Pancasila

Rabu, 1 Juni 2005M
23 Rabiul Akhir 1426H

Lambang Negara Garuda Pancasila

Tanggal 1 Juni 1945, Soekarno memberikan dasar filosofi negara Indonesia yang belum merdeka. Ia menyebutkan lima dasar utama, yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang berkebudayaan atau Ketuhanan Yang Mahaesa.

Tanggal 22 Juni 1945, dirumuskan kembali menjadi Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mohammad Yamin kemudian menamakan rumusan baru itu sebagai Piagam Djakarta.

Dalam sidangnya sehari setelah proklamasi, 18 Agustus 1945 PPKI memutuskan menghapus tujuh kata dalam Piagam Djakarta, yaitu mengganti rumusan “dengan berdasarkan pada ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya” menjadi “dengan berdasarkan pada Ketuhanan Yang Mahaesa”. Pada sidang itu PPKI sekaligus meresmikan UUD 1945 yang pembukaannya memuat rumusan resmi Pancasila yang telah diperbarui.

GARUDA PANCASILA
Karya: Sudarnoto

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Komentar

114 komentar untuk catatan 'Pancasila'

  1. #1
    gravatar

    aduh…ko jadi gini ya……….

    yang penting kan sekarang manusianya ajah….tapi tanpa landasan yang tersurat ga kan ngerti apa yang kudu dilakuin kan??

    intinya c satu ‘nasionalisme’

    kemana itu sekarang??
    malahan sekarang banyak yang rame2 mepertanyakan itu…
    ketidakpercayaan yang sudah sangat keterlaluan terhadap pemerintahan (bukan berarti pemeritah selalu benar)
    egoisme,individualisme,kedaerahan,semua semaikn jelas tanpa ditutupi dengan alasan demokrasi (demokrasi yang kebablasan)

    semua cuman bisa ngeluh…
    semua cuman bisa nuntut…
    bukankah yang namanya INDONESIA adalah kita semua yang berwarganegara Indonesia???!!

    kita dalam kritis nasioalisme,

    semoga dengan adanya kejadian pencurian lagu,budaya,penghinaan yang sudah teramat sangat keterlaluan kita bangsa Indonesia sadar dan diingatkan untuk bersatu kembali…ya….kita harus bersatu…bertekad…dan berjanji…
    Indonesia tanah airku…
    Indonesia tumpah darahku…
    Indonesia merah darahku…putih tulangku…
    Indonesia kita bela………

    BERSATULAH INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. #2
    gravatar

    aku dapet tugas dari dosenku nyari artikel terbaru tentang idiologi negara kita……………dieng aku gi nyari nieeeeeeee,,,tpi bingung mana yg mw tak masukin,,buanyak gat………..heeeeeeeeeeeem!!!!!!!!!!!

  3. #3
    gravatar

    1.SUKARNO (SUKAR SEKALI)MELANGGAR SILA KE-1 PANCASILA YAITU MENYETUJUI P K I[PKI TIDAK MENGAKUI ADANYA TUHAN]
    2.SOEHARTO (SUKA HARTA) MELANGGAR SILA KE-2 PANCASILA YAITU OPRASI MILITER YANG TERLALU KELEWATAN BAGI RAKYAT
    3.HABIBI (HARI-HARI BINGUNG) MELANGGAR SILA KE-3 PANCASILA YAITU MELEPASKAN PROVINSI TIMUR-TIMUR
    4.GUSDUR (GUSUR KIRI KANAN) MELANGGAR SILA KE-4 PANCASILA YAITU(MALU MENGATAKANNYA)
    5.MEGA WATI (MEMANG GAWAT ) MELANGGAR SILA KE-5 PANCASILA YAITU MENJUAL BUMN KE PIHAK ASING.
    Untung Sila Pancasila Hanya 5,kalau lebih dari 5 mungkin SBY akan melanggar sila ke enam (6) ha……….ha…….ha…….

    S B Y = Semoga Baik-baik Yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….

  4. #4
    gravatar

    ketel uap ketel garing singkong amoh

  5. #5
    gravatar

    ngomongin apa sih??
    percuma ada pancasila kalo gak di amalin..!!
    apa kata dunia????????

  6. #6
    gravatar

    Hidup Pancasila……
    Ayo maju… maju…
    ayo.. maju.. maju
    generasi sekarang nyebutin sila-sila Pancasila aja…bingung
    gimana ngamalinnya…… sedih..sedih deh
    ayo maju generasi penerus bangsa..
    kita dukung Pancasila

  7. #7
    gravatar

    mm, kalo arti ideologi pancasila itu sendiri apa ya?

  8. #8
    gravatar

    mas , tolong cari makna sesungguhnya dari pancasila sila k 1 . soal nya saya sudah nyari nyari tapi yang di temukan cuma historis dari pancasila doank.,.,

    tolong y mas,.,.

