ccTLD .id Diserahkan Kepada Kominfo

Jumat, 26 Agustus 2005 M
21 Rajab 1426H

ID Domain Registrar

ccTLD .id kini diserahkan kepada Kementrian Kominfo setelah melewati konflik yang cukup panjang di antara pendiri-pendiri lama dengan APJII juga ISOC-ID –yang sampai sekarang saya tak tahu lembaga apakah ISOC Indonesia itu?–.

Setelah melewati dua kali kesepakatan, tanggal 15 dan tanggal 22 Agustus 2005 secara resmi hari ini 26 Agustus 2005 pengurus ccTLD menyerahkan top-level domain Indonesia kepada Kominfo terhitung mulai 1 September 2005.

Berikut tiga butir poin pentingnya:

  1. Sejak tanggal tersebut ccTLD-ID *TIDAK LAGI MELAYANI* proses registrasi domain .ID.
  2. Server yang berfungsi sebagai name server .id dan sld.id tetap kami aktifkan sampai Kominfo siap menjalankan zone & dns dari “zone file” yang telah kami siapkan.
  3. ccTLD-ID masih melayani pembayaran atas Domain yang belum diselesaikan untuk Invoice s/d tanggal 31 Agustus 2005.

Saya sebagai praktisi internet mengharapkan domain .id diatur secara baik oleh Kominfo sesuai dengan wewenang dan kewajibannya kepada publik dan komunitas yaitu rakyat, seperti:

  • Mencadangkan nama domain yang krusial, misalnya semua nama kota, nama pulau, nama tempat resmi struktur pemerintahan dicadangkan hanya untuk pemerintahan –jika kesepakatan .go.id tetap ada– supaya nama domain pemerintahan terstruktur, tidak seperti sekarang pemerintahan daerah ada yang memakai .com, .net dan dot-dot lainnya. Dalam internet, domain itu hirarkis, jadi khusus untuk pemerintahan saya berharap seluruh domain pemerintahan –setidaknya sampai tingkat kabupaten/kotamadya– diatur oleh pusat, karena saya yakin pemerintah pusat punya standar dan struktur yang sudah baku tentang nama resmi wilayah-wilayah di Indonesia.
  • Mencadangkan nama domain spesial di tingkat pusat, seperti Istana Merdeka, jika Amerika punya whitehouse.gov kenapa Indonesia nggak punya istana.merdeka.id atau istana-merdeka.id? atau kenapa presiden tak punya presiden.id?
  • Mengatur regulasi subdomain .id yang lebih baik. Struktur ccTLD yang sudah dibuat sudah cukup baik dan mewadahi kepentingan semua, tinggal ditingkatkan.
  • Memberikan mandat secara proporsional kepada publik bisnis untuk menjadi registrar dalam hal pengelolaan domain komersial, organisasi dan komunitas yang tidak terkait langsung dengan struktur pemerintahan negara. Pemerintah cukup membuat regulasi strategis untuk .co.id, .web.id dan .or.id (jika struktur subdomain tersebut memang masih dipakai)
  • Tetap melibatkan komunitas internet Indonesia dalam setiap kebijakan dan regulasi yang akan ditetapkan.

Mungkin masih banyak yang bisa dijabarkan harapan-harapan komunitas internet Indonesia tersebut kepada Kominfo, intinya kami meminta yang lebih baik dan proporsional.

Jantung internet itu ada dua, pertama DNS dan kedua adalah routing exchange, tentunya Kominfo jangan hanya terfokus kepada domain saja, tapi juga mengakselerasi penetrasi akses internet ke seluruh wilayah. Jangan sampai ‘internet murah’ hanya mitos, sebab masih banyak pengguna maupun PJI melihat internet sudah seharusnya murah tapi tak pernah bisa terjadi karena satu kekurangan yang cukup telak, yaitu KEKURANGAN INFRASTRUKTUR.

Jadi, kapan kami bisa menikmati broadband xDSL yang katanya di luar negeri sudah murah, sedangkan di sini di Bandung saja belum ada?

Komentar

23 komentar untuk catatan 'ccTLD .id Diserahkan Kepada Kominfo'

  1. #1
    gravatar

    Kira2 yang murah itu yang harga berapa ya:) terus yang BIX gimana udah siap ya?

  2. #2
    gravatar

    Akhir Dari ccTLD-ID

    Babak baru pengelolaan domain berakhiran ID akan segera dimulai. ccTLD-ID akan mengakhiri pengelolaan domain ID yang telah dipegangnya bertahun-tahun. Mulai tanggal 1 September, pengelolaan akan diambil alih oleh Departemen Kominfo.

    Berikut adalah ema…

  3. #3
    gravatar

    yup.. setuju. kita semua stakeholder, semestinya diikutkan dalam setiap perubahan kebijakan. semoga suara ini didengar.

  4. #4
    gravatar

    Ralat kang, Kominfo itu bukan Kementrian tapi Departemen.

  5. #5
    gravatar

    hehe..:D punten kang, ralat lagi, kepanjangan Kominfo yang benar menurut http://www.depkominfo.go.id adalah “Komunikasi dan Informatika”..:)

  6. #6
    gravatar

    kira2 kapan jadi BIX…. dipusatkan di ITB kah…?

    dan kapan makan2 syukuran BIX …:D

  7. #7
    gravatar

    #6: apa hubungannya BIX dengan ITB?

  8. #8
    gravatar

    masih seumur hidup gak nasib per domain nya?

  9. #9
    gravatar

    #8: Nasib perdomainnya tidak seumurhidup tapi seumur aturannya:)

  10. #10
    gravatar

    semoga bisa lebih baik:D

  11. #11
    gravatar

    ya… semoga, itulah harapanku! ;)

  12. #12
    gravatar

    Jay, gw rasa harapan lo itu Khayalan Tingkat Tinggi.. he he he:D

    *sambil denger Khayalan Tingkat Tinggi-nya Peterpan*

  13. #13
    gravatar

    #7 barangkali bisa dipusatkan di ITB…:D

    kalau saya register domain .id bisa gag ya kira2…?

  14. #14
    gravatar

    hwaduhhh dari komunitas koq dikasih ke birokrat regulator? alamat tambah mahal niih harga domain dot id, mesti pake sogok sana sini dan koneksi kiri kanan

  15. #15
    gravatar

    Kapan nih buka nya lagi.. udah ga sabar pengen beli domain .id yang kernen itu loh!

  16. #16
    gravatar

    lha..sekarang kalau mau daftar domain dimana nich?

  17. #17
    gravatar

    Kalo domain yang udah pake .id gimana nasibnya nih, katanya cctld hanya akan melayani pembayaran sampai 31 agustus lalu, trus kalo sampe taon depan kominfo belum siap gimana yah?

  18. #18
    gravatar

    :-?

  19. #19
    gravatar

    kita lihat ajah, …

    kalau ngak bener kita sama-sama kasih masukan terus kasih solusi, … trus kamu pemerintah anarki, …

    kita lebih bisa anarkiiii

  20. #20
    gravatar

    daftar domain .id jadi ribet

  21. #21
    gravatar

    […] ccTLD .id Diserahkan Kepada Kominfo […]

  22. #22
    gravatar

    […] ccTLD .id Diserahkan Kepada Kominfo […]

  23. #23
    gravatar

    Sama seperti blog ini…punyaku juga udh pakai domain indonesia ^_^

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.


%d blogger menyukai ini: