Shalahuddin Al-Ayyubi

Kamis, 21 April 2005M
13 Rabiul Awal 1426H

Sholahuddin Al-Ayyubi

صلاه الدين يوسف ابن ايوب Salahudin Al-Ayubi atau tepatnya Sholahuddin Yusuf bin Ayyub, Salah Ad-Din Ibn Ayyub atau Saladin –menurut lafal orang Barat– adalah salah satu pahlawan besar dalam tharikh (sejarah) Islam. Satu konsep dan budaya dari pahlawan perang ini adalah perayaan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang kita kenal dengan sebutan maulud atau maulid, berasal dari kata milad yang artinya tahun, bermakna seperti pada istilah ulang tahun. Berbagai perayaan ulang tahun di kalangan/organisasi muslim sering disebut sebagai milad atau miladiyah, meskipun maksudnya adalah ulang tahun menurut penanggalan kalender Masehi.

Shalahuddin terlahir dari keluarga Kurdish di kota Tikrit (140km barat laut kota Baghdad) dekat sungai Tigris pada tahun 1137M. Masa kecilnya selama sepuluh tahun dihabiskan belajar di Damaskus di lingkungan anggota dinasti Zangid yang memerintah Syria, yaitu Nur Ad-Din atau Nuruddin Zangi.

Selain belajar Islam, Shalahuddin pun mendapat pelajaran kemiliteran dari pamannya Asaddin Shirkuh, seorang panglima perang Turki Seljuk. Kekhalifahan. Bersama dengan pamannya Shalahuddin menguasai Mesir, dan mendeposisikan sultan terakhir dari kekhalifahan Fatimid (turunan dari Fatimah Az-Zahra, putri Nabi Muhammad SAW).

Dinobatkannya Shalahuddin menjadi sultan Mesir membuat kejanggalan bagi anaknya Nuruddin, Shalih Ismail. Hingga setelah tahun 1174 Nuruddin meninggal dunia, Shalih Ismail bersengketa soal garis keturunan terhadap hak kekhalifahan di Mesir. Akhirnya Shalih Ismail dan Shalahuddin berperang dan Damaskus berhasil dikuasai Sholahuddin. Shalih Ismail terpaksa menyingkir dan terus melawan kekuatan dinasti baru hingga terbunuh pada tahun 1181. Shalahuddin memimpin Syria sekaligus Mesir serta mengembalikan Islam di Mesir kembali kepada jalan Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Dalam menumbuhkan wilayah kekuasaannya Shalahuddin selalu berhasil mengalahkan serbuan para Crusader dari Eropa, terkecuali satu hal yang tercatat adalah Shalahuddin sempat mundur dari peperangan Battle of Montgisard melawan Kingdom of Jerusalem (kerajaan singkat di Jerusalem selama Perang Salib). Namun mundurnya Sholahuddin tersebut mengakibatkan Raynald of Châtillon pimpinan perang dari The Holy Land Jerusalem memrovokasi muslim dengan mengganggu perdagangan dan jalur Laut Merah yang digunakan sebagai jalur jamaah haji ke Makkah dan Madinah. Lebih buruk lagi Raynald mengancam menyerang dua kota suci tersebut, hingga akhirnya Shalahuddin menyerang kembali Kingdom of Jerusalem di tahun 1187 pada perang Battle of Hattin, sekaligus mengeksekusi hukuman mati kepada Raynald dan menangkap rajanya, Guy of Lusignan.

Akhirnya seluruh Jerusalem kembali ke tangan muslim dan Kingdom of Jerusalem pun runtuh. Selain Jerusalem kota-kota lainnya pun ditaklukkan kecuali Tyres/Tyrus. Jatuhnya Jerusalem ini menjadi pemicu Kristen Eropa menggerakkan Perang Salib Ketiga atau Third Crusade.

Perang Salib Ketiga ini menurunkan Richard I of England ke medan perang di Battle of Arsuf. Shalahuddin pun terpaksa mundur, dan untuk pertama kalinya Crusader merasa bisa menjungkalkan invincibilty Sholahuddin. Dalam kemiliteran Sholahuddin dikagumi ketika Richard cedera, Shalahuddin menawarkan pengobatan di saat perang di mana pada saat itu ilmu kedokteran kaum Muslim sudah maju dan dipercaya.

Pada tahun 1192 Shalahuddin dan Richard sepakat dalam perjanjian Ramla, di mana Jerusalem tetap dikuasai Muslim dan terbuka kepada para peziarah Kristen. Setahun berikutnya Shalahuddin meninggal dunia di Damaskus setelah Richard kembali ke Inggris. Bahkan ketika rakyat membuka peti hartanya ternyata hartanya tak cukup untuk biaya pemakamannya, hartanya banyak dibagikan kepada mereka yang membutuhkannya.

Selain dikagumi Muslim, Shalahuddin atau Saladin mendapat reputasi besar di kaum Kristen Eropa, kisah perang dan kepemimpinannya banyak ditulis dalam karya puisi dan sastra Eropa, salah satunya adalah The Talisman (1825) karya Walter Scott.

Komentar

182 komentar untuk catatan 'Shalahuddin Al-Ayyubi'

  1. #1
    gravatar

    http://dhani.blogspot.com/2003/09/saladin.html

    “… Kisah Saladin adalah kisah peperangan. Dari zamannya kita dengar cerita dahsyat bagaimana agama-agama telah menunjukkan kemampuannya untuk memberi inspirasi keberanian dan ilham pengorbanan – yang kalau perlu dalam bentuk pembunuhan. Tapi sebagian besar kisah Saladin – yang tersebar baik di Barat maupun di Timur dari sejarah Perang Salib yang panjang di abad ke-12 itu – adalah juga cerita tentang seorang yang pemberani dalam pertempuran, yang sebenarnya tak ingin menumpahkan darah…”

  2. #2
    gravatar

    Bagus sekali uraiannya, mas!

  3. #3
    gravatar

    Inspiring…
    Salah satu kisah menarik tentang Shalahuddin yang menancap di otak ialah saat mengobati panglima lawan yang sakit. wah, mirip dongeng…

  4. #4
    gravatar

    Salah satu pahlawan besar Islam yang saya kagumi

  5. #5
    gravatar

    shalahudin Al-Ayyubi
    Salah satu orang shaleh yang aku kagumi juga.
    Salah satu ceritanya ada di kitab Al-barjanji. Marhaban.

  6. #6
    gravatar

    Looks like Omar ben Chattab R.A:)

    Inspirating me so much!

    Tulisan bagus. Mengungkap sisi perang salib tanpa sentimen agama (biasanya tulisan sejenis menjelekkan agama “pihak lawan”, bukan oknum yang beragama itu sendiri..:( ).

    Great work:)

  7. #7
    gravatar

    Satu konsep dan budaya dari pahlawan perang ini adalah perayaan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang kita kenal dengan sebutan maulud atau maulid, berasal dari kata milad yang artinya tahun, bermakna seperti pada istilah ulang tahun

    dalam ceramah yang pernah saya dengar disuatu radio, memang konsep perayaan ultah tidak ada periwayatannya dalam hadits, tidak dilakukan oleh para shahabat, thabi’in, thabiut thabi’in dst. Jadi saya baru tahu bahwa merayakan ultah itu adalah ide shalahudin ini

  8. #8
    gravatar

    Allahhu Akbar….
    Great story….Salahudddin Al Ayubbi seseorang yang terbaik setelah Rasullulah

  9. #9
    gravatar

    Spirit Islam…….
    Indahnya Memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW.
    Pulangnya dapet Nasi bungkus euy.

  10. #10
    gravatar

    ana sangat simpati kepada sahabat rosul yang satu ini, meskipun dia mendapatkan suatu perlawanan yang maha dahsyat namun dia dapat mengatur urusan sedemikian rupa hingga situasi tersebut menjadikan orang lain tercengang kagum padanya, by ana

  11. #11
    gravatar

    buat ana, Salahuddin bukan sahabat rasul, sebab definisi sahabat rasul adalah pemuka atau tokoh atau pegiat islam pada zaman Rasul hidup. Sedangkan Salahuddin hidup 1192 masehi, ratusan tahun pasca Rasul wafat.

    Wah… sudah pake ana model bahas arab kok tdk tahu sejarah (maaf, saya mengkritik anda ya..), jangan hanya pake model bhs arab, pelajari juga dong sejarah kayak bung jay ini

  12. #12
    gravatar

    Oom jay, boleh tau sumber sumber yg anda gunakan utk penulisan ini? terus terang, uraiannya bagus, tapi singkat sekali. saya jadi terusik ingin baca lagi. thanks Oom.

  13. #13
    gravatar

    #12: kelihatannya sih dari Wikipedia

  14. #14
    gravatar

    [...] ada beberapa hal yang tidak sesuai sejarah seperti yang saja baca di Wikipedia Jay menulis sejarah dari Saladin dalam Bahasa Indonesia

    8 Responses Trackba [...]

  15. #15
    gravatar

    Tonton saja filmnya “Kingdom of Heaven”. Cukup fair untuk film karya Hollywood.

  16. #16
    gravatar

    saladin…he’a great warrior indeed!

  17. #17
    gravatar

    Terima kasih mas Jay, saya jadi tau tentang pahlawan muslim Salahudin. Hebat ya, nulisnya udah sejak April kemaren padahal filmnya baru muncul bulan Mei. Film kingdom of heaven sedikit menyorot tentang Salahudin, karena memang Ridley Scott melihat dari sisi Balian putra Lord of Ibelin, yang mempertahankan Jerusalem sebelum jatuh ketangan Salahudin. Trims…

  18. #18
    gravatar

    Saladin…he’s a great warrior indeed!…wish there would be more like him nowadays…by the way, kingdom of heaven is definitely a great movie..dont miss it guys!

  19. #19
    gravatar

    coba avatar baru. kebetulan suka juga dengan cerita salahuddin ini.

  20. #20
    gravatar

    alhamdulillah…. marilah kita bersatu, kembalikan kegemilangan era islam! wujudkan kekuatan dalam diri kita dan bantulah saudara seugama kita.

  21. #21
    gravatar

    Kemaren nonton “Kingdom of Heaven”.. untuk ukuran filem “barat” masih mendinglah.. walaupun yang diekspose sisi “hero”nya tetep pihak barat.. hehe..:)

  22. #22
    gravatar

    Bagus…boleh juga diperdalam lagi…buat dakwah dan pengetahuan…
    Shalahuddin Al-Ayubi, He is a great warrior, pembela agama Allah, rendah hati, konsisten, cerdas, dll.dsb..
    Beliaulah yang telah mengembalikan Al-Quds keharibaan kaum Muslimin…Subhanallah…

  23. #23
    gravatar

    kayaknya lebih bagus lagi kalo kisah hidup shalaahudin difilmkan. aku yakin bakalan banyak yang nonton dan memberikan inspirasi yang buat umat terutama kaum mudanya. amin….mudah2an dikabulkan:)

  24. #24
    gravatar

    bener tuh tonton aja “kingdom of heaven” great movie..

  25. #25
    gravatar

    Kapan ya bangsa Indonesia mempunyai pemimpin seperti Salahudin Al-Ayubi? Moga-moga ngak nunggu sampai Indonesia hilang dari dunia ini.

  26. #26
    gravatar

    Salahuddin = pahlawan Islam yang sangat saya kagumi…
    pertama dengar kisahnya dari syair lagu rap Islam yang bercerita tentang perang salib.

    dia mungkin merupakan pahlawan perang islam yang dapat disejajarkan dengan Khalid bin Walid dan sebagainya….

  27. #27
    gravatar

    Kingdom of Heaven. Great movie! kayaknya para pemimpin negri kita perlu untuk nonton film itu dech. Biar dapat inspirasi untuk meniru Salahuddin or Lord of Balian, jadi pemimpin harus dengan hati nurani jangan hanya gila harta, gila hormat, dan gila kekuasaan. biar Indonesia kita jadi Kingdom of Heaven. AMIN!

  28. #28
    gravatar

    Sesungguhnya banyak tokoh-tokoh semacam Saladin dalam sejarah Islam, seperti Abubakar, Umar, Ustman, Ali, Umar Bin Abul Aziz dan lainnya. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menjadikan kisah-kisah ini menjadi *pelajaran yang berguna*. Tanyakan pada diri kita mengapa mereka bisa seperti itu? Ada apa dibalik itu semua?

    Bacalah dengan nama tuhanmu!

  29. #29
    gravatar

    salahuddin al-ayyubi adalah pahlawan perang islam yang patut dicontoh dan idenya untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada nabi muhammad saw melaluai peringatan maulid ide yang jenius.

  30. #30
    gravatar

    thank’s a lot for information salahudin al ayubi

  31. #31
    gravatar

    assalamu alaikumm ww
    terus terang saya penasaran dengan PERANG SABIL (saya tidak suka nyebut yang yg lain)
    karena seolah-olah SABIL YANG SALAH. Saya yakin Shaladudin pasti pakai KATA SABIL ..
    Kalo bisa kirim lebig detail ke gue..
    terima kasih
    wa alaikum salam

  32. #32
    gravatar

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, Saladin merupakan alah satu tokoh Islam paling berpengaruh sepanjang masa. Kisahnya menarik untuk disimak dan banyak unsur religi-nya. Allahu Akbar! Let’s Jihad on Allah’s Way!

  33. #33
    gravatar

    makasih, saya baca artikel anda sebelum nonton “kingdom of heave” yg ga’ ada subtittle bhs indonesia nya…:)

  34. #34
    gravatar

    Saladin keren abizzzzzzzzzzzzz
    tapi saya mau tanya mas, apa betul saladin kalah?
    setau saya dia tidak kalah….
    Saladin; pemersatu islam, cerdas, rendah hati, gagah berani, taat beragama dan TIDAK KORUPSI….
    mudah2an indonesia segera memiliki pemimpin seperti dia.

  35. #35
    gravatar

    sangat menarik, but ada beberapa yang agak aneh. soalnya dalam sejarah yang pernah saya baca baik menurut versi islam dan yang lain, diterangkan bahwa sholahuddin tidak pernah kalah perang, didalam buku yang saya baca bahwa diadakan gencatan senjata antara sholahuddin dan richard the lionheart. dan disana tertulis bahwa tidak ada yang kalah ataupun menang. tetapi richard the lionheart mengakui kemenangan sholahuddin.
    terima kasih

  36. #36
    gravatar

    ” Sholahuddin Yusuf Al Ayyub merupakan tokoh Ilmuwan terkemuka yang memiliki keluasan ilmu dalam beberapa bidang baik science maupun agama. Beliau dapat menyatu padukan ilmunya baik dalam peperangan maupun ilmu pemerintahan. Konsep-konsep Aqkhlaq seorang Khalifah yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam ajarkan mampu beliau genggam dan junjung tinggi. Seluruh dunia menjadi saksi sejarah kekuatan, kebijaksanaan dan keanggunan akhlaq beliau baik dalam perang maupun dalam kehidupan pribadi beliau. Riwayat hidup beliau yang kharismatik akhirnya mendapatkan sorotan dari berbagai penjuru benua, Subhanallah… ” ( Ichsan H. Pranoto )

  37. #37
    gravatar

    Setahu Saya, Sholahuddin tidak pernah kalah perang.
    Dia salah satu tokoh yang saya kagumi diantara tokoh-tokoh Islam yang lain.
    Semoga muncul tokoh Islam serupa yang dapat merubah persepsi Islam dimata Dunia.

  38. #38
    gravatar

    Sholahudin adalah satu dari sekian banyak tokoh-tokoh islam yang kurang terekspos oleh kaum muslim sendiri, padahal kebesaran beliau di segala bidang hampir tak tertandingi di Zamannya….betapa sebuah kehilangan besar bagi kaum muslimin yang tidak dapat mencontoh tauladan beliau…selama ini kaum muslimin terlalu di butakan oleh cerita2 kepahlawanan kaum barat….yang notabene terlalu banyak di bumbui oleh kebohongan gereja..yang berdiri diatas kebohongan yang dilandasi oleh kebohongan…( ref: Davinchi code, Hj irene Handono dan Angel & Demons )…Andai saja kita bisa lebih mengenal para Pahlawan kita sebagaimana kita mengenal kisah2 cerita barat….( Wikan “algiffar” pambudi MMK)

  39. #39
    gravatar

    Ada sedikit kesamaan persepsi diantara King Richard The Lionheart dan Sultan Saladin dimana mereka menjunjung tinggi perjuangan untuk mendapatkan keadilan dan perdamaian. Kesejahteraan bagi manusia lebih diutamakan dibandingkan kekuasaan dan keserakahan, keselamatan rakyat dan prajuritnya lebih dipertimbangkan daripada pemuasan ambisi untuk mendapatkan popularitas terhadap kepemimpinan Yerussalem. Hal ini dapat dijumpai tatkala Richard The Lion Heart lebih berkehendak memutuskan untuk menarik mundur pasukannya dari perang salib dan membolehkan kaum kuslim memegang kepemimpinan di Yerussalem demi kesejahteraan seluruh kaum beragam yang ada. Begitupula dengan keberanian Sultan Saladin untuk menghadiri persetujuan genjatan senjata dengan pasukan salib sendiri tanpa pengawalan seorang prajuritpun! Semuanya itu demi menegakkan perdamaian…

  40. #40
    gravatar

    Alhamdulillah yang telah menganugrahkan nikmat-Nya hingga aku bisa membaca tulisan di atas.

  41. #41
    gravatar

    I believe that civilization war will come soon
    We should avoid this
    or the last crusade will happen and the world will not same anymore
    God please give peace to us

  42. #42
    gravatar

    salahudin adalah seorang tokoh yang hebat, tetapi setiap manusia pasti mempunyai suatu kelemahan.

  43. #43
    gravatar

    saya suka saladin ini keren, hebat, …suka menolong dan pemberani…sip sip…

  44. #44
    gravatar

    Saladin merupakan idolaku selain Tariq Bin Ziyad..:)

  45. #45
    gravatar

    Salahudin..
    banyak aku denger dan aku baca buku tentang salahudin.
    Dia sosok yang mengharumkan nama islam, sehingga orang-orang barat tidak meremehakn kaum muslim.

  46. #46
    gravatar

    aku orang malaysia. aku memang suka salahudin. saladin memang ‘world’ berjuta kali ganda daripada mawi world. gambate kundasai saladin. bilalah pemimpin islam kat dunia ni nak jadi hebat macam dia. sikit-sikit nak gaduh, sama2 islam, melayu pun nak membunuh, nak merusuh. camne dunia islam nak maju. bodoh betul. cepatlah keluar salahudin kedua sebab aku memang benci giler kat yahudi yang tengah buat onar kat jurusalam .

  47. #47
    gravatar

    tulisan yang cukup bagus terutama untuk pemuda jaman skrng agar mengerti perkembangn ilmu islam

  48. #48
    gravatar

    Alhamdulillah, sekedar menambahkan, kemarin minggu saya dapat kisah dari ustadz yg isi ceramah halal bi halal di mesjid, bahwa faktor utama yang dapat memenangkan pasukan Salahuddin Ayubi atas pasukan salib dari eropa yg armada lautnya memenuhi laut merah, karena beliau meskipun pasukannya jauh lebih sedikit tidak menyertakan prajurit2 yg jarang dan tidak pernah sholat berjamaah, tidak pernah dan jarang baca quran, tidak pernah sholat tahajud, dan yang lemah dalam amalan agama,
    karena kemenangan datangnya dari Allah, bukan dari kekuatan atau kelengkapan senjata dan pertolongan Allah datang karena kesempurnaan Iman dan Amal kita,
    Pantesan yaa “orang islam”(bukan orang beriman) selalu dalam kekalahan, pasti karena tidak sempurnanya Iman kita kepada Allah dan Amalan kita,
    Wah indonesia belom diserang aja udah gini, apalagi di serang,
    Mari kita sempurnakan Iman dan Amal kita, dan perbaiki silaturahim diantara saudara seiman. inshaAllah kita ishlah diri kita.

  49. #49
    gravatar

    ASalamualaikum…..

