Antibiotik Amoksisilin

Rabu, 8 Desember 2004M
25 Syawwal 1425H

Kemarin selepas jam kerja saya ke dokter gigi untuk memeriksa kondisi gigi geraham kanan atas yang mulai berlubang. Sudah satu setengah tahun sejak terakhir gigi geraham bungsu kiri atas terpaksa dicabut karena tumbuh menyamping ke arah pipi. Oh ya, pertama kali ke dokter gigi bulan Oktober 2001 untuk mencabut geraham kiri bawah yang hancur karena didesak geraham bungsunya.

Dokter yang saya kunjungi atas saran kakak saya adalah Prof. Dr. H. R. Moh. Richata Fadil, drg. dengan ijin praktik KP. 01.01.03.822. Sambil menunggu giliran nomer undian 9 saya membaca novel Eka Kurniawan: Lelaki Harimau dan layar kaca di ruang tunggu sedang menyiarkan stasiun TV Indosiar dengan film India Kuch Kuch Hota Hai yang membuat marak film India di kampus tahun 1998 lalu.

Dugaan saya gigi yang bermasalah sekarang harus ditambal dan ternyata benar. Gigi saya dikorek-korek untuk dibersihkan yang sempat membuat sekali badan saya tersentak karena sakit dan ngilu ketika syaraf gigi tersentuh oleh alat pengorek entah namanya apa. Kemudian ditutup sementara untuk tiga hari yang fungsinya untuk mensterilkan lubang dengan entah namanya apa, dirasai oleh lidah teksturnya seperti kertas.

Kemudian dokter memberi resep, terlihat menulis resep untuk dua jenis obat, satu antibiotik dan satu lagi anti-sakit (painkiller), sambil mengobrol tentang tambalan giginya yang sudah puluhan tahun. Lupa menanyakan siapa yang menambal giginya!

Di apotek saya membeli antibiotiknya saja atas persetujuan dokter karena saya hampir tidak pernah memakan obat jenis painkiller selain parasetamol alias asetaminofin. Rupanya gigi menjadi sakit dan ngilu, tapi hanya berlangsung sekitar satu jam dan mulai memakan antibiotik bermerek Amoxan produksi Sanbe Farma yang ternyata jumlahnya 15 butir. Banyak amat!

Amoxicillin

Amoxan adalah merek antibiotik dari jenis amoksisilin, tepatnya amoxicillin atau amoxycillin. Antibiotik adalah jenis obat yang fungsinya membunuh bakteri atau memperlambat pertumbuhan bakteri. Antibiotik merupakan salah satu kelas dari jenis obat dari grup yang lebih besar yang disebut antimikroba, jenis obat lain yang termasuk grup ini adalah seperti anti-viral, anti-fungal, dan anti-parasitic.

Antibiotik pertama kali yang ditemukan adalah penisilin oleh Ernest Duchesne, namun beberapa tahun kemudian Duchesne meninggal dunia dan penemuannya hampir dilupakan orang dan kemudian Alexander Flemming menemukan obat yang sama melalui metoda percobaan yang berbeda. Nama penisilin diambil dari nama genus jamur yang membunuh bakteri tersebut.

Amoksisilin yang memiliki struktur kimiawi C16H19N3O5S atau (2S, 5R, 6R)-6-[(R)-2-amino-2-(4-hydroxyphenyl) acetamido]-3, 3-dimethyl-7-oxo-4-thia-1-azabicyclo[3.2.0] heptane-2-carboxylic acid (jangan dibaca deh!) ditemukan tahun 1972 merupakan antibiotik yang umum dipakai karena cukup manjur dalam menyerap bakteri dan mudah diminum karena berbentuk kapsul. Hak paten amoksilin sudah habis dan kini banyak merek dagang amoksilin seperti Actimoxi®, Amoxibiotic®, Amoxicilina®, Pamoxicillin®, Lamoxy®, Polymox®, Trimox® dan Zimox®. Entah merek Amoxan yang saya beli mengambil merek dagang yang mana, atau mungkin sudah termasuk merek dagang selain yang saya temukan di atas.

