Pancasila

Rabu, 1 Juni 2005M
23 Rabiul Akhir 1426H

Lambang Negara Garuda Pancasila

Tanggal 1 Juni 1945, Soekarno memberikan dasar filosofi negara Indonesia yang belum merdeka. Ia menyebutkan lima dasar utama, yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang berkebudayaan atau Ketuhanan Yang Mahaesa.

Tanggal 22 Juni 1945, dirumuskan kembali menjadi Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mohammad Yamin kemudian menamakan rumusan baru itu sebagai Piagam Djakarta.

Dalam sidangnya sehari setelah proklamasi, 18 Agustus 1945 PPKI memutuskan menghapus tujuh kata dalam Piagam Djakarta, yaitu mengganti rumusan “dengan berdasarkan pada ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya” menjadi “dengan berdasarkan pada Ketuhanan Yang Mahaesa”. Pada sidang itu PPKI sekaligus meresmikan UUD 1945 yang pembukaannya memuat rumusan resmi Pancasila yang telah diperbarui.

GARUDA PANCASILA
Karya: Sudarnoto

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Komentar

114 komentar untuk catatan 'Pancasila'

  1. #1
    gravatar

    “dan Ketuhanan yang berkebudayaan atau Ketuhanan Yang Mahaesa.”

    memang kata kata Mahaesa itu nyambung ya?
    apa memang didats yang gak tau?

  2. #2
    gravatar

    wah kalah ama didats….:)

    Baca topik jadi inget saat masih make seragam coklat pramuka…
    Berbaris dengan gagah huehuehue…:)) sambil nyanyi koor lagu ini

  3. #3
    gravatar

    saya lebih suka ‘maha’ sebagai imbuhan, seperti pada kata maharaja, maharani, mahaputra dll

    nggak inget kalau menurut EYD

  4. #4
    gravatar

    waks, saya jadi coba mengingat2 isi lengkap Pancasila, dan ternyata sila ke-4 saya lupa…

    harus belajar PMP lagi nih…

  5. #5
    gravatar

    Saat SD kelas satu saya mengkritik guru magang yang kebalik mengurutkan lambang Rantai dan Kepala kerbau. dan Beliau keukeuh kalo setelah bintang, ….Kepala Kerbau, Lalu Rantai, lalu pohon beringin dan padikapas……?!//

  6. #6
    gravatar

    coba pasang butir2x pancasila yg ada berapa ya waktu itu jumlahnya? biar bisa di search ama google:p

  7. #7
    gravatar

    Butir2 pancasila ada 36 yah?

  8. #8
    gravatar

    Maha di sini kayaknya lain dengan maharaja deh jay. Karena kalau maharaja, mahasiswa, itu menunjukkan transformasi(nggak tau istilah ini bener atau enggak) kata siswa dan raja itu sendiri. Sementara Esa ya satu, ndak ada esa yang lain. Jadi maha-nya menunjukkan besar. Menurutku harusnya dipisah.:p

  9. #9
    gravatar

    Ternyata bener2x ada hari ulang tahun pancasila:D

    *MAKAN MAKAN*

  10. #10
    gravatar

    Pancasila
    Sesuatu yang di-Agung-kan namun terlupakan, berapa banyak seh dari kita yang mau mengingat Pancasila, kecuali murid SD, SMP, SMU yang setiap hari senin mengikuti Pembina upacara membacakan teks Pancasila, itu pun terkadang diikuti dengan ogah-ogahan.
    thanks mas jay dah mo ngingetin yaaaa…. Gw juga kadang2 lupa isi Pancasila, apalagi butir-butir nya:-)

  11. #11
    gravatar

    ayo nyanyi bareng anak²
    ayo maju maju…..
    ayo maju maju…..
    ayo maju maju…..
    tepuk tangan anak²
    *langsung kabur*

  12. #12
    gravatar

    #1 & #3
    kalo tidak salah ingat, kata maha apabila diikuti sifat “ketuhanan” adalah dipisah, apabila kata yang mengikuti adalah kata turunan (sudah mendapat imbuhan) cara penulisan dengan huruf kapital
    misal: Maha Pengasih, Maha Penyayang

    sedangkan apabila diikuti oleh kata dasar, penulisan tetap huruf kecil
    misal: maha kasih, maha sayang

    khusus kata esa, untuk teks Pancasila sila 1 ditulis Maha Esa, jadi selain teks Pancasila seharusnya maha esa.

    cmiiw

    #7
    pada awalnya Pancasila dijelaskan dengan 36 butir TTL (Tuntunan Tingkah Laku), dengan rincian:
    sila 1: 4 butir
    sila 2: 8 butir
    sila 3: 5 butir
    sila 4: 7 butir
    sila 5: 12 butir
    (mungkin jumlahnya salah, dulu apal tapi sekarang dah pada lupa):D

    tapi kemudian ada perubahan jadi 45 butir TTL, ada aturannya tapi lupa. gara2 diubah jadi 45 ini kayaknya terus pada males mempelajari, terus sekarang jadi diragukan.

  13. #13
    gravatar

    Syukurlah.. ada temennya lupa Pancasila…
    Kirain cuman saya sendirian hahaha..:))

  14. #14
    gravatar

    Kalo kata dosen gw, hal2x yang bersifat kognitif bisa diajarkan di kelas, tapi kalo urusan kecintaan tidak akan bisa. Jadi intinya percuma aja belajar pancasila, pmp dan ppkn dari kelas 3 sd sampe 3 sma.

    *injek2x kurikulum*

  15. #15
    gravatar

    Bikin kurikulum yuk, taruh di wiki biar bisa grown up.

    *Ikut Jefri injek2 kurikulum*

  16. #16
    gravatar

    Hati-hati kalau nulis Pancasila, jangan sampe ketuker dengan Pancasial:D

  17. #17
    gravatar

    kok pancasila sampai sekarang belum bisa mempersatukan bangsa, banyak kerusuhan dan kurang ada usah-usaha pemerintah unutk membersihkan pancasila dari sejarah buruk yang menimpanya akibat dipolitisir untu kepentingan penguasa, atatu sekarang pancasila tidak lebih dari sekedar slogan untuk menyenangkan hati orang orang yang tidak sepakat dengan *****

  18. #18
    gravatar

    #17 IMHO, apapun dasar negaranya, tidak lebih dari sekedar simbol atau emblem sebagai pengikat atau pemersatu tujuan bangsa ini dalam hidup bernegara saja. masalah bisa atau tidak mempersatukan (lebih tepatnya bersatu) dikembalikan pada warga negaranya kembali.

    tapi mungkin saya salah.

  19. #19
    gravatar

    Jika kita renungkan, nilai yang terkandung dalam Pancasila dan 45 butirnya sangatlah luhur.
    Tantangan bagi kita, mampu nggak kita mengamalkannya, karena banyak diantara kita masih terlalu mementingkan diri dan kelompok diatas kepentingan kita semua sebagai bangsa indonesia.

  20. #20
    gravatar

    Ada pendapat yang menyebutkan (Joesoef Isak? Oemar Said?) bahwa penafsiran Pancasila
    “dipelintir” oleh pendiri-pendiri Orde Baru untuk kepentingan mereka untuk mengalahkan lawan politik dan mengendalikan masyarakat, dengan melenyapkan relasi-relasi dan sumber-sumber historisnya, yang pada gilirannya memberikan penafsiran sendiri a la
    Orde Baru (Santiaji Pancasila yang merupakan “sakralisasi Pancasila”, Penataran P4, PMP termasuk juga 37 butir-butir Pancasila menunjukkan paradoks jelas
    adalah campur aduk antara tujuan dan metoda pedagogik pada ranah afektif, kognitif, psikomotorik) yang menyebabkan kegagalan fungsi historis nilai-nilai original Pancasila seperti pertikaian antar etnis dan agama yang muncul akhir-akhir ini.
    Apakah dapat, tanpa memahami sinkretisme (apa Soekarno juga menggunakan pemahaman ini?)
    sumber keesaan Tuhan -dalam sila pertama – dapat menjadi azas negara bersama dengan keadilan sosial yang bersumber dari Manifesto Komunis? Atau juga sumber sila ke dua yang berasal dari International Declaration of Human Rights tanpa bersinggungan dengan nasionalisme Indonesia pada sila ke tiga?

  21. #21
    gravatar

    Saya sering membaca situs yang mengupas tentang sejarah Pancasila. Bagi saya itu tak begitu perlu karena masyarakat kita tak butuh lagi deretan teori moral. Yang dibutuhkan saat ini adalah realitas dan moralitas pejabat kita yang sok suci, ikut acara dzikir lagi. Padahal hati mereka itu busuk, lihat korupsi dimana-mana!

    Sebenarnya Indonesia adalah negeri yang (semestinya) makmur jibar-jibur! Namun sekarang menjadi negeri kere karena pejabat kita bermental asu, makan duit rakyat.

    Biaya pendidikan mahal, karena uangnya jadi bancakan mulai dari Kepala Sekolah, Dinas P dan K dsb. Buku lagi, buku lagi. Rakyat mekain ngenes ….

    Oh para pahlawan, para syuhada yang telah berjuang memerdekakan negeri, anak cucumu menangis … ternyata cita-cita anda semua untuk Indonesia merdeka demi kemakmuran dan keadilan rakyat, kini berbalik arah. Karena negeri ini kini dipegang oleh para bajingan dan tikus-tikus bangsat … rakyat miskin, pahlawanku!

    Indonesia
    tanah air beta

  22. #22
    gravatar

    pancasila itu penting banget, engga kebayang deh gimana indonesia saat ini kalo engga ada pancasila sebagai dasar negara.

  23. #23
    gravatar

    Pancasila memang cuma tulisan doang, tapi sejarahnya bener2 menajubkan, Terima kasih bapak Former bangsa ini yang telah berjuang utk kemerdekaan ini, Semoga Amal2nya terima oleh Tuhan yang maha Mulia

  24. #24
    gravatar

    pancasila?apa sih itu saya kurang ngerti.soba kasih saya pengertian sila ke 4? apa artinya itu?

  25. #25
    gravatar

    menurut saya pancasila belom di pake di indonesia! kenapa yaaaaaaaaaa udah susah2 di bikin kok ngak berfungsi

  26. #26
    gravatar

    [...] Hari Sabtu malam –di hari Kesaktian Pancasila– melalui berita televisi tanpa liputan suara dan video saya dengar Bali dibom lagi, tepatnya di kawasan Kuta dan Jimbaran. Sungguh menyedihkan tiap tahun dalam tiga tahun terakhir ada aksi terorisme, pemboman Bali 2002, pemboman Hotel Marriot 2003, dan pemboman gedung Kedutaan di Jakarta 2004. Teroris terkutuk! [...]

  27. #27
    gravatar

    Ideologi negara Indonesia adalah Pancasila………
    Tapi…..yang menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia hanya beberapa.
    Pancasila dasar negara
    Rakyat adil makmur sentosa…
    Pancasila tidak dijadikan dasar negara
    Rakyat indonesia makin merana……
    “Pancasila adalah teori yang sempurna untuk bangsa indonesia, hanya masyarakatnya saja yang ‘tidak mau’ menjalankannya. Jadi, jangan salahkan Pancasila atas kegagalan pemerintahan Indonesia. Walaupun aku juga salah satu manusia yang tidak mengenal Pancasila dengan baik, tapi aku menjunjung tinggi isi kandungan Pancasila yang penuh dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

  28. #28
    gravatar

    lho bicara kok pada ngawur …nanti saya tangkep lho, saya penegak hukum tahu!
    tapi kalau ada gocapan boleh lah saya “tak ethok2″ (pura2) nggak lihat.. maklum penegak hukum kan juga butuh makan…

  29. #29
    gravatar

    pancasila atau pancaisal yang penting islam

  30. #30
    gravatar

    Pancasila…?
    don’t underestimate pancasila’s spirit!

  31. #31
    gravatar

    gak ada yang nyambung!

  32. #32
    gravatar

    Soal Burung Garuda, saya berasal dari Sintang, disana ada Kerajaan Sintang, di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Keraton kami yang setelah gabung NKRI tak lama diganti dengan nama Museum Dara Juanti.
    Terkait kisah Burung Garuda, Sultan-2 Sintang selalu membawa serta lambang Kerajaan yang juga Burung Garuda terbuat dari kayu Ulin untuk pergi ke wilayah2 kekuasaannya, burung tersebut juga terdapat pada ukiran gantungan seperangkat Gamelan (terbuat dari kayu jati) salah satu hantaran Patih Lohgender dari Majapahit untuk mengawinkan Putri Dara Juanti dari Sintang.
    Kisah lainnya, Sultan Hamid 2 dari Pontianak pernah mengusulkan lambang itu saat penentuan lambang negara. Sultan Hamid 2 sendiri terinspirasi dengan burung Garuda setelah meminjamnya dari Ade Muhammad Djohan (sesama anggota Perlemen RI saat itu)-yang juga saya panggil kakek-berdasarkan silsilah Keraton Sintang.
    Sebagai generasi penerus saya sebenarnya tak ingin melupakan sejarah (JAS MeRah-kata Soekarno), namun ingin rasanya menelusuri jejak Burung Garuda. Dan Burung Garuda -lambang Kerajaan Sintang-itu pernah kami bawa pada festival Keraton Nusantara IV di Jogjakarta, tahun 2004.
    Sekian dari saya, mohon maaf atas segala kesalahan saya sebagai manusia, saya hanya ingin mendapat masukan karena tertarik dengan banyaknya link pada website yang saya temui secara tidak sengaja ini. wassalamu…..

  33. #33
    gravatar

    #32: Info yang menarik. Terima kasih.

  34. #34
    gravatar

    aku suka bangetdengan lambang negara kita Soalnya dia gah berani dengan mengibakan ke dua sayapnya, pokoknya aku bangan banget deh

  35. #35
    gravatar

    eh, emang 36 butir pancasila tu pa ja siHHH? aku malah ga’ tahuu…
    sebnernya itu wajib d hafal ga sih……..

  36. #36
    gravatar

    pokokE apapun yang terjadi, kita mesti bangga SAMA pancasila. Bayangin aja, dari semua tantangan yang diajukan banyak pihak, ideologi kita itu masih tetap eksis sebagai dasar negara. cumaaaaaaaaaaaaaa………., kita aja yang aje gile memberondong pancasila dengan ideologi luar negeri yang gak kita saring dengan bener kepantasannya untuk bersanding dengan pancasila yang memiliki nilai luhur.
    pokoke, KITA HARUS BERSATU MEN! BERSATU MEMBERANTAS KEBUDAYAAN ASING YANG MERUSAK MORAL BANGSA! pokoke, KITA MESTI BERSATU MENJUNGJUNG BANGSA INDONESIA, JANGN CUMA BISA KRITIK KANAN KIRI TANPA PERBAIKAN DIRI DULU, DOOOONG!

  37. #37
    gravatar

    RAWE – RAWE RANTAS
    MALANG-MALANG PUTUNG! OYE!
    AMERIKA “MEMBERANTAS”
    JANGAN CUMA AMBIL UNTUNG!

