Sejarah Hari Ibu

Rabu, 22 Desember 2004M
09 Dzulqaidah 1425H

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Berbeda dengan di Amerika dan Kanada yang merayakan Hari Ibu atau Mother’s Day pada hari Minggu di minggu kedua bulan Mei.

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan di tahun yang sama dengan Sumpah Pemuda. Organisasi perempuan sendiri sudah bermula sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.

Pada tanggal 22 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani), kongres berikutnya diadakan di Jakarta dan Bandung.

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional, hingga kini.

Satu momen penting bagi para wanita adalah untuk pertama kalinya wanita menjadi menteri adalah Maria Ulfah di tahun 1950. Sebelum kemerdekaan Kongres Perempuan ikut terlibat dalam pergerakan internasional dan perjuangan kemerdekaan itu sendiri. Tahun 1973 Kowani menjadi anggota penuh International Council of Women (ICW). ICW berkedudukan sebagai dewan konsultatif kategori satu terhadap Perserikatan Bangsa-bangsa.

Mandala Bhakti Wanitatama

Pada kongres di Bandung tahun 1952 diusulkan dibuat sebuah monumen, setahun berikutnya diletakkan batu pertama oleh Ibu Sukanto (ketua kongres pertama) untuk pembangunan Balai Srikandi dan diresmikan oleh menteri Maria Ulfah tahun 1956. Akhirnya pada tahun 1983 Presiden Soeharto meresmikan keseluruhan kompleks monumen menjadi Mandala Bhakti Wanitatama di Jl. Laksda Adisucipto, Yogyakarta.

Komentar

120 komentar untuk catatan 'Sejarah Hari Ibu'

  1. #1
    gravatar

    Mother day,
    Mother Cry,
    Kado Untuk IBu Pertiwi,
    Gas Elpiji dll 40 % saja, -

  2. #2
    gravatar

    Please kirimi aku Biografi K.H. Ahmad Dahlan

  3. #3
    gravatar

    pembahasan mnegenai wanita dari dahulu sampai sekarang sepertinya selalu menarik. di seminar-seminar, diskusi banyak yang mnegangkat masalah seputar wanita. apalagi ketika memasuki bulan desember dimana tanggal 22 diperingati sebagai hari ibu.sudah mnejadi tradisi di negara ini setiap tanggal 22 desember selalu dirayakan sebagai hari ibu.
    rasulullah sangat memuliakan seorang ibu, bahkan ketika beliau di tanya sahabat siapakah orang yang wajib kita hormati pertama kali beliau mnejawab ibu ibu ibu sampai 3 kali batu ayah, banyak hadit-hadits nabi bahkan Al-Qur’an pun meninggikan derajat seorang wanit.
    akan tetapi sekarang ini di zaman moderan ini tidak sedikit wanita yang menjatuhkan dirinya sendiri, banyak wanita yang sudah jauh menyimpang dari ajaran dan norma agama.
    wanita yang selama ini dikenal lembut, penuh kasih sayang banyak yang berubah menjadi wanita yang keras, kasar bahkan tidak berprikemanusiaan. banyak wanita yang tega mnggugurkan kandungannya sendiri karena hamil di luar nikah bahkan tidak sedikit bayi-bayi yang tidak berdoasa mati karena dibunuh ibu kandungnya sendiri atau di buang…….naudzubilamindzalik

  4. #4
    gravatar

    Mak, selamat hari ibu yah

  5. #5
    gravatar

    A Tribute to Mother.

    kasih ibu
    kepada beta
    tak terhingga sepanjang masa
    hanya memberi
    tak harap kembali
    bagai sang surya menyinari dunia

    ——
    Seorang Ibu melahirkan dan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang tanpa mengharapkan pamrih apapun juga. Seora…

  6. #6
    gravatar

    trackback jay…

  7. #7
    gravatar

    Jadi hari ibu ditetepkan tahun 1959 yah.

    Selamat ulang tahun hari ibu yang ke 46:D

    *kangen ibuk*

  8. #8
    gravatar

    [...] Ada sejarahnya kenapa tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai hari Ibu. Pada tanggal 22 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani), kongres berikutnya diadakan di Jakarta dan Bandung. [...]

  9. #9
    gravatar

    Slamet hari ibu….. >:D<
    i love you mom! very, very, very much!

  10. #10
    gravatar

    mother….
    your spirit is too big..
    How i can repay to you?

    oh mother…

    your love is honest
    No_bodys can be equel with you

    mother….
    stars and the moon
    I will geve for you
    but all of them
    can’t be repay your love and affection for me…

    I love you mom…^o^

  11. #11
    gravatar

    hari ini tepat 22 dec, selamat hari ibu, terima kasih atas segala do’a mu ibu:(

  12. #12
    gravatar

    WasH…………
    BesoK Deh HaRi Ibu………..
    Hick mana iBu Gwe JauH Lage..
    Met HaRi IBuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    to sMUacH IBu DuNia……….

  13. #13
    gravatar

    Selamat hari Ibu.
    Ibu……..kami tidak berarti apa2 tanpa ketulusan peranmu

  14. #14
    gravatar

    Terima Kasih Mama…

    Kasih Ibu kepada beta
    Tak terhingga sepanjang masa
    Hanya memberi tak harap kembali
    Bagai sang surya menyinari dunia..
    Terima kasih mama, untuk kasih sayangmu, untuk perlindunganmu, untuk perhatianmu, untuk bimbinganmu, untuk semuanya. Aku tahu tak…

  15. #15
    gravatar

    Selamat Ibu Hari

  16. #16
    gravatar

    Selamat hari ibu 22 Desember 2005 …
    I love you mom` bless me ….

  17. #17
    gravatar

    Bila menelusuri sejarahnya, kata Ros Komala Dewi, anggota DPRD Kota Bandung, peringatan Hari Ibu sekarang ini dapat dikatakan kurang tepat. Peringatan Hari Ibu di negeri ini lebih banyak mengacu pada Mothers Day di Barat. Padahal, Hari Ibu di negeri ini mengacu pada perjuangan pahlawan-pahlawan perempuan pendiri bangsa.
    Pada 22 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Kemudian, Presiden Soekarno, melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959, menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional.
    Mengacu sejarah, seharusnya peringatan Hari Ibu tidak hanya dimaknai sebagai hari mengungkapkan kasih sayang kepada dan memanjakan ibu. Itu tidak salah. Namun, seharusnya kita mengambil semangat yang dimiliki para pahlawan wanita seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.
    Semangat mereka, ujar Ros, adalah semangat memperjuangkan hak-hak perempuan. “Apalagi permasalahan perempuan zaman sekarang begitu banyak. Misalnya soal perdagangan perempuan. Ini seharusnya disuarakan dalam peringatan Hari Ibu!” tambahnya. Oleh karena itu, dia mengaku kecewa dengan peringatan Hari Ibu di Balai Kota Bandung. []bowo_s

  18. #18
    gravatar

    [...] Sumber: Sejarah Hari Ibu [...]

