47 Ronin

Rabu, 15 Desember 2004 M
02 Dzulqaidah 1425H

Ronin adalah sebuah judul film yang saya tonton beberapa kali, disutradarai John Frankenheimer dan dibintangi Robert de Niro. Film Ronin (1998) ini mengangkat konsep dan sebutan ronin dalam budaya Jepang. Ronin adalah sebutan samurai yang tak bertuan karena ditinggal mati dan tidak sempat ada ijin untuk pindah mengabdi, adalah hal yang merupakan hilangnya sebuah harga diri seorang samurai, tidak memiliki tuan/master/pemimpin adalah sangat hina dan satu-satunya kode/aturan samurai untuk menjaga kehormatannya adalah bunuh diri yang disebut seppuku atau lebih beken disebut harakiri. Samurai adalah istilah prajurit di Jepang sebelum Restorasi Meiji.

Inget Restorasi Meiji jadi inget sewaktu sekolah dulu. Saya sempat sebel belajar materi Sejarah Dunia kelas 2 SMA karena guru sejarahnya tidak simpatis (simpatis apa simpatik? logis apa logik? elektris apa elektrik?) dan nggak enak ngajarnya, jadi wali kelas pula! (lebih sial lagi saya lupa namanya! Maafkan saya Bu!), padahal banyak meteri sejarah dunia yang menarik seperti kajian era Yunani dan Romawi (sangat klasik), Hellenisme (pergeseran Negara Kota menjadi Monarki setelah Alexander The Great wafat), Renaisans (kebangkitan sains dan seni), lahirnya konsep negara dan Revolusi Prancis, Revolusi Rusia, Jepang membuka isolasi diri dengan Restorasi Meiji, perkembangan kapitalisme karena dibangunnya Terusan Suez dan Terusan Panama, Perang Dunia I dan berakhirnya Perang Dunia II ketika Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom nuklir akibat serangannya ke Pearl Harbor. Hehe, masih ingat urutannya padahal dulu mabok bacanya.

Sering juga saya mendengar salah kaprah samurai diartikan sebagai sebuah pedang, pedangnya samurai adalah katana (panjang melengkung), sedangkan yang belum menjadi samurai dibekali pedang pendek disebut wakizashi. Istilah lain katana adalah daito (pedang panjang) dan wakizashi disebut shoto (pedang pendek), seorang samurai yang mengkombinasikan dua pedang daito dan shoto disebut daisho.

Satu peristiwa yang menjadi legenda nasional Jepang adalah 47 Ronin melakukan harakiri setelah kehilangan tuannya. Ceritanya begini, pertama… install Linux:)

Dua daimyo (pemimpin suku dan daerah yang berpengaruh) Asano Takumi-no-Kami Naganori dan Kamei Sama mendapat instruksi dari Kira Kozuke-no-Suke Yoshinaka, seorang pejabat dari Shogunate Tokugawa (shogun orangnya, bakufu rumah dan kelembagaannya, diserap ke bahasa Inggris menjadi shogunate) untuk mengawal utusan Kaisar Higashiyama. Secara de-facto yang memerintah Jepang adalah shogun dan secara de-jure Jepang dipimpin oleh kaisar/emperor.

Kira merasa kecewa atas sikap Asano yang bermoral Confucian. Asano dihina di depan publik sehingga membuat Asano kehilangan kendali dan menyerang Kira untuk membunuhnya di kastil Edo (kediaman shogun) yang membuat Kira hanya cedera di mukanya karena sabetan shoto dan keburu dipisahkan para penjaga.

Serangan Asano menurut kode etik samurai adalah pelanggaran karena tempat tersebut juga adalah kuburan (sama dengan kode etik highlander juga), sehingga Kira menghukum Asano untuk melakukan seppuku pada hari itu juga yang membuat tanah dan harta disita, keluarganya tercerai berai dan para samurainya menjadi ronin.

47 dari 300-an samurai yang dipimpin Oishi bersumpah membalas kematian Asano, meskipun dalam perkara ini tidak boleh ada balas dendam karena Asano dianggap kriminal dan perkara sudah selesai ketika Asano bersedia melakukan seppuku.

Oishi sempat mabuk dan tertidur di jalan, seorang dari Satsuma yang kebetulan lewat menghina perilaku Oishi dan menendang mukanya (dalam budaya mereka menyentuh muka samurai adalah pelecehan besar).

