Tektonik Bumi

Kamis, 30 Desember 2004M
18 Dzulqaidah 1425H

Kita yang pernah bersekolah pernah mendapat pelajaran geografi di sekolah menengah (terima kasih untuk Ibu Soja yang pernah memaksa muridnya menghafal istilah-istilah geografi). Salah satu kajian di pelajaran tersebut adalah istilah tektonik.

Pelat tektonik kawasan Indonesia

Tektonik adalah kajian yang menyinggung struktur dan bentuk bumi khususnya lapisan batuan yang membentuk benua, pulau atau gunung, dalam arsitektur adalah kajian tentang perancangan bentuk. Pulau atau benua ditopang oleh sebuah pelat/landasan yang keras ke dasar bumi yang tertutup oleh lautan, tentunya pelat ini lebih lebar daripada dengan yang tampak di permukaan yang menjadi batas daratan dengan lautan yang disebut pantai.

Tiap pulau atau benua memiliki pelat masing-masing yang berdiri sendiri atau bersamaan. Tiap pelat ini bergeser pelan-pelan sedikit demi sedikit ke arah tertentu. Apa yang tergambar di atlas sekarang berbeda dengan kondisi bumi ribuan tahun yang lalu. Pelat-pelat yang bergeser ini memungkinkan timbulnya pelat baru karena keretakan, juga bisa membentuk “sungai di dasar laut” karena pelat saling berjauhan (disebut palung).

Garis-garis antar pelat ini kemudian disebut garis tektonik, di mana Indonesia adalah ujung dari dua garis tektonik besar dunia, garis pertama dari India, Burma, selatan Sumatera, selatan Jawa, selatan kepulauan Nusa Tenggara dan ke utara sampai ke kepulauan Maluku. Garis yang kedua adalah dari utara Jepang, pelat Filipina (berbatasan dengan pelat Pasifik, di sini ada palung terdalam — palung Mariana) dan berakhir di kepulauan Maluku. Pulau Irian termasuk ke dalam pelat Australia yang berbatasan dengan pelat Sunda yang membentuk palung Jawa dan palung Banda.

Jika melihat peta tektonik — pelat Sunda ini masih termasuk ke dalam pelat Eurasia, pelat besar yang menopang benua Eropa dan Asia, hingga ilmuwan lebih fokus ke palungnya yaitu palung Sunda, palung Jawa dan palung Banda.

Gempa yang terjadi di samudera Hindia berkaitan dengan deformasi mendadak antara pelat India, pelat Burma di sekitar palung Sunda (tepatnya 14 titik epicenter di sepanjang palung Sunda 200-300Km dari Aceh). Dari informasi Wikipedia yang terjadi adalah pergeseran mendadak vertikal sekitar 10 meter pelat India dan pelat Burma serta pergeseran 15 meter pelat India dan pelat Burma menjauh. Hal inilah yang menjadikan terjadinya pergeseran pelat di kedalaman 1.200km dan gempa bawah laut sedalam 30km di bawah permukaan laut dengan skala magnitude 9, menyebabkan air laut di sekitar epicenter turun mendadak dan di sekelilingnya air laut naik kemudian menjadi ombak besar menyebar 360° dengan kecepatan 800Km/jam, bisa anda analogikan seperti menepuk air di tengah ember, air akan beriak membentuk gelombang ke pinggir ember dan tumpah, itulah tsunami dalam skala kecil.

Cairan panas dari dalam bumi (magma) ikut bergerak akibat gempa ini, sehingga sering diprediksikan setelah gempa bumi terjadi bisa diikuti dengan naiknya aktivitas vulkanik, karena Indonesia berada di garis tektonik tentunya diikuti pula dengan garis vulkanik dari sepanjang Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara sampai ke kepulauan Maluku dan Sulawesi.

Akankah ada kenaikan aktivitas vulkanik di sepanjang pulau Sumatera? Kita tunggu saja kabar dari para pakar Geologi, semoga bukan sesuatu yang menyeramkan.

Komentar

71 komentar untuk catatan 'Tektonik Bumi'

  1. #1
    gravatar

    oh begituu.. makasih..

    maklum, gw gak pernah merhatiin pelajaran geografi:P baru skr jadi agak2 tertarik.. hehe..

