Blog Menurut Roy Suryo

Kamis, 6 Januari 2005 M
24 Dzulqaidah 1425H

Ah, yang-katanya-pakar Roy Suryo berceloteh lagi, kali ini di Media Indonesia berbicara tentang blog. Berbicara, bukan menulis! Berikut kutipannya:

Tetapi, pengamat multimedia Roy Suryo menyarankan pengakses internet untuk lebih percaya kepada situs-situs resmi daripada weblog. Alasannya, nilai pertanggungjawaban dari pembuat blog masih terbatas dan sumber penulisannya tidak bisa ditentukan. “Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi, ” ungkap dosen UGM ini kepada Media kemarin.(War/B-1)

Hi Roy!
Kesimpulan saya, Roy Suryo tidak membuat blog sebab ia lebih suka bicara daripada menulis, lebih suka didengarkan di forum darat atau televisi saja sebab setelah berbicara dokumentasinya nyaris tidak ada untuk dilacak kembali, salah atau benar yang dikatakan akan lebih mudah dilupakan orang.

Mari tertawa!

Komentar

70 komentar untuk catatan 'Blog Menurut Roy Suryo'

  1. #1
    gravatar
  2. #2
    gravatar

    hai…………….selagi kamu hidup berusahalah untuk membahagiakan orang lain ,berbuat baiklah untuk sesamamu,kasihilah mereka walaupun kamu tak pernah di pedulikan mereka.

  3. #3
    gravatar

    hahahah jangan thu dong kawan2 sama roy suryo!!!dia kan sekolahnya mahal untuk bisa ngomong!!jangan2 roy suryo gak bisa buat blog!!!hahahahahahah…….

  4. #4
    gravatar

    hmmm….
    ke laut aje tuh

  5. #5
    gravatar

    masing-masing orang boleh komentar toh! tapi yang intinya tergantung pada masing-masing pribadi… aku malah senang dengan adanya blog tuh! selain kreatifitas dan dapat membuat kita lebih maju selangkah kedepan daripada jalan ditempat

  6. #6
    gravatar

    biarlah bang Roy menggonggong, bloger tetap berkreasi. he..he..

  7. #7
    gravatar

    ROY = DUDULz…….

    hahahaha..
    sama MAti Ketawa…

  8. #8
    gravatar

    om suryo om suryo…..!!!!anda terlalu naif untuk untuk “pakar”silahkan anda ng’blog,berguna nga?tulisan anda???????

  9. #9
    gravatar

    Saya setuju dengan apa yang di ungkapkan Pengamat Multimedia om Roy itu, memang kebanyakan bloger itu pertanggungjawabannya sangat diragukan, memang kalo yang suka menulis ini memang cocok untuk mengungkapkan isi dari ide-ide yang ada dalam pikiran untuk dituangkan ke dalam blognya tanpa memikirkan tanggung jawab. Setiap orang kan punya hobi ato kesukaan sendiri” jadi ada yang suka ngomong juga ada yang suka menulis, ada juga yang suka dua-duanya jadi masing-masing bisa menempatkan kemampuanya sendiri”. Kadang yang bisa ngomong tidak bisa menulis alias NATO (No Action Talk Only), kadang yang bisa menulis sulit untuk mengungkapkannya.

    Peace……………

  10. #10
    gravatar

    Sapa yg tau email-nya si Roy Suryo, tolong dong. Mo tak kirim foto Agnes Monica lagi main kuda2an. Gue mo tanya foto itu asli apa rekayasa gitu.

    Anda klo pingin tahu liat dan tolong teliti asli apa gak di Forum Bebas Indonesia, di http://forumbebas.com/forum.phb
    di HOT Indonesia, halaman 5 atau 6, judulnya: Mirip Siapa

  11. #11
    gravatar

    Roy Suryo? siapa tuh…oohhh iya PAKAR FOTO BUGIL ARTIS yaa…
    Heran kok masih banyak yang nanggap…

    Kalo ahlinya dibidang foto bugil, gak usah ngomongin masalah yang lain..web/blog dan lain sebagainya..gak bakalan nyambung…

    kalo ada foto bugil baru nanya…kalo selain itu gak usah nanya…kalo masih nanya juga berarti yang nanya itu yang TOLOL…

  12. #12
    gravatar

    Saya mau ikutan untuk membela para blogger.
    Gimana indonesia mau maju kalau hal – hal yang memudahkan itu dilarang.
    Seolah – olah seperti, “kalo bisa dipersulit, kenapa tidak?”. Sungguh sangat disayangkan.
    Maju terus bloggers!