Selama satu tahun ke-47 ronin ini menyamar dan menyusup ke seputaran kediaman Kira. Kira sendiri khawatir sehingga rumahnya dijaga ketat. Para agen Kira akhirnya menyimpulkan bahwa para ronin Asano sudah bukan merupakan ancaman karena tak ada tanda-tanda balas dendam atas kematian tuannya. Kira pun akhirnya melonggarkan penjagaan di rumahnya.

15 Desember 1702 di pagi hari adalah penyerangan para ronin ke kediaman Kira. Para penduduk di sekitar rumah Kira sudah diberitahu dan mereka diam saja karena Kira dibenci masyarakat. Diserang dari empat penjuru rumah membuat penjagaan yang sudah dilonggarkan lumpuh sampai akhirnya dipastikan Kira tertangkap diminta secara hormat dan berlutut (pangkat dan jabatan Kira lebih tinggi daripada Oishi) supaya Kira melakukan seppuku, namun Kira tak bergeming dan Oishi mengambil tindakan memenggal kepala Kira.

Kepala Kira diarak dan dibawa ke Sengaku-ji, makamnya Asano. Para penduduk memuji ke-47 ronin tersebut. Segera setelah Kira dimakamkan ke-47 ronin melakukan seppuku saat itu juga bersama-sama.

Pemerintah mendapat kesulitan terhadap kasus tersebut, di satu sisi para ronin adalah kriminal karena melanggar aturan balas dendam dan di satu sisi para ronin tersebut masih memegang bushido (kode etik samurai), salah satunya seppuku karena sudah melakukan pelanggaran.

Akhirnya ke-47 ronin tersebut dimakamkan bersama tuannya dan kini menjadi tempat pemujaan. Menyusul kemudian orang Satsuma yang sempat menghina Oishi melakukan seppuku di depan makam Oishi dan akhirnya dimakamkan di dekat para ronin tersebut.

Komentar

21 komentar untuk catatan '47 Ronin'

  1. #1
    gravatar

    Wah, asik banget … rasanya jadi seperti baca novel.
    Sayang dulu musashi cuma buku pertama aja.
    Lebih tertarik senopati pamungkas.

    Memang kalo dipikir2 dulu sejarah itu dianggap membosankan.
    Sekarang baru kerasa kalau sejarah itu menarik.

    Bravo Jay ….. kayaknya ada bakat tuh kamu ….

  2. #2
    gravatar

    kalau gak salah lagi, nonton di discovery channel. lantai kayu tempat ronin tsb melakukan seppuku basah oleh darah. dan akhirnya kayu2 tsb dipakai untuk membuat bangunan sebagai pondasi kuda2. dan dikasih liat kalau kayu nya masih ada sisa2 darah hehehe

  3. #3
    gravatar

    Karena saya belum memiliki buku aturan penyerapan (berbasis aturan), saya carikan dari kamus (table lookup), sbb.

    * elektrik berarti “listrik”; elektris berarti “bersifat listrik”.
    * logis (Bld) berarti “sesuai dengan logika”; logik tidak ada.
    * simpatik berarti “menimbulkan rasa simpati”.

    Tampaknya selain logis, kata lainnya sudah diserap (dan dipakai lama sekali), sehingga menggunakan yang lazim dipakai. Sedangkan yang masih disebut serapan dari Belanda (Bld), karena ketahuan asal-usulnya, jadi masih bisa diterapkan aturan.

    Yang jelas tidak semua kata terkena aturan tersebut, semacam irregular form.

    Penjelasan di atas baru dugaan, berhubung rujukan saya terbatas. Ada kemungkinan dikoreksi suatu saat kelak.

  4. #4
    gravatar

    Diancam Spam atau Dibujuk Ganti Alat Bantu

    Serangkaian peristiwa yang terjadi pada waktu yang berdekatan di pekan ini, yakni sejumlah bug dan spam. Salah satu korban kedatangan jumlah spam yang luar biasa adalah pemilik Movable Type, dengan akibat mencemaskan kemungkinan diusir dari tempat host…

  5. #5
    gravatar

    saya baca buku nya waktu SMP&nonton filmnya di acara sepekan film Jepang, LFM ITB taun 1992 lima hari berturut2x
    baru kemaren ini saya dapet lagi bukunya, setelah sekian lama nyari…..(mau beli ygcetakan baru ngga seru….)
    barangkali ada info dimana saya bisa dpt film musashi itu?
    sebelumnya terima kasih sekali utk infonya…..

  6. #6
    gravatar

    saya ingin tahu, saya punya punya pedang tapi tdk melengkung, hanya cukup panjang(skitar 1, 2 m, sdh dengan gagangnya)warna pedang besi kuning.thn 1517, ada gambar gunung 9 bh, bungan sakura 9 bh, bintang 9 bh, ada tulisan kanji, ada gambar bendera jepang matahri(apakah pad athn 1517, negara jepang sdh ada?dan sdh punya bendera berlogo matahari?