  38. #38
    gravatar

    Pancasila udah mulai krisis…
    Sila I.. sudah bergeser makna jadi: Keuangan Yang Maha Kuasa

  39. #39
    gravatar

    garuda pancasila akan selalu mengepakkan sayapnya di langit nusantara, selama ada yang memandangnya sebagai lambang pemersatu. Marilah kita cintai negara kita yang sedang sakit ini. Hindarkan garuda dari flu burung, hindarkan bangsa dari hutang, KKN dan intervensi asing berlebihan.

  40. #40
    gravatar

    huaaaaaaaahaaahaaaahaaa……………………..
    lucu juga ya………
    SAUDARA SAUDARA SEKALIAN
    SEBANGSA DAN SETANAH AIR
    MARI KITA BERSATU DALAM DOA

  41. #41
    gravatar

    [...] Hari Sabtu malam –di hari Kesaktian Pancasila– melalui berita televisi tanpa liputan suara dan video saya dengar Bali dibom lagi, tepatnya di kawasan Kuta dan Jimbaran. Sungguh menyedihkan tiap tahun dalam tiga tahun terakhir ada aksi terorisme, pemboman Bali 2002, pemboman Hotel Marriot 2003, dan pemboman gedung Kedutaan di Jakarta 2004. Teroris terkutuk! [...]

  42. #42
    gravatar

    1)…pancasila dasarnya apa?
    rayat makmur adilnya kapan?
    pribadi bangsaku
    ora maju-maju (3x)
    2)ketuhanan Yang Maha Esa koq disimbolkan bintang?.lha nyimbolkan nabi aja diprotes, apa gak takut dihujat?

  43. #43
    gravatar

    Negara kok disimbolkan binatang?
    apa pribadi bangsanya kayak binatang?

  44. #44
    gravatar

    ak teringat waktu ikt pramuka dulu
    tpemank sejarah pancasila itu bgs
    ak nggak sengaja buka ini
    karna ak cari tugas ppkn tentang pancasila

  45. #45
    gravatar

    Tolong bantuin nyelesain tugas pancasila donks!
    B-t abissssssssssssssssss nich
    Malesin Bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettt!

  46. #46
    gravatar

    wat een coole site! WHOEEEH maar waar kan ik ook vinden wat die tekens betekenen op die VOGEL!
    hihi KUSjes -xxx-jes ME

  47. #47
    gravatar

    awalan maha seharusnya disambung, tapi berhubung takut ketuker dengan mahesa (kerbau) maka maha esa dipisah

  48. #48
    gravatar

    Memang sekarang Pancasila bukan lagi Pancasila seperti yang dikumandangkan Bung Karno 1 Juni 61 th yang lalu, terus apa? Sekarang jadi PANCAGILA, kenapa?
    Karena ada beberapa faktor penyebabnya.
    1. Tidak perdulinya generasi bangsa akan arti pentingnya Pancasila, karena mereka sudah merasa puas dan sudah merasa Hidup Enak. (ngapain mikirin Negara ini).
    Dan lebih parahnya lagi mereka ikut-ikutan mencaci, memaki Pancasila tanpa tahu maksud dan apa arti yang dikatakannya.
    Pendeknya mereka hanya ikut menvonis sesuatu yang mereka sendiri tidak tahu apa kesalahannya.
    2. Kesempatan tersebut diatas di manfaatkan oleh beberapa pihak yang berkeinginan mengganti edeologi Negara ini dengan ideologi mereka, seperti Islam, Komunis ataupun lainnya.
    3. Berkembang pesatnya sistem Kapitalis di Negara ini, sehingga berdampak memudarnya suatu tatanan kehidupan negara Indonesia yang Berbudaya, beragama, dan bertata susila.

  49. #49
    gravatar

    Memang ada kesalahan dalam konsep berbangsa kita, terutama bagaimana implementasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. kita sudah kehilangan identitas sebagai bangsa yang memang secara filosofis bangsa kita dibangun atas dasar-dasar yang kemudian oleh para pendiri negara dasar-dasar tersebut dikristalkan dalam suatu ideologi…! maka lahirlah pancasila. pancasila harus kita pertahankan sebagai lambang identitas bangsa……!

  50. #50
    gravatar

    betul bgt!bangsa indonesia ini memang udah banyak yg lupa ama pancasila! harusnya kan ga boleh gitu ma negara sendiri..bangsa kita ini harus berjuang melawan segala sesuatu yang berbau korupsi, dan mau membuat komunitas sendiri kita harus bersatu padu raih cita2 buat para pahlawan gituuu

  51. #51
    gravatar

    Pancasila jangan cuma di mulut aja donk…!
    Pancasila adalah dasar negara yang harus kita tanam dalam hati sanubari kita

  52. #52
    gravatar

    kLou dlu neh aDa laGu plesetan daRi “garuda Pancasila”
    GarUda panCal kuCing….hehe ga mo diterusin De, lha saGat tidak terpuji..jUjur sWakTu SD aKu sering nyanyi itu…oUUUUU akHirnya saetelah aKu kuLiyah..aKu telah banyak mengenal apa pentingnya Pancasila bagi negeri in…

  53. #53
    gravatar

    kok pada sinis sich, kta emg dh jatuh and ttmpa tangga, tp kta msti siap bangkit ang ngejar ktgalan kta, g cm nyalah2in yg laen. Kl kta mulai dr kt sendiri mlah bgus bgt, g cm omdo, triak2 mnt keadilan dll tp kta sndr g mlkk perubahan ke arah yg lbh baek? ke guys, Merdeka!

  54. #54
    gravatar

    seharusnya kita semua pada malu sama om – om pejuang kemerdekaan kita dulu, juga sama tante – tante yang nyedia’in nasi di dapur umum, dulu gak pada egois…ibaratnya tidur walau dingin gak ada yang berebut selimut, tapi apa yang terjadi didepan hidung kita…? kok gak malu ya para pahlawan kesiangan itu pada berebut kue renyah nan enak yang bernama uang panas korupsi…ditambah lagi sikap dan sifat ke-aku-an saja yang melulu didahulukan, kapan negara ini mau mentas dari semua problem kalau kayak gitu, mending aja kemarin bukan reformasi, tapi revolusi…ya gak sih.

  55. #55
    gravatar

    Indonesia dan Pancasila seperti ikan dan air. Negeri kayak gini tanpa ada falsafah kayak Pancasila, udah bubhaaaar dari dulu. Gak gampang memimpin bangsa termajemuk di dunia, yang mau bersatu karena suatu keinginan. 17000 pulau, 300 bahasa, puluhan agama/kepercayaan, 230 juta manusia.

    Pemimpin dunia yang berhasil membangun negerinya pun, belum tentu berhasil bila menjadi part-time presiden di Indonesia.

    SEMOGA RAKYAT INDONESIA TAMBAH BAHAGIA. NEGERINYA TAMBAH LUAAAS..!

  56. #56
    gravatar

    mas jay tolong tulisin biografi /sejarah singkat Prof.Muhammad Yamin donk!
    plis yah!
    ini buat tugas kuliah mas!
    sory kalo banyak nanya….
    nuwun sanget…

  57. #57
    gravatar

    KESULTANAN SINTANG DENGAN LAMBANG “BURUNG GARUDA” RESMI MILIKI SULTAN….

