Aksara Jawi (Arab-Melayu)

Sabtu, 12 Maret 2005M
01 Safar 1426H

Aksara Jawi atau aksara Arab-Melayu adalah modifikasi aksara Arab yang disesuaikan dengan Bahasa Melayu di seantero Nusantara yang silam. Munculnya aksara ini adalah akibat pengaruh budaya Islam yang lebih dulu masuk dibandingkan dengan pengaruh budaya Eropa di jaman kolonialisme dulu. Aksara ini dikenal sejak jaman Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Malaka.

Aksara Arab yang digunakan adalah:

alif ا — ba ب — ta ت — tsa ث — jim ج — ha ح — kho خ
dal د — dza ذ — ro ر — za ز — sin س — syinش — shod ص
dhod ض — tho ط — dlo ظ — ‘ain ع — ghin غ — fa ف — qof ق
kaf ك — lam ل — mim م — nun ن — wau و — Ha ه — ya ي
hamzah ء — lam alif لا

Aksara tambahan yang digunakan adalah:

cha چ (ha bertitik 3) — nga ڠ (ain bertitik tiga) — pa ڤ (fa bertitik 3)
ga ڬ (kaf bertitik) — vaۏ (wau bertitik) — nya ڽ (nun bertitik 3)

Angka Arab yang digunakan adalah:

0 ٠ — 1١ — 2 ٢ — 3 ٣ — 4 ٤ — 5 ٥ — 6 ٦ — 7 ٧ — 8 ٨ — 9 ٩

Catatan: Semua aksara Arab di atas ditulis menggunakan Unicode, akan tampil di browser anda jika koleksi font anda ada yang memiliki character-set Arabic (ISO-8859-6). Aksara tambahan Arab-Melayu mengambil Unicode Old-Malay, Urdu atau Persian. Contoh font yang memiliki character-set Arabic ISO-8859-6 adalah “Andalus”, “Arial”, “Arial Unicode MS”, “Code2000”, “Courier New”, “Microsoft Sans Serif”, “Lucida Bright”, “Lucida Sans” dan “Lucida Sans Typewriter”, “Tahoma” dan “Times New Roman”.

Cara penulisan (dengan asumsi anda pernah belajar menulis/membaca Al-Quran):
1. Aksara ditulis secara gundul, sering disebut sebagai Arab Gundul.
2. Huruf alif yang berdiri sendiri berbunyi a atau e.
3. Huruf alif yang diikuti wau berbunyi u atau o.
4. Huruf alif yang diikuti ya berbunyi i atau é.
5. Konsonan diikuti huruf alif akan berbunyi fatah (bunyi a).
6. Konsonan diikuti huruf wau akan berbunyi dhomah (bunyi u).
7. Konsonan diikuti huruf ya akan berbunyi kasroh (bunyi i).
8. Konsonan di awal atau di tengah kata tanpa diikuti alif, wau atau ya berbunyi fatah (bunyi a atau e)
9. Konsonan di akhir kata adalah konsonan mati, kecuali diikuti alif, wau atau ya.
10. Huruf ain digunakan sebagai penanda huruf k seperti pada kata rakyat رعيت

Contoh penulisan:
Saya sedang belajar menulis Arab Melayu, gundul pula.
Ternyata susah ditulis, apalagi dibaca karena tidak konsisten.

سيا سداڠ بلجر منوليس عرب مليو, ڬوندول ڤولا
ترڽتا سوسح ديتوليس, اڤلڬي ديبچا كرنا تيدك كونسيستان

Koreksi dan masukan mohon diisi dalam kolom komentar.
Selamat berpusing-pusing!

Komentar

49 komentar untuk catatan 'Aksara Jawi (Arab-Melayu)'

  1. #1
    gravatar

    Saya senang sekali pertama kali melihat halaman tentang arab melayu (jawi), dan saya takjub. mengingat sekarang perkembangan dunia pendidikan sedikit sekali yang memperhatikan aspek budaya, seperti budaya tulis arab melayu (jawi). ini adalah warisan budaya dari nenek moyang kita, yang mengidentikkan bahwa budaya tulis arab melayu adalah bagian dari budaya islam, karena tulisannya yang ber-aksara arab.
    sekali lagi, salut buat anda!!

