Tektonik Bumi

Kamis, 30 Desember 2004M
18 Dzulqaidah 1425H

Kita yang pernah bersekolah pernah mendapat pelajaran geografi di sekolah menengah (terima kasih untuk Ibu Soja yang pernah memaksa muridnya menghafal istilah-istilah geografi). Salah satu kajian di pelajaran tersebut adalah istilah tektonik.

Pelat tektonik kawasan Indonesia

Tektonik adalah kajian yang menyinggung struktur dan bentuk bumi khususnya lapisan batuan yang membentuk benua, pulau atau gunung, dalam arsitektur adalah kajian tentang perancangan bentuk. Pulau atau benua ditopang oleh sebuah pelat/landasan yang keras ke dasar bumi yang tertutup oleh lautan, tentunya pelat ini lebih lebar daripada dengan yang tampak di permukaan yang menjadi batas daratan dengan lautan yang disebut pantai.

Tiap pulau atau benua memiliki pelat masing-masing yang berdiri sendiri atau bersamaan. Tiap pelat ini bergeser pelan-pelan sedikit demi sedikit ke arah tertentu. Apa yang tergambar di atlas sekarang berbeda dengan kondisi bumi ribuan tahun yang lalu. Pelat-pelat yang bergeser ini memungkinkan timbulnya pelat baru karena keretakan, juga bisa membentuk “sungai di dasar laut” karena pelat saling berjauhan (disebut palung).

Garis-garis antar pelat ini kemudian disebut garis tektonik, di mana Indonesia adalah ujung dari dua garis tektonik besar dunia, garis pertama dari India, Burma, selatan Sumatera, selatan Jawa, selatan kepulauan Nusa Tenggara dan ke utara sampai ke kepulauan Maluku. Garis yang kedua adalah dari utara Jepang, pelat Filipina (berbatasan dengan pelat Pasifik, di sini ada palung terdalam — palung Mariana) dan berakhir di kepulauan Maluku. Pulau Irian termasuk ke dalam pelat Australia yang berbatasan dengan pelat Sunda yang membentuk palung Jawa dan palung Banda.

Jika melihat peta tektonik — pelat Sunda ini masih termasuk ke dalam pelat Eurasia, pelat besar yang menopang benua Eropa dan Asia, hingga ilmuwan lebih fokus ke palungnya yaitu palung Sunda, palung Jawa dan palung Banda.

Gempa yang terjadi di samudera Hindia berkaitan dengan deformasi mendadak antara pelat India, pelat Burma di sekitar palung Sunda (tepatnya 14 titik epicenter di sepanjang palung Sunda 200-300Km dari Aceh). Dari informasi Wikipedia yang terjadi adalah pergeseran mendadak vertikal sekitar 10 meter pelat India dan pelat Burma serta pergeseran 15 meter pelat India dan pelat Burma menjauh. Hal inilah yang menjadikan terjadinya pergeseran pelat di kedalaman 1.200km dan gempa bawah laut sedalam 30km di bawah permukaan laut dengan skala magnitude 9, menyebabkan air laut di sekitar epicenter turun mendadak dan di sekelilingnya air laut naik kemudian menjadi ombak besar menyebar 360° dengan kecepatan 800Km/jam, bisa anda analogikan seperti menepuk air di tengah ember, air akan beriak membentuk gelombang ke pinggir ember dan tumpah, itulah tsunami dalam skala kecil.

Cairan panas dari dalam bumi (magma) ikut bergerak akibat gempa ini, sehingga sering diprediksikan setelah gempa bumi terjadi bisa diikuti dengan naiknya aktivitas vulkanik, karena Indonesia berada di garis tektonik tentunya diikuti pula dengan garis vulkanik dari sepanjang Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara sampai ke kepulauan Maluku dan Sulawesi.

Akankah ada kenaikan aktivitas vulkanik di sepanjang pulau Sumatera? Kita tunggu saja kabar dari para pakar Geologi, semoga bukan sesuatu yang menyeramkan.

Komentar

70 komentar untuk catatan 'Tektonik Bumi'

  1. #1
    gravatar

    buat rekan-rekan yang baik atau k’ yuliana mo bantu cariin istilah2 geografi lengkap dengan pejelasan bahasa indonesianya. tanks semuanya. di tunggu jawabannya!

  2. #2
    gravatar

    gawat lu jay,niat lu mang bae mo ngasi2 ilmu,tapi ilmu lu ttg tektonik salah banget bro,bisa2 yg ngebaca malah jdi tambah bodoh lagi,kayanya lu harus ngasi ilmu yg lu bner2 ngerti aja deh.okay,buat para pembaca klo mo tau ttg proses geologi yang bner baca di rovicky.wordpress aja deh,ilmunya dijamin asli,nga kaya yg dsni,ngabal semua…….

  3. #3
    gravatar

    #52: Silakan dikoreksi jika ada kesalahan.

  4. #4
    gravatar

    ass buat yang muslim…salam kenal buat semuanya…aku tertarik dgn forum diskusi ini…masih ada yang mau ngasih ide, itu sudah baik..masalah salah atau benar, silahkan dikoreksi…dgn catatan jgn ada hujatan..Indonesia ini sekarang hancur gara2 saling hujat.gak ada niat baik untuk membangun kebersamaan dan sama2 membangun…salut pada JAY

  5. #5
    gravatar

    buat yang bisa nolong nih….ada gak yang tau teori keseimbangan alam? atau teori titik nol alam semesata? aku pengen tau aja…krn setelah tahun 2000-an banyak banget bencana alam maupun bencana sosial..aku percaya bahwa ini adalah hukum penyeimbangan alam….thnx buat yang mau nolong….kirim ke berontak_link@yahoo.com

  6. #6
    gravatar

    adduhh..thaks bgt nih tulisan membantu gw banget untuk bikin makalah!!!!

  7. #7
    gravatar

    gmn kalo ditambahin lagi?
    jgn cm yg ky gini dong
    kalo berkembang kan bakalan oke

  8. #8
    gravatar

    thanx buat tulisan nya, cuman mau comen aja buat yang yang bilang kalo tulisan ini ga penting lo salah banget bro kita di ind adalah sumbernya bencana mulai dari tekonik sampai vulkanik.

    FOR THE BEST U CAN SAY “GEOLOGI”

    GEOLOGI USAKTI

  9. #9
    gravatar

    WEWEEEWWWWWWEWEWEEW

    dasar, semua orang

  10. #10
    gravatar

    wuzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz pusing praktikum bikin pinter ayo semangat

  11. #11
    gravatar

    ado pusing dengan tugas-tugas………………..
    tapi tidak jadi masalah, semakin banyak tugas, semakin cepat juga untuk selesai

  12. #12
    gravatar

    Pelat-pelat yang bergeser ini memungkinkan timbulnya pelat baru karena keretakan, juga bisa membentuk “sungai di dasar laut” karena pelat saling berjauhan (disebut palung). bagaimana bisa pembentukan sungai di dasar laut???
    kalo mau di bilang, laut sendiri juga air dan sungai juga air. bagaimana bisa terjadi???
    dan bagamana cara untuk membedakannya??

  13. #13
    gravatar

    […] Gempa tektonik memiliki kemungkinan besar memengaruhi gejala vulkanik. Mungkinkah gejala vulkanik Gunung Merapi akan dibuat meletus oleh rentetan aktivitas tektonik sejak bencana tsunami akhir 2004 lalu? Adakah kaitannya dua provinsi –Daerah Istimewa– Aceh dan Yogyakarta ditimpa bencana? Wallahu alam. […]

  14. #14
    gravatar

    humm..
    gara2 dp tugas tntang ilmu bumi gw jd trtarik..
    trnyata bumi itw asyik y..
    hehehe..

  15. #15
    gravatar

    oh ya maaf, saya kesulitan ni dalam tugas2 saya
    boleh nanya gak tentang pengertian gempa tektonik dan bagaimana proses terjadinya n skalian apa akibat yang ditimbulkan oleh gempa tersebut
    just that bae atuh….
    mohon bantuannya ya, punteun….

  16. #16
    gravatar

    Tolong sertakan 7 macam lempengan tektonik di muka bumi ini..terimakasih..,di tunggu postingnya..!!!

  17. #17
    gravatar

    hmph , paz gw dsuruh nyari info ttg tektonik , tnggal ambl dsini!!!!!!
    lenkap bgt cuy!!!!!!!!1
    oy smua yang ada dsini sk geografi yawch???

  18. #18
    gravatar

    materinya ok…tp koq ga ditampilkan mitigasinya juga, karena masyarakat banyak yg lom tw,,thanks….

  19. #19
    gravatar

    Kak jay q bleh mnta tlong g?q buta bnget tentang geografi,dg apa yg dah q bca diatas kayakx ka2k dah baxak pengalaman moga2 ja q blom tlat ya kak,kira2 ka2k mo g berbgi pngalaman dg orang kyak q? Kl bisa jwabanx kirim kesini Airani26@ovi.com

  20. #20
    gravatar

    lomayan ni wad topik TuGAS AKHIR hehe

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.