Arabian Nights: Kisah 1001 Malam

Minggu, 24 April 2005M
16 Rabiul Awal 1426H

Kisah ini sudah menjadi milik dunia, tidak hanya milik bangsa Arab dan Persia. Sejak kecil saya sering mendengar atau membaca kisah-kisah ini, ada yang berbentuk bacaan, komik, operet hingga drama dan film. The Book of One Thousand and One Nights atau sering disingkat menjadi Arabian Nights saja –Kisah 1001 Malam menurut kita– adalah cerita yang dibingkai dalam cerita, singkatnya adalah cerita dalam cerita. Cerita yang menarik dan menggugah tidak hanya bingkai ceritanya, namun juga cerita-cerita di dalamnya yang cukup fantastis dan bermakna. Cerita-cerita tersebut diyakini sebagai cerita rakyat yang dipadukan, juga ada pendapat beberapa cerita menyusul ditambahkan dan digabungkan menjadi Kisah 1001 Malam tersebut.

Alkisah, seorang sultan di daratan Persia bernama Syahriyar (Syahriar atau Shahriar) شهريار dikunjungi oleh adiknya. Sang adik bermuram durja hingga membuat Raja Syahriyar penasaran dengan tabiat adiknya tersebut. Sang adik bermuram durja sebab dengan mata kepalanya sendiri melihat istrinya berselingkuh dan langsung dipancung dengan pedang, keduanya.

Ajakan berburu Raja Syahriyar pun akhirnya tidak diikuti dan berdiam di istana yang malah membuat dirinya menjadi saksi mata melihat kakak iparnya berselingkuh di saat Raja Syahriar berburu. Nasib orang lain sepertinya menjadi sedikit obat hingga kemurungannya hilang yang juga membuat heran Raja Syahriar. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya diceritakanlah kesaksian itu kepada Raja Syahriyar. Raja Syahriyar marah yang akhirnya menangkap basah istrinya dan langsung memancung keduanya.

Setelah adiknya kembali Raja Syahriar memerintahkan kepada Wazir –Vizier menurut lafal Barat– (seorang perdana menteri) untuk mencari gadis untuk dinikahinya secara resmi kemudian esok sorenya dihukum pancung. Setelah beberapa lama Syahriyar meminta tiga hari sekali sebab semakin sulit mencari gadis muda, hingga akhirnya putri Wazir yaitu Syahrazad شهرزاد –Scherezade menurut lafal Barat– dengan tanpa paksaan meminta untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar.

Secara resmi akhirnya Syahriyar menikahi Syahrazad. Atas permintaan Dunyazad –Doniazade menurut lafal Barat– untuk mendengarkan cerita terakhir kalinya dari sang kakak, Raja Syahriyar pun memenuhi permintaan tersebut dan ikut mendengarkan cerita Syahrazad yang biasa ia lakukan untuk menjadi dongeng pengantar tidur adiknya.

Sore hari setelah berlalu satu hari menikah akhirnya Syahrazad luput dari hukuman pancung dan malamnya mulailah Syahrazad bercerita kepada Dunyazad dan Raja Syahriyar. Hingga pagi hari cerita tertunda karena kantuk menyerang semuanya. Namun sore hari Raja Syahriyar penasaran dengan cerita Syahrazad yang menggantung tak selesai tersebut, hingga hukuman pancung pun ditunda agar bisa mendengar kelanjutan kisah Syahrazad.

Syahrazad bercerita terus tiap malam dan selalu berakhir menggantung (suspense) di pagi hari. Cerita yang disampaikan Syahrazad selalu cerita dalam cerita sehingga meskipun satu cerita selesai bingkai ceritanya tak pernah selesai. Cerita-cerita yang dikisahkan Syahrazad adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Al-Rasyid dan Abunawas, dan sebagainya.

Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung –dan dunia pun mendapat 1001 cerita– dan Raja Syahriyar pun menarik hukuman tersebut, serta Syahrazad tetap dicintainya menjadi permaisuri dan rakyatnya terutama para gadis yang merasa selamat dari aturan raja yang mengerikan tersebut.

Kisah Seribu Satu Malam ini banyak diceritakan kembali dalam berbagai bahasa, tidak hanya di kawasan Persia (sekarang wilayah Iran, Iraq, Afghanistan, Tajikistan dan Uzbekistan) namun juga oleh negeri-negeri Eropa, bahkan Amerika pun mengangkat cerita tersebut ke dalam film dan kartun animasi.

Komentar

64 komentar untuk catatan 'Arabian Nights: Kisah 1001 Malam'

  1. #1
    gravatar

    Cerita di atas cerita. Belum lagi ada puisi-puisinya yang diselipin di ceritanya. Beda banget deh sama Saur Sepuh, Tutur Tinular tapi hebat.