    Pada pendapat saya web ini sangat bagus untuk perkembangan dan kemajuan islam.saya harap ini akan berterusan sampai bila2.Harapan saya agar cite2 yang berunsur nasihat lebih banyak dimuatkan di dalam web ihi.

    Sekian Terima Kasih…..

    wassalam

  50. #50
    gravatar

    Masya Allah, kemarin sempat nonton movie tentang perang salib pada jaman Sholahuddin, tapi image dari movie tersebut menurut opini pribadi adalah membalikkan fakta sejarah. Semoga terus bermunculan dan tampil ke depan para pemimpin muslim yang memiliki karakter Sholahuddin ini, amiin

  51. #51
    gravatar

    [...] Tak lupa tokoh pahlawan kaum Muslim diulas, yaitu Saladin atau Shalahuddin yang juga diakui tidak hanya diidolai oleh orang Islam tapi juga disegani oleh kaum Barat pada saat itu. Juga diulas pandangan kaum Muslim terhadap legenda Saladin di bagian epilog yang mengulas aspek-aspek warisan Perang Salib. [...]

  52. #52
    gravatar

    Biasanya, orang akan menunjukkan sikap yang terbaik jika ia memahami esensi(benang merah) dari suatu fenomena. Dan itu tidak akan tergores secara mendalam apabila fenomena itu tidak datang mengetuk penglihatan fisiknya sendiri….

    (maksud saya…. ….. gambar2 Sultan Shalahuddinnya kurang banyak& kurang jelas tuh…. kan supaya kita2 lebih mudah mengingat peristiwa & esensi sejarah tsb lewat facenya Sultan Shalahuddin….). Itu klo gbnya ada loh mas, om, bang jay…

    thx…:)

  53. #53
    gravatar

    Alhamdulillah Artikelnya bagus sekali, namun saya mengoreksi tulisan nama Shalahuddin dalam bahasa Arab, bukan menggunakan ha’ Besar (صَلاَهُ الدِّيْن), tapi ha’ Kecil (صَلاَحُ الدِّيْن)..Wassalamu’alaikum

  54. #54
    gravatar

    [...] Tak lupa tokoh pahlawan kaum Muslim diulas, yaitu Saladin atau Shalahuddin yang juga diakui tidak hanya diidolai oleh orang Islam tapi juga disegani oleh kaum Barat pada saat itu. Juga diulas pandangan kaum Muslim terhadap legenda Saladin di bagian epilog yang mengulas aspek-aspek warisan Perang Salib. [...]

  55. #55
    gravatar

    [...] [...]

  56. #56
    gravatar

    dalam satu filem inggeris tajuknya ‘Kingdom of the Heaven’ korang boleh tengok cam ne Shalahuddin dan tentera kristian berperang yang akhirnya orang Islam berjaya menawan Jerusalem. Memang best! Dalam filem tu kita dpt tngk semngt jihad org Islam n kebijaksanaan Shalahuddin dlm mengatur strategi peperangan.

  57. #57
    gravatar

    [...] Jika anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di filem Kingdom of Heaven [resensi Priyadi], maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan Muhammad Al-Fatih jauh lebih ketat, tidak hanya dalam hitungan hari tapi berminggu-minggu. [...]

  58. #58
    gravatar

    ass.
    Shalahuddin Al Ayyubi ” The Great Leader” wah! seorang panglima perang super hebat yang mampu ngalahin ksatria Crusade( perang salib ). moga-moga aku atau ada orang lain zaman ini bisa seperti dia yang mampu membebaskan The Holy Land (palestine) lagi dari kebengisan israel!

  59. #59
    gravatar

    KITAB SALADIN

    Saya tak percaya Saladin, atau Salahuddin, sehebat dan sesuci seperti yang dibayangkan oleh semua posting ini. Tak ada Jenderal perang yang tak pernah menelan kekalahan. Dan sehebat-hebatnya seorang Jenderal, ia adalah manusia, yang juga mengalami pelbagai ketegangan dan retakan mental, pasang surut antara keberanian-ketakutan.

    Salahuddin melakukan blunder fatal ketika ia tak secepatny menaklukkan Tyre. Ketika ia sudah di depan Tyre, ia justru membatalkannya: sesuatu yang membuat Richard bisa sampai berada diambang Yerussalem atau al-Kadisiyah atau al-Quds.

    Mundurnya Richard dan penerimaan Salahuddin atas proposal genctan senjata adalah saat ketika dua tokoh hebat itu sama-sama mulai didatangai ketakutan akan masing-masing lawannya: Richard ngeper pada Saladin karena apa pun namanya dialah orang Islam pertama yang berhasil merebut kembali Yerusalem setelah 90 tahun pendudukan, sementara Salahuddin (atau Saladdin) mulai getir karena beberapa saat sebelumnya, Tyre dan Cairo sudah diporakporandakan tentara Crusade pimpinan Richard.

    Jika kita baca The Book of Saladdin, biografi Salahuddin yang disusun dalam bentuk proso-biografi, maka akan kita lihat betapa Salahuddin adalah manusia biasa, seperti Sultan yang lain dalam tradisi Islam, senang “menunggangi” perempuan-perempuan dan budak di haremnya, dan bahkan suka minum anggur, dan hingga akhir hayatnya tak pernah berhaji, satu hal yang disebabkan oleh ketakutannya akan kehilangan kekuasaan.

    Tulisan bung Jay (maaf) menurut saya adalah tulisan yang payah, untuk tak menyebut buruk. Tulisan Jay adalah tulisan biografi yang penuh puja-puji, satu tipe tulisan biografi yang sudah ditinggalkan bahkan sejak 50 tahun silam. Gagal menghadirkan sosok Salahuddin seutuhnya manusia, yang punya kelebihan-kekurangan dan mengalami banyak dilema-dilema kemanusiaan dan mental.

    Bung Jay, maaf, saya sama sekali tak tergugah ketika membaca tulisan anda tentang Salahuddin. Inilah kritik saya.

  60. #60
    gravatar

    setelah saya membaca kisah salahuddin, saya merasa malu pada diri saya.karena saya belum dapat berbuat lebih seperti salahuddin.semoga siapapun yg membaca artikel ini menjadi malu pada dirnya sendiri.bahwa kita umat muslim harus selalu menegakkan panji2 allah.selam dalam kebenaran

  61. #61
    gravatar

    hmmm…Al aqsha…Palestina.
    hope i can be like solahudin
    i want to give the best for my this way of life
    Islam i love you
    forever and ever
    wait for my action
    Allah…only you can help me

  62. #62
    gravatar

    Assalamualaikum………..
    saya sedang mencari berbagai referensi tentang SALAHUDDIN AL-AYYUBI.
    saya tertarik dengan epos The invisible Salahuddin.
    kalau bisa uraian tentang salahuddin diperpanjang……

  63. #63
    gravatar

    Salahuddin memang hebat, sangat hebat! Adakah kehebatan itu dimiliki oleh generasi Islam sekarang. Generasi Islam skrg tenggelam dalam lautan hedonism dan materialism. Dan Pemerintahan negara-negara Islam (katanya) skrg punya dosa yang sangat besar krn andil dalam hanyutnya generasi Islam kini dlm lautan tsb. Semangat Salahuddin tiada lain adalah JIHAD, dan itu yg membangunkan Izzah Islam. Jihad tiada arti lain selain PERANG, Perang di jalan Allah. Mereka katakan, msh byk hal lain selain perang yg dapat juga disebut jihad. Padahal mencari-cari arti lain selain itu artinya karena mereka TAKUT MATI, PENGECUT, dan TAK PUNYA NYALI. gitu aja!

  64. #64
    gravatar

    saya sangat menggemari yang namanya saladin atau salahudin dalam permainan komputer age of empire atau pun stronghold crusader saya harap menemukan siapa itu saladin eeeh ternyata salahudin toh Allohuakbar saya sangat kagum padanya karena dalam permainan tersebut saladin adalah salah satu karakter yang susah di kalahkan sebagai musuh dan kuat sebagai karakter sendiri artinya dunia baratpun mengakuinya. tolong kasih saya balasan bila ada yang membaca komentar ini ke zxonk@yahoo.com

  65. #65
    gravatar

    jaman saladin..lahir…tuh di nusantara lagi jaman nya kerajaan sriwijaya…kerajaan kediri..trus kerajaan apa laghi yah? dah denger kan sepenggal kalimat dari pilm kingdom of heaven…tiap tiap agama punya orang gila yang fanatik…hidup salah al din..hidup richard..hidup godfrey.hidup guy ..hidup balian..hidup jay nyang mpunya blog…hidup saya….

  66. #66
    gravatar

    Kapan Indonesia akan mempunyai seorang pahlawan muslim seperti beliau, and Indonesia yang diklaim sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dapat mempunyai pemimpin yang tidak hanya ber-IPTEK tinggi tapi juta ber-IMTAQ baik.

    Wallahu aalam bissawaab

  67. #67
    gravatar

    kalo saya kasih masukan tentang film Kingdom of Heaven, mungkin benar bahwa film itu membawakan kisah perang salib dengan fakta yg akurat dan orisinal, tapi bagi saya hal itu kenaifan yg tak lebih dari suatu bentuk mengalihkan perhatian publik yg dilakukan oleh pasukan salib abad 21, mengingat film itu diputar setelah maraknya protes kepada amerika berkaitan perang iraq dan afganistan.
    Sudah seharusnya para muslim memetik hal berharga dari kisah saladin tersebut, perang salib jaman saladin mungkin hanya menjadi sejarah/tharikh islam yg populer, tetapi kita harus waspada bahwa masih ada perang salib atau apapun namanya yg sesuai dgn jaman kita /masa depan, islam tidak akan pernah sepi dari musuh, karena cahaya islam sangat mengganggu pihak salibis.
    Semoga kaum muda islam tidak goyah dalam memperjuangkan islam, buat bang jay tulisan ttg saladin sangat membantu bagi generasi islam sekarang yg notabene dipenuhi oleh hiburan2 yg hedonis dan jauh dr nilai islam.