    ALHAMDULILLAH… EKS KERATON YANG SEMPAT DISEBUT SEBAGAI MUSEUM DARA JUANTI KINI SUDAH DIRUBAH LAGI MENJADI ISTANA AL-MUKARROMAH SINTANG…..
    SINTANG YANG MEMANG MEMILIKI DOKUMEN SANGAT BANYAK DI MUSEUM NEGERI DENHAAG, BELANDA, KARENA SELAMA SEKITAR 100 TAHUN MENANTANG PENJAJAHAN BELANDA….SEBETULNYA SEJAK DULU SUDAH PUNYA KELENGKAPAKAN:
    1.ADA UNDANG-UNDANG KERAJAAN
    2.ADA RAKYAT YANG MENGAKUI KEDAULATANNYA, NAMUN TETAP ADA MUSYAWARAH (MALAH MENURUT PETA YANG ADA KABARNYA WILAYAH KERAJAAN SINTANG MELIPUTI 5 KABUPATEN DIWILAYAH TIMUR KALBAR, TERMASUK SERAWAK MALAYSIA)
    3.ADA STRUKTUR PEMERINTAHAN
    4.ADA LAMBANG KERAJAAN “BURUNG GARUDA”
    5.ADA SANKSI TEGAS YANG DIJALANKAN BAGI MEREKA YANG MELANGGAR ATURAN….

    SEMOGA INDONESIA MASIH MEMILIKI ENERGI YANG LUAR BIASA UNTUK MEMAJUKAN NEGERI INI “IN LIVING HARMONY”………….. JAYALAH INDONESIA NEGERIKU……….

  58. #58
    gravatar

    Mendidik ”Generasi Gatotkaca”

    –[dihapus, hanya copy paste dari situs orang lain]–

    Kita butuh anak-anak yang kecerdasan dan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotornya yang berlipat-lipat dari yang dimiliki bangsa Indonesia sekarang. Hanya dua kali lipat kecerdasan yang dimiliki generasi sekarang rasanya tidaklah cukup, minimal 4 atau 8 kali lipat. Jalan satu-satunya meningkatkan kecerdasan secara kognitif, afektif, dan psikomotor secara berlipat-lipat adalah mendidik anak di usia dini. Karena perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor mereka tumbuh 60 persen lebih pada usia dini. Hanya dengan cara menangani anak-anak usia dini seperti itulah, bangsa Indonesia pulih. Tanpa memberikan perhatian yang lebih kepada pendidikan usia dini, sama saja kita menghancurkan negeri ini, meski secara pelan tapi pasti.

    Pandawa lima tidak akan pernah memenangkan Perang Baratayuda tanpa memiliki anak-anak sakti yang mengagumkan. Bangsa Indonesia juga tidak akan pulih dari krisis jika generasi mudanya berkualitas sama dengan pendahulunya.***

    HU Pikiran Rakyat Bandung.
    http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/042006/17/teropong/lainnya01.htm

    Renungkanlah dan pikirkan dalam dalam, wahai seluruh penghuni tanah indonesia ini…

  59. #59
    gravatar

    SEBUAH KALIMAT YANG PERLU DIRENUNGKAN DENGAN BAIK….

    WAKTU ACARA SYUKURAN SULTAN di SINTANG…. hadir KG Pangeran Haryo dari Solo, lalu Raja Bali, Raja Bone, Raja Palembang, dan beberapa Raja lainnya, terutama di Kalimantan Barat yang kalau dikolektif semua di Kalbar ada 21 Raja-baik berupa Kesultanan, Panembahan, dan Kepangeran. Dari sini seharusnya tergambar sebuah KE-BHINEKATUNGGALIKA-AN…. Tinggal bagaimana dari sekian keinginan-keinginan itu untuk mewujudkan sebuah kebutuhan….. INDONESIA JAYA…….. AYO MAJU-MAJU……

    Dari Sabahatku (A A):
    UNTUK mencapai kemajuan, kuncinya maka pikiran kita harus terbuka akan hal yang positif sekalipun dari kelompok lawan. Dari segi suku yang majemuk kita bisa mengembangkan sifat demokratis, hukum2 karena kita sudah memiliki banyak adat istiadat. KEMUDIAN kita juga harus menanamkan sifat siapa yang berperan besar dapat porsi yang terbesar. Tempatkan orang unggul digugus terdepan itulah yang membuat negara maju. Agar Indonesia maju, maka jangan lagi beda-bedakan perlakuan si anu dari suku c atau y, tapi anggap semua INDONESIA…..

    KESIMPULAN DARI SEBUAH KATA-KATA LAMA: “BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH”…….

  60. #60
    gravatar

    Coba dech kita simak pikiran-pikiran Ben Andersen (ahli indonesia). Dia pernah memaparkan definisi tentang bangsa Indonesia yang lebih segar (refresh idea). Menurutnya, tidak ada orang Aceh, tidak ada orang Minahasa atau tidak ada orang Bajo. Yang ada orang Indonesia yang tinggal di Aceh, orang Indonesia yang ada Minahasa dan orang Indonesia yang berasal dari Bajo. Kayaknya definisi ini lebih enak didengar.

  61. #61
    gravatar

    ah payah d gw nyari ttng pancasila malah liat komentar yang ga ga swt

  62. #62
    gravatar

    Ya ampun dwech!!!!!!!!!, Gw nyari nilai-nilai pancasila, keluarnya malah kapan pancasila dibikin!!!! Itoe c dari taon jebotzzzz….. juga gw da tew;p
    IPtoe……8-3

  63. #63
    gravatar

    Garuda Pancasila………..
    itukan hanya sebuah lambang doang….. yang sebagian orang terlalu mengartikannya lebih mendalam….
    Menurut saya.. “Garuda Pancasila” bagus kalo memang2 di laksanakan dan dianggap sebagai kepribadian indonesia…Tapi kalo ggak,, ya,,,,,,,,,,, mau dikata apa lagi.??????????????

  64. #64
    gravatar

    aku mahasiswaari stikom bali di denpasar .saya mau minta bantuan nara sumber untuk mencantumkan nama tokoh pendiri pancasila dan mengapa pada waktu itu mau dijalankan sariat islam?mohon di cantumkan ya karena ini untuk tugas kuliah thanks

  65. #65
    gravatar

    pada waktu hari kesaktian pancasila seluruh mahasiswa stikom bali berkumpul dan mengumandangkan sambil menyanyikan lagu pancasila…wah..begitu gagahnya kami bernyanyi..cintailah indonesia …jangan bikin negara yang udah terpuyruk semakin terpuruk…aku putra bangsa selalu mendukung ..majulah indonesiaku

  66. #66
    gravatar

    Numpang tanya donk
    Isi-isi butir-butir Pancasila bukunya dimana, ya?
    Atau kalau boleh tolong ditulisin
    Penting nih
    Tugas sekolah..

  67. #67
    gravatar

    Ada yg bisa ngasih info gak mengenai: “Pelaksanaan Nilai-nilai Pancasila dgn kaitannya dlm pelayanan Rumah Sakit”?