Kini saya harus bersiap-siap dengan efek samping yang mungkin timbul dan tanpa perlu atensi medis yang berlebihan karena antibiotik seperti diare (yaiks!), sakit kepala, hilang selera makan, mules-mules nausea dan kentut-kentut. Semoga tidak mendapat efek samping yang harus mendapatkan atensi medis seperti:
* sulit bernapas
* sakit ketika menelan
* sulit kencing
* kejang-kejang
* pusing-pusing (dizziness)
* merasa kedinginan
* rasa haus bertambah besar
* mata atau kulit menjadi kuning

Komentar

43 komentar untuk catatan 'Antibiotik Amoksisilin'

  1. #1
    gravatar

    kalau ke-junk ke-junk?

  2. #2
    gravatar

    wah, sakit gigi? gak bisa makan bika ambon donk…

  3. #3
    gravatar

    jay, kalo gak salah penambal sementara itu buat matiin syaraf giginya deh, biar saat ditambal tidak terjadi peradangan atau infeksi.

  4. #4
    gravatar

    wah, dokternya gak bilang itu!

  5. #5
    gravatar

    15 butir itu ternyata masih sedikit lho.. kalau disini gue biasa dikasih 30 butir sama dokter. Jadi supaya resiko ada kuman yang tersisa (dan kemudian bermutasi jadi kebal) sangat minimal.

    Itupun kalau dikasih:)
    Di Indonesia, saban kena infeksi tenggorokan, biasanya gue langsung dikasih amoxicillin 15 butir sama dokter, dan cuma disebut sepintas untuk diminum sampai habis. Tapi berhubung hari ketiga biasanya sudah hilang sakitnya, jadinya suka lupa menghabiskannya.

    Ternyata, tanpa sadar gue sudah jadi ketergantungan antibiotik:(
    Jadi nahas begitu tiba disini dan kena infeksi tenggorokan, dokternya santai saja cuma ngasih paracetamol. Ternyata daya tahan tubuh gue enggak mampu lagi untuk mengatasi ini, dan walhasil gua terkapar sekitar 3 minggu ..

    Alhamdulillah sekarang kelihatannya daya tahan tubuh gua sudah mulai kembali normal. Weekend kemarin kena infeksi tenggorokan lagi, tapi cuma sakit sekitar 2 hari. Itupun minggu ini gua bisa tetap kerja.
    Mudah-mudahan untuk seterusnya gua bisa bebas dari ketergantungan antibiotik untuk hal-hal “biasa” spt infeksi tenggorokan ini.

    Ketergantungan antibiotik itu masalahnya bisa ke diri kita sendiri (daya tahan tubuh jadi lemah karena kurang “latihan”), namun bisa juga berakibat ke orang lain. Contoh: gue yang suka lupa ngabisin dosis antibiotik itu sebetulnya bisa membahayakan orang lain karena kalau kumannya jadi kebal (istilahnya “superbug”), mampus deh. Kita harus riset lagi cari antibiotik lainnya yang kemudian bisa mengatasi kuman tsb.

    Eh, masih pada bangun?

  6. #6
    gravatar

    n pemeriksaan pertama di dokter gigi dan syaraf-syaraf gigi yang berlubang dimatikan serta disuruh beli antibiotik; tadi saya check-up lagi. Saya pikir tambalan sementara te [...]

  7. #7
    gravatar

    biasain donk!hidup sehat dan bersih, bersihin gigi dari kuman ga cuma saat mandi, tapi abis makan yang manis-manis dan asam, mo tidur….biar gigi tetap bersih.
    jangan minum antibiotik kalo cuma sakit ringan-ringan aja (antibiotik tidak lebih baik dari tidak menggunakannya!)…antibiotik seharusnya di habiskan, kalo ga…bakalan kebal tuh kuman, nanti kalo dah kebal ma antibiotik yang ada mo di basmi ma apa kuman itu….rugikan kalo cuma ngurusin kuman aja….
    ada tips buat minum antibiotik:
    1. untuk yang di makan 2 kali sehari jarak waktu minum antibiotik 12 jam
    2. untuk yang di makan 3 kali sehari jarak waktu minum antibiotik 8 jam
    3. untuk yang di makan 4 kali sehari jarak waktu minum antibiotik 6 jam
    jay cepet sembuh ya….

  8. #8
    gravatar

    makasih info tambahannya
    antibiotiknya sudah dihabiskan selama 5 hari
    dan sekarang sudah tuntas ditambal

    tinggal perawatan (pencegahan) gigi yang lain, tapi nggak bulan ini deh… biaya dokter mahal!

