Soe Hok Gie

Kamis, 16 Desember 2004M
03 Dzulqaidah 1425H

Soe Hok Gie

Soe Hok Gie dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1942, adik dari sosiolog Arief Budiman. Catatan harian Gie sejak 4 Maret 1957 sampai dengan 8 Desember 1969 dibukukan tahun 1983 oleh LP3ES ke dalam sebuah buku yang berjudul Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran setebal 494 halaman. Gie meninggal di Gunung Semeru sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-27 — 16 Desember 1969 akibat gas beracun.

Setelah lulus dari SMA Kanisius Gie melanjutkan kuliah ke Universitas Indonesia tahun 1961. Di masa kuliah inilah Gie menjadi aktivis kemahasiswaan. Banyak yang meyakini gerakan Gie berpengaruh besar terhadap tumbangnya Soekarno dan termasuk orang pertama yang mengritik tajam rejim Orde Baru.

Gie sangat kecewa dengan sikap teman-teman seangkatannya yang di era demonstrasi tahun 66 mengritik dan mengutuk para pejabat pemerintah kemudian selepas mereka lulus berpihak ke sana dan lupa dengan visi dan misi perjuangan angkatan 66. Gie memang bersikap oposisif dan sulit untuk diajak kompromi dengan oposisinya.

Selain itu juga Gie ikut mendirikan Mapala UI. Salah satu kegiatan pentingnya adalah naik gunung. Pada saat memimpin pendakian gunung Slamet 3.442m, ia mengutip Walt Whitman dalam catatan hariannya, “Now I see the secret of the making of the best person. It is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth”.

Soe Hok Gie di pilar triangulasi puncak Pangrango, 1967

Pemikiran dan sepak terjangnya tercatat dalam catatan hariannya. Pikiran-pikirannya tentang kemanusiaan, tentang hidup, cinta dan juga kematian. Tahun 1968 Gie sempat berkunjung ke Amerika dan Australia, dan piringan hitam favoritnya Joan Baez disita di bandara Sydney karena dianggap anti-war dan komunis. Tahun 1969 Gie lulus dan meneruskan menjadi dosen di almamaternya.

Bersama Mapala UI Gie berencana menaklukkan Gunung Semeru yang tingginya 3.676m. Sewaktu Mapala mencari pendanaan, banyak yang bertanya kenapa naik gunung dan Gie berkata kepada teman-temannya:

“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.”

8 Desember sebelum Gie berangkat sempat menuliskan catatannya: “Saya tak tahu apa yang terjadi dengan diri saya. Setelah saya mendengar kematian Kian Fong dari Arief hari Minggu yang lalu. Saya juga punya perasaan untuk selalu ingat pada kematian. Saya ingin mengobrol-ngobrol pamit sebelum ke semeru. Dengan Maria, Rina dan juga ingin membuat acara yang intim dengan Sunarti. Saya kira ini adalah pengaruh atas kematian Kian Fong yang begitu aneh dan begitu cepat.” Selanjutnya catatan selama ke Gunung Semeru lenyap bersamaan dengan meninggalnya Gie di puncak gunung tersebut.

24 Desember 1969 Gie dimakamkan di pemakaman Menteng Pulo, namun dua hari kemudian dipindahkan ke Pekuburan Kober, Tanah Abang. Tahun 1975 Ali Sadikin membongkar Pekuburan Kober sehingga harus dipindahkan lagi, namun keluarganya menolak dan teman-temannya sempat ingat bahwa jika dia meninggal sebaiknya mayatnya dibakar dan abunya disebarkan di gunung. Dengan pertimbangan tersebut akhirnya tulang belulang Gie dikremasi dan abunya disebar di puncak Gunung Pangrango.

Makam Soe Hok Gie di Tanah Abang

Beberapa quote yang diambil dari catatan hariannya Gie:

“Seorang filsuf Yunani pernah menulis … nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda.”

“Kehidupan sekarang benar-benar membosankan saya. Saya merasa seperti monyet tua yang dikurung di kebun binatang dan tidak punya kerja lagi. Saya ingin merasakan kehidupan kasar dan keras … diusap oleh angin dingin seperti pisau, atau berjalan memotong hutan dan mandi di sungai kecil … orang-orang seperti kita ini tidak pantas mati di tempat tidur.”

“Yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan adalah dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan…”

Selain Catatan Seorang Demonstran, buku lain yang ditulis Soe Hok Gie adalah Zaman Peralihan, Di Bawah Lentera Merah (yang ini saya belum punya) dan Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan serta riset ilmiah DR. John Maxwell Soe Hok Gie: Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani.

Tahun depan Mira Lesmana dan Riri Reza bersama Miles Production akan meluncurkan film berjudul “Gie” yang akan diperankan oleh Nicholas Saputra, Sita Nursanti, Wulan Guritno, Lukman Sardi dan Thomas Nawilis. Saat ini sudah memasuki tahap pasca produksi.

Catatan Seorang Demonstran

John Maxwell berkomentar, “Gie hanya seorang mahasiswa dengan latar belakang yang tidak terlalu hebat. Tapi dia punya kemauan melibatkan diri dalam pergerakan. Dia selalu ingin tahu apa yang terjadi dengan bangsanya. Walaupun meninggal dalam usia muda, dia meninggalkan banyak tulisan. Di antaranya berupa catatan harian dan artikel yang dipublikasikan di koran-koran nasional” ujarnya. “Saya diwawancarai Mira Lesmana (produser Gie) dan Riri Reza (sutradara). Dia datang setelah membaca buku saya. Saya berharap film itu akan sukses. Sebab, jika itu terjadi, orang akan lebih mengenal Soe Hok Gie” tuturnya.

Review lain bisa anda baca di arsip Intisari

Update

Buku Catatan Seorang Demonstran dicetak ulang bekerjasama dengan Miles Production, berikut covernya (jadi Catatan Seorang Nicholas :()

Cover Depan CSDCover Belakang CSD

Komentar

628 komentar untuk catatan 'Soe Hok Gie'

  1. #1
    gravatar

    good men die young… pengin banget nonton filmnya kalo udah ada, direview ya.

  2. #2
    gravatar

    Gie ini kakak atau adiknya Arief B?

    http://www.indomedia.com/intisari/1999/desember/sohokgi.htm

    Arief Budiman, sang kakak yang menjemput jenazah Soe di Gubuk Klakah, juga merasakan sikap aneh adiknya.

  3. #3
    gravatar

    walah… saalh tluis
    gara-gara ingetnya Gie kuliah duluan

    tengkyu koreksinya!

  4. #4
    gravatar

    catatan seorang demonstrannya masih jadi buku wajib baca ga ya? hehe..

    kalo masih ada sampe skrg gue yakin SHG bakal jadi blogger:)

    blogger seorang demonstran

  5. #5
    gravatar

    Baca komennya enda, jadi ingat tulisan di blog gw setahun lalu: http://dhani.blogspot.com/2004/01/dari-catatan-harian-hingga-weblog.html

  6. #6
    gravatar

    Aku inget ke hokgie karena dia yang pertama mendaki ke semeru, selain penduduk setempat (orang suku tengger). Benar-benar orang yang tangguh, dilihat dari medan pendakian semeru.
    Film nya kira-kira kapan kelarnya ya

  7. #7
    gravatar

    gie anak muda yang progresif, jasadnya mungkin sudah lenyap tapi pilihan sikap dan idealismenya menentang hegemoni masih membekas. bagi sebagian pihak mungkin pilihan sikapnya konyol, tapi bagi saya itu adalah pilihan sikap luar biasa bagi kehidupan hidup yang lebih manusiawi.

  8. #8
    gravatar

    Gie, anak muda yang berjuang penuh semangat dan mental baja, tapi dilupakan oleh sejarah, bahkan buku sejarah indonesia tingkatan SMP dan SMA tidak pernah sekalipun menuliskan namanya. Berjiwa idealis sampai akhir hidupnya. Generasi muda tionghoa perlu menjadikan Gie sebagai teladan dalam hidup mereka.

  9. #9
    gravatar

    teman-teman mahasiswa harus wajib nonton film “GIE” dan lebih lagi baca bukunya.

  10. #10
    gravatar

    Gie emang luar biasa.Nasionalisme, idealisme dan keberaniannya beber-bener memberikan inspirasi.Bagi gue dia figur pemuda terbaik pasca kemerdekaan

  11. #11
    gravatar

    seorang pemuda yang patriot dan memiliki naluri alam yang dahsyat.gw salut sama gie, selain politik, dia jg memiliki naluri alam,

  12. #12
    gravatar

    soe hok gie memang seorang revolusioner sejati walaupun ia sudah tiada namun semangat revolusionernya akan tetap berkobar di hati dan jiwa kaum revolusioner saat sekarang karena setiap zaman akan melahirkan anak zamannya
    Hidup Rakyat….!

  13. #13
    gravatar

    Soe Hok Gie….ada kalimat yang aku sukai dalam catatan seorang demonstrannya, yaitu
    “Ada dua pilihan hidup di Indonesia..APATIS atau IDEALIS”
    bener-bener seorang revolusioner sejati
    Salam Pembebasan…!

  14. #14
    gravatar

    gw baca bukunya Gie wktu SMA. gila pemikirannya dia ngaruh banget am pribadi gw. seorang yang patut jadi ikon perjuangan mahasiswa se Indonesia.gw ampe bela-belain cari UI walopun tahu ga bakal nembus…kynya asik aja jadi anak salemba, pake jaket kuning.tapi ga pa pa walopun gw batal jadi anak salemba, tapi gw tetep kagum ama ni senior. salut bwt orang yang berani sendiri dalam mempertahankan idealisme pribadi.

  15. #15
    gravatar

    Jika ada sosok baru seperti soe aku ingin berguru padanya

  16. #16
    gravatar

    Sosok Gie bagi aku, ialah yang seharusnya menjadi panutan semua aktifis mahasiswa saat ini, dialah seorang idealis sejati, yang memegang teguh keyakinan politiknya. Siapapun anda, dari organisasi mahasiswa apaun sertadari ideologi apapun layak meniru sosok kita saat ini, Gie adalah Che Geuvaranya Indonesia.

  17. #17
    gravatar

    Sosok Gie bagi aku, ialah yang seharusnya menjadi panutan semua aktifis mahasiswa saat ini, dialah seorang idealis sejati, yang memegang teguh keyakinan politiknya. Siapapun anda, dari organisasi mahasiswa apaun sertadari ideologi apapun layak meniru sosok kita saat ini, Gie adalah Che Geuvaranya Indonesia.

  18. #18
    gravatar

    [...] n Januari 1966 sebelumnya, para mahasiswa yang dipimpin KAMI dengan salah satu pentolannya Soe Hok Gie telah melakukan aksi demonstrasi kepada pemerintahan Sukarno. Aksi yang dilancark [...]

  19. #19
    gravatar

    Membaca posting ini, jadi inget Buku “Pergolakan Pemikiran, Catatan Harian Ahmad Wahib”

    :)

  20. #20
    gravatar

    [...] Filed under: Renungan Membaca postingan Soe Hok Gie di rumahnya Bang Jay, jadi penasaran pingin mbaca dari bukunya langsung. Tadi sore dah nanya ke Toko Buk [...]

  21. #21
    gravatar

    Saya baca buku “Catatan Seorang Demonstran Soe Hok Gie” wkt kelas 1 SMP sekitar tahun 1995. Krn sulit utk dapetin bukunya maka saya Fotocopy dari perpustakaan. Setelah baca bukunya Wawasan saya jd terbuka dan secara tidak langsung Soe Hok Gie telah menjadi inspirasi bagi saya dalam segala hal. Pemikiran dan tindakan Gie yg sgt objektif, kritis, Idealis murni dlm perjuangan membela rakyat dari kebengisan sebuah tirani adl hal yg harusnya jadi suri tauladan bagi kita. Saya yakin dia adl sosok yg jujur, ketika saya baca bukunya “Orang2 di persimpangan kiri jalan” tulisannya benar2 objektif tidak berat sebelah. Soe Hok Gie is my rolemodel

  22. #22
    gravatar

    setelah baca (sebagian) buku john maxwell, kesan pertama saya malah kasihan sama orang seperti SHG. kok sepertinya hidup dia sengsara banget. tapi rupanya dia punya definisi lain tentang kesengsaraan. he’s indeed a man of honor. he lived the right way, and he died the right way: as a true believer.

  23. #23
    gravatar

    Kami dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekonomi sekitar akhir april atau awal mei rencananya akan mengadakan talkshow, workshop, dan sekaligus roadshow tentang Soe Hoek Gie dan rencananya akan bekerjasama dengan miles production selaku pembuat film “gie”, dan sekaligus promosi film tersebut….

    Kalo ada saran atau bantuan baik info atau dukungan/bantuan apapun itu, akan amat kita hargai, jadi please banget kalo ada yang mau bantu apapun kirim email aja ke matt_danalan@yahoo.com……….

  24. #24
    gravatar

    Kami dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekonomi sekitar akhir april atau awal mei rencananya akan mengadakan talkshow, workshop, dan sekaligus roadshow tentang Soe Hoek Gie dan rencananya akan bekerjasama dengan miles production selaku pembuat film “gie”, dan sekaligus promosi film tersebut….

    Kalo ada saran atau bantuan baik info atau dukungan/bantuan apapun itu, akan amat kita hargai, jadi please banget kalo ada yang mau bantu apapun kirim email aja ke matt_danalan@yahoo.com……….

  25. #25
    gravatar

    gw baru aja buku dia….itu juga karena gw ditawarin buat baca…..
    dan gw ga nyangka buku ini nge-fek banget ma diri gw……gw akuin SHG adalah species langka yang gw sendiri nyesel..kenapa baru sekarang gw tau tentang dia…..he’s done d great 4 his short live…..

  26. #26
    gravatar

    Tulisan ini bagus sekali. Perkenalkan, saya Mandy, dan saya bekerja untuk Miles Films. Film GIE sendiri saat ini masih dalam tahap akhir, dan menurut rencana akan keluar di bioskop tanggal 30 Juni 2005. Website dari film ini akan selesai sekitar satu bulan lagi. Untuk yang berminat mendapatkan update tentang film ini, silahkan kirim email ke saya (japri): milespublicist@yahoo.com

  27. #27
    gravatar

    Tulisan nya sangat bagus; dan bisa merangkum hampir semua hal penting dalam hidup Gie (termasuk link URL nya) secara singkat, informatif, dan mudah dicerna.

    Sayang sekali banyak komentar rekan di atas yg salah kaprah; sehingga sosok Gie dilihat tak lebih hanya sbg ikon radikalisme & militansi. Apalagi
    adanya kecenderungan utk menyamakan SHG dg ide2 “progresif”, “pembebasan”, dan bahkan “ernesto ‘che’ guavara” (kalian itu pada pernah baca nggak sih? Asal bgt..)

    Tapi kebetulan ke-2 nya (SHG & ECG) sama2 memiliki otobiografi yg jg sudah difilmkan. Nah, biar wawasan elo2 pada kebuka, nanti wajib baca buku & nonton filmnya, ya?

    Judul2nya:

    Soe Hok Gie – Catatan Seorang Demonstran (otobiografi), Biografi Politik SHG (John Maxwell), GIE (film)

    Ernesto ‘Che’ Guavara – The Motorcycle Diaries (film yg sangat indah & puitis.. I wonder whether Miles & Mira makes “Gie” as beautiful and as romantic as this one.. Hope so..

  28. #28
    gravatar

    tidak ada yang bisa saya katakan krn tidak ada kata atau pun kalimat ataupun tokoh sekaliber apapun yang bisa dibandingkan dengan Kakak Soe Hok Gie.

  29. #29
    gravatar

    Silakan gabung di mailist Hok Gie, soe _hok_gie@yahoogroups.com di Friendster juga kami sediakan buat menampung temen2 yang interest ama Soe Hok Gie

  30. #30
    gravatar

    Silakan gabung di mailist Hok Gie, soe_hok_gie@yahoogroups.com di Friendster juga kami sediakan buat menampung temen2 yang interest ama Soe Hok Gie untuk bertukar pikiran

  31. #31
    gravatar

    salut buat Soe Hok Gie

  32. #32
    gravatar

    sekarang ini aktivis cenderung di jadikan sebagai sapi perahan organ politik sebagai kaki tangan untuk meraih ambisi politiknya.TIDAK MURNI UNTUK RAKYAT.
    Semoga masih ada kawan2 aktivis yang tetap komitment terhadap cita2 perjuangan terhadap REVOLUSI dan terhadap NKRI seperti Bung Soe Hok Gie.
    MERDEKA!!!

  33. #33
    gravatar

    waduh gimana ya…? yang pasti saya merasa bangga kalau aja saya dulu jadi temen dia. n juga pengin rasanya saya ncari buku-buku dia. n bagi yang punya buku dia tolong hubungi saya ya…. SAYA BANGGA PUNYA SEORANG PAHLAWAN BAGI MAHASISWA DAN DIALAH MAHASISWA YANG PATUT KITA CONTOH. UNTUK SEKARANG INI JADILAH SEPERTI DIA….
    HIDUP MAHASISWA…………………………….

  34. #34
    gravatar

    I only want to say that I am in love with Soe Hok Gie. I wish I had been born in 1950s…SHG’s image has been haunting my life and I just can’t escape from him….God, Help me!

  35. #35
    gravatar

    Teman-teman, karena satu dan lain hal, film GIE terpaksa memindahkan jadwal penayangannya menjadi 14 Juli 2005. Tapi sudah ada email khusus untuk kalian yang ingin mendapatkan update tentang Soe Hok Gie, yaitu di: gie.film@gmail.com
    Terima kasih

  36. #36
    gravatar

    wah…sayang filmnya gak make dian satro…hiks…

  37. #37
    gravatar

    Dear all,

    Hari Rabu, seminggu yang lalu, Ikatan Mahasiswa Jrusan Ilmu Perpustakaan FIB UI (dulu fakultas sastra) mengadakan Talk Show Soe Hok Gie, dengan tema: napak tilas perjalanan hidup soe hok gie.
    Para Pembicara yang hadir adalah: Para sahabat SHG (Herman Lantang, Arestides Katoppo, Abdullah Dahana, Buli Londa), Dien Pranata (kakak SHG), dan Riri Riza (Sutradara Film Gie)
    Lebih dari 200 orang memadati auditorium gd. IX FIB UI. Selain kisah-kisah tentang SHG dr para sahabatnya, panitia mendapatkan kesempatan istimewa dari miles film, yaitu pemutaran thriller film GIE untuk pertama kalinya. Semua yang menyaksikan thriller tersebut sangat antusias, termasuk para pembicara yang meneteskan air mata karena merasa haru. Acara tambah meriah oleh kehadiran Nicholas Saputra di bangku audiens.
    mungkin itu sekilas yang dapat saya ceritakan tentang kegiatan yang telah kami selenggarakan. apabila kami mengadakan kegiatan serupa, akan kami kabarkan kepda rekan-rekan melalui berbagai forum tentang soe hok gie yang ada di web.

    salam,
    panitia

    iim
    iim_2k1@yahoo.com

  38. #38
    gravatar

    kapan sih filmnya?kirain mei?

  39. #39
    gravatar

    SHG merupakan contoh seorang penggerak reformasi global. selayaknya ia dijadikan pahlawan nasional.

  40. #40
    gravatar

    setelah membaca karya soe hoek gie (DLM dan C H S D)saya sangat kagum terhadap perjuangan Gie. jika saja boleh berandai-andai, mungkin jika sekarang gie masih hidup ia akan populer setingkat dengan gusdur, nurcholis madjid. bravo.. hastalavista baby

  41. #41
    gravatar

    Ada beberapa kata-kata SHg yang jadi favorit saya
    1. “Aku besertamu orang-orang malang” dia tulis saat menjelang ualng tahunnya yang ke -17 ketika melihat pengemis yang makan kulit mangga di dekat istana di jakarta
    2. “I always be gelisah and unable to live in peace”
    3. “Nobody knows the trouble I see, Nobody knows my sorrow”

    Meski SHg mati muda, namun dia telah membuktikan bahwa dia konsisten terhadap orang-orang malang dan tidak tergiur masuk dalam lingkar kemunafikan. Dia kritis terhadap Sukarno namun juga kristis terhadap Suharto. Semoga saya bisa tetap konsisten seperti SHg.

  42. #42
    gravatar

    saya sih tidak tau tentang seorang soe hok gie, hanya karena mau di buat filmnya saya jadi sedikit tau, saya sangat senang miles akan memproduksi film yang bisa dibilang film heroic yg menceritakan seorang pahlawan yang belum di kenal banyak org, khusunya bagi mahasiswa yang kritik akan keadaan bangsanya, dengan biaya yg cukup wah(15 milyar)tentu film ini merupakan tontonan yang menarik dan penuh dengan sejarah seorang soe hok gie yg belum banyak orang tau.saya cukup senang dengan film2 indonesia yg berkembang dewasa ini apalagi dgn film yg satu ini, moga2 pembuat2 film sering buat film yg heroik seperti ini dan sekaligus mendidik seperti ini, smoga film ini sukses baik secara komerisil, penghargaan maupun misi yg ingin disampaikannya, Amin.Saya sangat bangga dengan mba Mira Lesamana, Riri riza dan yang lainnya yg masih mempertahankan idealisnya dalam dunianya yaitu ‘FILM’(tentunya bangsa ini juga bangga punya mba Mira dan Mas Riri.Sekali lagi maju terus Film Indonesiaku, saya akan terus mendukungmu walau dengan hanya sebagai penonton setiamu di bioskop.

  43. #43
    gravatar

    gw gag tau tth nih org! dan gw baru tau dikit banget dr email berantai dan pengen banget tau lebih baynayk semoga FILmnya cepet jadi dan publikasinya bisa tersebar luas agar smua orang indonesia matanya TERBUKA lebar!

  44. #44
    gravatar

    keren banget puisinya
    catatan demonstrannya ada diterbutkan gak?
    jual di gramedia lah…..

  45. #45
    gravatar

    Pernah ayah saya bertanya kepada saya”Diemas dari mana kamu dapat buku itu(Catatan Seorang Demonstran)?”Lalu saya jawab”Dari perpus sekolah, memangnya ayah kenal dengan tokoh yg ada dalam buku tsb?”beliau lalu menjawab”Bagaimana ayah tidak kenal dengan orang yang polos, lugu dan memiliki semangat serta idealis yang takkan pernah habis seperti dia!Ayah pernah bersekolah dengan soe hok gie sewaktu di kolese kanisius dulu.”Saya tak habis pikir bahwa selama ini sosok seorang pemuda yang saya sukai dan banggakan itu adalah teman main ayah saya sewaktu SMA dulu.huh Mungkin sekarang gak ada kalimat yang keluar dari mulut ayah saya dan saya kepada gie yang berada di “ujung sana”selain “Gie, sekarang kamu dimana?Indonesia saat ini butuh sosok seorang pemuda yang lugu, polos, bersemangat, dan tentunya beridealis seperti kamu!”walaupun kami tahu jawaban itu takkan lagi terjawab setelah peristiwa 16 desember1967!Dimana hari itu menjadi hari berkabung bagi orang orang yang memiliki idealisme.Nobody Knows The Troubles I See, Nobody Knows My Sorrow.Gie kamu dapat salam dari Ayah saya dan pemuda serta pemudi Indonesia yang memiliki Idealisme….

  46. #46
    gravatar

    Sbg Pendaki Gunung Saya mengagumi sosok Soe Hik Gie, Film Gie…betul-betul sy tunggu

  47. #47
    gravatar

    gw harap rahim nyonya pertiwi masih punya kesempatan melahirkan sosok anak muda seperti soe hok gie, dan juga gw harap kelak kehadirannya tidak disia-siakan oleh bansa ini seperti bangsa ini pernah menyia-nyiakan tan malaka,

  48. #48
    gravatar

    perjuangan -perjuangan rekan kita hok gie masih banyak untuk bumi pertiwi ini yang belum terlaksana
    agar nantinya hok gie, hok gie yang baru dapat melanjutkan perjuangan – perjuangan ini….
    teman-teman saudara-saudaraku dimana pun berada terus berjuang dan bangkitkan semangatmu..
    kami dari timur indonesia …bagian selatan pulau kalimantan terus mengibarkan semangat demi tercapainya keadilan di negeri yang penuh dengan manipulasi ini..
    peace…ALLAHU AKBAR.

  49. #49
    gravatar

    SOE HOK GIE, NAMA ITU SUDAH AKU DENGAR LAMA SEKALI. NAMUN BARU AKHIR2 INI AKU MENEMUKAN BANYAK PENJELASAN TENTANG SOSOK SOE, walau mungkin sebenarnya gambaran2 yang ada masih terasa (seharusnya) kurang bagiku. Terasa dekat dengan kehidupan mahasiswa yang galau dengan aktivitasnya, yang tidak pernah kubayangkan ada pada sosok Soe yang tegar. ‘I’am not idealist anymore, i bitter realist”. Tegar menghadapi keadaan dia disukai oleh banyak orang dengan keberaniannya, “but nt more than that”.
    aku masih melihatmu sebagai sosok yang misterius, soe hok gie.

  50. #50
    gravatar

    Ucapan Pak Maxwell menurut saya adalah gambaran yang paling tepat tentang sosok Gie: “Gie hanya seorang mahasiswa dengan latar belakang yang tidak terlalu hebat. Tapi dia punya kemauan melibatkan diri dalam pergerakan. Dia selalu ingin tahu apa yang terjadi dengan bangsanya. Walaupun meninggal dalam usia muda, dia meninggalkan banyak tulisan. Di antaranya berupa catatan harian dan artikel yang dipublikasikan di koran-koran nasional”

    Pertanyaan saya sekarang, apakah kalau Gie masih hidup dia tetap akan mampu bertahan di tengah derasnya arus yang menyeret orang-orang macam dia ke jalur ‘mainstream’ kehidupan di negara kita?

    Memang benar ungkapan bule: Only the good die young..

    And what better way to die than by doing something you really like, and arround the person you really love..

  51. #51
    gravatar

    soe hok gie, saya mengenalnya lewat diskusi kecil dengan seorang kawan yang kemudian berlanjut dengan membaca disertasi maxwell. menurut saya Gie adalah seorang patriot sejati sayangnya tidak banyak yang tau kalau karena geliat pemikirannyalah yang telah berhasil menumbangkan tirani orde lama, termasuk saya sampai beberapa tahun yang lalu.
    Saya bersyukur Tuhan telah menciptakan orang seperti gie untuk hidup di Indonesia, dan paling tidak meskipun saat ini Gie secara fisik sudah tidak ada tapi pemikirannya, roh dan semangatnya masih tetap bergeliat lewat tulisan-tulisannya.

    terima kasih untuk semangat mba mira karena sudah berhasil membuat film mengenai gie, dan membuat buku-buku serta tulisan-tulisan about gie menjadi mudah saya dapatkan.

    gie tidak butuh gelar pahlawan karena dalam dirinya ada jiwa kepahlawanan sejati.
    berlian dimanapun ditempatkan akan tetap berlian dan begitulah sosok gie.

  52. #52
    gravatar

    KEmana Gie-Gie yang baru? Tidak adakah Gie baru yang akan lahir? Indonesia perlu orang seperti Gie untuk memperbaiki bangsa,

  53. #53
    gravatar

    mmmm…saya salut sama Gie, yang pasti saya suka sama filosofis hidupnya “life for nothings”” gila banget nggak sih.., retorika oke banget, tapi yang paling saya salut lagi rasa nasionalisnya yang tinggi tanpa harus membuang identitas dirinya, saluttt Gie adalah figur aktivis yang tetap memperjuangkan sebuah bentuk eksistensi dan identitas yang terabaikann…..

  54. #54
    gravatar

    menurut saya SHG merupakan demonstran sejati, apalagi dia pencinta alam.mahasiswa sekarang ini jarang sekali konsisten dengan apa yang dituntutnya.ga akan bisa menyamai jiwa patriotiknya SOE HOK GIE.hidup ini perlu perubahan kalau kita ga mau tertindas terus dengan adanya kebobrokan negeri ini.HIDUP REVOLUSI.TERUSKAN PERJUANGAN SOE HOK GIE

  55. #55
    gravatar

    kenapa sih tokoh utaama harus nicholas saputra?

  56. #56
    gravatar

    hareee geneeee…!
    kalo ada cowok yang karakternya seperti Gie, bakal gue kejar sampe dapet. Punya 1 kayak gini gak bakal abis! he he he …

  57. #57
    gravatar

    g setuju ama fey! VIVA SOE HOK GIE..

  58. #58
    gravatar

    tob…..jujur gw belum pernah baca bukunya, tapi gw uda tau dari bokap bokin gw yang seangkatan ama gie waktu di Mapala UI….no M-007 yang GIE punya aja keren james bond…..TOB abisssss.berprinsip dan tegar

  59. #59
    gravatar

    Gie, sosok pahlawan yang dilupakan tapi baru diingat sekarang ketika film tentang hidupnya akan segera dirilis.. kenapa setelah sekian tahun?

  60. #60
    gravatar

    seingatku belum pernah aku melihat dan mendengar seorang tokoh yang begitu keras dalam menetang komunisme dan juga nasionalisme semu jaman itu. ya hanya dari hok gie itulah aku belajar mengenal akan kehidupan yang keras dan harus idealis.
    ada satu ungkapan yang ingin kukenang:“seorang prajurit hanya patut untuk dibanggakan tapi tidak untuk dimiliki” mungkin kaya gitu kalo salah benerin yaa…
    seorang pejuang muda belia hidup Indonesia….
    …semua orang tua harus mati dan kepemimpinan harus diserahkan pada orang-orang muda yang belum berjanggut…..

  61. #61
    gravatar

    SOE HOK GIE, Mungkin sebagian besar orang Indonesia tidak tahu dan tak mau tahu tentang nama seorang pemuda bernama SOE HOK GIE. Beliau seorang mahasiswa yang berjuang demi suatu nilai kemerdekaan dan anti penindasan terhadap kaum lemah. Namun satu hal yang patut ditiru dari sosoknya adalah sikapnya yang anti kompromi terhadap kemunafikan. Namanya yang tidak pernah disinggung-singgung dalam buku sejarah mungkin karena pengaruh rezim saat itu ( Soe Har To-red). Sungguh seorang nasionalis sejati! Apabila dia masih hidup saat ini mungkin dia akan kecewa dengan apa yang dilakukan oleh berbagai elemen mahasiswa sekarang. Mereka hanya menjadikan isu-isu politik sebagai komoditasnya, artinya dalam berdemonstrasi kebanyakan dari mereka tak tau apa sebenarnya nilai dari perjuangannya. Merka hanya berjuang demi kelompoknya bukan demi bangsa.

  62. #62
    gravatar

    saya sangat tertarik dengan sosok Soe Hok Gie. inspirasi penyusunan skripsi saya berasal dari difilmkannya pahlawan angkatan 66 ini. namun saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan vcd film Gie dalam waktu dekat ini. kalau boleh bantauannya gimana cara memperolehnya. atau contak personnya. trim. sekedar informasi saya kuliah di UMM jurusan ilmu komunikasi. dan aktif dalam pergerakan mahasiswa

  63. #63
    gravatar

    Gue juga mau share tentang pengalaman gue dan perkenalan gue dengan SHG melalui buku yang ia tulis.

    sejak kecil waktu SD gue tuch ikut pramuka dan cukup sering kamping bareng teman teman. dari pengalaman gue tsb gue melihat alam indonesia yg begitu kaya, gunung yg megah, tanah nan luas dan subur namun PARA PETANINYA SELALU MISKIN

    ketika gue kuliah dan aktif di organisasi kamus, mulai dari club pencinta alam, senat, bahasa inggris, jurusan, mahasiswa katolik dll dan yg menurut gue paling spesial adalah keterlibatan
    gue dalam gerakan mahasiswa 98 dalam organ gerakan yg waktu itu sangat populer yaitu forkot dan famred saya nah dari situlah saya membaca buku Soe Hok Gie, ketika gue membaca buku itu kebetulan gue banyak menemukan kesamaan dengan SHG dia pencinta alam, jujur terbuka, peduli thd org miskin dan tertindas, sekolah katolik, seorang keturunan tionghoa, dan aktif dalam gerakan mahasiswa

    hal tersebut makin membuat gue semakin terinspirasi bahwa yg gue jalanin untuk aktif di gerakan mahasiswa adalah jalan yang benar dan baik seperti apa yg telah di jalani oleh SHG bahkan bisa dibilang apa yg gue pikirkan dan gue rasakan dia rasakan juga

    apalagi sebagai seorang tionghoa, bagi saya mungkin SHG juga merasakan ada yg aneh dalam dirinya yg tionghoa itu, bagi saya SHG seorang ‘MUTAN’ dan itu juga yang saya rasakan karena pada umumnya orientasi seorang tionghoa biasanya mencari pekerjaan seperti berdagang /jadi pengusaha dan minimal jadi karyawan semuanya untuk cari aman dan cari duit, jangan ngurusin hal hal yg aneh ( pandangan dari keluarga tionghoa pada umumnya sampai sekarang) tapi pastinya SHG berpikir yah sudah, tidak apalah menjadi seorang ‘MUTAN’ berbeda dan berjuang sendiri, merasakan dan menyimpan kesulitan nya yang tidak dirasakan oleh orang lain kebanyakan

    mungkin waktu jamannya SHG orang tionghoa aktif seperti SHG masih banyak ada seperti Harry tjan, Sofyan dan Jusuf wanandi, kwik kian gie DLL namun coba lihat saat seperti ini dimana himpitan ekonomi begitu tinggi hampir sulit mencari kembali seorang tionghoa seperti SHG. apalagi tekanan politik kususnya kepada orang tionghoa dimana negara melakukan diskiriminatif formal dalam administrasi pelayanan publik

    nah paling tidak gue berusaha mewujudkan apa yg menjadi cita cita SHG namun belum terwujud…. yah melihat indonesia sejahtera, adil dan makmur

    Salam Perjuangan,

    alexferry@hotmail.com

  64. #64
    gravatar

    Kira2 jaman sekarang ini ada gak ya sosok seperti dia?

  65. #65
    gravatar

    I’ll be waiting for the movie to be released, I’m really inspired by Soe Hok Gie after reading his stories TODAY, too bad I haven’t heard anything about him before it. Too bad they don’t tell his story on my middle and high school days. I wish this movie bring a lot of impact to Indonesia. Even though I my family moved *run* away from Indonesia after May 1998, I still wish the best for Indonesia and I’m sure sometimes in the near future I’ll be back to my homeland Indonesia.

  66. #66
    gravatar

    Can’t wait to see the film on the 14th.
    http://www.milesfilms.com/gie

  67. #67
    gravatar

    [...] nta alam”, saya tidak pernah tahu bagaimana dan apa dia sampai sekarang ini, seperti yang ada di blog-nya Jay. Film ini pun akhirnya menjadi semakin menarik untuk di tonton. Ba [...]

  68. #68
    gravatar

    a boy with age 15 to 27 could have thoughts the way SHG did, what an extraordinary. Can’t wait for the movie. Thanks for Mira Lesmana, Riri Reza & Miles Production for making the film. Now we and our children in the future know that Indonesia have a hero like SHG.

  69. #69
    gravatar

    kalo goes to campus kapan2 bawa orang yg bener2 kenal gie, kalo ga….. bisa diberondong pertanyaan ama aktivis kampus…. kyk kejadian di unisba bandung, jawabannya terlalu subjektif dari pihak industri film, soallnye ga akan ada penetralnya, lebih menonjol debat daripada informasi tentang buku dan filmnya gie,

  70. #70
    gravatar

    Soe Hok Gie, inspirasi buat mahluk aktivis, sekarang dibawa ke pelatarana yg lebih luas. Mudah-mudahan nggak jadi sebatas aksesoris pop [corn] culture seperti yg nimpa Che Guevara.

    Gue pikir si Enda bener juga, Soe Hok Gie di jaman sekarang, mungkin bakal jadi seorang blogger.:)

  71. #71
    gravatar

    gie…andai aku bisa berdialektika dengan pemkiran mu aku yakin…. aku tidak akan menjadi apatis pada saat ini, namun kenyataan berkata lain…. pilihanmu dan pilihanku adalah kenyataanyang tak dapat di pungkiri lagi..

  72. #72
    gravatar

    pertama baca buku catatan seorang demonstran waktu kuliah semester 1, gue rasa di masa Indonesia yang edan seperti saat ini, para generasi muda perlu untuk mengambil refleksi kehidupan Gie dalam kehidupan mereka saat ini, satu yang paling gua salut dari sosok Soe Hoek Gie adalah bahwa nasionalisme dan idealismenya tidak tumbuh berdasarkan etnis atau kesukuan melainkan berdasarkan keindonesiaannya yang secara pribadi menurut gua bahkan lebih besar dan mulia daripada Presiden Soekarno sekalipun

  73. #73
    gravatar

    aku suka che guevara and soe hok gie.jadi aku mau nonton film tentang mereka.harus!!

  74. #74
    gravatar

    aduuuhhh…..
    gw nyari bukunya nehhh…
    pengen punya koleksi pribadi, abis nie manusia beNer2 TOP BGT SKL …
    his soul is my inspiration
    ga habis2 deh semangatnya, keidealisannya.
    pokoknya gw terpesona ma yang satu ini.

  75. #75
    gravatar

    “Di Indonesia hanya ada dua pilihan. Menjadi idealis atau apatis. Saya sudah lama memutuskan bahwa saya harus menjadi idealis, sampai batas-batas sejauh-jauhnya.”sebuah kalimat yang dikutip dari buku harian Soe Hok Gie inilah
    yang mungkin bisa saya pakai didalam prolog tulisan ini, mengingat akhir-akhir ini sosok Soe Hok Gie sendiri akan
    banyak menghiasi gedung-gedung bioskop melalui film GIE garapan Mira Lesmana. Tetapi siapa sih GIE?….

    SOE HOK GIE adalah merupakan sebuah fenomena besar didalam sejarah dunia gerakan kepemudaan di Indonesia terutama gerakan Mahasiswa, dimana Soe Hok Gie adalah seorang tokoh yang mewakili gerakan pemuda pasca angkatan 45 (angkatan 66), … tetapi ada suatu fenomena menarik dan kontroversial dari diri Gie (begitu biasa ia dipanggil), yaitu
    sebenarnya bagaimana kondisi pergulatan pemikiran dan perjuangan dari Gie sendiri, apakah ia seorang pejuang yang mempunyai idealisme untuk memperjuangkan tegaknya keadilan dan kebenaran bagi rakyat yang tertindas oleh kediktatoran dan kesewenang-wenangan penguasa di bumi pertiwi ini?…, ataukah dengan idealismenya yang keras dan berkobar-kobar tersebut justru malah membuat Gie terjebak didalam irama konstelasi politik yang telah diformat sedemikian rapi oleh suatu kolaborasi internasional yang kemudian meruntuhkan kekuasaan Orde Lama untuk kemudian digantikan dengan kekuasaan Orde Baru yang di back up oleh kekuatan negara-negara pemodal, hal tersebut sampai saat ini masih merupakan sebuah misteri besar, mengingat Gie sendiri adalah salah satu tokoh yang menggagas mengenai adanya kemanunggalan militer dengan Rakyat melalui konsep DwiFungsinya yang kemudian diselewengkan oleh penguasa Orde Baru untuk sebuah alat legitimasi kekuasaan yang sangat ampuh, bahkan Gie diketahui secara terbuka mendukung petinggi-petinggi militer saat itu untuk duduk di tampuk kekuasaan Orde Baru, tetapi apakah Gie sama sekali tidak pernah menyadari bahwa ada suatu skenario besar yang dibuat oleh militer dan negara-negara pemodal untuk memperlancar masuknya ribuan investasi modal asing di Indonesia yang pada akhirnya justru akan menimbulkan suatu sistem penindasan yang amat sangat luar biasa bagi rakyat Indonesia, yang tentu hal ini akan sangat bertentangan dengan keyakinan Gie sendiri yang sangat anti teradap adanya penindasan terhadap umat manusia terutama golongan wong cilik?…

    (didalam biografinya (CATATAN SEORANG DEMONSTRAN atau biasa disingkat dengan CSD) yang kemudian menjadi latar belakang dari pembuatan Film GIE karya Mira Lesmana yang akan beredar tak lama lagi, Gie sendiri pernah mengutarakan mengenai permasalahan ini kepada kawan akrabnya Ben Anderson, dimana ia berkata bahwa ia telah salah menaruh kepercayaan kepada Militer yang telah berubah menjadi sosok yang sangat fasis, Gie juga mengatakan pada Ben Anderson bahwa telah ada dehumanisasi besar-besaran di pulau Jawa dan bali sebagai dampak dari perubahan konstelasi politik pasca Orde Baru yang tentu saja membuat ia resah akan adanya penyelewengan-penyelewengan kepercayaan yang ia berikan kepada orde baru)….., tetapi sebelum kita lebih jauh merefleksikan hal tersebut alangkah lebih baiknya kita mengenali terlebih dahulu siapa sang demonstran ini yang mungkin saja masih terdengar asing bagi generasi muda saat ini (atau barangkali sosok Soe Hok Gie beberapa saat lagi akan menjadi sosok yang sangat luar biasa atau bahkan menjadi trend di kalangan generasi muda kita melalui filmnya yang dibintangi aktor ganteng Nicholas Saputra, ..kita tunggu saja tanggal mainnya)….

