Kacamata

Kamis, 7 April 2005 M
28 Safar 1426H

Snellen Myopia

Setelah dua tahun yang lalu saya mulai memakai kacamata (minus setengah); kini saya memeriksa ulang di optik. Ternyata hasilnya ada perubahan, minus berkurang tapi silinder bertambah. Detailnya sebagai berikut:

Far     Right   Spherical:      -0.25
                Cylinder:       -0.50
                Axis:           155
        Left    Spherical:      -0.25
                Cylinder:       -0.50
                Axis:           30

Hasil resep atau eyeglass prescription di atas adalah hasil cetak dari alat pengujian mata modern. Ada tiga tahap yang diuji.

  1. Mata kiri dan mata kanan didekatkan ke alat khusus yang terpasang pada meja uji sambil duduk, sistem hidroliknya menyesuaikan alat tersebut turun/naik sesuai dengan si pasien. Dari lubang lensa tersebut muncul bulatan putih dari blur menjadi fokus. Hanya itu, nggak tahu tahap ini menguji bagian apa di mata saya. Mungkin pengecekan fokus mata untuk jarak dekat.
  2. Kemudian mata dites untuk jarak jauh ke layar di belakang meja uji, kalau tidak menggunakan meja canggih ini butuh ruang 4-5 meter untuk melihat hurup-hurup. Dites sampai baris ke delapan di atas garis merah. Setelah dicoba dua sampai tiga kali untuk memastikan kombinasi lensa uji yang menghasilkan tampilan tertajam dan fokus; data hasil uji otomatis terekam.
  3. Dengan alat terpisah berbentuk kotak (kira-kira sebesar KBBI) kemudian mata diuji lagi, tapi pengujian yang ini tidak menampilkan apa-apa di mata, hanya pengujinya yang tahu. Hasilnya kemudian direkam ke alat penguji di nomor dua di atas.

Tambahan, kacamata lama dicek di bagian meja uji, sebagai perbandingan kepada pasien. Secara otomatis data yang sudah direkam tadi dicetak ke dalam kertas kecil sebagai eyeglass prescription sebagai referensi untuk membuat lensa baru. Karena kacamata lama pernah jatuh dan rusak sekrupnya jadi sekalian membeli bingkai baru, keren pula! Sok keceh!

Istilah

Spherical Blur

Gejala minus atau spherical adalah gejala umum di kebanyakan orang (suwer, bukan cari temen atau provokasi). Gejala minus ini disebut sebagai myopia, yaitu pandangan kabur atau blur pada saat melihat detail jarak jauh. Gejala ini diperbaiki dengan alat bantu yaitu kacamata minus.

Cylinder Blur

Selain gejala minus ada juga gejala silinder, yaitu gejala blur ke arah tertentu, tidak seperti spherical yang blurnya sama ke segala arah 360°. Patokan silinder ini gejalanya berbeda-beda, diukur dari titik pusat konsentris antara 0 hingga 180°.

Axis Cylinder

Dari data resep di atas mata kiri saya memiliki kecenderungan silinder ke arah 30° dan mata kanan ke arah 155° dan harus dikoreksi dengan lensa silinder -0, 50.

Sejarah Kacamata

Lensa kaca yang pertama kali dipakai sebagai pengoreksi pandangan ditemukan oleh seorang astronomer Inggris George Airy pada tahun 1827. Sebelum tahun tersebut kacamata sudah mulai ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti yang dijepitkan di batang hidung, kacamata satu gagang, yang diikat di kepala dan sebagainya, sedangkan kacamata yang disangkutkan ke telinga (spectacles) ditemukan pada tahun 1727 oleh optiker (ngarang istilah) Inggris, Edward Scarlett.