  19. #19
    gravatar

    Mother
    To you who raised me
    I offer this thought
    It is something I learned
    Without being taught
    In all the world
    There is no other
    To take the place
    Of my dear Mother

    I LOVE N MISS U MAMA JULIE

  20. #20
    gravatar

    SELAMAT HARI IBU KEPADA SEMUA IBU….
    MOGA PANJANG UMUR…
    DAN HEPI SLALU….
    LOVE U MAMA

  21. #21
    gravatar

    Kalo Anda msh punya ortu, bacalah artikel “Berbaktilah Pd Ortu Sblm Ksmpatan Itu Hilang Slamanya”, diakses di http://www.geocities.com/felix_jordan_88 Smoga bmanfaat.”

  22. #22
    gravatar

    pliss kirimin aku biografi R.A.kartini, Cut Nyak Dien dan Dewi Sartika.. cepet ya

  23. #23
    gravatar

    met hari ibu ya , o ya kenapa di negara lain tidak ada hari ibu malah adanya hari ayah? met hari ibu buat seluruh ibu-ibu se Indonesia,jangan pernah menyerah dan ditindas oleh kaum adam tapi tetaplah semangat seperti semangat ibu kita kartini
    goodluck mom

  24. #24
    gravatar

    sudah tahu belum ya kalau ada usulan hari Bapak?
    Btw, saya kutip tulisan Anda untuk referensi tulisan saya. Sekadar buat perbandingan. Seperti hal jamak, sumber tulisan tetap saya cantumkan kok. Terima kasih. Sukses selalu buat Anda !

  25. #25
    gravatar

    Hati-hati, kini mulai ada polusi sejarah budaya. Beberapa mal di Jakarta, mulai mengadakan promosi penjualan dalam rangka Mother’s Day sekitar Mei. Ini Hari Ibunya Amerika, yang kita tidak tahu apa artinya dan sejarahnya.

    Mereka sudah berhasil menanamkan budaya Hari Kasih Sayang sejak pertengahan 1970-an, menyusul Halloween. Nanti kita lama-lama disuruh merayakan Hari Martin Luther King, Washington Day atau Hari St.Patrick, yang nggak jelas buat kita disini. Apakah itu tokoh setan atau bukan.

  26. #26
    gravatar

    Tak ada alasan bagi kita untuk berkata atau mengucapkan kata kasar pada orang yang telah telah berkorban dalam mengorbankan begitu banyak hal didalam kehidupan kita…..
    Ma selamat hari ibu.. Hari yang paling bahagia adalah hari ketika saya berada di pelukan mu.
    teman-teman bagi anda yang tertarik untuk bergabung bersama dalam memberikan kesadaran yang tinggi bagi kita semua mengenai arti pentingnya seorang ibu, meri kita bergabung di friendster dengan alamat email G_asi2006@yahoo.com

  27. #27
    gravatar

    sosok yang sederhana, mencoba menggambarkan hidup dengan banyak kompleksitasnya, mengajarkan, menjalani dan memaknai hidup…..hatinya seluas samudra dan maafnya sedalam palung. MET HARI IBU untuk ibuku, ibu-ibu di dunia, calon ibu dan yamh mencintai ibu……

  28. #28
    gravatar

    Ibu.. engkau adalah pematik api kehidupanku. Kala jurang dan kepahitan hidup menelan diriku, engkaulah satu-satunya orang yang tetap sabar mendampingiku, memberikan petuah, mencarikan jalan keluar, mendinginkan hati dan pikiran ku yang kalut. Kala air mata tak terbendung menahan sesak di dada, sesak tertekan kehidupan fana ini, kata-kata mu, usapan tanganmu, dan rangkulanmu segera menghapus semuanya. Senyum mulai terbentuk di bibir. Maafkan aku ibu..selama ini aku sering menyakiti hatimu, membuatmu menangis. Jika 4JJI mengizinkan, di lubuk hati kuberjanji, suatu saat nanti akan kubalas semua kebaikan dan pengorbananmu..semampu yang dapat ku lakukan. SELAMAT HARI IBU.. untuk ibuku tercinta & ibu2 lain di dunia.

  29. #29
    gravatar

    mohon kirimkan aku tulisan/opini seputar ibu

  30. #30
    gravatar

    Aku butuh Opini tentang Hari Ibu, untuk diterbitkan tanggal 21 Desember. Aku bisa dapatkan Opini tersebut, dan foto penulisnya? Thank You

  31. #31
    gravatar

    Ibu.. satu2nya orang yang merasakan kepedihan saat kita masih berupa embrio,
    saat ini dia pasti memimpikan diriku, memelukku, membelai rambutku, menyuapiku. terimakasih ibu.. aku akan pulang sebentar lagi.. mencium tanganmu, membasuh kakimu.. i love you ibu!!

    buat mamaku di ptk.. met ultah yah ma.. dari anakmu yang jauh di jogja!! miz and love u so much!!

  32. #32
    gravatar

    menjad ibu bukan hal yangmudah. menjadi tiang juga mengayomi, dua hal berbeda.
    takaran sebgai seorang ibu bukalah perceminan wanita pada uumnya, seorang mnagerial rumah tangga yang berpijak pada kesepahaman antara suami dan anak2. Belum lagi tuntutan penyalahgunaan wewenang dari kaum patriarki untuk menggukan kekuasaanya dengan beberapa bentuk sebagai perwakilan dari bentuk kasih sayang katanya. dengan hal yang tak begitu berharga dari kaca mata sosial harus menepis tiran yang mmebelengu kebebasan ibu untuk berkarya. namun hal yang terlupakan dari goresan zaman tat kala mata manuasia, menjadikan wanita sebagai pelimpahan dari stres kahidupan,sangatlah ironis apabila mahluk yang perlu pengayoman dan penyadaran harus diperlakuka tidak selayaknya.
    Dengan hal yang tak berharga ini ibu jangan tinggalkan istana keluarga ini tanpa suramu yang renyah dan memberikan inpirasi bagi keberlansungan dunia kecilmu yang masih hijau untuk menata republik ini

  33. #33
    gravatar

    MUUUUMMMMM……!!!!!!! I LOVE YOU SO……………………….
    Mum,thx very much atas smuanya ya? q sadar klo ma slalu doain q setiap saat, slalu care ma q, n ma slalu kasih yg terbaik bwt q walopun q slalu dan slalu nyusahin ma. coba klo ga da ma…q psti jg ga bklan ada di sini.
    because of you, mum, i’m here__i’m happy__i feel have a true friend. thx 4 all, mum. I LOVE YOU SO…………GBU Always

  34. #34
    gravatar

    Ibu,aku sangat bangga padamu.Engkaulah semangatku,Engkaulah senter bagi perjalanan hidupku.pokoke IBU adalah segalanya bagiku.Hingga aku bisa cari duit sendiri,yang dulu aku hanya bisa menengadahkan tangan,yang dulu aku hanya bisa merengek-rengek minta ke ibu.Sekarang aku tetap menengadahkan tangan meminta restumu,doamu dan cintamu,merengek-rengek meminta ampunan dan maapmu.Sampai kapanpun aku tetap membutuhkan ibu,hari ini esok dan seterusnya karna ibu adalah hidupku.I luv u mom’ N i need you………