    Sosok Soe Hok Gie sendiri dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1942, Anak keempat dari lima bersaudara keluarga Soe Lie Piet alias Salam Sutrawan, ini sejak kecil amat suka membaca, mengarang dan memelihara binatang. Keluarga sederhana itu tinggal di bilangan Kebonjeruk, di suatu rumah sederhana di pojokan jalan, bertetangga dengan rumah orang tua Teguh Karya. Saudara laki-laki satu-satunya Soe Hok Djien yang kini kita kenal sebagai Arief Budiman (akademisi, pengamat politik dan ketatanegaraan yang kini bermukim di Australia). Sejak SMP, ia menulis buku catatan harian, termasuk surat- menyurat dengan kawan dekatnya.

    Semakin besar, ia semakin berani menghadapi ketidakadilan, termasuk melawan tindakan semena-mena sang guru. Sekali waktu, Gie pernah berdebat dengan guru SMP-nya. Tentu saja guru itu naik pitam. Didalam catatan hariannya yang kemudian dibukukan dalam CSD, ia menulis: Guru model begituan, yang tidak tahan dikritik boleh masuk keranjang sampah. Guru bukan dewa dan selalu benar. Dan murid bukan kerbau. Begitu tulis anak muda yang sampai hari ajalnya, tetap tak bisa mengendarai sepeda motor, apalagi nyupir mobil. “Gue cuma bisa naik sepeda, juga pandai nggenjot becak.”.

    Sikap kritisnya semakin tumbuh ketika dia mulai berani mengungkit kemapanan. Misalnya, saat dirinya menjelang remaja, Gie menyaksikan seorang pengemis sedang makan kulit buah mangga. Dia pun merogoh saku, lalu memberikan uangnya yang cuma Rp2, 50 kepada pengemis itu. Di catatannya ia menulis: Ya, dua kilometer dari pemakan kulit mangga, ‘paduka’ kita mungkin lagi tertawa-tawa, makan-makan dengan istri-istrinya yang cantik-cantik. Aku besertamu orang-orang malang.

    Gie melewatkan pendidikannya di SMA Kanisius. Tahun 1962-1969 ia melanjutkan studinya di Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan ilmu sejarah. Ketika keadaan perekonomian di tanah air semakin tidak terkendali sebagai akibat adanya depresi perekonomian pada sekitar dekade enampuluhan yang mengakibatkan kemudian pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti pemotongan nilai mata uang (Sanering) yang menurut Gie hal ini akan semakin mempersulit kehidupan rakyat Indonesia . Dia mencatat: Kalau rakyat Indonesia terlalu melarat, maka secara natural mereka akan bergerak sendiri. Dan kalau ini terjadi, maka akan terjadi chaos. Lebih baik mahasiswa yang bergerak. Maka lahirlah sang demonstran.

    Mulai saat itulah hari-hari Gie diisi dengan berbagai aktivitas didalam dunia pergerakan seperti rapat-rapat, demonstrasi, aksi pasang memasang ribuan selebaran propaganda, sampai dengan ancaman teror serta cacian dari penguasa karena aktivitas pergerakannya menjadi suatu hal yang lumrah bagi Gie, Aku ingin agar mahasiswa-mahasiswa ini, menyadari bahwa mereka adalah the happy selected few yang dapat kuliah dan karena itu mereka harus menyadari dan melibatkan diri dalam perjuangan bangsanya … Dan kepada rakyat aku ingin tunjukkan, bahwa mereka dapat mengharapkan perbaikan-perbaikan dari keadaan dengan menyatukan diri di bawah pimpinan patriot-patriot universitas begitu tulisnya. Tahun 1966 ketika mahasiswa tumpah ke jalan melakonkan Aksi Tritura, Gie kemudian menggabungkan diri didalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) ia termasuk di barisan paling depan.

    Seperti yang telah diceritakan diatas, Gie adalah juga salah seorang tokoh kunci terjadinya aliansi mahasiswa-Militer pada tahun 1966. Gie sendiri dalam buku CSD, menulis soal aktivitas gerakannya tersebut: Malam itu aku tidur di Fakultas Psikologi. Aku lelah sekali. Lusa Lebaran dan tahun yang lama akan segera berlalu. Tetapi kenang-kenangan demonstrasi akan tetap hidup. Dia adalah batu tapal daripada perjuangan mahasiswa Indonesia. Batu tapal dalam revolusi Indonesia dan batu tapal dalam sejarah Indonesia. Karena yang dibelanya adalah keadilan dan kejujuran … Jakarta, 25 Januari 1966.

    Mungkin dari sedikit gambaran diatas maka saya maupun pembaca yang budiman telah bisa memprediksi bagaimana sosok dan kepribadian seorang Gie yang sayang sungguh sayang ia sendiri kemudian malah justru terjebak (atau malah bisa juga dijebak) oleh berbagai kepentingan politik dari golongan-golongan yang ingin memaksakan nafsu kekuasaannya di tanah air. Ok…saya, … dan anda para pembaca di rumah pastilah akan menganggap sosok Gie sebagai seorang penggerak kekuatan moral, humanis sejati dan idealis yang bergairah……SO KAPAN DI INDONESIA ADA GIE LAGI…..MERDEKA!!…..1000%

  76. #76
    gravatar

    ERNESTO “GIE”GUEVARA

  77. #77
    gravatar

    situasi ekonomi dan politik paska pemilu 2004 telah memberikan kesimpulan bahwa:

    pertama, seluruh penguasa borjuis telah gagal memberi jalan keluar bagu krisis kesejahteraan rakyat. kegagalan klas pengusa borjuis memberi karakter penguatan dan aktid dari tindakan tindakan politik rakyat. kenyataan bisa dilihat dari hasil2 pemilu 2004 dimana mana elit2 dan partai2 tradisional mengalami kekalahan dan kemerosotan dukungan yang signifikan. sementara karakter aktif massa semakin menonjol dalam berbagai peristiwa politik di lokal dengan aksi massa anti korupsinya di kampar dan larantuka, temanggung dan lain2 sebagainya, maupun di panggung nasional dimana tidak lama setelah sby terpilih disambut dengan pergolakan massal kaum buruh menuntut kenaikan upah di berbagai kota. angka golput hampir mencapai 30 % memberi indikasi kuat bahwa banyak rakyat tidak mau di bohongi lagi oleh kontestan pemilu yang terbukti tidak mempunyai program yang dapat memberi keyakinan jalan keluar yang diharapkan.

    kedua: dukungan rakyat yang meperbesar terhadap pks dan partai demokrat dan juga kemenangan sby dalam pemilu presiden menegaskan karakter dan kehendak yang kuat dari rakyat akan perubahan. persoalannya karena ketiadaan alternatif kekuatan progresif dan revolusioner dari ajang pemilu membuat dukungan rakyat sebagian mengalir pada partai reformis borjuis kecil seperti pks dan partai manipulator baru yaitu partai demokrat. sekalipun demikian dengan karakter kesadaran yang semakin maju ini dukungan rakyat tersebut bukan berarti dikendalikan oleh pks, partai demokrat dan sby.

    ketiga: bahwa kelas penguasa borjuis indonesia tidak memiliki keberanian melawan dan melikuidasi kepentingan2 negeri2 imperialis yang menghambat potensi kemajuan tenaga produktif dan kemampuan industrialisasi nasional dalam negeri maka krisis kesejahteraan rakyat sudah pasti gagal diatasi. selama perekonomian nasional masih dibelenggu oleh kebijakan2 yang menghamba pada kepentingan imperialis neoliberal dan secara politik kekuatan masih di dominasi oleh kaki tanganya maka kepentingan mayoritas rakyat kaum buruh, tani, rakyat miskin kota, dan pemuda akan terus diselewengkan. kenaikan harga bbm telah menjadi bukti nyata bahwa sby – kalla merupakan kaki tangan kaum imperialis neoliberal yang harus dilawan oleh rakyat. namun aksi2 protes saja belumlah cukup. sekali lagi rakyat membutuhkan kekuatan dan pada akhirnya kekuasaan politik alternatif yang sanggup melawan musuh2 pokok rakyat.
    persatuan dari unsur2, individu, organisasi yang progresif revolusioner dengan unsur2, individu, agamawan, kaum intelektual, kaum demokrat, pemuda dan mahasiswa yang pro rakyat adalah alternatif politik satu2nya yang dibutuhkan dan merupakan program perjuangan rakyat yang bersifat mendesak. kekuatan alternatif inilah yang sudah pasti didukung oleh rakyat, dan akan mampu menyiapkan langkah2 politik bagi kepentingan rakyat untuk membangung pemerintahan bersih, demokrasi, merdeka, modern dan internasionalis.

    ” jika seorang gie berani melawan pemerintahan boneka imperialis amerika pada masa orde baru, dan kolonel fidel castro berani melawan amerika, mengapa jenderal susilo bambang yodhoyono tidak berani? “

  78. #78
    gravatar

    waktu taon 98 dulu…apakah temen temen sempet baca nggak buku nya….?

  79. #79
    gravatar

    aku berharap kawan2 mahasiswa semua bisa menjadi diri sendiri seperti soe hok gie menjadi seorang soe hok gie. janganlah kita menjadi apatis terhadap masalah yang semakin menjamur di tengah2 kehidupan kita saat ini.

    SALAM 1/2 MERDEKA

  80. #80
    gravatar

    sugoi!dia pemberani, ‘the real fighter’, …
    maaf buat gie, aq hanya bisa meresapi nilai darimu.aq yang seperti semut di balik hutan ini hanya dapat merasakan…dirimu tegar bagai…
    jujur aq tertarik dg kisahmu ketika melihat klip soundtrack-mu pas ndaki.
    jika kau hidup di masa ini, mungkin kau orang yang dpt memahami seorang 543…

  81. #81
    gravatar

    suatu hari aku menulis email untuk untuk editorku yang baik,

    entah kenapa ketika aku mendapati sebuah tulisan di Kompas (tanggal dan tahun aku lupa)bahwa catatan harian seorang demonstran akan di cetak ulang. rasanya aku gembira dan senang apalgi setelah sekian hari mencari buku itu di palasari bahkan sampai ke shoping center di Jogja aku tidak mendapati Catatan Seorang Demonstran.

    ternyata dugaanku benar, ketika miles mau bikin film tentang Soe Hok Gie, aku sudah berpikir bahwa LP3ES akan kembali menerbitkan buku itu, tentunya mereka melirik pasar setelah booming film Gie.ternyata benar adanya, CSD di terbitkan lagi. jauh-jauh hari aku sudah membaca catatan seorang demonstran (CSD) dari yang sudah ada analisisnya dari john maxwel sampai kumpulan tulisan Gie di buku berjudul Zaman Peralihan yang diterbitkan oleh penerbit Bentang. lantas kenapa tiba-tiba saja aku enggan untuk menyamakan antara Soe Hok Gie dengan Nicholas Saputra?

    Soe Hok Gie adalah seorang seorang aktivis tulen memperjuangkan idealisme, membela rakyat indonesia, menyuarakan keadilan. lantas siapa itu Nicholas Saputra, seorang aktor yang multi talent, berdedikasi dan berkarakter. namun se-karakter-karakternya aktor, tetaplah aktor yang bisa berperan dalam setiap adegannya. bukan seorang aktivis atau pejuang idealisme yang rela berpanas-panas ditengah demonstran, berani menghadapi popor senapan para polisi.

    adakah kesamaan antara Soe Hok Gie dengan Nicholas Saputra? jawabannya tidak. Soe Hok Gie dibesarkan dalam lingkungan yang sederhana, suatu hal yang kontras dengan Nico, ia dibesarkan dalam lingkungan yang sudah sedemikian mapan, dengan glamournya ibukota dan arus informasi yang cepat.

    Walaupun keduanya adalah mahasiswa UI, akan tetapi tentunya dengan latar belakang UI yang berbeda saat Gie pertamakalinya masuk kuliah dengan Nico yang masuk ke UI di jurusan Arsitektur

    siapa itu Gie lalu siapa itu Nico, orang lebih mengenal Nico daripada Gie, ini jelas menggambarkan sebuah realita yang kontras di generasi yang semakin dimanjakan oleh jaman, orang semakin lupa dengan sejarah. barangkali Inul lebih heboh dari pada Butet Manurung atau Ratna Sarumpaet, atau bahkan orang lebih mengenal Anjasmara, Tora Sudiro daripada Budiman Sudjatmiko dll.

    Gie dan Nico, aku yakin lebih mengenal Nico dari pada Gie, lantas sampai kapan bangsa ini akan selamanya sejarah kabur oleh popularitas? aku tidak tahu, yang tahu hanya jaman yang terus menerus berputar. inilah sedikit tulisan yang ingin aku bagi denganmu sebelum mengirimkan tulisan ke kompas.. semoga saja lahir Soe Hok Gie dan Nico yang lebih peka pada realita kehidupan berbangsa dan bernegara.

  82. #82
    gravatar

    Pada dasarnya Soe Hok Gie adalah manusia biasa sama seperti massa rakyat Indonesia lainnya, namun latar belakan keluarnga dan lingkungannya secara tidak sengaja membentuk kepribadianya yang unik dan khas, terutama pada saat di sekolah di kanisius dan berkuliah di Univ Indonesia. di sekolah dan kampus itu Soe Hok Gie secara kebetulan & hobby membaca bacaan “terlarang” pada massa itu dan sanggat tidak lasim dibaca oleh anak muda seumurannya dan sangat dengan cepat deresapi dan ia pahami. mungkin kalo saat ini anak anak seumurannya paling sukanya baca novel cinta, buku doraemon, komik picisan murahan, komik porno, Buku stensil porno, film porno, chat porno, dll.

    Dengan membaca buku buku berat/idealis/ filsafat dapat merubah pemikiran, karakter, watak seseorang sehingga bebuah pemikiran pemikiran baru dalam konteknya sendiri sendiri, mungkin pada saat Pram menulis buku buku waktu dibui, dia sadar/tidak dapat men”tranfer” gagasan gagasan nya kepada orang orang muda

    sebenarnya pula orang orang yg seperti Soe hok gie cukup banyak saat itu ( dan masih hidup saat ini) nah yg paling berbeda adalah dalam hal Menulis / mendokumentasikan Pengalaman dan Pemikiran pemikiran yang melintas dalam otaknya pada saat mengalami suatu kejadian/peristiwa yg cukup menyentuh hati

    semoga saja Film “Gie” tidak hanya menjadi Icon Ciptaan Industri Film yg kehilang makna perjuangan
    Semoga saja Film Ini juga dapat merubah pikiran pikiran anak anak muda, anak anak kampus yang mapan yg saat ini lebih cenderung hedonis dan malas membaca (seperti saya dulu )untuk berpikir lebih maju melihat permasalah bangsa dan kemanusiaan yg berantakan Lebih berantakan saat Soe hok gie

  83. #83
    gravatar

    u: mu

    bebas adalah sebuah dunia impian
    dan rindu hanya sebatas angan
    terperangkap dan pengap
    dalam sunyi dan beku duniaku
    aku ingin bertemu dirimu!
    we need to find likeminded companion
    —one lonely night in my desert—

    g kagum bgt ama kekuatannya u/ susah n mao berjuang, bikin g malu sumetimes

  84. #84
    gravatar

    Gie adalah sosok manusia yang memiliki pandangan tentang hidup, kemanusiaan, dan kebebasan yang orang lain tidak pernah punya…….. Dia telah menang sebagai seorang manusia sejati yang tidak termakan jaman, harta, dan kekuasaan

  85. #85
    gravatar

    another pop-culture era? jangan kaget kalau besok ada pin “gie” bersanding dengan pin “che guevarra” di kaki lima, lantas kaos, topi dan pernak pernik lain nya. & a “Gie” wannabe born … ;) “Di Indonesia hanya ada dua pilihan. Menjadi idealis atau apatis. Saya sudah lama memutuskan bahwa saya harus menjadi idealis, sampai batas-batas sejauh-jauhnya.” 4 kalau sekarang; “Skeptis & Oportunis”:)) Ah 14 Juli terlalu lama:p

  86. #86
    gravatar

    Kemarin sempat lihat trailernya dan mengikuti bincang2 mengenai film Gie. Kalau dilihat romantisme yang ditangkap oleh film makernya dan diterjemahkan dalam film memang sepintas( sepanjang trailer yang hanya beberapa menit) seindah motorcycle diaries. Sebetulnya nggak ada salahnya juga menyamakan Soe Hok Gie dengan Ernesto ‘che’ Guevara, in terms of their similar honesty, humanism, sensitivitas terhadap persoalan masyarakat sekitarnya, kegelisahan terhadap ketidakadilan dan kemauan untuk melakukan perubahan. Nilai-nilai yang sebetulnya sama-sama mereka anut yang sering disalah artikan oleh orang lain sebagai radikalisme, mungkin karena kesempatan yang tersedia untuk melakukan perubahan di jamannya adalah melalui turun ke jalan(Gie) dan gerilya/revolusi(Guevara). Tapi perlu diingat bahwa Gie juga mencoba melakukan perubahan melalui tulisan dan Guevara dengan menerapkan ilmu kedokterannya langsung ke masyarakatnya. Ada banyak cara menghargai kemanusiaan pada tempat yang sebenarnya.
    I love motorcycle diaries and I am looking forward to see Gie on film.

  87. #87
    gravatar

    kenapa yang diterbitkan hanya catatan hariannya saja. sementara tulisan-tulisan dia dikoran atau dimedia cetak manapun juga penting dipublikasikan.

    karena, kita belum pernah tau tulisannya setajam apa. dan itu juga patut dibahas, sebab menyangkut setting dan peristiwa tidak hanya difilm tapi sudah menjadi sebuah catatan journal.
    apa cuma di internet saja kita mendapatkannya.
    dan tidak mungkin membawa bawa komputer, laptop atau cd yang tidak pernah sempat kita liat.

    bagaimana SETUJU DENGAN IDE SEPERTI INI?………………SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    YA……MARI KITA MANGGUT-MANGGUT KAYA SAMA SAMA..GUT…GUT….GUT…GUT!

    dan sebenarnya kebebasan seperti apa yang kita harapkan?…..

    jujur saja kebabasan soe hok gie adalah ketika dia berada dipuncak gunung semeru dan setelah itu ia sangat benar benar bebas dari semua ketimpangan ketimpangan dunia ini…….

    ada falsafah mengatakan “hidup hanya mampir untuk minum””””…

    tak ubahnya jim morrison, jimi hendrix dan orang-orang yang mati muda. mereka adalah legenda!
    begitu juga soe hok gie, karyanya muncul ketika dia meninggal.

    seumpama dia hidup sampai saat ini mungkin pemikirannya tidak banyak diketahui orang.
    sebab semua akan menjadi datar seperti hari hari yang lain, menjadi satu dengan kebusukan, rutinitas,
    ketimpangan, kegembiraan, bahagia.
    hingga tak ada lagi sesuatu yang responsif dalam kehidupan…………….mungkin!

  88. #88
    gravatar

    looking forward for “GIE” and hope it will not be too “pop”, “hip”, and “cool” and definetely NOT creating THOUSANDS of WANNABEs…..and missing the whole “essence” of it!

  89. #89
    gravatar

    Gie? KEREN BANGET…sangat menginspirasi…
    baru kali ini takjub sama orang yang dah ‘pergi’ dan menyesali kenapa dia pergi..
    semangat Gie berassa banget! untuk aku, orang yang baru denger namanya sekali dan langsung tertarik dengan cerita hidupnya..dan malu, kenapa aku ga punya semangat sebesar itu…
    ..mmm…aku setuju sama tunggul-jogja, kenapa artikel-artikel Gie nggak dipublikasikan juga.
    Mungkin aku mahasiswa yang telat, yang nggak banyak tahu tentang sejarah (karena memang sebelumnya nggak tertarik sama sekali..), karena aku pikir ‘full of lies’, iya ga sih..?!
    sejarah Indonesia terlalu muluk, terlalu mengagungkan nama Soekarno dkk.
    Gimana kalau kisah Gie dijadikan bahan yang harus dipelajari oleh anak SMP atau setidaknya SMA-lah, tapi harus detail banget… asli…seadanya..Yah, biar mereka tahu aja gimana sebenarnya Indonesia, biar mereka tahu lebih awal…biar mereka ngerasain semangat Gie…biar ga nyesel karna tau-nya telat, kayak aku…..(Amien)…

    Catatan seorang Demonstran..bener-bener membuka mata tentang busyuk-nya POLITIK…andil seorang Gie…ummm..spechless..Panutan mahasiswa!
    aku denger katanya mau di buat film ya? Nocholas Saputra? Again? hehehe…Ya mudah-mudahan dia (Nicho) bisa ngejiwain perannya…Semangat!!

  90. #90
    gravatar

    gie, siapa ya? orang orang skarang pasti bertanya demikian! penguasa orba seeh ga memasukan kisah soe hok gie kdalam buku sejarh, mungkin mreka takut kali ye! ORBA pecundang GIE pemenang

  91. #91
    gravatar

    MUNGKIN SHG ADALAH SEBUAH SEJARAH YANG TERLUPAKAN OLEH ANAK BANGSA….
    MUNGKIN SHG JUGA ADALAH PAHLAWAN YANG DILUPAKAN OLEH PENERUSNYA……..
    ATAU MEMANG PERJUANGAN SHG MEMANG SENGAJA DIKABURKAN UNTUK MENUTUPI KEBERINGASAN POLITIK ORLA DAN ORBA…………
    APAPUN ITU USAHANYA….., SAAT KEBANGKITAN ITU AKAN DATANG JUGA DIMANA SEJARAH YANG SESUNGGUHNYA AKAN LANTANG MENERIAKAN KEBENARAN……….
    INILAH SAAT YANG TEPAT UNTUK MENGENALKAN SOSOK SOE HOK GIE PADA GENERASI PENERUS BANGSA INI YANG SUDAH DIBUTAKAN OLEH PENGHINAT2 PERJUANGAN MAHASISWA…………
    HIDUP HOK GIE………..
    SAYA HATURKAN BANYAK TERIMA KASIH KEPADA MILES FILM YANG TELAH MENGANGKAT SOSOK YANG TERLUPAKAN INI……………..
    ADA KUTIPAN HOK GIE YANG MENCERMINKAN KEMISTERIUSAN DIRINYA
    “NO BODY CAN SEE MY TROUBLE, NOBODY KNOWS MY SORROW”

  92. #92
    gravatar

    Sorry tetap tidak bisa melihat muka Nicholas yang terpampang di buku itu, mensitir komentar sebelum-nya; “Sampai kapan sejarah akan ditaklukkan oleh popularitas?“:p

  93. #93
    gravatar

    stuj, Ndaru. With all due respect to Nicholas Saputra dan mbak MIra Lesmana yang men-quote ” don’t judge a book by its cover”, it’d be better if LP3ES menggunakan salah satu foto SHG untuk cover atau menggunakan foto yang sama seperti di buku terbitan tahun 1983 (Arif Rahman Hakim delivered speech in front of mass of students) .

  94. #94
    gravatar

    romantisme masa kuliah…
    gw penasaran pengen liat filmnya…
    apa ada adegan “toetje” si supir bus:)

  95. #95
    gravatar

    iya Ris, sekalipun mungkin SHG tidak se-fotogenik Nicholas Saputra:))
    But it’s SHG for God’s shake!:D

  96. #96
    gravatar

    Gie sama aeperti Chairil Anwar, yaitu sama – sama orang yang mati karena kejamnya keserakahan atas hak dan kewajiban.

  97. #97
    gravatar

    gw sama dengan ndaru, soe hok gie itu bukan nico dan nico itu bukan gie, yang menulis di CSD itu demonstran (gie).. apakah nico seorang demonstran? bukan kawan.. kapan kita lihat dia bergerak atas nama nurani untuk melihat ketimpangan di negeri kita ini..

  98. #98
    gravatar

    Tidak tau sebenarnya kalau tidak dibuat filmnya, maklum tak terlalu suka dengan sejatah namun setelah tau tentang GIE dari web GIE, saya akan lebih tertarik dengan Indonesia

  99. #99
    gravatar

    [...] Ah itu pembaca acara pasti belum cari data yang lengkap tentang Gie. Masa Soe Hok Gie meninggal di Gunung Gede? please deh…. kalo mau cari data sedikit lewat berbagai blog atau google, pasti dia akan tau kalo Soe Hok Gie itu meninggal di Gunung Semeru. [...]

  100. #100
    gravatar

    The Individual Defines Everything…

    Gie, itu sudah mati… Sayangnya secepat orang terpesona kepada dia dan secepat itu juga melupakan apa misinya. Pahami apa yang menjadi latar belakang ia berbuat. Be yourself not be like Gie… ambil hikmahnya teruskan perjalananmu, bila ada kata yg berkenan, jangan diingat, jangan dihapal, jadikanlah ia garam dan kamu air…biarkan ia larut…

    Que Sera Sera,

    Tlessh

  101. #101
    gravatar

    hari jum’at besok gue mau nonton filmnya ama cewe gue. semoga tidak mengecewakan…
    hidup perfilman Indonesia!

  102. #102
    gravatar

    [...] Siapa tokoh ini? Mengapa begitu penting hingga difilmkan? Memang sosok Gie begitu fenomenal dan menjadi salah tokoh pemuda yang sarat dengan kritik sosial akan perubahan di era ‘66. (Lihat profile Gie di salah satu artikel yang pernah saya posting atau Blog Jay). [...]

  103. #103
    gravatar

    smoga spirit Soe hok Gie ga cuma jadi tren sebuah pop culture karena film nya baru akan rilis!!! fight just like Gie!

  104. #104
    gravatar

    smoga spirit Soe hok Gie ga cuma jadi tren sebuah pop culture karena film nya baru akan rilis!!! hope that there’s another Gie in this new era……

  105. #105
    gravatar

    Soe Hok Gie (SHG) adalah sosok pemuda yang mencerminkan kegigihan, kesederhanaan, dan keberanian, walaupun ia dilahirkan sebagai seorang Cina yang notabene pada jaman orde lama (tidak juga pada jaman orde baru atau setelah tumbangnya orde baru) bukanlah merupakan sesuatu pilihan yang mudah untuk memilih sikap hidup seperti SHG, tapi dia membuktikannya. Ketidakmudahan ini dapat dilihat dari ketiadaan nama SHG dalam berbagai buku sejarah di sekolah-sekolah, padahal dia dianggap salah satu orang yang menggerakan perjuangan pemuda Indonesia di tahun 1966. SHG seharusnya menjadi panutan generasi muda sekarang (tidak hanya untuk orang-orang keturunan di Indonesia) dan yang akan datang dimana disaat ini makin banyak lagi generasi-generasi tua ataupun muda yang bagaikan monyet tua yang masih bermain dalam kandang yang sama.
    Setelah hampir 36 tahun kematiannya di puncak G. Semeru, sosok SHG kembali muncul ditengah-tengah kondisi tanah air yang makin caruk-maruk lewat film GIE. Mengapa baru sekarang? Adakah karena kebosanan, kejemuhan, dan kemuakan atas kehidupan politik bangsa Indonesia saat ini dimana para monyet tua dan para calon monyet tua hanya bisa selalu mengatasnamakan demi rakyat Indonesia ketika mereka tidak tahu lagi apa yang harus dikatakan? Biarlah sekali lagi jaman yang akan membuktikan semuanya ini.

  106. #106
    gravatar

    hidup sosialisme………………………………………….

    gie, kamu ………..top
    tapi karena kamu juga soekarno jatuh, dan beralih ke soeharto. itulah dosamu.
    32 tahun negara ini terbodohi……………………..
    ………………………………………………………………
    gie……….. gw yakin lo adalhy kiri……………………

  107. #107
    gravatar

    ampunilah dosa gie………………
    kamu seorang intelektual.gie, tapi kenapa justru negara ini kau alihkan ketangan orang yang lebih berbahaya……….. SOEHARTO……….. Gie, aku tau kamu menyesal setelaH SEMUA ITU TERJADI……… Gie………. kami selalu mendoakan mu.

    hidup. soSIALISME……….
    HIDUP KIRI………..

    SAMA RATA……….. UNTUK SEMUA UMAT MANUSIA
    TANPA ADA PERBEDAAN KELAS………
    DAN MENGEMBALIKAN MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL SEPENUHNYA…………

    ONE SOLUTION ……………REVOLUITON…………..!!!!!

  108. #108
    gravatar

    ampunilah dosa gie………………
    kamu seorang intelektual.gie, tapi kenapa justru negara ini kau alihkan ketangan orang yang lebih berbahaya……….. SOEHARTO……….. Gie, aku tau kamu menyesal setelaH SEMUA ITU TERJADI……… Gie………. kami selalu mendoakan mu.

    hidup. soSIALISME……….
    HIDUP KIRI………..

    SAMA RATA……….. UNTUK SEMUA UMAT MANUSIA
    TANPA ADA PERBEDAAN KELAS………
    DAN MENGEMBALIKAN MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL SEPENUHNYA…………

    ONE SOLUTION ……………REVOLUITON…………..!!!!!

  109. #109
    gravatar

    GIE…, jujur aq lg denger namamu akhir2 ini, tp kmu tuh mirip bgt ama CHE, walaupun bentuk perjuanganmu berbeda, mgkin kalo kmu msh hidup soehartopun tidak akan menjadi diktator negeri ini sampai mei 98 kemarin…tp salut buat seluruh perjuangan n semangatmu, hidu anak gunung! hidup petualangan!HASTA LA VICTORIA SIEMPRE!

  110. #110
    gravatar

    seorang yang hidup dengan prinsip kuat..sayang tidak hidup di saat ini, untuk melihat kebobrokan negaranya yang makin parah….seorang yang beruntung karena cepat meninggalkan semua kekacauan dunia.

  111. #111
    gravatar

    apa yang salah kalo nico yang berperan sbg SHG? dia hanyalah seorang aktor yang memerankan tokoh bernama SHG.Tak perlu berpolemik tentang siapa pemerannya, akan tetapi coba resapi dan maknai dari pemikiran dan perjuanag SHG. Gie bukan malaikat yang tidak memiliki salah, dia punya andil dalam mendudukkan Soeharto menjadi Presiden kita dan kata banyak orang telah membodohi bangsa ini selama 32 tahun. Yang menjadi pertanyaan saya adalah dimana kalian semua ketika soeharto masih berkuasa, diam atau tak perduli kepada nasib bangsa ini? mungkin SHG memiliki dosa kepada bangsa ini akan tetapi dia juga memiliki andil dalam memberikan pandangan, dan tujuan untuk mensejahterakan bangsa ini. Kalo kalian tidak bisa menjadi demonstran atau pejuang seperti SHG cukup tonton saja Filmya tanpa berusaha menjadikan dia bahan politik yang tidak ada mutunya! Berterimakasihlah kepada pekerja seni kita yang telah mau untuk mengangkat kisah SHG ditengah budaya pop yang ada, berikan motivasi kepada mereka untuk dapat membuat film yang lebih bagus lagi.

  112. #112
    gravatar

    seorang soe hoek gie dengan idealisme nya yang tinggi.. dengan tulisannya yang membangun.. dengan pemikiran yang dinamis.. sudah sangat jarang orang seperti itu sekarang..
    salut..

  113. #113
    gravatar

    Soe Hok Gie memang merupakan tokoh yang bisa menjadi teladan, tapi menurut saya apa yang menjadi opini saat ini tentang dia terlalu dibesar-besarkan.Kalau mau lebih fair banyak tokoh mahasiswa yang lebih layak untuk diekspos karena dedikasi, perjuangan dan pengorbanannya, misalnya Budiman Sudjatmiko, Andi Arief atau kawan-kawan yang gugur di Trisakti dan Semanggi.MENGAPA?!

  114. #114
    gravatar

    Sosok Gie adalah mungkin seorang aktivis yang boleh dibilang jujur mengatakan apa yang dia suka dan apa yang dia tidak sukai, seorang Gie mungkin akan merubah aktivis – aktivis “gadungan” dimana aktivis “gadungan” selalu berteriak atas nama rakyat yang tertindas, mengatas namakan dirinya sebagai wakil para tani, buruh hanya untuk mendapatkan harta dari pemerintah sebagai uang tutup mulut, satu kutipan dari bukunya yang saya suka “….untuk mencintai Indonesia maka kita harus mengenal Indonesia…”, sebuah kalimat yang cukup tersirat yaitu bagaimana mungkin mahasiswa berteriak dan berkoar – koar atas nama rakyat sementara mahasiswa mungkin belum tahu rakyat yang mana yang mereka perjuangkan. Pemeranan Gie oleh Nicholas Saputra setidaknya mewakili darah – darah indo dan chinese yang merasa adalah bagian dari Indonesia.

  115. #115
    gravatar

    gue terharu banget sama soe hok gie dan menurut gue pemainnya juga tepat banget si nicholas, soalnya kayanya pas aza gitu.

    btw gue penasaran banget pengen nyari isi suratnya dia yang buat si ira waktu dia udah meninggal. di film itu si ada, gue ga tau itu beneran apa cuman ditambahin, ya semoga bukan cuma tambahan si, karena gue penasaran banget ama isi suratnya itu, ada ga yang bisa bantuin gue, email gue de:) thanks berat

  116. #116
    gravatar

    semoga dengan hadirnya film gie ini akan bisa menambah kekritisan mahasiswa yang sekarang sedang mengalami kejumudan

  117. #117
    gravatar

    Bosan demo2 nga ada habisnya! EMANG INI REPUBLIK SETENGAH HATI! kok. Ngapain dipusingin? Rakyat sama penguasa sama saja, yang satu pemalas, yang lain tukang rampok.

  118. #118
    gravatar

    gue pingin sekali mo ntn film Gie soale ingin tau apa yg diceritanya, hidup trus Soe Hok Gie, semoga aja film ini sukses keseluruh publikasi and isi kehidupan SHG mampu
    menyerapi keseluruh lapisan masyarakat indonesia yg tercinta ini . Salam and thanks banget buat Riri Reza, Mira Lesmana, Nicolas Saputra and seluruh kru yg lain memproduksi film ini.

  119. #119
    gravatar

    Mahasiswa Indonesia sekarang ini lebih condong kepada Che Guevara. Padahal di negeri sendiri ada Soe Hok Gie yang juga seorang aktivis idealis dan juga revolusioner. Sudah saatnya kita mengenalkan sosok Gie kepada para seluruh bangsa dab Gie sudah semestinya masuk dalam urutan daftar nama pahlawan nasional. Merdeka!

  120. #120
    gravatar

    [...] Catatan: Untuk buku yang lama seukuran 11×17 (lebar x panjang), sedangkan buku yang baru seukuran 14×20. Serta sampul depan yang baru berganti menjadi gambar Nicholas ‘Gie’ Saputra, ini menimbulkan kelakar untuk judul berganti menjadi ‘Catatan seorang Nicholas’ kata Jay. [...]

  121. #121
    gravatar

    Saya baru saja menonton film tentang Soe Hok Gie. Hormat dan salut saya kepada semuanya yang terlibat dalam pembuatan film ini dan semoga film Soe Hok Gie ini dapat menjadi pemicu untuk membuat film-film yang berkualitas lainnya di kemudian hari.

    Komentar saya mengenai Soe Hok Gie:

    melihat kisah SHG saya juga teringat diri saya sendiri yang kurang lebih mempunyai pandangan yang sama mengenai kehidupan seperti SHG. Saya dilahrikan di Hamburg, Jerman dan sekolah di Jakarta SD kelas 1-6 lantas kembali lagi ke Hamburg sampai kuliah. Tahun 1992 saya kembali lagi ke Jakarta sampai sekarang. Saya menimati 2 sistim pendidikan di Indonesia dan Jerman. Saya mengalami kesulitan bahasa dan penyesuaian sikap dari sistim doktrin ke sistim keterbukaan untuk berdiskusi di Jerman. Namun dengan berjalannya waktu saya bisa menyesuaikan dan akhirnya lumayan berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan saya.

    Pikiran saya mulai terinspirasi dengan sistim ajaran keterbukaan di Jerman yang lebih mengutamakan pembentukan manusia secara apa adanya dan menstimulasi untuk berpikiran secara sistimatis dan kritis. Pada saat saya disana saya malah pertama kali membaca karya-karya Pramoedya Ananta Toer dalam bahasa Jerman yang saya tidak sangka bahwa di Indonesia ada juga pemikir dan penulis hebat sekaliber Bapak Pram! Yang telah membakar rasa nasionalis dan idealis saya dengan karya-karya beliau.

    Memang susah untuk hidup secara hitam atau putih. Dunia ini secara global adalah abu-abu. Kebanyakan orang memilih untuk berada di bagian yang abu-abu ini yang dalam kesahariannya dinamakan kemunafikan karena memilih untuk selamat dan tidak mau ambil pusing dan yang paling penting, berada dalam area abu-abu dapat bertahan hidup.

    Di dalam film SHG pernah ditanya apakah SHG “kanan” atau “kiri”? Dengan sikap diamnya bukan berarti dia memilih untuk mengambil jalur abu-abu. Namun memilih untuk netral dan berjalan berdasarkan hati nurani “sederhana” yaitu “kemerdekaan sejati”. Tidak ke kiri, kanan, atas, bawah, depan atau pun belakang. Saya adalah saya dan tidak didikte oleh siapapun atau apapun dalam menjalankan hidup ini.

    Seperti SHG pernah berkata bahwa di dalam ajaran Buddha dikatakan hidup ini adalah penderitaan. Saya bermaksud ingin melengkapkan bahwa menurut ajaran Buddha juga dikatakan bahwa dalam hidup ini hanya ada 4 hal yang pasti yaitu kelahiran, menjadi tua, sakit dan kematian yang akan dialami semua manusia di dunia ini. Sisanya tidak ada yang kekal di dunia ini. Makanya kehidupan disebut penderitaan. Perkataan yang begitu sederhana namun mencakup semuanya yang pasti akan kita alami. Bagaimana lepas dari penderitaan ini? Menurut teori dan ajaran Buddha yah dengan mengikuti ajaran-ajaran Buddha untk mencapai Nirwana. Selama tidak sanggup manusia akan selalu mengalami penderitaan ini. Apakah ini Kebenaran? Apakah tidak ada jalan lain lagi?

    SHG berharap bahwa suatu hari Indonesia dapat merdeka dalam arti yang sebenarnya. Bebas dari penjajahan, korupsi, kolusi, nepotisme, keterbelakangan, kemiskinan dan ketidakpedulian. Katakanlah suatu hari memang telah tercapai. Apakah pemikiran ini tidak terlalu naif?

    Kenapa naif? Saya katakan naif bisa dalam 2 hal.

    Yang pertama, dengan tercapainya cita-cita tersebut benarkah pemikiran definisi “kemerdekaan” ini adalah jalan yang benar? Benar untuk siapa? Semua orangkah? Apakah benar ini yang kita mau? Atau yang kita butuhkan?

    Yang kedua, untuk mencapai cita-cita tersebut apakah akan tanpa pengorbanan? Apakah tanpa pamrih? Akankah sejarah terulang lagi? Dimana si pejuang berubah menjadi musang setelah mencapai kekuasaan?

    Manusia akan berubah dengan perkembangan jaman.

    Tidak seorang pun mengetahui tujuan hidup ini. Dengan “frustasinya” SHG mengatakan berbahagialah bagi mereka yang tidak dilahirkan. Bagi mereka yang mati muda dan bernasib malanglah bagi mereka yang berumur panjang.

    Peryataan yang menyedihkan namun sampai sejarah belum dapat memberikan ajaran yang dapat merubah keadaan, pernyataan terakhir SHG bisa jadi pemikiran yang benar untuk saat ini sampai ditemukan jawaban dan definisi yang lebih benar atas pengertian KEMERDEKAAN SEJATI.

    anaksederhana@hotmail.com

  122. #122
    gravatar

    it’s so greats!
    saya pernah melakukan penelitian tentang nasionalisme etnis tionghoa dan Gie adalah salah satu sosok yang seharusnya dilihat dan diteladani bagi generasi muda. saya sungguh terharu tentang kisah hidup Gie yang dia mampu bercerita tentang apa yang dialami dan dirasakan serta kisah hatinya dalam pelukan kata indah dan bermakna tinggi. salut buat mbak mira dan mas riri! Semoga semakin berkembang oak-oak lain yang akan terus tumbuh dan berkembang melawan badai di nusantara tercinta ini. Hidup Indonesia!

  123. #123
    gravatar

    –hurdling winds in the back–echoing voices in my head–

    i watched the movie last nite, life is juz too short to juz stand still, do as many positive thing as we can…though the movie exposed too many political scenes (regret to say we didnt get to see the beauty of mahameru as the climax)…the songs are great (eerie)…

    –body grow old n die turn in to ashes–spirit lives n soul never stop believing–

  124. #124
    gravatar

    …gie? ankmapala UI…
    gw bner2 salut ma dy, perjalanan hidup yg dah dy lwatin bner2 beda sm pemuda2 kita, terutama skarang…termasuk gw juga…

    kl da yg bilang Che Guevara=soe hok gie…GW STUJU BGT….

    thankz giE…

  125. #125
    gravatar

    Gie.. adalah manusia biasa juga.. hanya saja, ia kemudian besar lewat sejarah pergerakan, dan kebetulan kemudian difilmkan. Namun, Gie.. bisa menjadi salah satu alternatif icon untuk pemuda-pemudi zaman sekarang. Yup, aku setuju dengan pembangkitan kembali sosok Gie. karena pemuda Indonesia yang kehilangan jati diri seperti sekarang ini sedang butuh sosok yang dapat dijadikan cermin. hanya sayang(sama dengan komentar teman2 yang lain), kenapa harus nicholas saputra? dan kenapa setting filmnya dibuat seperti film2 romantis lainnya. Memang.. kadang idealisme itu harus teatp tunduk pada keinginan pasar?gimana nie, mira lesmana?