  2. #2
    gravatar

    Jay, di paragraf ke-6 baris ke-7 disebutkan ke dalaman gempanya 1.200km, itu sangat terlalu dalam untuk gempa di zona subduksi. Penentuan parameter kedalaman gempa memang paling tdk akurat bila dibandingkan dgn komponen horizontalnya, tapi kalo 1.200 km itu engga mungkin. Kedalaman gempa yang wajar di sekitar Burma microplate (Aceh dan sekitar pantai barat) yaitu sekitar 10-20 km.

  3. #3
    gravatar

    its so nice blog ….

  4. #4
    gravatar

    hallo semuanya

  5. #5
    gravatar

    penting nggak

  6. #6
    gravatar

    Ternyata kekuatan gelombang tesunami itu hebat ya.Gua sampai takut gitu lho.

  7. #7
    gravatar

    gimana dengan gempa yang terjadi di selat sunda tahun 1883 yang disebabkan oleh letusan gunung krakatau?kira-kira bakalan terjadi lagi gak disana? soalnya famili gua banyak tinggal disekitaran teluk lampung, serem juga kan?

  8. #8
    gravatar

    jujur ajah skarang aku bingung.
    gunung krakatau saat ini dengan saat yang lalu sama atau tidak. gunung krakatau adalah gunung yang aktif akan tetapi yang menyebabkannya aku tak tahu. saat ini yang kutangkap adalah berasal dari lempengan yang ada (menyebabkan gempa tektonik) kalau dulu berasal dari mana? apakah dari lempengan yang sama? jika iya dan akan meletus berarti itu adalah bencana terbesar di sepanjang masa donk. karena zaman dulu ajah yang mati sekitar 36 ribu orang yang dimana penduduknya hanya sekitar 60 ribu. berarti saat ini bila gunung krakatau meletus dapat menyebabkan 15 juta orang meninggal dan hilangnya sebagian besar pulau jawa. dan akan kesulitan dalam hal konsumsi karena pada tahun 1983 debu dari krakatau saja menyebabkan amerika gagal panen selama 1 tahun.

  9. #9
    gravatar

    #8: zener, setiap tahun lempeng tektonik landasan benua itu selalu bergeser beberapa sentimeter, pergeseran yang kontinu dan pelan tersebut memungkinkan ada bagian yang patah, yang patah tersebut yang menyebabkan gempa, gempa bisa menyebabkan bawah laut goncang (permukaan laut bisa terjadi tsunami) dan magma terdorong, karena magma itu cairan jadi mudah terdorong ke arah gunung api.

    gunung meletus adalah bencana, namun semua itu adalah ‘sebuah order’ untuk kestabilan tektonik dan vulkanik.

  10. #10
    gravatar

    menurut saya, website ini SANGAT jElEk

  11. #11
    gravatar

    betul sangt jelek sekali bu geografi juga jelek n nyebai lhooo

  12. #12
    gravatar

    gurunya geografi kelas x3 sma 7 nyebai masak tugasnya suruh cari artikel ttg bumi, padahal besok ditumpuk n belumbuat apa apa bisa bantu gak? kalo bisa kamu ngganteng deh…

  13. #13
    gravatar

    geografi adalah ilmu yang sebenarnya sangat dirahasiakan pada saat negara kita dijajah. buktinya kalo kita dulu dikasih ilmu geografi, mungkin freeport gak bakalan dimiliki orang luar. kita orang Indonesia gak boleh tau dengan kekayaan alam yang dimiliki. Jangan menyepelekkan geografi, bagaimanapun kita hidup di satu bumi. jangan memandang sebelah bumi…..

  14. #14
    gravatar

    buat seveners jogja, coba aja liat di google, search: “struktur bumi” . tugas kan buat bantu kita belajar, so enjoy aja lagi….just make the Earth Science interest You…good luck!

