Sejarah Hari Ibu

Rabu, 22 Desember 2004M
09 Dzulqaidah 1425H

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Berbeda dengan di Amerika dan Kanada yang merayakan Hari Ibu atau Mother’s Day pada hari Minggu di minggu kedua bulan Mei.

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan di tahun yang sama dengan Sumpah Pemuda. Organisasi perempuan sendiri sudah bermula sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.

Pada tanggal 22 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani), kongres berikutnya diadakan di Jakarta dan Bandung.

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional, hingga kini.

Satu momen penting bagi para wanita adalah untuk pertama kalinya wanita menjadi menteri adalah Maria Ulfah di tahun 1950. Sebelum kemerdekaan Kongres Perempuan ikut terlibat dalam pergerakan internasional dan perjuangan kemerdekaan itu sendiri. Tahun 1973 Kowani menjadi anggota penuh International Council of Women (ICW). ICW berkedudukan sebagai dewan konsultatif kategori satu terhadap Perserikatan Bangsa-bangsa.

Mandala Bhakti Wanitatama

Pada kongres di Bandung tahun 1952 diusulkan dibuat sebuah monumen, setahun berikutnya diletakkan batu pertama oleh Ibu Sukanto (ketua kongres pertama) untuk pembangunan Balai Srikandi dan diresmikan oleh menteri Maria Ulfah tahun 1956. Akhirnya pada tahun 1983 Presiden Soeharto meresmikan keseluruhan kompleks monumen menjadi Mandala Bhakti Wanitatama di Jl. Laksda Adisucipto, Yogyakarta.

Komentar

122 komentar untuk catatan 'Sejarah Hari Ibu'

  1. #1
    gravatar

    Ibu…terima kasih atas segalanya….
    kau khawatir tanpa bersuara…
    kau sayang tanpa berkata…
    kau sakit tanpa peduli…
    kau….
    Terima kasih ya Allah, telah kau beri hamba hadiah terindah…
    Sebelum benar2 terjadi kesombonganku…
    Terima kasih ya Allah, atas segala cinta-Mu
    Kau beri hamba sebuah pemaknaan terdalam, yg tak pernah hamba sadari selama ini
    Terima kasih ya Allah kau tarbiyah hamba sebelum apa yg terjadi benar2 teori belaka…

  2. #2
    gravatar

    Mah, agung g bs bilang apa2 utk mmperingati hari ibu ini. Agung cm mw bilang kalau mamah adalah malaikat yg Allah sediakan utk agung.
    Met hari ibu mah.. Mdh2n anakmu ini bs mngabulkn sluruh harap mu..

  3. #3
    gravatar

    Mother’s Day: “A festival derived from the custom of mother worship in ancient Greece. Formal mother worship, with ceremonies to Cybele, or Rhea, THE GREAT MOTHER OF THE GODS, were performed on the Ides of March throughout Asia Minor.”—Encyclopædia Britannica (1959), Volume 15, page 849

    Hari Ibu: The Encylopædia Britannica mengatakan, “Suatu perayaan yang berasal dari kebiasaan menyembah ibu di Yunani kuno. Penyembahan ibu yang resmi, dengan upacara-upacara kepada Sibele, atau Rea, IBU AGUNG PARA DEWA, dilakukan pada Ides(tanggal 15) bulan Maret di seluruh Asia Kecil.” —(1959),jil.15, hlm.849.

    “Whether you are eating or drinking or DOING ANYTHING ELSE, do all things for God’s glory.”—1 Cor. 10:31.

  4. #4
    gravatar

    assalamulaikum,..
    bunda…thx banget untuk semuanya..uni sayang bunda…uni sayang bunda…unia sayang banget ke bunda,,,maaf, tadi pagi uni buru2 ngampuz na…cuma sempat memberikan salam ke bunda..uni sadar uni ga punya sesuatu yang special buat bunda,,,tapi semoga bunda dapat merasakan seberapa besar cinta yang uni punya ke bunda,,meski tak sebesar bukti cinta yang telah bunda berikan.,.tapi insya Allah uni akan selalu berusaha untuk buat bunda selalu behagia..

  5. #5
    gravatar

    mom met hri ibu yeah!!!! aQ sayang banget sama mama!!! I love you mom!!!!!
    met hari ibu buat para ibu n` buat calon ibu!!!!

  6. #6
    gravatar

    my mam….u r so…..
    i luv u mum,,bu dwi ku, ibu sekaligus guruku,,

  7. #7
    gravatar

    selamat hari ibu ma…. semoga kau bahagia dsana.

    with love,..

    SS

  8. #8
    gravatar

    aku gak pernah ngrayain hari ibu, tapi aku selalu sayang sama IBUKU.

  9. #9
    gravatar

    temans… mumpung masih hangat nih topiknya hari ibu… masih berasa nuansa feminisnya… jadi pengen cerita… tadi pagi berangkat kerja, biasa naik kereta… walaupun express tapi tetep aja penuh.. tapi gpp lah yang penting cepet nyampe. Di pojok sana aku lihat ada 2 orang ibu hamil Lumayan gede (mungkin 8 bulanan) berdiri di deretan kursi yang khusus diperuntukan untuk ibu hamil, manula, dan balita (ada tulisannya di jendela)…. dan God…didepannya seorang bapak (keliahatannya kuat dan sehat) duduk asyik sambil baca koran,… and disebelahnya seorang lelaki muda asyik tidur (entah tidur beneran atau pura-pura tidur… aku jadi terpana melihatnya… bapak dan lelaki muda itu dengan tanpa rasa malu menduduki kursi yang sebenarnya untuk wanita hamil… entah mereka tidak tahu, atau tidak tahu malu….
    temans pemandangan seperti ini sudah sering saya lihat.. tampaknya belakangan ini ada degenerasi moral dan krisis mental… sosok lelaki yang di gambarkan sebagai manusia tangguh pelindung wanita ternyata sudah berubah jadi lemah dan egois…
    temans lelaki… ingatlah ibumu ketika mengandungmu… istrimu ketika mengandung buah hati kesayanganmu… dan juga anak dan saudara perempuanmu… jadilah lelaki tangguh… jangan lemah..
    kita sebagai perempuan sesungguhnya tidak ingin merasa dikasihani… Cuma hormatilah ibumu… untuk lelaki yang sudah tangguh jangan marah yah… ini Cuma tulisan untuk lelaki lemah saja…
    cheers!!!

  10. #10
    gravatar

    […] Sejarah Hari Ibu […]

  11. #11
    gravatar

    jangan cuma paas hari ibu saja kita sayang pd ibu.tp harus setiap hari kita sayangi ibu coz beliau adalah pintu menuju surga& keseksusan ok..!

  12. #12
    gravatar

    ibu….. adalah tarikat ku yang menjembataniku antara dua dunia

  13. #13
    gravatar

    ibu….. adalah tarikat ku yang menjembataniku antara dua dunia. by Latif Maradjabessy

  14. #14
    gravatar

    bagiku ibuku lebih dari M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.
    karena beliaulah aku tau betapa seorang bapak akan merasa 1/2 jika tanpa ibuku……

    sugguh kasih sayangmu tak diungkapkan dengan kata-kata

  15. #15
    gravatar

    asalamualaikum wr.wb

    sembok i love you sorry slma ini q blum bisa buatmu bhagia,yang terpenting q selalu sayang n bangga kpadamu .doakan aku semoga dapat selalu membahgaikan,tdk membuatmu kecewa.q ingi cita2q dpt dikabulkan oleh allah swt,amien.
    engkau sungguh hebat dpt menjalani semua ni,tdk pernah menyerah to anak2mu.
    meskipun celama ini engkauslalu tewrsakiti oleh bokap,engkau menerima bokap ap adanya n tetep menyayangi bokap.
    dlam ranka hari ibu besuk 22desember 2009 q ingi mengucapkan i love you forever.

    to ibu,engkau telah disana q ingin mjuga mengucapkan selmat hari ibu n ilove you forever to you.
    thaks utuk semuanya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  16. #16
    gravatar

    ..Brbanggalah engkau yg mmliki ibu yg snntiasa mmbri ksh syang dg tulus n iklas mka bhagiakn lah bliau..

  17. #17
    gravatar

    Sekarang telah terjadi penyimpangan makna hr ibu…
    Hidup perempuan-pun byk yg tdk sesuai norma dan nilai2 Kebenaran, ini disebabkan bkn olh hy kelakuan perempuan itu sendiri tp krn sistem yg berjalan sdh jauh dr kebenaran so penyimpangan moralpun tdk terkendali yg seharusny pemerintah (pelaku utama sistem) yg mengendalikannya…
    Semoga pembaca dpt merenungkannya…
    “Kemabali-lah ke jalan/Sistem yg benar.”

  18. #18
    gravatar

    haru ketika davi mengatakan..”…davi saaayyaaang bunda..”

  19. #19
    gravatar

    ibu adalah hal yang tak terlupakan seumur hidup ku
    dia lah yang membimbing ku hingga aku menjadi yang terbaik
    trim’s ibu aku tak kan melupakan jasa-jasa mu
    selamat hari IBU
    untuk sluruh ibu-ibu yang ada di INDONESIA

  20. #20
    gravatar

    Great web site. Loads of helpful data in this article. Now i’m mailing them to many pals ans additionally giving throughout delightful. And of course, we appreciate you your energy!

  21. #21
    gravatar

    Ibu adalah “sekolah” pertama bagi seorang anak. Oleh karena itu sorga berada di telapak kaki ibu; baik-buruknya anak banyak tergantung pada usaha sang ibu. Perjuangan seorang anak yang kakinya sampai berdarah-darah karena menggendong ibunya menunaikan ibadah hajji tidak sampai senilai setetes darah dari sang ibu saat melahirkannya; hargailah perjuangan sang ibu.

    Wanita adalah tiang negara; jangan merongrong suami yang berujung ke kerusakan negara.

    Allah menghargai sebanding atas amal perbuatan lelaki maupun perempuan asalkan dedikasinya utuh, beriman. Beramallah sejalan dengan potensi yang telah diberikan Allah.

  22. #22
    gravatar

    […] Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain. ( sumber : http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/22/sejarah-hari-ibu/ […]

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.