  126. #126
    gravatar

    SHG membakar kembali darah muda kita
    ya….
    DARAH KEBENARAN
    DARAH KEMANUSIAAN
    DARAH KETULUSAN
    DARAH KEJUJURAN
    DARAH KEBERANIAN
    DARAH KESUCIAN
    DARAH KEMURNIAN
    DARAH MERAH MENDIDIH untuk menghancurkan ketidakadilan, kemunafikan, kemiskinan kebodohan dan pelacuran diri terhadap kekuasaan, kemewahan dan jabatan.
    HANCURKAN………….!!
    HANCURKAN………….!!
    HANCURKAN………….!!

  127. #127
    gravatar

    gie……..
    revolusioner………

    cinta mati muda adalah pilihan.
    mendalam kritisi….hebat
    gie….
    gie….
    gie…..

  128. #128
    gravatar

    hidup perjuangan ……gie….
    hidup mahasiswa……..gie….
    kebenaran harus ditegakan……gie….
    teladan yang bijak sana……..gie….

  129. #129
    gravatar

    gue kagak pernah baca sih bukunya, tapi gue penasarn banget pingin nonton filmnya, namanya aja gue baru dengar and baca dari internet sosok seorang gie itu seorang pemuda yang memperjuangkan kebenaran gue salut banget hidup gie, and gue nggak s etuju kalau mereka mengkritik nicholas nggak cocok memerankan tokoh gie jadi siapa dong?
    apa mbak mira and mas riri ngambil mahasisswa yang suka demo gitu, namnya film pasti mbak mira ngambil pemain yang udah di kenal oleh masyarakat perfileman yang jadi idola anak2 muda sekarang, yang nggak ………….
    dan oraang orang akan tertarik .ada daya jualnya gitu.aku tinggal di united kingdom apa bukunya udah beredar thanks yah

  130. #130
    gravatar

    Gie adalah salah satu sosok yang seharusnya dicontoh dan diteladani bagi generasi muda pada saat ini dan pada masa datang, berjuang melawan kebobrokan bangsa.
    Hidup GIE yang dulu….
    Hidup Penerus-penerus GIE….

  131. #131
    gravatar

    #129: Buku Catatan Seorang Demonstran dicetak berulang-ulang sejak 1983. Foto buku di atas adalah cetakan ke-9 yang saya punya

    Sekarang dicetak lagi dan covernya diganti jadi foto Nicholas sebagai promo film Gie

  132. #132
    gravatar

    Gie dan semua marchandisenya hadir bak sebuah fashion baru yang ditunggu dan dicari semuan orang. Baik mereka yang ngakunya sebagai aktivis sampai mahasiswa yang cenderung fashionable. “kegairahan” ini semoga membawa roh baru yang mampu menyentuh setiap insan manusia Indonesia untuk menjadi makin humanis dengan kehidupan kenegaraannya.

  133. #133
    gravatar

    wow! aku jatuh cinta sama sosok Gie. bener-bener mahasiswa yang idealis dan tidak pernah gentar melawan tirani di jamannya.
    filmnya keren abis walau menurutku durasinya kurang lama dan akting nico yg kurang greget aja, tapi baru kali ini aku setuju sama temen aku cewek kalau nico itu cakep.sebelumnya aku pikri cakepan aku hehheehe.

    saya masih mahasiswa dan rindu dengan sosok Gie di jaman sekarang. mungkin juga malu dengan almarhum Gie jika beliau melihat mahasiswa sekarang yang jauh berbeda dengan mahasiswa yang dulu.

    yup!Gie membuat aku cinta lagi pada Indonesia yang sebelumnya aku udah desperate banget lihat wajah indonesia yang amburadul. but, Gie beri aku semgt nasionalisime lagi.

    tagline yang aku suka
    puisi-puisi romantis Gie sewaktu ia pulang naik bus dan selalu teringat terus akan kematian.

  134. #134
    gravatar

    mungkin hanya ada sedikit orang seperti gie, seorang idealisme muda yang murni berjuang atas nama keadilan dan kebenaran, aku membaca banyak tentang che guevara, yang aku anggap memiliki idealisme yang sama seperti gie. Bedanya, che guevara dihargai sebagai pahlawan, sedangkan pandangan terhadap sh gie berubah-ubah sejalan waktu. perjuangan gie dapat jadi acuan bagi para muda yang peduli keadilan di negeri ini. dan beberapa prinsipnya yang mesti kita ikuti; egaliter!

  135. #135
    gravatar

    [...] Setelah menulis tentang Soe Hok Gie akhir tahun lalu sebagai rasa hormat saya atas buah pikirannya, akhirnya saya menonton juga film Gie yang dibuat oleh Miles Production. To the point saja, apa yang tertulis dalam buku “Catatan Seorang Demonstran”, “Orang-orang di Persimpangan Kiri Jalan” dan ulasan “John Maxwell: Soe Hok Gie – Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani” tidaklah cukup dipadatkan dalam sebuah film berdurasi dua jam. [...]

  136. #136
    gravatar

    GIE sosok manusia yang kolot yang selalu berpikir dapat mengubah negaranya tanpa ada perubahan zaman.Dengan idealisme yang tinggi dia merasa sombong, setelah berjuang dia kehilangan objek yang diperjuangkannya kenapa? karena dia egois tanpa sadar telah membuat dirinya sendiri terjebak dalam revolusi dan tetap mempertahankannya tanpa ada resolusi.merdeka?dia mungkin merdeka dengan pemikirannya itu tapi apa dia tidak berpikir kalo orang disekitarnya merupakan budak dari demokrasi pada zaman itu dan apa dia berusaha untuk membebaskannya?TIDAK!thank’s Soe Hok Gie to be my inspiration.

  137. #137
    gravatar

    ya ada bagusnya film gie diputar, melihat perkembangan mahasiswa sekarang yg cenderung ikut ikutan, ketimbang memberikan solusi yang meringankan rakyat di bawah garis kemiskinan.

    ada beberapa analisa bahwa yang terjadi didalam jiwa anak muda indonesia sekarang ini mengalami krisis identitas, moral, sejarah, kepribadian. asal yang dilihat difilm itu bukan karena ” NICHOLAS SAPUTRA “. akan menjadi bahaya, karena ” NICHOLAS ” hanya pemain, ARTIS FILM YANG KEBETULAN WAJAHNYA LUMAYAN PUNYA NILAI JUAL!.

    Saya pikir semua berharap film ini akan berhasil dalam segi kwalitas dan maksud apa yang disampaikan dapat mempengaruhi secara psikologis kepada mahasiswa dan anak muda indonesia pd khususnya, yang didogma sebegitu global. sehingga kekuatan kepribadiannya sebagai manusia sosial mulai berkurang………… ya kita lihat apa yang terjadi setelah film itu selesai diputar………………..

  138. #138
    gravatar

    Soe Hoek Gie adalah sesosok panutan yang tidak akan pernah akan terulang lagi dalam sejarah kehidupan. ia adalah karya yang mengagumkan. aku sampai terhipnotis dengan perjuangannya yang tanpa pamrih, gigih dan kereeennn bgt!
    kenapa yang dibahas hanya sekilas, seperti hanya catatan hariannya saja? aku ingin yang lebih dalem tentang Gie.
    namun sayangnya, impian dan cita cita Gie masih belum terwujud hingga saat ini! karena zaman ini masih banyak bandit bandit besar yang berkedok atas nama agama. dan masih banyak orang yang membedakan golongan, hidup berblok2 dan sebagainya.
    aku berharap, semoga mahasiswa mahasiswi sekarang mencontoh perjuangannya yang patut diacungkan 4 jempol, bahkan tak terhitung lagi dengan kata kata.
    mahasiswa sekarang kebanyakan lebih bersifat hedonisme dan berhura hura, padahal bangsa ini juga sangat membutuhkan generasi penerus bangsa untuk diandalkan bagi masa depan. nyatanya, kini harapan sepertinya mulai sirna! tersapu, terkikis, dengan kebudayaan yang maju, akal dan pikiran yang berkembang, namun daya budi dan naluri bersih malah semakin menipis bahkan hilang dari peredaran. mnimal moral dulu yang diasah, dan diperbaiki. tidak seimbangnya pikiran maju malah semakin berbuat yang jauh dari dasar nurani! Gie masih adakah jiwa yang sepertimu dinegeri ini? kami ingin jiwa itu tetap mewangi dinegeri ini! oya, soal Filmnya… sepertinya Nicholas saputra maen di Gie udah nyaris sempurna yah? moga bisa berpengaruh pada kehidupan asli juga yah ;)Nicho uga keren menjiwai sekali!

  139. #139
    gravatar

    its cool…..kamu telah berhasil membuat film menjadi propaganda yang positif….dan gw yakin bener kalo film itu punya pengaruh besar dalam perubahan pola fikir suatu bangsa, keluarga, individu sekalipun….ayo terus….go film go…trus maju ya…eh ia angkat juga juga dong film tentang pendidikan….yang sekarang ini pendidikan hanya jadi simbol mewah….soalnya gw putus pendidikan formal …ga punya duit…tapi bukan berarti gw ga berpendidikan kan…alam raya sekolah ku kata marjinal…biar filmnya rebel sekalian …. biar semua tau kalo aja rebel itu bukan berarti negatif….trus…yaudah deh…gw cuma mo berharap untuk perubahan yang lebih baik lagi….trus juga gw sangat berharap email gw dibales………ya udah ah…makasih….

  140. #140
    gravatar

    Walaupun rol filmnya agak bermasalah di BSM, tapi gw cukup puas sama film GIE. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sana. Cita-cita Gie sampe sekarang belum terwujud, sebuah organisasi yang terlepas dari kepentingan golongan, SARA, dan kroni2nya. Ternyata ada juga seorang tokoh pemuda Indonesia yang nyempil dari perputaran dunia selama ini. Thanks MILES, udah memfilmkan sosok seorang gie yang udah ‘nyentil’ gw, dan mudah-mudahan seluruh pemuda di Indonesia.

    Bangkitlah mahasiswa Indonesia..berdirilah dengan tegak, dan MANDIRI!

    Satu hal lagi, penggambaran jomblonya Gie nohok bangat! Disaat dia mencari a shoulder to cry on, kalau bisa dibilang. JLEB! Dia cuma ketawa beberapa saat, pahit! Nico dah bagus memerankannya. Satu aja, Wulan Guritno mukanya terlalu modern untuk film itu!

  141. #141
    gravatar

    Film Gie ini gw suka bgt n keren abizz critanya jd pgn naek gunung lg.dan menurut gw soe hok gie ini bnr2 hebat n teguh.dan krn filmnya ini jg gw jg jd mikir ternyata kenyataan yg ada spt itu n slm ini indonesia bnr2 penuh kepalsuan n diskriminasi yg munafik.

    Gw pgn bgt ntn versi penuhnya yg ktnya total durasi 4 jam.tp yg diputer itu uda dicut jd 2 jam.n buku Gie itu bnr2 hrs dibaca n sgt dianjurkan utk semua org yg merasa dirinya adalah warga INDONESIA

  142. #142
    gravatar

    menyongkel sedikit ingatan tentang seorang humanis, sosialis, sadar politik dan penuh kontemplasi dari bangsa yang mudah lupa. semoga filmnya menang award, buat nambah koleksi…

  143. #143
    gravatar

    Sebuah pemikiran yang menyentuh sisi lain dari diri kita. kita sudah terlalu jauh meninggalkan sisi-sisi sosial kita. contoh nyata seorang gie..dia rela menjadi bagian dari sebuah komunitas yang terlupa…demi sebuah kata…..prinsip dan idealis

  144. #144
    gravatar

    mencoba memahami Gie sama saja dengan mencoba untuk memahami perjalanan sebuah idealisme. gie begitu teguh mempertahankan idealismenya, bahkan cenderung tanpa kompromi dan blak-blakan. namun ada satu hal yang saya pikir cukup ironis terjadi pada Gie. Gie begitu teguh berupaya mempertahankan perjuangannya bebas dari pengaruh maupun konspirasi politik manapun. Gie selalu berupaya untuk mempertahankan kemurnian perjuangan khususnya gerakan mahasiswa. namun ternyata upaya ini gagal ketika ia terlibat di dalam gemuruh politik 1966. ia terjebak pada konspirasi politik yang dijalankan tentara untuk mendongkel kekuasaan tentara.namun bagaimanapun juga gie harus dihormati, perjuangannnya untuk mempertahankan idealisme hingga akhir hayatnya layak untuk diacungi jempol. bagi gerakan mahasiswa kegagagalan gie tersebut dapat menjadi pelajaran untuk menyusun model strategi perjuangan baru yang dapat meminimalisir bias politik namun dapat memaksimalisasikan implementasi idelisme. “Gie: Sebuah Idealisme Yang mencoba Untuk Mematerial”

  145. #145
    gravatar

    Gie masih dapat diandalkan untuk menjadi ikon perlawanan kapan saja dan di mana saja.

  146. #146
    gravatar

    Setelah menonton film nya, saya salut dengan pendirian dan sikap dia.

    Dalam sebuah buku pernah saya baca bahwa kita adalah produk/hasil dari buku bacaan kita, salut untuk Gie dimana seorang anak umur 15 th dan bacaan nya menjadi seorang pemuda yang gigih dan mempunyai sikap hingga bisa menggulingkan pemerintah Orde Lama. Susah kali ya mendapatkan pemuda dengan sikap dan pendirian seperti dia di jaman ini, yang notabene disebut generasi MTV.

    Semoga dengan film Gie ini, bisa melahirkan anak-anak muda yang se-brilliant Soe Hok Gie di tahun-tahun kedepan…

    Hidup Rakyat!

    PS: pas sudah akhir film dan membaca ahli sejarah nya John Maxwell, bener2 gak nyangka lho, ternyata seorang John Maxwelll telah me-riset Gie selama 10 th….plok plok plok utk Gie…

    Hidup Young Generations! Hidup Riri Riza, Mira Lesmana dan teman2 yang menelurkan sebuah karya brilliant!

  147. #147
    gravatar

    Ulasan dan komentar mengenai film GIE ditulis di kolom komentar catatan berikut saja http://yulian.firdaus.or.id/2005/07/19/gie/

    oke oke?

  148. #148
    gravatar

    Gie: Catatan Seorang Demonstran

    Gie: Catatan Seorang Nicholas Demonstran

    Senin kemarin, 18 Juli 2005, aku diajak nonton bareng cintah dan temennya, Nia, nonton film baru-nya Riri Reza, GIE. Tidak disangka-sangka, ternyata penonton berjubel juga. Aku datang ke loket 1.5 jam sebelu…

  149. #149
    gravatar

    FILMNYA KEREN BERAt………….
    SALUT…… riri reza…
    SOE hok GIE bener bener hebat…..
    two thumbs upp…

  150. #150
    gravatar

    udahan nih credo buat “Gie” nya?

  151. #151
    gravatar

    benernya sih masih banyak SHG SHG yang lain, cuman SHG ini aja yg terexpose:)

  152. #152
    gravatar

    saya dah nonton ‘GIE’….dan komentar saya…..
    cukup memuaskan…yah, walaupun niko belum memerankannnya dengan begitu pas.
    saya dah baca buku tentang GIE dari semester 4, dan saya bener2 tergugah dengan semangat, prinsip dan perjuangannya!
    dia bener2 berjuang sendirian, dia gak pernah memihak pada sisi manapun kecuali pada kebenaran!
    dia benar2 cerminan seorang intelektual sejati.
    kalau saja dia tidak mati muda, mungkin dia bisa kasih sebuah perubahan yang ‘lebih’ berarti buat INDONESIA…..
    pokoknya salut buat GIE….!

  153. #153
    gravatar

    [...] Tadi setelah dapat informasi dari Dudi, saya coba buka sekali lagi situs tersebut. Dan ternyata benar, situs sudah jadi dan lengkap ( malah mungkin contentnya sangat lengkap ). Saya buka satu persatu menu dari situs tersebut dan begitu saya buka menu Blog, ternyata terdapat link PAPD dengan nama Fendra. Disitu terdapat pula blog Jay yang merupakan salah satu sumber resensi dari tulisan saya tentang Soe Hok Gie. [...]

  154. #154
    gravatar

    ehemm…sayang baru tau tentang SHG, setelah lulus kuliah, tapi gue yakin gak banyak mahasiswa seperti SHG sekarang ini, so.. be your self aja (ntar kalo ngikut2 malah di sangka norak dan jiplak) tapi jgn lupa ama semangat dan perjuangan SHG akan perubahan di negeri ini.

  155. #155
    gravatar

    film Soe Hok Gie bagi saya jauh lebih bagus dari film-film Indonesia lainnya. HIDUP GIE!

  156. #156
    gravatar

    gw udah nonton film Soe Hok Gie dan emg bener apa kata org2.. Gw dulunya bencibgt sama film Indonesia trutama aadc ato eiffel yang ga ada seni-nya itu. Tp Soe Hok Gie bener2 beda.. Flm paling bagus dr antara film2 Indonesia lainnya..

  157. #157
    gravatar

    Seorang aktifis datang bukan dari masanya…
    Seorang aktifis lahir dari ketidak adilan…
    Semua orang berhak memiliki topeng dalam popularitas…
    Semua orang yang konsisten pasti mengagumi GIE…
    Perjuanganmu belum berakhir…
    banyak misimu yang belum tercapai…
    Ketidak adilan masih saja merajalela…
    memihak rakyat kecil itu tetap menjadi kewajiban kita…
    Semoga Pencipta alam semesta bersama GIE…

  158. #158
    gravatar

    NICO BUKAN GIE DAN CATATAN SEORANG DEMONSTRAN ADALAH KARYA SOE HOK GIE BUKAN KARYA NICO, GAMBAR SAMPUL DI CSD EDISI BARU ADALAH USAHA-USAHAN UNTUK MENGALAHKAN SEJARAH DENGAN POPULARITAS…..
    - LAWAN SEGALA BENTUK PEMUTARBALIKAN FAKTA.
    - GANTI COVER NICO \”SOE HOK GIE PALSU\” DENGAN SOE HOK GIE ASLI.
    - DORONG MAHASISWA UNTUK KRITIS MELIHAT PEMUTARBALIKAN FAKTA!

    SATU KATA
    LAWAN!

  159. #159
    gravatar

    Gw rasa apa yang terjadi saat ini sebuah pemutarbalikan yang sudah lewat batas ambang toleransi dan akal sehat. Kenapa sejarah di negara ini selalu diperlakukan seperti saat ini.Tanpa tedeng aling, tanpa malu2, tanpa perasaan kearah kemunafikan dengan beramai-ramai dan kompak. Kenapa kita tidak membiarkan GIE tenang di alam sana aja. Gw bingung bngt melihat tampang GIE ternyata kebule2an spt yang sering saya lihat di bungkus2 rokok SAMPOERNA MILD.Jauh sekali dari bayangan saya, seorang anak muda keturunan tionghoa yang berani berteriak tanpa tedeng aling, tanpa malu2 tetapi dengan penuh rasa sayang, di masa banyak orang mengincar, menghujat dan memaki warna kulit dan mata sipitnya, tetap teguh memakai nama SOE HOK GIE, tidak spt yg lain mengganti nama( mis. arief budiman). Mungkin tampang tionghoa saat ini masih tidak pantas, tidak komersil, kurang layak dijual sehingga tanpa malu2 NICO dgn BANGGA mengambil peran itu.Sia-sialah perjuanganmu, GIE.Ha..Ha..HA…. SO, IT’S ALL ABOUT – FUCKING MONEY.Kenapa kita tidak mencari tahu lebih jauh sebab kalau tidak yang ada hanya KEMUNAFIKAN, satu kata yang membuat GIE memilih jalan hidup spt itu.Hidup ini memang sudah gila, edan ha..ha..ha…….

  160. #160
    gravatar

    hihi masih lanjut ternyata:D

  161. #161
    gravatar

    Pesan sebelum nonton film “Gie”,

    1.Untuk mendapatkan sosok Gie secara komprehensif, Bacalah bukunya “Catatan seorang demonstran” terlebih dahulu, itupun bukan yang edisi terbaru, sebab yang baru bukan “Catatan seorang demonstran” tapi “Catatan seorang Nicholas” he he he

    2. Camkan Nicholas BUKAN Gie!

    3.Sebut nama saya (Lho?) :)

    embun pagi untuk masa depan Indonesia,

    de

  162. #162
    gravatar

    finally, keluar juga nih film. walau gak menampilkan soe hok gie yang menggebu-gebu namun tetap tenggelam dalam kegelisahannya, two thumbs up for mira, riri n niko.gambar dan settingnya itu yg top abis. DETAIL. dari mulai mobil, rumah, gedung, wardrobe, anythings. aku begitu sentimentil abis nonton itu. seperti dilemparkan ke tahun – tahun suram Indonesia.

  163. #163
    gravatar

    Nama saya Octa Tobing…
    Saya adalah salah satu pengisi Album Sountrack Film Gie bersama Eros So7
    Kami mengisi 2 lagu di album itu salah satu lagu nya berjudul “Gie” dan satu lagi berjudul ” Cahaya Bulan”

    Suatu kehormatan tersendiri saya bisa berpartisipasi dalam album itu.
    Buat saya Gie orang Besar dan seperti sebagian orang besar yang saya tau biasanya mereka malah kadang sering tidak di terima di Rumah sendiri karena sikap dan pemikirannya yang kadang bertentangan dengan sekitarnya….Yach itulah ongkos dari sikap yang idealis, Keterasingan.Itu juga yang saya lihat dari Gie. Selain salah satu Karakter dia yang selalu membuat sata terkesan “Radikal Tapi Gelisah”

    Saya juga mengucapkan selamat kepada Mbak Mira dan Mas Riri atas sudah di putarnya Film Gie semoga “TAK PERNAH BERHENTI BERJUANG, PECAHKAN TEKA TEKI MALAM”……..

  164. #164
    gravatar

    saya pikir tokoh soe hok gie adalah seorang indonesia yang sebenar-benarnya…. saya paling suka tuliasan hariannya yang berbunyi ““Seorang filsuf Yunani pernah menulis … nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda.”

    hidup nasionalisme…..hidup pemuda…hidup mahasiswa indonesia…..hancurkan tirani……………..satu kata untuk perubahan kita: REVOLUSI…..!!

  165. #165
    gravatar

    sosk gie adalah sosok yg biasa2 aja, namun aq salut ma semangatnya tp yg jelas jiwa mhs indonesia adl jiwa yg visioner, berparadigma perubahan, berakhlak karimah, beridiologis catatan penting dr ku jgn lupa idealisme qt tetap perjuangkan jgn spt mantan aktivis yg oportunis, dulu menghujat sistem skg menikmati dalam sistem, dasar krn kepentingan sesaat. pilih ideologi apa yg akan anda perjuangkan islam, sosialis/komunis atau kapitalisme-liberal.

  166. #166
    gravatar

    aku gak terlalu tau banget sama sosok S G H, tapi aku sangat antusias sama idealismenya yang tak mau kompromi sama kekuasaan pada tempo itu. memang gie berhasil mengamalkan jiwa adventurenya secara jelas dengan aktif turun ke jalan memprotes kesewenng-wenangan.kapan nih kita mahasiswa di masa reformasi mau galak seperti dia. apa cuma 98 aja?. sayang ia mati muda, tapi gpp, toh, only the good die young…

  167. #167
    gravatar

    great story..about someone who always questioning the untruth around him and disbeliefing the lies from his corrupted friends

  168. #168
    gravatar

    wew…emang keren banget, dia memperjuangkan apa yang menurutnya benar

  169. #169
    gravatar

    saya itu ndak tau SAMPAI SAYA ITU NDAK BISA BISA KOMENTAR…beberapa kawan-2 yang sudah isi ini….tapi saya itu setuju sekali sama kawan yang mengatakan bahwa KNAPA SOE HOK GIE nya itu BULE/LONDO…yang saya tau SHG itu CINA/CINO…
    ini yang bener yang mana?bukannya kalo mau mbikin pilem itu harus mendekati karakter asli dari tokoh yang akan dimainkan?lha ini malah nDak…
    trus saya juga mau tanya, yang namanya yossie dan boeli itu ok juga mainnya, meskipun hanya sedikit scenenya.(atau mungkin dah di hapus scene ke 2 tokoh tsb?)sayang PERAN KE 2 ORANG TSB GA JELAS.

    maaf, saya hanya bisa bilang kalo yang mainin NICO sebagai SHG itu NDAK PAS SAMA SEKALI…terlepas sebagus apapun NICOLAS S berakting tetep bagi saya ndak bagus.karena jelas yang diminta dalam skenario maupun buku catatan hariannya adalah seorang keturunan CINA/CINO.

    SEMUA PEMAIN PENDUKUNG OK…BRAVO BUAT KALIAN.

    DAN PEMAIN UTAMA…
    MAAF BERIBU MAAF…
    BURUK SEKALI…

    NB.NDAK PERNAH ADA DALAM SEJARAH CINO JADI LONDO
    BEGITU JUGA SEBALIKNYA
    ATAU MUNGKIN MILES SEDANG MENCOBA TEORI DARWIN
    HAUHAUHAUHUAHUHA…MAAF LHO…MAAF…

  170. #170
    gravatar

    HIDUP ADALAH PERJUANGAN, LEBIH BAIK DIASINGKAN DARI PADA MENYERAH KEPADA KEMUNAFIKAN. Jelas dari kata2 tersebut dalem banget maknanya. Bisa jadi tujuan hidup kita. SALUTE..

  171. #171
    gravatar

    Kalau saja di Indonesia sekarang ada 1 orang saja kayak Gie
    Kalau saja lebih dari satu orang itu
    SBY,
    Yusril,
    1 orang mentri,
    1 orang anggota DPR,
    1 orang jaksa, gak perlu hakim.
    1 orang polisi,
    1 orang jendral,
    1 seorang pimpinan partai politik apa saja.
    maka tidak akan sekedar labih dari cukup,
    melainkan sudah terlalu kelebihan untuk membangun Indonesia baru.

  172. #172
    gravatar

    Gue kok heran sih sama komentar2 di atas terutama yg menyangkal pemodernan Gie melalui film komersial.
    Kalau mau aslinya ya kita hidup dijamannya menjadi temennya atau tetangganya atau musuh politiknya saat itu.
    Kalau mau baca catatan seorang demonstran yg asli juga yang seharusnya baca fotocopyan buku hariannya, fotokopian artikel korannya, atau catatan2 puisinya dan gabungin deh sendiri kemudian ambil kesimpulan sendiri gimana tuh si Gie.
    Yang ada sekarang buku CSD lama dan CSD baru plus filmnya, yang sudah tentu banyak bumbu2nya dan penapat2 suka2 penulisnya atau seingat jawaban sumbernya (keluarganya, temen2nya dll). Kalau tadinya tulisan tangan dan cetakan koran, ketikan Gie menjadi buku cetak (+bumbu2+komentar2+pendapat suka2 penulis). Sebenarnya sama saja dengan apa yg terjadi terhadap gambar/foto \”Gie\” mengalami \”suka-suka penulisnya\”.
    Melihat gelagat kayak gini seharusnya kita memahami Gie baik tulisan maupun melalui si Nikolas adalah sebagai simbol, jangan terjebak dengan cetakan buku apapun bentuknya, dan bintang film jelek/gantengnya si pemeran.
    text, gambar, foto, gambar bergerak, nikolas dan orang2 yang terlibat adalah suatu simbol.
    Coba dianalogikan dengan simbol biner kok bisa ganteng seperti tulisan latin, arab, cina, kanji dll.

  173. #173
    gravatar

    [...] Setelah menulis tentang Soe Hok Gie akhir tahun lalu sebagai rasa hormat saya atas buah pikirannya, akhirnya saya menonton juga film Gie yang dibuat oleh Miles Production. To the point saja, apa yang tertulis dalam buku “Catatan Seorang Demonstran” selain buku “Orang-orang di Persimpangan Kiri Jalan”, “Zaman Peralihan” dan ulasan “John Maxwell: Soe Hok Gie – Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani” tidaklah cukup dipadatkan dalam sebuah film berdurasi dua jam. [...]

  174. #174
    gravatar

    yah klo film seh memang gak masalah make tampang siapapun asalkan bisa dipahami. tapi klo buku atau merchand seorang tokoh make tampang orang lain kok aneh. jangan jangan besok muncul pin GIE tapi tampangnya NICO wah gimana ceritanye?

  175. #175
    gravatar

    utk bejo komentar 169. setahu saya Nicholas saputra memang ada keturunan cina-nya

  176. #176
    gravatar

    “SALUT AKAN IDEALISME YANG DIAMBIL, BUKAN PROLETAR, PROGRESIF REVOLUSIONER, ATAU APAPUN…..PUPUK SEORANG PAHLAWANAN ADALAH PERJUANGAN DAN KETULUSAN….HARGA SEORANG PAHLAWAN ADALAH KEMATIAN”…………..SAMPAI JUMPA DIPUNCAK HARAPAN

  177. #177
    gravatar

    Gie seorang yang Nasoinalisme nya tinggi idealisme nya membangkitkan semangat bangsa indonesia tuk lepas dari kemunafikan “LEBIH BAIK TERASING DARIPADA TENGELAM DALAM KEMUNAFIKAN ” tauladan yang baik tuk pemuda Indonesia tuk berkata yang sebenarnya daripada terjebak dalam kedustaan bangkitkan semangat nya tuk jujur dalam segala hal meskipun harus tersingkir

  178. #178
    gravatar

    GIE… coba ada 10 orang GIE lagi di indo.. wah indo pasti jauh beda dari sekarang.. nah… kta semua sbg generasi penerus GIE harus melanjutkan perjuangannya.. G terharu banget ma jalan cerita dia, n film dia. that was the best movie ive ever seen.. Walaupun sudah meninggal tetapi dia inilah pahwalan revomasi pertama. Hope semua keinginan ia segera terkabul. AMIN
    SEMOGA ARWAHNYA DI TERIMA DI SISI ALLAH SWT
    AMIN

  179. #179
    gravatar

    Seperti ikon “Che” di kaos-kaos, mudah-mudahan film “Gie” bukan jadi sekedar komoditas juga akhirnya.
    (Eh kapan nih, ada film “Sang Pemula”- RM Tirto Adhi Soerjo sang jurnalis pertama?
    Denger-denger “Minke” dari tetralogi Pram juga mau difilmkan?)

  180. #180
    gravatar

    terima kasih buat miles film yang membuat suatu film yang benar-benar menarik dan bagus, namun setelah menonton film itu terlintas suatu pertanyaan, kemana sekarang para aktifis mahasiswa angkata 1998, yang dulu berjuang menegakkan reformasi, apakah mereka menjadi kawan-kawan Gie dulu, yang berubah karena kenikmatan bangku legislatif

  181. #181
    gravatar

    Imaginasi Gie menggambarkan Dunia itu palsu, sangat terasa dengan perjalanan bangsa Indonesia sampai saat ini

  182. #182
    gravatar

    barusan saya nonton film-nya Gie
    beberapa hal yg dapat saya simpulkan dari Gie:
    - anti hipokrisi
    - non-affiliatif
    - tekun
    - pembelajar yang baik
    - berani
    - art appreciator
    - inisiatif
    - high morality

    sekian … ada yang mau nambahin?

  183. #183
    gravatar

    GIE adalah pahlawan…..
    GIE adalah ksatria…..
    GIE adalah cendekiawan…..
    GIE adalah pemimpin…..
    GIE adalah manusia biasa…..
    sehingga kita semua bisa seperti GIE!!

    tetapi kita terlelap dalam pelukan kapitalisme…..,
    budaya konsumerisme….., hedonisme…..,
    kita sekarang terbuai di depan layar televisi,
    terjerat dalam hasutan ribuan MALL yang berdiri dengan megah disetiap sudut kota
    dimana hati nurani?
    kita adalah bangsa munafik…..
    dan akan selalu ada jutaan GIE baru yang akan selalu mengingatkan kita

    tetapi apapun tak akan berarti sesuatu kalau kita tak berbuat apa-apa
    MAKA BERBUATLAH SESUATU!!

    [nb: bodoh banget yang nerbitin buku GIE pake cover nicholas, sumpah orang2 kaya gitu yang harus dihukum mati, nama besar seorang pahlawan dipalsukan hanya untuk mengeruk keuntungan..... nicolas gak salah, tapi yg ngusulin, setuju dan sepakat buat nerbitin buku pake cover nicolas yang bajingan, kasie tau siapa orangnya biar bisa gw kasie pelajaran kalo ketemu]

  184. #184
    gravatar

    SETIAP SAYA BERTEMU KEMUNAFIKAN SAYA DIINGATKAN OLEH SOE UNTUK TIDAK MENYERAH PADANYA…DAN SAYA TIDAK PERNAH MENYERAH PADA KEMUNAFIKAN DAN AKIBATNYA SAYA DIASINGKAN…

  185. #185
    gravatar

    Gie punya pemikiran sempurna, but ‘no body perfect’!:)

  186. #186
    gravatar

    Mnrtku ga ada salahnya salah satu usaha untuk menarik para peminat film dng menampilkan nicho sbg pemain utamanya, bukankah itu menjadi sebuah nilai lebih juga buat para penontonnya, karena ketika kita akan menonton suatu film indonesia (terutama film sejarah yg sebelumnya kita ga tau sama skali tokoh tersebut), kita akan melihat terlebih dahulu siapa pemainnya, apakah yg terlibat di dlmnya itu bintang besar ato sekedar amatiran, dr situ kita bisa mengambil kesimpulan film tersebut berkualitas atau ga nya.. (betul ga? ato cm aku nih yg gitu? hehe)..

    Setelah ntn film itu (dr yg tadinya ga tau apa2, siapa itu gie n sbgnya), jadi bener2 kagum, ternyata ada toh seorg pejuang mahasiswa yg bener2 berjuang buat kebenaran, mereka2 yg ‘kecil’, ga mempermasalahkan pbedaan agama, suku, ras n sbgnya. Gie ini bukan seorang yg ingin kelihatan plg menonjol diantara temen2nya, tp seorg yg kalem, terlihat dr emosinya yg GA meledak – ledak sbg seorg demostran yg turun kejalan. Dy juga org yg sangat ringan tangan thdp hal2 kecil di sekitarnya. pokoknya aku salut bgt ma Soe hok Gie ini! Seandainya dy masih hidup, mungkin sekarang sudah bnyk gie – gie yg lain kurasa, who knows?!

    Dlm memerankan Gie, mnrtku nicho butuh waktu yg cukup lama juga buat bener2 masuk n nangkep setiap karakter seorang Gie, terlihat dr gaya jalannya yg “hemm”(gie bgt kali ya.. ga tau jg..), trus jg kebiasaan2 kecil yg dy tampilkan (pas garuk kepala saat grogi berhadapan dgn ira), itu susah lhoo dapetin ‘soulnya’ (tp ga tau jg ding susah pa ga nya dlm pembuatan film yg sepotong2, soalnya seringnya liat anak2 teater yg maen full pentasnya, i mean ga per adegan ky d film).

    salut buat eross yg dah nyiptain lagu gie yg keren abissss.. jd pengen bgt naek gunung >.

  187. #187
    gravatar

    ei klu ada yg dpt film gie yg durasinya 4 jam bilang2 ya.. aku mau bgt! ^^

  188. #188
    gravatar

    mengapa harus Gie?
    aku tak tahu mengapa, tapi yang jelas bangsa indonesia telah terserang penyakit latah. bahkan saya sendiri juga ikut-ikutan berkomentar tentang sosok Gie. tapi mengapa harus dia?. mengapa tidak Tan Malaka yang merupakan pejuang revolusioner sejati dan mati di tangan bangasa sendiri yang telah diperjuagkan kemerdekaanya, atau panglima Jendral Sudirman.
    tapi tak apalah, toh Gie juga seorang yang anti terhadap kapitalisme.
    hidup semua pahlawan revolusioner!

  189. #189
    gravatar

    lewat kampus, seorang mahasiswa bernama Gie, mampu mengubah peta politik pemerintah saat itu. Soekarno sang putera fajar pun harus turun dari kursi kekuasaan, mahasiswa berani unjuk gigi atas ketidakadilan yang nyata yang dilakukan elite.
    dimana suaramu hai mahasiswa saat ini………….?
    jangan semakin melekatkan image kalau mahasiswa hanya sekedar coboy,
    setelah perompak ditangkap maka berlalu begitu saja.
    semangat Gie hanya sekedar ada ditulisan, diemail, diagenda, dikaos, bahkan
    gambar Gie terpampang di hp kalian semua.
    gie sosok yang butuh penerus perjuangan, gie lebih dari sekedar pahlawan buat perubahan, tapi gie jiwa yang butuh semangat….

  190. #190
    gravatar

    Gie seorang nasionalis muda berdarah Tionghua yang mempunyai idealis yang kuat, jika dilihat dari buku-bukunya hingga filmmya yang sedang diputar di bioskop2 merupakan generasi muda dengan idealismenya yang sangat dibutuhkan di jaman sekarang ini tentunya di negeri Indonesia tercinta, karena dengan pemikiran-pemikirannya yang telah kita ketahui Indonesia bebas dari penjara orang-orang kapitalis dan para tikus-tikus negara…semoga masih ada Gie yang masih hidup di saat ini di negeri ini……

  191. #191
    gravatar

    satu kata untuk semua….. cinta….
    maka cintailah cinta, seperti kata dewa…. jangan berani lawan FPI sebab nanti bisa celaka….

    wahai mahasiswa, rapatkan barisan,
    one solution…. revolution….

    ogut siap jihad fisabilillah….
    merdeka!

  192. #192
    gravatar

    pantek lu! hidup cina, cina bersatu tak bisa dikalahkan.

  193. #193
    gravatar

    Gie.. Pahlawan tanpa tanda jasa:)
    Nanggepin comment ‘aneh’ diatas, provokator nih, cina beneran g yakin malah gak mungkin nulis gitu.. kasian deh..

  194. #194
    gravatar

    [...] Salah satu penggambaran favorit saya tentang Gie ditulis oleh John Maxwell, seorang professor dari Australia yang pernah menulis thesis tentang dirinya, dan kebetulan dikutip di blog milik Jay: “Gie hanya seorang mahasiswa dengan latar belakang yang tidak terlalu hebat. Tapi dia punya kemauan melibatkan diri dalam pergerakan. Dia selalu ingin tahu apa yang terjadi dengan bangsanya. Walaupun meninggal dalam usia muda, dia meninggalkan banyak tulisan. Di antaranya berupa catatan harian dan artikel yang dipublikasikan di koran-koran nasional” [...]

  195. #195
    gravatar

    ada kebenaran relatif yang membuat gie bisa popular. kepopularan Gie tidak bisa lepas dari kondisi yang ada pada saat itu, kondisinya benar-benar mendukung. dimana Gie punya \”kelainan\” dalam hal berorganisasi. Para aktivis saat itu sudah terjebak oleh politik aliran (kampus), sedangkan Gie sama sekali tidak begitu tertari, termasuk terhadap organisasi PMKRI yang mempunyai latar belakang Katolik sebagai pegangan agama keluarga Gie.

    Gie Hanyalah seorang kutu buku. dari hasil bacaannya itulah Gie punya pemikiran yang agak sesuai dengan cita-cita dan apa yang menjadi pemikiran buku yang dibacanya.pemikiran para tokoh yang dibaca Gie telah banyak mempengaruhi Gie. ditambah keberanian Gie mengungkapkan sesuatu yang berbeda dengan kawan-kawan aktivis yang lain.

    Gie berasal dari keluarga yang biasa-biasa, bahkan saya fikir kehidupan dikeluarganya juga tidak terlalu istimewa. Tapi apa yang terjadi setelah melihat film Gie, begitu merinding, membuat bulu kuduk berdiri, Gie seolah-olah adalah sosok yang penomenal.

    Tak bisa dipungkiri, ketokohan Gie karena dia mampu menuangkan ide-ide dari hasil kajiannyan terhadap buku dengan keadaan sosial politik dalam bentuk tulisan. baik artikel, terlebih catatan harian.

    Gie menjadi besar kareja zamannya yang mendukung. seperti halnya para pilosof yang dianggap pintar pada jamannya ataupun para tokoh pemikir yang besar.

  196. #196
    gravatar

    GIE adalah seorang yg tabah dan mo berjuang buat dirinya dan negaranya.yg menakjubkan disini, dia seorang co cina tp masih ingin berjuang utk negaranya yang hampir keseluruhannya berketurunan melayu(jawa, sunda dan lain2).”umur manusia singkat, tp kemanusiaan lama.lupakanlah segala kesedihanmu itu dengan lebih giat lagi bekerja.bekerja utk kemanusiaan…” ‘Atheis’-Achdiat K.Mihardja

  197. #197
    gravatar

    soe hok gie itu makanan apa?

  198. #198
    gravatar

    kalo soe hok gie itu makanan, maka yang bilang itu memang ga punya jiwa marxis, HIDUP MARXIS!!
    yahhh itulahhhh

  199. #199
    gravatar

    My second inspiring movie after the lord of the rings. Some thing that can make my mind feel a different side.I still felt, he was here now.