  68. #68
    gravatar

    Kita mau kemana ? Keluarga kita mau kemana ? bangsa kita mau kemana ?
    Karena nasib kita, keluarga, dan orang-orang yang kita cintai sangat dipengaruhi oleh nasib bangsa kita, maka mau tidak mau kita harus peduli terhadap kondisi kebangsaan kita.
    Bangsa ini harus bangkit melawan musuh-musuh internal dan eksternal yang menggerogoti kebangsaan Indonesia kita. Siapapun pasti setuju, bila rasa kebangsaan yang dimiliki setiap individu bangsa tercabut dari ruhnya, maka bangsa inipun akan kehilangan ruh, semangat, niat, motivasi, dll yang bersifat penggerak dari dalam diri manusia secara sadar dan tidak sadar.
    Ya, kondisi negeri ini yang tidak karuan adalah buah dari tercerabutnya ruh kebangsaan dari setiap individu bangsa ini.
    Okelah, saya bisa memahami sikap saudara-saudara (bukan sekedar teman lho) yang mempertanyakan, meledek, masabodoh, muak, bahkan antipati dll. yang negatif thinking terhadap pancasila, karena sayapun pernah mengalami masa seperti itu.
    Namun marilah kita memandang persoalan ini secara luar biasa, karena ini menyangkut keberlangsungan kehidupan kita dan generasi di bawah kita.
    Bangsa ini perlu segera bersatu, loyal, bagaikan pasukan perang yang siap perang di bawah simbol-simbol kebangsaan yang diyakini dengan sepenuh hati.
    Simbol-simbol dan panji-panji kebangsaan apakah yang bisa kita usung saat ini dan nanti?
    ndak usah terlalu jauh mikir, nanti terlanjur bangsa kita gak karuannya semakin carut marut, mbok sudahlah, kita pakai pancasila saja. Saya ambil pepatah “tidak ada rotan, akarpun jadi”. Memang pancasila tidak sempurna, tetapi terbukti pernah menyatukan bangsa ini menggugurkan kolonialisme yang berusia 350 tahun.
    Ayo kita rekonsiliasi total, demi nasib kita sendiri, jadikan pancasila motivasi kehidupan nyata kita sehari-hari.
    Saya yakin ada saudara-saudara muslim kita yang meyakini bahwa menjadikan pancasila sebagai motivasi kehidupan adalah musyrik. Saya sangat menghargai keyakinan tersebut, karena pancasila sebagai produk manusia memang tidak bisa dibandingkan dengan al-Qur’an ilmu Allah SWT. Namun kita harus saling menyadari bahwa jika hal tersebut diperdebatkan tidak akan ketemu sampai kapanpun ketika itu diterapkan dalam konteks kebangsaan Indonesia, karena negeri ini bukan negeri Islam. Namun marilah karena kita umat Islam “kebetulan” berbangsa Indonesia yang majemuk ini, kita jadikan Indonesia ini rahmatan dengan mengoptimalkan akhlaq Islami dalam kebangsaan Indonesia. Kita jadikan pancasila “alat” untuk mempersatukan bangsa ini, dengan tidak berniat sedikitpun menggusur kedudukan al-Qur’an dalam diri kita sebagai hudan, bayinah wa rohmah.
    Karena saat ini yang perlu segera diwujudkan adalah perekat bangsa, ya tidak ada yang lain kecuali pancasila, piye???

  69. #69
    gravatar

    Wah… Teman disini banyak2 yang antusias dengan keadaan seperti ini. Dan menurut saya itulah keharusan badi seorang Intelek yang Mempunyai Tanggung jawab Social Of Control. bagiQ Pancasila itu sendiri Sy Gak pernah nemukan IDE Dasar dari pembuatannya sebagai Ideologi. Ada yang pengen membantu Sy Gak…?

  70. #70
    gravatar

    sebenarnya aku sedang bingung.ada tugas dari dosen pancasila….tadinya sih ada temen yang mau ngirimin email jawaban pancasila ke alamat email aku…tapi….aku ga’ bisa ngebuka emailnya…ga’ tahu kenapa…yang pasti aku sudah coba kesana kemari membuka komputer yang setahuku connect ma internet….mungkin aku ga’ diizinin nyontek pekerjaan rumah orang kali ya??? hai temen-temen gimana nih jadinya tugasku ??dah pukul 02 pagi nih…..
    kasih jwaban donk!!!!
    dis’87
    imoet
    Majalengka…
    oh ya komentar tentang pancasilanya….
    sebenarnya pancasila sebagai ideologi bangsa yang luhur, kini telah ternodai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan pancasila untuk mencapai tujuan kekuasaan, dengan mengatasanamakan pancasila hanya untuk meningkatkan pamor diri sendiri di lingkungan mayarakat,,,,
    sebenarnya pancasila itu apa sih ???
    koq banyak orang yang sungguh rela menodai arti suci dari pancasila itu sendiri….
    ngerti nggak sih mereka ????
    kalau kita terawang…
    mereka itu notabene merupakan orang-orang yang super pinter..banget..sekali …pisan…kabina-bina …..teu katulungan (kata bahasa sunda na mah)
    apakah ini merupakan suatu tanda kehancuran negara kita???
    sudah barang tentu bencana senantiasa mewarnai kehidupan kita setiap detiknya…
    ditambah lagi dengan beberapa kasus yang sangat memalukan bangsa tercinta ini…kasus yahya zaini, misalnya, kasus poligami nya Aa Gym yang katanya seorang yang ahli dalam manajemen Qolbu……apakah qolbunya sudah benar-benar sehat…..jangankan mengajak orang lain untuk menyehatkan qolbunya….qolbu sendiripun masih seperti itu…..kembali lagi apakah hal ini merupakan cerminan dari ideologi bangsa kita yakni pancasila?????
    kalau iya, sila keberapa yang menjadi pedoman mereka ???? kesatu? kedua? atau bahkan sila kedelapan yakni buatan diri sendiri…????
    banyak hal yang sebenarnya terjadi di dalam bangsa kita ini…adakah setiap warga indonesia ini peduli akan hal tersebut????
    sekali lagi,
    kemana moral bangsa kita yang dulu merupakan simbol kebanggaan yang maha hebat hingga mampu menyingkirkan penjajah dari bumi tercinta ini…..simbol kebanggaan yang senantiasa digembar-gemborkan dalam ajang-ajang event internasional….
    simbol kebanggaan yang senantiasan diajdikan pedoman tatkala penguasa hendak mengambil keputusa baik nmengenai kepemetahan , rakyat, tujuan masa depan bangsa…….maupun berbagai aspek kehidupan bangsa lainnya……
    dah ah nanti repot sendiri ngacaprak teu puguh…
    dis’87
    imoet

  71. #71
    gravatar

    skrng saya masih bingung !!!
    bukannkah sila II pancasila itu :kemanusiaan yang adil dan beradab
    tetapi masih banyak pemerintah ataupun pejabat negara melupakan sila pertama tsb.klo di indonesia msh trjadi korupsi,sebaiknya ubah saja sila II tsb dg:kemanusian yang suka korupsi.

    saya mw tnnya ?
    apakah penting pemerintah kita merubah amandemen uud 45,padalah dr perubahan tsb tidak ada kemajuan sama sekali.bahkn dr perubahan yg 1 mlh tmbh parah.

    apakah bangsa kita tidak pernah belajar tentang kejadian2 masa lalu !!!

    seperti org2 dibawah ini :
    1. bung karno, beliau seorang pemimipin besar,proklamator kemerdekaan.tp dlm perjalanan sejarah beliau tergoda melakukan penyimpangan demokrasi;mengubah periodesasi kepemimpinan nasional menjadi presiden seumur hidup.meski bung karno berhasil menggelorakan nasionalisme,tetapi penyimpangan konstitusi yg dilakukan menyebabkan bangsa ini terjerumus dlm krisi G.30S PKI.

    2. pak harto,yang jg mengulangi kesalahan pendahulunya.pemilu selalu digelar,tetapi demi mempertahankan kekuasaan, pemilu selalu direkayasa unk memperkokoh kekuasaan.dg pemilu yg d rekayasa pak harto bs menduduki kursi kepresidenan sebanyak 7 kali jabatan.sistem ekonomi uud 45 yg berpihak kepada rakyat diubah menjadi konglomerasi yg lbh berihak kepada pengusaha.

    apakah perlu kita mengubah amandemen uud 45 ????

    siapakah pemimpin bangsa yg snggup menolong derita ini !!!!

    katakan “SIAPA” !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SIAPA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    mungkin anda yg membaca tulisan ini akn berkomentar lebih,

    saya sebagai calon pemimpin bangsa akan memebebaskn penderitaan rakyat indonesia .

    walaupun saya hanya seorang mahasiswa jurursan komputer

    tetapi saya akan berjanji akn mengubah bangsa indonesia ke taraf yg sngat baik.

    dukung saya !!!!!!

    mungkin sekitar 10 thn lg saya akan ikut pemilu kepresidenan.

    merdeka !!!

    merdeka !!!

    merdeka !!!