  7. #7
    gravatar

    saya punya fotonya saya email kemana

  8. #8
    gravatar

    #7: wah, punya benda antik nih…
    boleh kirim ke yulian[at]firdaus.or.id, biar nanti saya forwardkan ke teman-teman yang lebih ahli dalam soal barang antik

  9. #9
    gravatar

    ceritanya menarik juga…

  10. #10
    gravatar

    Bagus … bisa di ambil beberapa kesimpulan yang berbau ilmiah setelah membaca artikel kamu. good luck ya… stay cool..:)

  11. #11
    gravatar

    klo ngak salah seh aq dah pernah denger tentang cerita tentang 74 ronim yg membela tuan na tp cuma sekilas hehehehe pas aq liat cerita ini lg (kebetulan ) aq jd inget lg klo ngak salah dr buku tentang ensiklopedi jepang. buat aq kayak na aq agak teropsesi tentang cerita2 tentang para samurai tentang semangat bushido yg ngak pantang menyerah klo aj indonesia isa meniru semangat bushido pasti indonesia ngak kayak gini T_T

  12. #12
    gravatar

    katana itu tepatnya pedang standar jepang, maksudnya pedang yang biasa di pakai para samurai.

    kalau pedang melengkung panjang itu sendiri ada beberapa jenis kalau ga salah. yang paling umum selain katana adalah tachi.

    katana panjangnya kurang dari 72 cm kl ga salah, kalau lebih dari itu biasanya tachi. tachi sendiri ada beberapa. salah satunya adalah Nodachi. dipakainya juga lain. kalau katana mata pedang di balik (keatas), dan di selipkan di pinggang. kl tachi dipakai, mata pedang mengarah ke bawah, dan di gantung di pinggang. setahu saya gitu:D

    eh tau tips cara bikin bokken ga? kali aja ada yang tahu, email ke saya ya

    takahara_hideyoshi@yahoo.com

    thanks

  13. #13
    gravatar

    wah, keren banget tuh pengetauannya…
    Kemarin aku baca TAIKO. sumpe keren banget. TOP nya 10 ibu jari deh…
    gila-gila, zaman sgitu perang2an gtu. Toyotomi hideyoshi tu emang hebat to?
    Bagus banget….
    Nah sekarang, aku lagi butuh informasi tntang Beda samurai ma ninja, filosofi2nya, dll…Mbok saya dibantuin…
    Imel ke aku ya…
    Doomo b4 masarichan19@yahoo.com

  14. #14
    gravatar

    keluargaku punya sebuah pedang peninggalan zaman belanda warisan dari kakekku. Usianya 200th lebih, dengan lambang kepala tentara Romawi pada gagang pedang tersebut. Bisa minta tolong kirimi aku alamat dari para kolektor pedang jenis ini nggak? Aku tunggu email nya ya? Makasih..

  15. #15
    gravatar

    ada yang poenya: data2 tentang “BUSHIDO”, klu ada kirim ke email saya yo? Arigato Gozaimas>>>

  16. #16
    gravatar

    not bad……..
    buat bahan makalah gw.Tp gw lg nyari tentang zaman Bakufu n tokoh2nya, tentang penggagas Restorasi Meiji serta tentang motif jepang menyerbu pangkalan udara Amerika di Pearl harbour.
    kalo ada yang tau
    E-mail ke alamat ini yach
    zoldics@yahoo.com

  17. #17
    gravatar

    Ohayo gozaimasu…wah, lumayan juga buat++ referensi, coz aku mw presentasi all about samurai niy….klo ada yg punya lbh lengkap, email ke aku ya….!(pottercakep_25@yahoo.com).Arigato Gozaimasu….

  18. #18
    gravatar

    Penerbit Matahati akan menerbitkan buku ronin dengan judul KISAH 47 RONIN”.

    Nantikan aja terbitnya di bulan Maret 2007

  19. #19
    gravatar

    Wah bagus…
    Kayaknya sikap bushido sudah amat langka di jaman sekarang!

  20. #20
    gravatar

    Wah bagus bro,
    Ini Bro aku punya e-book ttg The 47 Ronin Story by John Allyn
    Bahasa Indonesia,
    bisa di download di alamat ini : http://rapidshare.com/files/122533116/47Ronin.pdf.html

  21. #21
    gravatar

    I Pengen Banget Punya Katana??????????????

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.