Komentar

66 komentar untuk catatan 'Kacamata'

  1. #1
    gravatar

    Hai.. thanks infonya ya. Saya baru 3 minggu pake kacamata nih. Silinder 0,75 sebelah kiri, yang kanan normal. Yah, lupa minta hasil resepnya euy, jadi ga tau deh sindernya ke arah berapa derajat… :(

  2. #2
    gravatar

    2 tahun yg lalu sy min 1,5 selang setahun malah nambah jadi minus 2. gimana toh nguranginnya

  3. #3
    gravatar

    gw minus 2 and silindris 4,25…kalo jemurin baju ga pake kacamata,tali jemurannya bisa jadi banyak…

  4. #4
    gravatar

    mata sya msih jeLas bwat lyat jarak dket atopun jauh…
    tapi kLo bwat lyat benda yg jauh lma kLamaan psti pusing…
    nTu minus ga yya ?????

  5. #5
    gravatar

    guwe pingin punya istri yang makai kacamata minus, syukur-syukur kalo minusnya yang tebel-tebel banget gitu deh…. betah banget sih mandangin cewe pakai kacamata minus tebel banget…..

  6. #6
    gravatar

    klo minus kiri and kanan 0,25 pke g y kcmta ny ??? ap lgi klow w gi bljr at school khan ngeliat papan tliz klo w ddk ny agak maju pzti kliatan tpi paz d tmpt ddk w g kliatan kra kira nambah g y tu minusny ???

  7. #7
    gravatar

    Silinder sangat sulit berkurang,dgn mengkonsumsi wortel pun tdk akan berpengaruh..u/ silinder menggunakan kacamata pilihan yg terbaik,

  8. #8
    gravatar

    uhh,dnger critax ku jdi pengn make kcmta tapi tkut !!!! ah g` papa yng penting khan gahool

  9. #9
    gravatar

    gmna ya? crx spya bsa pke kca mata minus,padahal ku khan g` minus, tapi dah nyoba pke kcamata yg minus g` tw khan besokbsa minus beneran

  10. #10
    gravatar

    saya minus 0,25 untuk yg kiri kanan tpi ga ada silindris ,sebaiknya pakai kacamata atau tidak ya klo minusnya masih segitu atau di pake saat school aja ,soal nya dari meja ke 3 dan 4 saya susah banget ngeliat tulisan yang ada di papan tulis ..

    #Mohon bantuannya ..

  11. #11
    gravatar

    #60 kalau kanan kiri S -0.25 di usahakan di pakai saja karena di takutkan semakin lama mata di paksakan akomodasi nanti semakin bertambah buruk. ukuran anda walau yang hanya S -0.25 malah ukuran seperti anda yang rata – rata mempunyai keluhan mata lelah. segitu saja sarannya. dan jangan lupa, pastikan praktisi anda memberikan lensa terbaik sesuai kebutuhan. harga mahal ga selalu bagus, harga murah juga ga selalu buruk, asal jangan murahan saja.

  12. #12
    gravatar

    saya paling suka dengan wanita berkacamata minusnya yg tebal….apalagi yang ketebalan lensanya melebihi bingkai kacamatanya…ada nggak wanita berkacamata minus tebal…plis kontack saya

  13. #13
    gravatar

    Apakah mata silindris harus menggunakan kacamata

  14. #14
    gravatar

    Dibeberapa kasus memang orang yang mengalami minus memang bisa mengalami penurunan, namun jika cylinder memang sudah harus memakai kacamata. Jika orang mengalami minus -025 untuk keseharian sebaiknya tidak perlu menggunakan kacamata kecuali jika untuk belajar. Dan sebaliknya untuk penderita cylinder sebaiknya harus memaikai kacamata meskipun hanya dg ukuran -025

  15. #15
    gravatar

    Mata kanan saya kena minus -0,25 sedangkan yang kiri -1,75 mata kanan dan kiri saya itu kena silinder 50. Apakah saya harus pake kacamata?

  16. #16
    gravatar

    Mata kanan saya cyl 0.25 resepnya ilang jadi saya lupa axs nya berapa :( ada yg bisa bantu jawab?

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.


%d blogger menyukai ini: