Kulkas Dua Pintu

Selasa, 10 Mei 2005M
02 Rabiul Akhir 1426H

Tadi malam saya menemani Teteh membeli kulkas di ‘supermarket gudang’ Makro setelah tiga hari sebelumnya survey dulu di tempat yang sama. Supermarket ini dipilih karena Teteh sudah menjadi pelanggan dan ada promo bisa menggunakan Kartu Kredit untuk pembelian barang elektronik hingga 9 Mei kemarin. Setelah dihitung-hitung akhirnya Kartu Kredit saya yang ketiban pulung karena sudah memasuki pembukuan baru, jadi bakal ditagih akhir bulan depan.

Tadinya sempat memilih merek LG karena katanya banyak dibeli, namun agak curiga dengan harganya yang terlalu miring. Akhirnya dipilih merek SHARP tipe SJ-D23P dan mendapat warna Beige. Ternyata Makro memberikan voucher sebesar Rp125.000 yang tadinya saya pikir bisa dipakai belanja nanti ternyata langsung menjadi diskon harga kulkas tersebut.

Yang agak mengecewakan adalah pelayanan dari petugas bagian hardware Makro, terlihat seperti malas-malasan mencari-cari tipe di tumpukan rak raksasa yang sesuai dengan tipe di deretan pemajangan kulkas tersebut, malah menyarankan merek LG, yang katanya banyak dibeli tersebut.

Sharp SJ-D23P

Dengan bantuan forklift akhirnya kulkas tersebut ditemukan dan mendapatkan warna Beige yang tidak ada di pajangan. Di situs Sharp Indonesia ternyata warna tersebut tidak ada dalam katalognya. Kekecewaan yang kedua adalah petugas Makro cukup lama mencari-cari voucher di atas sewaktu melakukan pembayaran di kasir.

Spesifikasi refrigerator tersebut adalah:

  • Berkapasitas 230 liter dengan 2 pintu
  • Polystyrene Top for Vegetable Compartment
  • Twin Ice Cube Makers
  • No frost fan cooling System
  • Multi Air Flow System
  • Antibacteria
  • Non-CFC Refrigerant HFC-134a
  • Built-In Deodorizer
  • Dimensi: 545 (W) x 1510 (H) x 565 (D)
  • Power Consumption:128 Watt
  • Colour: Beige, warna lainnya adalah Clear Grey, Shadow Blue, Mist Green, Clear green

*Mari memasukkan gajah ke dalam kulkas*

Komentar

33 komentar untuk catatan 'Kulkas Dua Pintu'

  1. #1
    gravatar

    Jualan Es Aja dulu, lumayan buat tambahan biaya tagihan.

  2. #2
    gravatar

    loh idban daemon (idband) nya gak terinstall secara default ya

  3. #3
    gravatar

    pintunya dilepas dong biar gajahnya cukup

  4. #4
    gravatar

    #3: pasti mau ngembat pintunya ya? ada dua pula.

  5. #5
    gravatar

    Kok itu ada roti (sandwich?) sama mi instan dimasukin ke freezer ya?

    #2: men, idband terinstall cuma belum distart waktu boot… omong2 OS nya apa dan distro mana ya?

  6. #6
    gravatar

    men, gw cuma kepasang kalo kulkasnya tanpa pintu:D

  7. #7
    gravatar

    jay, jangan lupa beli gajah kulkas
    biar kulkasnya gak bau:p

  8. #8
    gravatar

    weh, pada beragam gini OS-nya

  9. #9
    gravatar

    tes tes tes…
    sudah upgrade ke WordPress 1.5.1
    * timpa dengan yang baru
    * akses /wp-admin/upgrade.php
    done.

  10. #10
    gravatar

    Ada gajah tulalean..
    sisig nini salawean….

  11. #11
    gravatar

    Itu beli kulkas berhadiah isinya banyak begitu?
    ck ck ck

  12. #12
    gravatar

    Barang di Makro memang tidak semuanya merupakan konsinyasi lokal, kebanyakan justru dibeli dari Makro induk dan dropship dari sana. Itu kenapa temen saya beli mini hi-fi Sony, dapatnya manual bahasa Belanda dan Arab, karena memang bukan barang dari Sony Indonesia. Cilakanya ketika main optical reader CD-nya rusak, ditolak oleh Amcol Indonesia untuk repair, dan sudah out of warranty dari Makro. Jadi vaporware deh. Oleh karena itu memang betul kalo orang Makro sendiri menyarankan LG, karena itu barang konsinyasi lokal.

    Hal kedua, memang pegawai Makro itu tidak ramah dan helpfull, karena memang tidak diajarkan untuk begitu. Itu cerita sendiri dari supervisor di Makro Bandung yang kebetulan tetangga kost temen saya. Emang di Makro diharapkan pembelinya adalah self-educated-catalog-reader-not-much-fuss-to-ask-and-buying-in-bulks, bukan eceran yang need personalized service.

  13. #13
    gravatar

    Wah, bukannya gak lama ini baru ada ribut2 ada razia penjual barang2 yg gak ada manual bahasa Indonesianya? Di Makassar ya katanya? Emang kayaknya ada UU nya sih. Bisa kena dong itu Makro.

  14. #14
    gravatar

    mau beli apa2 tapi kalo harganya terlalu miring bikin curiga, kalo harganya terlalu mahal kita bilang kemahalan. Disini orang yg bikin reclame tuh suka dibuat supaya orang bener2 tertarik, bilang harga murah, contohnya beli radio, dari harga 150 euro skarang harganya 149.99 euro, orang Belanda yg buta hitungan mikir, “wah murah nih skarang” padahal kalo dikurangin, mereka cuman kasih diskon sedikit, lol. Juga ada harga ticket buat terbang, misalkan ke Turkey, cuman 99 euro, eh pas ke travel tour buntut-buntutnya mereka bilang, “kalo punya airmiles sekian banyak barusan bisa beli itu tiket dengan harga segitu” yeee….itu kan sama aja bohong! Dan kalo petugasnya ngelayanin dgn malas-malasan, nah itu….sebel banget!

  15. #15
    gravatar

    jay mo jualan es ato gajah

  16. #16
    gravatar

    kalau kata om gue yg supplier bahan2 buat pabrik elektronik di kawasan industri cikarang, “janganlah kalian sekali2 beli barang LG”. karena standarnya payah.

    Misalnya nanganin tabung monitor, yang pabrik2 lain pake sarung tangan anti statik, ini boro2, malah ada “oknum” (biar gak disomasi) yang kerja sambil ngeroko.

    monitor gw philips (bertabung LG). pantesan gak bisa dilurusin (sudut2nya penyok)

  17. #17
    gravatar

    #16 iyalah kan loe masih beli tv cembung

    #12 Masalah garansi masih menjadi hal yang belum di perhatikan oleh masyarakat di indonesia (pendapat saya) malah karena ada barang yang lebih murah tapi tidak bergaransi maka orang2 akan beli barang itu, contohnya HP.

    Jadi kalo mo beli barang elektronik lebih baik belajarin dulu deh barang2nya.

  18. #18
    gravatar

    Nambahin jenis OS lagi..

  19. #19
    gravatar

    hihi… cuma numpang nge-junk aja(tm):D

  20. #20
    gravatar

    #17 Saya punya pengalaman relatif baik dengan Electronic City, SCDB, Jakarta. Saya beli TV Akira, dengan garansi bawaan 1 tahun, tapi saya upgrade garansi jadi tambah 2 tahun, total 3 tahun. Pada bulan ke 13 setelah pemakaian, ada kecelakaan. Kabel Kabelvision di jalan rumah saya (Tebet Barat) terkena induksi petir. Saya nanya tetangga, banyak yang TV-nya jebol juga. Lalu ada yang mau minta ganti rugi ke KV apa kagak, karena kan sudah dipasang anti petir kok jebol juga TV-nya. Ternyata gak ada yang mau, ya wis deh, karena tidak tinggal di Jakarta, terpaksa bawa ke Electronic City. Di sana walau menunggu lama untuk dilayani di bagian claim, dan janji service 2 minggu molor jadi 1 bulan itupun setelah ditelpon 3x, TV saya diantar pulang dengan biaya pengiriman Rp30.000, 00 saja.

    Moral of the story, kalau anda punya barang yang risky untuk rusak (seperti laptop, digital camera high-end, TV besar) dan perlu capital besar untuk mereparasinya, ada baiknya anda memikirkan extended warranty insurance untuk itu. Tentu saja barangnya sebaiknya bukan type yang terdepresiasi secara cepat (contoh mobile phone dan digicam kelas entry-level-midrange) karena tahun depan mungkin udah gak ada harganya. Dan tentu saja tempat jualnya udu bonafide. Itu yang bikin saya males membeli barang besar+mahal di toko toko berharga miring di Mangga Dua misalkan.

  21. #21
    gravatar

    woaaaaaaaa…. pengen beli kulkas neh?
    susah di kost-an gak ada kulkas!

  22. #22
    gravatar

    jay, kulkas kaya gitu berapaan sekarang?

  23. #23
    gravatar

    jadi pingin beli ….:)

  24. #24
    gravatar

    Gunar, sekitar 2.4jt

  25. #25
    gravatar

    walah… kok lagi cari mahan ttg konsinyasi malah dapet site ini sih:lol:

  26. #26
    gravatar

    kalo kulkas yang harganya segitu, OS nya pake apaan? LINUX ato WINDOWS

  27. #27
    gravatar

    itu kulkas berhadiah gajah

  28. #28
    gravatar

    mohon ijin memuat foto kulkasnya di blog saya, trims

  29. #29
    gravatar

    #28: Silakan. Gambar tersebut dari situs Sharp, tapi URL aslinya sudah menghilang.

  30. #30
    gravatar

    Forced Sex Galleries…

    The official web page for the band Depeche Mode

  31. #31
    gravatar

    Mudah mudahan kulkasnya awet dan baik-baik saja.

  32. #32
    gravatar

    barang elektronik gak bisa di prediksi ketahanannya karena untuk biaya alat protecnya yng standard lebih mahal dari harga barang tsb

  33. #33
    gravatar

    Saya kira semua kulkas itu sama hanya disesuaikan saja dengan keperluan kita.

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.