  68. #68
    gravatar

    Mungkin kalau Pak RT saya seperti Shalahuddin al-Ayubi, RT lain akan takut memberikan surat pengantar kepada warga yang mbelot minta dibikinin KTP sementara. RT saya tidak akan mau diatur oleh RW yang gendeng atau bahkan Pak Lurah yang Letoy. Orang yang eling udah abis…tinggal yang linglung-linglung di wilayah RT saya. Yang enak gini ari ngopi nich sambil nungguin kali aje keadaan kacau lagi and ade orang-orang yang mau ngejarah lagi..! abis semua pade susah.
    Saya sangat mengagumi Shalahuddin al-Ayubi, semoga masih ada sisa-sisa ruh beliau yang akan menitis kedalam putra-putri terbaik bangsa ini yang sudah sangat perih ucusnya.

  69. #69
    gravatar

    assalamualaikum apa khabar semua
    lahirkanlah jiwa salahuddin dalam diri anda semua

  70. #70
    gravatar

    Salahuddin al-Ayyubi sangat toleran kepada musuh-musuhnya. Ketika Ricard the Lion Heart sakit, Salahuddin menyamar sebagai dokter Arab dan mengobati Ricard. Setealh ricard sembuh ia memimpin kembali peperangan Salib. tetapi begitu mengetahui bahwa suara yang memebri komando kepada pasukan Islam Salahuddin, Ricard mengajak berdamai. Setahun setelah wafatnya Salahuddin, Ricard menikahkan adik perempuannya dengan saudara Salahuddin al-Ayyubi. Pernikhan ini dimaksudkan sebagai kenangan dan pengikat perdamaian antara tentara Kristen dengan umat Islam dalam perang Salib. Tapi sayang usaha ini, gagal, karena Ricard dikutuk dan dikucilkan oleh Paus dan perang Salib terus berlanjut di bawah panglima perang Kristen yang lain

  71. #71
    gravatar

    Shalahuddin Al-Ayyubi adalah gambaran idola saya semenjak masih SD hingga sekarang. Saya “mengenalnya” dari ceramah ustadz ketika saya kecil, saya tertarik dengan visi beliau (menurut versi saya pribadi) yang menekankan pada keadilan, kebebasan menjalankan keyakinan/toleransi, persaudaraan dan yang terpenting adalah kasih sayang terhadap semua manusia termasuk terhadap musuh2nya. Ia hanya menjalankan tugasnya sebagai pelindung dan pembela umat. Ia “hanya” salah satu contoh kecil Ksatria Sejati. Dan sebagai seorang manusia, tentu saja tidak ada yg sempurna, walau saya tidak pernah mendengar atau membaca “aib2-nya”, jikalau pun ada…Semoga Allah mengampuninya dan memberikan ganjaran syurga bagi pahlawan ini. Buat saya ia manusia yang Masya Allah deh…
    Semoga Allah berkenan membangkitkan Shalahuddin2 baru yang mewarisi suri tauladan dari Shalahuddin Al-Ayyubi…Amien

  72. #72
    gravatar

    Allahu Akbar…..
    Tegakkan Syari’ah
    Terapkan Khilafah

  73. #73
    gravatar

    aneh, kebenaran koq di perebutkan. setiap ajaran yang benar tidak pernah mempunyai musuh. mungkin karena itu karl marx katakan, agama adalah candu masyarakat. seandainya tuhan itu gak ada, sia-sialah pertengkaran ini.

  74. #74
    gravatar

    ha?! Tnyata nama Saladin Alfaatih beneran bagus ya? maksudnya, kombinasi yg pas (emngnya kopi, Feb?) baru nyadar stlh baca tulisan ini.

    Saladin + Al Fatih = Saladin Alfaatih

    *narsis*

  75. #75
    gravatar

    saya merasa kagum sekali dengan shalahuddin al-ayubi, selain seorang kesatria muslim ia juga sebagai seorang hamba yang sangat taat kepada tuhannya! beliau adalah seorang pahlawan legendaris yang sangat dikagumi kawan maupun lawan di massa perang salib saya menyimpulkan bahwa kenapa perang yang dipimpin oleh beliau selalu berakhir dengan kemenangan? itu karena cara perang yang beliau jalani sesuai dengan cara perang rasulullah selain itu beliau juga seorang pribadi yang baik.

  76. #76
    gravatar

    BIogarfi dari sholahudi al ayubi apakah dibukukan dan dijual bebas? ada yg tahu dimana saya hrs membeli buku tersebut?

  77. #77
    gravatar

    Subhanallah…. saya terharu sekali dan sekaligus bangga menjadi seorang muslim, karena sebenarnya sepeerti itulah ajaran islam yang sebenarnya, islam agama damai karena islam datang sebagai rahmatan lil’alamin dalam artian tidak hanya mengajarkan kebaikan pada intern islam saja tapi juga antar umat beragama.Sungguh shalahiddin al ayubi, namamu akan terus terekam oleh tinta emas sejarah.

  78. #78
    gravatar

    saya bangga pada kepahlawanan saladin, saya harap mewarisi kepahlawananan beliau tuk mengobarkan perang salib baru, menghancurkan new imprealis vatikan dan amerika cs dan didukung penuh gerakan zionis dunia. bebaskan palestina jayakan dunia diatas al quran dan hadist.

  79. #79
    gravatar

    Saya sudah membaca bebrapa buku bukunya sejak kuliah..Dan sampai sekarang masih tetap mengagumi apa yang telah dilakukan Shalahuddin Al Ayyubi, terutama dalam kancah perang Salib

    Wassalam.

  80. #80
    gravatar

    ass.subhanallah……………..
    jazakillah.tulisan yang hebat.yang jelas telah membantu saya .sebagai pemantik semangat dan menambah tsaqofah;:->save palestina.ALLAHU AKBAR!!!

  81. #81
    gravatar

    INSYAALLAH Jika semangat seperti Shalahuddin Al-Ayubi ini jika dijadikan contoh teladan oleh orang islam.Kita mungkin akan menyulangi sejarah islam.Dimana beliau dapat meraih kemenangan di dalam peperangan salib.

  82. #82
    gravatar

    saya paling kagum mah sama Allah SWT ajah:D

  83. #83
    gravatar

    ya emang sih Allah SWT tiada tandingan dan tiada sesuatupun yang setara denganNya.
    tapi bukankah dalam hidup ini kita butuh suplemen tambahan sebagai pemantik semangat kita walaupun demikian kita juga sadar bahwa islam agama yang sumul. sepakat………….:->

  84. #84
    gravatar

    saladin merupakan salah seorang tokoh yang pernah kubaca kisah heroiknya disamping itu filmnya pun juga pernah kutonton meskipun dalam versi barat. kisah heroiknya yamg ditampilkan kebanyakan berkisah mengenai peperangan dan penaklukan. dewasa inikiranya perang bukan pilihan terbaik dalam memecahkan sebuah persoalan.
    kiranya perlu sebuah kebesarann jiwa untuk saling menghargai. serta perlunya pemaksaan dalam bentuk penyeragaman.

  85. #85
    gravatar

    menurut saya sih yang namanya shalahuddin al ayub merupak panglam perang yang sangat berjasa dalam pembukaan kota palestina yang sekarang ini sedqang dilanda oleh kekjaman zionis israel matiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kauuuuuuuuuuuu israel

  86. #86
    gravatar

    cerita yang amat bagus!!!!

  87. #87
    gravatar

    assalamualaikum,

    fyi, saya baru selesai buat sedikit research tentang kingdom of heaven. it appears that the producer exaggerated balian’s profile a lot but alhamdulillah Salahuddin’s profile remains mostly correct.

    utk penulis post #64, anda begitu mudah percaya ckp orientalis yg memburukkan pahlawan Islam. memang benar dia bukan manusia sempurna. krn itu ada strategi perangnya yg boleh dipertikaikan. setakat itu. tentang salahuddin meniduri perempuan, minum arak dan juga ttg filem amerika yg anda mention tersebut, cukup menyedihkan krn bukan shj anda sebagai org yg mengaku muslim tidak marah, malah mengiyakan fitnah mereka. may Allah give you strength to see the truth.

  88. #88
    gravatar

    Salahudin adalah tokoh yang menghidupkan kembali sunah rasul didalam kehidupan agama, sosial, ekonomi dan politik dunia dan akhirat. saya salut sekali kepada beliau karena di zaman itu orang sudah tidak menggunakan alqur’an dan sunah rasul dalam kehidupannya walaupun sistemnya menggunakan sistem kerajaan islam tetapi jauh sekali dari nilai-nilai islam, maka dia menegakan panji-panji islam didalam kehidupan bernegara.

  89. #89
    gravatar

    bagus banget mas tulisannya..saya slalu tertarik sama tarikh islam.keep up the good work!aku linknya blognya:)

  90. #90
    gravatar

    Subhanallah…
    saat ini kita masih mencari sosok seperti beliau…
    anyway,
    mumpung ada kesempatan, aku pengen curhat, tentang film Kingdom of Heaven, memang sudah lama, tapi smg tidak terlambat. Dalam film itu banyak penyimpangan cerita tentang Islam dan para tokohnya terutama Salahuddin ini… saya harap suatu saat ada generasi Islam yang mampu melawan propaganda semacam itu… amin…
    Allahu Akbar!

  91. #91
    gravatar

    Salut buat SALADIN, Mudah2an suatu saat akan datang pejuang Islam yang seperti dia, bahkan lebih baik dari dia.
    Tapi kok nama tokohnya mirip seperti game “age of empire” apa ini propaganda dari kaum salibis…?

  92. #92
    gravatar

    Wah… ceritanya sangat baik skali, tapi mnurut saya ada kesalahan dalam cerita tersebut, sebenarnya bukan beliau yang pertama kali mengadakan Maulid Nabi, malahan dialah yang menntang perayaan tersbut.
    Wallahu Alam

  93. #93
    gravatar

    Untuk teman2 Muslim jika membaca keburukan2 yang ditujukan kepada tokoh2 kita biarkan aja, itu semua adalah fitnah, jika kita keras meraka akan tetap keras kepala, Percayalah Salahuddin adalah sosok Muslim sejati, berakhlaq mulia, tidak minum2an keras apalagi perempuan. itu hanyalah iri dengki dari musuh2 Islam atas kebesaran beliau.

