihancurkan, tapi direndam dulu)
    (7) ijuk 20 cm

    Tutup pralon 8 inci bagian atas, dan lubangi untuk memasukkan pralon 1 inci sebagai tempat masuknya air.

    Tiga bulan sekali, pasir aktif dan karbon aktif sebaiknya diganti. Komponen lainnya cukup di cuci saja. Semoga membantu

  111. #111
    gravatar

    Nambahin dikit:
    Arang batok sebenarnya salah satu bentuk dari karbon aktif (arang aktif), yakni arang/karbon yang telah dipanaskan secara ekstrim sehingga memiliki luas permukaan yang sangat besar. Satu gram arang aktif memiliki luas permukaan 500 m2. Karena sifatnya yang demikian maka arang aktif memiliki daya menyerap/porousity yang tinggi, atau sederhananya dapat mengikat kotoran lebih efektif.

    Untuk penjernihan air, semakin panjang proses penyaringan, tentunya hasilnya semakin baik. Tetapi untuk menghasilkan air minum yang bisa langsung diminum, sebaiknya menggunakan filter khusus skala mikro (biasanya disebut membran mikro) untuk menyaring bakteri yang sangat kecil. Tetapi harganya lumayan mahal.

  112. #112
    gravatar

    Saya memiliki water purifier produk elektrolux, namanya ‘Continuous Flow’ kurang lebih sudah 2 tahunan,belum pernah mengalami masalah yang berarti. Prinsipnya dengan penyaringan trus ditambah uv. Selama itu pula keluarga saya gak pernah masak air minum, kecuali kalo mo bikin kopi atau teh panas. Bukan promosi lho, tapi bentuknya yang mungil dan hasilnya bisa langsung diminum, mungkin cocok bagi anda yang tempatnya kecil, listrik kecil, (cuman 25w).
    Harganya waktu itu 2,7 jt, Tapi bagi saya kalo saya tiap hari terpaksa minum air yang gak jelas kualitasnya, (sama aja nabung penyakit) harga segitu rasanya impas deh.

  113. #113
    gravatar

    Air tanah /bor/sumur sangat berbeda karakteristiknya. Banyak kasus meskipun sudah disaring menggunakan pasir,batu koral,ijuk dan arang aktif namun air tetap kuning bahkan merah. Hal ini diakibatkan zat besi dan warna yang diambang batas toleransi. Solusinya sewaktu ditampung dalam tandon / torren harus diberi kapur/tawas/kaporit dan diendapkan selama 6 jam sebelum masuk penyaringan air. Untuk takaran tawas/kapur/kaporit dapat dilihat di : http://www.airminumisiulang.com/page.php?penyaring-air-dan-penjernih-air

    ****Semoga bermanfaat*****

  114. #114
    gravatar

    kalu kalian punya masalah air silahkan hubungi sy aja ya. jadi kalian dapat air bersih ak dapat cuan gtu donk kan seimbang hehe…….

  115. #115
    gravatar

    kumaha kaLo air jeT PumP anu kaRoneng……
    apa dimasukin ka jet pump na ato gimana boss ???

  116. #116
    gravatar

    pengalaman gue nih, kalo cuman mau air bersih dari sumur buat mandi dan cuci beli filter air aja dua buah yang diameter 30cm yang satu diisi zeolit 2karung yang satu diisi karbon aktif (arang) hasilnya manjur tuh, tapi harus sering dikuras (backwash) saya udah gunakan kira kira 1 tahun.
    sumber air yang ada adalah air sumur kekuning kuningan kalo uda dibiarkan di udara dan ada bau besi. biaya yang dikeluarkan kira kira 2.5jt cari aja di lindeteves atau pasar kenari yang baru lumayan daripada pake air pam sebulan bayar Rp800 000. TAPI tolong diskusi ama tukang tokonya biasanya dia tau banyak karena mereka juga trial error dari pelanggan.

  117. #117
    gravatar

    aku punya air sumur dari sumur bor.tapi airnya kuning,aku udah coba buat saringan dari pasir,kerikil,batu bata.ada yang bisa bantu gak?bahan-bahan apa saja tuk membuat saringan dari air smur bor itu menjadi bersih.
    thanks

  118. #118
    gravatar

    memang nya yang dibutuhkan untuk penyaringan air jernih aja ya???????????????????????
    kenapa harus arang batok yang digunakan untuk penyaringan air jernih??????????????????
    menurut w sich bukan hanya itu aja!!!!!!!!!!!
    tolong dunkz keluarin alat penyaring yang lain nya juga!!!!!!!!!!!!!!
    biar kalau w nyari tugas gx susah

  119. #119
    gravatar

    AKU PUNYA AIR, DARI SUMUR WANITA,AIRNYA TU WARNANYA KERUH,KE PUTIH-PUTIHAN GIMANAYA????????????
    DAN KALAU MAU NGELUARINNYA HARUS DIPERAS DULU,GIMANAYA?? BIARIN AIR NYA BISA JERNIH gimanaya???????????? dan pakai arang apa?????????????dan solusi biarin wanita tidak kesakitan bila diperas???????