  200. #200
    gravatar

    GIE,

    tiba-tiba semua orang muda, kritis, apatis, radikal, oportunis, dll menganggap lu sebagai icon ideal tentang sosok aktivis. maaf kalo aku menyampai berita duka ini – bahwa lu telah jadi berhala baru bagi kaum muda tahun 2005. sorry, bos. ini semua diluar jangkauan gue sebab aku ngga punya akses lansung ke Mira Lesmana dkk termasuk LP3ES. lu pasti lu ngga suka situasi kayak gini.

    seperti yg selalu lu teriakin di kuping gue saban malam kalo lu ngga mao semua orang menjadi diri lu. tetapi kali ini ketakutan lu bakalan kejadian. semua orang menajadikan lu berhala dan semua ingin seperti lu dan so pasti semua akan gagal seperti lu.

    waktu lu cabut ke semeru – yg ampe sekarang belom balik-balik lagi – lu sempat curhat ma gue kalo lu sadar kalo lu adalah orang-orang kalah. lu di khianati sama senior-senior tolol lu. David Napitupulu, Cosmas Batubara, Abdul Gafur, Mari’e Muhammad, Fahmi Idris dan pentolan KAMI lainnya yang secara berangsur-angsur “beronani” dengan masuk ke struktur Orde Baru yang fasis. dan masih ingat dalih mereka itu saat nyemplung ke parlemen, mereka bilang kalo mereka bakal ngelanjuti perjuangan – KAMI – dari dalam. dan akhirnya mereka malah jadi bagian dari rezim tersebut. dan inilah yang jadi alasan lu untuk merenung di SEMERU.

    Gie, gue ngga tahu gimana perasaan lu saat ini. saat kisah lu malah dijadikan icon budaya pop. sampe buku harian lu aja ada logo A Mild – iklan sebuah produk rokok dari Philip Morris.

    Ya udah lah, itu kan masalah lu. masalah gue sekarang cuma pengen ngga mao jadi orang gagal kayak lu, kayak che. lu masih inget nasib cs lu si CHE? Dia akhirnya mati di Bolivia dan Castro yang terus berkuasa. Che yang fight tapi Castro yang jadi tiran baru.

    Gie, gue rasa kalo lu udah dijadikan mitos dan legenda. setahu gue seh ini gara-gara Ali Murtopo. oh ya, lu kok sok-sok an kayak TAN Malaka, sok misterius. btw gue denger Tan Malaka mati gara-gara spilis, mungkin tuh virus dia bawa dari Thailand. lu tahu kan gimana thailand? tapi gue seh agak-agak ngga percaya ma berita gokil itu. kalo lu percaya ngga?

    udah lah GIE. masa lu dah lewat. sekarang waktu berpihak ma gue.

    Peluk cium gue ma lu

    Reza Syariati

    NB. HP lu jangan lu matiin terus dong.

  201. #201
    gravatar

    saya mengenal beliau sebagai seorang petualang bukan sebagai seorang aktivis di jamannya………..

  202. #202
    gravatar

    Sejak 20thn yg lalu sampai sekarang ayah saya selalu membicarakan SHG dimeja makan. Saya tidak terlalu berselera dengernya. Tapi waktu ada filmnya jadi semangat baca bukunya dan buku-buku yang berhubungan dengan SHG. Saya rasa kalau Mbak Mira bisa memproduksi film lain mengenai tokoh2 sejarah di Indonesia, saya tidak akan mengalami banyak kesulitan memaksa anak2 saya belajar dan membaca buku sejarah. Tolong ya Mbak, biar anak2 Indonesia lebih kenal bangsanya dan bangga jadi orang Indonesia. Masa anak2 sekarang cuma suka Britney, Usher dan Black Eye Pea aja sih.

  203. #203
    gravatar

    Gie….sosok yang nggak bermutu ..dan patut di hujat..:-p….[jadi orang ya mbok jangan sua ngekor:-"]

  204. #204
    gravatar

    Bener-bener tokoh Mahasiswa yg TOP abies dech.. Mengajarkan untuk slalu menjadi manusia yg apa adanya tanpa harus menyerah pada suatu kemunafikan…. Filmnya bwat merinding dach .. klasik en elegan bgt.
    Kayaknya bwat Mahasiswa kudu nonton dech …

  205. #205
    gravatar

    GIE ya? film bagus! baguss… tapi… ko aku agak kecewa yaa? g tau ni, ko agak nggak puwas gitu nontonnya. padahal filmnya dah panjang banget loooh. Ah… mungkin karena pas di film aku ngeliat ada shot2 yang mnurutku nggak nyambung sama narasinya. Yooo… misalnya ni… pas Gie ngomongin Ira yang udah jadi asisten dosen, ko gambarnya malah wulan guritno? laaah? aku bingung dimana korelasinya… selain itu masih banyak! cuma kayaknya aku butuh nonton film ini 2 kali untuk ndapet SOUL-nya. yooo…, habis pas nonton aku masih ngeliat kalo GIE itu Nico!~ Gawat kan? akhirnya aku malah nggak bisa konsen nemu ceritanya gara2 terpesona ma Nico! kakakakakakkkk!

    dari filmnya, dan dari forum2 yang kubaca dari internet tadi malem… kayaknya ada sesuatu yang sedikit mampengaruhi pikiranku… mmm… tentang keberaniannya!~ sumpah, walaupun aku anaknya sering mikir yang aneh2, tapi aku nggak punya cukup keberanian untuk menyampaikan apa yang ada di pikiranku. terbatasi sama sifat2ku yang keras dan kalo ngomong suka nggak mikir. ada perasaan takut orang lain benci kita… yap! takut orang lain benci…

    trauma yang mendalam dari sebuah kejadian yang (sebenernya) sepele. membekas begitu dalam dalam pikiran dan perasaanku…

    membuat aku terlalu takut untuk menentang, terlalu takut untuk mengatakan hal2 yang ada dalam benakku.

    kenapa aku nggak pernah membuat keributan, bertengkar, ngomongin seadanya …. apapun yang membuatku nggak nyaman… aku nggak bisa ngeluarin, karena aku terlalu takut untuk dibenci…

    yaaaah… di film GIE itu, di poster2nya ada kalimat SHG yang membuatku sadar kalo kita harus punya keberanian, “Lebih baik saya diasingkan daripada hidup dalam kemunafikan…”.

    Huuuh… sounds good bgt! salut deh buwat SHG! (^_^)d

  206. #206
    gravatar

    soe hok gie..nama seorang manusia yang telah menemukan sejatinya manusia, akan cita-cita, hidup dan tujuan hidup. Benar2 seorang pemberani, idealis, bijaksana dan yang terpenting bagi saya adalah beliau itu spiritualis sejati, bukan agamis.

  207. #207
    gravatar

    gua nyari bukunya dari lulus sma taon ’99- gua cari ke salatiga. ketemu kakaknya segala dan LSM Geni. buku CSD emang sulit dicari. tp dapet juga.. Orang Tionghoa harus -wajib- berani, saya juga orang Tiong Hoa. ‘Gie’ belum mati, lagi. Tunggu ‘Gie’ bangkit ya!

  208. #208
    gravatar

    Gie…. soe hok gie….. iya khan?
    dia emang hebat, terutama dibidangnya.
    banyak yang berkhayal, tentang seandainya Gie masih ada dijaman sekarang. atau ada Gie Gie lain dijaman sekarang.
    berarti sungguh hebat kamu Gie……
    namun semoga kematianmu tidaklah membuat orang-orang terhanyut dalam kesedihan yang dalam. atau bahkan terhanyut dalam khayalan-khayalan yang konyol.
    semoga apa yang telah kau perbuat sepanjang hidupmu dulu menjadi bermanfaat bagi setiap orang/rakyat indonesia gitu loh….

  209. #209
    gravatar

    saya sih tidak tau tentang seorang soe hok gie, hanya karena mau di buat filmnya saya jadi sedikit tau, saya sangat senang miles akan memproduksi film yang bisa dibilang film heroic yg menceritakan seorang pahlawan yang belum di kenal banyak org, khusunya bagi mahasiswa yang kritik akan keadaan bangsanya, dengan biaya yg cukup wah(15 milyar)tentu film ini merupakan tontonan yang menarik dan penuh dengan sejarah seorang soe hok gie yg belum banyak orang tau.saya cukup senang dengan film2 indonesia yg berkembang dewasa ini apalagi dgn film yg satu ini, moga2 pembuat2 film sering buat film yg heroik seperti ini dan sekaligus mendidik seperti ini, smoga film ini sukses baik secara komerisil, penghargaan maupun misi yg ingin disampaikannya, Amin.Saya sangat bangga dengan mba Mira Lesamana, Riri riza dan yang lainnya yg masih mempertahankan idealisnya dalam dunianya yaitu ‘FILM’(tentunya bangsa ini juga bangga punya mba Mira dan Mas Riri.Sekali lagi maju terus Film Indonesiaku, saya akan terus mendukungmu walau dengan hanya sebagai penonton setiamu di bioskop.

  210. #210
    gravatar

    memang di dalam perjuangan ada sebuah konsekuensi yang harus kita ambil “ikut arus” atau “melawan arus”.
    hidup dengan idelaisme adalah sangat baik, namun kita harus berani mengambil resiko seperti yang pernha dikatakan oleh seorang “tokoh sepanjang masa, Yesus”:JIKA KAMU MAU MENGIKUT AKU, KAMU HARUS MENINGGALKAN KELUARGAMU.
    Artinya kita harus berani menerima apa saja yang akan terjadi kepada kita. “tidak pernah ada jaln yang lurus bung!”
    Namun, yang menjadi sebuah pernyataan bagi saya adalh:
    “Gie mati muda” apakah memang karena dia keracunan?
    atau kah dia dibunuh oleh teman politiknya dahulu, yang sekarang menjadi lawan politik nya setelah tumbangnya “SOEKARNO”. WAJARKAH KEMATIANNYA ITU?
    “SAYA MENANTANG SIAPA SAJA YANG BISA MEMBUKTIKAN KETIDAKBENARAN INI”
    saya ragu 1000 % atas kematian nya.
    semoga.

  211. #211
    gravatar

    kapan yah film tentang abu bakar baasyir akan dibuat?
    ada yang berani?

  212. #212
    gravatar

    GIE itu… mmm.. apa ya? Seorang idealis yang sudah mampat dengan ide-denya dan mencoba untuk bangkit ke dunia nyata dengan menjadi seorang realis.

    Persis seperti kita-kita yang suka muak dengan kenyataan dan menumpahkan kekesalan lewat blog ini.

  213. #213
    gravatar

    saya membaca catatan harian seorang demonstran dlm keadaan saya tidak tau siapa soe hok gie itu. waktu itu saya baru lulus smu. dan buku itu saya pinjam dari om saya. tiga halaman membacanya, sa ya benar2 jatuh cinta pada seorang soe hok gie.ketika saya dikaruniai seorang putra, ingin saya beri nama soe hok gie. tapi tidak jadi karena saya bkn etnis cina. mungkin soe akan merasa sedih sekali membaca tulisan saya barusan. saya yg nota bene orang malang merasa sedih kenapa soe harus meniggal di malang. di kemudian hari saya tau ayah saya rekan kerja herman lantang di papua dulu.dan kemudian seorang soe hok gie menjadi dikenal oleh seluruh bangsa _saya rasa mira dan nico turut andil dalam hal ini.sampai2 suami saya yang dulu mangkel liat saya setiap hari baca buku kumal sekarang ngotot ngajak nonton pilmnya. saya pengen nulis panjang lebar. sekarang ini saya dan putra kecil saya lagi di warnet setelah 2 tahun lebih gak pernah nyentuh internet gara2 tukang travel goblok. dari ungaran jam 6 berangkat ke mlg. setelah dioper ke salatiga, ktnya berangkat jam 10. dasar edan

  214. #214
    gravatar

    Kenalan dg Gie memang belum lama, ya stlh nonton filmnya. Jadi tertarik dg profilenya deh. Gue baru baca Catatan Seorang DEmostran dan desertasi John Maxwell. Gue rasa kl ‘cuma’ baca CSD aja kita ngga akan kenal Soe dg segala pemikirannya. Perlu data dn infomasi pelengkap seperti desertasi John Maxwell. Dan masih perlu baca buku2nya, tulisan2nya di koran dan surat2nya utk sahabat2. Menyambung lidah yang lain bahwa selain CSD dan buku yg udah ada. Kyknya saat ini, saat semngat mengenal Soe sdg mjd trend, adl momentum yg tepat utk menampilkan tulusan2 dan surat2 Soe.

    Terima kasih tuk Miles yg dah nampilin Soe, meski masih ada kekurangan (tapi lebih banyk nilai plusnya, yaitu menumbuhkan minat anak muda agar lahir Soe Hok-gie yg baru, disaat perjuangan reformasi agak melenceng.
    Oleh karena itu, mungkin Miles menampilkan Nicolas Saputra. Trend terhadap Soe akan membawa anak muda lebih paham politik dan lebih peka pd keadaan sosial bangsa.
    Lebih jauh gue tulis di blog http://muika.blogs.friendster.com/chibi/
    Sdgkan, review biografinya masih di kepala, belum sempet tertulis
    Senang kenalan dg Soe mania…

  215. #215
    gravatar

    Hem…pertama tau nama ini pas di semeru.Ada prasasti bertuliskan Soe Hok Gie.Tak ada kesan khusus waktu itu. karna emang banyak prasasti utk mengenang sohabat2 yg gugur di sana(ceilee).Tapi pas heboh nama itu di TV, aku jadi terusik utk tau lebih jaug ttg dia.Hem…sosok yg seharusnya ada di jaman seperti ini. Mungki kalo soe hok gie masih idup..pasti jadi presiden…Hihihii

  216. #216
    gravatar

    GIE? baru aku kenal namanya lebih kurang 4 taon lalu pas masih kelas 1 SMU, itu juga karena kebetulan novel yang aku baca ada nyinggung2 soal CDS. Tapi gara2 itu, 4 taon pula aku “berkelana” dari satu perpustakaan ke perpustakaan lainnya buat nyari itu CDS. Alhamdulillah tiba2 LP3ES nerbitin itu buku lagi. Kesan aku…… Gie tu COOL banget. Harusnya dia tu jadi panutan semua mahasiswa yang ngakunya AKTIVIS. Jangan omdo.. kayak Gie, dong! Dia berbuat sesuatu, and he make it! Sayang dia mati muda. Tapi ga papa…orang lurus kayak dia emang ga boleh lama2 hidup di dunia yang kotor ini. Ntar dia terkontaminasi kayak beberapa rekan seperjuanganya taon 66 dulu.

    By the way…kalo ada manusia lurus kayak Gie di zaman sekarang ini, aku gak yakin dia bakal bertahan. Tapi selalu ada harapan! Mari semua anak bangsa berusaha, at least mencoba buat jadi seseorang yang tangguh, tahan banting, dan bertahan pada idealisme untuk membangun negara dan bangsa ke arah yang lebih baek. Dan moga2 Ibu Pertiwi masih punya stock manusia2 kayak Gie di dalam rahimnya, AMIN…..

    Kulihat mega menggantung di puncak Mahameru, kala senja
    Terpampang siluet kelam sosok pendekar pembela yang tertindas
    Meneriakkan yel yel kebangkitan
    Bagi seribu…Tidak! Jutaan telinga dan mata dari segala penjuru
    Dan di saat ajal Sang Surya, tinggal ia berguman…
    “Perjuangan Belumlah Usai..”

  217. #217
    gravatar

    kalo pemeran Soe Hok Gie dalam film Gie bukan Nico, akankah komentar2 muncul seheboh ini? akan banyakkah yang menonton?
    bukan beranggapan negatif terhadap film Gie karya Mbak Riri Reza. aku cuma penasaran aja. trus kira2 sampai ga ya pesan-pesan moral film itu ke penontonnya?
    btw, hidup film indonesia….!

  218. #218
    gravatar

    GIE kuliah di UI fakultas apa yah? Salut sama perjuangannya!

    Semoga beliau bisa beristirahat dengan tenang setelah makamnya dibongkar pasang. Amin.

  219. #219
    gravatar

    he is really amazing person, his brilliant mind helpfull for the teenagern for flourishing their mind. as a big nation we are waiting for a person like him. gie bravo to you. Requescant in Pacem, I love you so much. even though I do not know you but I feel so close to you.

  220. #220
    gravatar

    laki-laki idealis yang agak sulit ditemukan zaman ini

  221. #221
    gravatar

    gie adalah gie, jg diletakkan terlalu tinggi

  222. #222
    gravatar

    Gie…sebuah pilihan yang sulit untuk hidup di republik ini, baik masa SHG maupun skrg…Ini soal pilihan hidup, soal logika, soal 1 -1 = 0, atau 1+1=2..ga banyak yang bisa dilakukan orang yang akrab dengan kegelisahan di republik ini, kita pilih jalan yang satu, harus siap korbankan yang lain..it’s just simple as it is..The point is: never give up, just keep forward for what the way that you takes…just keep Gie’s spirit alive…

  223. #223
    gravatar

    yang diperlukan RI sekarang?yah dari merauke sampai sabang, orang2 kaya Gie, RI ga perlu SBY, JK, dan semua bajingan politik yang pernah menodai negara kita…RI cuma butuh Gie kali yeeeee….mimpi kali ye…;)

  224. #224
    gravatar

    S H G gile beneeerrr.smua org bisa jd kaya gie – kalo ga percaya – tanya gie – gieeh
    S H G adalah anak yg pinter-perkataan dan perpuatanya adalah merupakan perpaduan antara hasil kuliah dan pengalamanya.ga’ada salahnya iktut2an kayak Gie tapi jgn setengah2.syukur2 bisa lebih baik karena bgm manapun jg aku adalah aku dan dengan kondisi serta plobematika yg berbeda ANDA HRUS TAHU ITU!catatan Gie adalah ctatan yg keluar dr akal sehatnya.bgmnana dgn aku.!how to think N’t how to believeee

    gw bloomm pernah nonton Giee cm baca sinopsisnya dr beberapa sumber h3h3h3:)>-

  225. #225
    gravatar

    Saya mengenal Soe Hok Gie baru-baru ini, setelah saya membaca buku Catatan Seorang Demonstran. Setelah saya membaca buku tersebut, saya sangat tertarik dengan sosok Soe Hok Gie ini, ternyata ada orang yang punya idealisme seperti itu, banyak sekali pemikiran Soe yang sepaham dengan saya. Buku Catatan seorang demonstran adalah kewajiban bagi orang yang punya cita-cita idealisme tinggi terhadap Indonesia.

    Bagi saya Soe adalah seorang role model dan menjadi teladan bagi saya.

  226. #226
    gravatar

    saya suka gaya loe gie, tetapi terasing dari kemunafikan di dunia sama aja masuk neraka duluan!, revolusi tetap berdarah khan salam revolusioner.

  227. #227
    gravatar

    Gie.. tak mau menyerah pada kemunafikan dan terus berdiri melawan deru perubahan zaman yang makin ganas. Pemikiran dan tingkah lakunya menunjukkan arti dari seorang manusia biasa.. Manusia pada arti yang sesungguhnya…

  228. #228
    gravatar

    Buat yang ga setuju ma Niko, napa seh? Toh itu film, kalo ga puas bikin aja ndiri

  229. #229
    gravatar

    Ada banyak sekali wisewords, quote atau kata2 bijak yang bisa dikutip dari tokoh Soe Hok Gie, namun apakah kita hanya akan mengutipnya saja tanpa bisa memahami, dan apakah kata2 itu hanya akan dipahami tanpa dilaksanakan/diamalkan dalam kehidupan kita?
    Percuma donk kalo cuma hafal trus memahami tapi tidak melakukan apa2, kalaupun tumbuh semangat kebangsaan dan dalam diri kita setelah membaca dan menonton film tentang Gie tapi terus nggak ngapa ngapain, lantas apa menfaatnya bagi bangsa ini, nggak bakalan ada yang berubah!
    Sosok Gie memang pantas dikagumi, tapi aku percaya Gie di alam sana akan lebih senang bila perjuangan dan idealismenya dilanjutkan oleh generasi saat ini dibandingkan hanya dikagumi, dipuji-puji dan dijadikan pop icon.
    Siapapun bisa jadi Soe Hok Gie untuk masa kini. Kita tidak harus menjadi mahasiswa untuk bisa berjuang. Kesempatan selalu ada, kemauan dan keberanian yang kadang tidak ada. Teman2, apa kalian berani?

  230. #230
    gravatar

    Soe Hok Gie? Siapa sih yang gak mau seperti dia? Seandainya para pemimpin bangsa kita seperti dia, dijamin, gak bakalan ada korupsi en diskkriminasi!
    Jujur, sebagai orang se-warna kulit dengannya, gua bangga. Akhirnya ada anak muda zaman 60an yang berhasil mmenjadi panutan bagi suatu bangsa pada masa kini, walaupun beliau gak berhasil masuk ke dalam buku sejarah bangsa ini.

    Hanya saja, gua kecewa sama penerbit buku Catatan Seorang Demonstran, karena mmereka lebih mementingkan penjualan dan popularitas serta komersialitas, dan sama sekali tidak mencerminkan sikap maupun sifat SHG itu sendiri. Lihat saja sampul halamannya. Ini sudah merupakan “Pembohongan Publik”.
    Apakah karena wajah SHG kurang “menjual” sehingga penerbit lebih memilih foto seorang aktor, Nicholas Saputra? Apabila hal ini tidak dikoreksi, maka hal-hal seperti ini dikhawatirkan akan mengalami pengulangan kembali.
    Janganlah kita seperti pemerintahan OrBa yang melulu membohongi rakyatnya. Dan saya rasa SHG pun tidak setuju akan pembohongan publik seperti itu, apalagi ini manyangkut sejarah dan boleh dibilang, semacam biografi seorang tokoh nasional.

    Sekali lagi, saya salut pada SHG, bbeliau telah menyadarkan sebagian anak muda negeri ini, bahwa, orang yang sewarna kulit dengannya, tidaklah melulu konglomerat atau pun orang kaya, maupun koruptor, tetapi banyak pula yang melarat dan setia serta memiliki nasionalisme yang tinggi, sama seperti kebanyakan anak muda negeri ini yang mencintai tanah kelahirannya!

    Semoga saja, dibawah kepemimpinan SBY, pemerintahan negeri ini menjadi lebih baik, leih adil, cukup tegas, dan semakin bbersih dari tanga para koruptor!

  231. #231
    gravatar

    merdeka …………….
    adakah ruh-ruh Soe Hok Gie melekat dalam semangat mahasiswa sekarang ini?
    seorang lelaki yang hidup dalam dunia perjuangan adakah sekarang ini semangat Gie diikuti oleh pemuda2x
    saya pun baru melihat garapan bukunya Gie, yang ditampilkan sosok Aktor nicolaas, wah ini seh menghilangkan esensi sebenarnya dari sosok Gie,
    siapapun yang membacanya, siapapun yang menonton SHG pasti akan merasa bayangan antara kehidupan seorang selebritis Nicol, dengan kehidupan seorang aktivis jalanan…….. aduh tolong deh di tarik dari pasaran buku tersebut… ini namanya pembunuhan karakter seorang aktivis Soe Hok Gie…
    semoga filmnya gie menjadi sentuhan terhadap pemuda2 serta mahasiswa yang hedonis22

  232. #232
    gravatar

    Soe is the best

  233. #233
    gravatar

    “Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan.”
    TOP ABIS

  234. #234
    gravatar

    soe adalah seorang yang berhasil menyumbangkan pemikiran pemikiran terhadap bangsanya. semua orang bisa mengambil manfaat dari kisah perjuangannya. semoga kita bisa berjuang untuk masa depan yang lebih baik lagi.

  235. #235
    gravatar

    Shg.adalah salah satu dari bagian dari pejuang muda indonesia…
    tapi kenyataannya pengharapan indonesia yang merdeka 100% yang ia idamkan salah di interpretasikan oleh anak muda sekarang. berjuang bukan gaya hidup tetapi berjuang adalah pilihan hidup……hidup rakyat indonesia

  236. #236
    gravatar

    Mahasiswa adalah….suatu agent perubahan dan suatu agent sosial kontrol…!

  237. #237
    gravatar

    Idealisme menjadikan prinsip kehidupan…

  238. #238
    gravatar

    saya sebenernya tidak mengenal sosok gie, saya baru mendalami kisahnya setelah ada tugas sekolah.ketika saya mencari soe hok gie dalam situs pencariaan di internet, sya kaget ternyata gie adalah sosok yang begitu akrab dan terkenal dalam masyarakat. Saya kagum pada gie karena kepekaannya terhadap masalah- masalah yang ada langsung dia nyatakan dalam perbuatan, tidak seperti saya atau segelintir orang yang hanya bisa melihat atau merasa peduli tetapi tidak dapat mengungkapkannya. Gie adalah seseorang yang berani dan berpegang teguh pada idelismenya, tetapi gie belum memperhatikan dampak dari perjuangannya. perjuangnya adalah suatu yang baik, tapi dampaknya lebih buruk dari sebelumnya. gie adalah pejuang sejati melawan ketidakadilan dan hanya alam yang bisa menenangkannya

  239. #239
    gravatar

    GIE..seorang pemuda idealis yang konsisten akan prinsip2nya.Namun, sayangnya ia tidak membangun basis sehingga seringkali putusasa, frustrasi, dan merasa berjuang sendirian.Kata2 dlm diary-nya: “Nasib baik adlh tidak dilahirkan, apabila dilahirkan mati muda dan “Berbahagialah mereka yang mati muda” benar2 menggambarkan kefrustrasian tersebut.

  240. #240
    gravatar

    Saya membaca buku catatan demonstran Gie ketika SMA. Yang saya ambil pelajaran dari Gie adalah konsistensi Gie yang teguh mengkritik keras terhadap apapun bentuk penindasan struktural yang dialami rakyat Indonesia, sampai Gie kemudian menemukan bentuk keperpihakan idiologisnya menjelang kematiannya. Tahun 1990 Gie mengispirasi saya masuk gerakan untuk melawan dan menkritik pemerintahan orde baru yang saat itu sangat otoriter.

  241. #241
    gravatar

    saya senang sosok soe hok gie karena ia dapat servive di dalam kehidupan yang sanagt sengsara bagi orang lain yang tidak teguh pendirian, sangat hebat, apalagi kalau suadah ketemu dan ngobrol sama om Badil(wartawan senior kompas) saya tambah terkesan dengan idalisme, kecerdasannya, dan keberanianya mengatakan “tidak” pada semua ketidak adilan

  242. #242
    gravatar

    soe hok gie adalah seorang akivis yang sangat kritis .Ia pernah melihat seorang pengemis di depan istana Negara, Menurutnya itu merupakan pemandangan yang sangat kontras sekali .Bagaimana tidak, pembantuny di dalam enak2an dengan selirnya-selirnya malah majikanya di luar mencari sesuap nasi hingga siang bolong.ia pun merasa kalau tokoh yang diyang mejandi pelopor kemerdekaan tidak pernah memandang ke bawah .

  243. #243
    gravatar

    Minta tolooong….
    Ada yang tau
    alamat email ato alamat riilnya milesfilm, rumah produksi fil gie?
    kasi tau ya… tenkyuuu.

  244. #244
    gravatar

    Saya bener2 salut thp perjuangan seorang Gie,
    memang benar kalo seorang mahasiswa harus kritis(wajib)soalnya masa depan bangsa ini ada ditangan kaum muda.
    Bagi saya meniru perjuangan Gie pada jaman sekarang sebagai seorang mahasiswa adalah menghasilkan suatu karya yang bisa digunakan oleh rakyat banyak, itulah salah satu bentuk perjuangan seorang mahasiswa.
    Kritis sih harus, tapi kalo cuman menuntut terus tanpa memberikan solusi itu sama aja otak u dang…

  245. #245
    gravatar

    saya sangat setuju dengan semua pemikirannya, kadang saya berfikir kita sebagai mahasiswa ini merupakan solusi atau masalah untuk negara kita ini, saya rasa kita masih indetik dengan”kita adalah masalah” apakah kita bisa menjadi solusi untuk bangsa ini, jawab pertanyaan ini di dalam hati kalian semua wahai teman-temanku…!kita harus bersatu dan tetap pada pendirian kita, lebih baik kita disingkirkan dari pada harus menyerah pada kemunafikan, tanamkan itu saja sudah cukup, ayo jangan takut kalau bukan kita yang merubah bangsa ini siapa lagi, ayo kita buat perubahan..!

  246. #246
    gravatar

    GIE MENURUT GW ORANG YANG PUNYA PENDIRIAN kuat dan punya pemikiran yang bagus banget, gw salut ama keberanian nya dan cara dia menuangkan pendapat melalui tulisan, asli gw suka banget ma karakternya, cma satu yang gw ga setuju mengenai pendapat nya yang mengenai “nasib terbaik adalah tidak pernah di lahirkan”sebab kita dilahirkan dengan tujuan dan maksud TUHAN……THANKS

  247. #247
    gravatar

    Soe Hok Gie

    Hmm… Mungkin menarik buat masa kuliah. Buat masa sekarang ini, lebih banyak hal menarik dari sekedar idealisme dan romantisme masa rennaisance seperti ini.
    Banyak hal yang harus dipikirkan ulang lagi. Tapi, nampaknya dia orang yang cukup keras dan kuat memegang prinsip, dan sangat kritis tidak pandang bulu, Soekarno aja dilibas mennn!

    Mungkin kalo aku jadi temen kuliahnya, mungkin aku akan sebal sama kelakuan dia yang sok idealis dan perfeksionis. Tp dia juga mungkin akan sebal dan tidak peduli sama aku yang opportunis dan hipokrit ( Seperti sebagian besar KITA kan? )

    Dan dia akan tetap jalan sendirian, orang senang atau benci..
    Kadang ….dipikir pikir. .apa beda antara bebal dan genius? apakah orang jenius akan jadi bebal? apakah kita yg merasa normal dan santun ini akan menghargai orang seperti mereka?
    Jangan jangan mereka akan kita singkirkan dalam hidup kita!

  248. #248
    gravatar

    Soe…
    gw tau dy dr temen gw. trus dy minjemin buku “catatan seorang demonstran” ke gw.
    pertama gw baca, gw takut & malu. takut klo nanti gw bkl nemuin hal2 yg beda kenyataan dr yg gw tau. dan ternyata yg gw takutin bener!
    bahagianya jd Soe, wlpn impiannya untuk mnjadikan bangsa ini mjd lbh baik ga pernah kesampaian, tp stidaknya ad 1 yg bs, yaitu Mati muda & di tempat yg paling di cintainya. bukannya itu salah satu impian Soe?
    seorang pemuda yg mgkn cm ada 1 diantara 250juta manusia Indonesia.
    sangat miris jika melihat bgmn hidupnya.
    wktu hidup udah susah, sewaktu matipun jg susah.
    mgkn apa yg dy cita2kan ga akn pernah tercapai.
    jgn menangis disana ya Soe….

  249. #249
    gravatar

    aku blom nonton filmnya neh!! kok gie lama amat baru nyampe di kalimantan… dah kebelet nih! pengen bandingin gie dalam imagi ku ama gie_nya Nico. gila…..dah nunggu 2 bulan lebih, nih… klo mo nonton yang bajakan mah, banyak. tapi ko rasanya g etis ya?

  250. #250
    gravatar

    Kematian Gie sangat misterius. Yaitu ketika trasisi pemikiran Gie dari prisip politik lama menuju prinsip2 politik Gie baru justru mulai menunjukkan keberpihakan ideologisnya. Hal ini yang musti menjadi renungan kita.

  251. #251
    gravatar

    [...] Catatan: Untuk buku yang lama seukuran 11×17 (lebar x panjang), sedangkan buku yang baru seukuran 14×20. Serta sampul depan yang baru berganti menjadi gambar Nicholas ‘Gie’ Saputra, ini menimbulkan joke untuk judul berganti menjadi ‘Catatan seorang Nicholas’ kelakar Jay. [...]

  252. #252
    gravatar

    hahah…SHG, Sep LAhg..!kwkwkw…

  253. #253
    gravatar

    menurut saya gie itu org yg tidak tahu usaha yang keras bahkan kerjaannya hanya bersantai saja yaaa kaan ya begitulah orang indonesia, maunya bersantai terus, ya nggak majulah utang terus

  254. #254
    gravatar

    sangatttt luarbiasa!! semangat soe hok gie akan terus hidup digenerasi muda, yaitu kita, generasi yang akan suatu saat mengubah negara kita!! jasadnya boleh menyatu dengan oksigen yang ada dibumi(kan dikremasi, red) tetapi SEMANGATNYA AKAN TERUSSSSSSS HIDUPPPP!
    semoga diantara kita, anak-anak muda, bakalan tumbuh seorang soe hok gie yang barooo lage…

  255. #255
    gravatar

    GIE, mungkin sudah mati tapi cita-citanya untuk merubah indonesia kearah yang lebih baik masih tetap ada di hati para mahasiswa indonesia yang idealis, tanpa perlu berpikir bagaimana nasibnya setelah perubahan itu, apa ikut gerbong ataupun tidak tak masalah baginya karena yang ingin ia capai hanya membuat indonesia yang lebih baik untuk anak-cucunya kelak.Jadi bagi mahasiswa yang sering turun kejalan untuk menyuarakan aspirasi rakyat untuk teruslah berjuang karena hanya kita para mahasiswa indonesia yang akan menjadi tumpuan rakyat indonesi

  256. #256
    gravatar

    salam pembebasan,
    pada saat pertama kali baca bukunya yang berjudul catatan harian seorang demonstran kyaknya monoton banget, maklum karna saya sendiri gak terlalu suka dengan biografi apa lagi baca buku harian orang lain.
    tapi setelah baca bukunya yang di bawah lentera merah, orang -orang di persimpangan jalan, dan satu lagi lupa deh. hebat juga orang ini yang jelas daripada baca buku harian, yang jelas soe hok gie memberikan kepada kita sejarah kejatuhan orla dan masuknya orba lewat pak harto yang saat ini mulai terkuak siapa dalang 66 walaupun belum detail.
    tapi yang banyak terjadi kontroversi adalah jalur gerkan dia dsebagai seorang mahasiswa yang seakan koboy yang datang bila ada masalah pergi bila sudah aman itu yang kurang aku seoakati, ketika mahasiswa sudah masuk pada basis massa yang ada secara tidak langsung harus bertanggung jawab untuk meneruskan perjuangan ini, jadi sebagai kaum intelektual mempunyai andil untuk penerusan perjuangan ini bukan langsung pergi entah kemana terus massa dampingan di biarkan begitu saja dan dimanfaatkan oknum lain saya kira tidak,
    mahasiswa, tani, buruh, nelayan, miskot bersatu tak bisa di kalahkan

  257. #257
    gravatar

    pengen sekali baca dan nonton filmnya …. memang jiwa pemuda yang penuh semangat ….

  258. #258
    gravatar

    [...] Sosok Adrian di sini digambarkan seperti sosok Soe Hok Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra dalam film Gie. [...]

  259. #259
    gravatar

    Hi #132 saya adalah #259

    tulisan anda mencerahkan pagi hari saya, terima kasih untuk membuat saya tertawa ;)

  260. #260
    gravatar

    AKU BUKAN INGIN HIDUP DENGAN KEBANGGAN AKU INGIN BERMAKNA BAGI BANYAK ORANG, AKU MEMANG TAK PERLU DTERBANG DANG MENGASINGKAN DIRI KE ILALALANG SETIDAKNYA DITEMPAT RAMAI MASIH BANYAK YANG BISA AKU HAYATI BILA MEMANG MEMANDANG POSITIF SEMUA ITU

  261. #261
    gravatar

    gie emang tokoh sang demonstran aku salut sekaligus prihatin atas nasip yang di alaminya, andaikan masih ada GIE disini akan ku ajak dia tuk DEMO BBM, mungkin dengan bantuanya SBY dapat terbuka hatinya, \”HIDUPKAN DEMONSTRASI BESAR BESARAN DI INDONESIA KABARI SAUDARAMU DI SOLO\”

  262. #262
    gravatar

    gie….adalah sosok aktivis yang takkan pernah terlupakan. bukan saja karena tulisan – tulisannya yang mampu membuat gempar dan membakar semangat mahasiswa. tapi juga karena jiwanya. rasa keberpihakan pada rakyat itulah yang patut diacungi jempol. GIE AKAN TETAP HIDUP DALAM SANUBARIKU

  263. #263
    gravatar

    wah…suprise banget. jadi ingat masa SMA dulu, jadi kangen baca buku langka yang susah dicari di perpustakaan sekolah, krn gak semua siswa mau baca. berat kali yaa..
    sudah kurang lebih 7 tahun telah berlalu sejak membaca buku yang lusuh itu tapi sarat dengan nilai2 bahasa2 yang lugas dan terkadang puitis.Saya & suami jadi nostalgia lagi deh. kok VCD SHG belum beredar ya… Gimana miles ….?

  264. #264
    gravatar

    Gie.. sebagai nasionalis sejati keturunan china, kita harus bangkit untuk mengangkat nama baik bangsa Indonesia, banyak diantara suku keturunan yang lupa bahwa mereka makan dan minum lalu mati dibumi pertiwi ini..

    ayo jangan perburuk nasib bangsa ini dengan perbuatan tercela, jaga akhlak dan terus tingkatkan kepedulian terhadap sesama..

    -Go giem lo-

  265. #265
    gravatar

    Soe Hok Gie merupakan orang paling keras di Indonesia. Selalu jujur dalam berpikir dan mengutarakan pendapat tetang orang lain, tidak takut meskipun akan berakibat fatal karena ucannya jika orang yang dikritiknya benar. Hampir semua kritikannya tentang seseorang betul. Seorang pelajar sangat baik apabila mau mengikuti jejak Gie. Bukan hanya mahasiswa, anak SD, SMP, Kakek2, Nenek2, siapa saja pun bisa. ingat “LEBIH BAIK DIASINGKAN DARIPADA MATI DALAM KEMUNAFIKAN”

  266. #266
    gravatar

    Sekarang gue mau komentar tentang film GIE yang diperankan nicolas saputra. sebenarnya nico tidak layak memainkan aktifis muda seperti gie. gie adalah orang yang keras, nico bukanlah orang yang keras dan bukan orang yang berani mengkritik habis-habisan. Gie hanya bisa diperankan oleh gie sendiri. tidak ada yang bisa mencontoh gie, baik hanya bohongan.
    tapi, saya sangat bangga terhadap “RIRI RIZA”, sutradara film gie. ia dapat membuat gie itu seperti hadir dalam film itu. GOod for RIRI RIZA, teruslah berkarya

  267. #267
    gravatar

    share our heart

  268. #268
    gravatar

    I ALWAYS BE GELISAH
    AND UNABLE TO LIVE IN PEACE

  269. #269
    gravatar

    Andai semua pemuda Indonesia dilahirkan mempunyai kepatriotan seperti Gie.

  270. #270
    gravatar

    salut coy!
    budayakan kemahasiswaan kita..

  271. #271
    gravatar

    sumpah aku ngefans abis sm si nicho tp………..
    asli aku gak suka banget klo cover CSD covernya si nicho….
    jadi aneeeeeeeeeeh…..

  272. #272
    gravatar

    Saya terkesan sekali setelah membaca buku CSD.Tapi ada satu kesalahan fatal SHG menurut saya. Yaitu dia seorang Atheis.
    Di buku CSD ada sebagian catatan yang hilang (sekitar tahun 65 pada saat G30S)ada yang tahu tentang ini?

  273. #273
    gravatar

    Soe Hok Gie. Wow……. Kekaguman yang gak bisa Gw katakan, seakan lidah ini tak dapat bergerak, hanya dapat menggambarkan Sebuah Hati yang sedalam samudra, sebuah pikiran yang setinggi langit yang biru melintas di cakrawala Indonesia’ku… Jiwa seorang pemuda Indonesia yang sepatutnya menjadi contoh atau setidaknya menjadi sumber motivasi untuk Pemuda-Pemudi saat ini.

    Berjuanglah “MAHASISWA INDONESIA’Ku” Masa depan Negeri berada di Pundakmu…

    “Jadilah pohon OAK yang berani menantang angin”

    Be Our Dream..

    Mimpi tentang Indonesia, di mana
    ulama – buruh – dan pemuda, bangkit dan
    berkata – stop semua kemunafikan, stop
    semua pembunuhan atas nama apa pun.
    Tak ada rasa benci pada siapa pun,
    agama apa pun, dan bangsa apa pun.
    Dan melupakan perang dan kebencian,
    dan hanya sibuk dengan pembangunan
    Indonesia yang lebih baik.
    Hanya mereka yang berani menuntut
    haknya, pantas diberikan keadilan. Kalau
    mahasiswa Indonesia tidak berani
    menuntut haknya, biarlah mereka ditindas
    sampai akhir zaman “MAHASISWA
    BUKANLAH KERBAU” Pemuda adalah
    penentu masa depan bangsa…. Majulah
    Indonesiaku

  274. #274
    gravatar

    Shg……….pemikiranmu membuatku u terus tetap BERJUANG!!