  94. #94
    gravatar

    Salam ukhuwwah pada semua Muslimin di sini,

    Saya ingin mengiklankan di sini bahawa sebuah syarikat IT dan gabungan pakar2 animasi dan sound design di Malaysia sedang menyiapkan drama siri animasi bertajuk “Saladin”.Sedang dalam pembikinan.Tapi jika dilihat dari trailer nye,3d grafik yg digunakan cukup teliti dan fantastik! Akan ditayangkan di Malaysia pada 2008 !

    disini disertakan url nya ,http://www.saladin.tv
    boleh dilihat trailer nya..cukup fantastik ! Syabas Malaysia !

  95. #95
    gravatar

    its a great story

  96. #96
    gravatar

    wah, film kingdom of heaven keren banget, walaupun dibuat oleh barat tapi mereka dengan jujur mengakui bahwa islam pada zaman salaudin merupakan masa keemasan dimana syariat benar – benar dijalankan dan hukum islam benar – bnar ditegakkan.

    salaudin merupakan tokoh yang sangat hebat dalam sejarah islam dengan barat

    hebat…. salaudin salam untukmu

    awang

  97. #97
    gravatar

    saya berkomentar: menurut saya Saladin orangnya baik, kalu perang selalu bawa pelempar api apalagi pasukannya yang banyak sekali membuat saya kalah terus jika melawannya. apalagi dengan pasukan singa.

  98. #98
    gravatar

    saya suka dengan cerita diatas…
    mudah-mudahan dapat berguna untuk pengetahuan saya…
    amien…..

  99. #99
    gravatar

    sori agak melenceng

    stelah membaca ini, kok banyak yg merujuk wikipedia?

    anda tahu kalo wikipedia itu produk propaganda yahudi? anda tahu founder wikipedia itu yahudi?
    bisnis bikin porn site?

    wikipedia akan menghapus setiap materi yg bertentangan dg kepentingan yahudi

    ini salah satu bentuk kontrol yahudi thd ilmu pengetahuan.

    setelah mengusai tv, koran dll. anda pikir yahudi tidak mencoba menguasai internet? naif skali kalo anda menjawab tidak.

    hati hati dg wikipedia . . .

  100. #100
    gravatar

    [...] banyak ulasan yang perlu disimak mengenai film ini; – dari rekan Komunitas Penulis Kristen: Ulasannya menarik dan sangat bagus, alinea terakhir mereka menulis: …..”Walau bagaimanapun Perang Salib adalah sejarah hitam akibat dari abusement terhadap ajaran Tuhan Yesus Kristus, bagaimana Lambang Salib Sang Raja Damai itu dijadikan ‘icon-perang’ selama hampir 4 abad. Pada akhirnya Perang-Salib ini dimenangkan oleh kubu Sabil. Tahun 1453 merupakan masa jatuhnya Konstantinopel, kota kebanggaan Kristen itu menjadi Negara Islam hingga sekarang. Maka, hendaknya hal tersebut menjadikan suatu bukti bahwa Perang-Salib itu tidak dikehendaki Tuhan.” ulasan lengkap baca disini. – Priyadi. juga membahas filem ini, baca disini. …”Tokoh utama pada film ini adalah Balian dari Ibelin, salah seorang dari pihak Kristen yang menghendaki perdamaian dengan pihak Islam yang dipimpin oleh Saladin. Film ini berusaha untuk adil, ada protagonis dan antagonis di pihak Kristen dan Islam. Protagonis adalah orang-orang yang menghendaki perdamaian, sedangkan antagonisnya adalah orang-orang yang mencoba untuk menyulut permusuhan”. – Jay, menulis tentang Saladin disini. – Republika juga memuat ulasannya tentang bagaimana film ini disambut baik oleh dunia Islam disini. …Film Kingdom of Heaven besutan sutradara Hollywood, Ridley Scott direspons positif oleh pemerhati film di dunia Islam, khususnya Arab. Film yang bercerita tentang pertempuran memperebutkan kota Yerusalem antara pasukan Muslim dan pasukan Kristen pada abad ke-12 atau Perang Salib ini dianggap objektif dan memotret fakta sejarah. – Kapanlagi.com juga mengulas dengan menyorot kisah cinta yang justru menjadi trade mark filem2 Hollywood. :p (judulnya saja: Kingdom of Heaven: Cinta Terlarang Bersemi di Medan Perang) – dan masih banyak lagi, coba aja goggling….:p [...]

  101. #101
    gravatar

    kisah panglima perang Jabal Tarik menaklukan spanyol dengan pasukan yang tidak banyak lebih seru dari kingdom of heaven

  102. #102
    gravatar

    Ass.Wr.Wb
    Bagaimana bila kita tidak hanya mengharapkan adanya orang yang sehebat Salahuddin namun berusaha untuk meneladani hal-hal yang ada pada beliau,bukankah dengan hal itu akan lebih banyak tercipta Salahuddin-Salahuddin yang lain daripada kita hanya sekedar berharap orang lain yang melakukannya???????????
    Mohon jadi pertimbangan Anda sekalian…….Amiiinnnn…….

  103. #103
    gravatar

    Sultan Saladin adalah Sultan terbaik, Oyi………….!

  104. #104
    gravatar

    Salam kenal utk Jay,
    Thx utk tulisan anda ttng Sholahuddin.. Oce bngt koq !!! boeat yg komentar agak minus utk tulisan anda/Sholahuddin, biar aja. Kita sdh dewasa n mdh2an cukup bijaksana. Kita ambil contoh yg baik2 saja dr sosok Sholahuddin, mengenai perilaku pribadinya (baik yg terpuji/yg kurang terpuji.. kalo emang ada ??? )biarlah menjadi tanggung-jwb beliau kpd.Allah SWT. Bagaimanapun sosok Sholahuddin sudah tercacat/diakui oleh dunia Islam/di luar Islam adalah tokoh yang terpuji. Kurang bijaksana rasanya bila kita2 yg tdk menyaksikan dg mata kepala sndr.perilaku pribadi beliau memberi komentar dengan bhs yg menurut saya agak kasar. Saya setuju tidak ada manusia yg sempurna. Kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT semata…

  105. #105
    gravatar

    Sepak terjang dan perilaku yang dilakukan oleh Shalahuddin akan selalu menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi semua pejuang, termasuk pejuang dakwah Islam khususnya di Indonesia dan dunia umumnya.

    Bagi kita tidak perlu terlalu banyak berdebat dan membandung bandingkan, yang biasanya itu bermuara pada kelambatan akselerasi. Aksi nyata yang lebih diperlukan untuk membangun bangsa ini dengan banyak melakukan kerja dan sedikit bicara.

    Thanks untuk mas Jay yang sudah meluangkan waktu untuk menulis kisah yang bagus ini. Wassalam!

  106. #106
    gravatar

    Luar biasa………..
    saya tertarik dengan kisah yang anda paparkan. bisa lebih banyak lagi ga?

  107. #107
    gravatar

    Saya sangat berterima kasih sekali, karena di zaman yang marak dengan hal-hal yang tidak mendidik sekarang ini. Ternyata masih ada yang peduli dengan pendidikan. Terutama situs ini…. sungguh saya sangat menyukainya.

  108. #108
    gravatar

    wow keren abiz, coba kalo pemimpin indonesia kaya salahudin al ayyubi mungkin indonesia gak akan kaya gini

  109. #109
    gravatar

    Aku mengagumi Shalahuddin Al ayyubi..sebagai salah satu pahlawan besar dala sejarah islam…..aku mau nanya sedikit..
    pada saat akan memerintah..yg berkuasa di daerah mesir..adalah..dinasti Fatimid..(pada saat itu ada satu kerajaan islam..Abbasiyah…dan di mesir adalah pengejawantahan khilafah abbasiyah..kalau dirunut kembali..Fatimid itu apa benar anak rasulullah saw? soalnya ada juga versi yg mengatakan itu bukan keturunanya..tolong di beri verifikasi dengan bukti kuat..supaya tidak terjadi..pemutarbalikan sejarah..yg justru bisa memusingkan…terutama generasi muda..

  110. #110
    gravatar

    saya penggemar salahundin/saladin. sampai2 saya mengganti nama saya yang tadinya dodon dengan saladin. sekarang teman2 memenggil saya saladin,sal,sala dan adin. tapi saya gak mau dipanggil udin. saya bangga di panggil saladin.

  111. #111
    gravatar

    angkat topi buat salahudin..makasih buat jay n slrh komentator….bikin hidup lbh hidup….. disini debat gak ada gunanya.. apalagi menyangkut kitab suci: bukan tempatnya… Pissss. bagimu agamamu bagiku agamaku wassalam

  112. #112
    gravatar

    cukup bagus, provokatif, tapi memiliki alur yang kurang relevan

  113. #113
    gravatar

    hmm..the great hero… karismatik dan empatik..

  114. #114
    gravatar

    Cerita tentang sepak-terjang seorang Salahuddin Al-Ayyubi hendaklah diambil hikmahnya. Terlepas dari kekurangan dan kelebihan dia sebagai seorang manusia biasa yang diberi kesempatan untuk memimpin sebuah Khilafah Islamiah pada zamannya, namun sat hal bahwa, dai telah mencatatkan pengaruhnya dalam sejarah dunia Timur-Barat.

    Tempatkanlah dia sebagai aktor yang pernah hadir pada panggung sejarah dunia masa lampau. Itu saja.

  115. #115
    gravatar

    Cuplikan dari Goenawan Mohammad dalam sebuah Catatan Pinggirnya:
    “… Kisah Saladin adalah kisah peperangan. Dari zamannya kita dengar cerita dahsyat bagaimana agama-agama telah menunjukkan kemampuannya untuk memberi inspirasi keberanian dan ilham pengorbanan – yang kalau perlu dalam bentuk pembunuhan.

    Tapi sebagian besar kisah Saladin – yang tersebar baik di Barat maupun di Timur dari sejarah Perang Salib yang panjang di abad ke-12 itu – adalah juga cerita tentang seorang yang pemberani dalam pertempuran, yang sebenarnya tak ingin menumpahkan darah. Saladin merebut Jerusalem kembali di musim panas 1187. Tapi menjelang serbuan, ia beri kesempatan penguasa Kristen kota itu untuk menyiapkan diri agar mereka bisa melawan pasukannya dengan terhormat. Dan ketika pasukan Kristen itu akhirnya kalah juga, yang dilakukan Saladin bukanlah menjadikan penduduk Nasrani budak-budak. Saladin malah membebaskan sebagian besar mereka, tanpa dendam, meskipun dulu, di tahun 1099, ketika pasukan Perang Salib dari Eropa merebut Jerusalem, 70 ribu orang muslim kota itu dibantai dan sisa-sisa orang Yahudi digiring ke sinagog untuk dibakar.