  120. #120
    gravatar

    Sebenarnya sistem filtrasi butan itu mudah aja kok ..napa harus bingung,asal mau coba entar juga bisa.Lok msh takut gagal y bikin miniaturnya aja.1.siapkan 4 buahember cor.kemudian dilubangi kecil2.lalu emberke-1 dikasih remukan batu bata,ke-2 di kasih pasir,ke 3.dikasih kural.ke.4 dikasih arang.lalu tampunng air trahir.tapi jangan lupa ember disusun kayak gedung bertingkat y…met mencoba..lok dh dicoba langsung ke lab,aja.di cari kadar Do,jg O2 jg dll..

  121. #121
    gravatar

    teman teman g mo nanya apa bener air sumur bau seperti air selokan?geuleuh atuhnya?thx

  122. #122
    gravatar

    wah,aq mau masukanni ma teman**…klo air yang diendapkan dalam tanki setelah proses penginjeksian kimia,mengalami flok-flok naik keatas,penyebabnya apa?

  123. #123
    gravatar

    Bisa ga bantu aq?kira** arang batok klapa ni,bisa ga digunakan untuk proses pengolahan air dipabrik,hitung** untuk pengiritan biaya..balas ke sini,madieahmad@yahoo.com

  124. #124
    gravatar

    bisa hubungi saya tidak?
    daai tv butuh liputan mengenai hal itu.
    hubungi saya di 081510683537.thx

  125. #125
    gravatar

    bagaimana cara menghilangkan kadar kapur air…adakah cara-cara praktis…thnks

  126. #126
    gravatar

    Air bor saya kalau direbus mengandung kapur gimana cara filternya

  127. #127
    gravatar

    saya sedang merintis usaha jasa binatu yg sudah pasti banyak menggunakan air dlm jumlah yg sangat besar,mengingat ketersedian air bersih yg sudah mulai berkurang dan kebutuhan yg sangat besar dptkah air limbah binatunya difiltrasi agar dpt di re-use kembali dan bagaimana caranya???
    mohon penjelasannya dan mungkin akan berguna jg buat usaha2 lain yg banyak menggunakan air agar dpt menghemat air bersih, thanx alot….

  128. #128
    gravatar

    saya sdg merintis usaha arang aktif tempurung kelapa. kapasitas 15 ton perbulan. ada yg berminat menampung? atau informasi untuk ekpor. thks (0811798318)

  129. #129
    gravatar

    Kang, gambarkeun atuh lapisan-lapisan filterna. Moal nyeri lambut mun aer areng di munum? Moal jadi hideung ususna kitu?

  130. #130
    gravatar

    please help meee..
    cara biar iar sumur tidak bau,kuning,rasanaya asem.
    tapi gak perlu buka sumur,tindakan yg dilakukan di bak mandi aja?
    please kasi solusi ke email redrunway@yahoo.com

  131. #131
    gravatar

    untuk sodara Bayu,
    bisa saja anda buat filter sendiri dengan biaya yang relatif murah kok ga sampe 100 rb hanya saja rajin rajin untuk mengurasnya (3 bulan sekali atau tergantung volume keluarnya air) dan bahannya mudah di dapat di toko kimia atau toko yang jual keperluan kolam renang,
    1. ember ukuran sedang atau bekas kaleng cat ukuran 25 kg (bolongkan 2-3cm bagian bawah)
    2. ijuk (bersihkan)
    3. pasir biasa (bersihkan) ketebalan +/- 7cm
    4. pasir pantai (kalo ga salah namanya pasir aktive) juga bersihkan, ketebalan +/- 4-6cm
    5. karbon aktive (bersihkan)ketebalan +/- 7cm
    6. batu koral (bersihkan)
    ukuran ketebalan diatas semakin tebal semakin bagus (biaya jadi lebih besar)
    setelah semuanya di bersihkan tidak kotor lagi, lalu di susun ke dalam wadah (ember/kaleng cat) dan di susun satu per satu, sebagai pemisah gunakan ijuk (agar di saat membersihkan bagian di atas tidak tercampur dan dapat di pergunakan lagi)
    dengan susunan
    - batu koral, ijuk, pasir,ijuk, pasir aktiv,ijuk, carbon aktiv,ijuk, pasir aktiv, ijuk, pasir, ijuk, batu koral/ijuk. tunggu beberapa kali penyaringan untuk mengeluarkan kotoran dari hasil cucian tadi.

    filter diatas sudah dipakai keluarga kami sejak pindah rumah (+/- 10th)bisa minum/masak dan cuci karena airnya ber bau besi dan sedikit lumpur namun hasilnya cukup memuaskan.

    selamat mencoba.

  132. #132
    gravatar

    temen gw nyari ;mesin penurun kadar kapur dalam air….ada gak ya ??? thanks. thumtum@yahoo.com

  133. #133
    gravatar

    aduh… puzing…1000x air di kampung aye ngga bisa jernih, warnanya kekuningan n bau besi. ah di cobain pake arang aktif hasil cuma 1 minggu bersih n seterusnya keruh lagi.
    plaezeeeee…..
    da yg punya solusi ngga ya…?

  134. #134
    gravatar

    mau nanya dong pada akang2 semua…
    gmana ya menghilangkan warna kuning di air yang udah difilter? kalo bisa sih ga pake tawas.

  135. #135
    gravatar

    klo buat kolam renang gmn yah, ada solusi?

  136. #136
    gravatar

    kalau kami di pontianak sangat sulit air bersih

  137. #137
    gravatar

    maaf um, barang kali um butuh arang batok kelapa, saya mau jual, klasifikasinya:
    karbon aktif :ukuran 8 x 16 daya serap 400 – 600 harga :7000/Kg
    karbon grandul:ukuran 8 x 16 daya serap 400 – harga :4500/Kg
    diantar sa,pai tempat, trima kasih

  138. #138
    gravatar

    agus.. agus! dasar tukang maenan telpon. Ya mbok kalo promosi itu nyantumin alamat ato no. telpon, lha kalo kayak gitu, inyong ngubungin ente dimana gus?

  139. #139
    gravatar

    Makasih untu info na…….

    dr semua cara penjernihan air cr yang ini lebih simpel. Lian mau pake cara ini buat praktek kimia yach!!!

  140. #140
    gravatar

    Boleh tuh Mas Agus karbon aktifnya…..iya tp gmn hubunginya ya….?.?.!

  141. #141
    gravatar

    jay mw tanya apa arang aktif dr batok kelapa tuh bisa efektif untuk menyarap etilen tanpa ditambah apa pun?? satu lagi kalo c arang di taro di dalam wadah berisi buah busa juga mengontrol suhu supaya tidak naik dg menyerap uap hasil respirasi buah??terima kasih…

  142. #142
    gravatar

    Bahan kimia yg bagus adalah Clorine 90% dan tawas. namun tawas lebih bagus krn ph nya lebih rendah dibanding bahan kimia lain.Kalau ingin lumpurnya mengendap lebih cepat, pakai saja Sodium.Kalau ingin membuat air supaya terlihat jernih, pakai saja Terusi. Semua bahan kimia diatas dpt membuat air yg keruh menjadi jernih dan tidak berbau dan tergantung pintar-pintarnya memberi takaran yang pas. Selamat mencoba
    materi referensi:
    http://www.bali-bungalo.com
    ( pool bali bungalo)

  143. #143
    gravatar

    Bagai mana mas kalo arang batok kelapa,digunakan untuk menjernihkan air di kolam,tapi kolam tersebut sudah diisi dgan ikan gurame,
    apa da pengaruhnya?
    kokk ada ap yang cocok digunaka untuk menjernihkan air tersebut?tapi tidak mengakibatkan bahaya bagi ikan,

  144. #144
    gravatar

    kalo untuk menjernihkan dan menghilangkan air yang bau tanah bisa ga, gmn caranya, terimakasih sebelumnya

  145. #145
    gravatar

    wah bagus juga tuh untuk mendapatkan air jernih dimasak dan dicampur dengan arang batok kelapa bagaimana kalau dicampur dengan arang kayu yach sama tidak soalnya saya pernah dengar dari millis negara tetangga bahwa arang kayu dapat menurunkan kolestrol jika dimask dengan air dan diminum hangat hangat terima kasih

  146. #146
    gravatar

    sy pake sumur bor. Airnya jernih tp bau setelah ditampung airnya mulai keruh. koq bisa gitu yah ada yang bisa kasih solusinya

  147. #147
    gravatar

    buat teman smua yg lagi punya masalah tentang pengolahan air..baik untuk air minum,to pun untuk aku arium to yg lain y…saya ingin ber bagi ilmu j…berdasarkan penetian saya….bahwa untuk mengatasi masalah air yg keruh,,ato zat asam yg tinggi to yg lain y…teman2 bisa pergunakan…batu ziolit,,kapas filter…dan pasir kuarsa….dan untuk mengurangi zat besi y bisa di tambah arang seckup y….tapi untuk lebih bagus…anda boleh tambah dengan koogulan..yaitu berupa tanah gambut dan kapur………..anda aduk dalam bak to durm plasti…baru anda saring malalui pipa paralon….pasti hasil kan baik….ni ber dasarkan penelitian kami di politeknik negri sriwijaya………..