  72. #72
    gravatar

    Garuda Pancasila itu mentereng banget yah, tapi ironis, soalnya kalo PSSI maen seragamnya sih boleh, didada kiri Lambang Garuda…tapi maennya kayak ayam hehehe kalah mlolo….

    Tapi perancis itu lambangnya cuma Ayam, tapi ayamnya bisa lebih bangga dari pada Garuda-nya PSSi , soalnya ada bintangnya di atas kepala…hehehehe…(ketawa getir)

  73. #73
    gravatar

    dapat nilai 100!

    ewah makasih bgt infonya!
    ;0

  74. #74
    gravatar

    Pancasila enggak salah, para pendahulu qta juga niatnya baik. Rakyat Indonesia yg hidup zaman skr lah yg justru kurang bersyukur dan mulai bobrok mentalnya. Saling menghargai menjadi hal yg makin langka utk ditemukan…. Toleransi mulai hilang, dan kekompakan hampir tidak ada lg. Kekompakan itu sebenarnya msh ada, tp utk kepentingan golongan sendiri/tertentu aja. Budi pekerti luhur seakan menjadi bukti sisa2 sejarah yg hampir punah …(kalau saja itu BADAk maka bisa dikembangbiakkan dg inseminasi buatan)… tp sayang, dia bukan badak di ujungkulon…. :(

  75. #75
    gravatar

    garuda pancasila..
    tau ga knp gambarnya burung garuda?
    ga tau kan..

    itu soalnya Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945
    jadi,
    17 helai bulu sayap
    8 helai bulu ekor
    45 helai bulu leher

    coba merdeka tanggal 2 Januari 1945
    jadi,
    2 helai bulu sayap
    1 helai bulu ekor
    45 helai bulu leher

    kan jadinya bukan burung garuda.. yang ada malah capung gondrong..

  76. #76
    gravatar

    Di indonesia cuman harus ada lima partai yang menggunakan lima simbol yang ada dalam lambang negara
    yang kesemuanya menjalankan arti dan tujuan setiyap sila yang ada maka saya yakin akan ada perubahan di negeri yang kita cintai

  77. #77
    gravatar

    Yang Salah Bukan ajas negara Pancasil dan pemerintah semata. Tapi Yang harus Bertanggun jawab adalah partai*2 yang medapatkan Kursi di MPR DPR DPD Karena melalui Merekalah pemerintahan terbentuk. kami memilih bukan untuk kepentinga
    partai semata. tapi untuk masa depan anak dan cucu kami

  78. #78
    gravatar

    bener2 ya. gw aja masih binggung sama maknanya pancasila.bener tuh gw setuju bgt kok kita udah jaya tapi kok blm merdeka jg yah.! masih banyak koruptor terus terorisme.padahal kita udah ada pancasila.yang banyak banget aturan – aturan dan hukum – hukum yang tertulis.!

  79. #79
    gravatar

    pancasila tuh dah pas banget!
    Tinggal kita aja lagi yang bisa mahaminnya apa enggak!

    Oh ya ! selain komentar,aku minta tolong cariin gambar burung garuda dari rancangan awal sampai ke bentuk yang sempurna.

    sejarah nasional kita gak boleh sampai hilang tul gak ..?

  80. #80
    gravatar

    pancasila itu kan dasar negara ya..?(yen ra kleru)

  81. #81
    gravatar

    pancasila adalah ideologi bangsa yang paling sempurna. Tidak usah diubah-ubah lagi. Adanya golongan2 yang akan merubah ideologi pancasila menjadi ideologi islam ataupun komunis adalah syetan. KAMMI, HTI, FPI,dan kelompok fundamentalisme lain adalah orang2 yang sebenarnya kelompok yang di setir oleh zionis untuk merusak tatanan kehidupan bangsa dan negara indonesia. SADARLAH IKhwan, UKHti….

  82. #82
    gravatar

    memang anda semua sudah sangat yakin dengan apa itu pancasila dan kekekalan sifatnya….

    coba lihat lihat dahulu bagaimana sejarahnya, maksud saya disini adalah bagaimana pembuat pancasila menemukan ideologi seperti itu, pasti dia juga punya satu tokoh panutan kan? trus runut darimana asal tokoh panutannya tersebut, trus liat dasar negara si tokoh panutannya tersebut (pasti sama kaya pancasila cuma urutannya saja yang berbeda), trus liat dasar negara – negara yang sejenis dengan negara si tokoh panutan tersebut, trus tebak apa saja negara2 itu, trus lihat keadaannya saat ini, ga akan jauh beda dari indonesia, banyak yang lebih parah malah.

    Jadi masihkah yakin anda dengan kekekalan pancasila, dengan sifat ketaktergantiannya, dengan fisik yang tak pernah berubah sejak pertama kali dibuat, dengan jiwa yang hanya terisi lima hal yang tak benar2 mendasar… masihkah anda yakin dengan segala sesuatu yang HANYA buatan manusia (yang hanya dipikirkan dalam waktu yang tak lebih dari 5% masa hidupnya dan hanya dipikirkan oleh beberapa gelintir orang yang kebetulan waktu itu mendapat kesempatan untuk berpikir) coba renungkan…… apakah selama ini yang kita junjung, yang kita injak-injak, yang kita hargai, yang kita robek-robek sudah sesuai dengan seharusnya… bukannya ada kemungkinan kalau kita berpikir kembali akan ada perkembangan yang lebih baik, akan ada hasil yang lebih baik, akan ada hasil optimal (karena manusia TIDAK AKAN PERNAH MEMBUAT SESUATU YANG SEMPURNA, YANG ADA HANYA OPTIMASI, OPTIMASI DAN OPTIMASI)…. untuk Merah-Putih kita yang lebih baik, mari sama2 kita pikirkan sesuatu yang baru…..

  83. #83
    gravatar

    pancasila masih sangat perlu untuk bangsa indonesia ini karena pancasila adalah sebagai landasan bangsa dan juga s

  84. #84
    gravatar

    MARI KEMBALI KE-PANCASILA, SUPAYA NEGERI KITA TIDAK DILANDA BENCANA

  85. #85
    gravatar

    pancasila………
    ayo donk….
    jangan jadi dongeng aja.
    but, bukan pancasila yang salah pada keadaan bangsa yang amburadul saat ini.
    pancasila, ku percaya sampai kiamat pun kamu pasti ada.
    kalo gak, hancurlah NKRI

  86. #86
    gravatar

    wow, bravo buat situs ini, ngebahas pancasila dengan cara bebas justru lebih recharge.

    di pidatonya bung karno tentang pancasila, kalo gak salah waktu di acara kongres amerika tahun 60-an, bung karno ngebandingin pancasilanya indonesia dengan declaration of independentnya amerika dan manifesto komunismenya marx (comunis soviet). karena waktu tahun itu perang dingin masih hangat-hangatnya. bk bilang, pancasila bisa jadi alternatif perbedaan ideologis itu.

    menurut saya, pancasila memang berisi pasal-pasal yang mengadopsi kedua ideologi di atas, manifesto komunis dalam pasal keadilan sosial dan kemanusiaan yg beradab/internasionalisme, dan declaration of independent dalam pasal musyawarah/mufakat dan persatuan indonesia/nasionalisme. ditambah sisi religius dalam ketuhanan yg maha esa.