    “Anakku,” konon begitulah pesan Sultan itu kepada anaknya, az-Zahir, menjelang wafat, “… Jangan tumpahkan darah … sebab darah yang terpercik tak akan tertidur.”

    Dalam hidupnya yang cuma 55 tahun, ikhtiar itulah yang tampaknya dilakukan Saladin. Meskipun tak selamanya ia tanpa cacat, meskipun ia tak jarang memerintahkan pembunuhan, kita toh tahu, antara lain dari film Hollywood sekalipun, bagaimana pemimpin pasukan Islam itu bersikap baik kepada raja Richard Berhati Singa yang datang dari Inggris untuk mengalahkannya. Ketika Richard sakit dalam pertempuran, Saladin mengiriminya buah pir yang segar dingin dalam salju, dan juga seorang dokter. Lalu perdamaian pun ditandatangani, 1 September 1192, dan pesta diadakan dengan pelbagai pertandingan, dan orang Eropa takjub bagaimana agama Islam bisa melahirkan orang sebaik itu …” (Goenawan Mohammad, Catatan Pinggir 4, Grafiti 1995)

  116. #116
    gravatar

    cerita yang sangat bagus sekali. semoga di dunia ini ada orang seperti salahadin yang bisa memimpin umat islam di dunia ini. jarang sekali ada pemimpin dia setelah peninggalan nabi muhammad.aku sangat kagum terhadap tokoh ini. semoga bis amenjadi panutan kita semua. amin

  117. #117
    gravatar

    Ini dia baru pahlawan
    butuh pengorbanan dan kebaikan sejati tanpa pandang apapun selain kecintaan pada sang maha kuasa

  118. #118
    gravatar

    Andai saja pemuda-pemuda muslim berjiwa Salahuddin Al-Ayyubi,Iraq pasti ga di acak2,Afganistan dan yang lainya.mari bersatulah muslim..!!! lawan Angkara murka USA antek-anteknya.

  119. #119
    gravatar

    sekiranya qta mulai berpikir tentang ini semua………

  120. #120
    gravatar

    setelah saya baca sekilas belum masuk pada pertanyaan….saya, jawab mas bukan memaparkan hal baru dulu… masalah ini nanti saya jawab, tapi jawab juga punya saya. wasssaaalllllaaaaammmmm

  121. #121
    gravatar

    apa hebatnya solahudin? bukankah ia sama dengan penguasa islam pada umumnya yang suka berperang baik dengan saudara maupun dengan orang lain ? apakah ia tidak sama dengan hitler atau jendral Togo ?

  122. #122
    gravatar

    SALAHUDDIN beda dengan hitler,atau jendral”lainnya ,sebab SALAHUDDIM berperang untuk membela keadilan,membela rakyat kecil yang di tindas,tidak pernah membantai rakyat,seperti yang di lakukan tentara …..,seperti yang terjadi dibaitulmakdis,spanyol dan di tempat lainnya umat islam di bantai.dengan pongahnya mereka menceritakan kebiadapan mereka.tentara islam tidak pernah melakukannya apalagi salahuddin.wassallam

  123. #123
    gravatar

    salahudin aku merindukanmu kaum muslimin di Palestina iraq afganistan telah sengsara oleh kaum kafir. bangunlah lagi salahudin pimpin kami dan jadikan kami kaum mujahidin untuk berjuang melawan kaum kafir dan membela kehormatan kami agama kami.

  124. #124
    gravatar

    Solahuddin al ayyubi adalah seorang pejuang dan pahlawan islam yang patut dijadikan tauladan dan inspirasi oleh para pejabat di negara kita, dan saya yakin apabila para pejabat kita mengambil tauladan dari beliau Indonesia akan menjadi negara yang disegani di dunia INSYA ALLAH.En untuk film “Kingdom of Heaven” Two Thumbs Up !

  125. #125
    gravatar

    [...] anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven [resensi Priyadi], maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan [...]

  126. #126
    gravatar

    peperangan terhebat dalm sejarah,penaklukan sistem okonomi dan sistem dari al-quran diguna pakai,terdapat 134 teknik peperangan yang terbongkar,yang mana diguna pakai oleh hitler,w.bush namun melanggar artikel peperangan,kekuatan sebenar dalam peperangan moden adalah,dari ape yang di praktik kan dari sejarah silam,

  127. #127
    gravatar

    hm.. gua suka Shalahuddin Al-Ayyubi. Menurut gua layak jadi teladan.

  128. #128
    gravatar

    [...] sumber : http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/21/sholahuddin-al-ayyubi [...]

  129. #129
    gravatar

    yah gitu deh

  130. #130
    gravatar

    Adakah Kau Lupa
    Artist: Alarm Me
    Song Category: Nasyid

    Adakah kau lupa
    Kita pernah berjaya
    Adakah kau lupa
    Kita pernah berkuasa

    Memayungi dua pertiga dunia
    Menrentas benua melayar samudera
    Keimanan juga ketaqwaan
    Rahsia mereka capai kejayaan

    Bangunlah wahai anak bangsa
    Kita bina kekuatan jiwa
    Tempuh rintangan perjuangan

    Gemilang generasi yang silam
    Membawa arus perubahan
    Keikhlasan hati dan nurani
    Ketulusan jiwa mereka berjuang

    Sejarah telah mengajar kita
    Budaya Islam di serata dunia
    Membina tamadun berjaya
    Merubah mengangkat maruah
    Allahu Akbar

  131. #131
    gravatar

    hahaha…. kepengecutan melanda mu dasar mulut2 ular yang sombong………
    anda mulai menghapus i tulisan saya… hahaha =D
    sekiranya kebenaran mulai diungkap Tuhan seperti yang terjadi di aceh dan film fitna…
    dimana Tuhan menampar mulut orang2 yang sombong dan congkak… dan menghempas mereka dengan kebenaran

  132. #132
    gravatar

    salah al din bin yusuf ibn ayyub, adalah seorang hero, lihat cuplikan terakhir film kingdom of heaven ketika sebuah salib dijatuhkan secara tidak sengaja oleh seorang pelayan..?…salahadin yang agung mangambilnya…dan meletakan kembali dengan hormat….luar biasa…ada juga kisahnya yang saya baca di wikipedia, seorang bayi kristen (frank) telah diculik, dan dijual dipasar…ibu si bayi menemukan bayi itu namun dia tak bisa menebusnya (karena mahal)…namun salahudin yang agung mengetahui itu…dia membeli bayi itu dari pedagang bayi gelap itu…dengan uangnya sendiri…(walaupun penguasa, tapi dia tidak semena-mena merampas dagangan orang (yang walaupun jahat)…dan memberikan bayi itukepada ibunya…kira2 pemimpin sekarang ada yang gitu ga ya?

  133. #133
    gravatar

    bismillahirrohmaanirrohiim,

    segala puji bagi allah pencipta semesta alam yang telah memberikan salahuddin al ayubi ke muka bumi,sekarang adalah perang yang sesungguhnya antara muslim dan yang bathil,muslim harus meningkatkan intelektual dan cinta sesama saudara.

  134. #134
    gravatar

    Maha suci Allah yang telah menciptakan pribadi seperti Sholahuddin Yusuf bin Ayyub. seorang figur besar yang sangat penuh dengan unsur tauladan. saya sudah tahu tentang beliau yang mengobati king richard. namun baru sekarang saya tahu kalau ketika meninggal, kotak harta beliau kosong karena selalu membagikan hartanya…
    Subhanallah

  135. #135
    gravatar

    Subhanallaah

    Al-Ayyubi – sejauh yang saya ketahui merupakan sosok Moslem yang kuat, bijaksana, ramah dan segala kebaikan yang menyertainya.

    Namun saya pula sempat mendengar bahwa Beliau ini pas waktu dulunya adalah pernah melakukan kesalahan pula. dengan tidak bermaksud untuk menguak aib beliau ini hanya siapa tahu dengan di ketahuinya jalan-jalan perjuangan Al-Ayyubi menuju Hidayah ini bisa benar-benar menginspirasi Moslem saat ini untuk meneladani ataupun mengikuti perjalanan beliau ini, sehingga akan tercipta sesosok Pribadi-pribadi yang sama atau bahkan melebihi dari Sosok Al-Ayyubi ini… Amiin

    Allahu`alam Bisshawab
    Ohya kl ada yang tahu kirim filenya ke janggutnaga83@gmail.com ya Insya Allaah ana akan sebarkan dan jadikan hal tersebut sebagai kajian utama.

    Di tunggu ya… Syukran

  136. #136
    gravatar

    allahhuakbar..3X….!!!!!!!
    seorang pemimpin telah wafat….dimana dia menyatukan tentara islam dan menaklukkan palestina…dan membuat ketentraman keamanan dan kesejahteraan kepada semua penduduk.salahuddin al-ayubbi, mendengar namanya saja para tentara salib sudah ketakutan.akan tetapi….sekarang palestina sudah dikuasai lagi oleh para kaum kafir …..insyaallah palestina akan aman dan tentram kembali di bawah pemerintahan islam kembali dibwah pimpinan al mahdi dan nabi isa as si putra maryam….amin. tetap bersatu muslim…allahhu akbar.3X

  137. #137
    gravatar

    [...] sumber : http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/21/sholahuddin-al-ayyubi [...]