  35. #35
    gravatar

    BIYUNG…….^_^ njenangan segalanipun kagem kulo, BIYUNG……maturnuwun sangeettt njenengan sampun nglahirne kulo.SELAMAT HARI IBU”"_ kagem biyungku tercinta,nyuwun DOA RESTUnipun biyung :-* :-* MMMuu@@cccHHHHH……. I LUV U so MUCH“““pokoke :x

  36. #36
    gravatar

    MOOOOOMM’___ you are The PRETTIEST WOMAN in the world. Happy MOTHER`DAY

  37. #37
    gravatar

    Ibu….,besok adalah hari ibu.
    Anakmu ini nggak sanggup mo ngomong apa,Anakmu ini gak pantes mendapatkan kasih sayang yang selama ini sudah kau berikan, karna ku tahu Anakmu ini gak akan bisa membalas semuanya, gak akan pernah bisa……..

  38. #38
    gravatar

    ibu…besok merupakan hari ibu
    terimakasih atas kasih sayang,pengorbanan,perhatian, bimbingan mu slama ini….maafkanlah aku bila slama ini aku pernah menyakiti hatimu,membuat mu menangis..aku tak dapat membalas semua yang kau berikan kepada ku..bibir ku hanya bisa berucap SeLaMaT HaRi IBU..UNtUk ibu ku terCintA..

  39. #39
    gravatar

    IBU….aku bingung mo memberi kado apa untuk ibu besok??, uangku udah menipis bgt bu` karna untuk membayar uang kuliahku,sedangkan uang gajiku masih kurang buat bayar semesteran.Aku sedih ,aku bingung tidak bisa memberi apa-apa untuk ibu.tapi aku tau, ibu tidak mengharapkan kado,ato uang dariku….ibu hanya ingin aku,anaknya berbakti padanya,membuat bahagia ibu,membuat bangga untuk ibu.Doakan aku ibu,restuilah aku ibu,untuk mencapai cita-citaku,membuat bangga ibu,membuat ibu tersenyum maniez dan cantik.HANYA ibu_lah yang menjadi pelita hidupku,semangatku untuk maju,karna IBU @Dalah IBU…IBU…IBU dan IBUku,,,,selamanya.N@H AkU tau besok aku akan memberi kado IBU yang special,walaupun tanpa uang, besok pagi-pagi akan kupetik setangkai bunga mawar segar di halaman rumah yang selalu kusiram tiap hari,UnTuK kuselipkan di S@NGGuL IBU sebagai kado di hari ibu, ya.._____BEsOk pagi @KaN keselipkan SeTanGGKai BuNGa MaWAR di SaNGGuL IBU……..;;) ;) ^_^ [^_^]$ELAMAT H@RI IBU~~~~<:-P

  40. #40
    gravatar

    I LOVE You Mom,,,,,,,,,,

    Bsok hari ibu, aku ingin sekali mulai detik ini samapi seterusnya aku selalu membahagiakan ibu. Ibu merupakan sosok orang yang tak mengenal lelah, walaupun aku sering berbuat slah padanya namun ibu tetap memberi kasih sayang tanpa menguranginya. Aku sungguh saLut pada Perjuangan seorang Ibu. Terutama Ibu Ku……..!

    Love You Mom, Much………!

  41. #41
    gravatar

    [...] Katanya hari ini adalah mother’s day atawa hari ibu, selamat merayakan bagi para ibu! Love you Emak [...]

  42. #42
    gravatar

    Mama…
    Sudah kurang lebih 11 tahun di setiap hariku ku lalui tanpa mu mama, tapi dalam kesempatan yang bahagia ini aku memohon doa agar engkau senang berada di surgamu dan tak lupa ku ucapkan selamat hari ibu karena engkau telah mengandung, melahirkan, merawat, membesarkan aku. Ingin rasanya aku membalas atas semua jasamu tapi engkau telah pergi menuju yang paling menyayangimu…

  43. #43
    gravatar

    Selamat hari ini ya? untuk semua kaum ibu – ibu semoga tambah semangat dalam mengurus rumah tangga. Amiiin…

  44. #44
    gravatar

    [...] Link: Sejarah Hari Ibu [...]

  45. #45
    gravatar

    seberapapun marahnya Ibu
    Ibu tetap sayang ‘n cinta dengan kita
    berbaktilah kepada orang tua
    terutama kepada ibu kita
    karena kunci surga berada dibawah telapak kaki ibu
    janganlah sekali-kali kau menyakiti hati ibu kita
    karena kita akan mendapatkan balasan yang lebih kejam dari balasan ibu kita sendiri

    kasih sayangmu tidak bisa diungkapkan dengan kata²
    betapa besarnya, lamanya, dan semuanya yang telah kau berikan kepadaku

    SELAMAT HARI IBU ‘n SEMUA IBU DI SELURUH DUNIA

  46. #46
    gravatar

    mama…
    mama u’re the queen of my heart…

    ada cerita tragis ni guys
    si gue mo say ‘happy mother’s day’ sm mamanya yang nun jauh disono.
    but. oh eMGi. sayang seribu sayang. si gue lagi kaga py pulsa… :(

    sedih rasanya hati ambo ini.
    anyway.
    i’ll say.
    mama. i love you so en happy mother’s day from u’re son. -vie-

  47. #47
    gravatar

    sekarang juga hari ibu…
    tapi tahun 2006
    mudah-2 an tahun 2007 nanti ada yang ngisi lagi

    Selamat hari ibu, untuk para Ibu …

  48. #48
    gravatar

    LUV U mothEr…

    ibu,,,,
    mama,,,

    tanpa dia apa arti dunia ini??

  49. #49
    gravatar

    mama…q tau q serig bgt bikin mama kesel n kecewa,,,maapin q ya mam
    yang pasti …I LOVE YOU SO MUCH>>>>>>>MMMUUUUAAAACCCCCHHHH

  50. #50
    gravatar

    buat bunda-koe yg sekarang ada di palembang,met hari ibu ya bunda…moga sehat,lancar kuliahnya,dan cepet naek gaji….hwe…he…wish all t’best 4u…

  51. #51
    gravatar

    Nt@r malem ibuk’,ntar malem aku abis pulang kerja akan memberikan bingkisan kecil ini untuk ibuk.
    tadi pulang dari kampus lom sempat ucapin met hari ibu,tp ntar malem bentar lagi aku pulang kerja mo ucapin ke ibuk “SEL@M@T HARI IBU” memberikan bingkisan kecil dari anak-anakmu, walaupun sebenere aku ga pny duit,tp td pagi aku udah buka celengan bumbung aku buat beliin sesuatu buat ibuk.
    Bungkusan kecil ini hasil dari uang urunan aku,mbak dan masku,yaitu anak-anakmu.
    Tapi dibandingkan smua pengorbannMU,bingkisan ini tak ada nilainya,karena pengorbananMU jauuuuh lebih MaHaL dari harga bigkisan ini.
    Nt@r malem ibuk’,ntar malem aku abis pulang kerja akan memberikan bingkisan kecil ini untuk ibuk dan tak lupa mengucapkan MET HARI IBU”"” kagem ibukku tercinta :)