  2. #2
    gravatar

    Dulu punya bukunya (peninggalan ortu), tapi skr ilang. Dipinjem temen gak balik.. hik hik:((

  3. #3
    gravatar

    uhm, abunawas memang menjadi satu bagian dari cerita di atas, tapi abunuwas dan harun al-rasyid, itu juga kisah yang lain. di sini aku bingung, mana yang telur mana yang ayam. Abunuwas adalah penyair yang pemabuk, sangat terkenal, bahkan quote terakhirnya setelah dia sadar dan tidak minum-minuman lagi: “Ya Allah aku tahu aku tak pantas untuk masuk ke surga-Mu karena aku berlumur dosa, tapi aku tak akan sanggup masuk ke neraka-Mu” selalu dikutip oleh para penyair penerusnya hingga sekarang. *ah komentar ini terlalu OOT* -regards-

  4. #4
    gravatar

    Yang sering tidak saya setujui: kisah dari 1001 malam diadopsi dengan sudut pandang Barat (karena sudah dimasukkan sebagai salah satu bahan kapitalisasi industri hiburan Amerika) terus kemudian dengan serta-merta dicampuradukkan dengan pandangan audiens terhadap Islam. Memang kisah itu berasal dari Arab dan pada periode yang kental dengan masyarakat dan pemerintahan Islam, namun jangan serta-merta disebut, “begitulah Islam.”

  5. #5
    gravatar

    #4. Amal, kalau masalah itu bukan hanya 1001 malam dan bukan hanya dari sudut pandang ‘Barat’, tapi jauh lebih parah lagi. segala hal yang berasal dari ‘Arab’ baik dari masa lalu maupun masa kini akan dikaitkan dengan Islam *bahkan* oleh penganut Islam sendiri.

    ini adalah salah satu sumber utama kekacauan dunia. contoh paling gampang, kalau ada seseorang (entah siapa tapi mengaku ‘ulama’, berasal dari ‘Arab’, dan bicara dalam bahasa Arab dan dibroadcast ke seluruh dunia) yang berkata bohong dan bernada menghasut, kemungkinan besar akan diikuti apa yang dikatakannya oleh kebanyakan umat Islam tanpa pakai pikir2 dulu.

    kenyataannya adalah saat ini ‘Arab’ diasosiasikan dengan ‘Islam’ oleh semua orang, dan ini menurut saya adalah kesalahan umat Islam sendiri yang juga berpandangan demikian. salah satu cara untuk memperbaiki-nya adalah dengan menentang segala sesuatu yang berbau Arab yang tidak Islami, dan tunjukkan ke seluruh dunia.

  6. #6
    gravatar

    Pernah baca bukunya jilid 1 dalam bahasa Inggris…
    Punya Babe.. temen gue ( Dedi E. )
    Sekarang nggak tahu kemana bukunya ..:( …

    Yang jelas mah masih ada di rumah .. ortu gue tapi nggak tahu dimana ..
    ceritanya memang asik2x… gitu lhoohhh

  7. #7
    gravatar

    Bagus neh ceritanya… tapi waktu sekolah dulu ada rasanya baca kisah diatas.. tapi udah lupa.. sepertinya aku harus mencari lagi buku cerita ini.. sepertinya enak buat mengutip sejarah..

  8. #8
    gravatar

    sumpah, seumur hidup, belum pernah saya baca cerita ini.
    sad, but true:D

  9. #9
    gravatar

    #8: wajar kok, sebab yang banyak didongengkan itu cerita-cerita di dalamnya, bukan cerita bingkainya. cerita bingkainya antara Syahriar dan Syahrazad nggak cocok jadi dongeng anak-anak.

  10. #10
    gravatar

    memang menarik cerita2nya 1001 malam, ketimbang dongeng cinderella…:)

  11. #11
    gravatar

    Bingung, kenapa Syahrazad harus dipancung? Adiknya kenapa harus didongengin?

  12. #12
    gravatar

    #11: karena Syahrazad harus tunduk pada aturan Syahriar yaitu dinikahi sehari terus dipancung

    adiknya kan bakal kehilangan kakaknya, minta dongeng terakhir sebelum berpisah

  13. #13
    gravatar

    selama liburan di Parsia, AA mbaca cerita ini nggak yach?

  14. #14
    gravatar

    yg ngebikin heran.. apa ga capek itu yg cerita semaleman ngomong mulu..:D

  15. #15
    gravatar

    #5 filem2 yang diputar di tipi, ada banyak diselipkan tontonan yang kurang sedap dipandang. misalnya, orang arab (terlihat dari sorban dikepala) kebanyakan menjadi agen teroris, dan berpihak kepada peran antagonis…

    mereka yg bikin filemnya, gimana lagi?