    seperti kita ketahui, baik manifesto komunisnya yang salah satu ujungnya adalah sosialisme, dan dec. of indpendent yang salah satu ujungnya adalah liberalisme, adalah produk barat. cerdasnya penggali pancasila memasukkan religius atau agama yang produk timur (hasil pengelanaan para nabi). karenanya tepat memakai kata maha esa, karena esa itu tunggal. seperti sifat tuhan, tunggal, bukan satu (vmp, 2002). kalo satu harus ada dua, tiga dst.

    tapi mungkin bagi sebagian orang pancasila malah jadi membingungkan, karena jadi kayak gak jelas, mau jadi sosialis atau liberalis? atau bahkan jadi bisa dimainin seperti jaman orba. oleh suharto ekonominya dinamain ekonomi pancasila, padahal ekonomi liberal sekaligus monopoli, hanya untuk satu klan lagi, klannya cendana….hehehe

    jadi, gua sepakat yang hatta bilang. pancasila jangan di satu tafsirkan. karena pancasila pada dasarnya multi tafsir. tinggal kita yang hidup, atau pernah hidup, atau akan hidup di wilayah hukum indonesia, mau paham sama makna pancasila dan nerapin di dirinya sendiri.

    love u all.

  87. #87
    gravatar

    PANCASILA?
    Pancasila msih digunakan g sch,sebgai pandangan hidup bermasyarakat,berbvangsa & bernegaranya,
    atau, jangan-jangan, cuma jdi bahan ajar di kampus j y?

  88. #88
    gravatar

    pLiz…tLg bNtu gW : apA maXud dR “PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA”?
    ‘N’ sebenarnya pencetus PANCASILA dLm sidang BPUPKI tuh siapa?cOz ada y9 bLg pencetus PANCASILA adL M. Yamin, ad L9 y9 bLg ada 2org: Moh. Yamin & “???”.tapi dad juga y9 bLg :”Ir. Soekarno”.tLg bNtu Y bingung ney…skalian para ahli yg mengemukakan pendapat2 tsb & atas dasar apa mereka dpt menyimpulkan sprti itu?emang ga da sumber yg Lbih akurat?sO tTg “SURAT WASIAT” YG DITULIS mOH. HATTA ttg hasil sidang I & II BPUPKI tuh apa isinya????pLizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…….jWb Ye bOoooooo…..

  89. #89
    gravatar

    tuolong donk briutau In
    SiTus PaaN YaNG MenguPAs Pancsila Se detail detailNya
    Plis
    Q bInuN Bgt
    Coz
    Q PiNgIn Thau LEbHih DKhaT TtG PanCAsILa
    Plis Yawh

  90. #90
    gravatar

    saya tertarik banget dengan Pancasila soalnya bisa jadi filsafat yang tidak kalah besarnya dengan yang lain kayak materialis, idealis dll.
    so, site ini menarik loh

  91. #91
    gravatar

    ass..
    lam kenal saya mau ngasih saran bila diijinkan…??
    kenapa gak sekalian aja tulis butir-butir pancasilanya..??
    biar sekalian tahu sampai ke dasar-dasarnya apa makna pancasila itu..??
    makasih sebelumnya
    wass..

  92. #92
    gravatar

    pancasila..,..,
    sebuah suku kata kecil, tetapi memiliki makna besar..,..,
    bayangkan saja..,sebuah negara besar bisa diatur dan berbudaya berdasarkan satu suku kata kecil itu..,
    yang jadi masalah..,ko iso..,..,?

    sebenernya makhluk apa sih “pancasila itu?”
    jawabannya gakan sesederhana menjawab 1*1=..?

  93. #93
    gravatar

    blog ini adalah blog yang paling gak bermutu…….!!!!

  94. #94
    gravatar

    oi coy…!
    gw lupa ngelengkapin posting gw tade,u tu g keren banget sech..>!
    kirim artikel g mutu banget, mendingan lu bakar aja PC u tu dari pade u bikin artikel yang g mutu gini cih…!

    teyus kalo udah u bakar mendingan u gigit aja komyang udah kebakar,
    and the last kalo u mao ngamuk ma gw mndngan u kirim aja pesen ke Email gw
    nih email gw B_okky_OZ@yahoo.co.id

    gw tunggu loch, miss u… muach…….!

    lam azz hole

  95. #95
    gravatar

    garuda Pancasila
    Aku lelah mendukungmu…
    ya terang lah…
    dia berhala yang selama ini di abdi oleh bangsa Indonesia
    itulah yang membuat Alloh cemburu..,
    itulah yang dinamakan mendua
    maka negeri ini tidak di beri barokah

  96. #96
    gravatar

    GARUDA PANCASILA itu hanya MITOS tos..tos…gak jelas juntrungannya

  97. #97
    gravatar

    saya mau tanya/

    sebenarnya mengapa burung garuda itu dijadikan lambang pancasila??

    terima kasih/

  98. #98
    gravatar

    NANYA DUNK,,,makna pancasila sila pertama sama sile ketiga apaan yah???
    hayoo siapa yang tau,,,,

  99. #99
    gravatar

    Pancasila adalah dasar negara kita yang komom kataya diambil dari nilai_nilai masyarakat indonesia,tapi para pengali nilai itu sekrang malah teah menengelamkan nilai budaya tersebut.

  100. #100
    gravatar

    mau tanya uy….

    bagaimana Pancasila sebagai Paradigma Pandidikan??

    well….

    sebenarnya yang harus kita perhatikan sat ini…
    pengamalan nilai-nilai Pancasila…ato menjaga nilai-nilai Pancasila?

    woy…buka mata…hati-hati banyak yang gak sepaham tentang ideologi Pancasila…

    tapi tenang choy…gw Pemuda Pancasila, gw Putra Bangsa, Pemuda Bela Bangsa, gw siap jaga keutuhan Pancasila, asal kerasa aja efeknya..
    udah berapa pulh tahun semenjak Pancasila dirumuskan gak tercapai juga visi-misi nya…gak ada perubahan….

    cuma amandemen undang-undang, resufle kabinet/mentri, dan tetek bengek lain yang kita kagak ngerti dan cuma bikin tambah pusing…

    ato moral kita nya juga ya yang pejet???
    ato moral pemimpinnya juga?

    jadi bingung uy…INDONESIA-INDONESIA kapan atuh aku merasakan kejayaan mu

  101. #101
    gravatar

    aduh…ko jadi gini ya……….

    yang penting kan sekarang manusianya ajah….tapi tanpa landasan yang tersurat ga kan ngerti apa yang kudu dilakuin kan??

    intinya c satu ‘nasionalisme’

    kemana itu sekarang??
    malahan sekarang banyak yang rame2 mepertanyakan itu…
    ketidakpercayaan yang sudah sangat keterlaluan terhadap pemerintahan (bukan berarti pemeritah selalu benar)
    egoisme,individualisme,kedaerahan,semua semaikn jelas tanpa ditutupi dengan alasan demokrasi (demokrasi yang kebablasan)

    semua cuman bisa ngeluh…
    semua cuman bisa nuntut…
    bukankah yang namanya INDONESIA adalah kita semua yang berwarganegara Indonesia???!!

    kita dalam kritis nasioalisme,

    semoga dengan adanya kejadian pencurian lagu,budaya,penghinaan yang sudah teramat sangat keterlaluan kita bangsa Indonesia sadar dan diingatkan untuk bersatu kembali…ya….kita harus bersatu…bertekad…dan berjanji…
    Indonesia tanah airku…
    Indonesia tumpah darahku…
    Indonesia merah darahku…putih tulangku…
    Indonesia kita bela………

    BERSATULAH INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  102. #102
    gravatar

    aku dapet tugas dari dosenku nyari artikel terbaru tentang idiologi negara kita……………dieng aku gi nyari nieeeeeeee,,,tpi bingung mana yg mw tak masukin,,buanyak gat………..heeeeeeeeeeeem!!!!!!!!!!!