  15. #15
    gravatar

    saya ingin taw lebih jelas cerita tentang meletusnya gununk krakatau

  16. #16
    gravatar

    Ass.. buat anak2 Sevener Jogja yg ngisi komen jelek ttg “Ibu Guru Geografi di Sekolah qt yang dulunya mrpkn anak sulung KBK”, mohon ditarik kembali. Ibu tersebut enak mengajarnya. Hanya saja anak2 muda skrg, maaf, ga mau maju.Terbukti dengan diberikannya tugas yang hrs dikumpul esok harinya. Itu resiko seorang pelajar.Adek baru akan menyadari bhw hal sprti itu akan sngt berguna ktka adek sudah memasuki jenjang perkuliahan.hati-hati lho dek.Adek bisa kualat. Dulu saya ingin masuk Fakultas Kedokteran UGM.Namun ALLAH brkehendak lain.Mbak diterima di….Fakultas Geografi UGM!Sungguh tdk sia2 pernah belajar Geografi walau hanya 1thun diSMA.Sungguh sngt membantu.Trims byk Utk Ibu Guru di Smaven.Berusaha mencapai nilai yang maksimal bukanlah tujuan utama pembelajaran, namun prosesnyalah yang diutamakan, bgmana anak bs mengerti dan memahami ttg apa yg ia pelajari shgga akan selalu dikenang dan nantinya akan bermanfaat di masa depan.
    Oya, btw,:pada paragraf ketiga artikel saudara Jay: emang iya po ada bentukan sungai dasar laut?sejauh referensi yg saya baca, br kali ini saya tau sprti itu.
    lalu, tipe tumbukan lempeng/pelat apa yg terjadi ketika Tsunami?Bukankah karena Subduction/lempeng saling menunjam sehingga mengakibatkan air masuk dulu ke laut kemudian baru tumpah?
    mohon dijelaskan.thx.
    wass

    From Lulusan Smaven 2005-XII IA 2

  17. #17
    gravatar

    #16: Saya menulis istilah yang mudah dicerna umum saja, analoginya jika lautan tanpa air maka palung laut adalah sungai atau jurang. Keretakan, tumbukan atau pergeseran bisa terjadi tiba-tiba dalam tekanan air laut yang tinggi, jadi air laut seperti jatuh berpindah, sehingga di permukaan lautan air beriak dalam skala besar, yaitu gelombang besar bernama tsunami.

  18. #18
    gravatar

    hallloo…woi kamu lulusan mana sih masa ga tau zona subduksi itu paling dalam di Indonesia ada di jawa bagian selatan!kok bisa ya?gempa terjadi pada kedalaman 1200km, sungguh aneh?!artikel yang kamu buat patut dipertanyakan!tolong dikoreksi.nah yang hanya mungkin terjadi gempa paling hanya sampai kedalaman kurang lebih 700km itu pun jarang terjadi.

  19. #19
    gravatar

    yoi thanks dari anak geologi UPN

  20. #20
    gravatar

    thanks to penulis, aq jadi tertolong berkat anda. sekali lagi thank you very much!

  21. #21
    gravatar

    bagaimana kita menentukan suatu gempa itu adalah gempa dangkal, menengah atau dalam. untuk gempa dangkal, menengah dan dalam pada kedalaman berapa?

  22. #22
    gravatar

    bagaimana kita menentukan suatu gempa itu adalah gempa dangkal, menengah atau dalam. untuk gempa dangkal, menengah dan dalam pada kedalaman berapa?

  23. #23
    gravatar

    uapikkkk… bisa tolong jelasin tentang terjadinya gunung api dengan gambar gak ya? pengen ngerti nehhh

  24. #24
    gravatar

    mas, ada perbedaan yang sangat JELAS antara GEOGRAFI dan GEOLOGI, peristiwa2 alam yang berhubungan dengan gaya tektonik merupakan kajian geologi BUKAN geografi, geologi membahas proses2 yang terjadi dibawah permukaan bumi sedangkan geografi membahas proses2 yang terjadi diatas permukaan bumi termasuk manusia.:)

  25. #25
    gravatar

    huh..aku kan sebenernya capek disuruh cari tugas geografi kaya gini..mana ngantuk bgt pula..bayangin aja td pagi aq bangun jam 4 bwt bljr matematik ‘n biology..duhhggg…malezzzzz…bet…tp untungnya skrg aq lagi ntn “Cintailah Aku Gadis” di Indosiar..so..gk bete2 amat dech, krn pada dasarnya cerita di sinetron ini menggambarkan aku dgn si P. Huhuhu..a lil’ bit tragic booo!

    Udah ah segitu dulu curhatnya..ngantuk gw..hwe3…but anyway thx for this website..

    peace and lovely,

    Booollluuu

  26. #26
    gravatar

    Yang kami butuhkan sebenarnya adalah artikel tentang tektonik. Macam-macam tektonik dan prosesnya. mungkin ini dapat dilengkapi.kami ucapkan banyak terimakasih atas semuanya.kami tidak dapat mengambil ini, mungkin lain kali dapat. proses orogenetik dan epirogenetik adalah yang kami butuhkan.

