Aksara Hanacaraka dalam Unicode

Rabu, 20 April 2005M
12 Rabiul Awal 1426H

Kepulauan nusantara memiliki peradaban tinggi, salah satunya adalah penggunaan aksara dalam tulisan. Kita kenal hurup Hanacaraka, Sunda, Batak, Bugis dan sebagainya. Namun sejak Majapahit runtuh kebudayaan bergeser dengan dibawanya aksara Latin oleh Belanda, aksara Arab oleh para saudagar dari Timur Tengah. Aksara Latin sendiri menyerap aksara Arab untuk penulisan angka dan aksara Arab dimodifikasi sedikit menjadi Arab-Melayu atau Jawi.

Kemajuan teknologi digital dalam aksara saat ini adalah konsep Unicode. Dulu kita hanya mengenal set karakter ASCII sebanyak 256 hurup atau glyph (8 bit), berkembang menjadi 16 bit dan terpecah-pecah dalam standar ISO, misalnya ISO-8859-1 untuk set karakter Latin dan beberapa karakter bangsa Eropa.

Kini kemajuan digital lebih tinggi lagi sehingga kumpulan karakter cukup direpresentasikan dalam satu sistem, yaitu Unicode. Dengan menggunakan Unicode sebuah data/informasi digital akan sangat portable, tidak perlu diconvert ke dalam set karakter tertentu karena Unicode mewadahi semua set karakter di dunia, tentunya yang telah diajukan dan disetujui.

Sebagai contoh implementasi adalah blog ini. Header HTML blog ini menggunakan set karakter utf8, dengan menggunakan utf8 saya bisa menuliskan tidak hanya karakter Latin, tetapi juga aksara Arab, Cina, Jepang, hurup Braille dan sebagainya. Proses rendering atau penggambaran hurup diserahkan kepada client/browser, jika anda memiliki font yang support karakter tersebut tentunya akan tampil.

Contoh:
Ini aksara Arab: بسم الله رحمان رحيم
بسم الله الرحمن الرحيم
Ini aksara Braille: ⠥⠢⠵⠞⠓⠠ ⠮⠶⠫⠞⠓ ⠞⠣⠘⠍⠮
Ini aksara Devanagari: ओऔऌऊबऴळढञऔऒआअध
Aksara di atas tidak akan tampil jika anda tidak memiliki font yang memiliki jangkauan aksara di atas.

Satu yang sangat disayangkan adalah peradaban leluhur Indonesia seperti aksara Hanacaraka belum masuk ke dalam Unicode. Saya melihat tugas pemerintah atau lembaga terkait yang mengajukannya ke Unicode Consortium. Rekan MDAMT pernah menanyakan namun tidak bisa menyanggupi persyaratan teknis seperti melampirkan dokumen-dokumen yang bertuliskan Hanacaraka, juga persyaratan lainnya yang bersifat spesifik.

Lebih kaget lagi ketika aksara Hanacaraka telah diusulkan oleh orang luar negeri dengan nama Tjarakan, bahkan perusahaan Agfa Monotype mulai membuat contoh font Javanese ini.
Contoh Hanacaraka yang dibuat Agfa Monotype

Selain Hanacaraka, aksara lain yang mulai diajukan oleh pihak luar negeri adalah aksara Batak, Bali dan Bugis (informasi dari status pending di Unicode).

Wahai akademisi bahasa dan aparat pemerintahan terkait, mana kerja anda untuk hal ini? Tolong buka dan baca Unicode Proposal dan ajukan proposal untuk terpeliharanya peradaban negeri ini.

Komentar

92 komentar untuk catatan 'Aksara Hanacaraka dalam Unicode'

  1. #1
    gravatar

    oom. q pendatang baru. lagi ngerjakan TA tentang konversi karakter latin bahasa indonesia ke dalam tulisan arab melayu-riau. ada driver pendukung untuk mengkodekan keyboardnya ke dalam bahasa VB ya om. tuooolong

  2. #2
    gravatar

    waaah ada yang nekat minta font jawa palsu padahal ada creator-nya … :D mbok langsung aja tanya sm Pak Budi Sayoga .. udah digratisin belom pak fontnya hehehe … tp mungkin ini bisa jd alternatif sementara, monggo http://www.fontstock.net/download/11557/jawa-palsu.html

  3. #3
    gravatar

    sekarang katanya aksara sunda sudah masuk standar unicode

    http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/10/21/07220845/program.unicode.untuk.aksara.sunda.

  4. #4
    gravatar

    halo pak dhe yang punya rumah!

    saya udah lama mempelajari tulisan jawa!
    tapi belum mendapati program yang mampu terinstal sehingga mampu dipakai paling tidak di komputer saya.
    hal terakhir yang saya dapatkan adalah program unicode-nya yang dibuat oleh john glavy tapi sayang tidak menyatu dengan mesin komputer secara inner sehingga harus membuka file .ttf untuk memancing agar font jawa bisa dibaca dengan benar.
    program glavy itu bagus, setidaknya menurut saya, bisa memasang lokasi huruf dengan benar.

    saya pingin ada program intalasi, mungkin tidak hanya untuk windows tp juga bisa untuk OP yang lain.
    agak susah sih soalnya saya buta bahasa mesin.
    ada yang tau informasinya?
    please mail to:bebasweb@yahoo.com.

    hatur suwun to pak dhe yang punya rumah.

  5. #5
    gravatar

    apa ada font hanacaraka dalam komputer ?

  6. #6
    gravatar

    mas jay, ide bagus mas, aku wes lali honocoroko…

  7. #7
    gravatar

    ada link yg perlu diperbarui http://www.monotypefonts.com/Library/Non-Latin-Library.asp?show=glyph&lan=javanese

  8. #8
    gravatar

    kalau bahasa yang ada d windows bsa d rubah ga???? misalnya menjadi bahasa indonesia gtu.klo bs gmna cranya.terima kasih.

  9. #9
    gravatar

    wah sebuah pencerahan, makasih infonya

  10. #10
    gravatar

    Wah.. iki kudu ndang blajar aksoro jowo maneh (mbukak2 buku plajaran boso daerah pas SD) kan eman lek aksoro jowo wis di akui unicode, tapi wong jowo e dewe ra ngerti aksoro jowo….

  11. #11
    gravatar

    Alhamdulillah, hanacaraka sekarang sudah terdaftar di Unicode. Saya sendiri sudah membuat font Hanacaraka dengan gaya Mbata Sarimbag. Bagi yang hendak mencobanya, silakan download di 4shared.com

  12. #12
    gravatar

    mas suka sekali hanacaraka ,tapi di mozilla ,untuk blok gak bisa

  13. #13
    gravatar

    nulis sudah bagus , dipindah /copi dari blok tulisa ke mozilla gak bisa terus …..wah kacau

  14. #14
    gravatar

    Font Unicode aksara Jawa dengan menggunakan smart rendering SIL Graphite.
    http://sites.google.com/site/jawaunicode/

  15. #15
    gravatar

    Font Unicode Aksara Jawa yang menggunakan SIL Graphite!
    http://sites.google.com/site/jawaunicode/

  16. #16
    gravatar

    […] – http://www.christusrex.org/www1/pater/JPN-javanese-huruf.htmlhttp://yulian.firdaus.or.id/2005/04/20/unicode-hanacaraka/ – […]

  17. #17
    gravatar

    Aanhangwagen rijbewijs nijmegen

    Jay adalah Yulian » Aksara Hanacaraka dalam Unicode

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.