  52. #52
    gravatar

    selamata hari ibu
    ibu adalah segalanya bagi q
    ibu 4 ever

  53. #53
    gravatar

    selamat hari ibu tersayang
    ibu 4 ever

  54. #54
    gravatar

    semoga dengan semangat hari ibu,para putera bangsa indonesia tidak semena -mena dan serakah mengeruk kekayaan ibu pertiwi tercinta ini. cukuplah sudah ibu pertiwi menangis dan berderai air mata darah. ibu pertiwi sudah tua renta dengan umurnya yang sudah 68 tahun tapi apa yang terjadi anak bangsanya tetap tidah mau berbakti kepada ibu pertiwi.sehingga rumah yang bernama Indonesia kini kian rapuh dan dimakan rayap zaman temakan. rumah kita Indonesia telah menjadi rumah tua yang tidsak terawat lagi oleh anaknya sendiri yang tidak pernah tau sejarah ibunya.

  55. #55
    gravatar

    I love my food.he..he..33x.sorry,i’m just kidding koq. i love my mum.but sometimes i dont like her,coz she always angry with me. i know the truth she love me very much.so i want to say for my mum “sugeng dinten ibu!”mugi2 tansah wilujeng and loves me ocre???
    Maybe 4JJ1 bless you………..

  56. #56
    gravatar

    tulisan tentang hari ibu, bagus sekali. Ibu merupakan bagian terjadinya orang jadi hidup. ndak salah bila ibu perlu di pupusti, dihormati bagaimanapun keadaannya. untuk itu hari ibu bukan sekedar dirayakan secara serimonial tapi harus menghargai tentang kekuatan seorang ibu. Dari seorang ibulah kita menjadi separti sekarang. Pesan saya doakan dia, tak perlu menyesali tentang apa yang terjadi sekarang. bila saya mengenang ibu, begitu keras ia membina saya dulu sering menangis, tapi kini justru dari tempaan ibulah dapat tersenyum, dari beliaulah saya dapat semangat. Terima kasih, bunda. Semoga Allah selalu mengampuni atas kesalahan yang telah bunda lakukan. Amiin ya rabbal alamin. Edo

  57. #57
    gravatar

    sesekali…
    ingin aku menjengah kamar hatimu
    melihat sesiapa yang ada di situ
    tetapi
    apalah yang dapat kuberikan
    selain tanda ucapan salam

    sesekali…
    ingin aku mengoyak segala derita
    yang kau sembunyikan di balik matamu
    menyimpan kepingan-kepingan duka yang melingkari hatimu

    sesekali…
    ingin aku melemparkan keriangan
    dan meragut resah yang kau sembunyikan
    agar hidupmu bersemi kembali

    namun aku adalah aku
    engkau adalah engkau
    kita hanyalah pengembara penuh rahsia
    aku hanya mampu memberi
    sebuah kejujuran dan keikhlasan eorang anak
    tidak setanding dengan kebahagiaan yang kau berikan padaku

    SELAMAT HARI IBU
    HANY,
    MALAYSIA.

  58. #58
    gravatar

    emak….
    di hari ini (22 desember), 27 taun lalu, lahirlah putrimu yang cantik ini
    trima kasih atas pengorbananmu.
    makasih juga kerena telah melahirkan ku ke dunia ini bertepatan dengan hari ibu.
    kemudian kelak anak-ku akan sangat menghargaiku
    karena selain hari ibu juga adalah hari ulangtahunku

  59. #59
    gravatar

    Terkadang aku iri melihat dya ibu….
    engkau sangat memahaminya….
    engkau sangat menyukainya,,,,,
    engkau sangat mencintainya….
    bahakn kaw dan ayah….
    ku kira aku akan bahagia dengan yang ada…
    ku kira aku akan senang dengan yang kulakukan selama ini….
    apakah kaw tau ibu?????
    aku juga sangat menyayanginya….
    aku juga sangat mencintainya…..
    aku juga sangat ingin disayangi sepertinya….
    ku kira aku bisa mendapatkannya….
    ternyata tidak….aku sangat kecewa…tapi aku sayang padamu.andai kaw tau

  60. #60
    gravatar

    Ibu …..
    I love you……..!

  61. #61
    gravatar

    selamat hari ibu kepada semua ibu-ibu di dunia ni hehehehe….

  62. #62
    gravatar

    bestkan bila kita masih ada ibu. jadi hargailah hari-hari-mereka yang masih ada sekarang. jangan pulak kita menyesal di lain hari. jagan kita lupa untuk memeluk dan mencium tanganya. SELAMAT HARI IBU

  63. #63
    gravatar

    Memang Ibu sangat penting

  64. #64
    gravatar

    Met Hari ibu
    trimakasih atas pengorbanan mu selama ini untuk q

  65. #65
    gravatar

    Ema, nu ngakandung 9 bulan. Dikantun ku Bapa, waktos barudak nu 4 masih meryogikeun perhatosan. Ayeuna kantun ni’matna hirup. Sok atuh, awak sing merenah. Ibadah ka Gusti Allah SWT ulah kendat. Para putra mung tiasa ngintun do’a, pamugi Ema sing panjang yuswa tiasa deui ziarah ka tanah suci nu tos ngulang-ngulang ituh geuning. Sing alakur sareng sasaderekan, tatanggi, para putra, para incu, calon buyut. Puasa ieu Ema teh pamugi dipasihan kasehatan, wireh bade karempel sasaderekan ti buyut/ karuhun urang sadaya. Nu jauh cunduk, nu anggang daratang; sok bageakeun. Eta teh bakal baraya di akherat engke. Do’akeun para putra, incu sing janten jalmi anu baragja, baleunghar, tawadlu, motekar, ulah joledar ka lembur. Bral….

  66. #66
    gravatar

    Ibu itu adalah segalanya.

    Sebenci2nya, semarah2nya qt sm ibu, qt nggak akan mungkin nggak menyayanginya lg.

    I love my mom very much.

    What about you?

    Btw, father’s day-nya kemana ya?

  67. #67
    gravatar

    Love you mom!!!!!!!!!!!!!

  68. #68
    gravatar

    Ibu
    Satu kata yang penuh makna
    Satu kata yang terucap dari mulut seorang anak kecil ketika menangis
    Satu kata yang teringat ketika kita sedih atau bahagia
    Satu kata yang selalu ingin diucapkan mulut kita
    Tapi …
    Dimana Ibu?