  27. #27
    gravatar

    Great! Situs yang sangat membantu. aQ bisa bebas dari omelan guru karena telat mengumpulkan tugas. Thnx a lot to it!;)

  28. #28
    gravatar

    inget Quran. bahwa Allah menurunkan kitab-mizan-besi. Dr HarunYhy, tnyata usia bumi tdk mampu memproduk logam. Lalu lihat extrim science di tv itu, memang satu saat pernah dihujamkan dr luar bumi sekian volume meteor logam, yg trus berproses hingga skr dlm core bumi, dan digali sebagian utk kebutuhan industri. reaksi inti/core ini y katanya mempengaruhi magnet bumi/gravitas. teman2 mungkin lbh tau teknis korelasi aktifitas manusia dng bumi kita ini. bahwa yg trjd gerakan lempeng dan letusan gunung merupakan sikap ‘ekuilibrum’/penyeimbangan sang bumi. Diskusi mnarik ttg ukuran dan kedalaman, silakan itu teknis mikro.
    Yg menarik bg sy, (mungkin hal makro yg jgn kita lupa), ketika Quran mennggambarkan informasi ttg kiamat, manusia-gunung diterbangkan spt bulu, bbrp tafsiran teknis berhipotesis ttg hilangnya gravitasi saat itu. salah satunya krn matinya aktivitas core bumi dng dikeluarkannya segala di perut bumi.
    Dan sebelum itu terjd, ada tahap ketika kutub2 magnet dan rotasi bumi berubah, hingga saat itu orang akan lihat matahari terbit dr barat. Dan berkurangnya gravitasi ini, sebabkan bumi ‘melayang’ agak jauh dari surya. sehingga iklim bumi lbh dingin. Kl dihadist dikatakan menjelang kiamat ini, jazirah arab akan kembali hijau, .. apa yg terjadi di nusantara, ya? Nikmat apa lg y kita dustakan, smntara Allah tdk Suka org yg berlebih2an yg akibatkan fasad/rusak. Banyak2 istigfar kali, ya;)

  29. #29
    gravatar

    jadi kalau kiamat itu digambarkan sebagai kondisi dimana bumi sudah tidak mampu lagi untuk mengalami penyeimbangan?

    kalau sebab akibat dari dalam dan luar nya kira2 apa yah? apa emang umurnya?

    oh iya… nuat yang mau, kalau mau artikel2 atau file tentang bumi (plate tectonic, volcanoe, seismic dll ) saya ada. email aja. . . kita tuker2 ilmu…

    jangan lupa subjectnya yang jelas. thx

    awal_striker@yahoo.com

  30. #30
    gravatar

    apakah ada hubungan gempa di laut yang mengguncang jogja dengan gempa2 di merapi, terima kasih sebelumnya

  31. #31
    gravatar

    wah kemarin jogja bener2 mencekam. bgmn gk? orang2 pada kabur terbirit2 lari semua ke kaliurang, wah pada takut mati semua ternyata orang jgja. itu juga pembawa acara radio perlu di tuntut aja itu, wong gk ada tsunami kox disiarkan tsunami, wuh satu jogja yang katanya orng2nya intelek pada termakan isu. ah ternyata orang jgja gk intelek semua ya…ada beberapa juga yng gak termakan isu, seperti saya gitu. hehehe. Jogja ini mengalami 2 bahaya, baek vukanik maupun tektonik, jadi mestinya ada sistem yng bisa dijadikan dasar semua orng jgja kalau bencana benar2 terjadi. gitu lo? gak kayak kemarin, orang yang gak punya otoritas ngmong pada mgomong smua. sistemnya segera di buat pak hamengku, pak walikota, pak prof2 dari ugm, uny, uii, dll & mahasiswanya juga. selamatkan segera dengan sistem yang bener?!?!?

  32. #32
    gravatar

    [...] Gempa tektonik mempunyai kemungkinan besar memengaruhi gejala vulkanik. Mungkinkah gejala vulkanik Gunung Merapi akan dibuat meletus oleh rentetan aktivitas tektonik sejak bencana tsunami akhir 2004 lalu? Adakah kaitannya dua provinsi –Daerah Istimewa– Aceh dan Yogyakarta ditimpa bencana? Wallahu alam. [...]