  13. #13
    gravatar

    Roy ga punya hak membatasi kebebasan orang berkreasi. Itu namanya norak & kampungan. Dunia ini berkembang karena banyak yg berkreasi, bukan yang membuka aib orang laen.
    Rupanya ada dua Roy yg lagi bermasalah di negeri ini…

  14. #14
    gravatar

    Guobloog, GAPTEK banget sich om roy, gak tau apa ada blog yg isinya juga ada pendidikan gratis

  15. #15
    gravatar

    bagaimana kita bisa mengenali yang BAGUS kalau tidak ada yang BURUK? bagaimana kita bisa belajar mengenai apa yang BENAR kalau tidak pernah belajar mengenai apa yang SALAH?

    sama seperti pendapat saya tentang teori bulat-datarnya bumi: seandainya tidak ada orang yang berpikir bahwa bumi itu datar (pemikiran yang kemudian terbukti keliru), akankah ada orang yang berpikir bahwa bumi itu bulat (pemikiran yang SAAT INI masih terbukti benar)?

    kita belajar bukan hanya dari kebenaran, tapi juga dari kesalahan.

    itulah pendapat saya tentang blog. meski sebagian blogger tidak menulis secara ilmiah, tidak memiliki dasar logika kuat, atau bahkan sekadar curhat tentang dunia sehari-harinya (yang mungkin saja bagi sebagian orang termasuk bacaan tidak penting dan tidak berguna), kita bisa belajar dari semua tulisan yang ada dalam setiap blog. setidaknya IDE dan SEMANGAT MENULIS, itulah yang terpenting bagi saya.

    dan, seperti kata setiap penulis (sampai sekarang saya belum menemukan penulis yang berteori sebaliknya), “KALAU INGIN JAGO MENULIS, BACA!”

    karena itu, maaf, saya tidak sependapat dengan roy suryo yang menganggap bahwa blog adalah sumber kebodohan, juga tidak sependapat dengan anda yang menganggap blog-blog tertentu tidak layak dibaca lantaran penulisannya yang tidak ilmiah, tidak berdasar logika kuat, atau tidak mencantumkan sumber secara jelas.

    blog, seperti halnya SEMUA buku, makalah, berita tulis, bahkan label sampo, layak dibaca. kitalah, sebagai pembaca, yang harus jeli dan kritis setelahnya. kalau kita meyakini sesuatu yang baru kita baca tanpa sikap kritis, sama juga seperti orang yang mau saja disuruh terjun ke jurang tanpa alasan apa pun. tapi, dengan membaca APA SAJA, pemikiran kita menjadi lebih matang dan kritis, gudang info kita pun makin berisi (dengan hal-hal yang benar maupun yang salah).

    terakhir, perlu saya ingatkan pada anda, BANGSA MAJU SELALU BERBUDAYA BACA-TULIS, BUKAN RUNGU-LISAN. terlalu sedikit kita membaca (berapa banyak buku yang sudah anda selesaikan minggu ini?). terlalu sedikit kita menulis. bahkan, jujur saja, terlalu sedikit buku yang ada di toko buku terbesar sekalipun di negeri ini. karena itu, kalau kita masih harus melewati perjalanan panjang sebelum mencapai destinasi (yang merupakan salah satu impian terbesar saya): menjadi bangsa yang berbudaya baca-tulis, sudahlah, anggap saja maraknya blog di indonesia ini sebagai langkah pertama.

  16. #16
    gravatar

    ha…ha…2X.Roy suryo tuh jd pakar multimedia dr MEDIA & dy jd terkenal jg dr MEDIA.Jd kesimpulannya : Dy Diajari ngomong/bicara jg dr MEDIA cm Bwt timbal balik jasa aja.Emangnya yang pakar Multimedia cm Roy Suryo aja,HEy bung roy diatas langit masih ada langit….!

  17. #17
    gravatar

    haha
    haha
    haha
    mari tertawa untuk om roy

  18. #18
    gravatar

    Roy Suryo, hebat sekali nih orang. Salut sy pada dia. tapi setelah saya liat profilnya, oh cuma begituh, banyak loh orang lebih hebat seperti roy. pernyataanya juga seuai orang tau memang begitu, maklum dia kan temannya pa SBY yang sangat jago bertutur kata meskipun semua orang jika berada di posisinya bisa juga ngomong seperti itu.

  19. #19
    gravatar

    Tidak sengaja membongkar2 postingan2 lama tersangkut di blog ini. Maklum baru sejak 2007 menjadi seorang blogger jadi tidak tahu sejarahnya dunia perbloggeran di Indonesia. Sedikit ingin memberi tanggapan mengenai Roy Suryo, sebenarnya saya agak kurang sreg dgn beliau. Bkn masalah apa sih, sekarang teknologi kan sudah cukup berkembang. Kalau hanya untuk memastikan suat bukti itu sah atau tidak, tentu ada aplikasi enkripsinya. Tinggal ditransfer datanya en doneeeee… Ngga perlu jasa seorang pakar sepertinya.

  20. #20
    gravatar

    “aku mohon ampun, kok ga’ ada yang ngebela aku ya ?” ucap suryo
    “monggo sekali-kali aku di bela, gitu toh…” ucapnya lagi…
    “yo…wess, aku arep meneng….” gerutunya lagi…
    penontonpun tertawa terbahak-bahak…”ha..ha..ha….grrrr, lucu…lucu banget !” beberapa penontonpun
    izinn kebelakang untuk menahan pipisnya..!

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.