  16. #16
    gravatar

    #15: itu namanya propaganda. propaganda sering dilakukan secara halus melalui berbagai cara secara tidak langsung supaya menjadi paradigma.

    kita tidak bisa menyalahkan mereka yang membuat propaganda, misal dalam filmnya Schwarzenegger: True Lies, terorisnya bangsa Arab, ada Windows Bahasa Arab, ada dialog Arab bahkan ritual Islamnya (film ini ditarik dari peredaran bioskop 21).

    tapi di film lain ada juga yang cerdas seperti film Kevin Costner: Robin Hood, dialog budaya antara Robin Locksley dan Azeem orang Moor sangat menarik sepanjang film.

    kembali semuanya kepada filter yang ada di kepala dan hati masing-masing.

  17. #17
    gravatar

    “Sebuah cerita yg mengharukan”. Kisah 1001 malam merupakan refleksi dari kehidupan manusia.Baik atau buruk, hitam atau putih, kebenaran atau kejahatan, penindasan atau kemakmuran semuanya terdapat dalam kisah 1001 malam.Tidak seperti cerita2 sekarang yang lebih menekankan pada hal2 yang vulgar. Mungkin karena zaman sudah edan ya?

  18. #18
    gravatar

    aQ ada tugas nyari pengarang aslinya cerita 1001 malam itu siapa? Kalo tau tolong kirim ke emailQ ya! makasih

  19. #19
    gravatar

    waduh…. seru banget ceritannya
    aku salut ama istri nya sultan cerdik banget gitu
    cerita seribu atu malam yang diceritakan istri ke sultan itu apa aja ya….?
    kasih tahu aku ya kalau udah ketemu kasih tahu aku ke e mail aku ya

  20. #20
    gravatar

    #19: yang diceritakan ya… itu sudah ditulis di atas

    Cerita-cerita yang dikisahkan Syahrazad adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Al-Rasyid dan Abunawas, dan sebagainya.

  21. #21
    gravatar

    ceritanya bagus aku suka banget sama ceritanya! tapi panjangin donk khan ga seru kalo cuma dikit ok!

  22. #22
    gravatar

    dimana aku bisa mendapatkan buku tentang 1001 malam yang ber-text indinesia, aku pengen tau lebih jauh tentang 1001 malam.
    tolong kasih tau, di tunggu balasannya

  23. #23
    gravatar

    #22: coba cari buku ini, saya juga belum punya:D
    Hussain Haddawy: Kisah 1001 Malam, terbitan Mizan
    Buku 1: http://www.ekuator.com/katalog.see.p?id=424
    Buku 2: http://www.ekuator.com/katalog.see.p?id=430
    Buku 3 – Petualangan Sinbad dan Aladdin: http://www.ekuator.com/katalog.see.p?id=432
    Buku 4 – Petualangan Ali Baba dan Qamaruzzaman: http://www.ekuator.com/katalog.see.p?id=439

  24. #24
    gravatar

    [...] Selain dari font-font di atas saya coba menggunakan font berlisensi GPL dari proyek Arabeyes, ada beberapa jenis font namun kurang elegan di mata saya dan terlalu dekoratif. Font lain yang bagus saya temukan dari SIL International berlisensi Freeware, ada dua font bernama Scheherazade dan Lateef (Scheherazade adalah penulisan Syahrazad menurut orang Barat, seorang tokoh inti dalam cerita klasik 1001 Malam). [...]

  25. #25
    gravatar

    Saya punya bukunya lho:D Emang bagus. Terutama banyak puisi.

  26. #26
    gravatar

    #25: Minjem!

  27. #27
    gravatar

    Kisah klasik yg sememang jadi tauladan, sesuai utk semua usia.
    Kisah yg tersirat itu pengetahuan yg perlu difikir tanpa had masa.

  28. #28
    gravatar

    ketimbang nyimak sinetron or film barat mending nyimak kisah 1001 malam lebih bermanfaat
    k lo bisa gravatar menampilkan kisah 2 nya tiap hari atau berkelanjutan kan lebih asik
    okeee…….makasih

  29. #29
    gravatar

    ceritanya asik banget membuat aq gak mau beranjak dari tempat qu membaca. terima kasih telah membagi ilmu untuk para pembaca.