  69. #69
    gravatar

    ibu …
    tau kah kau siapa anakmu ini?
    terlalu banyak dosaku…
    selalu ada rasa bersalah ketika tapak kakiku mulai menginjakkan gunung
    tapi kurasakan do’amu
    dalam setiap langkahku.
    dalam setiap gunung yang ku daki…
    tak pernah luput kubisikkan namamu…

    3339 mdpl

  70. #70
    gravatar

    eghmm
    assalamualikum..
    boleh minta artikel yang bagus buat mading gak nih?.. ’bout mothers day…
    thanx b4

  71. #71
    gravatar

    Asswrwb….
    2 hari lagi kita akan memperingati Hari Ibu ke 79….sedih banget karna Mamaku ga ada di deketku..aku di Merauke, Mama n Papaku ada di Bandung, yang buat sedihnya lagi karna Mamaku sedang sakit…duh apa yang bisa kulakuin…doa..doa..doa..mudahan Mamaku cepat sehat,selalu sehat nantinya…Ma..sakitnya buatku saja ya..bahagia rasanya selalu melihat Mama sehat n ceria…kalo sakit aku juga serasa ga ceria lagi…wish the best for you my Mom…without you..i’ll be nothing…nothong’s gonna change my love for you Mom….Met Hari Ibu…special to My Mother and all Mothers around the world..lovely forever…
    Wasswrwb…by Vie

  72. #72
    gravatar

    Tidak ada cinta setulus ibuku, seribu juta orangpun yang telah aku temui, tetap Engkalah yang paling aku butuhkan.
    Met hari Ibu untuk Ibuku tercinta,terkasih,tersayang.

  73. #73
    gravatar

    Sekeping tanda
    terimakasih ini kupersembahkan
    hanya untukmu. Ibu …….sosokmu kan slalu terpatri
    di hati dengan segala bias kasih, cinta, pengorbanan
    yang menyatu dengan tiap buih kehidupan
    dan terekam pada tiap puing
    hitungan zaman.

    By: ROHIS SMK NEGERI 1 MAGELANG

  74. #74
    gravatar

    Kebaikan2 ibu :

    1. Kebaikan didalam memberikan perlindungan dan penjagaan, selama kita dalam kandungan.
    Begitu si Ibu mengetahui bahwa dia telah hamil, maka semua kesenangan kesenangan, dia lepaskan. Dia tidak akan pernah lagi keluyuran, kesana-kemari. Kehidupannya, dia jaga dengan baik. Semua yang dimakan, terkontrol dengan baik akan kadar gizinya, dengan hanya satu pengharapan, yang tulus dan ikhlas, “Semoga anaknya terlahir dalam keadaan sehat dan kuat “. Apa yang menjadi kesukaannya, langsung dia hentikan seketika. Tiap hari, dia selalu berdoa, “Semoga anakku selalu dilindungi dan diberkahi”

    2. Kebaikan menanggung derita selama kelahiran.
    Setelah sampai pada hari “H”nya (melahirkan), ibu berjuang dengan begitu beratnya. Dimana darah segar mengalir demikian derasnya, disaat mengawali kelahiran kita. Ada yang mengibaratkan bahwa melahirkan itu, separuh “nyawa” berada di peti mati dan separuh lagi, di tempat tidur. Demikian besar pengorbanan yang diberikan. Diantara sadar dan tidak, di dalam menahan rasa sakit yang luar biasa, ibu masih mampu tersenyum, begitu melihat kita lahir, dengan sehat dan selamat.

    3. Kebaikan melupakan semua kesakitan begitu kita lahir.
    Begitu mendengar tangisan kita yang lucu dan mengesankan, seketika itu juga, ibu melupakan semua derita yang dia dialaminya. Dia tersenyum bangga dan terharu, melihat kerupawanan serta kelucuan buah hatinya. Mulai saat dan detik itu, dia memakai sebutan “Ibu” ! Tiada lagi rasa sakit yang menyelimuti pikirannya. Baginya, semuanya menjadi serba indah dan menakjubkan. Di hati sanubarinya yang terdalam, dia bersyukurdan& berucap : ” Oh, Tuhan terima kasih atas berkahan dan lindungan yang telah Kau curahkan?”

    4. Kebaikan dari memakan bagian yang pahit bagi dirinya dan menyimpan bagian yang manis buat kita.
    Seorang ibu akan selalu memberikan yang terbaik buat kita dan kebanyakan sisa sisa yang tidak diinginkan lagi, barulah dia makan. Ibu tidak akan pernah menceritakan kekurangan/kelaparan yang dia dialami. Baginya, anaklah yang harus berkecukupan serta tumbuh dengan baik.

    5. Kebaikan memindahkan kita ke tempat yang kering dan dirinya sendiri di tempat yang basah.
    Tempat yang bisa memberikan kehangatan dan kesejukan, akan selalu dia berikan kepada kita. Dia tidak akan pernah mencari penghiburan dan kehangatan, bagi dirinya sendiri. Semua tindakan tindakannya, hanya demi kehangatan kita dan selalu diiringi dengan perasaan, yang tulus dan ikhlas.

    6. Kebaikan menyusui dan memberikan makan serta memelihara kita.
    Ibu yang baik bagaikan bumi yang besar dan ayah yang tegar, laksana langit yang mengasihi. Satu melindungi atas dan lainnya, menunjang dari bawah. Ibu akan tetap mencintai dan mengasihi kita, walaupun lahir lumpuh atau kurang menguntungkan, misalkan : bodoh, jelek atau sakit sakitan. Dia akan selalu memelihara, menjaga dan melindunginya, sampai akhir dari kehidupannya.

    7. Kebaikan membersihkan yang kotor.
    Walaupun memiliki wajah yang cantik dan tubuh yang indah, ibu tidak akan segan segannya, memegang dan membersihkan kotoran. Dia rela mengorbankan kecantikan dan bahkan badan jasmaninya, hanya demi diri kita. Semangatnya senantiasa bergelora dan teguh, walaupun berada di kondisi yang kurang menyenangkan.

    8. Kebaikan selalu memikirkan kita bila berjalan jauh.
    “berpisah dengan yang dicintai adalah derita” demikianlah sifat mulia dari seorang ibu. Dia akan selalu merenung dan merenung.

    Apakah anakku sudah makan?

    Selamatkah dia?

    Sudahkah dia mandi?

    Kapankah dia akan kembali? dan seterusnya?

    Dari pagi hingga malam, pikirannya selalu tertujukan kepada diri kita, yang jauh dimata, adakalanya, air matanya berderai merenungkan kesedihan ini.

    9. Kebaikan karena kasih sayang yang dalam dan pengabdian.
    Karena begitu dalamnya kasih sayang yang dicurahkan, seorang ibu akan selalu was was (cemas). Cemas dan perasaan was was nya, hanya satu yaitu ,kepada kesehatan dan kebahagiaan kita. Bila dia mengetahui kita bekerja berat, dia akan merasa tidak senang. Bila kita sakit maka dia akan menderita sekali. Hidupnya selalu khawatir akan keselamatan dan kesejahteraan kita.

