Penanggalan Cina

Selasa, 8 Februari 2005M
27 Dzulhijjah 1425H

“Tuntutlah ilmu walaupun harus ke negeri Cina”. Kenapa Rasulullah menyampaikan pesan tersebut? Yang terpikir oleh saya hanya dua, yaitu Cina sangatlah jauh untuk ditempuh pada saat itu dan bidang ilmu yang berkembang di Cina sangat maju dan rumit. Termasuk saya mencoba memahami sistem penanggalan Kalender Cina berikut ini.

Kostum Tarian NagaPenanggalan Cina didasarkan atas gabungan perhitungan peredaran bulan (kalender lunar) dan peredaran bumi mengelilingi matahari (kalender solar). Kalender ini selain digunakan sebagai penanda harian juga digunakan untuk perayaan tertentu terhadap musim seperti misalnya Perayaan Tahun Baru sebagai awal musim semi. Kalender Cina pertama kali dikembangkan satu milenium sebelum masehi. Legenda menyebutkan pertama kali ditemukan oleh Kekaisaran Yellow dan ditambahkan sistem kabisat pada jaman Dinasti Yao.

Karena Cina termasuk wilayah sub-tropis maka penanggalan pun mengacu kepada parameter equinox (posisi matahari tepat di khatulistiwa) dan solstice (posisi matahari terjauh di utara/selatan khatulistiwa). Perkembangan selanjutnya dipengaruhi oleh sistem astronomi barat melalui Jesuit dan sistem kalender Gregorian (kalender Masehi yang kita kenal sekarang).

Beberapa aturan perhitungan yang ditetapkan tahun 104SM masih berlaku hingga sekarang, seperti bulan adalah ‘bulan lunar’, awal hari dihitung mulai saat tengah malam (pukul 00:00) dan winter solstice selalu pada bulan ke 11 (memasuki zodiak Capricorn), serta beberapa aturan dasar lainnya.

Jadi, meskipun penanggalan bulan berdasarkan peredaran bulan namun karena parameter equinox dan solstice di atas; bulan pada kalender Cina selalu tidak jauh beriringan dengan penanggalan Masehi (berbeda dengan kalender Hijriyah yang hanya mengacu ke peredaran bulan saja). Sebagai contoh nyata perayaan Tahun Baru kalender Cina selalu berada di antara akhir bulan Januari hingga minggu ketiga Februari.

Nama bulan pertama pada tahun baru adalah zhēngyuè yang memiliki arti “bulan prinsip”, bulan selanjutnya diberi nama sesuai urutan angka literal.

# 	Chinese Name 	Long. 	Zodiac Sign
11 	十一月 shíyīyuè 	270° 	Capricorn
12 	十二月 shí'èryuè 	300° 	Aquarius
 1 	正月 zhēngyuè 	 330° 	Pisces
 2 	二月 èryuè 	   0° 	Aries
 3 	三月 sānyuè 	  30° 	Taurus
 4 	四月 sìyuè 	  60° 	Gemini
 5 	五月 wǔyuè 	  90° 	Cancer
 6 	六月 liùyuè 	 120° 	Leo
 7 	七月 qīyuè 	 150° 	Virgo
 8 	八月 bāyuè 	 180° 	Libra
 9 	九月 jiǔyuè 	 210° 	Scorpio
10 	十月 shíyuè 	 240° 	Sagitarius

Astrologi Cina (salah satunya kita kenal sebagai Shio) jauh lebih rumit dari sistem astrologi Barat, ada 12 binatang yang menjadi simbol astrologi serta 5 macam unsur materi. Jika digabungkan bisa menjadi 60 kombinasi. Keduabelas binatang tersebut adalah Tikus, Sapi, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi, serta kelima unsur materinya adalah Kayu, Api, Tanah, Emas (atau Besi) dan Air. Keduabelas binatang tersebut dipergunakan juga sebagai representasi waktu dalam setiap harinya.
* 23:00 – 01:00: Tikus
* 01:00 – 03:00: Sapi
* 03:00 – 05:00: Macan
* 05:00 – 07:00: Kelinci
* 07:00 – 09:00: Naga
* 09:00 – 11:00: Ular
* 11:00 – 13:00: Kuda
* 13:00 – 15:00: Kambing
* 15:00 – 17:00: Monyet
* 17:00 – 19:00: Ayam
* 19:00 – 21:00: Anjing
* 21:00 – 23:00: Babi