  2. #2
    gravatar

    terimakasih lah pak cik, saye maok belajar bace tulis arab melayu ni, sape tau lebih dekat dng al-quran dan sunah. tapi pembelajarannye tu susah nampaknye karene sedikit sekali contoh, laen kali diperbanyak lagilah contoh2nye. assalamualaikum

  3. #3
    gravatar

    Tulisan Arab Melayu (ARMEL) telah dilupakan banyak pihak, khususnya dunia usaha dan dunia kerja. Saat ini anak-anak sekolah SD & SMP di Riau masih mempelajari penulisan tersebut.

    Menurut kami, ada beberapa pola untuk melestarikan armel, salah satunya lewat siklus ekonomi. Setiap ada kebutuhan pasti ada suplai, rumus ekonomi inilah yang sebaiknya digunakan oleh Pemda untuk melestarikan armel.

    Sebagai contoh bila administrasi intern perkantoran pemda Riau semuanya menggunakan aksara arab melayu dengan sendirinya akan ada kebutuhan editor arab melayu yang bisa link dengan MS Office dan bisa digunakan disemua bentuk komputer saat ini. Contoh detailnya lagi bila regulator yang dikeluarkan oleh pemda seperti Izin-izin, Akte Kelahiran, KK, KTP, SIM, IMB, SIUP,SITU dan sebagainya diterbitkan dalam aksara melayu dengan sendirinya kita dapat melestarikan aksara tersebut karna dibutuhkan ditingkat dunia kerja.

    Dengan demikian Armel tidak sebatas untuk dipelajari anak-naak selkolah semata, namun tetap dipergunakan sebagai media komunikasi didunia usaha dan dnuia kerja, yang dengan sendirinya akan lestari dan Riau dapat dijadikan pusat pelestarian arab melayu sesuai visi 2020 RIAU.

    Sebagai langkah awal untuk mendapatkan Editor Arab Melayu secara cuma-cuma dapat menghubungi :

    1. Lembaga Adat Melayu Riau dengan Bapak Suwarto hp. 08127638000.
    2. IAIN Rianiry Banda Aceh dengan Bapak Cut Azwar hp.08566033901.
    3. IAIN Medan/Sumut dengan Bapak Irwan Nasution 08126024032.
    4. Balai Bahasa Sumut dengan Bapak Sihombing 08126054470.

  4. #4
    gravatar

    assalamualaikum,
    pembelajaran yang sangat membantu, saya mau bertanya nih, ada literatur gurindam dua belas dalam tulisan arab melayu gak ya? boleh bagi-bagi ilmu mengenai gurindam gak? klo bisa email ke saya ya! makasih

  5. #5
    gravatar

    Ass.wr.wb.
    Saya seorang guru sastra di SMA Swasta di Jakarta Utara. Selama ini saya mengajarkan aksara Arab Melayu selalu kesulitan dalam mengajarkan kepada siswa saya bagaimana menempatkan huruf sasksi atau vokal dalam penulisan. karena kesulitan tidak adanya buku yang mengupas masalah bagaimana menulis yang benar aksara Arab Melayu sehingga sering salah mengalihaksarakannya. Kalau berkenan dapatkah saya mendapatkan buku atau artikel yang mengajarkan cara merangkai huruf Arab Melayu.
    terima kasih saya berharap sekali karena pelajaran saya adalah pelajaran yang di ujian nasionalkan.
    wassalam,

    Dra. Seni Asiati

  6. #6
    gravatar

    Saya sangat perlukan font arab andalus.
    Bisa tolong kirim ke alamat e=mail saya ?
    Terima kasih.

  7. #7
    gravatar

    Assalamualaikum,
    saya ada tugas dari guru agama islam di skolah, bisa bantu enggk terjemahin kata berikut ke arab melayu..
    “siapakah yang bersalah di antara kita? kamu kah atau kah aku kah? untuk mengetahui hal ini mari coba kita tanyakan pada semut merah yang berada di pojok jendela yang sedang mengadu nasib”

    trims. Klo mau bantu.
    Wassalam..

  8. #8
    gravatar

    Bisa di krim ke email saya: thebais7@gmail.com

  9. #9
    gravatar

    “سياڤاكه يڠ برساله د انتارا كيت؟ كامو كه اتاو كه اكو كه؟ اونتوق مڠتاهوي حال اين ماري چوبا كيت تاڽكن ڤد سموت ميره يڠ برادا د ڤوجوق جنديلا يڠ سداڠ مڠادو نصيب“

  10. #10
    gravatar

    alhamdulillah.. byk juga yang peduli thd tulisan arab melayu. Saya ingin menggunakan tulisan ini dalam adat pernikahan kakak saya. Adakah yang sudi membantu menuliskan nama dibawah ini dalam tulisan arab melayu?