  9. #9
    gravatar

    pancasila gak penting
    yang penting sebenarnya piagam jakarta soalnya proklamasi cman pak karno sendiri yang memutuskan sedangkan rekan rekanya yang semula mengerjakan teks proklamasi bersama dan disepakati bersama yang tercantum dalam piagam jakarta mlah dihapus sendiri sama pak karnooo itu ….
    bagiku sebagai orang islm yang hidup diatur oleh islam ya harus sesuai syariat islam walaupun negara kita berasasssskan pancasi@#$$%$#@
    klo anda orang islam disuruh pilih hidup berasarkan pancasila sama syariat islam pilih mana hayoooo…?

  10. #10
    gravatar

    kata Maha Esa pada sila ke-1 adalah jiwa keagamaan,(bukan kata imbuhan) maka orang yang memahami agama dalam hubungannya dengan kehidupan dunia akan menerima Pancasila, (kalau semua umat beragama bersatupadu dalam membangun bangsa ini, bangsa ini sudah menjadi bangsa yang besar dan sejahtera – renungan untuk semua tokoh agama)tapi bila Pancasila dipolitisir, seperti ekonomi yang dipolitisir, berita yang dipolitisir dll.. adakah merupakan tindakan oknum yang menutup/mencoreng Pancasila. Sayangnya tidak semua elit bangsa ini menjadikan Pancasila sebagai sumber dari semua pengaturan pelaksanaan pembangunan, seperti partai lokal bukan pelaksanaan sila ke-3 karena hanya memperjuangkan lokalnya, daerahnya, wilayahnya, desanya,dusunnya, jadi tidak memperjuangkan bangsa ini sebagai satu kesaruan. Sekarang bangsa ini hanyalah rebutan dalam segala bidang untuk kenyang dan rakus masing-masing.

  11. #11
    gravatar

    Mewajibkan setiap rumah WNI memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia

    Kita menyadari bahwa para warga masyarakat tidak pernah ketinggalan rasa seninya terhadap nilai-nilai kebenaran dalam hal tata ruang rumah. Dalam hal ini, seperti : Adanya penataan kaligrafi-kaligrafi suci, foto-foto orang bijaksana, dan sebagainya pada ruang-ruang rumah.

    Sebenarnya, dari semua itu, terdapat sebuah karya yang Maha suci, luhur, dan indah yang terlupakan dalam tata ruang ini. Karya itu adalah foto Garuda Pancasila-beserta-kelima-silanya yang merupakan Dasar Negara, atau Pandangan Hidup Bangsa.

    Menurut Saya, foto Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya itu harus dibuat dengan bingkai, dan kemudian digantungkan pada dinding atau dipajangkan, sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia.

    Diwajibkan
    Sebenarnya, adalah sebuah kewajiban bagi setiap WNI untuk memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai ini di dalam rumah.
    Kita harus menggantungkannya pada dinding atau memajangkannya di dalam rumah, sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia.

     Menurut Saya, Pemerintah Indonesia harus mewajibkan setiap WNI untuk memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai ini di dalam rumah.

    Bila sudah diwajibkan, maka dengan hanya pembayaran beberapa puluh ribu saja, kita sudah dapat memiliki dan menikmati karya yang Maha suci, luhur, dan indah ini di dalam rumah sepanjang masa.

    Demikianlah pendapat yang ingin saya sampaikan.
    Terima kasih.

  12. #12
    gravatar

    Pancasila yang luhur sebagai ideologi dan dasar negara kita sudah dilupakan oleh sebagian besar pejabat dan anggota parlemen. Sebagai gantinya mereka menganut ideologi baru.. PANCAGILA namanya..
    1. Keuangan Yang Maha Kuasa (maksudnya, demi uang mereka rela melakukan apa saja termasuk menistakan Tuhan dengan melanggar perintah-Nya)
    2. Kemanusiaan yang Batil dan Berazab (Sudah tidak memiliki rasa kemanusiaan lagi dengan berbuat batil kepada rakyat sehingga nanti akan ada azab buat mereka)
    3. Percatutan Indonesia (Diberi wewenang tetapi kerjaannya cuma nyatut uang negara termasuk berkompromi dengan pengusaha lokal + pihak asing untuk menguras kekayaan alam negara)
    4. Kemelaratan yang dipimpin oleh Kenikmatan dalam permusyawaratan perwakilan (sudah tahu rakyatnya masih banyak yg miskin melarat, tetapi mereka tidak peduli dengan menuntut gaji yg super besar, fasilitas mobil mewah, minta bangun gedung mewah pake fasilitas pijiet2an, dll)
    5. Ketidakadilan bagi seluruh rakyat Indonesia (pokoknya serba tidak adil deh..)
    Semoga mereka (penganut ideologi Pancagila yg sesat) disadarkan dari perbuatannya..

  13. #13
    gravatar

    mas saya ada tugas dari dosen tentang butir2 pancasila .
    sebenarnya dulunya ada berapa sihh ?
    lalu apakah sekarang masih tetap segitu atau udah brubah .
    ntah misalnya dari 45 menjadi 54 .
    makasih yaa mas atas jwbannya .

  14. #14
    gravatar

    kenapa pancasila dipakai sbg dasar lambang negara?
    kenapa lambangnya burung garuda?

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.