  148. #148
    gravatar

    kalau aku mengambil air dari sumur bor pakai sanyo/dup terus kan airnya jernih tapi setelah dua jam berubah keruh dan kuning agak hitam.lalu aku ambil percobaan dari kran air langsung ke penyaring yang untuk akuarium itu lho. tapi prosesnya agak lama,tapi hasilnya jernih juga kok.boleh coba.

  149. #149
    gravatar

    air di rmhq kebetulan dr sumur bor.airnya tuh awalnya jernih tp bau besi karat.setelah didiamin 2jam dia jd keruh kaya air sawah.minta saranya donk

  150. #150
    gravatar

    kalau untuk nyaring air itu kiranya gampang, masukkan pasir kedalam setengah drum ijuk, arang kelapa satu karung gula .oke jernih tenan,walaupun air itu keruh ,coklat berminyak dan sebagainya. silakan coba !

  151. #151
    gravatar

    untuk semuanya barangkali bermanfaat,,,,
    Saringan air dapat dibuat dengan menggunakan ember besar bekas cat sebanyak 4-5 buah denga urutan paling atas diisi dengan saringan busa dan bagian bawah dari ember dibolongi kemudian ember kedua diisi dengan pasir silika, ember ketiga diisi dengan batu zeolit aktif dan terakhir diisi dengan arang aktif.
    slamat mencoba…!!!

  152. #152
    gravatar

    Saat ini, air bersih memang semakin sulit di dapatkan. Teknik ini pantas dicoba

  153. #153
    gravatar

    Boleh tanya gak arangnya di halusin apa msh brupa batok klapa tu…?

  154. #154
    gravatar

    arangnya di halusin apa msh brupa batok klapa tu…?

  155. #155
    gravatar

    kalau mau menjernihkan air kolam ikan agar tidak cepat keruh arang batoknya diapakan

  156. #156
    gravatar

    Baru tau arang batok untuk ngerebus air, pengen coba juga ni

  157. #157
    gravatar

    Gimana cara bikin areng batok kelapanya? heuuuu… :D

  158. #158
    gravatar

    toko sepatu, jual sepatu,sepatu kulit…

    [...]LG Siapkan Mesin Cuci Sepatu | Berita Top Indonesia[...]…

  159. #159
    gravatar

    waahh..
    harus dipraktekkan ni..
    Q ma tmen* kul jgag mw mmbwt iutu bwt bahan praktek,,
    smoga bsa berhasil sperti tmen* yg diatas,,
    itu yg dipakai pasir biasa yg warna hitam atau pasir putih sich?,,yg aku bingungin itu..

  160. #160
    gravatar

    kalo membersihkan oli bekas gimana caranya??

  161. #161
    gravatar

    Wah bagus nee gw minta solusi me temen,,, sumur pompa gw bila di biarin 6 jam aje di permuakaan nye ada kayak minyak and bau besi lagi,, tolong donk solusi nye.

  162. #162
    gravatar

    t4ku kan budidaya cacing sutra,awal2nya abis benih di tebar air masih jernih ampek cacing umur 3 hari,tapi setelah itu cacing berkembang biak banyak kok airnya tambah keruh ya,apa ya solusinya

  163. #163
    gravatar

    muhun cai bersih di gantung dina plastik bisa ngusir laleur
    Sabab plastikna cembung jadi gambar laleur ngabadagan sieuneun weh

  164. #164
    gravatar

    ass..
    kepada teman” semua mohon bantuannya..
    saya sedang menyusun karya tulis ilmiah (tingkat akhir), didaerah rumah saya banyak masyarakat yg menggunakan sumur gali yang mengandung mangan melebihi baku mutu,, saya ingin praktekkan dengan menggunakan pasir silika yang bervariasi untuk menjernihkan air dan menurunkan kadar mangan.. adakah dari teman” punya literatul ketebalan pasir silika yang 20cm,40cm,60cm,80cm?? tolong bantuannya ya teman”.

  165. #165
    gravatar

    Hey awesome blog site! Gentleman. Outstanding. Awesome. I will book mark your web site along with make nourishes also? We are pleased to get numerous helpful tips listed here in the post, we need exercise further approaches within this regard, thank you for expressing.

  166. #166
    gravatar

    Let me right away use your feed as I are not able to to get ones e-mail subscription weblink or maybe e-newsletter assistance. Do you have any? Kindly allow me to recognise in order that I can subscribe. Thanks a lot.

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.