  30. #30
    gravatar

    menurutku kisah seribu satu malam menarik banget, terutama kisah tentang abunawas soalnya kucu dan mendidik

  31. #31
    gravatar

    Saya baca 1001 malam dulu waktu smp, baru nyampe malam ke499 dah diambil ma yang punya. Sekarang saya pengen punya bukunya, tapi sudah berburu ketoko buku dimanapun tidak ada yang jual. tolong kepada teman-teman dan sodaraku yang mengetahui tempat yang jual buku 1001 malam hubungi saya di
    dinar_bram@yahoo.com ato 08121809676

  32. #32
    gravatar

    Emang sich belum pernah baca kisahnya tapi dari membaca sekilas rasanya ingin deh baca bukunya….

  33. #33
    gravatar

    aku koleksi mulai dari SD (kira2 25 tahun yang lalu), satu buku mewakili 1 malam. berarti kalo mau lengkap kudu beli 1001 jilid:P

    1001 yang pernah aku milik terbitan CITRA BUDAYA – BANDUNG. Terjemahan dari ALLE VERHALEN VAN 1001 NACHT kary. J.C. Madrus.

    kalo tidak salah aku cuma sempat koleksi hingga malam ke 50-an, selain dulu miskin banget:( aku juga masih tinggal di kampung, jadi pesannya susah susah sekali. pesannya di toko buku SUTAWIJAYA, JL. Jagalan No. 37 telp. 471317 Surabaya.
    tapi sekarang sdh nggak tahu pindah kemana

    sayang sekali hingga kini bukunya tinggal 23jilid:( hiks…
    hilang entah kemana2…

  34. #34
    gravatar

    Pada waktu masih duduk di bangku Sekalah Dasar s/d SMP, saya sudah mengoleksi 999 kisah dari Kisah 1001 malam (bukan berupa Buku sebanyak 1001 kisah) yang kini hanya tersisa tidak lebih dari 100 kisah saja untuk saya teruskan untuk diceritakan kepasa Anak-anak saya, yaitu sebagian tentang cerita tentang Sibongkok si Raja Pandir, Kisah Ratu Shibah, Kisah Abu Nawas dan Raja Sultan Harun Al-Rasyid, Terompah Abu Kasim, dan sebagainya.
    Kebanyakan cerita dalam kisah 1001 malam banyak menyampaikan Pesan Moral dan itu terbukti kepada diri saya sendiri.
    saya hidup dan tumbuh dilingkungan yang keras karena Kampung tempat saya dibesarkan berada dibelakang Pasar yang kesehariannya penuh dengan kekerasan sampai perbuatan Kriminal.
    Saya ada mempunyai teman sewaktu masih SD, dia sudah sering berurusan dengan Hukum, hingga terakhir sekarang, dia masih berada dipenjara hanya karena urusan sepele dia dengan mudah membunuh orang lain yang tiada bukan adalah Adik Iparnya sendiri.
    Hampir seluruh teman kecil saya hingga sekarang ini banyak yang berurusan dengan Pihak Berwajib, padahal untuk tingkat kenakalan saya dengan mereka sama dan tidak ada perbedaan, Pelajaran Agama yang didapat juga sama, hanya saja mereka lebih berani yaitu MENCURI dan MEMBUNUH.
    Saya tidak atahu, apakah karena Buku-buku dan Kisah dari cerita 1001 malam sangat mempengaruhi Jiwa dan Otak saya apabila akan melakukan sesuatu lebih banyak berfikir apakah berdosa dan apakah dapat diterima secara logika.

  35. #35
    gravatar

    MeNuRuT Gwe sich Creita nYa SrU
    Gwe Mo jadi PenGaRaNg CriTa Kya’ Gto

  36. #36
    gravatar

    menurutku ceritanya biasa2 aja masih bagusan ama cerita aku
    penulis cerita diatas tidak reatif dan bahasanya sudah umum

  37. #37
    gravatar

    belon pernah baca full…

  38. #38
    gravatar

    Seru banget..pantas aja, Klo sang sultan selalu penasaran dengan cerita-cerita selanjutnya..pokoknya it’s a very interesting book to read on

  39. #39
    gravatar

    cerita yahud! penuh makna kali ye

  40. #40
    gravatar

    kok ceritanya ngak ada sambungannya lagi padahal amat seru

  41. #41
    gravatar

    aq da pernah punya buku ini, tp cuma ampe malem ke 27, please dong,, kasi tau aq dmana bisa beli buku seribu satu mala, soalnya aq penasaran kali pngen baca…
    tolong y semua yang tau harap kasi kabar ke email aq..// dee_tersohor@yahoo.com

  42. #42
    gravatar

    Saya mencari situs dmana situs itu berisi kisah2 ABU NAWAS, dmanakah dapat saya mendapatkannya. Mohon balas comment saya ini. Salam

  43. #43
    gravatar

    cerita buku ini lumayan, tapi dikit kecewa sih abis ceritanya dari buku yang aku beli ternyata sama kaya ceritanya suspense, karena ternyata buku yg aku beli endingnya to be continue….
    yah terpaksa nyari sambunganya lagi. Tapi buku ini lumayan lahhh

  44. #44
    gravatar

    versi english nya ada nggak ya…

  45. #45
    gravatar

    dalam bahasa inggris dong biar seru!!!!