  275. #275
    gravatar

    Gie adalah seorg indonesia yg betul2 indonesia.
    Gie adalah seorg yg tau apa tujuan hidupnya dan hidup utk mencapai tujuannya.
    Berapa org sih di dunia ini yg tau apa tujuan hidupnya dan fokus sepenuh ati utk mencapainya?
    Gie adalah patriot sejati yg tanpa kompromi terhadap kemunafikan.
    Ibu Pertiwi yg tercinta kapan putera puteri Mu yg laen mempunyai karakter dan pemikiran seperti Putra KebanggaanMu ini. Bangsa Indonesia memerlukanmu SGH.

  276. #276
    gravatar

    SALUT….mungkin hanya itu ungkapan yang bisa gw ungkapkan untuk soe hoek gie. kita gak akan pernah mengira di negara yang penuh dengan kemunafikan ini akan lahir seorang soe hoek gie yang benar-benar super. mungkin bisa dibilang gw sok teu soale belum pernah ktemu orangnya tapi bisa ngomong gitu. tapi memang pada era kebobrokan moral seperti saat ini, kita benar2 butuh seorang Gie baru yang pastuii sangat diharapkan oleh bangsa ini khususnya para generasi muda.
    TERIMAKASIH GIE…. mungkin hanya ini yang bisa aku sampaikan. Namun yang pasti, entah kelak akan muncul Gie2 yang baru yang akan melanjutkan perjuanganmu.
    INDONESIA MENUNGGU SOE HOEK GIE2 BARUUU…………..

  277. #277
    gravatar

    Gie…..waktu itu anak muda yang paling idealis, mati muda juga membuat Gie tambah idealis ato juga sebuah keberutungan karena gak perlu lama-lama liat Bangsanya HANCUR PELAN!, sepakat sama Maxwell Gie sebenarnya anak muda yangberlatar belakang tidak terlalu hebat, teman muda sekarng juga bisa jadi Gie2 yang lain, Gie juga dibesarkan oleh Moment/ kondii waktu itu (karena pahlawan lahir dalam keadaan yang paling sulit, bukan pada keadaan yang biasa-biasa saja), Temen-temen yuk… belajar jadi Gie yang berikutnya..biar gak persis yah mirip2 aja lah Idealisnya gak apa2. Ingat! Gie sangat tidak percaya dengan Slogan, karena sesuatu tidak akan pernah lahir dari sebuah slogan, jadi…………….(yah gitu decH)

  278. #278
    gravatar

    Andaikan ia masih hidup………….

  279. #279
    gravatar

    I just heard about soe hok gie and after i’ve read the synopsis about the movie, it makes me wanted to know him more and more. Dia seorang pemuda yang begitu berani dan di saat dia memperjuangkan cita-citanya dia berani berkorban berhabis-habisan. I respect him and I am so glad to know him even though through his movie.
    Kapan this movie di screenkan di MALAYSIA?

    congrat’s to all the productions crew. This movie give me a very good impact to be a better person.

  280. #280
    gravatar

    Ass.Wr.Wb.

    Cerita Soe Hok Gie memang bagus, mungkin filmnya juga bagus.
    Namun melihat animo remaja saat ini yang lebih tertarik dengan film
    barat mungkin, soe akan menjadi pesaing.
    saya harap soe hok gie jadi pilihan remaja saat ini

  281. #281
    gravatar

    banyak yang orang tua kita yang belum mengenal hok gie. padahal mereka ada di tahun itu. mungkin rezim orde baru sempat mengubur realita semangat hok gie agar tidak terpancar dan terkubur bersama jasadnya. tapi ralita lain juga membongkar semangat nya sehingga terpancar lagi …thanks for reformation n this revolutioner.

  282. #282
    gravatar

    Soe hok gie adalah jagoan pembela kebenaran! tahan banting….. andaikan pemuda dan pemudi Indonesia seperti dia, mungkin revolusi sosial akan berhasil. lebih baik diasingkan daripada hidup dalam kemunafikan!

  283. #283
    gravatar

    Gie……
    seorang pemuda yg sangat idealis.
    Cerdas.
    Berwawasan.

    Takdir telah merenggutmu dari kemunafikan dunia.
    Engkau telah tenang bersama kedamaian sesungguhnya.
    Engkau telah mendapatkan kebebasan abadi.
    Bersama alam.

    Engkau akan tetap hidup walaupun engkau tak ada.
    Jejak-jejak langkahmu di MandalaWangi
    akan ku ukir kembali.
    Hanya untukmu.

  284. #284
    gravatar

    Gie….
    Manusia luar biasa!

  285. #285
    gravatar

    SHG salah satu icon marxisme diindonesia, hati -hati berlebihan dalam memujanya anda akan terkena pengaruh dengan apa yang namanya perang pemikiran ….. mengapa kita tidak menjadi diri sendiri saja ..setuju …..

  286. #286
    gravatar

    Soe seorang inspirator bagi gw. Moga – moga aja gw minimal bisa ga nambah kehancuran bangsa kita ini.

  287. #287
    gravatar

    sosok Gie bener – bener gambaran anak muda Indonesia yang Idealis nggak kemakan ma jaman. sayang saat ini negeri tercinta lebih banyak dihuni oleh anak mami yang manja setengah mati.

  288. #288
    gravatar

    GIE IS THE REAL DEMONSTRAN, I HOPE, BORN THE LAST GIE

  289. #289
    gravatar

    “Stop complaining!“ said the farmer,
    Who told you a calf to be?
    Why don`t you have wings to fly with,
    like the swallow so proud and free?“

    i love this lyric… why don’t we have wings to fly with?

  290. #290
    gravatar

    #286 ikon marxisme matamu!

  291. #291
    gravatar

    gie, gua salut banget. semoga elu tenang dialam sana.
    mungkin gua bukan seperti elu, tapi gua ada jiwa seperti elu yang bermain dengan perasaan kehidupan alam.

  292. #292
    gravatar

    “kembalilah makhluk kecil dari ketiadaanmu” itu julukan seorang demonstran yang berjiwa patriotisme dan anti komunis bagi seorang Gie. Gie sejak kecil benci dengan ketidakadilan dan ingin memajukan bangsanya hingga saat ini tujuannya belum tercapai. Di zaman pembangunan ini pemerintah seperti “Buruh Tua”, kaum intelektual korup yang sedang memperbodoh bangsa. Penerus Bangsa harus melakukan perubahan itu “kita”.

  293. #293
    gravatar

    gue suka sikap gie!melawan dengan kata!karena kata bisa jadi sajak yang indah, dan kata juga bisa sebagai pedang!

  294. #294
    gravatar

    Jujur aja gue cuma anak sma kls 3 yg gak tau n’ cuma denger2 doank ttg dunia politik.
    Tapi abiz gue nonton n’ baca novel Soe Hok Gi, gue jadi tahu arti pemberontakan yang benar dan pembebasan dari tirani pengekang idup kita…
    Soe Hok Gie bener2 bikin gue berpikir untuk melakukan apa yang berguna bt bangsa gue
    Mgkn gue cuma anak sma yg sok tau n’ pengen ikut2an doank, tapi lubuk hati gue ngatain bahwa “lo kudu bisa nerusin cita2 dan perjuangan Gie” yaitu ngebebasin bangsa kita dari korupsi dan kapitalisme petinggi kita
    Gue kudu berbuat sesuatu untuk nerusin cita2nya
    pahlawan marxisme yang bikin gue kagum ini mungkin emang 1 dari 1000 orang, tapi gue pingin jadi penerus selanjutnya
    kata Gie “kita bisa merdeka karena melakukan pemberontakan” jadi gue gak ragu buat nerusin cita2nya
    Hidup Gie…..!!

  295. #295
    gravatar

    Soe, Seorang Tokoh Idealis Yang Terjebak Pada Sebuah Politik Praktis Yang Diperankan Oleh Militer (Bener Gak Sih).
    Jujur Aja Sekarang Ini Sudah NGGAK ADA Lagi Seorang Tokoh Mahasiswa Yang Bisa Meniru Dan Bahkan Sama Seperti Dia. Meski Berbeda Agama saya Sangat Salut dan Ingin Sekali Meneruskan Perjuangan Dia.
    Bagi Teman-Teman Yang Masih Punya Idealisme Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Mari Kita Bangun Kembali Idealisme Mahasiswa Yang Sebenarnya.
    Jika Ada Yang Tertarik, Mari Kita Buat Forum Tentang Mahasiswa Yang Idealisme.
    Saya Masih Mencari Format Yang Tepat dan Pas Untuk Melakukan Hal Itu. Jika Ada Yang Bisa Membantu, Kirim Email Ke Almabruri@Yahoo.Com
    Kita Buka Lembaran Baru Bagi Mahasiswa Yang Anti Kolonialisme dsb.
    “SOE TETAP DIHATI PARA MAHASISWA YANG PEDULI DENGAN MUSTAD ‘AFIN”
    Anti Kemapanan Terhadap Sistem Yang Tak Beres.
    Hidup Mahasiswa……..!
    Hidup Rakyat…….!!
    Hidup SOE Dihati Kita…..!

  296. #296
    gravatar

    SOE Hok Gie adalah contoh yg konkrit tentang ke tidak puasan dan ke tidak adilan system demokrasi yg ada di NKRI!! Mudah mudahan dgn ini semua kita bisa belajar dgn lebih terbuka dalam pikiran dan sikap untuk membina tingkat ke demokrasian di INDONESIA YG SUDAH LAMA TIDAK NAIK2 KELAS!!! alias demokrasi anak SD! bisa nya teriak teriak doang.
    Marilah dgn bersama kita belajar lebih baik lagi tentang bagaimana seharusnya system demokrasi di jalankan tanpa harus membedakan suku, keturunan, ras, agama dan tetek bengek peninggalan feodal! di negara kesatuan kita yg kita cinta.
    Cobalah belajar lebih dalam lagi sebelum kita bertindak apakah tindakan2 kita mencerminkan sikap demokrasi yg sehat atau hanya sebagai koar2 belaka di jalan jalan!.

    Saya salut terhadap mahasiswa yg boleh di bilang sebagai megaphone nya rakyat, tapi sebagai kader2 Soe Hok Gie berikut nya hendak nya tingkat intelijensi nya juga di tingkat kan untuk mendukung suara hati rakyat!Demi tercapai nya cita2 DEMOKRASI YG KITA IDAM IDAM KAN!.

  297. #297
    gravatar

    kesukaan gue naik gunung dulu gue pernah dateng ke semeru, bareng anak2 mapala gue, dan entah kenapa semua temen-temen gue mimpi ada orang yang manggil2 gie…gie…gieeeeeee…. itu terjadi setelah gue keliling2 di semeru. dulu gue ga tau apa yach.. gie ” nama orang?, nama makanan? ato apa!$%@&*!, gue ga tau karena jujur gue ga suka baca jadi gue ga tau:D setelah gue pulang dari semeru tiba2 temen gue ngajak ke gramedia buat beli alat2 kantor, di sana gue nemuin buku tentang “SOE HOK GIE” dan dengan terpaksa gue baca soalnya gue inget ada kata2 “Gie..” setelah gue coba baca ternyata gie adalah “seorang mahasiswa yang tanpa lelah mencoba untuk membangkitkan bangsa dari keterpurukan”. setelah gue baca itu semua, gue ga tau apa maksud mimpi2 itu:D tapi setelah kejadian itu gue jadi suka baca, nulis. Dan memulai untuk menulis di “blog” dan gue lebih bebas setelah gue belajar tentang pemberontakan dan pembebasan dari ketidakadilan:D

  298. #298
    gravatar

    GIE ADALAH SOSOK PEMUDA HARAPAN BANGSA…
    AND TENTUNYA “pARA PEMUDA yg HIDUP di ZAMAN SEKARANG!”
    SEBUAH INSPIRASI YANG DATANG DARI TUHAN UNTUK PERUBAHAN!


  299. #299
    gravatar

    GIE…DIA ADALAH SOSOK YANG DAPAT DIBANGGAKAN “BAGI PEMUDA YANG HIDUP DI ZAMAN SEKARANG..BTW GUE PENGEN JG TUH SEPERTI DIA..WOIII ANAK BANGSA!! AYO BUAT PERUBAHN TOEK NEGERI INI!
    J9N BWT SIA2 ‘PERJUANGAN Soe Hok Gie’

    oppy_torres_mHsSwA_INDONUSA_eSa_Un99uL

  300. #300
    gravatar

    Salute buat GIE, dan Nicholas Saputra, serta Lagu Donna nya

  301. #301
    gravatar

    Kasian pak soe ini….

    Idealismenya tergla jaman dan hanya jadi pemanis tidur para hedonis.

  302. #302
    gravatar

    Assalamu’alaikum,
    sy berpendapat ttg soe hok gie,
    dy org na tdk memandang bulu dan sy semenjak smp sudah mengagumi tokoh seperti dy,
    dan yg sy suka dr gie: kata” na sangat hebat,
    pha Lg ma kata” na: ” lebih baik mati dari pada menyerah d’ dalam kemunafikan ” . dan meskipun dy berbeda agama tp pemikiran na utk smua na .

  303. #303
    gravatar

    Soe hok gie seorang demonstran yg ga’ pernah puas melihat pemerintah yg suka maenin rakyat na,

  304. #304
    gravatar

    aku cuma bilang terima kasih untuk sang pembuat ide.., kenapa harus ada sosok soe hok gie tahun ini, hanya saran / kritik
    darimana dapat idenya? dan kenapa harus beliau yang di tampilkan, pasti ada sosok lain di balik adanya tokoh soe hok gie tahun ini..
    akan lebih ex..m bila ia di tampilkan saja tahun depan!
    aku tunggu ya..
    terima kasih

  305. #305
    gravatar

    GIE……hmmm, bagus juga kalo pemuda masa kini tidak terkungkung dalam kekalutan politik yang pelik. Seperti yang selalu diisyaratkan seorang Soe Hok Gie, prinsip hidup adalah hal terbaik yang kita meliki. Trus?mengapa takut untuk memperjuangkannya!!

  306. #306
    gravatar

    Gie menjadi simbol perjuangan. Perjuangan tanpa tersekat dalam kelompok/golonganisme yang sempit. Dia ingin meneruskan falsafah garam. Garam itu sangat sederhana. Yang diketahui darinya hanyalah menggarami tanpa harus nampak secara kasat mata kepada para tamu.
    Thanks Gie

  307. #307
    gravatar

    soe jiwamu akan aku kenang selalu kemunafikan di abad ini semakin parah

  308. #308
    gravatar

    Gie.. Manusia yang sadar bahwa dirinya Manusia..

  309. #309
    gravatar

    the best created of human

  310. #310
    gravatar

    gie akan selalu hidup dalam imajinasi para penerus bangsa, dikala teman-teman seperjuangannya yang meneriakkan demokrasi luluh bersama pangkat yang diberikan politisi2 pemerintah, dia tetap dijalur yang diyakininya yaitu menentang ketidak adilan dengan caranya sendiri.

    semoga para mahasiswa tidak lupa dengan janji2 mereka saat bergerak melawan ketidak adilan pemerintah dan tidak silau akan pangkat2 yang akan diberikan pada mereka oleh pemerintah dan meniru gie dalam menjalan kan sumpahnya sebagai mahasiswa

    ……………..viva demokrasi indonesia……………………………………

  311. #311
    gravatar

    Andaikan masih ada orang seperti Soe Hok Gie di era sekarang ini, pasti Indonesia sudah jauh berubah menjadi lebih maju dari sekarang.

  312. #312
    gravatar

    soe hok gie

    kami mendukungmu……….

  313. #313
    gravatar

    soe hok gie adalah seorang yang berjiwa besar. yang tidak bisa hidup tanpa sehari saja memperotes pemerintah… saya setuju dengan apa yang dikatakan dalam film soe hok gie “kita merdeka karena soekarno, bung hatta berani memmperotes” sehingga kita merdeka pada sekarang ini… soe hok gie adalah orang yang paling saya kagumi…. sebab pemikiran saya tentang apa yang terjadi pada masa lampau hampir sama dengan pemikiran saya… dan jalan hidup dia dengan saya hampir sama…

    Hari ini aku lihat kembali
    Wajah-wajah halus yang keras
    Yang berbicara tentang kemerdekaaan
    Dan demokrasi
    Dan bercita-cita
    Menggulingkan tiran

    Aku mengenali mereka
    yang tanpa tentara
    mau berperang melawan diktator
    dan yang tanpa uang
    mau memberantas korupsi

    Kawan-kawan
    Kuberikan padamu cintaku
    Dan maukah kau berjabat tangan
    Selalu dalam hidup ini?
    Aku hanya bisa berkata
    “Lebih baik diasingkan dari pada menyerah pada kemunafikan”

  314. #314
    gravatar

    sedikit menyedihkan tapi cukup untuk membangkitkan semangat jiwa muda yang telah terkubur lama. membangkitkan kita yang tertidur, membukakan mata kita yang buta akan realita apa yang ada. saluuuuut…. buat gie

  315. #315
    gravatar

    Aku dari Malaysia..
    Student of UiTM, Shah Alam..currently studying Mass Communication & Media Studies..
    Aku mula mengenali Soe Hok Gie pada tahun 2005.
    Aku mengenalnya dari buku biography nya.
    Menyentuh hati kerasku.
    Perihal jalan fikirannya. Hati yang mahukan damai. Hati yang penuh cinta..pada diri, manusia, alam, negaranya..
    Semoga rohnya akan slalu bahagia di sana…

  316. #316
    gravatar

    Beliau telah tiada 37 tahun lalu, namun semangat dan jiwa nasionalismenya tak pernah pudar. kita, sebagai penerus bangsa memang tak di tuntut menjadi dia, tapi kita dituntut untuk memiliki semangatnya.
    Hidup So Hok Gie ……..!
    You are my hero.

  317. #317
    gravatar

    ADA SATU ADEGAN DIDALAM FILM INI… (MUNGKIN SAYA EMANG KURANG NGERTI KALI)… PAS KETIKA TERJADI DEMO, GIE ADA KAN SAAT ITU.. TAPI GIE MALAH.. DIEM… NGELIATIN YANG DEMO… TRUS PERGI (KAYAK YANG NGUMPET GITU) GITU AJA SAMBIL LIATIN YANG DEMO…

    KO SAYA RASA ANEH SIH?!

  318. #318
    gravatar

    gie….
    sosok pemuda ang kritis dan realistis dalam menghadapi problematika indonesia saat itu. sosok pemuda yang inginkan segala perubahan mengenai penindasan pola pikir masa orba.
    eh……..adegan ciuman tuh juga beneran ada dalam kehidupan gie sesungguhnya? ehm, menyentuh kalbu bok!

  319. #319
    gravatar

    saya adalah seorang pengagum soe hok gie.Bagi saya dia adalah seorang aktifis mahasiswa yang sangat disegani pada masanya.soe merupakan sebuah spirit bagi saya untuk menjalani kehidaupan sebagai seorang mahasiswa.Mungkin saya ma soe..memiliki kesamaan dalam hal hobi, aku juga suka naik gunung seperti soe, pencinta alam merupakan jiwa saya.aku sendiri naik gunung sudah sangat sering, mungkin gunung seputaran jawa timur sudah 60% aku daki, hanya satu keinginan saya yaitu niak semeru!tapi saat ini semeru masih ditutup untuk pendakian.jadi saya harus menunda rasaku itu.salam buat seluruh manusia yang suka ama perjuangan soe hok gie dimanapun kalian berada

  320. #320
    gravatar

    Dasar bego ni Priyadi goblok

  321. #321
    gravatar

    (hi ..kenalin saya alumni jur.Sejarah UPI bdg dan FIKOM Humas.Unpad)what the helll?kenapa org segreat SHG bener2 dihidden?swear! saya baru tau bahkan denger SHG 3 hari kemarin di acara Metro TV telling SHG in memoriam atao apa(lupa nama acaranya)baca comment temen2 diatas sejarah SMP, SMA gapernah mencatatnya bahkan sayapun slama kuliah di sejarah UPI/IKIP bdg ato jg di FIKOM unpad bener2 ga pernah denger namanya dsamping mngkn jarang baca jg he222 X, tapi walo skarang baru saya search…ternyata Beliau memang pantas dapat julukan pahlawan, diabadikan walo memang mungkin hanya bisa kita patri dalam benak dan hati setiap generasi bangsa Indonesia. Sungguh bukan masalahin SARA tapi memang mungkin sebagai orang keturunan saya salut!dengan apa yang telah Beliau korbankan, tanpa memandang bahwa dia bukan pure Indon, SHG adalah SHG dia telah memilihnya, menyitir yang ditulisnya diatas dari quote yunani berbahagialah dia yang mati muda, Gie memang tidak sia2 walaupun meninggal dalam usia muda namun segala apa yang diperjuangkannya takkan pernah mati…sekarang hari ini pabila dia masih ada mungkin Gie masih akan tersenyum walaupun masih ada yang mengganjal dihatinya “Bumi pertiwiku elok kian elok malah, tapi mungkinkah penghuninya pun kian elok?!entahlah….maffkan Gie ini mungkin bukan salahmu Pertiwi kini sedang dilanda duka yang berkepanjangan, duka moral yang parah….korupsi?KKN? akh itu hanya sebagian kecil ..entah siapa yang harus bertanggung jawab.tq.

  322. #322
    gravatar

    SOE HOK GIE!aku bukannya ngikut ato apa nulis-nulis soal Gie tapi ini bener-bener ungkapan dari seorang aku.aku dulu sama sekali nggak tau apa-apa tentang sosok Gie, heran deh kok sudah pada tau tentang Gie dari SMP ato SMA bahkan filmnya diputer pun yang lain pada ribut pengen nonton tapi aku biasa-biasa aja(aku cuman tau, ooo..nicholas yang jadi tokoh Gie dan ceritanya pun aku nggak tau tentang apa katanya seh “berat”).Tapi sekitar bulan februari kemaren pas nganterin temen ketaman bacaan aku nggak sengaja nemu bukunya “Memoar Biru Gie” karyanya Agus Santosa dan nggak tau kenapa aku pengen pinjem buku itu.Aku nggak tau juga kenapa waktu baca tulisan Andreas Harefa “manusia pembelajar” aku ngerasa tertohok sekali(itu aja baru tulisan seorang Andrias Harefa belum baca langsung buku tentang CSD, kalo sekarang seh udah punya).Disitu aku ngerasa bahwa “status” aku seorang mahasiswa bener-bener dipertanyakan.Bagaimana mungkin seseorang dengan “status”yang sama tapi mempunyai pola pikir yang berbeda. Aku malu!Aku jadi inget kata-kata seniorku pada materi tentang organisasi bahwa secara nggak langsung kita ini memang dibentuk menjadi otomat-otomat(robot)kampus yang taunya cuma kuliah, kost-kostan dan pacaran!aku nggak bisa jelasin, yang jelas buku ini bener-bener istilahnya membuka pikiran aku.Aku tidak benar-benar menyanjung seorang Gie karena dia juga punya kelemahan (no body’s perfect) tapi aku benar-benar menghargai idealismenya, keberaniannya dan kejujurannya.Memang benar bahwa hidup diIndonesia ini hanya ada 2 pilihan, IDEALIS ato APATIS!! THANKS, GIE…

  323. #323
    gravatar

    “JIKA HATIMU MERASA GELISAH MELIHAT KETIDAKADILAN DISEKITAR KITA MAKA KAMU ADALAH SAHABATKU…”

  324. #324
    gravatar

    SUATU KOMENTAR UNTUK “GIE”

    Tahun 2005, dunia perfilman indonesia kembali menorehkan sejarah lewat sebuah karya anak bangsa yang berjudul “Gie”. Film yang diperankan oleh aktor papan atas Indonesia yaitu Nicholas Saputra ini, langsung mendapat perhatian oleh sebagian masyarakat indonesia.
    Film ini menceritakan tentang seorang tokoh mahasiswa yang aktif dalam kehidupan organisasi di kampus. Gie, dengan nama lengkap Soe Hok Gie, pada saat itu merupakan pusat sentralistik rekan-rekannya dalam kegiatan di Kampus. Soe Hok Gie terlahir dari keturunan Tionghoa atau bangsa Chinese. Di film ini juga Gie mendapat kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan bapak Presiden Soekarno dalam program Asimilasi atau pembauran suku bangsa, tapi tidak semua dalam cerita film itu mengandung sesuatu yang benar. Ada beberapa hal yang keliru, hal inilah yang akan saya coba bahas dalam tulisan saya kali ini.
    1. Sosok gie pada film ini dikesankan sebagai tokoh yang menolak semua kebijakan dari Presiden Soekarno. Sosok idealis Gie digambarkan kecewa dengan teguran Bung Karno yang mengomentari jas yang Gie pakai di Istana Negara, timbul pertanyaan, apakah seorang Gie tidak tahan atas komentar yang disampaikan oleh Bung Karno mengenai pakaiannya lalu timbul dendam dan mengakibatkan sosok Gie sangat membenci Soekarno? Di film ini, telah digambarkan dengan jelas tokoh Gie yang keliru.
    2. Seorang rekan Gie, semasa kecilnya dulu sempat berpisah dengan Gie, dipertemukan kembali setelah Gie dewasa, rekan tersebut telah bekerja pada Partai Komunis Indonesia. Gie kembali mengingatkan rekannya untuk tidak bergabung di partai tersebut. Rasa kesetiakawanan yang tinggi, tapi disini Gie tidak memberikan solusi pekerjaan kepada rekan tersebut lalu timbul sebuah opini bahwa sosok Gie hanya mampu berpendapat saja.
    3. Pernyataan yang menyudutkan bahwa Sosok Rekan Kecil Gie yang Tionghoa tersebut menggambarkan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) memiliki basis massa yang besar di suku Tionghoa, pertanyaannya apakah suku China merupakan anggota terbesar dari Partai Komunis Indonesia (PKI)? Jika Jawabannya Tidak, maka tidaklah adil untuk menggambarkan suatu suku/etnis dalam kekhilafan sejarah bangsa ini.
    4. Dalam beberapa kali pertemuan/debat mahasiswa, sosok Rekan Gie yang lain yaitu Jaka, digambarkan sebagai seorang aktivis dari organisasi PMKRI yang mengajak Gie untuk bergabung ke organisasi tersebut, dalam gambaran film, dinyatakan bahwa Gie menolak untuk bergabung tapi tidak dalam pernyataan tegas disini gie hanya mengomentari lewat buku hariannya saja. Sosok Jaka juga digambarkan sebagai tokoh aktivis mahasiswa yang setelah mendapat jabatan di pemerintahan tidak lagi konsisten terhadap perjuangan moral mahasiswa. Gambaran ini jelas menyesatkan bahwa aktivis mahasiswa di organisasi extra kampus hanya mengejar jabatan tertentu, setelah itu diam!
    5. Dalam beberapa adegan sempat digambarkan bahwa aktivis GMNI sangat dekat sekali dengan kekerasan. Ini terbukti, saat menyampaikan pendapat di rapat kemahasiswaan, sosok Gie diserang oleh beberapa orang yang tidak senang dengan pernyataannya. Ini jelas keliru, siapa tokohnya pun tidak jelas yang menyerang sosok Gie.
    6. Sosok Gie juga digambarkan dengan sosok misterius, beberapa kali pertemuan dengan anak buah dari Sosok Soemitro, siapa Soemitro? Di adegan film ini digambarkan bahwa Soemitro merupakan orang-orang dari Partai Sosialis Indonesia. Jelas sekali ada sebuah perselingkuhan politik antara Gie dan PSI, benar tidaknya tergantung anda yang menerjemahkan film ini.
    7. Di film ini, Gie juga sempat menulis tentang artikel yang diperoleh dari seorang sumber di Pemerintahan mengenai pembantaian anggota PKI di Pantai Uluwatu Pulau Bali. Kebenaran sejarah ini perlu dibuktikan kembali agar tidak menimbulkan fitnah di kemudian hari.
    8. Setelah tumbangnya Orde Baru, Gie di gambarkan mengunjungi seorang rekan dekat dan menanyakan kabarnya. Setelah itu rekan menanyakan ke Gie apakah dia telah merubah nama Chinanya menjadi nama pribumi, Gie menjawab tidak, kenapa Gie tidak menjelaskan argumen mengenai kebijakan yang keliru terhadap suku China di masa itu? Gie terperangkap pada sebuah dinamika di mana peraturan mengenai nama-nama individu suku China diharuskan mengganti dengan nama yang lebih Pribumi? Dan Gie tidak memprotes sedikitpun, padahal Gie adalah utusan dari Pemuda Suku China yang mengikuti Program asimilasi di era Soekarno.
    9. Ada gambaran yang keliru setelah berjuang mahasiswa mendapatkan kebebasan untuk mengikuti budaya barat dengan adanya adegan Party di film ini. Ini menggambarkan bahwa pada era Soekarno budaya barat tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Budaya hura-hura telah ditunjukan Gie dengan mengikuti budaya barat, hal ini menjadi sebuah kekhilafan sejarah, yang sekarang kita rasakan dengan adanya majalah Playboy Indonesia. Lalu timbul pertanyaan, Warisan siapa ini?
    10. Kematian sosok Gie di Puncak Semeru masih merupakan suatu tingkat kemisteriusan tingkat tinggi. Di film ini tidak dijabarkan dengan jelas perihal kematian “Gie”. Penonton dapat saja berasumsi bahwa kematian Gie suatu rekayasa yang dibuat dengan menjebak Gie di Puncak Gunung. Rekayasa ini dapat saja dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak senang akan tulisan Gie di Orde Baru maupun Pihak yang sakit hati akan tulisannya dalam mempengaruhi pergerakan mahasiswa di Indonesia di tahun 1966.
    Kematian yang misterius membuat Gie sebagai tokoh Idealisme yang di khianati oleh bangsa ini sendiri. Banyak hal yang dapat dipelajari di film ini.

  325. #325
    gravatar

    asli filmnya seru apalagi dengan puisi2nya ypd akhir acara…..waw that’s good movie for me, gw jadi bisa kenal pemerintahan jaman dulu yg bengis dan kotor…”aku bersamamu orang2 malang”kata2 itu yg membuatku terbangun, “aku tak ingin menjadi pohon oak tapi aku ingin menjadi pohin bambu yang berani menentang angin…….HIDUP GIE, namamu akn selalu terkenang di sela2 kehidupan pemerintah yg masih bengis dan kotor……

  326. #326
    gravatar

    wahhhhh, ., .., .gie adalah seorang yang punya dedikasi tinggi terhadap dirinya sendiri, orang lain, dan juga negaranya……….
    dia punya suatun keyakinan dan kebanggaan atas dirinya sendiriiiii dan itu jarang sekali dipunyai manusia jaman sekarang yang terlalu sibuk dengan kegemerlapan dinia dan tidak memperdulikan lingkungan nya itulah yang keluar dari MUlut-mulut generasi bangsa kedepan, ., .,
    seharusnya dengan adanya tulisan yang dibuat gie mahasiswa haruanya lebih kritis lagi dalam mengakoreksi pemrintah, agar tidak di bodoh-bodohin trus

  327. #327
    gravatar

    gw suka salut ma GIE, puisi-puisinya itu looo

  328. #328
    gravatar

    kalau tidak ada penggerak pertama di indonesia ini seperti gie, tidak akan pernah di tau sebuah perubahan yang akan terjadi untuk bangsa indonesia, sekali lagi aku bangga dengan gie, berkat seorang gie lembaga pecinta alam di indonesia mampu mengiringi perjalanan sda yang dalam pengelolaan adil dan berkelanjutan. untukmu saudara kami. gie

  329. #329
    gravatar

    Dona… dona.. dona..

    (by Joan Baez)

  330. #330
    gravatar

    Indonesia dahulu, bukanlah indonesia yang sekarang. yang setiap gerakan mahasiswa didasari oleh nafas perjuangan, seperti yang dilakukan oleh kakak Gie. tapi melainkan mahasiswa sekarang hanyalah sebuah simbol-simbol dibalik kepentingan individu semata. apakah ini akan berlarut sampai negeri ini hancur?
    tanyalah pada hani nurani kalian masing-masing yang merasa dirinya sebagai siswsa tertinggi.

  331. #331
    gravatar

    bagus cuman agak gak dapet profil humanis indonesiannya gitu seh

  332. #332
    gravatar

    bagus ya gitu

  333. #333
    gravatar

    Sampai sejauh ini yang saya tau dari gerakan Gie dalam memperjuangkan hal-hal yang dia yakini adalah tanpa mengikut sertakan kegiatan-kegiatan yang malah menjadi momok ketakutan bagi orang2 sekitarnya.
    Sayangnya kegiatan demonstrasi mahasiswa yang sering kita dengar ini menjadi suatu sumber ketakutan yang mengancam keamanan dan ketentraman masyarakat disekitarnya.
    Saya setuju kalo suara mahasiswa tidak boleh dibungkam, tapi mohon semua mahasiswa yang melakukan itu setidaknya memastikan tidak akan ada aksi pengrusakan yang merusak aset umum (ingat bahwa aset umum itu milik kita semua bukan milik pemerintahan yang korup tapi milik rakyat).
    Saya dukung sekali gerakan GIE yang kiritis tapi tidak membawa dampak kerugian bagi yang tidak bersalah. Semangat, Sikap, dan Cita-cita GIE patut terus ditanam demi Bangsa kita ini.

    Salam Nasionalisme

  334. #334
    gravatar

    Review yang bagus, Soe Hok Gie dan Catatan seorang Demonstrannya memberi banyak pengaruh untuk saya.

  335. #335
    gravatar

    Gue sih pernah denger nama Gie di SMA, tapi cuma dikit. Sebatas bahwa Soe Hok Gie itu udah jadi salah satu orang yang berpengaruh bagi negeri ini.

    Akhir2 ini, nama Gie makin mentereng aja, apalagi setelah Mbak Mira bikin film ‘GIE’. Gambar Gie udah banyak tersebar di mana2.

    Tapi, ada yang gue sesalin. Orang2 sekarang (memang ga’ semuanya) cuma mengatasnamakan kebesaran nama Gie, malah ada yang menyandingkannya dengan Che Guevara. Yang gue ingin tuh, jiwa idealis n’ realis dari Gie tuh bisa terendap di jiwa bangsa ini. Khususnya di kalangan mahasiswa.

    Gue juga suka beberapa puisi Gie, sangat tertarik sekali. Tapi aku kurang sumber, jadi kalo ada yang punya kirimi gue dunk ke guegiegen@plasa/yahoo.com

    In the end, gue ga’ pernah akan jadi Gie kedua. Tapi setidaknya Soe Hok Gie adalah orang yang paling mempengaruhi pemikiran dan hidup gue.

    ‘Gie, kamu tak sendirian’

  336. #336
    gravatar

    idealisme gie adalah idealis pemuda yang resah dengan realitas sekitarnya…
    membaca pemikiran serta memahami tulisan, dan mengerti sejarah hidup gie bukan berarti menjadikan kita ingin menjadi seorang idealis partikelir.

    Realitas kadang lebih fiksi daripada cerita fiksi sekalipun, sedangkan Cerita fiksi adalah realitas sebenarnya….

    Indonesia merangkak…dan dengan kualitas pemudanya sekarang akan terus merangkak sampai meninggalkan bekas di lantai yang berpasir….

    semangat gie adalah semagat orisinil pemuda indonesia…….

  337. #337
    gravatar

    Che sama dengan Ghe dan Gie sama dengan Che….kenapa orang2 seperti mereka yg memiliki hati patriot yg besar tidak dilahirkan di era seperti sekarang ini, tetapi yg dilahirkan dan ditumbuhkan pada saat ini adalah ORANG2 yg Memiliki KEMUNAFIK hati yg begitu besar dan sifat RASISME yg begitu di BANGGA2kan Oleh orang2 dan kaum2 yang sering berpakaian BerWARNA PUTIH dengan penutup KAIN diatas kepalanya dengan meneriakkan ” Hal2 yang Baik tetapi berkantongkan Rasis dan kemunafikan “….Diberkatilah setiap orang yang memiliki hati dan jiwa patriotisme yang Besar….Hasta La Victoria Siampre..

  338. #338
    gravatar

    Gie adalah manusia biasa….
    tapi kita harus ingat…
    hal-hal yang ‘SPEKTAKULER’…
    hanya dapat dilakukan siapa….
    cuma manusia biasa…
    yang bisa melakukannya…

    yang terjadi sekarang…
    hal yang spektakuler…
    hanya dilakukan…
    oleh aktivis….
    yang berlindung…
    dibawah bendera organisasi…

    dimana sosok GIE…
    yang kita kagumi…
    hanya berdiri…
    dengan dua kakinya…

    “APAKAH IDEALIS SELALU TERBUANG
    LAHIR ITU HARUS MATI ITU TAKDIR”

  339. #339
    gravatar

    [...] Salah satu penggambaran favorit saya tentang Gie ditulis oleh John Maxwell, seorang professor dari Australia yang pernah menulis thesis tentang dirinya, dan kebetulan dikutip di blog milik Jay: “Gie hanya seorang mahasiswa dengan latar belakang yang tidak terlalu hebat. Tapi dia punya kemauan melibatkan diri dalam pergerakan. Dia selalu ingin tahu apa yang terjadi dengan bangsanya. Walaupun meninggal dalam usia muda, dia meninggalkan banyak tulisan. Di antaranya berupa catatan harian dan artikel yang dipublikasikan di koran-koran nasional” [...]

  340. #340
    gravatar

    [...] Salah satu penggambaran favorit saya tentang Gie ditulis oleh John Maxwell, seorang professor dari Australia yang pernah menulis thesis tentang dirinya, dan kebetulan dikutip di blog milik Jay: “Gie hanya seorang mahasiswa dengan latar belakang yang tidak terlalu hebat. Tapi dia punya kemauan melibatkan diri dalam pergerakan. Dia selalu ingin tahu apa yang terjadi dengan bangsanya. Walaupun meninggal dalam usia muda, dia meninggalkan banyak tulisan. Di antaranya berupa catatan harian dan artikel yang dipublikasikan di koran-koran nasional” [...]

  341. #341
    gravatar

    mmmmm…pelm nya emg keren…penuh makna….salut bwt produser ma kru nya, mmmm……bukunya yg catatan seorang demonstran masih ada g ya di toko buku, pengen beli…blm baca je, hehehe

  342. #342
    gravatar

    Gila ini postingan, umurnya udah 3 tahun; tapi masih dikomentari terus! Salut!

  343. #343
    gravatar

    GIE; AKU YAKIN SEKARANG DIA TAHU BAHWA BUKU DAPAT MEMBAWA KITA KE SURGA ATAU NERAKA. BANYAK HAL, REFERENSI YANG HARUS KITA CARI. AKU HARAP KITA SEMUA DAPAT BELAJAR DARI SETIAP SISI NEGATIF DAN POSITIF DARI SOE. BELAJAR DENGAN PRINSIP HIDUPNYA OBJEKTIF DAN KRITIS, WALAU KEPADA IDOLA KITA. SEPERTI SOE KE SOEKARNO.

  344. #344
    gravatar

    aq tw SOE HOK GIE qra2 bru staun yg lalu. sempet bc buku “catatan seorang demonstran”nya di perpus skul. Tpi, sayang bgt, beberapa halamannya ada yg hilang…duh pdhal pengeeeen bgt baca buku tu secara utuh! Smua org perlu bgt jadiin buku tu sbg sumber inspirasi hidup di jmn kyk skrg…. HIDUP SOE HOK GIE!! ada salam hormat dari seluruh siswa SMAN 3 DENPASAR………….. We wanted 2 b like u, sir….

  345. #345
    gravatar

    Gie memang sosok mahsiswa idealis yang berpaham sosialis kiri sehingga kadang pola pikirnya sulit dimengerti

  346. #346
    gravatar

    Kasihan Gie…
    Seorang yang anti terhadap ketidakadilan, KKN, kemunafikan, dan mungkin kapitalisme ternyata telah dimanfaatkan oleh kaum kapitalis untuk meraup keuntungan besar. Apa yang telah dituliskan Gie dalam artikel-artikelnya dengan susah payah dan penuh dengan tantangan tidak digunakan untuk mengubah pola pikir kaum muda. Pemilik modal telah mengkomersialisasikan buku-bukunya, bahkan perjalanan Gie juga telah di filmkan yang pada dasarnya bertujuan untuk mengakumulasikan modal.

  347. #347
    gravatar

    GIE, revolusi anda takkan pernah terwujud. Pemikiran2 kaum muda, kaum intelektual, kaum mahasiswa sekarang sudah dikesampingkan dengan pembodohan dan issue2 yg bersemintel politik. Amarah sudah mulai dikedepankan dalam rezim yg baru ini. Kita telah terhasut oleh karena itu. Pemikiran anda, gie, tentang revolusi NKRI sudah hampir mati, tapi kita belum sirna. Asap memenuhi ruangan bertekanan tinggi, sesak napas kaum muda hanya tinggal menunggu mati. Bersatulah kaum muda INDONESIA, jangan takut mati dalam suatu perjuangan, rebutlah dengan nurani dan permikiran2 yg revolusioner dan terbaik untuk bunda pertiwi, walau nyawa taruhannya.
    Filsafat mengatakan belajarlah dari alam, karena itu adalah guru yg paling baik.
    biarkan dingin menjadi selimut keabadian. debu menjadi pengharum tubuhmu. keringat menjadi bukti kegigihanmu. Tinggilah menjadi SAMBHARABHUDARA. Dan raihlah SAGARMATHA-MU.