  33. #33
    gravatar

    sangat bagus untuk pengetahuan anak-anank sekarang tetapi lebih bagus tampilan lebih diutamakan:)

  34. #34
    gravatar

    he
    kok masih pinter mbah marijan…
    ya wong mbah marijan iku wong spiritualis jowo tulen, anti korupsi dan ngapusi
    ya pendapate bisa di benarkan…merapi berhasil manut kan sama simbah…
    tapi kuasane sing kerso ya lain…wong parang tritis, hotel jojes, kos kosan jogjess…sarang maksiat…
    ya di gulung saja sama moloikat…
    orang yang mati keno, gempa iku mati sahid alisa mangkat nang swarga…
    hayoo jay…koe sering maksiat opo ora …?
    awas …satu orang nglakoni maksiat…sak negoro jogja ngalami akibate kabehh tooo… ibarate dosa sak wong kuwi koyo dene ..sak wong mbolongi kapal..
    akibate ngerti dewe to…sak kapale melu karem ..mung ..goro goro ..ulahe sak wong…wong sing ora dosa melu mati…?
    gek piye ngono kuwi le.. hayooo…pok gatekno opo ora le…
    wis yo mbah marijan

  35. #35
    gravatar

    joko merapi

    ass….
    kang jay ..
    pendapatmu kuwi lak menurut pengetahuan umum…rak jarene gurumu tooo..?
    gurumu iku lho jarene buku..la buku ikku jarene yo teko buku …bukune karyane wong sing wis mati..kan…opo maneh jarene londo..? gendheng iku..
    tapi sing bener iku yo..nek kitab nya rahasia kehidupan di al-quran…
    kabeh mau wis ono conto lan peringatane nek Quran,

    sing sopo wong utawa suatu kaum ngingkari sing tertulis ono ing njero kitab kiki abakal..keno..akibate..

    yaiku murkaning bumi..

    bumi lan isine iku iku wis nguripi manungso..

    nanging dasar manungso..selalu bikin rusaknya keseimbangan bumi,
    mulai dari explorasi sumber daya alam yang terlalu di expiltasi..sampe juga merusak tatanan kehidupan…ber manusia alias ..jadi manusia tapi makan manusia..contone koyo fir, aun dan kawan kawannya sampe sekarang ini.

    wis ta lah, lek nglanggar aturane sing ngawe urip iku bakal..makan.. akibat perbuatannya sendiri…

    derita terjadi akibat salah kta sendiri, bukan karena sing gawe urip..
    wong sudah di peringatken..ndak manut…ya tanggungsendiri akibate

    wis yo

    wassalam, teko simbah merapi

  36. #36
    gravatar

    sopo ning ndukur nulis mbah marijan2 segala. nek aku seh ngene cak? mbah marijan iku sekarang kegunaanya gak terlalu signifikan. Mungkin kalo dulu mbah marijan sangat diperlukan sekali dalam penanganan merapi. Tapi perannya bukan untuk menghentikan aktivitas merapi yang bakal njebluk. mbah marijan iku penting buat memberikan sugesti untuk menenangkan psikologi para penduduk. Soale itu kalo di ilmiahkan, mbah marijan itu secara tidak langsung menghipnotis warga sekitar untuk tetap tenang. toh walaupun kenyataannya tetep bakal banyak yang ko’it akibat wedhus kere. ITU DULU >>> tapi kalo sekarang ya lain, lawong dah ada lembaga yang nangani masalah kegunungan kox. Dan itu dah falid, walaupun ada peralatan yang udah usang. jadi penanganan untuk menanggulangai atau memperkecil korban mestinya harus di konsep matang dengan beracuan pada bagaimana aktifitas merapi menurut lembaga2 kegunungapian itu, bukan menurut mbah marijan. Tapi saya juga salut pada mbah marijan, kalo orang yang nulis di atas cucu nya mbah marijan. Saya titip salam yaaaa…? thanks. matur nuhun.

  37. #37
    gravatar

    kalau gunung krakatau meetus lg, mungkin ga sedasyat thn 1883? setiap berapa thn sekali gunung krakatau meletus jakarta kemungkinan kena juga ga? di jawab ya!

  38. #38
    gravatar

    gunung krakatau ngga meletus lagi karena sudah tidak aktif lagi n tinggal sisa2-nya aja yang terdiri dari anak2 krakatau. bekas letusan maha dahsyat krakatau menghancurkan dome yang sekarang udah jadi maar yang terisi air laut. namun resiko tetap ada karena gunung ini berada di zona subduksi. kalaupun terjadi, penduduk yang ada di pulau sumatra dan pulau jawa dalam bahaya besar.