  138. #138
    gravatar

    terlalu ringkas kisah yang dipaparkan.kita menanti clon salahuddin untuk membebaskan palastin dan baitul maqdis dari israel.wan orang malaysia.wan.spring_returns@yahoo.com

  139. #139
    gravatar

    bangga ma saladin coba di indonesia ada orang kaya dia
    amerika takut kali…

  140. #140
    gravatar

    kalo cuma saladin atau salahudin, di indonesia banyak kali orang pake nama tsb. sing penting itu sistemnya, bukan person… kalo indonesia kuat pasti amerika takut

  141. #141
    gravatar

    hahaha…. kepengecutan melanda mu dasar mulut2 ular yang sombong………
    anda mulai menghapus i tulisan saya… hahaha =D
    sekiranya kebenaran mulai diungkap Tuhan seperti yang terjadi di aceh dan film fitna…
    dimana Tuhan menampar mulut orang2 yang sombong dan congkak… dan menghempas mereka dengan kebenaran REDeve # 131

    Bukankah dengan berkah bencana yang Allah turunkan sekarang aceh darussalam menjadi damai dan kemudian GAM kembali menjadi negara indonesia dan rakyat aceh dapat kembali dengan tenang menjalankan kehidupan nya dan menjalankan agama Allah dan itu adalah teguran Allah karena sebab sesama saudara islam harus berperang dan saling membunuh..
    Sedangkan film fitnah bukaknkah film itu sesuai dengan judul nya yaitu FITNAH,setiap ayat yang di turunkan tuhan karena ada sebab akibat dan dalam keadaan dan kondisi apa? ayat2 suci alqur’an yang di ulas di dalam film fitnah itu dapat di lakukan dalam kondisi jihad fissabillilah di saat umat muslimin di serang oleh orang2 kafir,maka ayat2 suci itu berlaku sebagai motivator agar umat muslimin tetap teguh hatinya dan percaya atas pertolongan dan janji Allah.. sedangkan dalam kondisi damai bukankah nabi Muhammad SAW(Segala kemuliaan untuk nya) pernah berkata akan memusuhi orang2 islam yang dengan sengaja menggagu orang2 non islam yang tidak menganggu orang2 islam…
    oleh karena itu wahai saudara2 q kaum muslimin yang di ciptakan Allah dengan segala kesempurnaan mari kembali bukalah hati kita dan kita tegakan kembali panji2 islam yang sudah lama terinjak2 oleh kaki2 kotor orang2 kafir tidakkah kalian melihat pengorbanan orang2 sebelum kamu guna menegakan kalimat ASSHADUALLAHILAHAILAULAH WA ASHADUANAH MUHAMADDARASULLULAH!
    ALLAHUAKBAR….

  142. #142
    gravatar

    aku mau movie Stronghold dimana saya temukana ya terima kasi

  143. #143
    gravatar

    aku lagi cari saladin the animated the young adventurer to a legend series yang kabarnya animated sries buatan Malaisya ini dah bisa ditonton. Penasaran. Ada yang bisa bantuin car?

  144. #144
    gravatar

    Ya Allah Yang Maha Besar. Berikanlah kepada kami Pemimpin yang dapat menyatukan umat dalam satu bendera, satu Agama, satu cita-cita dan satu syariat. yaitu Islam

  145. #145
    gravatar

    Sebenarnya Saladin itu juga seorang penjajah, sama seperti J.H.R Kohler dari Belanda atau Bush dari AS, ya kan?

  146. #146
    gravatar

    pendapat arief sama sekali patut disangkal. x selayaknya salahuddin digelar penjajah.modus operandi 100% berbeza tambahan dengan aqidah yg mana dia memperjuangkan agma Islam.mengapa perlu disamakan dengan non-muslim?salahuddin mengembalikan maruah al-aqsa kpd umat islam,yg spttnya berhak.mana lg blh dcari pnggnti di zaman yg pnh tribulasi ini??anda sanggup melihat palestin, nagara suci umat islam jth ke tgn yahudi la’natullah?u should think &answer about it

  147. #147
    gravatar

    Maaf, Pertanyaan ini hanya untuk memancing orang-orang yang masih memperdulikan sejarah Islam yang gemilang. Saya juga sangat mencintai “the land of jihad” palestine.
    Tapi, cobalah wahai “sang pencinta keredhaan” berdiri pada posisi dimana anda bukan Islam, bukan Katolik, bukan Budha, bukan Zoroaster, atau agama apapun di dunia ini. Pasti anda akan melihat hal yang seperti saya lihat. Coba anda pikirkan jika anda lahir kedunia ini di daerah yang terpencil & dalam keadaan belum memiliki agama. Lalu anda melihat Belanda menjajah Indonesia, maka anda pasti berkata Belanda adalah penjajah. Anda melihat Inggris menjajah India, maka anda juga akan berkata Inggris adalah penjajah. Lalu, anda melihat Turki Usmani menjajah Yunani, akankah anda berkata Turki Usmani adalah penjajah?
    Jawaban itulah yang sebenarnya saya cari, mohon anda jawab berdasarkan fakta sejarah. Ini demi kita, demi umat Islam!

  148. #148
    gravatar

    Allhamdulillah setelah sekian lama saya mencari siapakah SALADIN ini…akhirnya saya menemukan pencerahan..subhanallah..sungguh mulia dan pemberani sahabat rosullulloh ini……..

  149. #149
    gravatar

    shalahudin adalah orang sholeh ( ahli agama ) , panglima perang , ahli strategi , baik hati , dan jug ahli dalam pengobatan . nyaris sempurna . mogo allah akan menjodohkan akan lahirnya shalahudin2 baru di masa yang akan datang amin . karena umat muslim yang terpuruk ini membuthkan sosok pemimpin yang berkualitas layaknya shalahudin ini.

  150. #150
    gravatar

    shalahuddin adalah salah satu pahlawan terbesar islam semoga diabad ini ada shalahudin yang baru yang dapat membebaskan negeri palestina dari zionis israel

  151. #151
    gravatar

    sekedar koreksi mas jay, sholahuddin al ayyubi, mungkin lebih tepatnya صلاح الدين يوسف بن أيوب menggunakan huruf kha bukan ha pada kata sholah yang artinya bahagia, atau saya yang salah ya.

  152. #152
    gravatar

    pelajaran berharga bagi umat islam unt selalu berjuang

  153. #153
    gravatar

    Saya sudah nonton Kingdom of Heaven.Memang bagus, dan menurut saya cukup adil. Soal superhero yg orang barat wajar saja,kan yg bikin film orang barat?Tokoh spt Saladin mungkin cuma satu dari bermilyar-milyar orang.saya sendiri merindukan tokoh2 kristen yang sebaik dia.Seandainya saja saat ini ada satu orang kristen dan satu orang islam yang memiliki nilai moral seperti dia, pastilah dunia bakal jadi tempat yang lebih baik.benar,aku kagum dg dia.
    sayang sekali,film yg begini bagus sering ditangkap salah oleh para penontonnya.kan film ini dimaksudkan sbg inspirasi perdamaian.tp kok malah bnyak melahirkan komentar2 peperangan?
    Anyway,semua orang punya kelemahan.jaman dulu memang punya harem dan budak itu biasa.tdk sedikit orang kristen yg juga punya harem dan budak.jaman itu lho.
    Saya kristen.tapi saya punya banyak sahabat islam yg baik dan saya kagumi.
    Salam kenal dan salam perdamaian.
    Et in terra pax.
    (saya jarang pake produk barat.email aja pake telkom)

  154. #154
    gravatar

    assalamualaikum wr wb

    menurut ana Salahuddin Al Ayubi itu salah satu pahlawan perang salib yang paling besar sepanjang sejarah umat Islam.Namun sekali lagi beliau bukan sahabat Rasulullah SAW,karena beliau hidup +/- 5 abad setelah Rasulullah SAW.Tentang film Kingdom of Heaven menurut ana cerita itu sudah salah kaprah karena di film tersebut Raynald of Chatillon di kisahkan mati dengan sendirinya,namun menurut cerita yang sebenarnya dia mati dihukum mati oleh Khalifah Salahuddin Al Ayubi karena perbuatannya yang keji dan tidak berkpimanusiaan.Namun ana maklum karena film ini dibuat oleh Barat yang sudah pasti menonjolkan kepahlawanan mereka.Mudah2an ada umat Islam yang mau membuat film tandingan dari Kingdom of Heaven dan semoga Salahuddin Al Ayubi mendapatkan tempat yang terbaik di sisi ALLAH SWT.amin

  155. #155
    gravatar

    ahlan ayyuhalashabi sholahuddin adalah wacana dan visi kemanusiaan dan perdamaian. eviden islam sebagai rahmatan lil alamin.tajamnya pedang menumpahkan darah tetapi tajamnya lidah mampu menghentikan peperangan memilukan. Kana Sholahuddin adalah negosiator dan humanis ulung yang sulit dicari tandingannya.pribadi nubuwwah sayyidina wa habibina wa rosulina Muhammad terpatri di dalam jiwa-raga.Sosok gen-muslim wajib meneladaninya.Jangan hanya karena kepiawaian menghunus pedang dan menghunjam panah.lebih jauh,aushof dan kejernihan “insaniyyah” saladin yang fardu ain dijalankan.Tal layak kiranya berjuang,bermujahadah hanya demi sebuah nama,niatkan yang benar “bener” bahwa berjuang adalah untuk semua mahkluk.Humanisme adalah visi perjuangan. (Saiki boso Jowo-ne)”Ayo rek sing bener niate lek ngomongno perjuangan “jihad”,noto ati ojo sampe “riya” lan “mekrok” sebab dilem pihak liyane. NIat ingsun “lillahi” ta’ala”.Iku sing abot co!”Jihad” ora mung muni bengok-bengok,nggowo bolo nggrudukngrusakkono-kene,sing diteladani iku sopo.Yen koen kabeh iku neladani kanjeng Nabi MUhammad yo elonono meluo akhlak lan pekertine keturunane (biasa disebut ahlul bayt/habaib-hababah/sadah alawiyyin). Amargo poro “ahli waris-e”kanjeng Nabi iku sing tetep njogo lan nguri-nguri babagan sekabehane nubuwwah Muhammad. Koen iku wajibe karimelu idhep-idhep ndepe-ndepe tahta turob poro salafus sholih.Jo lali donga soko alim “ulama iku kunci sukses,ta’dhim tawadhu’ marang para kyai, asatidz, habaib neng ngendi wae.ngono lo! sekaten no kuto solo cekap semanten atur kawulo.(SALAM UNTUK UIN MALANG)

  156. #156
    gravatar

    [...] anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven [resensi Priyadi],dan anda begitu kagum kepada sosok  leonidas raja [...]