Komentar

29 komentar untuk catatan 'Penanggalan Cina'

  1. #1
    gravatar

    gong xi fa chai:p

  2. #2
    gravatar

    sukanya baca blogmu itu jay….banyak ilmunya…:)

  3. #3
    gravatar

    ma’af mas Jay dan yang lainnya, ketahuilah bahwa Hadits “Tuntutlah ilmu walaupun ke negeri China” adalah Hadits Maudhu (hadits palsu). Memang banyak yang tidak tahu akan takhrij Hadits tersebut dan banyak yang tertipu serta menganggapnya shahih, padahal itu adalah Hadits maudhu (hadits palsu). Banyak cerita dibalik hadits tersebut, saya lagi berusaha membuat tulisan mengenai hal tersebut di blog saya (baru di register di blogsome).

  4. #4
    gravatar

    Kekaisaran Yellow? Kekaisaran Kuning, maksudnya (ada ga tuh)?

    Selamat tahun ayam! Gong Xi Fa Chai.

  5. #5
    gravatar

    shahih atau nggaknya saya juga tidak tahu dan saya tak mampu untuk mencari kebenarannya sendiri

    saya hanya menulis aspek keilmuan, yang hanya sedikit bisa saya pahami

  6. #6
    gravatar

    #4, makanya saya tulis sebagai hyperlink, sebagai referensi kalo butuh detail, sebab begitulah cara menulis di web (hyperlink tidak disimbolkan dengan kata-kata ‘click here’ atau ‘klik di sini’)

  7. #7
    gravatar

    pantess.. beda dengan tangalan hijriah

  8. #8
    gravatar

    oyah, sekarang Tahun Baru Hijriyah juga loh… :)

    SELAMAT TAHUN BARU 1426 Hijriyyah

  9. #9
    gravatar

    Gak apa2 lah telat sehari.

    Gong Xi Fat Cai!

  10. #10
    gravatar

    bang jay ini pengetahuannya luas banget yah…
    jadi, ga sekedar nulis, tapi juga membagi pengetahuan bagi yang membacanya…
    teruskan bang jay… saya selalu dukung dan baca ilmu2 dari sini…:D

  11. #11
    gravatar

    Sebetulnya sistem penanggalan Bali (dulu di Jawa) juga mirip sama rumitnya dengan penanggalan China. Kalau mau tahu silahkan beli kalender Bali, dan bisa dilihat (kalender ini lengkap, dari penanggalan China, Arab, Masehi dsb).

    Dalam sistem yang di anut di Bali menggunakan kalender Lunar dan Solar, ada “wara” (siklus hari) dari 1 (Eka wara) hingga 10 seingat saya. Ada juga yg disebut Wuku (minggu), 1 tahun ada 30 wuku (210) hari, ini bukan yg menggunakan lunar. Ada lagi sistem tahunan yg mengacu ke Caka (yg digunakan hari raya Nyepi).

    Dalam masalah hitungan hari, maka akan dinilai eka wara sampai dasawara dari suatu hari itu, plus hitungan kalendera lunar dan solar dsb… Wah udah nggak inget di kepala semua maklum buku buku di Jakarta.

    Yang menarik cara menghitung bilangang-bilangn itu menggunakan anggota badan dengan teknik menghitung yang khas (karena harus menjumlah, mengali dan membagi). Dengan bantuan jari, buku jari dsb bisa dihitung dg cepat. Seperit sipoa tapi pakai anggota tubuh.

  12. #12
    gravatar

    jay, blog loe kalau diambil rss feed-nya kok tanggalnya berantakan ya?

    contohnya, artikel yang ini kalau di bloglines tanggalnya 8 Januari 2005. lho..

