Isra Miraj

Selasa, 30 Agustus 2005M
25 Rajab 1426H

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Isra 17:1)

Dan sesungguhnya dia (Muhammad) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di Sidratul Muntaha. Di dekat (Sidratul Muntaha) ada surga tempat tinggal. (Dia melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar. (Q.S. An-Najm 53:13–18).

Muslim mengenal Isra Miraj (الإسراء والمعراج) sebagai peristiwa Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam dari Mekkah ke Masjidil Aqsha dan naik ke langit (Sidrathul Muntaha) dan kembali ke Mekkah pada saat fajar bersama Malaikat Jibril. Dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW menerima wahyu tentang ibadah Shalat. Kisah yang tertera dalam Quran ini menjadi fenomena sekaligus perdebatan, baik di kalangan muslim sendiri maupun di kalangan ilmuwan.

Komplek Temple Mount, Jerusalem Dome of the Rock, Temple Mount Masjid Al-Aqsha, Temple Mount

Kontroversi yang utama adalah tentang eksistensi Masjidil Aqsha. Awal Isra adalah dari Masjidil Haram atau Kabah di Mekkah. Apa yang ditulis dalam Quran adalah Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Masjidil Aqsha memiliki arti ‘masjid terjauh’. Masjidil Aqsha yang kita kenal adalah berada di kompleks Al-Haram ash-Sharif —Temple Mount menurut Yahudi dan Nasrani– di Jerusalem. Selain Masjidil Aqsha di kompleks tersebut terdapat Qubbah As-Sakhrah atau Dome of the Rock. Dome of the Rock dibangun pada sekitar tahun 690M oleh kekhalifahan Umayyah, Abdul Malik bin Marwan, dan kemudian diikuti dengan pembangunan Masjidil Aqsha yang selesai pada tahun 710M.

Yang diperdebatkan adalah benarkah di kompleks tersebut kekhalifahan Umayyah membangun Masjidil Aqsha sebagaimana yang tertera dalam Quran sebagai tempat Nabi Muhammad SAW menuju dalam perjalanan malamnya di tahun 621M? Benarkah Masjidil Aqsha dalam Quran adalah Masjidil Aqsha di Jerusalem tersebut?

Pendapat ilmuwan dan ahli sejarah yang sering terdengar ada dua, bahwa Masjidil Aqsha yang dibangun adalah pengejawantahan ayat Quran supaya menjadi nyata karena di tahun 621M di kompleks tersebut tidak ada bangunan masjid bernama Aqsha, dan pendapat yang kedua adalah bahwa Masjidil Aqsha yang tertera dalam Quran adalah Masjid Nabawi di Madinah yang dibangun oleh Rasulullah SAW ketika hijrah, hal ini pun masih dipertanyakan sebab Isra terjadi setahun sebelum Hijrah ke Madinah terjadi.

Wilayah Jerusalem termasuk ke dalam wilayah yang disebut West Bank atau Tepi Barat (sebutan dari PBB), sebuah wilayah yang secara de jure tidak dimiliki oleh negara manapun, wilayah lainnya adalah Jalur Gaza. Jalur Gaza dan Tepi Barat dihuni oleh orang-orang Palestina sebanyak 80 persen dan sisanya orang-orang Israel. Kaum dan negara yang berkepentingan terhadap tanah suci ini bersikukuh pada kepercayaannya, Israel ingin Palestina minggat dari tanah tersebut, juga sebaliknya Palestina ingin Israel keluar dari tanah suci tersebut.

Entah sampai kapan konflik Arab-Israel ini akan berakhir, mungkin memang tanah suci tersebut ditakdirkan menjadi arena peperangan, dan peperangan bukanlah sebuah berkah, sedangkan Masjidil Aqsha dalam Quran nyata jelas disebut dengan “Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya” yang mungkin pula bisa disimpulkan itu bukanlah tanah suci, mungkin hanya bukti sejarah keemasan arsitektur Islam yang menjadi alasan untuk dilestarikan. Wallahualam.

Selain kontroversi juga terselip propaganda yang menyesatkan seperti Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dengan mengendarai buraq, binatang berekor, bersayap, berkepala wanita. Buraq ini sering digambarkan dalam karya seni, namun hal tersebut adalah propaganda terhadap kiasan bahwa Muhammad adalah seorang ‘penunggang’ wanita. Dari rujukan Hadits Bukhari, “Suatu hari malaikat Jibril datang dan membawa Nabi, lalu dibedahnya dada Nabi dan dibersihkannya hatinya, diisinya dengan iman dan hikmah. Kemudian didatangkan buraq, ‘binatang’ berwarna putih yang langkahnya sejauh pandangan mata. Dengan buraq itu Nabi melakukan isra’ dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha” tidak disebutkan bahwa buraq itu berkepala wanita.

Tentang Isra Miraj ada satu artikel yang ditulis oleh Imam A. M. Khattab di Islamic Center of Greater Toledo, Ohio, yang menyimpulkan untuk meyakini Isra dan Miraj terjadi karena nyata tertulis dalam Quran, sedangkan seperti apa prosesnya jelas sangat jauh dari alam pikiran manusia. Para ulama Muslim umumnya meyakini salah satu dari tiga pendapat berikut:

“There are three opinions. Some say he had seen it in his dream and the dream of the Prophet is true. Another group of ulama said no the journey had taken place but by his soul only not by his body. A third group of ulama said no he traveled body and soul. Who is correct I don’t know? I could choose any one of those opinions and every one of you is free to choose any one of those. That’s Islam. These are the Ayat Mutashabihaat, which are subject of ijtehad. But if you go and say these words in Masjid Saad [located on Monroe Street, Toledo, Ohio] they will declare you a kafir. But if you read all of the explanations (tafseers) of the Qur’an you will find these three opinions in them. So the important thing is that as Muslims we believe that the event of Isrā and Mirāj occurred”.

Komentar

87 komentar untuk catatan 'Isra Miraj'

  1. #1
    gravatar

    Nih gua kasih komentar…Pada jamannya Kanjeng nabi Besar Muhammad SAW pasti diberikan keistimewaan apalagi saat Nabi menerima atau sedang menjalani proses kenabiannya, apalagi jika ALLAH sudah berkehendak tidak ada yang susah semua kecil karena Muhammad memang sudah ditunjuk oleh ALLAH sebagai UtusanNya, amien…Lah wong Mahluk pertama yang di cipta ALLAH itu Nur Muhammad Kok ujudnya belum ada Nurnya sudah ada duluan, its OK jika sampian kepingin mengalami perjalanan secepat cahaya, gampang Silahkan mencari orang yang punya kantong macan sampian bisa mbonceng mau niat kemana aja sampe karena benda tersebut bisa menembus ruang dimensi baik silam maupun yang akan datang itu jaman sekarang, pasti gak percaya, lah wong jaman Nabi aja pada gak percaya, lalu kapan sampian pada punya agama sedangkan agama itu harus selalu dengan keyakinan dan kepercayaan, sampai saat inipun masih banyak hal yang gaib, maka belajarlah pada orang yang, paham bijaksana dan mengerti serta amanah, jangan kepada
    orang pinter karena banyak orang pinter pada minterin hehehehe…..kembalikanlah semua kepada ALLAH karena semua terjadi tidak luput atas KehendakNya amien ya Robal Alamin

  2. #2
    gravatar

    Untuk teman2 yang komentar di blog ini, hati dengan orang JIL (Jaringan Iblis Laknatullah di situs ini, saya tidak sudi menyebutnya dengan “Jaringan Islam Liberal”) yang juga merupakan antek Zionis dibayar.

    Tak pantas berdebat dengan orang-orang seperti ini di dunia maya, ajak saja mereka diskusi di dunia nyata, pasti mereka gak akan ladeni..alias sudah takut duluan. Tak usahlah meladeni mereka bikin capek saja…anggap saja batu!!

    Tapi qta sebagai umat Islam tak boleh lengah dengan cara2 mereka merusak Islam dari dalam. Teruskanlah berdakwah dengan anak2, teman, saudara, tetangga, pejabat negara, dan jangan lupa doakan orang2 yang merusak agama Islam ini (baca JIL) cepat mendapatkan hidayah dari Alloh SWT. Semoga naungan cahaya Islam ini kelak akan menyinari bumi ini.

    Cukup Alloh SWT, Al Qur’an dan Sunnah saja yang menjadi panduan.

    Camkan!! TAK PERLU BERDEBAT DENGAN ORANG2 JIL!! AJAK MEREKA KE DUNIA NYATA..!

    Tetap ikhlas dan semangat!! Allohu Akbar!!

  3. #3
    gravatar

    semoga kita semua selalu mendapat rahmat dan syafaat dari Allah SWT … amin.
    ^0^

  4. #4
    gravatar

    bagus sekali lengkap

  5. #5
    gravatar

    […] http://yulian.firdaus.or.id/2005/08/30/isra-miraj/comment-page-4/#comment-336435 […]

  6. #6
    gravatar

    Jika ingin membuktikan bahwa Isra’ Mi’raj itu benar2 ada… lakukanlah, kerjakanlah apa2 yang telah dilakukan oleh Muhamad SAW sebelum Dianya mendapatkan Isra’ Mi’raj yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada Muhamad SAW…. Jika anda PIKIR dan sudah MERASA bahwa apa yang dilakukan, dikerjakan oleh Muhamad SAW sudah anda kerjakan semuanya tetapi anda tidak mendapatkan Isra’ Mi’raj atau didatangi oleh Jibril AS, berarti apa yang anda lakukan belumlah sama seperti yang dilakukan oleh Muhamad SAW….
    Al Quran Surat Al Kahfi- 17: Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya

  7. #7
    gravatar

    Perlu diingat bahwa kiblat atau baitulloh itu ada 5. Baitulloh adalah tempat turunnya kitab suci. Lima kiblat itu adalah kabah di Mekah, baitul atiq, batul makmur, baitul maqdis dan baitul aqobah. Kabah atau kiblat atau baituloh diciptakan ALLOH dari nur illah, cahaya araz illah itu turun ke bumi dan diciptakanlah kabah seperti sekarang ini yang di Mekah. Jadi kabah langsung diciptakan dari cahaya atau nur illah, hampir sama dengan mahluk yang bernama malaikat yang diciptakan dari cahaya, sedangkan manusia asalnya diciptakan dari tanah (Kisah nabi ADAM as. manusia pertama). Nur illah itu diibaratkan sisa cukur rambut atau kuku pada manusia, jadi nur illah itu cahaya di atas cahaya; bukan kuku bukan juga rambut, bila kita memandangnya akan silau dan tak kuat melihat nur illah itu dengan mata yang berdosa, durhaka, salah atau beraib, harus suci dan disucikan baru mampu melihat nur illah.

  8. #8
    gravatar

    Yang saya ketahui bahwa ayat-ayat isra mi’raj itu bentuk cerita, yaitu ALLOH menceritakan hamba pilihan dan utusan-Nya; MUHAMMAD untuk isra mi’raj. Jadi sangat susah bagi kita umatnya untuk melakukan isra mi’raj tetapi harus diimani dan diyakini karena firman dan wahyu datangnya dari ALLOH bukan buatan MUHAMMAD. Nanti setelah kiamat dunia baik langit maupun bumi hanya berupa anai-anai atau seperti titik-titik sebesar ramput dan hampa udara, hanya orang yang beriman yangan akan cepat dihidupkan dan diturunkan cahaya surga berupa istana turun ke sekitar jasadnya yang melayang-layang dan ia pun bisa masuk istana itu, maka istana itu pun akan membawa terbang dan kembali ke tepatnya di surga ALLOH azza wazzala.

  9. #9
    gravatar

    Jadi yang saya ketahui bahwa isra MUHAMMAD dengan burog, mi’raj MUHAMMAD melalui cahaya langit yang turun ke bumi, jadi bukan nuklir (cahaya langit) yang bisa menghancurkan bumi dan isinya, sedangkan ISA diselamatkan ALLOH yang saya ketahui dengan nur illah yaitu araz cahaya illah yang turun ke bumi dan diselamatkannya ISA ke langit ke-7. Waktu itu ISA bersembunyi di dalam baitulloh, karena surat al-kafirun belum diturunkan sedangkan ALLOH tetap membuka jejak orang kafir. Dan ALLOH pun telah menyelematkan beliau ke langit ke-7. Maha Besar ALLOH dengan segala kekuasaan-Nya.

  10. #10
    gravatar

    Pengen tahu solusi’y? klwr di jalan Allah 4 bulan trus itiqomah, kalo amalannya okey, do’a insaAllah ma’bul.,,, yang mw hancurin do’ain supaya dapat hidayah dari Allah,…dont worry..klo yg mw hancurin masjid al- Aqsa ngeyel mrk akan hancur duluan. Allah yg mencipta kita semua nich , cuma bilang, “kun” masuk kubur smw mereka,… gitu aja kok report,…mly krang do’a ma Allah, “ya Allah berangkatkan aku keluar di jalan-Mu 4 bulan, amin”..gtu…Klo di ajak klwr,…jngn bilang “aku belum mampu”, jangan!…Emang kita nich smw d’bwt gak mampu, bwt jalani agama,,,Lahaula walaquwatta ilabilla…gto,….gk mampu kan? Soo minta dimampukan ma Allah,…insyaAllah…

  11. #11
    gravatar

    Maaf, saya jg ikut koment dikit walaupun sy jg kurang mendalam sekali tntang ilmu agama islam.
    klu sy pribadi,, klu kita terlalu banyak mengartikan arti dr Alqur’an dgn bahasa indonesia yg sering di tambahkan akan membuat kita bingung sendiri, Dalam bahasa ALQUR’AN sendiri tdk pernah menyebutkan mesjid AlAqsa itu berada di palestina yg sekarang di rebutkan,, bahasa ALQUR’AN cuma nyebutin MINAL MASJIDIL HARAM ILAL MASJIDIL AQSA,,, adakah loksi mesjid di sebutkan,,? jd jgn terlalu banyak di debatkan nnti kita menjadi golongan orng2 kafir. Tdk prnah yakin dengan kebesaran ALLAH SWT. (naudzubillahimindzaalik…) jd tolong menangartikan bahasa dlm Alqur’an hrs pas2, jangan terlalu banyak menambahkan bahsa kita di dalam bahasa Alqur’an, Fahamilah surat Al Isra ayat 1,setiap malam kita manusia sering melakukan Isra Mi’raj (org dewasa) Cari lah Isra Mi’raj di diri kita masing2, Insya ALLAH mudah2an kita mendapat petunjuk dari ALLAH.. amin

  12. #12
    gravatar

    No CoMent symah org awam ikut yg bener ajalah daripd berebut pepesan kosong… Malah tambah lieurrrrr.com

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.