  157. #157
    gravatar

    Ass

    saladin itu jendral perang terhebat dalam sejarah islam
    kalo kalian semua pengen ngerasain zaman perang nya saladin coba deh mainin mediaval total war II total kingdom trus mainin yang crusader campaignnya.
    disitu saladin bener2 hero banget.
    kita bisa ngerasain serunya ngerebut jerusalem dari tangan crusader.

  158. #158
    gravatar

    Peace… ngapain perang melulu (^_^)

  159. #159
    gravatar

    terrimakasih ya atas tulisan ni..! kami sebagai guru dapat terbantu dalam menjelaskan kisah al-ayubi ini, terlebih guru-guru SKI.

  160. #160
    gravatar

    Dalam berjihad salahudin selalu menerapkan prinsip-prinsip islam dalam setiap penaklukannya, di antaranya yaitu : tidak membunuh perempuan, tidak membunuh anak-anak, tidak membunuh orang tua, tidak membunuh orang yang tidak bersenjata, tidak merusak tanaman, tidak merusak tempat ibadah, tidak memaksakan pemeluk agama lain untuk memeluk agama islam. Inilah yang membedakan salahudin dengan panglima perang lainnya. Kekuatan salahudin yang utama adalah iman dan akhlak islaminya.

  161. #161
    gravatar

    aku juga penggemar berat salahudin.. pokoke ngefans bangeet dwech…
    ingin sekali aku jd seperti dia

  162. #162
    gravatar

    Instrumen Jihad…

    Peringatan Maulid Nabi SAW menurut sejarahnya dimulai sejak masa pemerintahan Shalahuddin al-Ayyubi Raja dari Dinasti Mamalik (kerajaan) ini sedang memobalisasi (menyiapkan dan mengatur) kekuatan Tentara Islam untuk menghadapi invasi orang-orang Nasran…

  163. #163
    gravatar

    shalahuddin adalah salah satu pahlawan terbesar islam semoga para pimpinan Qt meniru perjuangan beliau…….amin

  164. #164
    gravatar

    saladin al ayubi salah seorang yang dicintai kaum muslimin termasuk aku. perjuanganmu mengakarkuat di hati mersemaam di dada. aku ingin sepertimu.

  165. #165
    gravatar

    [...] sumber : http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/21/sholahuddin-al-ayyubi [...]

  166. #166
    gravatar

    hakhakhakhak…
    saladin tu rockstar yg sebenernya, dy g punya rasa takut ma tu cecunguk silang merah yg pada kumpul rame2 buat nyerang saudara kita…

    tp kq aku baru tau klo saladin kalah perang??emg pernah y??

    buat yang pada ngomong saladin tu penjajah y jelas cuma tau sejarah islam dari guru SD-nya aj. islam ngelakuin invasi tu gara2 resiko dakwah, klo saladin sih cuman mw ngrebut balik k tangan islam lg aj…(emg rela, klo pengorbanan pendahulu kita pake darah n nyawa bt ng’islamin mrka d kasihin gt aj??mana orang islam d situ udh d bunuhin bnyk bgt lg. baca dunkz makanya…)
    islam g kaya agama laen yang cuman dakwah lewat jalur tikus, sambil bagi2 bantuan sosial n pasang muka 2. kita dakwahnya terbuka n menyeluruh k semua orang termasuk k pemerintahan mereka juga…
    secara, islam kan g cuman ngajarin jurus2 sholat dll. islam jg punya pedoman tata cara politik ma pemerintahan yang wajib d pake ma orang islam jg cuy…

    catatan neh, g mungkin dunkz dulu kita bisa naklukin negara laen trus satu negara jd islam semua. udah pasti sebelumnya kita udah dakwah2 dulu lah. nah, gara2 dakwah k pemerintahan n sistemnya ini nih yang bikin kita jadi sering kena pukul ma raja2 non islam dulu. yupz, agama nge’rock ky islam jelas g bakal basa-basi ngladenin tantangan ky gini. langsung aj deh surat 3 syarat melayang;1 masuk islam, 2 tunduk+pajak dpt bonus ekstra perlindungan, 3 perang…
    (g tau jg sih knpa buku2 sekolah cuman ng’ekspos kisah heroik aj. pantesan acara invasi islam jd pro-kontra gini, campur tangan pihak k 3 kali y??)

    sebenernya klo dulu raja2 g pada galak ma islam sih g bakal perang deh kita, islam kan g maksa jg mereka bt masuk islam. dulu aj nabi malah minta maaf plus nyumbang duit banyak gara2 khalid bin walid ngebunuh orang yang nyela dia waktu dakwah…(klo aku sih malah sekalian aj mutilasi)
    jd heran, orang sekeren saladin masih aj d pro-kontra’in ma orang islam sendiri. yakin islam g sih?? owh #59, u baca buku apaan yah??minta copy boleh??otentik kan??
    buat yg sebel ma invasi saladin, klo emg invasinya bnran sekonyong2 gt, biar aku potong gitar deh…

  167. #167
    gravatar

    Tokoh yang sangat dirindukan di abad millenium ini.Yang bisa menerapkan ajaran Al quran dalam tindak dan tanduknya. Yang bisa menyatukan ideologi barat dan ideologi muslim.Semoga suatu saat akan muncul SALADIN yang lain yang lebih baik atau minimal sama dengan SALADIN yang terdahulu. Akhir kata Semoga ALLAH memberikan rahmat dan berkatnya kepadanya.

  168. #168
    gravatar

    Dari dulu udah ada film tentang Shalahuddin. Coba cari di toko2 buku Islam! Tanya deh disitu!

  169. #169
    gravatar

    wei karang mana pengganti saladin saladin baru lagie

  170. #170
    gravatar

    hehe semua yang komen disini menyerukan hal semasa saladin dulu dapat terjadi lagi tetapi keadaannya uda jauh berbeda bahkan untuk mengalahkan 1 negara kecil kaya upil seperti israelpun seluruh negara arab sudah terbukti keok, tau kenapa? makanya jangan lihat kebelakang tapi kedepan.

  171. #171
    gravatar

    Yang kaya saladin pasti ada lagi sodara, kalian pastia tau lah siapa yg saya maksud…….
    Yaa, dia Muhammad/Ahmad bin Abdullah (Al-Mahdi)…..Allahu Akbar…..

  172. #172
    gravatar

    kapan ya islam berjaya lagi seperti waktu saladin?

  173. #173
    gravatar

    Subhanalloh…………luar biasa sikap dan sifat Solahuddin yang mengutamakan sportifitas dan sikap kesatria seperti apa yang dilakukan Rosululloh. Kapan kita punya pemimpin seperti ini, yang tidak haus harta dan jabatan ?

  174. #174
    gravatar

    sedikit2 agama yang non muslim slalu menuduh islam sebagai dalang dari teroris

  175. #175
    gravatar

    [...] anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven [resensi Priyadi], maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan [...]

  176. #176
    gravatar

    [...] anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven [resensi Priyadi], maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan [...]

  177. #177
    gravatar

    [...] anda terkagum-kagum dengan penggambaran perang yang ketat antara Balian of Ibelin melawan Shalahudin Al-Ayyubi di film Kingdom of Heaven [resensi Priyadi], maka perang antara Constantine XI Paleologus dengan [...]

  178. #178
    gravatar

    katanya sih,,,saat raja inggris Richard the Lion Heart sedang sakt keras.Saladdin menyamar sebagai Tabib,,LALU Ia PERGI kE TEMPAT Richard berada,,lalu ia berjanji akan mengobati richard sampai sembuhhhh.tapi ia tidak akan memberitahukan namanya sampai si richard ini sambuhh

    Singkat c’rita…
    KeTIka raja Richard sudah sembuh,,Ia BERTANYA kepada tabib yg menyembuhkan dirinya itu ia berkata:”siapakah engkau gerangan?”Ia bertanya,lalu tabib itu menjawab:”Aku adalah musuh mu ‘saladin”katanya . lalu meraka berdua berpelukan dan membuat suatu perjanjian,lalu Richard dan seluruh tentara salib itu pergi dari yarussalem

  179. #179
    gravatar

    [...] tradisi Maulud Nabi itu dilakukan? Apabila melihat tulisan Irfan Anshory di Pikiran Rakyat dan Yulian memberitahukan bahwa tradisi Maulid Nabi mulai sering dilakukan sejak Sultan Salahuddin Yusuf [...]

  180. #180
    gravatar

    saladin aku bercita-cita mnjadi sperti engkau

  181. #181
    gravatar

    [...] Maulid Nabi SAW menurut sejarahnya dimulai sejak masa pemerintahan Shalahuddin al-Ayyubi Raja dari Dinasti Mamalik (kerajaan) ini sedang memobalisasi (menyiapkan dan mengatur) kekuatan [...]

  182. #182
    gravatar

    bukan masalah Arab atau Indonesia,, tetap dilihat dari sisi perkembangan Islam. orang2 di Arab masih homogen alias sama. pemikiran mereka hanya sebatas Islam yang kaku. mereka berilmu banyak tetapi mungkin tidak mengerti hakikat sesungguhnya.
    dalam AL-QUR’AN sudah dijelaskan tentang demokrasi. sebenarnya hormat bendera boleh2 saja. Islam itu luas,Islam dapat menyesuaikan. di pikir denagn akal sehat dan hati nurani kita saja. kita hidup di dunia bukan sendiri. lihatlah perjuangan para pahlawan. Bendera hanya sebagai simbol negara saja. hormat bendera hanya sebagai simbol cinta tanah air kita.
    masalah bid’ah. bid’ah itu hnya dalam urusan ibadah saja. toh kita bukan beribadah kepada bendera. Hormat kita kepada ALLAH SWT dengan cara beribadah. Kepada RASULULLAH SAW dengan shalawat dan menjalankan sunnahnya. kepada manusia dengan menghargai sesama. kepada negara denagn memberi hormat kepada bendera.
    ALLAHU AKBAR..
    ISLAM ITU INDAH, LUAS,
    HIDUP INDONESIAKU………….!!!! :) :) :)

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.