  348. #348
    gravatar

    MANA GENERTION OF NEW “SOE HOK GIE”
    DIJAMAN SEKARANG SUDAH TIDAK ADA LAGI JIWA SOE HOK GIE DI ANTARA MAHASISWA-MAHASISWA INDONESIA! MAHASISWA-MAHASISWA SEKARANG, KEBANYAKAN MENETEK DARI IBUNYA SAJA. MANA NASIONALIS KALIAN PARA MAHASISWA! MAHASISWA SEKARANG CUMA KEBANYAKAN PETANTANG-PETENTENG DAN HANYA IKUT-IKUTAN SAJA TANPA TAHU TUJUAN UTAMA INDONESIA MERDEKA. DAN ARTINYA TUNGGAL EKA. (JAMAN SEKARANG SUDAH KEBANYAKAN, PEMIKIRAN GOLONGAN SAJA [AGAMA, RAS, DAN HOBI]) KASIHAN INDONESIA SUDAH BENAR-BENAR MATI DIANTARA RELUNG-RELUNG IMPIAN SOE HOK GIE.

  349. #349
    gravatar

    Gie ….
    Bukan sosok yang hanya harus diagungkan, tapi sosok yang harus dicontoh teladannya dan mengambil refleksi dari sikapnya yang selalu membangun negeri ini tanpa melihat agama, golongan, ras.
    Semua hanya omong kosong yang dilakukan oleh pemerintah, hanya sekian persen, itu pun tidak lebih dari satu persen dalam rencana membangun negeri ini.
    Kali ini saya berandai, andai bapak Gie masih hidup, saya akan memilihnya menjadi menteri kesejahteraan rakyat, bukan presiden. presiden hanyalah pemikir tanpa ideologi.

    Terima kasih,

  350. #350
    gravatar

    BanGkitLAh GiE-Gie MasSa Kini…

    DimAna KaLIaN?

  351. #351
    gravatar

    TaKkaN aDA KeBenaRAn tAnpa DiaWaLi pEmbEronTakaN…..

    NegaRa iNi tErLaLu kOtor uNtuK BisA di RubAh Dgn CarA yAng NorMaL…

    KarEna SemUa PemiMpin Dan TiaP eLemEnt Di NegaRa iNi SudaH tiDak NorMaL….TerMasuK SayA, Dan AndA!!

    AkaNkah Kita HanYa DiaM dAn mEnuNgGu MaTi saJa?!?!

    TanYa, Dan cOba PahAMi Apa Yg Ada Di oTak GiE…..
    KeBenaRan Dan KebERaNIan TeLah MAti BersAma GiE…..
    KapAnkaH Kita MemBAnGkiTkan KemBaLI………..

  352. #352
    gravatar

    sosok yang sangat inspiratif… kuat, berkarakter, idealis. jiwa nasionalis dan patriotiknya sudah jarang kita temukan sekarang… tinggal kita yang muda, yang harusnya masih berkarya dan melanjutkan kebenaran yang dulu mati-matian diperjuangkan Gie. woooyyy… pade kemaneeee….!jangan jadi bisu, karena engkau dibungkam. mulut dibungkam, biar pena yang bicara. salam revolusi…

  353. #353
    gravatar

    to make a change… we need sacrifice… like Gie who dare to stand alone without any back-up from political party. go Gie! although Gie has been dead for along time a go… i hope his spirit enter to all of us and make us aware that indonesia is nothing without our struggle. get this chalenge!

  354. #354
    gravatar

    Sehabis baca dan nonton filmnya saya jadi merenung, seandainya dia masih ada apakah idealis masih spt waktu itu? kejadian2 di negri ini membuat saya agak apatis, kita bisa lihat orang2 sehabis era gie yg masih hidup yg dulu perjuangan sama dgn dia tapi sekarang? Seandainya saya menteri pendidikan saya wajibkan para mahasiswa baru utk menonton film dan membaca buku ttg dia bahkan ini lebih bermaanfaat dari pada plonco utk menciptakan mahasiswa2 berhati harimau lahir batin dan selamanya bukan hanya waktu dikampus juga setelah diwisuda .Setelah puluhan tahun dia dipanggilNYA baru kita tau apa Maksud yg diatas untuk memanggilnya di usia muda, setelah melihat opera di negri ini dimana banyak yg dulunya harimau sekarang jd ayam malahan jd kutuk busuk utk bangsanya sendiri

  355. #355
    gravatar

    Gw CuMa mo UcaPin:
    ” SLama kebebasan masa ada kita masih msH bisa bersuara “.

  356. #356
    gravatar

    yaaaaah…. knp ya di negeri ini ga ad org yg Gie lg, coba ada pst die bkl dianggap teroris kali ye… Lo emang udah ga ada, tp semangat demonstran lo yg bnr pasti msh ad di jiwa2 mahasiswa2 sekarng ini

  357. #357
    gravatar

    Memang sosok Soe Hok Gie adalah sebuah fenomena baru bagi kami generasu muda yang saat ini yang sangat membutuhkan seorang figur yang sangat perlu dijadikan penutan.
    KEPADA TEMAN-TEMAN MARI KITA DUKUNG CITA-CITA LUHUR SOE HOK GIE

  358. #358
    gravatar

    ada yabg tahu nggak di mana buku “gie” yang original masih ada?

  359. #359
    gravatar

    Sayang, ya di usia indonesia yang uda 61 tahun ini, indonesia masih belum bisa berevolusi….
    padahal, Frenz….waktu 61 tahun bagi negara seperti kita rasa-rasanya udah cukup untuk berevolusi menjadi negara merdeka yang bener-bener “MERDEKA” dalam arti nggak ada pengkorupsian lagi….tapi sekarang dlam satu taun…..orang-orang petinggi di Indonesia pasti harus ada yang korupsi…..
    Padahal kalau film soe hok gie ini ditonton ama pejabat negara, …
    harusnya mereka tahu kalau dari jaman dulu, …………..masih ada orang yang ingin banget Indonesia merdeka dari yang namanya “Nepotisme”tapi sampai sekarang, ….61 tahun merdeka, ..
    kayaknya nepotisme dan korupsi, Kolusi masih berjaya!

  360. #360
    gravatar

    Semula aku nggak pernah tahu siapa Soe Hok Gie.. tapi setelah nonton film GIE.. wah gila bener.. Kapan lagi ada anak muda kayak dia. Seharusnya ada Gie..Gie yang lain di jaman seperti ini… Aku terharu nonton film-nya. Gie..Gie…

  361. #361
    gravatar

    Medan, 21 Agustus 2006.

    Aku menonton film GIE ( Soe Hok Gie )sendirian di depan komputer.
    banyak makna yang ku tangkap dari sosok idealis Gie yang menentang sistem politikus tua yang hanya mementingkan perut sendiri dan sampai sekarang orang-orang tersebut masih banyak yang jadi pemimpin di negeri antah berantah indonesia.
    Aku juga melihat bagaimana mahasiswa sekarang yang sok idealis dan sok patriotis serta nasionalis tapi hatinya matrealistis.
    Mei 1998 awal kejatuhan Soeharto dan awal kebangkitan generasi muda intelektual yang belum memahami arti dari nilai perjuangan dan kemanusiaan.
    Demontrasi secara pasaran sering dilakukan mahasiswa dengan dalih menyalurkan aspirasi rakyat kecil tapi kenyataannya banyak dari mereka yang mendapat upeti ataupun iming2 tertentu bila orang / instansi yang di demon dapat di goyang.
    Sosok Soe Hok Gie begitu langka di tanah air indonesia, aku rasa warisan budaya mental bobrok koruptor dan pengkhianat yang mengaku pahlawan banyak yang sudah merasuki para intelektual indonesia.
    Yakinlah suatu saat nanti indonesia bakal di jajah bangsa asing dan di pecah-belah menjadi negara boneka bila generasi mudanya masih bergejolak dengan materi dan selalu menghalalkan segala cara.
    Sudah saatnya kita dengan hati lurus dan bersih menganti politikus-politikus tua dan kotor untuk membangun bangsa dengan semangat yang lebih nasionalis ketimbang pejabat sekarang yg katanya pahlawan.
    saran buat intelektual2 muda indonesia jadilah oposisi buat pemerintah dan jangan mencari posisi di pemerintah tapi bila dapat posisi bagus jangan lupakan perjuangan rakyat kecil yang menyambung hidup dengan nyawa.
    maju terus mahasiswa yang punya hati bersih, bangun negeri dan bangsa ini dengan otak yang bersih tegakkan hukum seadil-adilnya walaupun keadilan itu masih dalam bayang-bayang.
    Musuh nomor satu bangsa indonesia adalah KORUPTOR.
    80 % pejabat seluruh indonesia Koruptor.
    10 % adalah penjilat.
    5 % plin-plan.
    5 % adalah pengkhianat.
    Hukum indonesia adalah sandiwara.
    Semoga bukan hanya mahasiswa yang menonton film ini tapi seluruh pejabat indonesia harus menonton film ini.

  362. #362
    gravatar

    Apakah indonesia sudah merdeka.

    17 Agustus 2006…..
    61 tahun katanya indonesia merdeka.
    benarkah indonesia merdeka?
    apakah arti dari merdeka?
    siapakah yang menikmati kemerdekaan itu?

    masih banyak antrian sembako..
    berjejer orang2 untuk mendapatkan minyak tanah.
    aku lihat seperti zaman perjuangan dulu.
    ekonomi sulit…mobil mewah berkeliaran..
    krisis moneter..orang kaya bolak-balik luar negeri..

    sang pencipta marah…
    alam murka melihat kemunafikan..
    bencana melanda indonesia..
    simpatik dunia muncul….
    bantuan mengalir..tapi pejabat makin kaya…
    apakah bantuan kemanusiaan larinya kepejabat?

    Soe Hok Gie sang pencinta alam..
    lihatlah sekarang indonesia kita..
    bencana di mana-mana…
    tsunami melanda…gempa menguncang..banjir menghancurkan.
    Soe Hok gie sang demontrans…
    lihat mahasiswa indonesia sekarang..
    banyak menyuarakan kepentingan orang2 kaya..
    banyak menyuarakan kepentigan golongan2 tertentu..
    akankah ini terus berlanjut…
    semoga indonesia tidak lelah untuk maju dalam palsu.

    wak laboe.
    http://www.smeckmania.com

  363. #363
    gravatar

    perjuanag belum berakhir

  364. #364
    gravatar

    buat mile aku dikirimi lagu genjer genjer dong ama

  365. #365
    gravatar

    Mas Julian, apakah buku-bukunya Soe Hok Gie masih ada di pasaran saya mau mencari. Punya rekomendasi tempat jual buku-buku tersebut

  366. #366
    gravatar

    wah hebat sosok Gie ini.Aku baru menyadari begitu besar makna kemerdekaan ini setelah aku melihat film Gie.Aku juga bisa menegenali siapa diri ini dan kelebihan diriku ini hanya dengan melihat filmnya saja.Seandainya aku hidup pada masa itu pasti aku akan aktif dalam mengikuti kegiatan Mapala yang didirikan Soe Hok Gie. MERDEKAAAAAA

  367. #367
    gravatar

    Soe Hok Gie…
    harusnya jadi contoh tu..buat mahasiswa2 hari ini…
    yang kebanyakan lebih mikirin diri sendiri..
    klo masih ada yang tersisa…seperti Soe Hok Gie..mungkin negara kita g sekacau hari ini..
    semoga semangat dan kritisnya Soe Hok Gie lahir kembali dari buku & filmnya yang dah beredar luas saat ini…

  368. #368
    gravatar

    soe hok gie,
    Dia sosok pejuang pasca proklamasi yang sangat berpengaruh pada perubahan sikap saya seorang pelajar pada masa SMA. Karena Gie, saya jadi sangat menyukai bahkan mencintai dengan perjuangan para intelektual muda di kancah politik Indonesia, karena Gie, sifat takut diri saya dalam mengungkapkan sesuatu pada orang lain jadi hilang, karena Gie, tumbuhlah motivasi dalam diri saya untuk kuliah di F.hukum dng tujuan menjadi praktisi hukum yang selalu menentang kediktatoran pemimpin dan ketidakadilan pemerintah, seta membongkar kedok para pejabat, wakil rakyat dan pemerintah yang menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.Mereka itulah tidak lain hanyalah seorang tikus rakyat yang selalu merampok hak-hak rakyat untuk kepuasan diri dan keluarganya.
    Dan sekarang saya kuliah di F.hukum Unpas Bandung 06, semangat Gie sebagai mahasiswa yang sebenarnya akan coba saya tiru.Karena perjuangan belumlah berakhir selama ketidakadilan belum tertanam kuat di tanah air kita yang tercinta ini..
    ayo para pemuda pemudi Indonesia kita pergunakan masa muda ini untuk beribadah dan mengisi kemerdekaan ini dengan belajar serta semangat perjuangan demi masa depan bangsa kita tercinta ini!
    MASIH ADAKAH SOE HOK GIE LAINNYA?MAUKAH NEGARA TEMPAT KELAHIRANMU INI DIPENUHI OLEH PARA DIKTATOR DAN KORUPTOR BUSUK?TANYAKANLAH PADA DIRIMU MASING-MASING!INGAT MASA MUDA TAK AKAN DATANG DUA KALI!LEBIH BAIK DIASINGKAN DARIPADA HARUS MENYERAH PADA KEMUNAFIKAN.

  369. #369
    gravatar

    Salut buat Soe Hok Gie, masih adakah sosok Soe Hok Gie yg lan d maa skrng?

  370. #370
    gravatar

    Yah wajar aja indonesia sampai sekarang masih bobrok aja. orang dari zamannya gie aja udah ga bener. yah gua rasa ini udah menjadi tabiat yang buruk dari masyarakat indonesia…
    kalaau sekarang gue rasa ngga ada yang kaya gie lagi! Hahaha mati aja deh kaya gie lebih enak kali yah>>>>
    kapan yah gue bisa kaya gie yang membrontak pad ketidak adilan CEiiileeh “keadilan” hahaha.
    well kalo dia masih hidup gue mau tuh ma anaknya, hehhee just kidding!
    gue hanya pengen ngucapin thanks ma mira lesmana and nicholas karena udah berperan hebat dalam film gie ini thanks banget!

  371. #371
    gravatar

    salut untuk gie

  372. #372
    gravatar

    Mau juga dong lagu genjer-genjernya…
    TQ….

  373. #373
    gravatar

    aduh aku belum tahu ceritanya gie………
    tapi denger dari orang dan aku kagum sama tuh sosok

  374. #374
    gravatar

    apan tuh sukok jiek or whatever lah just big bullshit!

  375. #375
    gravatar

    Seseorang yang lahir melompati jaman dalam pemikiran yang sangat intelectual.

    Orang yang lebih INDONESIA dibanding orang INDONESIA sendiri. Banyak buku yang ia baca tapi waktu yang mengajar dia untuk menjadi dewasa lewat pemikiran yang intelektual dari orang-orang yang ia kagumi dari setiap buku yang dia baca.

    KITA boleh baca faham KOMUNIS tapi tidak harus menjadi komuniskan…..
    BOLEH TUH SARANNYA LAGU GENJER-GENJER DIPUTAR

  376. #376
    gravatar

    kegigihan sebuah sikap yang tidak munafik kepada keyakinan, tetapi memberikan warna kejujuran kepada seorang pemuda

  377. #377
    gravatar

    Saya seorang Indonesia, seperti Gie.Bila saya pergi keluar negeri saya tidak mau disebut orang Asia, atau orang melayu. Saya tetap ingin disebut “Orang Indonesia”, kenapa?. Karena saya mencintai Indonesia, dengan segala KELEBIHAN dan KEKURANGANNYA. Apapun yang terjadi di Indonesia walau baik ataupun buruk saya tetap Cinta Indonesia. Saya yakin semasa hidup Gie juga cinta Indonesia, saya salut padanya karena dia mau berusaha memperbaiki kekurangan, keburukan di Negeri ini dan tidak hanya menikmati kelebihan dan kebaikan yang diberikan oleh Negeri inisaja. For Miles Films, film GIE adalah karya yang Luar biasa, namun Indonesia membutuhkan ratusan karya spektakuler lainnya seperti Film GIE. Aku tunggu karya spektakuler darimu selanjutnya. Salut 4 You:)

  378. #378
    gravatar

    gie jika kau melihata kami diatas sana terlunta lunta akibat ulah kami sendiri yang tidak pernah bisa meneriakan kebenaran hanya karena tirani dari pemerintah yang semu, gie maafkan kami yang mengaku sebagai intelektual muda tapi hanya bisa bersenda gurau dan bermolek ria tanpa pernah sedikitpun memikirkan arti perjuangan mu atau bahkan berniat meneruskan perjuanganmu, gie kutuklah kami manusia yang mengaku mahasiswa tapi bermental seorang pelajar SD gie keadaan saat ini tidak jauh berbeda ketika kau mengahncurkan rezim soekarno hanya saja sekarang manusia yang bermental seperti kau hampir tidak ada termasuk AKU, maafkan kami GIE

  379. #379
    gravatar

    Semua orang yg sudah membaca atau melihat tulisan2 gie (setelah gw baca komen2 di atas) mengatakan terpengaruh bahkan ingin meniru apa yg telah dilakukan oleh gie walaupun tidak sekeras gie. Namun, berhati-hatilah terhadap perkataan lo semua, karena di zaman gie aja banyak orang yang seidealis dengan gie, namun setelah mereka mendapat jabatan mereka menyimpang dari apa yg pernah diperjuangkan dulu. Yang terpenting adalah konsistensi dalam menjalankan perjuangan dan tentunya selalu introspeksi diri dan selalu bertanya dalam diri lo2 semua. APA YANG SUDAH SAYA BERIKAN/LAKUKAN UNTUK NEGARA?

  380. #380
    gravatar

    Janganlah jadi orang-orang yang acuh terhadap lingkungan dan bangsanya sendiri, tetapi jadilah orang yang revolusioner………!!
    mari kawan kawan kita lawan liberalisme dan neo kolonialisme dengan semangat solidaritas.ingatlah kekuatanmu ada di hatimi maka ikutilah kata hatimu

    salam perjuangan…….
    hidup mahasiswa………

  381. #381
    gravatar

    saya jadi suka baca buku sastra karena nonton film Gie. inspirasi di dalam otak keluar semua tapi tentu yang baik-baik aja. kalo ada yang jual bukunya Alm. Soe Hok Gie “Catatan Seorang Demonstran” tolong kabarin karena saya ingin punya. makasih Gie atas semua yang kamu lakukan semasa hidup.

  382. #382
    gravatar

    Mungkin hari ini tidak ada movement kaya dulu.
    Mungkin Gie hanya ada dalam Film
    Mungkin Gie menangis melihat reformasi
    Memang seperti itu kenyataannya
    Mahasiswa sekarang kaya mangga karbitan
    tanpa mau mempelajari lebih dalam
    hanya ikut-ikutan
    untuk popularity dan tendensi
    public pun tidak respect lagi

  383. #383
    gravatar

    Mungkin hari ini tidak ada movement kaya dulu.
    Mungkin Gie hanya ada dalam Film
    Mungkin Gie menangis melihat reformasi
    Memang seperti itu kenyataannya
    Mahasiswa sekarang kaya mangga karbitan
    tanpa mau berEVOLUSI bukan REVOLUSI
    hanya ikut-ikutan
    untuk popularity dan tendensi
    public tidak respect lagi
    reformasi yang dulu sudah basi
    tragedi trisakti hanya sebuah saksi
    luka hati yang pernah mati

  384. #384
    gravatar

    Soe, K3reN banget…gw Suka tokoh demonstran seperti dia.
    “AKAN KAH LAHIR SOE HOK GIE YANG LAINNYA DI NEGRI KITA?”
    Saya Harap akan banyak Soe yang lainnya, dan bahkan lebih cerdas dari soe Hok Gie!

  385. #385
    gravatar

    GIE KEREN ABIS:::::;;;;;;;;;;;;;;;;

  386. #386
    gravatar

    SEANDAINYA SAAT INI TERLAHIR KEMBALI ORANG SEPERTI GIE

  387. #387
    gravatar

    Gie, Cak Munir & Prof Ris…!
    Dulu Kawan Gie…
    Kemaren Cak Munir
    Kini Prof Riswandha
    Ketiga tokoh Demokrasi itu kini telah tiada…
    Semua bersedih
    Semua merasa hilang
    Entah kapan akan ada lagi
    Di tengah-tengah republik kian ruet
    Ruet sosial, ruet HAM, ruet politik
    Mengapakah orang-orang baik negeri lekas dipanggil?
    Indonesia idaman bertestimoni…

  388. #388
    gravatar

    KEMARIN 17 AGUSTUS TEPATNYA SEBULAN YANG LALU
    AKU MELIHAT UPACARA 17SAN DI LAPANGAN MERDEKA DIKOTAKU
    LANTAS TERBERSIT TANYA DALAM HATIKU
    KENAPA YA DICATATAN GIE DIA NGGAK PERNAH CERITA TENTANG 17 AGUSTUSAN
    BAIK SAAT DIA MASIH KECIL SAMPAI DIA KULIAH
    TIBA-TIBA TERBERSIT KERAGUAN AKAN RASA NASIONALISME GIE
    BENARKAH DIA BENAR-BENAR MENCINTAI BANGSA INI
    AH MUDAH-MUDAHAN KERAGUAN INI SALAH ADANYA
    TAPI GIE TETAPLAH SUDAH MENJADI BAGIAN DALAM SEJARAH BANGSA INI
    WALAU HANYA ORANG-ORANG TERTENTU YANG TAHU TENTANG GIE

  389. #389
    gravatar

    SOE HOK GIE keren bngt. Andai dy masih hidup sampai skrang, bw pengen bgt berguru ma dy. klo ada informasi yg super lgkp ttg dy gw pengen bgt mmpelajari. Hidup Soe Hok Gie. Klo ada gmbr2 Ato foto ttg dy yg original lho gw mo to.
    LESTARI!

  390. #390
    gravatar

    SOE HOK GIE….
    MENGENAL OBYEKNYA DARI DEKAT MAKA TUMBUH KECINTAANNYA…
    JGN HANYA SLOGAN, HIPOKRISI-HIPOKRISI YG KITA BISA
    BERAPA BANYAK GENERASI BANGSA YANG MATI TERTIDUR DI DATARAN PEMIKIRAN….
    MATI MUDA….

  391. #391
    gravatar

    aku tau gie awal 2006, baru liat filmnya di tivi swasta. sumpah keren banget, aku sampe nangis waktu dia diceritakan meninggal.
    jiwa petualanggannya itu loh yang bikin keren. karena aku udah buktiin sendiri, bahwa belajar mengenali diri sendiri adalah dengan menyatu bersama alam. naik gunung… di situlaH kita akan tahu siapa kita yang sebenarnya. buat kalian yang ingin mengenal diri dan mengembangkan diri, belajarlah pada alam. tempat yang Tuhan ciptakan untuk kita ketahui.
    salut buat gie.kok bisa ya tokoh sekelas gie baru dikenal banyak orang setelah ada filmnya? kenapa buku2nya kok susah dicari?
    gie, semoga akan terlahir kembali…..

  392. #392
    gravatar

    yang saya senangi dari Soe Hok Gie itu tidak memandang Jabatan ato kekayaan ato segalanya yang tidak kekal…
    “LEBIH BAIK DIASINGKAN DARI PADA MENYERAH PADA KEMUNAFIKKAN..”
    kata-kata itu yang selalu menjadi panduan saya untuk menjadi aktivis jujur di Kampus saya (Univ.Bunda Mulia)

  393. #393
    gravatar

    Mengapa para aktivis jaman sekarang hanya bisa berteriak di belakang dan berbuat anarkis? kemana para aktivis yang siap melakukan apa saja demi bangsa ini? teman-teman mari kita buat sebuah komunitas yang seperti alm.gie pernah buat, dan kita perjuangkan apa yang pernah ia perjuangkan… tanpa pandang RAS Indonesia baru bisa maju… “MENGAPA NEGARA LAIN BISA, DAN KENAPA NEGARA KITA TIDAK BISA?” komunitas BADAI (Badan aktifis dan aktifasi Indonesia). buat yang berminat email saya di “f_lawrence13@yahoo.com”

  394. #394
    gravatar

    SOE HOK GIE……. SOSOK PEMBERANI SEBAGAI PEJUANG SEJATI PENUH DENGAN KEBERANIAN DA INTELEKTUAL.TANPA MEMEANDANG RAS, AGAMA, GOLONGAN.INI BARU PEJUANG.BAGI YANG MASIH MENGATAKAN PEJUANG TAPI ATAS NAMA GOLONGAN ATAU LAINNYA, HEI MATILAH KAU ORANG MUNAFIK….HANYA PEJUANG SEJATI YANG MENYATUKAN INDONESIA, TANPA MEMADANG SUKU, AGAMA, N GOLONGAN.
    SOE AKAN HIDUP BERSAMA PARA SEMANGAT AKTIFIS INDONESIA, HEI PARA ATIFIS MAHASISWA INDONEISA BERSIKAPLAH SEPERTI DEWA INTELEKTUAL SOE HOK GIE.N JANGAN BISA HANYA ANARKIS, TAPI KITA TUNJUKKAN DENGAN RASA SEMANGAT JUANG MEMBAGUN NEGARA TERCINTA KITA INDONESIA.
    “JANGAN MENJADI ANJING-ANJING YANG MENGGONGGONG JIKA MERASA TERANCAM, DAN LARI SETELAH ADA YANG AKAN MELEMPAR BATU” MARI KITA BERJUANG DEMI NEGARA REPUBLIK INDONESIA.
    HIDUP SOE SEMANGAT MAHASISWA SEJATI.
    BUAT TEMEN2 SOE YANG LAIN PARA SAHABAT SEJATI SOE KITA BUTUH DOA N SEMANGAT SERTA DUKUNG MAHASISWA INDONESIA.

  395. #395
    gravatar

    KADANG AKU BERFIKIR AKAN KEMANAKAH NEGARA INI BERJALAN, BANYAK ANJING2 YANG BERKELIARAN MENGUMANDANGKAN PERUBAHAN TETAPI ATAS NAMA AGAMA GOLONGAN ATAU YANG LAINNYA.AKU BINGUNG KENAPA PARA ANJING ITU BANYAK PENDKUNGANYA.HARUSNYA KALIAN SEMUA MATI ATAU JANGAN TINGGAL DINEGARA INI.INI NEGARA YANG DEMOKRATIS TANPA ADA AGAMA TERTENTU DAN GOLONGAN TERTENTU YANG MENGUASAI NEGARA INI.NAMUN MENGAPA MEREKA DIANGGAP DEWA BAGI RAKYAT-RAKYAT KU PADAHAL MEREKA AKAN MENJADI BUDAK.AKU KADANG MERASA KENAPA ETNIS TIONG HUA MENJADI “MUSUH” BAGI PENDUDUK INDONESIA, BUKANNKAH MEREKA JUGA LAHIR SERTA BERJUANG UNTUNK NEGARA INDONESIA JUGA! KENAPA HAL INI MASIH SAJA BERLAKU, BANYAK PEJUANG DARI ETNIS TIONG HUA YANG MERELAKAN JIWA SERTA RAGANYA DEMI NEGARA TERCINTA INI, NAMUN MEREKA SELALU GOLONGAN TERPOJOK DI NEGERI INI? SAAT NYA TANPA PANDANG BULU PERJUANGAN KITA TERHADAP PEMBUSSUK BANGSA INI.KITA ADALAH SATU BANGSA INDONESIA, KITA ADALAH SATU, SATU BAHASA INDONESIA DN SATU, SATU NEGARA INDONESIA…….
    HIDUPPP PERJUANGAN INDONESIA

  396. #396
    gravatar

    Saya setuju dgn “prajurit soe”

    [Quote]AKU KADANG MERASA KENAPA ETNIS TIONG HUA MENJADI “MUSUH” BAGI PENDUDUK INDONESIA, BUKANNKAH MEREKA JUGA LAHIR SERTA BERJUANG UNTUNK NEGARA INDONESIA JUGA! KENAPA HAL INI MASIH SAJA BERLAKU, BANYAK PEJUANG DARI ETNIS TIONG HUA YANG MERELAKAN JIWA SERTA RAGANYA DEMI NEGARA TERCINTA INI, NAMUN MEREKA SELALU GOLONGAN TERPOJOK DI NEGERI INI? SAAT NYA TANPA PANDANG BULU PERJUANGAN KITA TERHADAP PEMBUSSUK BANGSA INI[/Quote]

    Pahlawan Terbaik Indonesia sepanjang masa: Soe Hok Gie.

  397. #397
    gravatar

    Sangat ironis sebenarnya melihat bangsa kita, pada saat jaman ORBA, orang-orang dibungkam bila vokal karena ada suatu rezim yang berkuasa. Tetapi setelah masuk era’reformasi’ dimana orang bebas berbicara, orang-orang seperti Soe Hok Gie keluar dan berbicara lantang, malah tidak kelihatan. Yang ada adalah tindakan fisik yang merusak. Apakah otak telah tumpul untuk berpikir, sehingga tinggal fisik saja yang dapat bergerak? Tidak ada lagi orang yang berani mengajak orang berpikir, yang ada adalah orang yang mengajak orang untuk anarkis. Dan ‘alamaaak’… banyak orang menyukai pilihan kedua…! Aneh bukan?

  398. #398
    gravatar

    Gie….
    orang yang gw idolakan dari dulu….
    gie…
    ga ada anak muda skarang yang sperti gie..
    tapi,
    gw beda…
    “I’ll be u”
    salam rimba

  399. #399
    gravatar

    Gie…Soe Hoek Gie
    Soe Hoek Gie adalah sosok seorang mahasiswa pasca kemerdekaan yang punya jiwa revolusioner yang sangat besar. walaupun jasadnya telah tiada namun sosoknya menjadi inspirasi bagi saya. Bahkan berpengaruh banget dalam pribadi hidup saya, khususnya dalam dunia “MAPALA”. Membaca sosok Gie, membuat ketertarikan saya terhadap Mapala semakin besar. Di Mapala-lah saya menemukan jati diri saya sebagai manusia.

  400. #400
    gravatar

    saya berharap sikap gie dapat ditiru, karna saya ju ga merasakan negara kita yg sudah mulai hancur dgn banyaknya permasalahan yg blm dpt diseleseikan. dan oleh karna itu saya mendukung gie

  401. #401
    gravatar

    setelah menonton filmnya aku langsung kagum ma sosok gie, aku mulai mencari bukunya di perpus.dan aku senang banget ma bukunya. sayang ada bagian yang gak dicatat juga di bukunya. yaitu seputar peristiwa yang terjadi di tahun 1965(pemberontakan PKI)padahal di filmnya diceritakan jelas.kenapa? lantas skenario filmnya didasarkan darimana untuk peristiwa-peristiwa di tahun tersebut.

  402. #402
    gravatar

    gie seorang mahasiswa yang hebat yang patut dicontoh generasi sekarang…hatinya selalu bergetar pabila melihat ketidakadilan didepan mata…salut untuk soe hok gie!!!

  403. #403
    gravatar

    Kemunafikan demi kemunafikan akan terus menghiasi hari-hari republik ini.
    Saya, anda dan siapapun yang berdarah muda sudah sangat terlambat untuk berbakti kepada negeri ini.
    namun, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali bukan…???
    Hiduplah negriku, pemudaku.
    Indonesia raya… Merdeka….Merdeka

  404. #404
    gravatar

    betul kekecewaan Gie ma temen2nya yang lantang waktu jadi Mhsswa tp klo dah jadi pejabat, cuma bisa bilang “kita gak bisa terlalu idealis zaman sekarang’
    trnyata meski udah dt taun 66, sifat yang kaya gitu masih ada mpe taun milenium…masih bnyk mahasiswa skrg yang jg begitu..tapi Gie gak sia-sia,stidaknya kita lebih banyak tau tentang kemunafikan berbungkus intelektual
    Hidup Gie!!!
    Akulah Pendukungmu

  405. #405
    gravatar

    (^(oo)^)waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwwwwhhhhh…… kisahnya bwaaaaaaaaguzzzzzzssssshhhhh bwangggggeeeeett…. ampe gw klepek-klepek….. serruuuu bwanggget!!! mantep lah coyyy…aku suka… dan Aku senang… weeeeewwww… sennnnnaaaaangnya hatiku… melihat engkau….

  406. #406
    gravatar

    soe Hok Gie…
    idealis…
    menantang kemunafikan…
    potret seorang anak muda yang perduli bangsanya…

  407. #407
    gravatar

    to: yang kagum akan nama seorang soe

    di medan masih jarang orang** yang mengerti akan siapa itu soe tapi kami tau pasti apa yang diinginkan olehnya , orang yang tau akan moral dari negeri ini adalah sahabat darinya , dikota ini masih banyak kapitalis** yang masih ingin hidup mungkin 50 tahun lagi , tapi kami ingin mati muda seperti dia …. salam kenal buat kapitalis** negeri ini . taikkkkkkk

  408. #408
    gravatar

    “naik gunung tidak akan mempercepat atau memperlambat kematian”
    terima kasih buat gie,
    keep fight buat ORPAPSI

  409. #409
    gravatar

    GiE……….sosok pemberani,penentang rezim2 bajingan yang minafik.

    masih banyak yang blm tau tantang GiE,termasuk aku!!!
    (bahagialah mereka yang mati muda,karena mereka tetap muda dan tidak akan kehilangan idealismenya)Soe Hok GiE

    GiE happiness in heaven!!

  410. #410
    gravatar

    JIE adalah seorang sosok yang teguh akan pendiriannya, seorang yang kritis, seorang pemikir, seoarang nasionalis yang pintar yang memikirkan nasib bangsa jauh kedepan melebihi batas yang pada zamannya.

    Dia dapat membuat orang yang membaca catatannya merasa malu karena mungkin tidak dapat seperti apa yang ia lakukan. banyak orang dizaman sekarang yang mengakatan ” saya akan memperjuangkan nasib rakyat” tapi itu semua hanyalah isapan jempol. mereka berkata bagaikan anjing yang terus saja menjalak yang mengumbarkan janji2 belaka. Mereka hanya mementingkan golongan dan perut busung mereka sendiri seolah2 mereka itu adalah tikus yang menjalar dan akan menggerogoti apa saja yang mereka lihat.

    Soe hoek gie adalah manusia yang sudah jarang ditemukan lagi di Indonesia. seorang yang mementingkan nasib bangsa yang memepunyai prinsip lebih baik diasingkan dari pada menyerah pada kemunafikan.

  411. #411
    gravatar

    HEBAT SEKALI GIE..SOSOK PEMUDA YANG IDEALIS DALAM MASANYA. BENAR EDEALISME DIA BENAR-BENAR REALIS. KENAPA KEKURANGAN GIE NGA DISODORKAN SEHINGGA KITA TAHU BAHWA PERJUANGAN GIE TIDAK TUNTAS KARENA ADA YANG BELUM DILAKUKAN ATAU DIABAIKAN GIE. AKU JUGA MAU SEPERTI GIE TAPI BUKAN GIE YANG LAMA, TETAPI GIE YANG PENUH DENGAN SPIRIT MILENIUM

  412. #412
    gravatar

    sosok Gie jarang diceritakan waktu gw sd, smp ato sma.
    gw yakin banget anak skarang… paling hanya segelintir yg kenal n tau tentang… apa itu “PEMIKIRIAN GIE”.

    Harusnya Gie d masukin sebagai bahasan pelajaran sejarah d sekolah2.
    Catatanya kalo bisa jadi buku wajib.

    Sayangnya Gie jarang d publikasikan…
    mungkin ga ya ???) karena dia cina ???

  413. #413
    gravatar

    film GIE bisa juga ditonton di http://www.youtube.com dalam format video streaming. Coba search aza. Film ini dibagi menjadi 15 bagian dan full, tanpa edit…..

    salam
    vinsen

  414. #414
    gravatar

    membuat hidup lebih semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  415. #415
    gravatar

    jadilah seorang Gie dan bangunkanlah bangsa kita ini dari keterpurukan…..

  416. #416
    gravatar

    gie…bikin hidup lebih hidup…..!buatlah harimu secerah apa yang ada di otak GIE,,,,,INDONESIA, KAU BISA MELAHIRKAN SEORANG SOSOK GIE tapi knapa bukan darah seperti gie yang mengalir dalm jiwamu sekarang???????siapa yang mencuci otak mu, indonesiaku????

  417. #417
    gravatar

    kapan akan muncul sosok pemuda kebangsaan seperti soe hok gie yang lebih baik diasingkan daripada menerima kemunafikan

  418. #418
    gravatar

    Aku ingim menjadi sosok seperti gie…………tapi aku sendiri bertanya pada diriku apa aku mampu untuk hidup seperti gie……………..”hidup hanya untuk berjuang”…..

  419. #419
    gravatar

    gw adalah seorang pengagum Gie,,,,,,,pikirannya itu loh….gw punya buku CSD tidak lama setelah film GIE di putar.justru gw baca bukunya duluan baru deh nonton filmnya.malah sempet ngadain bedah bukunya di kampus gw UNJ. sayang tidak semua pembicara dapat hadir…yang dapat berbagi cerita hanya Herman Lantang itu pun karna kerja keras panitia untuk menghubungi beliau…kalau boleh mengkritik knapa coba Miles tidak mengadakan bedah buku dan film gie di UNJ kenapa justru di kampus-kampus lain…..padahal kan mereka syuting di UNJ,waktu itu kabel-kabel berserakan di depan BEMJ gw, cukup ribut dan gw liat ada beberapa poster penolakan dari teman-teman yang tidak setuju.tapi syuting tetep jalan terus….gw coba memahami alasan teman-teman karna waktu itu kan mendekati ujian akhir terutama bagi penghuni bemj-bemj di sekitar lokasi.

    JUJUR keinginan terbesar gw saat nonton film gie cuma mo liat sesuatu.biasanya di akhir setiap film ada ucapan terima kasih…apakah ada ucapan itu untuk unj….tapi ternyata emang ada.

    mungkin terlambat gw ngungkapin ini tapi dari pada tidak samasekali….

    ya…itu suara hati gw…gw bangga ma kampus gw.

    Setelah gw baca GIE gw ngerasa malu krn di usianya yang begitu muda dan di hidupnya yang begitu singkat dy sudah melakukan banyak hal untuk Indonesia sedangkan gw belum…..

    Semoga akan lahir Soe hoek Gie….soe hoek gie baru

    “hanya ada 2 pilihan menjadi mahasiswa yaitu menjadi apatis atau idealis dan untunglah sejak awal aku sudah memilih untuk menjadi idealis”

  420. #420
    gravatar

    totalitas perjuangan

    kepada para mahasiswa yang merindukan kejayaan
    kepada rakyat yang kebingungan di persimpang jalan

    kepada pewaris peradaban yang tengah menggoreskan
    sebuah catatan kebanggan di lembar sejarah manusia

    wahai kalian yang rindu kemenangan
    wahai kalian yang turun ke jalan
    demi mempersembahkan jiwa dan raga
    untuk negri tercinta

    NB: bagi yang suka turun kejalan dan berpartisipasi dalam aksi mahasiswa pasti lagu di atas dah apal di luar kepala
    mas julian mau dunk minjem koleksi buku karangan Gie coz zaman sekarang pasti susah deh nyari nya

    HIDUP MAHASISWA…………..HIDUP RAKYAT INDONESIA

  421. #421
    gravatar

    jiwa-jiwa demionstran pada adik-adik kita yang masih muda udah mati tidak berkembang, ini ditamdai dengan masuknya partai ke dunia kampus melalui organisasi kemahasiswaan, maka dari itu tolak partai yang mau masuk kampus, terangkan jiwa-jiwa adaik-adik mahasiswa, kalian adalah penerus bangsa jangan mau di bodohi oleh para tokoh partia yang lebih mementingkan kepentingan pribadi, coba kita lihat tokoh nasional kita pas jadi politikus apa yang beliau bicarakan nol besar, dan pas udah gak laku alias lengser bisanya hanya mengkritik pemerintah, ya jelas gak di dengar pak, emangnya bapak siapa????????,mari ruba warna bangsa indonesia di mulai dari hati kita, terus keluarga kita, terus masyarakat kita, terus daerah kita, terus propinsi kita, baru bangsa kita dalam persaingan yang kompetatif dan profesionalisme. selamat berjuang wahai anak-anak bangsa sesuai dengan keahlian kalian masing-masing, smoga perjuangan kalian mendapat ridha dari Allah SWT.

  422. #422
    gravatar

    Terima kasih telah mengizinkan, aq rindu pada kebebasan ya…itu terbesit dalam benakku ketika membaca buku CATATAN SEORANG DEMONSTRAN ” SOE HOK GIE “, AQ salut dengan keberanian, kesederhanaan, kepedulian, kejujuran dan aq terharu atas rasa kesepiannya.Bener2 sesosok yang membuatku larut dalam sebuah dunia nyata dengan fatamorgana makna hidup. O…iya,tanggal 20-23 Agustus 2006, Aq bersama kelima temenku dan saat ini aq masih duduk di bangku kuliah di UNIBRAW( Alhamdulillah aq dapat kesempatan untuk menyentuh SOE HOK GIE IN MEMORIAN BERSAMA TEMANNYA IDHAN LUBIS, Di Gunung semeru, PUNCAK MAHAMERU Lho!!!!!!!!!. itu merupakan salah satu tujuannku mendaki puncak tertinggi di JAWA itu dan baru kali pertamanya kakiku menginjak puncak gunung, mau nyari jejek kaki SOE HOK GIE tapi nga’ ketemu dan mengobati kerinduanku tehadap alam sebagai sahabatku karena aku benci keramaian alias kesombongan dan kemunafikan).