  103. #103
    gravatar

    1.SUKARNO (SUKAR SEKALI)MELANGGAR SILA KE-1 PANCASILA YAITU MENYETUJUI P K I[PKI TIDAK MENGAKUI ADANYA TUHAN]
    2.SOEHARTO (SUKA HARTA) MELANGGAR SILA KE-2 PANCASILA YAITU OPRASI MILITER YANG TERLALU KELEWATAN BAGI RAKYAT
    3.HABIBI (HARI-HARI BINGUNG) MELANGGAR SILA KE-3 PANCASILA YAITU MELEPASKAN PROVINSI TIMUR-TIMUR
    4.GUSDUR (GUSUR KIRI KANAN) MELANGGAR SILA KE-4 PANCASILA YAITU(MALU MENGATAKANNYA)
    5.MEGA WATI (MEMANG GAWAT ) MELANGGAR SILA KE-5 PANCASILA YAITU MENJUAL BUMN KE PIHAK ASING.
    Untung Sila Pancasila Hanya 5,kalau lebih dari 5 mungkin SBY akan melanggar sila ke enam (6) ha……….ha…….ha…….

    S B Y = Semoga Baik-baik Yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….

  104. #104
    gravatar

    ketel uap ketel garing singkong amoh

  105. #105
    gravatar

    ngomongin apa sih??
    percuma ada pancasila kalo gak di amalin..!!
    apa kata dunia????????

  106. #106
    gravatar

    Hidup Pancasila……
    Ayo maju… maju…
    ayo.. maju.. maju
    generasi sekarang nyebutin sila-sila Pancasila aja…bingung
    gimana ngamalinnya…… sedih..sedih deh
    ayo maju generasi penerus bangsa..
    kita dukung Pancasila

  107. #107
    gravatar

    mm, kalo arti ideologi pancasila itu sendiri apa ya?

  108. #108
    gravatar

    mas , tolong cari makna sesungguhnya dari pancasila sila k 1 . soal nya saya sudah nyari nyari tapi yang di temukan cuma historis dari pancasila doank.,.,

    tolong y mas,.,.

  109. #109
    gravatar

    pancasila gak penting
    yang penting sebenarnya piagam jakarta soalnya proklamasi cman pak karno sendiri yang memutuskan sedangkan rekan rekanya yang semula mengerjakan teks proklamasi bersama dan disepakati bersama yang tercantum dalam piagam jakarta mlah dihapus sendiri sama pak karnooo itu ….
    bagiku sebagai orang islm yang hidup diatur oleh islam ya harus sesuai syariat islam walaupun negara kita berasasssskan pancasi@#$$%$#@
    klo anda orang islam disuruh pilih hidup berasarkan pancasila sama syariat islam pilih mana hayoooo…?

  110. #110
    gravatar

    kata Maha Esa pada sila ke-1 adalah jiwa keagamaan,(bukan kata imbuhan) maka orang yang memahami agama dalam hubungannya dengan kehidupan dunia akan menerima Pancasila, (kalau semua umat beragama bersatupadu dalam membangun bangsa ini, bangsa ini sudah menjadi bangsa yang besar dan sejahtera – renungan untuk semua tokoh agama)tapi bila Pancasila dipolitisir, seperti ekonomi yang dipolitisir, berita yang dipolitisir dll.. adakah merupakan tindakan oknum yang menutup/mencoreng Pancasila. Sayangnya tidak semua elit bangsa ini menjadikan Pancasila sebagai sumber dari semua pengaturan pelaksanaan pembangunan, seperti partai lokal bukan pelaksanaan sila ke-3 karena hanya memperjuangkan lokalnya, daerahnya, wilayahnya, desanya,dusunnya, jadi tidak memperjuangkan bangsa ini sebagai satu kesaruan. Sekarang bangsa ini hanyalah rebutan dalam segala bidang untuk kenyang dan rakus masing-masing.

  111. #111
    gravatar

    Mewajibkan setiap rumah WNI memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia

    Kita menyadari bahwa para warga masyarakat tidak pernah ketinggalan rasa seninya terhadap nilai-nilai kebenaran dalam hal tata ruang rumah. Dalam hal ini, seperti : Adanya penataan kaligrafi-kaligrafi suci, foto-foto orang bijaksana, dan sebagainya pada ruang-ruang rumah.

    Sebenarnya, dari semua itu, terdapat sebuah karya yang Maha suci, luhur, dan indah yang terlupakan dalam tata ruang ini. Karya itu adalah foto Garuda Pancasila-beserta-kelima-silanya yang merupakan Dasar Negara, atau Pandangan Hidup Bangsa.

    Menurut Saya, foto Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya itu harus dibuat dengan bingkai, dan kemudian digantungkan pada dinding atau dipajangkan, sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia.

    Diwajibkan
    Sebenarnya, adalah sebuah kewajiban bagi setiap WNI untuk memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai ini di dalam rumah.
    Kita harus menggantungkannya pada dinding atau memajangkannya di dalam rumah, sebagai cerminan dari rasa cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia.

     Menurut Saya, Pemerintah Indonesia harus mewajibkan setiap WNI untuk memiliki foto-Garuda Pancasila-yang-beserta-kelima-silanya-yang-dibuat-dengan-bingkai ini di dalam rumah.

    Bila sudah diwajibkan, maka dengan hanya pembayaran beberapa puluh ribu saja, kita sudah dapat memiliki dan menikmati karya yang Maha suci, luhur, dan indah ini di dalam rumah sepanjang masa.

    Demikianlah pendapat yang ingin saya sampaikan.
    Terima kasih.

  112. #112
    gravatar

    Pancasila yang luhur sebagai ideologi dan dasar negara kita sudah dilupakan oleh sebagian besar pejabat dan anggota parlemen. Sebagai gantinya mereka menganut ideologi baru.. PANCAGILA namanya..
    1. Keuangan Yang Maha Kuasa (maksudnya, demi uang mereka rela melakukan apa saja termasuk menistakan Tuhan dengan melanggar perintah-Nya)
    2. Kemanusiaan yang Batil dan Berazab (Sudah tidak memiliki rasa kemanusiaan lagi dengan berbuat batil kepada rakyat sehingga nanti akan ada azab buat mereka)
    3. Percatutan Indonesia (Diberi wewenang tetapi kerjaannya cuma nyatut uang negara termasuk berkompromi dengan pengusaha lokal + pihak asing untuk menguras kekayaan alam negara)
    4. Kemelaratan yang dipimpin oleh Kenikmatan dalam permusyawaratan perwakilan (sudah tahu rakyatnya masih banyak yg miskin melarat, tetapi mereka tidak peduli dengan menuntut gaji yg super besar, fasilitas mobil mewah, minta bangun gedung mewah pake fasilitas pijiet2an, dll)
    5. Ketidakadilan bagi seluruh rakyat Indonesia (pokoknya serba tidak adil deh..)
    Semoga mereka (penganut ideologi Pancagila yg sesat) disadarkan dari perbuatannya..

  113. #113
    gravatar

    mas saya ada tugas dari dosen tentang butir2 pancasila .
    sebenarnya dulunya ada berapa sihh ?
    lalu apakah sekarang masih tetap segitu atau udah brubah .
    ntah misalnya dari 45 menjadi 54 .
    makasih yaa mas atas jwbannya .

  114. #114
    gravatar

    kenapa pancasila dipakai sbg dasar lambang negara?
    kenapa lambangnya burung garuda?

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.