  39. #39
    gravatar

    krakatu sudah ngga ada lagi, ngga aktif. letusan maha dahsyat krakatau dulu udah menghancurkan gunung tersebut dan membentuk maar yang terisi air laut. dapur magma yang dulu berisi habis akibat letusan tersebut. tinggal anak2 krakatau dengan potensi bahaya yang disimpannya, karena lokasi gunung krakatau berada tepat di zona subduksi. kalaupun terjadi maka penduduk di pulau jawa dan sumatra dalam bahaya besar, yang mana tidak kita harapkan.

  40. #40
    gravatar

    Menurut gw keren bgt tulisannya. Mendingan loe bikin buku aja. Kayaknya bermanfaat bgt.

  41. #41
    gravatar

    guru bilang Kerajaan sriwijaya itu kerajaan maritim dimana pusatnya tidak tentu alias berpindah-pindah. tapi ada juga yang mengatakan kerajaan sriwijaya itu hilang karena tsunami. masuk akal, kabarnya kerajaan itu besar dak mungkinlah tampa meninggalkan situs yang jelas. tidak terpencar-pencar kayak habis diterjang air bah. ya dak?

  42. #42
    gravatar

    saya sangat tertarik dengan “ilmu geografi” diatas…
    barusan saya mendapat kabar dari teman saya di malaysia (kabar itu didapat teman saya dari cnn) bahwa lempengan australia akan menabrak lempengan di selatan pulau jawa. hal ini akan mengakibatkan gempa susulan di yogyakarta atau beberapa daerah di pulau jawa lainnya. bahkan akan mengakibatkan tsunami menurut cnn hal ini diperkirakan akan terjadi pada rabu tanggal 7 juni 2006.
    bagaimana tanggapan anda?
    apakah berita dari cnn itu benar?
    saya ingin kan jawaban anda atau analisa anda secepatnya….

  43. #43
    gravatar

    gila………….kalo bencana dah dateng kita semua tuh emank gak bisa apa-apa yah!
    terus…..tu orang yang bilang “PENTING GAK SIH” aduh……….mikir dong!!
    coba lo yang kena gempa tektonik………..
    pasti lo semua baru bisa ngrasain, mending lo tu bantu korban-korban gempa aja, yah, kalo gak bisa materil, moril juga gak apa-apa!
    LAIN KALI MIKIR DULU YAH!!!

  44. #44
    gravatar

    waduh, makasih banget om jay, karena blog dan semua isinya, aku jadi terbantu banget dalam ngerjain tugas geografi kuu! thanks sekali lagi!

  45. #45
    gravatar

    Cah Geologi UPN 2003

  46. #46
    gravatar

    Geologi UPN 2003 semangat!!!!!!

  47. #47
    gravatar

    Geologi emang beda ama geographi … tapi kayanya waktu kita blajar di sma, materi2 geologi dipelajari pada pelajaran geographi bukan?
    nanya aja nih…

  48. #48
    gravatar

    situz ney ga’ mnrik cz.. warnanya gag pink.. wez gituw jach..

  49. #49
    gravatar

    ada yang bisa memodelkan dalam persamaan matematika ga masalah gempa tektonik?????

  50. #50
    gravatar

    ada yang mau bantu cariin situs tentang istilah-istilah geografi gak? tolongin dong ane perlu sekali, o..ya istilahnya dijelasin pake bahasa indonesia atau bahasa apapun ga apa2 yang penting bisa di pahami ane …. tolong donk…!!!

  51. #51
    gravatar

    buat rekan-rekan yang baik atau k’ yuliana mo bantu cariin istilah2 geografi lengkap dengan pejelasan bahasa indonesianya. tanks semuanya. di tunggu jawabannya!

  52. #52
    gravatar

    gawat lu jay,niat lu mang bae mo ngasi2 ilmu,tapi ilmu lu ttg tektonik salah banget bro,bisa2 yg ngebaca malah jdi tambah bodoh lagi,kayanya lu harus ngasi ilmu yg lu bner2 ngerti aja deh.okay,buat para pembaca klo mo tau ttg proses geologi yang bner baca di rovicky.wordpress aja deh,ilmunya dijamin asli,nga kaya yg dsni,ngabal semua…….

  53. #53
    gravatar

    #52: Silakan dikoreksi jika ada kesalahan.