    Tokoh SOE HOK GIE telah membawa diriku dalam sebuah perubahan yang besar dalam hidupku, KEBERANIANNYA, SEMANGATNYA, CARANYA MENYAMPAIKAN MAKNA CINTA (Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran, 27 Mei 1960 : ketika usianya menginjak usia tujuh belas tahun dia hampir2 secara tandas mengambil kesimpulan, entah dari mana penalarannya. bahwa cinta itu tidak ada. Atau untuk lebih jelasnya cinta dalam perkawinan tidak ada, yang ada adalah nafsu kelamin belaka yang dibumbui cerita manis, karena itu indah, ” cinta murni lebih baik masuk keranjang sampah “. Kemudian ketika umurnya meningkat menjadi sembilan belas tahun kesimpulan yang sama diberikan pula dengan ketandasan baru dan kontan: ” CINTA = NAFSU”. titik!” Aku kira ada yang disebut cinta yang suci. Tapi itu tercemar bila kawin. Akupun penah merasa jatuh simpati dengan orang-orang tertentu, dan aku yakin itu bukan nafsu”

    mungkin saat ini sama yang aku pikirkan tentang cinta yaitu kemunafikan+kesemuan yang indah dan penuh romantisme maya.

    HIDUP KEBEBASAN……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KEJUJURAN…………
    MENURUTKU ADALAH HAL YANG PALING MENYAKITKAN DALAM HIDUPKU.

  423. #423
    gravatar

    SOE HOK GIE…
    Apa yang akan dilakukannya jika ia hidup di saat ini,di tahun dimana orang gila berserakan menenggelamkan hingga hancur para manusia di pemerintahan…??? Di tengah kebodohan indonesia yang merasuki budaya.

    …..

    Aku dan langit terus berlomba
    secepat aku tuliskan sejarah
    melewati medan yang mengalir
    perang yang kuyakin diriku

    ….

    by anak SMAN2 Bandar Lampung

  424. #424
    gravatar

    kirim opini pertanyaan di atas ke:

    hinata_hena@yahoo.com

  425. #425
    gravatar

    “kita tak pernah menanamkan apa-apa
    kita takkan pernah kehilangan apa-apa..” (Surat Terakhir Soe Hok Gie)

    jiwa Oom Gie (supaya akrab,gitu!) selalu ada dalam setiap tulisannya. dan Oom Gie lah yang menjadi Mr. Inspiration buat saya. selama saya jadi cewek yang cengeng sampai jadi siswi yang sibuk organisasi di sekolah, jadi ketua mading dan sibuk sendiri dengan puisi..
    puisi…dan puisi
    “thanks Oom.. you’ll never know who I am, but you bring out the best of my life”

    makes the romantic world with your own poetry
    ok friends..

  426. #426
    gravatar

    cahaya lentera menyapu jalan becek
    aku tidak lagi ditemani sinar bintang
    sebab bintang ada di sisiku kala hujan turun tadi sore
    menanti datangnya malam larut menghabiskan waktu
    dengan sajak-sajakmu aku hampir tertidur
    kala cahaya bulan
    atau Pangrango
    aku terus menanti sinaran
    hingga kelak aku seperti
    bintang yang ada di sisiku (uncle-Soe)

    nunu miss you always

  427. #427
    gravatar

    THE FREEDOM OF THE LEFT!!thx GIE……..
    99pct dr orang indonesia ANJINGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    C’ma cocot doang…..,INDONESIA negara kERE g punya malu…………

  428. #428
    gravatar

    SOE HOK GIE = SOEKARNO KILL SOEKARNO
    dan merupakan salah satu persiapan kudeta terhadap pemerintahan SOEKARNO, dan bersama teman2nya membangun ORBA, sejarah tentang SOE HOK GIE yang beredar adalah pembelokan sejarah yang dilakukan ORBA. seperti halnya tentang sejarah G 30 S/PKI dan SUPERSEMAR. kesemuanya adalah rekayasa dan grand design politik orba.

  429. #429
    gravatar

    aku suka bgt film Gie
    FREEDOM IS MEAN IN OUR SELVES

  430. #430
    gravatar

    soe hok gie sayang orang yang memiliki sifat seperti diri mu dipanggil tuhan denagn cepat padahl sekarang orang seprti mu lah yang sedang di cari

  431. #431
    gravatar

    Soe Hok Gie, kalo di Jawa gak pantes kalo di panggil Soe. soalnya khan ga sopan.
    Eh, emang yang benaer manasih, ktanya Gie meninggalnya nyemplung jurang apa gara2 racun gunung? tapi kasian juga ye, masi muda uda ga ada. God Bless You GIE

  432. #432
    gravatar

    omong-omong soal Gie, kenapa dia ga ada di buku sejarah? aku ada di kelas 9 smp dan lagi belajar ttg masa-masa jamannya si Gie, tapi kenapa namanya sama sekali ga ada di sana? apa dikira pengkhianat?

  433. #433
    gravatar

    Sudahlah semuanya sudah berlalu. Soe Hok Gie adalah masa lalu dan masa lalu adalah kenangan. Mari kita lihat hari ini dan hari depan karena hari ini adalah realitas dan hari depan adalah harapan. Masa-masa Soe Hok Gie telah lewat bersama perputaran zaman, yang tersisa hanyalah sepenggal ceritanya yang mengharu biru. Sebentar lagi tahun 2006 berakhir dan berganti tahun 2007. Apa yang sudah kamu lakukan di tahun 2006 ini dan apa yang akan kamu lakukan di tahun 2007 ? Pertanyaan besar yang harus dijawab……

  434. #434
    gravatar

    walaupun dia bagian dari masa lalu…tapi semangat dan idealismenya ga akan pernah menjadi masa lalu…
    apalagi dijaman sekarang bangsa kita sangat memerlukan SOE HOK GIE SEJATI….ga pernah mau menyerah pada keadaan dan ketidak adilan.

  435. #435
    gravatar

    untuk “433″Jesuit cilik

    kenapa dia ga ada di buku sejarah? ya memang itu yg pernah rasakan seperti anda juga ketika membaca buku2x SHG. sepertinya ini di sebabkan cacat sejarah tahun1965 yg sampai saat ini masih belum jelas duduk perkaranya sebenarnya. selanjutnya kisah SHG hanya di jadikan sebatas cerita novel oleh orba dan suharto.

    selanjutnya karena SHG bukanlah seorang pahlawan, karena dianggap negara tidak memberikan manfaat yg berarti sehingga tidak dapat diangkat sebagai pahlawan dan akhirnya tidak bisa menjadi pelajaran sejarah di indonesia

    proses pengakuan negara terhadap orang yg meninggal sebagai pahlawan sangat rumit dan berbelit seperti yg pernah di tulis oleh beberapa peneliti lipi Asvi. apalagi SHG yg merupakan seorang tionghoa dan katolik menyebabkan dia menjadi tidak di perhitungkan dalam republik ini yg masih sangat bias diskriminasi etnis dan agama minoritas

    demikian pendapat saya

    salam
    F Alexander FW

  436. #436
    gravatar

    I think, gie is a great people. we can learn much more about how to make us become free people without attacking inside.

  437. #437
    gravatar

    Saya kagum sekali akan sosok mahasiswa seperti SHG. Beliau seorang yang rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara serta rasa cinta tanah airnya yang tinggi atas negeri ini. Maaf saya ingin memberi pendapat yang diutarakan oleh seorang filsuf Yunani ” nasib terbaik adalah yang tidak dilahirkan,yang kedua dilahirkan tapi mati muda,dan yang tersial adalah umur tua “. Menurut saya adalah seorang yang dilahirkan menpunyai nilai lebih sebab dia harus berjuang demi dirinya,keluarga,masyarakat dan negeri ini. Dan juga, jika seseorang berpikir nasib baik adalah mati muda bagaimana mungkin negeri ini bisa maju dan berkembang kalau itu terjadi pikirkanlah nasib-nasib generasi yang akan datang. Seharusnya kita harus memiliki sosok seorang serpeti SHG lagi yang selalu berjuangan dengan keberanian,kecintaannya,kepahlawanannya dan lain lain dalam membela keadilan dan kemajuan bangsa kita. Beliau akan bangga bila ada seseorang yang mengikuti perjuangannya sampai berumur tua demi cinta tanah airnya dan masyarakat kecil. Selamat berjuangan untuk generasi muda kita, hidup terus sampai adanya kesejahteraan dan kemakmuran yang selalu diinginkan rakyat kecil. Serta perjungan mu masih jauh!!!!!!!!Untuk SHG sekali lagi saya sampai kagum sekali yang tidak bisa diukirkan dengan kata-kata.

  438. #438
    gravatar

    ya itulah hidup, harus hidup dan harus mati, Gie udah hidup kaya pahlawan. Walaupun ga kaya pahlawan lainnya. dan dia udah mati muda seperti pahlawan muda yang mati saat perang. ADONAI NATHAN W’ ADONAI LAQAKH dan itu memang harus terjadi

  439. #439
    gravatar

    setelah gw baca dan nonton film gie gw menjadi tertarik untuk memberantas generasi2 tua yang mengacau.gie andaikan kao masih hidup saat ini………

  440. #440
    gravatar

    GIE merupakan pahlawan yang mencita-citakan perubahan,untuk itu gua salut baget atas jasa-jasa nya. dan yang paling gue salutkan lagi beliau gugur di puncak gunung membuat motifasi bagi gue pribadi untuk terus menaklukan gunung-gunung yang tertinggi dimuka bumi ini.

  441. #441
    gravatar

    Gie, merupakan pahlawan yang gugur di puncak gunung semeru, walaupun sudah gugur gue sebagai generasi penerus Gie dan gue berharap masih banyak Gie-gie yang lainnya

  442. #442
    gravatar

    Gie maju terus

  443. #443
    gravatar

    GUE SUKA AMA SOE HOEK GIE KRN,LIHAT FILMNYA DI TV.MMEMANG BNRAN ANAK MUDA YANG TEGUH MMPERJUANGKAN PRINSIP DAN KEYAKINANNYA.ANDAIKAN SEMNGATNYA DPAT DI TULARKAN PADA GENERASI DI JAMAN SEKARANG.INDONESIA BAKALAN MAJU BGT PASTI……

  444. #444
    gravatar

    Gie adalah suatu sosok sastrawan indonesia di jaman revolusi yang tak tertandingi perjuangan hidupnya dalam mengarungi gunung-gunung tinggi di masa hidupnya, tetapi pada usianya yang tergolong muda akhirnya ia meninggal dunia…. tapi tetap saja namanya tersebut akan di kenang selama-lamanya oleh seluruh pemuda-pemudi Indonesia…. hidup buat Gie!!!

  445. #445
    gravatar

    “Soe, ini namamu disebut-sebut lagi oleh Bambang MBK (AJI Jogja)saat demo anti pemecatan Bambang Wisudo, wartawan senior Kompas, yg sedang memperjuangkan hak-hak karyawan.

    ———-

    Aliansi Anti Pemberangusan Serikat Pekerja di Media Massa Demo di Kompas Biro
    Yogyakarta
    (Selasa, 26 Desember 2006)
    - Kontributor: Bambang MBK –
    Terakhir Diperbaharui (Rabu, 03 Januari 2007)

    Jumat, 22 Desember 2006.

    Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta bersama elemen-elemen lainnya yang
    tergabung dalam Aliansi Anti Pemberangusan Serikat Pekerja di Media Massa menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kompas biro Yogyakarta.

    Dikuti sekitar 60 orang, aksi ini bertujuan memberikan dukungan moral kepada P.
    Bambang Wisudo yang di-PHK secara sewenang-wenang oleh pihak manajemen Kompas. Selain itu, demonstrasi ini juga mengecam keputusan Kompas yang dinilai sarat dengan pelanggaran hukum.

    Dibawah koordinator lapangan, Bambang Tiong (AJI Yogyakarta), aksi dimulai dengan long march dari depan Kantor Telkom Yogyakarta yang berjarak sekitar 100 meter dari kantor Kompas. Masing-masing peserta membawa poster yang isinya mengecam tindakan Kompas yang telah mem-PHK jurnalisnya, Bambang Wisudo. Poster-poster itu antara lain bertuliskan ;Cabut PHK Bambang Wisudo atau bubarkan Kompas, ;Kompas Petunjuk Arah yang Menyesatkan, Ganyang Komprador;Kompas, Kelompok Pengompas; Bersatulah Serikat Pekerja Media; dan masih banyak lainnya.

    Setiba di depan kantor Kompas biro Yogyakarta, aksi demonstrasi diisi
    dengan orasi dari berbagai elemen. Elemen-elemen yang ikut dalam aksi ini adalah AJI, Masyarakat Peduli Media (MPM), Samin, PBHI, Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), Taring Padi, Forum LSM Yogyakarta, PBKH Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekspresi dari UNY, LPM Keadilan dari Fakultas Hukum UII, LPM
    Poros dari Universitas Ahmad Dahlan, LPM Arena dari Universitas Islam Negeri, Yogyakarta, LPM Pendapa dari Universitas Sarjana Wiyata, dan LPM Himmah dari UII.

    Dalam orasinya, masing-masing elemen mengatakan menyayangkan tindakan PHK Bambang Wisudo yang seharusnya tidak dilakukan oleh Kompas, sebuah media paling terpercaya di Indonesia.

    Jika mendengar kasus ini, Soe Hok Gie pun akan turut serta bersama kita untuk demo
    ke Kompas, ujar Bambang MBK dari AJI Yogyakarta. Soe Hok Gie, adalah sosok tokoh mahasiswa awal tahun 1970-an yang pernah dijadikan Kompas sebagai icon ketika harian ini merubah format halamannya.

    Aksi ini semakin meriah karena diisi dengan lagu-lagu perjuangan; yang didendangkan komunitas seniman Taring Padi. Para peserta aksi juga menghimbau kepada masyarakat umum yang kebetulan lewat di depan Biro Kompas Yogyakarta, untuk berhenti membaca harian Kompas hingga Bambang Wisudo dikembalikan ke posisi semula. ;Boikot, boikot Kompas sekarang juga; teriak mereka.

    Di sela-sela aksi, Bambang Tiong melakukan negoisasi dengan pihak Kompas, menanyakan apakah peserta aksi dapat berdialog dengan perwakilan Kompas Biro Yogyakarta. Namun mereka menyatakan tidak bisa menerima. Ini adalah penolakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, saat AJI Yogyakarta dan beberapa elemen lainnya datang ke sana untuk berdialog secara bermartabat pun ditolak Kompas.

    Setelah berlangsung selama satu setengah jam dan Kompas menolak untuk berdialog, aksi demonstrasi pun diakhiri. Jika kasus ini tidak segera selesai, kita akan datang dengan jumlah massa yang lebih banyak lagi,” ujar Unang Shio Peking, Direktur Forum LSM Yogyakarta.

    Tuntutan Aliansi Anti Pemberangusan Serikat Pekerja di Media Massa:
    - Kompas harus mengembalikan P. Bambang Wisudo pada posisi semula
    - Kompas harus mengembalikan saham karyawan sebesar 20 %
    - Kompas harus menghentikan kekerasan terhadap wartawan
    - Kompas harus meminta maaf melalui media Kompas kepada P. Bambang Wisudo dan publik
    - Kompas harus kembali pada garis perjuangan yang mengusung nilai-nilai keadilan sosial, humanisme dan nilai-nilai demokrasi
    - Apabila Kompas tidak menjunjung tinggi poin-poin di atas maka kami menghimbau kepada publik untuk tidak berlangganan Kompas

  446. #446
    gravatar

    kusuka gayanya menjadi mapala yang menghargai alam dan menjadikan inspirasi untuk mencari jawaban

  447. #447
    gravatar

    Saya sangat kagum dengan sosok seorang Soe Hoek Gie yang berani melawan arus pemerintahan untuk mencapai kemekmuran rakyat.Mengapa di zaman saat ini tidak ada lagi sosok seperti Soe Hoek Gie ???

  448. #448
    gravatar

    walaupun telat…

    saya sangat bangga pada tokoh seperti GIE (ternyata ada ya)

    menurut saya dia bukan orang biasa.Pikirannya melampaui masanya.

  449. #449
    gravatar

    Gie is my inspiration….
    Gie is my idol…
    Gie is my everything…

  450. #450
    gravatar

    anjrit!!
    film gie seru gilaa!! sumpe,,gie kern!!! nasionalismenya itu lho..dahsyat abing!!
    sayngnya dy katolik c..tp gpp de..masi bs jd panutan gw..salut buat gie..tp klo komen adegan yg ga gw suka itu pas wulan nyipok nico a.k.a gie,, mang asliny gie waktu muda cipokan sama lita? syg jg ya dy mati tp lum smpet nikah..gie,,kerennn!!!
    gwe suka bgt soundtracknya yg tak per berhenti berjuang,pecahkn teka-teki malam..keadilan!!!
    coooooollll moooviiee..bg yg lum nonyon kudu mesti ntn..rasa cinta lo thd bangsa brtmbh de..ap c gw???? tp yg ga gw sk lg krn gie sk protes g jls gt dan trlalu mndetail..i luv u jonathan mulia!!

  451. #451
    gravatar

    GIE jika masih hidup sampai sekarang mungkin ia akan jadi bapak motivator yang begitu besar di Indonesia. Saya adalah contohnya. Mungkin kepergiannya dalam usia yang muda merupakan jawaban atas harapannya “beruntunglah mereka yang mati muda”.

  452. #452
    gravatar

    kok ga ada yang bikin flim dokumenternya Ir.Soekarno ya?………………………………………
    GIE dulu itu ikut KAMI ga? Sebenernya kekasihnya gie itu siapa sih.

  453. #453
    gravatar

    haii,,,

    bener juga tuhh,,,,
    sebenernya pacarnya gie sapa seh???

    oiyaa,,,
    sukses terus buat MAPALA UI yaa….

  454. #454
    gravatar

    abang guah yang ngenalin sosok Gie. juz one word buat Gie

    ‘salute’

  455. #455
    gravatar

    Gie Cuma seorang yang biasa bahkan setiap orang mengkin berpikir kalau ia bisa seperti gie
    Tapi berpikir tidaklah cukup harus ada pembuktian yang nyata dan sikap realistis dalam memandang hidup.Karna dunia bukan cuma omong kosong yang dengan mudah diucapkan.Tapi butuh pembuktian yang lebih nyata

  456. #456
    gravatar

    klao SHG masih ada mungkin indonesia gak seperti ini ya??

  457. #457
    gravatar

    pertama kali membaca sedikit cuplikan dari catatan GIE yang dikasih teman saya dari lain kampus. dari kalimat pertama yang q baca sudah cukup membuat diri ini mengatakan ” aku belum berbuat apa – apa, dan masih banyak yang harus ku lakukan !!! ” apa yang tertulis didalamnya cukup buat q tergugah dari nyali yang telah berhenti untuk memperjuangkan kebenaran. dari GIE, seorang yang belum pernah kukenal tapi mampu membuat api besar dalam hati perjuanganku yang udah jadi gunung es.
    aku sempat mengenal seorang yang nasionalis, idealis, dan berjuang untuk orang yang lemah. tapi mengapa….kamunafikan masih tetap ada.
    aku paling benci dengan kemunafikan !!! sifat yang slama ini masih melekat di hati semua orang dan meracuni para pejuang rakyat jaman sekarang ini.
    setelah selesai membaca semua catatan itu, aku benci dengan GIE, mengapa dia tidak mau bertahan untuk orang – orang yang mungkin punya pikiran yang sama denganmu!!!! aku merindukanmu GIE…………..

  458. #458
    gravatar

    saya belum pernah membaca catatannya shg, tapi ketika saya melihat filmnya,sebagai seorang mahasiswa saya benar2 tergetar ketika melihat perjuangannya.apalagi waktu mendengar puisi2nya,lebih membuat saya tergetar karena saya adalah seorang mahasiswa sastra.tpi kalau boleh saya tahu,saya bisa mendpatkan bukunya dimana ya karena saya sudah cari ke beberapa toko buku tidak ketemu.

  459. #459
    gravatar

    aku mo nyari bukunya soe yang catatan seorang denmonstran dan soe hok sie karangan jonh maxwell,kenapa kok susah ya….! kasih aku informasi mengenai buku itu. tolomg kirim e-mail tak tunggu balasannya.

  460. #460
    gravatar

    Sosok Gie adalah aktivis yang dirindukan oleh semua kampus dan rakyat Indonesia.Begitu banyak aktivis kampus dengan idealisnya yang kokoh langsung luruh di bawah pangkat dan jabatan pemerintah.Dari organisasi dan mengusung idiologi apapun aktivis mahasiswa yang ada di kampus saat ini,Gie adalah figur yang patut untuk diteladani oleh mahasiswa dalam memperjuangkan hak dan keadilan bagi rakyat

  461. #461
    gravatar

    yup gw juga salut sm gie…
    harus jadi ikon bwt mahasiswa jaman skrg!!!!!
    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  462. #462
    gravatar

    Kapan lagi ada generasi yang lulusannya mikirin negara????
    Bukan nyari duit aja

  463. #463
    gravatar

    Aq tak sedikitpun berharap generasi muda bangsa ini seperti soe hok gie…
    ok lha dalam masanya dia mampu memberikan mainsterm baru dalam kerangka berfikir para aktifis muda, tetapi kemudian cukup tragis hidupnya dengan lari dari kenyataan, mksdnya bahwa lontarannya tentang “lebih baik terasing dari pada hidup penuh kemunafikan”, merupakan sikap pengecut yang takut untuk berjuang melawan kemunafikan…dan saya sangat berharap bahwa tidak ada lagi generasi muda yang seperti soe hok gie, mksdnya bahwa bila kita berani melawan ketidak adilan dan kemunafikan maka siap2lah untuk terasing, mungkin jalan itulah yang dapat membuat kita bertahan…
    sekali lagi saya pun salut pada soe hok gie, karna karya2nya sedikit menjadi pembuka wawasan bagi genersi muda sesudahnya yang ingin tahu alur sejarah kelam bangsa ini…
    Akhir kata
    selamat Tidur dan Selamat Makan…

  464. #464
    gravatar

    Gie, sosok yang patut kita banggakan sebagai calon sejarawan yang berani dg lantang melawan suatu sistem kekuasaan yang alot. Tidak mudah memang perjuangan melawan kekuasaan, yg ada hanyalah kehampaan semata seperti yg dialami seorang Gie. lewat film yang bisa dibilang “powerful”, sosok gie pantas dijadikan pahlawan bukan hanya kita sebagai penerus bangsa, tapi juga pemimpin kekuasaan yang lupa akan kodratnya sebagai khalifah bagi sesama.
    Sejarah mencatat sudah berapa sosok Gie baru yang menjadi korban kejamnya sistem kekuasaan?ingat tragedi semanggi 1998?bukan tiga mungkin 10 tahun kedepan atu 20 tahun kedepan,pahlawan semanggi ini akan Booming spt sosok Gie. itulah Teori de javu jika belajar ilmu sejarah. Sejarah akan menjadi spirit disaat sistem kekuasaan kacau, seperti yang terjadi thn 1998 lalu. bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan terjadi lagi reformasi entah dengan model macam apa saja. itulah sejarah, suatu hal yang unik, terjadi hanya sekali…
    (mr be-sejarawan)

  465. #465
    gravatar

    soe hok gie (arepas) mendukungmu tp nico sampean ojok lali sembayange…yo..!

  466. #466
    gravatar

    kalau gie masih hidup, aku mau bawa dia ” ini lo gie yang sebenarnya”. pasti gie kaget n pingsan dngernya.nanti aku ajak dia ke tempat dimana semua pertanyaan gie itu bakal kejawab.pasti kejawab.

  467. #467
    gravatar

    ya gie sayang lo dah mampus, lo ga sempet jdi orang bener, padahal lo cari kebenaran dalam hidup lo dan kebenaran ttg negara lo, karena lo tau sejarah negara lo itu salah besar, karena telah di manipulasi oleh para pengusa yg ga mikirin rakyat dan lingkungannya.
    “yang penasaran hubungi saya”cari sendiri he he he 1ooox

  468. #468
    gravatar

    gua belum nonton pilmnya, gak tau kenapa gak jadi mulu. mungkin kutukan ya, karena yang maennya nico, bukan gwa!! tapi catatan hariannya dah hatam berkalikali, iyalah lawong catatannya sumber draft skripsi kok. biasanya dibandingin sma catatannya ahmad wahib, karena mereka dinilai sama-sama manusia yang bisa berpikir kritis dan konsisten, selain mereka bedua mati muda dan meninggalkan catatan harian.

    kalo pertanyaannya gimana jadinya kalo sosok gie atau ahmad wahib sekarang masih idup? gua pikir pikir mereka bakal ada di posisinya oarang-orang kayak munir, bambang wijo, teten, cak nur, dsb. orang-orang yang matinya harusnya disematkan tanda pahlawan.

  469. #469
    gravatar

    pergerekan yang luar biasa dikala itu!!!!!
    kalo sekatrang ada g Pergerakan yang kaya gitu????
    gue da nonton filmnya n top abis kebetulan sekarang gw kul di unj!!!!
    PERGERAKAN TIADA BATAS

  470. #470
    gravatar

    soe…
    prajnaparamita masih seperti yang dulu
    dan akan dibawanya aku menuju padang bunga abadi di lembah kasih
    hanya untuk sekedar mengatakan sesuatu yang terlambat aku katakan
    maka biarlah tanah mandalawangi, yang mungkin masih menyisakan sedikit abumu yang mendengarnya
    “kita begitu berbedaa dalam segala hal, kecuali dalam cinta

  471. #471
    gravatar

    GIE oke banget. . sejak nonton filmnnya gw jadi terinspirasi banget ma GIE.pokoke GIE udah merubah hidup gw.. sampai2 gw ngubah gaya rambut gw kayak GIE(Nicolas Saputra,YANG DI FILM). . walawpun temen2 gw pada ngetawain n bilang gw kayak anak kecil, gw nyantai aja. . . ya gak. .

  472. #472
    gravatar

    Awalnya ga ngeuh .. tapi pas ada di tv pelem GIE … itu juga bergelut dengan mata ngantuk .. tapi selesai juga dan ternyata “berbekas” .. besoknya cari2 OST nya GIE .. pas dapet lagu DONNA DONNA … paporitnya beliau wah tambah “kagum” .. sorenya … jalan2 ke toko buku .. merogoh isi kantong “alhamdulillah” cukup buat beli buku “catatan seorang demonstran” dengan versi NikO.. dan pas baca .. emang KEREN!..

  473. #473
    gravatar

    Film ini sebetulnya dimulai dengan sutradara yang agak salah tafsir dengan sejarah Indonesia.

    Begini ya, Indonesia dijajah dan dihisap bangsa asing yang sangat kuat. Lalu merdeka, sukurnya, salah satunya, karena ada perang dunia II.

    Lantas kita merdeka, tapi perang dunia tak pernah berakhir, setelah perang eropa dan perang pasifik, perang dunia malah meluas ke mana-mana dalam bentuk perang dingin.

    Dalam perang dingin ini kolonisasi terus berjalan, penjajahan tak pernah mati, mungkin bukan penjajahan secara fisik. Tapi secara ekonomi jalan terus. Belanda, atau negara-negara modal tidak lagi mengatur dan berpemerintahan sendiri di tanah jajahannya, tapi tetap berusaha mengatur pemerintahan pribumi itu.

    Sukarno berusaha betul-betul memerdekakan rakyat di negerinya. Itu sebabnya dia bermusuhan dengan negara-negara yang melakukan neo-kolonialisme, termasuk AS, Inggris, dan konco-konconya.

    Lalu terjadilah G30S, sebuah peristiwa yang masih gelap. Betulkah ada peran PKI di sana? Apa keuntungan PKI dari gerakan penculikan dan kemudian pembunuhan jenderal-jenderal itu? Mengapa gerakan itu mudah sekali dipatahkan? Siapa yang sebetulnya diuntungkan dengan gerakan itu? Dan seterusnya pertanyaan itu masih mengiang sampai hari ini.

    Lalu Soeharto jadi presiden, lengkap dengan rejim militernya. Dan negeri Indonesia, kembali lagi dibagi-bagi untuk investor asing, minyak, tambang emas, hutan, perkebunan, dan seterusnya.

    Neokolonialisme itu bernama globalisasi. Dan kita pun malah terjerat utang tak terbayar sampai hari ini.

    Di manakah posisi Gie, yang dalam film digambarkan sangat dekat dengan orang-orang PSI? Para perancang Orde Baru itu? Sadarkah dia tentang apa yang dilakukannya?

    Bagaimana film ini mengungkap cerita atau pemahaman mengenai G30S? Di mana posisi sutradaranya.

    Hal ini tergambar dalam film ketika Gie ditanya, “Kamu kiri apa kanan, sih?” Nggak dijawab. Bengong aja si Gie.

    Bagaimana posisi Gie bisa jelas dalam film tersebut, kalau sutradaranya sendiri, Riri Riza, tidak memposisikan dirinya sendiri dalam sejarah panjang Indonesia.

  474. #474
    gravatar

    Soe Hok Gie…
    adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam hidup saya
    karena kekaguman saya thd SHG yang terlalu besar
    sehingga merubah hidup saya secara drastis.
    Seseorang yang memiliki pemikiran
    tidak seperti remaja kebanyakan.
    Berjuang demi idealisme yang dimilikinya.
    Meskipun SHG seorang yang sosialis
    Tapi SHG masih memiliki rasa cinta tanah air
    sehingga berusaha untuk memperbaiki kehidupan
    di Negerinya.
    Soe Hok Gie, akan selalu menjadi
    sosok yang paling saya kagumi.
    Dikampus saya banyak mahasiswa yang tidak peduli akan kehadiran politik praktis yang menyelinap masuk, dan aliran kiri yang perlahan-lahan membius mahasiswa, tanpa di sadari.
    Saya sangat menyayangkan akan hal tersebut, mahasiswa dijadikan alat untuk memenangkan partai yang bersangkutan.
    mahasiswa sebagai agent of change yang katanya di segani oleh tikus-tikus politik, nyatanya malah membonceng mereka untuk masuk kedalam kampus yang sekarang bukan sebagai sarana pendidikan, tetapi berubah menjadi media politik.
    Soe Hok Gie yang betul-betul memerangi kemunafikan, akankah ada manusia seperti dia??
    itulah impian saya, untuk dapat seperti dia…

  475. #475
    gravatar

    gie adalah tokoh bagih saya selain soekarno, saya sangat menerapkan ilmu gie pada diri saya.
    saya sangat suka dengan ideologinya………….
    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  476. #476
    gravatar

    “soe hok gie,sebuah nama yang menggetarkan dunia dengan tulisan dan kata-kata.kita semua harus berterima kasih kepadanya dan penerbit buku harianya.dengan buku harian itu kita bisa tahu siapa dan bagaimana gie.seorang yang selalu berjalan lurus dan jujur pada diri sendiri maupun pada orang lain.gie telah memberikan semuanya untuk indonesia,tapi apa yang telah indonesia berikan untuknya?seharusnya indonesia mengganti monas dengan patung gie,walaupun kalau gie tahu dia pasti akan menolaknya.aku sangat ingin meneruskan perjuanganya,tapi entah berapa ribu tahun lagi aku bisa seperti dia.walaupun gie pernah berkata “kalau tuhan benar2 ada,maka ku laknat tuhan”.tapi menurutku dia lebih pantas masuk surga dari pada orang yg taat dg agamanya tetapi tidak melakukan apa2 untuk negara atau masyarakat.ah…. dadaku terlalu kagum denganya sampai tidak bisa menulis apa-apa lagi.”

  477. #477
    gravatar

    “gie… seorang intalektual yg pemberani dan berjalan lurus kedapan.dia telang meraih cita2nya,yaitu mati muda.DIALAH PRESIDEN INDONESIA YANG SEBENARNYA DAN SELAMANYA!!andai tuhan tidak mengambilnya lebih dulu lewat mahameru. entah berapa juta tahun lagi indonesia akan mendapat anak sebaik dia lagi.”

  478. #478
    gravatar

    saat ini adalah awal proses gw untuk mengenal gie..nd bangsa ini

  479. #479
    gravatar

    [...] Aug 9th, 2007 by abdimasyahezat Soe Hok Gie [...]

  480. #480
    gravatar

    [...] August 9th, 2007 Soe Hok Gie [...]

  481. #481
    gravatar

    Soe Hok Gie, tiga rangkaian nama yang juga tersusun dari tiga huruf, nama yang selalu saya ingat kalau melihat aksi mahasiswa yang menuntut keadilan yang semakin hilang dari bumi Indonesia ini.

  482. #482
    gravatar

    gie…sebenarnya kamu yang pantas menguraikan kemerdekaan di republik ini….
    jangan mereka yang menjawab arti kemerdekaan republik ini….
    mereka badut badut ber jas hitam berdasi bros merah putih dengan peci hitam
    mereka badut badut yang masih seperti kemarin jaman belanda yang memakan bangkai rakyatnya
    hahahaha….

  483. #483
    gravatar

    Patriotisme sejati bukan dinilai dari suku, etnis atau agama..
    Tetapi dari hati setiap pribadi yg Tuhan tanamkan dan dijawantahkan dlm perjuangan hidupnya.
    Ditengah pluralisme, Soe Hok Gie menjadi sosok yg berdiri teguh mempertahankan kemurnian Pancasila.
    Gie adl seorang biasa yg punya patriotisme luar biasa.

  484. #484
    gravatar

    BAHAGIALAH GIE, SERAKAN PIKIRANMU BENAR ADANYA
    KAU SELALU DALAM SEPI, DIHADAPAN KESIASIAAN…
    BANGSAMU YANG TELAH 62 TAON INI SMAKIN ACAKADUT
    PENERUSMU.. YANG DEMEN TURUN JALAN ITU..
    TERAMAT BANYAK YANG MUDAH LUPA… KARENA NIKMATNYA KEKUASAAN
    JUGA PENGEMISMU YANG MAKAN KULIT MANGGA ITU….
    TETAP MAKAN KULIT SINGKONG….
    NAMUN IA SEMPAT MENOLONG ORANG MENJADI PENGUASA NEGERI INI…
    INGAT PAK MAYAR??????
    BESAR JASANYA, TINGGI NILAI JUALNYA…..
    SELEBIHNYA…. I DON’T CARE!!!
    BEGITU “BAPAK” ITU BILANG
    GIE BERBAHAGIALAH DIMATI MUDAMU….
    BIAR SAKITNYA KAMI YANG TUA BANGKA INI RASAKAN

  485. #485
    gravatar

    Saya ini dulu kurang suka pelajaran sejarah. Tapi saya baru nonton film GIE waktu 17 an ini. Pikiran saya jadi terbuka, dan telah mengubah pribadi saya. Saya sadar sejarah itu penting. Dan saya suka dengan tokoh Soe Hok Gie. Jujur, kritis, patriotis, berjiwa sosial, tidak mau hidup di dalam kemunafikan dunia, dan bertujuan mulia, yaitu agar bangsa ini menjadi lebih baik. Seperti salah satu kalimat yang dia tulis di dalam catatannya “Tomorrow is another day, the struggle of the better life”. Saya benar2 kagum dengan dia yang cinta tanah air, dan saya rasa dia akan menjadi tokoh yang paling saya kagumi. Tetapi yang saya heran, kenapa kisah hidup dan perjuangannya sama sekali tidak diajarkan di sekolah? Di buku sejarah pun, namanya tidak ada. Padahal dia adalah orang yang telah berjuang keras untuk bangsa ini. Dan satu lagi yang saya sayangkan, keinginannya untuk bangsa ini belum tercapai hingga sekarang. Jiayou always untuk Soe Hok Gie..

  486. #486
    gravatar

    gie adalah orang yang sangat menginspirasi hidup gw, tapi gw lom begitu mengenal dia karena gw blm pernah baca catatan seorang demonstrannya tolong lo ada yang liat atau mo jual buku itu hubungi no ini 085292752952

  487. #487
    gravatar

    GIE…. ribuan orang menantikan Pahlawan seperti engkau…. abad ini…. dunia akan hancur berkeping-keping lantaran penguasa tak bisa menahan amarahnya…. kenapa yang kecil harus di tindas? dan yang besar selalu menang!!!rakyat makan dengan nasi basi yang berserakan di tong sampah….sedangkan para penguasa makan dengan kelakarnya….. kami menantikan pahlawan sepertimu…. lugu, polos, sederhana, BERANI!!!!

  488. #488
    gravatar

    SOE HOK GIE… pantas menjadi ICON… sayang gw lom sempat kenal dia tapi dia tetap panjang umur sehingga gw bisa kenal dia walapun sedikit. thx Gie elo dh bikin pencerahan buat gw. damai selalu dalam tidur nyenyak panjangmu…

  489. #489
    gravatar

    saya baca Buku Catatan Seorang Demonstran Gie…..pas saya kelas dua sma kmaren…wah…abis baca itu buku saya jadi suka sama pelajaran sejarah……kayak inTan MAy.
    Lebih dari itu saya jadi punya gelar menteri di kElas sOcIal, (Hebat nOh…..bLum lulus sma udah jadI mEnteRi….weheheheh)….meNteri peNgkOreksi KeBobRokan nEgEri…….wakakakakak….jan nGAwut!!!!!!!!!!!
    alaSan paling lOgis kaRena aNak2 pada tAw seMua kalo saya itu sUKa sEkali sama Gie….
    bagi saya sosok Gie membeRi inspirasi dalam meNapaki jalan hidup saya.
    membuka mata untuk tErus percaya pada nUrani.

  490. #490
    gravatar

    friends, msh banyak aktifis2 lain yang juga berjuang seperti SHG, bahkan lebih, tp mreka tdk pernah dikenal, tp permasalahannya bkn apakh dia dikenal atau tidak tp apa yg telah ia juangkan, &selanjutnya adalah tugas kita untuk melanjutkan krn bangsa ini hingga sekarang msh dlm keterpurukan…………

  491. #491
    gravatar

    gie….giellaaaa buanget…you are the inspiration…jikalau dikau masih hidup sekarang ini daku pasti pilih dikau untuk menggantikan SBY

  492. #492
    gravatar

    INGET GIE……SAYA TEROBSESI UNTUK NAEK SEMERU BARENG TEMEN2….WAKTU SAMPAI DIPUNCAK SAYA DENGER LAGU OST GIE DARI TAPE PENDAKI LAIN YANG LEBIH TIBA DULUAN. RASA INDAH DAN BAHAGIA MENYELIMUTI KAMI BERLIMA. WALAU TIDAK BERHASIL MENGIKUTI UPACARA 17 AGUSTUS DI PUNCAK, TAPI KAMI MERAYAKANNYA DI KALIMATI BERSAMA RANGER DAN REKAN2 PENDAKI YANG LAIN. NAEK GUNUNG BUKAN PERTANDINGAN MELAINKAN SEBUAH PEMBUKTIAN.

  493. #493
    gravatar

    Seorang yang berjuang melawan kemapanan…..
    Aku salut…
    Yg tau apapun ’bout gie yg q lum tw, kasih tw aq ya
    email:
    legenda_sang_kucing@yahoo.com

  494. #494
    gravatar

    makasih banyak..hiiiii..

  495. #495
    gravatar

    Sharir pernah bilang “sebenarnya orang Indonesia itu Sosialis”, hubungan sesama manusia adalah harizontal, sedangkan dengan Tuhan adalah Vertikal! tetapi kesemuanya adalah kompleks.. jadi bangga lah jadi Orang Indonesia, karena kita mempunyai pahlawan pemikir kelas ulung seperti Gie, Tan Malaka, Soekarno dll. Merdeka Indonesia dari ketindasan kaum-kaum borjuis hedonis!

  496. #496
    gravatar

    q dwi n pengemar gie!!!!
    n menurur saya sang pahlawan gie memang pantas di hargai apalagi dari sikapnya peduli kpada alam dan negara ??????

    i love u gie…….

    semga di alam yang selanjutnya u tetap bisa meneruskan perjalanan u….

    met jalan gieeeeeeeee………….