    – iffah
    – hendyarto
    – yulia
    – fitri
    – utami
    – ary
    – pulung

    Terimakasih bgttt jika ada yang bisa membantu..^.^

  11. #11
    gravatar

    ALAMAK RANCAK BANAR IKO HA

  12. #12
    gravatar

    saya sedang bingung buat mengerjakan tugas sastra saya. karna saya harus mencari contoh arab melayu. agak sulit mencarinya ternyata

  13. #13
    gravatar

    Bagaimana ya cara membaca Aksara Arab-Melayu : Kambing, kumbang, kembung ……كمبيع

  14. #14
    gravatar

    Dulu waktu pesantren di ajarin arab melayu, setelah lama tak belajar lagi skrg disuruh ngajar arab melayu. Susah, rumit, penuh tantangan. Tp seru juga….

  15. #15
    gravatar

    Setahu saya tidak ada yang namanya bahasa Jawi,yang ada adalah Bahasa Yawi, yakni bahasa Melayu dialek Pattani yang kadang=kadang jadi salah sebut menjadi bahasa Jawi.Bahasa Melayu, walaupun ditulis dengan tulisan/aksara Arab atau dengan abjad “cyrillic” (Rusia) sekalipun tetap saja Bahasa Melayu dan tidak akan menjadikannya bahasa Jawi atau bahasa Rusia.

    Yang menamakan Tulisan Arab Melayu tulisan Jawi adalah orang-orang Arab sebelum ada yang namanya Indonesia. Bagi orang-orang Arab semua orang islam yang datang dari Asia Tenggara adalah semuanya orang Jawa/ Jawi tidak peduli apakah dia dari Filipina, Pattani dll. Itulah sebabnya bagi mereka buku-buku bahasa Melayu dengan akasara Arab Melayu mereka sebut bukubuku bahasa Jawi/Jawa.

    Tulisan Jawi / Arab Melayu lama hampir tidak membeda-bedakan bunyi vokal a, e, i,u dan o pada suku-suku kata, seperti dalam kalimat berikut: “Kumbang hinggap di kembang datang kambing kumbang terbang.” Jadi penulisan kam, kem, kim , kom dan kum sama seakli sama, begitu juga bang, beng, bing, bong dan bong juga sama.

  16. #16
    gravatar

    saya mau minta font arab melayu persis modelnya kaya kitab perukunan besar, dan apa nama fontnya

  17. #17
    gravatar

    saya seorang guru seni budaya di situ suruh mengajar arab melayu tapi tak ada buku panduannya bagaimana tuk mencari buku itu …

  18. #18
    gravatar

    سيبينرث بيسا ساج كيتا مينوليس سواتو توليسان دعن توليسن عرب بيربهاس إندونيسيا أتوفون بهاس ميلايو جوما اوراع فيسنترين ماس سكارنج تيدك ماو لاكي منوليس يع سيفرتي إيتو كاتث كمفوعن .بكيتو …. ماس

  19. #19
    gravatar

    tes…
    ضصثقفغعهخحججسي اتريلاستشلاىيايياؤىءيتنيىيتتيييتؤت

  20. #20
    gravatar

    Arab Melayu, Jawi, Jawoe dan/atau apapun sebutan lainnya; tetap mempunyai maksud yang sama; yaitu penulisan huruf arab yang melambangkan bunyi bahasa aseli di wilayah nusantara. Permasalahannya dari dulu hingga sekarang hanya masalah konsistensi penulisan. lain penulis maka lain pula cara penulisannya. Bahkan ada sebuah kaidah terbaru yang sama sekali sangat bertentangan dengan kaidah penulisan huruf al-Qur’an (Arab) itu sendiri. contoh kasus pada penulisan ‘ديديق’ untuk mewakili bunyi ‘didik’. kalau kita beri awalan pe- dan akhiran -kan, dalam tulisan latin akan kita tulis dengan ‘pendidikan’. kenapa di Arab Melayu menjadi ‘ڤنديديقكن’?
    dan banyak lagi contoh kasus lainnya.

  21. #21
    gravatar

    Saya bgug dg tulisan armel d atas, soalnya tulisnnya trpisah2, pdhalkn per kata d smbung, cuma d pisah huruf u,e,o,w,r,a,hamzah,

  22. #22
    gravatar

    Arab melayu mulainya dari KANAN, sama spt bhasa arab,

  23. #23
    gravatar

    kasi tw la nulis arab nama saya :MARIANTO

  24. #24
    gravatar

    kalo masalah cara membaca ny gimn ?

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.