    10. Kebaikan dari rasa belas kasih yang dalam dan simpati.
    Sifat lemah lembutnya tidak akan pernah berakhir. Di awal dini hari sampai larut malam, pikirannya hanya difokuskan kepada diri kita. Seandainya dia bisa hidup ratusan tahun lamanya, kekhawatirannya terhadap kita tidak akan pernah memudar, dan bahkan sampai akhir dari kehidupannya.

    HAPPY MOTHER’S DAY
    LUV U MOM…
    EDO…

  75. #75
    gravatar

    OOHH BUNDA ADA DAN TIADA DIRIMU KAN SELALU ADA DI DALAM HATIKU..WALAUPUN SKRANG MGKN ADA DIANTARA KITA YG TDK DPT LG MERASAKAN KASIH SYANG SEORANG IBU,TP KT AKAN SELALU MENGENANGNYA..SELAMAT HARI IBU BUAT SEMUA IBU YANG ADA DI INDONESIA..LOVE U MOM..

  76. #76
    gravatar

    Ma….aku harap kau bisa melupakan semua yang tidak membuat mu senang.
    jangan fikirkan orang lain sebelum engkau bahagia, tapi jika menyenangkan orang lebih bahagia untukmu aku akan membiarkan kau melakukannya. Asalkan kau bisa bahagia.

    Aku berharap bisa membahagiakan mu Ma’ meskipun kau tinggal seorang diri tanpa orang yang telah bersamamu selama ini. Meskipun dia seringkali menyakitimu dan aku menyangka itu adalah rasa sayangnya kepadamu. Menurut mu pemikiran ku itu salah. Baiklah aku minta maaf.

    Aku tidak sanggup mengucapkan permintaan maaf kepadamu.
    Aku hanya bisa berbuat tanpa banyak bercakap kepadamu.
    Meskipun aku merasa kau tidak memperdulikanku.
    Padahal kau sangat memperhatikanku.
    Meskipun aku selalu berfikir bahwa kau lebih memperhatikan kaka daripada aku.
    Aku tetap akan menyayangimu dengan sepenuh hatiku.
    Aku akan tetap selalu melakukan yang terbaik untuk mu Ma’.
    Aku akan mendahulukan kepentinganmu daripada keinginanku.
    Aku akan bekerja sekuat tenagaku untuk membantu memenuhi kebutuhan kita.
    Untuk adik, juga akan selalu aku dahulukan.
    Aku tidak akan mengeluh kepadamu seberapa lelahnya aku bekerja.
    Aku yang menunda pendidikanku demi memenuhi kepetingan kita.
    Aku yang iri melihat orang yang bisa meneruskan pendidikan tanpa harus mencari biaya sendiri.
    Yang tidak harus memikirkan tentang keadaan di rumah.

    Ah……kok jadi curhat gini….

  77. #77
    gravatar

    hmmmmmmmmm cukup seru. Ibu adalah mataharinya dunia.
    Tanpanya dunia gelap gulita. Ialah sumber pendidik utama bagi putra putrinya.Kasih ibu tiada taralah yang selalu membuatku tegar melngkah menuju masa depan
    Met hari ibu. Moga kebahagiaan senantiasa tercurah pada ibu-ibu seluruh dunia

  78. #78
    gravatar

    lautan kasih ibu menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.
    Kasih sayang ibu tiada tara tanpa harap sedikitpun iba jua jasa.
    Ibu thanks for believing. I’ll try to be the best for you.
    SELAMAT HARI IBU
    semoga kian bijak, bahagia dan sejahtera selalu
    Yang selalu menyayangi dan menghormatimu

    Ananda

  79. #79
    gravatar

    Ibu< cucurat keringat untaian air mata kenangan darah kau perjuangkan nyawamu untuk anakmu.
    Kau mengandung, melahirkan,menyusui, mengasuh dan merawat putra putrimu menjadi generasi masa depan bangsa.
    Selamat hari ibu.
    Kurangkai doa dan kasih sayang sebagai kado istimewa untukmu.

  80. #80
    gravatar

    hari ini kutermenung akan diri yang penuh angkara.
    tak tahu bakti pada ibunda
    Kudurhaka atas semua perintahnya
    Ibu adakah sedidit saja kesempatanku tuk membahagiakan mu.
    Hidupku hampa tanpa kasih sayangmu. meski aku tak pernah berbakti tak henti hentinya kau doakan aku. kau belai rambutku dengan penuh kasih
    IBU aku datang dari penjuru negeri untuk ucapkan SELAMAT HARI IBU.Terimalah taubat dan bakti anakmu.

  81. #81
    gravatar

    selamat apane sih kok podo selamat barang

  82. #82
    gravatar

    buat perempuan2 di jagad raya
    telat ni…………………………….
    tapi ada segenggam huruf yang minta dirangkai disini.
    hari ibu bukan sekedar 22 desember aja.dihura2kan dan diheboh2kan.
    g da yang lebih berarti selain perbuatan yang tulus buat seorang ibu.g perlu harus 22 desember kita heboh mengkhususkan ibu kita menjadi seseorang yang spesial.yang paling penting gimana cara kita memaknai peran seorang ibu.karena kita semua(perempuan)adalah calon ibu.ibu bukan sekedar seorang wanita yang melahirkan anak dan mengurusnya. makna seorang ibu jauh lebih besar dari itu.ibu adalah perempuan yang bisa menyayangi dan mencintai dengan tulus.so,setiap waktu belajarlah untuk menjadi ibu dan calon ibu yang baik.

  83. #83
    gravatar

    ibu
    hari ini kau menelponku
    dan kau ceritakan keluhmu
    andai kau tahu setelah itu
    pikiranku jadi kalut
    mataku berat untuk kubuka
    kepalaku penuh dengan isi keluhanmu
    ibu
    ma’afkan aku
    saat ini aku tak berada disampingmu
    aku rindu ibu
    semoga malam ini aku mimpi memelukmu
    dan tak kan kulepas
    hingga hilang rasa khawatirmu
    ibu
    tunggu aku di depan pintu
    esok aku akan pulang
    tuk melihat senyum simpul di bibirmu

  84. #84
    gravatar

    I LOVE U MOM
    ALWAYS…

  85. #85
    gravatar

    setahu saya sih, yang memperkenalkan hari ibu sih, ana xxx warga amerika
    coba lho cek&ricek info yang lho punya

  86. #86
    gravatar

    Kepada
    Mas Julian Yth,
    Mas Julian, bersama ini saya meminta izin dari pihak anda untuk memuat komentar dari edozzz yang dimuat tanggal 22 desember 2004 pukul 3:43 yang berjudul “kebaikan-kebaikan Ibu” untuk dimuat dalam buku terbaru yang bertema “Ibu”. Jika Mas Julian mengizinkan apakah saya boleh memuat komentar tersebut dalam buku saya? tentu saja dengan dilampirkan sumber dan penulis sebenarnya. namun apabila ternyata komentar tersebut berada dibawah hak cipta atas nama edozzz, bisakah saya meminta alamat email yang bersangkutan?agar saya dapat meminta izin kepada yang bersangkutan untuk memuat komentarnya. jika Mas Julian atau pihak atas nama edozzz merasa keberatan komentar tersebut tidak akan saya muat, tapi apabila mengizinkan saya akan membuat pernyataan tertulis yang akan saya kirimkan lewat Email.
    Anda dapat mengirimkan jawaban anda kealamat email saya di : dila_ariestiani@yahoo.com

    Atas perhatian dan jawaban dari Mas Julian, saya menghaturkan banyak terima kasih :)

    Salam hangat,
    Dila Ariestiani

  87. #87
    gravatar

    Hari ibu bagi saya adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan hari lainny, karena menurut saya hanya dengan hari tersebut yang selalu saya nanti, saya bisa mengungkapkan rasa kasih sayang saya pada ibunda tercinta saya

  88. #88
    gravatar

    hari ibu adalah ahri yang sangat sepesial karena hanya ibu yan mampu melahirka kita……….
    aku sangat menunggu hari ibu itu tiba,dan pada saatnya aku akan memberi kejutanyang sangat sepesian untuk ibuku

  89. #89
    gravatar

    kapan hari ayah nya?
    kapan juga hari keluarga ya?
    untuk amak yang telah melahirkan dn membesarkanku, love u mom…^_^

  90. #90
    gravatar

    ga terasa 1 bulan lagi dah hari ibu lagi hehee

  91. #91
    gravatar

    mother ….i..love… you today….

  92. #92
    gravatar

    Ibu…… sebuah kata yang penuh degan makna dan tidak akan habis-habisnya dilukiskan dan dimaknai…
    Ibu……. adalah sebuah permata yang selalu memancarkankan cahayanya sekalipun dia dibenamkan dalam lumpur…
    Ibu……..sebua yang hidup berasal dari cinta kasihnya…
    Ibu…. dunia akan jadi sepi jika cintamu dipadamkan…..

    selamat hari Ibu…Ibuku yang selalu tersimpan dalam dompet hatiku…..
    buat ibuku yang tersayang di Kupang N T T
    Elthon

  93. #93
    gravatar

    hallow…
    walau hari ibu tahun 2008 19 hari lagi..
    btw, mari kita ucapkan selamat hari ibu…
    i miss u mama..

    Buat mama yang selalu diam…
    ma, aku sayang mama, meskipun aku tak pernah mendapatkan seperti mereka..
    semangatku untuk tegar, karena mama..
    aku sayang mama..
    meskipun aku tidak pernah diberik kesempatan untuk tau ada apa dengan “rumah”????

    makasih ma, mama buat aku jadi tegar…

  94. #94
    gravatar

    aku juga mau ngucapin met hari ibu yua… btw kapan ada hari bapak neph?????

  95. #95
    gravatar

    mmah saiiang .
    slamdd harii ibuu.
    Huh,,

    mah, maiiang mntaa maaf atss smuah kslahann maiiang .

    mah, trimaksih atss sgala ssuatu yg mmah pbuadd sma maiiang .
    maiiang tagg tauu muhh ucpin apa lgii .
    Karna kta.kta seindah appun,
    tagg kun mampu mbaiiar sgala ssuatuu yg sdahh mmah pbuadd sma maiiang .

    Mahh .
    i love u. .
    So much .

    Huh .
    Ttapp dampingi maiiang yh mah .

    Uwiyy mrahin maiiangg jkaa maiiang bbuadd slahh lagii,

    makasii yh mahh .
    Atass pgorbananmuh .

    We love u,
    Ppah [dlmii] , anagg.anaggmuh [maiiang, dickiy]

  96. #96
    gravatar

    ak ga tau mesti ngomong apa sama ibu,,
    dia udah segalanya buat ku..
    ibu selalu memberi yang enak- enak,,
    SEKARANG giliran aku ngasih yang enak…bahkan harus lebih enaK dong..
    selamat hari ibu bwt semua ibu2 di dunia…

  97. #97
    gravatar

    sbelumnya mkachi ats informasi yg d muat,,,,,,,,,,,aq jg mw ucapin met hri ibu utk smw ibu-ibu di INDONESIA,.,.,.,.,

  98. #98
    gravatar

    *************Sebait kata Untuk Bunda**************

    sulit mengungkap rasa-merangkai kata
    yang terindah untukmu
    karena tak akan pernah sebanding
    dengan keindahan hidup yang telah kau beri

    kelu lidahku untuk sekedar ucapkan rasa sayang padamu
    kaku tanganku untuk sekedar mengulurkan salim padamu
    ragu tubuhku untuk sekedar merangkul tubuhmu
    beku hatiku untuk sekedar hargai cinta kasihmu
    maafkan aku ibu…

    beri aku kesempatan untuk memperbaiki semuanya
    sekali saja
    tak akan lagi ku biarkan air mata menetes di pipimu
    tak akan lagi ku biarkan kelelahan menghampirimu
    tak akan lagi ku biarkan kekecewaan menggores hatimu

    Riri Asifa(Padang,18 Desember 2008)

  99. #99
    gravatar

    Ibu……
    Tak ada yang bisa ku katakan untuk menggambarkan luapan terima kasihku padamu atau mungkin memang tak pernah ada kata yang sanggup memberi arti akan itu.Ku hanya bisa berdo’a semoga engkau mendapatkan balasan yang lebih mulia dari Sang Pencipta Allah SWT, yang telah mencipatakan sesosok manusia setangguh “IBU”.
    Ibu…….
    Jadilah cahaya yang senantiasa menerangiku dalam gelapnya dunia
    Jadilah sayap bagiku yang akan membawaku terbang hingga batas akhir dunia

  100. #100
    gravatar

    Ibu, kuatkanlah dirimu
    Musuh anakmu kini ada di sekitarmu
    Musuh anakmu kini bisa siapa saja atau apa saja
    Ibu, lebarkanlah sayapmu
    Agar kau bisa datang lebih cepat
    Agar kau bisa melindungi keluargamu di bawah sayapmu
    Ibu, aku juga seorang ibu
    I love you Ibu

  101. #101
    gravatar

    Ibu…terima kasih atas segalanya….
    kau khawatir tanpa bersuara…
    kau sayang tanpa berkata…
    kau sakit tanpa peduli…
    kau….
    Terima kasih ya Allah, telah kau beri hamba hadiah terindah…
    Sebelum benar2 terjadi kesombonganku…
    Terima kasih ya Allah, atas segala cinta-Mu
    Kau beri hamba sebuah pemaknaan terdalam, yg tak pernah hamba sadari selama ini
    Terima kasih ya Allah kau tarbiyah hamba sebelum apa yg terjadi benar2 teori belaka…

  102. #102
    gravatar

    Mah, agung g bs bilang apa2 utk mmperingati hari ibu ini. Agung cm mw bilang kalau mamah adalah malaikat yg Allah sediakan utk agung.
    Met hari ibu mah.. Mdh2n anakmu ini bs mngabulkn sluruh harap mu..

  103. #103
    gravatar

    Mother’s Day: “A festival derived from the custom of mother worship in ancient Greece. Formal mother worship, with ceremonies to Cybele, or Rhea, THE GREAT MOTHER OF THE GODS, were performed on the Ides of March throughout Asia Minor.”—Encyclopædia Britannica (1959), Volume 15, page 849

    Hari Ibu: The Encylopædia Britannica mengatakan, “Suatu perayaan yang berasal dari kebiasaan menyembah ibu di Yunani kuno. Penyembahan ibu yang resmi, dengan upacara-upacara kepada Sibele, atau Rea, IBU AGUNG PARA DEWA, dilakukan pada Ides(tanggal 15) bulan Maret di seluruh Asia Kecil.” —(1959),jil.15, hlm.849.

    “Whether you are eating or drinking or DOING ANYTHING ELSE, do all things for God’s glory.”—1 Cor. 10:31.

  104. #104
    gravatar

    assalamulaikum,..
    bunda…thx banget untuk semuanya..uni sayang bunda…uni sayang bunda…unia sayang banget ke bunda,,,maaf, tadi pagi uni buru2 ngampuz na…cuma sempat memberikan salam ke bunda..uni sadar uni ga punya sesuatu yang special buat bunda,,,tapi semoga bunda dapat merasakan seberapa besar cinta yang uni punya ke bunda,,meski tak sebesar bukti cinta yang telah bunda berikan.,.tapi insya Allah uni akan selalu berusaha untuk buat bunda selalu behagia..

  105. #105
    gravatar

    mom met hri ibu yeah!!!! aQ sayang banget sama mama!!! I love you mom!!!!!
    met hari ibu buat para ibu n` buat calon ibu!!!!

  106. #106
    gravatar

    my mam….u r so…..
    i luv u mum,,bu dwi ku, ibu sekaligus guruku,,

  107. #107
    gravatar

    selamat hari ibu ma…. semoga kau bahagia dsana.

    with love,..

    SS

  108. #108
    gravatar

    aku gak pernah ngrayain hari ibu, tapi aku selalu sayang sama IBUKU.

  109. #109
    gravatar

    temans… mumpung masih hangat nih topiknya hari ibu… masih berasa nuansa feminisnya… jadi pengen cerita… tadi pagi berangkat kerja, biasa naik kereta… walaupun express tapi tetep aja penuh.. tapi gpp lah yang penting cepet nyampe. Di pojok sana aku lihat ada 2 orang ibu hamil Lumayan gede (mungkin 8 bulanan) berdiri di deretan kursi yang khusus diperuntukan untuk ibu hamil, manula, dan balita (ada tulisannya di jendela)…. dan God…didepannya seorang bapak (keliahatannya kuat dan sehat) duduk asyik sambil baca koran,… and disebelahnya seorang lelaki muda asyik tidur (entah tidur beneran atau pura-pura tidur… aku jadi terpana melihatnya… bapak dan lelaki muda itu dengan tanpa rasa malu menduduki kursi yang sebenarnya untuk wanita hamil… entah mereka tidak tahu, atau tidak tahu malu….
    temans pemandangan seperti ini sudah sering saya lihat.. tampaknya belakangan ini ada degenerasi moral dan krisis mental… sosok lelaki yang di gambarkan sebagai manusia tangguh pelindung wanita ternyata sudah berubah jadi lemah dan egois…
    temans lelaki… ingatlah ibumu ketika mengandungmu… istrimu ketika mengandung buah hati kesayanganmu… dan juga anak dan saudara perempuanmu… jadilah lelaki tangguh… jangan lemah..
    kita sebagai perempuan sesungguhnya tidak ingin merasa dikasihani… Cuma hormatilah ibumu… untuk lelaki yang sudah tangguh jangan marah yah… ini Cuma tulisan untuk lelaki lemah saja…
    cheers!!!

  110. #110
    gravatar

    [...] Sejarah Hari Ibu [...]

  111. #111
    gravatar

    jangan cuma paas hari ibu saja kita sayang pd ibu.tp harus setiap hari kita sayangi ibu coz beliau adalah pintu menuju surga& keseksusan ok..!

  112. #112
    gravatar

    ibu….. adalah tarikat ku yang menjembataniku antara dua dunia

  113. #113
    gravatar

    ibu….. adalah tarikat ku yang menjembataniku antara dua dunia. by Latif Maradjabessy

  114. #114
    gravatar

    bagiku ibuku lebih dari M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.
    karena beliaulah aku tau betapa seorang bapak akan merasa 1/2 jika tanpa ibuku……

    sugguh kasih sayangmu tak diungkapkan dengan kata-kata

  115. #115
    gravatar

    asalamualaikum wr.wb

    sembok i love you sorry slma ini q blum bisa buatmu bhagia,yang terpenting q selalu sayang n bangga kpadamu .doakan aku semoga dapat selalu membahgaikan,tdk membuatmu kecewa.q ingi cita2q dpt dikabulkan oleh allah swt,amien.
    engkau sungguh hebat dpt menjalani semua ni,tdk pernah menyerah to anak2mu.
    meskipun celama ini engkauslalu tewrsakiti oleh bokap,engkau menerima bokap ap adanya n tetep menyayangi bokap.
    dlam ranka hari ibu besuk 22desember 2009 q ingi mengucapkan i love you forever.

    to ibu,engkau telah disana q ingin mjuga mengucapkan selmat hari ibu n ilove you forever to you.
    thaks utuk semuanya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  116. #116
    gravatar

    ..Brbanggalah engkau yg mmliki ibu yg snntiasa mmbri ksh syang dg tulus n iklas mka bhagiakn lah bliau..

  117. #117
    gravatar

    Sekarang telah terjadi penyimpangan makna hr ibu…
    Hidup perempuan-pun byk yg tdk sesuai norma dan nilai2 Kebenaran, ini disebabkan bkn olh hy kelakuan perempuan itu sendiri tp krn sistem yg berjalan sdh jauh dr kebenaran so penyimpangan moralpun tdk terkendali yg seharusny pemerintah (pelaku utama sistem) yg mengendalikannya…
    Semoga pembaca dpt merenungkannya…
    “Kemabali-lah ke jalan/Sistem yg benar.”

  118. #118
    gravatar

    haru ketika davi mengatakan..”…davi saaayyaaang bunda..”

  119. #119
    gravatar

    ibu adalah hal yang tak terlupakan seumur hidup ku
    dia lah yang membimbing ku hingga aku menjadi yang terbaik
    trim’s ibu aku tak kan melupakan jasa-jasa mu
    selamat hari IBU
    untuk sluruh ibu-ibu yang ada di INDONESIA

  120. #120
    gravatar

    Great web site. Loads of helpful data in this article. Now i’m mailing them to many pals ans additionally giving throughout delightful. And of course, we appreciate you your energy!

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.