  497. #497
    gravatar

    qta penggemar berat sosok gie yang selalu ngebelain orang 2 yang tertindas….
    so w harep indonesia bisa belajar dari sikap yang pernah mereka contohin ../….
    trs ….kapan kita sadar dan jauhin semua kemunavikan?

    met jalan GIE………

  498. #498
    gravatar

    hari sabtu lalu tepat pada peringatan hari pahlawan aq ketemu sama sahabat karib soe hok gie(herman lantang)dia masih sangat segat dan tetap seperti dulu.Salam kemenangan sebagai orang yang mencintai alam khususnya gunung,moga kita ketemu lagi.
    selamat jalan GIE….
    kasih info di Email ku tentang bukunya soe hok gie

  499. #499
    gravatar

    w slah satu penggemar GIE..w seneng baca komen u mua’y…kalo w boleh tanya,gimana caranya biar w bisa dapet tulisan”nya GIE yang di koran”,soalnya w pengen benget ngumpulin en ngebaca mua tulisannya…..tolongin w donk…

  500. #500
    gravatar

    w slah satu penggemar GIE..w seneng baca komen u mua’y…kalo w boleh tanya,gimana caranya biar w bisa dapet tulisan”nya GIE yang di koran”,soalnya w pengen benget ngumpulin en ngebaca mua tulisannya…..tolongin w donk…085692628161

  501. #501
    gravatar

    Aku lahir tepat pada tanggal 16 desember…tidak lama lagi hari ulang tahunku yang juga ingin kurayakan di semeru…sekaligus membacakan doa untuk Gie agar dia dapat tenang disana…tidak ada yang dapat aku komentari tentang dirinya…karena begitu banyak kata2 yang harus aku keluarkan, sepertinya memang tak bisa lagi di jelaskan seperti apa sosoknya yang sebenarnya…apa yang dia tulis dan pikirkan tidak jauh berbeda dengan apa yang aku pikirkan..bukan karena aku ingin menjadi seperti dia…tetapi itulah yang terjadi, aku terlalu membodohi diriku, bahkan aku melaknat diriku jika kelak aku akan menjadi oran lain, apalagi ingin menyamakan diriku dengan gie. aku juga senang naik gunung sama sepertinya..tapi aku tidak berniat menghabiskan waktuku diatas gunung, aku yakin bukan inginnya untuk terus menetap di semeru seperti yang dikatakan oleh Seorang filsuf Yunani itu aku rasa dia tidak bener2 memegang teguh tulisan itu. hanya saja tuhan berkata lain. nah…apa yang akan terjadi pada diriku tepat di hari ultahku nanti…tidak ada yang tau…sebenarnya seh aku pengen nemenin gie disana,,,tapi aku tidak ingin dikatakan ingin mati untuk gie…aku hanya ingin bertemu ALLAH.jika nanti aku mati doain aku ya biar masuk syurga…..

    jadi buat semuanya…jangan lupa ngucapin selamat ultah dan doain aku panjang umur kalo aku selamat di semeru…kalo aku mati doain aku masuk surga ya….kalo ada yang pengen salamnya disampein ma GIE hub aku aja

    bim-bim aku dipanggil no hpku 085247437654

    emailku : al_diano_s@yahoo.com

    Salam lestari buat teman2 mapala se-Indonesia
    lestarikan terus alam….tuangkan terus air kedamaian..bentar lagi TWKM ya…
    pesan aku ne buat delegasi yang turun di TW jangan cuma ngomng doank..yang penting pergerakannya…insya Allah aku ikut lagi ne.

    “jika aku tak dapat menjagamu lagi,jagalah aku dalam istirahat panjangku…
    JIka aku bersalah padamu Maafkanlah aku,,terlalu berjanji tentang keindahan…
    Jika keindahan yang kau ingin tak kau raih denganku…raihlah keindahan itu di ketinggian…
    jika aku melukaimu..obati luka itu bersama alam…
    jika kau rindukan aku naiklah ke pegunungan disana kita pernah bercanda dan bahagia bersama
    Jika kau benci padaku..jangan pernah pula kau benci dengan gunung itu…

    JIKA AKU MATI AKU TELAH MEMBUATMU BAHAGIA..
    JIKA AKU TERUS HIDUP, AKU AKAN TERUS MELUKAIMU…

    ne buat my soul dia menamakan diriku…
    kerang dan cumi takan bersatu sayang….

  502. #502
    gravatar

    saya bangga sekali membaca kilasan semangat soe hok gie untuk mencintai dan membangun negri tercintanya ini,
    salah satunya menentang masa pemerintahan orde baru yg otoriter sayapun juga setuju,andai saja kita bisa melakukan hal yg sama di masa ini. berkata ya bila memang ya dan berkata tidak jika memang tidak.

    sepertinya kemunafikan di negara kita bahkan di seluruh dunia sudah berkuasa dan begitu intim hubunganya dengan yang namanya uang.
    untunglah gie mati muda,bila tidak mungkin saat ini dia tengah menangis bersama kita yang tak bisa berbuat apa-apa selain berjuang dan menghindari kemunafikan itu,.

  503. #503
    gravatar

    saya sangat terkesan dengan perjalan gie,yangmenentang adanya ormas2 yang berbau agama dan ras.cita2 saya sama denga beliau, smoga cita2nya tercapai,amiiinnnn.

  504. #504
    gravatar

    hidup idealism

  505. #505
    gravatar

    berjalan dengan hati nurani,…

  506. #506
    gravatar

    “Lebih baik diasingkan dari pada menyerah pada kemunafikan ”

    kata-kata ini menjadi prinsip gw, setelah gw baca cerita tentang Soe Hok Gie

    Terimakasih…
    Soe Hok Gie atas jasa-jasa yang kau berikan
    semoga arwah mu diterima disisinya….
    Amin…………..

  507. #507
    gravatar

    [...] Hok gie Setelah menulis tentang Soe Hok Gie akhir tahun lalu sebagai rasa hormat saya atas buah pikirannya, akhirnya saya menonton juga film [...]

  508. #508
    gravatar

    Saya mau tanyakalo ingin mencari buku catatan seorang demonsran kira 2dimana yup?

  509. #509
    gravatar

    baru sekarang aa nontn filmnya, stelah nontn.
    SHG bner-bner jadi inspirasi hidupq.
    cz banyak aktivis kampus yang dibayangi oleh ormas dan golongan tertentu…

  510. #510
    gravatar

    berbicara Gie,bukan hanya menjadi pemuja atw penggemar cerita romantisme sejarah. Buat gw Gie udah jadi barang dagangan kapitalis,gw rasa Gie juga ga mau hal seperti skrng ini terjadi,percuma Gie bersusah payah berpikir dan menciptakan karya2nya semasa hidupnya kalau ternyata cuma jadi barang dangangan ant3k2 kapitalis,termasuk film Soehoek Gie yg diperankan oleh Nicholas Bangsat Saputra. Kalau menurut gw Gie pasti lagi meratapi dan menangis di alam baka sana!!! Gi3 gak perlu dipuji22,Gie ga butuh terkenal,Gie gak mau jadi alat kapitalis,dan yg pasti Gie mau apa yg telah diperjuangkannya dapat dilaksanakan oleh Gie-gie yg lain,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  511. #511
    gravatar

    bagiku GIE adalah romantisme masa lalu, masa lalu adalah urusan para orang tua, sekarang yang ada hanyalah aku dan masa depan, masa depan yang terus menerus semrawut karena pemimpin yang ga ideal, korup, culas masih bisa bernafas.

    harapan seorang pemuda

  512. #512
    gravatar

    [...] Diadaptasi dari: http://yulian.firdaus.or.id [...]

  513. #513
    gravatar

    jangan doonng….
    mengenang boleh
    Jangan mengkultulskan individunya.
    Pahlawan bisa lahir dimana saja.
    Semangatnya boleh ditiru, lebih juga boleh

  514. #514
    gravatar

    soe hok gie memang sosok yang inspiratif ntuk kalangan muda, trutama pelajar..
    salut untuk soe hok gie…

  515. #515
    gravatar

    apa masih ada sosok GIE saat ini???
    apa masih ada yg benar benar membela Bangsanya sendiri saat ini???
    apa masih ada yang benar benar menghormati Bendera Negaranya??
    apa masih ada yang masih mengutamakan prinsip dari pada KETAMAKAN , KEMUNAFIKAN, KETENARAN, KEKAYAAN???

    yang ada hanya kambing hitam yang bisa diadu domba oleh penguasa
    yang ada hanya kerbau yang ditarik tarik pemikirannya
    yang ada hanya anjing perusak yang hanya bisa berteriak kosong

    yang pada akhirnya membuat bangsa dan negara semakin terpuruk dan terpuruk

    (no offense just writings)

  516. #516
    gravatar

    goooooooood banget.terus lah berikan inspirasi untuk kami agar kami dapat mewujudkan indonesia yang merdeka tanpa penindasan.Slamat berjuang…….

  517. #517
    gravatar

    sebuah contoh mahasiswa yang berani melawan ketidak adilan…
    seorang figur yang berni berkorban untuk banyak orang….

  518. #518
    gravatar

    Menurut gue, film SOE HOK GIE patut diacungi jempol. Gak peduli siapa pemerannya, film tersebut cukup berhasil menggambarkan semangat seorang GIE yang sangat nasionalis dalam membawa perubahan di bangsa ini. Semoga semangat GIE bisa menginspirasi membangkitkan nasionalisme anak-anak bangsa jaman sekarang yang cenderung hedonis untuk membuat perubahan yang positif di bangsa Indonesia.
    Ingatlah temen-temen, perubahan dimulai dari diri sendiri, bukan dari orang lain. Jadi jangan cuman menuntut, tapi take an action…maksimalkan diri kita…jangan buang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang sia-sia. Tetap pertahankan idealisme yang kita miliki sehingga kita bisa jadi orang-orang yang membawa perubahan!
    God bless u all…

  519. #519
    gravatar

    saya gak setuju buku Catatan Seorang Demonstran yg disponsori A Mild pake covernya Nicholas. Nicholas???

  520. #520
    gravatar

    gila keren bgt filmnya gie…
    tapi knapa waktu dy naik ke semeru ga ad??

  521. #521
    gravatar

    gie,manusia kritis pembangkit jiwa patriotisme orang2 pribumi, jiwa yg sangat lama tidur dan ditinggal handai taulannya.

  522. #522
    gravatar

    i like gie
    keren banget gie…….
    filmnya juga bagus!gie itu aslinya pasti lbh keren drpada palsunya (alias,si nicho)

    gie is the best history

  523. #523
    gravatar

    gie!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!we love u!!!!!!!!serukan nama GIE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gie,,gie,,gie,,gie dan gie!!!!
    semoga hdpmu sperti bunga edelweis

  524. #524
    gravatar

    menurut gw cerita GiE itu keren banget..

    apalagi saat gw nonton film gie ..

    bagus banget filmnya..

    hahaha :)

    gw suka CERITA GIE ..

  525. #525
    gravatar

    so far gie memamg sosok aktivis mahasiswa yang tegas dan penuh kritisi-kritisi dalam pemikirannya kepada pemerintah, saya harap sosok soe hok gie g pernh dilkupakan oleh orang banyak…………

  526. #526
    gravatar

    gie keren banget dah seorang yang berani melawan politik yang menindas orang kecil dan kekejaman pd zaman itu
    GIE GUE BANGET
    HIDUPKAN KEMBALI GIE
    AYO PARA MAHASISWA HIDUP LAH KAU SEPERTI GIE
    JANGAN HANYA BISA MERUSAK BANGSA

  527. #527
    gravatar

    Tidak sekalipun nama Soe Hok Gie muncul dalam buku sejarah ketika aku sekolah (83-95) Tanya kenapa?

    Gimana dengan buku sejarah saat ini? Menurutku, beliat sangat pantas mendapatkan mendapatkan posisi dalam buku sejarah untuk pendidikan.

  528. #528
    gravatar

    sebenarnya sekarang banyak mahasiswa yg kayak soe hok gie, cuma ngga keexpose aja…
    yang keexpose cuma para peniru soe hok gie, berpura-pura jadi soe hok gie, maksa pengen jd soe hok gie,,,ngga original ide2nya!!! cape deeeh,,,kyknya perlu ada pelatihan buat mahasiswa yang terobsesi maksa jd soe hok gie, pelatihan biar otaknya pure cm utk melakukan yg terbaik utk bangsanya, bkn cm utk sok-sokan and pengen kepuji ama byk orang…

  529. #529
    gravatar

    orang yang ngaku2 nasionalist harus benar2 tahu keadaan bangsanya…jangan cuma omdo alias omong doang, pengen jadi soe hok gie cuma buat gaya2an..banyak temen2 gua yang Soe Hok Gie wannabe, benar2 menjijikan!!! Pahlawan kesiangan!

  530. #530
    gravatar

    WOOOOOOOOOOOOOOOI bangun kalian semua dari keromantisan masa lalu!!!!!!!!
    jangan berlama2 berkontemplasi dan berteori,,,,banyak masyarakat butuh bantuan kita segera!!!

  531. #531
    gravatar

    Gak usah terlalu di lebih lebihkan….masih banyak anak muda atau Mahasiswa yang jauh lebih briliant dari Soe Hok Gie, yang mempunyai tindakan dan cita cita yang lebih dasyat dari dia, sayangnya orang orang itu tidak terdokumentasi dengan baik, bisa saja salah satu dari mereka adalah Anda !!!

  532. #532
    gravatar

    [...] Diadaptasi dari: http://yulian.firdaus.or.id [...]

  533. #533
    gravatar

    [...] Diadaptasi dari: http://yulian.firdaus.or.id [...]

  534. #534
    gravatar

    org seperti inilah yg co2k menjadi pemimpin bangsa,,,,,yg tidak tunduk pada kemunafikan,tahta,harta berkilau yg menyilaukan mata tetapi membutakan hati nuraninya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  535. #535
    gravatar

    hufttt….saya SALUT bgt sama cerita perjalananya om GIE….
    saya kenang selalu tenteng Anda(GIE)

  536. #536
    gravatar

    Gie selalu ada dalam jiwa pemuda saat ini. Aku dari dulu suka benget sama Soe hoK gIE. aku udah nyari bukunya yang catatan seorang demonstran, tapi gak pernah dapet. Aku harap masa ini akan muncul Gie-Gie yang baru yang bisa mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi

  537. #537
    gravatar

    jarang ada yang berpikir tentang negaranya, padahal mereka hidup dan dibesarkan di negara tersebut……
    generasi muda sekarang lebih memilih produk luar negeri dan bangga menggunakannya jarang mereka membanggakan negerinya……….
    semuanya berbeda dengan SHG yang lakukan…. dia memilih menjadi diasingkan dan tidak mempunyai teman dibanding harus merusak negaranya dengan menjadi orang munafik..
    salut dech……..

  538. #538
    gravatar

    keren….cwo yang cool yang gue rasa amat perhatian ma negara………….pecinta alam lagi..
    wah yang pasti dijaman sekarang sudah jarang orang yang bisa berpikiran kaya gie…
    mwng ce qu mang cuma nonton pilmnya..ingin cari bukunya sekarang dah jarang…capa ypw yang punya bukunya aku pinjem,,,,,,,,,,

  539. #539
    gravatar

    salut banget buat GIE…

    pengen banget jadi kayak gie,
    punya pikiran yang dahsyat,,
    jarang banget sekarang pemuda indonesia yang kayak dia!!!!!!
    mudah-mudahan besok akan lahir aktivis yang berpikiran kayak GIE
    mudah-mudahan gw juga bisa kayak GIE…….
    AMIEN……
    HIDUP MAHASISWA!!!!!!!

  540. #540
    gravatar

    walaupun ayas masih kelas 1 smp, tapi ayas kagum banget sama soe hok gie. ayas pertama tau soe dari buku CSD nya mama ayas. waktu itu ayas masih kelas 4 sd. waktu baca buku itu, ayas tersentuh banget sma sifat soe yang tagh pernah menyerah…
    terus ayas juga tau soe dari film GIE yang diperanin sama nicholas saputra.

    pokoknya…..soe hok gie adalah tokoh yang paling ayas kagumin!!!

  541. #541
    gravatar

    ………
    ……….
    ………..
    ……………………………………………………..

    (speechless)

  542. #542
    gravatar

    hidupppp soe hok gie!!!

  543. #543
    gravatar

    soe hok gie,,,
    ya………
    soe hok gie adalah seorang yang sangat idealis, belia adalah sesosok yang pantas mendapatkan ajungan jempol.
    andai aku hidup di kala jamanmu soe hok gie…..
    aku pasti adalah yang paling depan jadi pengikutmu…
    hidup soe hok gie……………..
    aku sering dijuluki soe hok gie di sekretku (organisasi mapala)(mapascal)…
    hidu soe hok gie,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  544. #544
    gravatar

    mEnaRik ban9eT……
    jRan9 Q tEmuiN oRn9 y9 kyaK “SoE hOk 9iE”
    oRng i2 adLah “PeJuan9 sEjaTi”……..
    Pa L9i BeLiau adLh SeORng PndaKi.PndaKi adLah SeoRn9 y9 Pux jiWa PmbeRani,,mEntaL sPRti baJa,,9a9 Ptah Sman9aT,,sKa taNtan9an…..

    aQ sKa oRn9 kYak “SoE hOk 9iE” kaReNa :
    t9aL LhiRnya SaMa kyaK aQ (hEeHeEee…),,sEoRn9 y9 mNdiRiKn “MaPaLa UI” (hEbaT,,hEbaT……),,PndaKi,,b’Jiwa PeMimPin…..

    aQ adLh aNk “Sma9aPaLa” (SMA Ne9eRi 3 PeCinta ALam SuRobOyO…..)

  545. #545
    gravatar

    gie terlalu cepat wafat, mungkin kalo gie tidak wafat secepat itu kita akan melihat intelektual yang sangat dinamis, berani dan kritis. mungkin gie punya hidup yang lebih

  546. #546
    gravatar

    soe hok gie emang bener – bener TOP

    saya sebagai pelajar sangat tertarik dengan beliau

    you;re the best

  547. #547
    gravatar

    gw jd sedih melihat generasi muda Indonesia saat ini. apa sih mau mereka skrg? walaupun “gie” bkn pribumi Indonesia. tp
    gw bangga, salut pada “gie”. generasi muda Indonesia mana perjuanganmu??? walaupun cm dlm tulisan kmu bisa bicara. tp itu sangat mempengaruhi semua orng. INDONESIA butuh “revolusi” bkn reformasi.

  548. #548
    gravatar

    bisa minta tolong untuk yang tau dimana saya harus mencari buku soe hok gie?
    saya sudah lama mencari buku soe hok gie namun tidak dapat saya temukan,saya mencari mulai dari internet online sampai toko2 buku tidak ada .
    mohon yang tau saya mohon sekali untuk yang tau tolong saya diberi tau.
    hub : 085796035378 atau email esti5larasati@yahoo.co.id

  549. #549
    gravatar

    nasib terbaik adalah tidak pernah dilahirkan..

  550. #550
    gravatar

    gw p’tama kali tau sosok SOE HOK GIE dari film “GIE” (2005)..
    gw kagum banget waktu liat filmny.. wew… bintang 5!!! baru tau klo t’nyata Indonesia dulu pernah punya orang kayak “gini”..
    trus gak lama setelah premier filmnya.. eh.. muncul buku yg katanya jadi sumber pembuatan filmnya “catatan seorang demonstran”..
    pengen beli..
    tapi belom sempet..
    trus liat2 di toko buku… ehhh… dah gak ada..
    wew..
    trus akhernya setelah pencarian yg begitu lama dan melelahkan (gombal.com) pada bulan mei 2008… gw nemuin buku “CSD”.. (CETAKAN PERTAMAAAAAA… tahun ’83) wakakakakak…
    hoki banget ya GW!!!wekekekekek..
    baru baca halaman awal2..
    weekss..
    klo filmnya dapet bintang 5..
    CSD dapet bintang BBUUUAAANNYYUUUAAAKKK…..
    bener2 seorang pemuda yang “BERANI”..
    LP3ES juga t’golong berani..
    karena pada masa penerbitan (’83) kan konon katanya kebebasan b’pendapat dibungkam..
    padahal dalam bukunya (CSD) banyak sekali mengungkit ORBA..
    wew..
    pokokny SOE HOK GIE maknyuzz lah..
    LP3ES juga makbrebet…

    4 para mahasiswa..
    apakah kalian akan “menyerah pada kemunafikan??”
    ataukah kalian “yang tanpa tentara
    mau berperang melawan diktator
    dan yang tanpa uang
    mau memberantas korupsi..??”

  551. #551
    gravatar

    soe hok gie
    seluruh keluargaku adalah orang yg amat sangat kagum sama soe hok gie
    sampai2 semua nama saudaraku terinspirasi dari nama dan pengalaman beliau
    namaku lalu genta mahameru akbar
    adek2ku lalu caldera pangrango akbar
    baiq noprisa edelways akbar
    lalu wahyu gie akbar

  552. #552
    gravatar

    Soe Hok Gie ikon Pemuda Indonesia yg beryali besar,Perlu terus mengusung semangat GIE dlm setiap Gerakan mahasiswa Indonesia.Selamat Berjuang Pemuda,DEMI INDONESIA JAYA KITA RELA BERBUAT APAPUN …..SALAM

  553. #553
    gravatar

    Really cool site! Keep going on!

  554. #554
    gravatar

    Gie adLah so2k yg idiaLis…
    aku tertarik dGn poLa cara ia berFikir…
    meLihat fiLm’x bikin aku peNgin naek GuNung Lg…
    tHank’s u/ Gie ‘n moGa arWah’x teNtram di aLam baKa…

  555. #555
    gravatar

    Masihkah kita membeda-bedakan antara pribumi dan nonpribumi terutama golongan Tiong Hoa? Sebuah pemikiran yang sempit, bodoh, dan picik. Jangan karena salah seorang keturunan Tiong Hoa maka semua orang Tiong Hoa juga dianggap salah. Tolong tunjukkan bangsa atau suku di Indonesia yang tidak pernah berbuat cela. Saya rasa tidak ada!!! Ingat bersama kita maju membangun bangsa Indonesia. Belajrlah dari Negara USA yang maju karena pluralisme. Thank’s atas perjuangan Soe Hok Gie.

  556. #556
    gravatar

    gue baru mau tau Gie setelah nonton Filmnya,keren bgt!
    “lebih baik saya diasingkan dari pada harus lari dari kemunafikan”
    harusnya pemuda Indonesia,lebih bisa meniru sosok pejuang kita ini..
    biar kita ga “mencla – mencle”

  557. #557
    gravatar

    yang benar “Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan”
    Sayang ya Gie, keinginanmu tentang negara ini yang bebas korupsi masih belum terwujud hingga sekarang,
    dan sepertinya masih akan lama sekali terwujudnya. Semoga tenang di alam sana.

  558. #558
    gravatar

    saya sangat bangga dengan Gie. Dengan mengatakan bahwa lebih baik dirinya diasingkan daripada menyerah dengan kemunafikan telah membuktikan bahwa ia adalah seorang yang pantang menyerah dan idealis.

  559. #559
    gravatar

    [...] Soe Hok Gie [...]

  560. #560
    gravatar

    Soe…. cba gw bsa ktmu u dlembah kasih…….
    soe the best………
    berbhagialah orang-orang yag mati muda……..

  561. #561
    gravatar

    [...] 2. http://kapasmerah.wordpress.com/2008/02/27/puisi-puisi-soe-hok-gie 3. http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie 4. http://jabier.blogsome.com/2005/06/24/soe-hok-gie 5. [...]

  562. #562
    gravatar

    aqqq sangat menyayang kan akan kematian gie seorang demonstran yang pendirian nya kuat pada juga pada akhirnya wafat tempatt yang seharusnyaa walupun begituu gie sempatt bingbang pada pemerintahan mana yang haruuusss iaa pilih apakah rezim soeharto,soekarrno,atauu pancasila tapi biar pun beitu saya bannga akan sikapp cemerlang nya terhadapp pentangan pemerintahan yang otoriter

  563. #563
    gravatar

    GIE, Kapan Indonesiaku ini akan lahir GIE -GIE ysng bsru

  564. #564
    gravatar

    puisi cahaya rembulannya begitu membuatku kagum….akan sosok GIE.

  565. #565
    gravatar

    saya sangat berterima kasih pada gie atas pemikiran2nya,
    tetapi saya bukan ingin seperti gie
    yang saya inginkankan bagi saya dan semua anak muda indonesia berbuatlah yang terbaik bagi bansa dan negara yang tercinta ini dengan wujud nyata jangan hanya bicara dan berkoar semata semua orang bisa bicara tetapi berbuat belum tentu bisa, saya tak mendukung itu soekarno adalah presiden dengan pidatonya yang selalu di dengar rakyat, saya tidak membela soeharto dengan kroni2nya dengan dalih pembangunan begitubanyaknya Korupsi di negeri ini.
    bagi saya anak muda indonesia berkreasilah membuka lapangan kerja,yang pintar yang mampu, buatlah lapangan kerja sebanyak mungkin sehingga bermanfaat bagi rakyat indonesia biarlah bandot2 tua senayan itu banyak bicara tetapi anak indonesia berkreasilah ciptakan kondisi keamanan yang baik insya allah 3 atau 4 tahun negara kita sama majunya dengan negara lain
    karena saya kecewa dengan mahasiswa sekarang yang tawuran antar fakultas bagaiamana dia kalau sudah jadi pemimpin apa nanti lebih gila dari bandot2 tua senayan itu yang tidur dan di gaji kalau sidang.
    saya bukan mahasiswa, tetapi saya ingin yang punya pendidikan tinggi terbuka lah jalan fikirannnya.
    salam saya saefudin triyadi dari japan PT.denki engineering

  566. #566
    gravatar

    Indonesia punya seorang pahlawan sejati yaitu Jendral besar Sudirman
    Indonesia punya Ekonom sejati yaitu Drs. Moh. Hatta
    dan INDONESIA punya seorang aktifis sejati yaiTU SOE HOK GIE

    saya adalah pengagum berat soe hok gie,dia adalah inspirasi saya.
    “hanya ada 2 pilihan hidup di Indonesia, menjasi apatis atau idealis,dan saya telah memilih untuk menjadi idealis”

    salut buat hok gie

  567. #567
    gravatar

    kira2 apa yg terjadi kalo SHG berhasil dgn idealis na? apa indonesia bakal ada pemimpin yg bagus? apa indonesia akan lbh maju dari skrg? atw emang sikap stiap individu rakyat indo yg malah bikin soeharto baru, tapi gie baru jarang ada

  568. #568
    gravatar

    Assalamu`alaikum wr.wb.sebelumnya aku sendiri memang belum tau siapa sosok SOE HOK GIE itu,tapi setelah tau pikiran-pikirannya tentang kmanusiaan,hidup,cinta,& kematian.kalau menurut aku sosok SOE HOK GIE lah yang cocok untuk aku(black) & pemuda-pemuda sekarang yg lalei akan semua itu ! tp kalau yg tdk lalei ya jgn tersinggung PLUR !!! Wassalalamu`alaikum wr.wb.

  569. #569
    gravatar

    soe hok gie…
    sosok karismatik..
    dya adalah teladan terbaik…
    apatis or idealis…?
    terdengar sulit..
    pnuh dengan tanda tanya…

  570. #570
    gravatar

    Wahh..baru nyadar setelah baca tulisan mas jay…”Buku Catatan Seorang Demonstran dicetak ulang bekerjasama dengan Miles Production, berikut covernya (jadi Catatan Seorang Nicholas”
    Saya juga suka kisahnya Gie, tapiii kok lebih ingat tampang nicholas daripada Gie nya. heheheee… Intermezo yang menjungkirbalikkan sedikit isi otakku.
    Thanks mas jay..

  571. #571
    gravatar

    soe hok gie,wish me luck to be like you oceh salam sastra from me

  572. #572
    gravatar

    Orang-orang dengan kepribadian hebat bukan dilahirkan….tetapi dibentuk oleh pengalaman saat menyatu dengan alam…..Gie is one of them..

  573. #573
    gravatar

    saya ingin menjadii sepertii dia seorang yang tak bingbang …….

    pemuda tak kau lihat kah…….
    bangsamu telah diambang ke hancuran
    kita tankan semanga soe hok gie….

    kita bangun negrii impian maju …..

    hahahahaahah ^_- cuma ikut gya seperti gie ….

    ayohhhh bangitt tentang semua yang bertsifat makarr ^_- SEMangat

  574. #574
    gravatar

    salam budaya!!!
    salam pembebasan!!!

    Bagus banget isi blog ini..
    maaf, artikelnya saya ambil untuk saya masukkan ke blog saya, tapi saya sudah kasih sumbernya kok…

    terima kasih

  575. #575
    gravatar

    Tetap Semangat & MERDEKA

    Saya pertama baca catatan seorang demonstran saat SMP itupun buku yang sudah lusuh
    tapi isinya ternyata ok. Mungkin untuk sebagian orang pemikiran2 gie terlalu berat dan jauh. Tapi itulah idealisme. Harapan dan keinginan akan dapat tercapai jika kita tetap berusaha. Tambah satu lagi kuncinya doa dan setelah itu baru berserah diri.

    Saya masih yakin masih ada gie2 yang lain pada saat ini seperti mencari sebuah jarum dalam jerami.
    Kita harus tetap optimis.

    Pemuda Indonesia harus bangkit !!! MERDEKA

  576. #576
    gravatar

    oiy…pemuda-pemuda indonesia ???
    sebelom kita pergi dr dunia, yuk kita kasih sedikit coretan emas untuk bangsa kita tercinta ini,
    seperti BUNG HOK GIE gitu…
    “intinya bermanfa’at bagi diri kita sendirilah khususnya bagi orang lain to ya…”
    (PLUR !!!)

  577. #577
    gravatar

    oh…SOE HOK GIE aaaaaku merindukanmu….
    sekian lama kau pergi dari duniamu….
    masih adakah orang2 sepertimu…
    ataukah hanya tinggal namamu…

  578. #578
    gravatar

    maaf saya hanya ingin bertanya saya pun sering memberi komentar di situs ini saya adalah salah satu siswi yang terinspirasi akan gie apakah anda dapat menjawab saya hanya ingin tau tapi sebelumnya saya ingin minta maap intinyah apakh benar kematian gie adalah kecelakaan dan bukan ada unsur pembunuhan saya memberi komentaar seperti ini karna saya menonton gie dan beliau wafat akibat terkena gas apahhhlah itu saya kurang tau tapi gie adalah orang yang memperikrakan sesuatu dengan cermat beliau tidak mungkin ttidak memperkirakan kecelkan seperti ini dan gie adalah salah satu mahasiswa yang menentang rezim yng berperan pada saat itu apkahh tidak ada kemungkinan gie dibunuhhh

    terima kasih saya hanya penasaran akan ituhh…… ^_^

  579. #579
    gravatar

    Ketika PMII sudah tidak mampu menampung idealisme kita..
    Maka hutan dan gunung adalah jawabannya…. !!!

  580. #580
    gravatar

    maaf sbelumnya…
    gak setuju ma coment dari
    hanif
    (Rabu, 10 Agustus 2005 @ 0:33)

  581. #581
    gravatar

    giee….
    semangat mu saat meneriakan orasii…
    membuat aku tersadar bahwa aku juga pastiii bisa sepertii kmuu …

    laluuu saya masih pensaran dengan kematian gie apakah ada hubungan nya degan kasus-kasus jaman orde baru…

    gie semangat….

  582. #582
    gravatar

    SHG Pertama saya tahu tahun 1996 dari bukunya
    dan mempengaruhi pemikiran saya………
    sayangnya tahun 1999 buku catatan seorang demonstran saya hilang
    apa ada yang punya file digitalnya.????
    kirim ke http://www.alwi.matra@gmail.com

  583. #583
    gravatar

    [...] Diadaptasi dari: http://yulian.firdaus.or.id [...]

  584. #584
    gravatar

    Gie, cerminan kaum intelektual yang tidak hanya memikirkan akademis tetapi juga memikirkan nilai-nilai sosial pada jamannya. sebagai penggerak dia mampu menggerakan kaum mahasiswa 66 tentang pemikiran2 akan nasib bangsa pada saat itu, setidaknya mahasiswa jaman sekarang harus mencontoh. hidup DEMONSTRAN…..

  585. #585
    gravatar

    saya pikir semua mahasiswa skarng tujuan untk kul da nyimpang bnget,nggk seprti mahasiswa dlu,berjuang dmi demokrasi.wooooooooooooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiii temen temen mahasiswa ayooooooo donk mikir kedepen ,gmana nasib bangsa indonesia kedepan……………….???????????????????????. merdeka & salam rimba!!!!!!!!!

  586. #586
    gravatar

    q mencintaimu semeru, karena q mencintai keberanian hidup.

  587. #587
    gravatar

    berjuang koq terus kapan merdekaneeee………..???????????????????????

  588. #588
    gravatar

    SOE HOK GIE… kt kenal dengan sapaan GIE…
    nama’a kand slalu terkenang d sanubari para pecinta alam…
    kami coba teruskan perjuangan mu bang..
    bravo SOE HOK GIE

  589. #589
    gravatar

    aku ingat ama kakak ku yang meninggal di gunung yang terbesar di pulau jawa itu>

    sekarang diriku sendiri tanpa kakak ku tercinta ?

    aku bangga melihat orang pertama yang mendaki gunung semeru semoga di terima di sisinya> amin

  590. #590
    gravatar

    Gie… Sosok manusia yang tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan pribadi, tapi lebih dari itu. Ia juga ingin memerdekakan kaum2 yang termarginalkan yang ada di negara kita.

    ” lebih baik saya diasingkan dari pada harus menyarah padakemunafikan ” (Gie)

    Salam Hormatku Untuk Para Demonstran Yang ada diseluruh tanah air.

  591. #591
    gravatar

    Kapan kita punya orang seperti Gie?
    Kapan kita melihat mahasiswa menjadi tonggak perlawanan kaum tirani?
    Kapan mahasiswa kita tergerak hatinya memerdekakan Indonesia dari Kebodohan, Kemunafikan, dan KKN?

  592. #592
    gravatar

    wow gilaaaaaa….. ini blog dari tahun 2004…. udah 5 tahun masih ada yang nulis……… hebat bener. aku baca dari atas sampai bawah seru banget. pemikiran GIE tidak akan dibunuh jaman.

    menurut gue….musuh kita sekarang tidak hanya Kebodohan, Kemunafikan, dan KKN. namun juga masalah ideologi yang menyimpang. kaum2 ekstrimis yang merusak negara tercinta dengan BOM harus kita perangi bersama2. negara ini aman kalau dimulai dari anda, keluarga, dan warga sekitar untuk selalu waspada akan adanya hasutan para penebar TEROR yang mengatasnamakan dengan dalil agama. orang2 inilah yang lebih bahaya, dengan muka penuh kemunafikan. agama itu suci jangan sampai dicemari oleh orang2 golongan seperti ini.

    semoga teman2 mengembangkan apa yang telah dihasilkan dari sosok gie. bukan hanya sebagai panutan tetapi juga dilakukan. masa depan bangsa ditentukan apa yang anda lakukan hari ini.

  593. #593
    gravatar

    wow gilaaaaaa….. ini blog dari tahun 2004…. udah 5 tahun masih ada yang nulis……… hebat bener. aku baca dari atas sampai bawah seru banget. pemikiran GIE tidak akan dibunuh jaman.

    menurut gue….musuh kita sekarang tidak hanya Kebodohan, Kemunafikan, dan KKN. namun juga masalah ideologi yang menyimpang. kaum2 ekstrimis yang merusak negara tercinta dengan BOM harus kita perangi bersama2. negara ini aman kalau dimulai dari anda, keluarga, dan warga sekitar untuk selalu waspada akan adanya hasutan para penebar TEROR yang mengatasnamakan dengan dalil agama. orang2 inilah yang lebih bahaya, dengan muka penuh kemunafikan. agama itu suci jangan sampai dicemari oleh orang2 golongan seperti ini.

    semoga teman2 mengembangkan apa yang telah dihasilkan dari sosok gie. bukan hanya sebagai panutan tetapi juga dilakukan. masa depan bangsa ditentukan dari apa yang anda lakukan hari ini.

  594. #594
    gravatar

    He is a great person. If I were live at that time when he was live….

  595. #595
    gravatar

    Saya selalu kembali, kembali dan kembali mampir dan menjenguk blog ini,
    saya selalu rindu untuk membaca dan mengenang gie termasuk respon rekan2 muda
    saya selalu menjadikan gie sebagai inspirasi dikala sulit, krn pengaruh & cita2 yg besar
    gie, gagasan & kegelisahan mu tidak pernah mati menghantui dan menyusup ke otak, jantung dan hati
    kaum muda idealis, meski mahasiswa semakin banyak namun sedikit yg berani dan jujur

  596. #596
    gravatar

    i love soe hok gie…gak ada kata lain…
    semoga sejarahmu n perjuanganmu tidak akan berakhir n bermanfaat bagi ummat….

  597. #597
    gravatar

    love you gie.

    semoga kau damai dlm pangkuannya.

    amien…..

  598. #598
    gravatar

    gie kami merindukan sosok seperti kau di zaman sepereti sekarang ini,,,,,
    love you, love you, love you,,,,,,
    sampai jumpa di surga ya gie,,,,

  599. #599
    gravatar

    serasa gie msh hidup

  600. #600
    gravatar

    salam gie! mereka para koruptor tidak pantas mati di tempat tidur

  601. #601
    gravatar

    gie, adalah orang yg pantas jadi panutan kita bersama. semoga jiwa gie ada di dalam setiap rakyat bangsa Indonesia.. bangkitlah Indonesiaku.. MERDEKA!!!

  602. #602
    gravatar

    dimana ya bisa nyari buku Catatan Seorang Demonstran ?? dimana yang masih jual ? aku pengen banget baca !! please yang tau, kasih tau dong ke “tugasbersama_kita@yahoo.com” thanks

  603. #603
    gravatar

    GIE….andau masih ada orang yang kaya gini di indonesia…..

  604. #604
    gravatar

    GIE adlh panutan dlm khidupan gw…….

    ga da yg bs sprti dia,ksdrhanaan ny,semangat ny,tekad ny,serta kecintaan ny trhadap alam….????

  605. #605
    gravatar

    belum bisa brkomntar. blm tau dalam mngenai shg.
    tp udh beli buku: shg – sekali lagi, terbitan taun 2010. smoga gw mnemukan sosok shg dimata gw sndiri dgn cara yg sealami2nya. untuk Indonesia yang jaya.

  606. #606
    gravatar

    Salut unuk Gie. Aku memang tak pantas mati di tempat tidur.

  607. #607
    gravatar

    “hidup adalah soal keberanian” itu yang bikin jadi satu inspirasi untuk kita semua..,,

    kata” lirik lagu’a gie bikin w merindingan baged tuh,,,gila suka bener w yg
    like the swallow so proud and free…,,,,

    salam rimba..,,,

  608. #608
    gravatar

    namamu selalu d kenang semua pecinta alam d indonesia ini
    engkaulah dewaaaaaaaaaaa

  609. #609
    gravatar

    wah mantap…..
    keberanian yang cukup besar dari sosok soe hok gie
    walaupun ngkk ngerti soal mapala tapi saya ingin menjadi salah satu dari anggota mapala ‘karena jiwa pemberani gie saya bisa dan menjadi seorang pemberani dan ingin kayak soe hok gie

  610. #610
    gravatar

    bila masih ada SHG, belum tentu perjuangan reformasi seperti ini…..

  611. #611
    gravatar

    [...] http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/http://id.wikipedia.org/wiki/Soe_Hok_Gie – [...]

  612. #612
    gravatar

    [...] http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/http://id.wikipedia.org/wiki/Soe_Hok_Gie – [...]

  613. #613
    gravatar

    Ada di mana Soe Hok Gie sekarang ya? Apakah dia sudah terlahir kembali? Ataukah dia sudah mencapai tempat Nirwana dan tidak terlahir kembali? Ataukah dia menghilang seperti sebelum dia lahir (Makhluk kecil, kembalilah dari tiada menjadi tiada)?

  614. #614
    gravatar

    soe hok gie salalu kan dikenang.
    mpe kpnpun egga bkal d lupa…
    aq jadikan dirimu sbg pandangan hidupku.
    love you gie.

  615. #615
    gravatar

    inzin buat copas postingan ini ya mas^^.. (sumber pasti saya cantumkan ) terims^^

  616. #616
    gravatar

    Soe Hok Gie; Masihkah ada sosok yang berani dan briliant di negeri ini????
    sosok intelektual muda yang berani, dan kesepian…
    Slamat jalan Gie…
    42 thn kepergian sosok inspiratif…

  617. #617
    gravatar

    [...] akhirnya tulang belulang Gie dikremasi dan abunya disebar di puncak Gunung Pangrango. source : http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/ http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/02/biografi-soe-hok-gie-1942-1969.html Share [...]

  618. #618
    gravatar

    [...] akhirnya tulang belulang Gie dikremasi dan abunya disebar di puncak Gunung Pangrango. source : http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/ http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/02/biografi-soe-hok-gie-1942-1969.html Share [...]

  619. #619
    gravatar

    Gw salut ma Gie trutama jlan pikirannya, bgiku kanda yg nomor satu,
    patut untuk d contoh para mahasiswa,,,,,perjalanan Gie blum brakhir en kmi mahasiswa akn trus malanjudkanX,,,,

  620. #620
    gravatar

    [...] http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/ [...]

  621. #621
    gravatar

    ….Di Jenjang Desember Kau Tinggalkan Aku…

  622. #622
    gravatar

    GIE..
    lebih baik di asingkan dari pada menyerah pada kemunafikan”

  623. #623
    gravatar

    [...] menulis tentang Soe Hok Gie akhir tahun lalu sebagai rasa hormat saya atas buah pikirannya, akhirnya saya menonton juga film [...]

  624. #624
    gravatar

    [...] – http://yulian.firdaus.or.id/2004/12/16/soe-hok-gie/ [...]

  625. #625
    gravatar

    mengenang kembali soe hok gie, rasanya semangat untuk terus berjuang lahir kembali

  626. #626
    gravatar

    buku tentang soe hok gie masih di jual ngga ? dimana ya ? soalnya saya cari di gramedia dekt UI engga ada. makasih

  627. #627
    gravatar

    apresiasi banyak punca infonya bit.do/LSQV

  628. #628
    gravatar

    rukun pagi parah bandela admin, harap ijin kepada ikut ragangan di bab komentar ini, ane dabik bisa menempelkan website nan super agung keren ini. info2-nya sekali menarik diktatorial manfaat.. thanks,, salam mengerti untuk seluruh and sukses selalu.. bit.do/LSQs

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.