  54. #54
    gravatar

    ass buat yang muslim…salam kenal buat semuanya…aku tertarik dgn forum diskusi ini…masih ada yang mau ngasih ide, itu sudah baik..masalah salah atau benar, silahkan dikoreksi…dgn catatan jgn ada hujatan..Indonesia ini sekarang hancur gara2 saling hujat.gak ada niat baik untuk membangun kebersamaan dan sama2 membangun…salut pada JAY

  55. #55
    gravatar

    buat yang bisa nolong nih….ada gak yang tau teori keseimbangan alam? atau teori titik nol alam semesata? aku pengen tau aja…krn setelah tahun 2000-an banyak banget bencana alam maupun bencana sosial..aku percaya bahwa ini adalah hukum penyeimbangan alam….thnx buat yang mau nolong….kirim ke berontak_link@yahoo.com

  56. #56
    gravatar

    adduhh..thaks bgt nih tulisan membantu gw banget untuk bikin makalah!!!!

  57. #57
    gravatar

    gmn kalo ditambahin lagi?
    jgn cm yg ky gini dong
    kalo berkembang kan bakalan oke

  58. #58
    gravatar

    thanx buat tulisan nya, cuman mau comen aja buat yang yang bilang kalo tulisan ini ga penting lo salah banget bro kita di ind adalah sumbernya bencana mulai dari tekonik sampai vulkanik.

    FOR THE BEST U CAN SAY “GEOLOGI”

    GEOLOGI USAKTI

  59. #59
    gravatar

    WEWEEEWWWWWWEWEWEEW

    dasar, semua orang

  60. #60
    gravatar

    wuzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz pusing praktikum bikin pinter ayo semangat

  61. #61
    gravatar

    ado pusing dengan tugas-tugas………………..
    tapi tidak jadi masalah, semakin banyak tugas, semakin cepat juga untuk selesai

  62. #62
    gravatar

    Pelat-pelat yang bergeser ini memungkinkan timbulnya pelat baru karena keretakan, juga bisa membentuk “sungai di dasar laut” karena pelat saling berjauhan (disebut palung). bagaimana bisa pembentukan sungai di dasar laut???
    kalo mau di bilang, laut sendiri juga air dan sungai juga air. bagaimana bisa terjadi???
    dan bagamana cara untuk membedakannya??

  63. #63
    gravatar

    [...] Gempa tektonik memiliki kemungkinan besar memengaruhi gejala vulkanik. Mungkinkah gejala vulkanik Gunung Merapi akan dibuat meletus oleh rentetan aktivitas tektonik sejak bencana tsunami akhir 2004 lalu? Adakah kaitannya dua provinsi –Daerah Istimewa– Aceh dan Yogyakarta ditimpa bencana? Wallahu alam. [...]

  64. #64
    gravatar

    humm..
    gara2 dp tugas tntang ilmu bumi gw jd trtarik..
    trnyata bumi itw asyik y..
    hehehe..

  65. #65
    gravatar

    oh ya maaf, saya kesulitan ni dalam tugas2 saya
    boleh nanya gak tentang pengertian gempa tektonik dan bagaimana proses terjadinya n skalian apa akibat yang ditimbulkan oleh gempa tersebut
    just that bae atuh….
    mohon bantuannya ya, punteun….

  66. #66
    gravatar

    Tolong sertakan 7 macam lempengan tektonik di muka bumi ini..terimakasih..,di tunggu postingnya..!!!

  67. #67
    gravatar

    hmph , paz gw dsuruh nyari info ttg tektonik , tnggal ambl dsini!!!!!!
    lenkap bgt cuy!!!!!!!!1
    oy smua yang ada dsini sk geografi yawch???

  68. #68
    gravatar

    materinya ok…tp koq ga ditampilkan mitigasinya juga, karena masyarakat banyak yg lom tw,,thanks….

  69. #69
    gravatar

    Kak jay q bleh mnta tlong g?q buta bnget tentang geografi,dg apa yg dah q bca diatas kayakx ka2k dah baxak pengalaman moga2 ja q blom tlat ya kak,kira2 ka2k mo g berbgi pngalaman dg orang kyak q? Kl bisa jwabanx kirim kesini Airani26@ovi.com

  70. #70
    gravatar

    lomayan ni wad topik TuGAS AKHIR hehe

  71. #71
    gravatar

    Best southeast asia Resorts dharamshala hotels

    Jay adalah Yulian » Tektonik Bumi

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.