  13. #13
    gravatar

    Soal “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina” itu sebenarnya peribahasa Arab, cuma entah kenapa disini “dipelesetkan” sebagai hadits.

  14. #14
    gravatar

    #12: Mil, belum sempet ngecek, pake WordPress 1.5 Beta, masih full of bugs

    #13: makasih infonya, gak ngeh kalau itu peribahasa Arab

  15. #15
    gravatar

    Gong Xi Fat Choi dan Tahun Baru 1426 H

    Gong Xi Fat Choi, semoga di tahun ayam ini semua bertambah lancar.
    Selamat Tahun Baru 1426 Hijriah, Semoga kita semua menuju ke kehidupan yang lebih baik.

    Ulasan sejarah biasanya ditulis oleh Jay. Mungkin dia bakal nulis ttg ke-dua tahun baru ini.

  16. #16
    gravatar

    saya juga pingin tau rumus konversi dari masehi ke Hijriyah kalo ada yg punya saya juga mau …(ini email saya: iskandar0404@yahoo.com.sg )! Fyi saya sudah nyoba di situs: http://www.islamicfinder.org/dateConversion.php?mode=ger-hij&day=4&month=10&year=2005&date_result=1
    maksud saya kl ada rumus pingin bikin programnya! Coba2 gitu loh..!

  17. #17
    gravatar

    [...] Keteraturan peredaran bulan pun menjadi dasar perhitungan penanggalan, seperti kalender Cina, Jawa, hingga kalender Hijriyah. Para nelayan secara empiris menghindari air laut pasang karena faktor gravitasi bulan, selain angin darat dan angin laut yang secara teratur bergantian antara siang dan malam. Mereka tak tahu ilmunya, tapi mereka menjiwai gerak alam secara turun temurun. Sastrawan pun mengabadikan purnama dalam karyanya, seperti Candra Kirana, meskipun para perempuan kini sudah tak suka bila wajahnya disebut seperti bulan purnama. Tak terhitung musisi lainnya mengabadikan indahnya bulan dalam lagu-lagu mereka. Bahkan hingga dalam film, seperti metafora pada Bulan Tertusuk Ilalang. [...]

  18. #18
    gravatar

    pak jay tolong dong kasik tahu aku buku – buku yang mempelajari ilmu falaq fersi islam dan fersi ilmu fisika dimana aku beli

  19. #19
    gravatar

    Silakan coba konversi penanggalan Masehi ke Cina:
    http://www.mandarintools.com/calconv_old.html atau http://www.mandarintools.com/calendar.html

  20. #20
    gravatar

    TANNGAL BERAPA YANG BAIK UNTUK BUKA USAHA

  21. #21
    gravatar

    Jadi gimana ?

  22. #22
    gravatar

    [...] gw liat sekilas ada beberapa persamaan antara lebaran dan imlek, yang pertama : latar belakang penetapan waktunya sama2 berdasarkan pada peredaran bulan,walaupun digabung dengan [...]

  23. #23
    gravatar

    lagi nyari penanggalan cina tahun 2009
    ada yang tau beli dimana?

  24. #24
    gravatar

    makasih atas informasinya ya bang jay

  25. #25
    gravatar

    bang jay,,kalo tgl lahir alender cina 25/01/1978.tgl international nya berapa ya? mksh ya

  26. #26
    gravatar

    bag jay…kalo tanggal 14 – 02 – 1988 tgl cina nya berapa ya?thx

  27. #27
    gravatar

    Mau nanya…kalo tgl 26 desember 2013 tanggal cinanya berapa ya???ada kepentingan tertentu jadi mau tao…mohon infonya ya thx

  28. #28
    gravatar

    mau tanya tgl 26 desember 2013 itu tanggal cina nya berapa ya????karena tanggal cina itu mau buat sesuatu acara khusus…thanks

  29. #29
    gravatar

    […] ilmu sampai ke negeri Cina, kata sebuah peribahasa Arab (yang sering disangka hadits). Belajar tidak mengenal […]

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.