  46. #46
    gravatar

    ada e-booknya ndak?

  47. #47
    gravatar

    kisah 1001 malam merupakan suatu kisah yang sangat melegendaris.sangatlah bodoh jika para pemimpin bangsa tidak tau menau tentang kisah2 yang sangat melegenda ini.

  48. #48
    gravatar

    Enak bgt ceritanya, abis aku nonton Film nya sich……

  49. #49
    gravatar

    kisah 1001 malam merupakan kisah yang sangat legendaris dan kebanyakan orang juga banyak tau.

  50. #50
    gravatar

    dulu waktu q maci imut,mami banyak cerita n beliin buku2 ky gt..

  51. #51
    gravatar

    kisah yg tiada tandingannya…

  52. #52
    gravatar

    sy berharap bisa ditampilkan dlm layar lebar… dengan kualitas yg sama di buku… serta kualitas sutradaranya..

  53. #53
    gravatar

    [...] Kisah Seribu Satu Malam ini banyak diceritakan kembali dalam berbagai bahasa, tidak hanya di kawasan Persia (sekarang wilayah Iran, Iraq, Afghanistan, Tajikistan dan Uzbekistan) namun juga oleh negeri-negeri Eropa, bahkan Amerika pun mengangkat cerita tersebut ke dalam film dan kartun. (Sumber : http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/24/kisah-1001-malam/) [...]

  54. #54
    gravatar

    Kish 1001 mlm adalh kisah yang sngat menarik, kisah yng menceritakan kisah nmun alurnya jelas dan sngat indh….

  55. #55
    gravatar

    ceritanya selalu kerasa keren T_T *haru*

  56. #56
    gravatar

    Sekarang lg cari sumber sebanyak2nya tentang kisah 1001 malam terutama aladin. Karena mau dijadikan bahan untk buat naskah dan dipentaskan. Ada yang bisa kasih masukan, info?

  57. #57
    gravatar

    dari dulu sejak masuk aliyah, q ingin banget baca kisah seibu satu malam secara keseluruhannya tapi kok cuma sebagiannya aja ya…kalau diatas si cerita awal mula kisah itu tapi yang jelas pernh baca 2 jilid penerbit mizan tapi kok hanta 2 jilid aja. kayaknya menarik banget kisah itu, ada sich versi arabnya tapi karena gaya bahasanya yang tinggi sulit memahaminya. kapan ya bisa baca keseluruhan kisah itu….?

  58. #58
    gravatar

    klo kisah 1001 malam tentang aladin sich, q punya bukunya penerbitnya dari mizan….

  59. #59
    gravatar

    Apakah ada situs langsung yg bs di klik,supaya bs tau smua kisah nya,kaya ny bisa buat nambah-nambah pengetahuan

  60. #60
    gravatar

    Kisah Seribu Satu Malam ini banyak diceritakan kembali dalam berbagai macam peristiwa atau film

  61. #61
    gravatar

    Kegagalan bukan akhir dari sebuah cerita dalam sebuah hidup jangan jadiakan kegagalan merubah siakap kita menjadi sikap yang kurang baik,ambil hikamah yang terkandung didalam suatu kegagalan itu.

  62. #62
    gravatar

    buku nya bagus,saya punya cuma yang jilid satu (itu juga dikasih sama paman hehehe..).
    banyak hikmah didalam nya. jadi kepengen beli lanjutannya..

  63. #63
    gravatar

    buku yang sangat menarik bagi saya (selain ayat-ayat cintax habibburahman). pertama baca buku ini waktu masih sd kelas 4. saya sempat membaca yang ’1001 malam 1′ dari penerbit mizan. mungkin temen2 ada yg bisa sharing dimana toko yg masih jual buku ini,yg jilid 1 dan 2. saya sudah lama cari buku tsb,tp g pernah ktmu.tolong infox (klo bisa k email saya : yazier_sheva@yahoo.com) thanx.GB

  64. #64
    gravatar

    duch nyes3 dech klo dach kyk gnie!
    Dlu wktu SD pux bukux py msh kgak hobby bca bku!
    Klo dach kyk gnie bingung dach!

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.