  9. #9
    gravatar

    boleh aza seh konsumsi antibiotik kalau udah kseringan bahaya juga seh sama aza lu konsumsi racun

  10. #10
    gravatar

    hehehe…
    didats dikasih nyokap obatnya…

    obat dari dokter blom ditebus.. TEKOR!

  11. #11
    gravatar

    MINUM ANTIBIOTIK JANGAN SEMBARANGAN!
    ANTIBIOTIK UMUMNYA DIMINUM SELAMA 7 HARI
    BILA KITA SUDAH MERASA ENAKAN PADAHAL BELUM HABIS OBATNYA, SIAP-SIAP DEH MENGALAMI RESISTENSI.
    APALAGI KALO KITA MEMINUM ANTIBIOTIK YANG EFEKNYA DIATAS ANTIBIOTIK BIASA. bISA BISA KITA GAK BISA LAGI MINUM ANTIBIOTIK BIASANYA, KARENA RESISTEN TADI

  12. #12
    gravatar

    skripsiku antibiotik lho, mumet……

  13. #13
    gravatar

    gw mau tanya nih… image dokter di mata kalian2 tuh gmn sih? TQ yach…

  14. #14
    gravatar

    Ehehehe………..cuma liat2 krn disuruh guru bwt nyari cth2 obat antibiotik di internet….^,~

  15. #15
    gravatar

    di indonesia emang para dokter itu taunya cuman ngasih anti biotik aja, ini kisahnyata gw, ….waktu masih kul pernah sakit batuk agak lama, karena tak sembuh-sembuh juga kepaksa ke dokter…, disana di diaknosa sakit batuk biasa…n dikasih bbrp macam obat salah satunya ya amoksisilin itu…..setelah dua minggu tdk ada perubahan gw bawa balik ke dokter itu…. obat yang dikasih juga masih ada amoksisilinnya itu dan itu sampai 6 bln, dokter itu tidak menyarankan untuk periksa ke dokter ahli penyakit dalam / ahli paru-paru ato gimanangitu, keliatannya …. dia itu penasaran sekali koq gak sembuh2 tapi yang dia bisa cuma berekperimen dengan obat2 yang lain dan menaikkan dosis antibiotiknya saja tanpa peduli akibat efeksamping dari obat2 yang diberikannya terutama anti biotiknya itu pada pasiennya, efek yang aku rasakan badan jadi terasa ngilu, di ginjal jadi terasa sakit, retensi urine, lidah jadi tebal berkerak putih banyak sekali (jamur..), seluruh badan jadi muncul jamur-jamurnya, makan jadi malas krn tak berasa etc masih banyak lagi…………setelah liat kondisi ini n dokternya tidak ada tanda-tanda tuk melakukan tidakan lain, akhirnya gw bawa sendiri ke dr ahli paru – paru akhirnya alhamdullillah bisa sembuh hanya dlm beberapa kali konsultasi saja, tapi akibat dari dokter yang tidak proffesional diwal tsb masih terasa sampai sekarang setelah bertahun-tahun lewat………..

  16. #16
    gravatar

    menurut saya tidak cukup hanya minum antibiotiknya saja tapi juga anti nyeri,saya juga pernah mengalami sakit gigi rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata2 aku sakit gigi kira2 selama 1 minggu lebih,saya mau pergi ke dokter takut gigiku dicabut,saya obati dengan apa saja gak sembuh saya coba minum ctm 1tab akhirnya saya tidur dan bangun saya sudah gak sakit gigi lagi.sebenarnya kalau gak sakit bener saya gak minum obat karena efeknya kebanyakan minum obat gak baik untuk ginjal,saya pernah berpikir kalau sakit gigi itu disebabkan oleh kuman dan ctm adalah obat alergi yang efek sampingnya menyebabkan tidur,dan tidur dapat merelaksasikan otot,

  17. #17
    gravatar

    aku rasa antibiotik tidak berbahaya bila penggunaannya teratur dan memenuhi syarat,menurut saya tentang dokter tergantung dokternya ada dokter yang hanya memeikirkan uang dan tidak peduli obat yang diberikan pas apa tidak dengan sakitnya,aku pernah menjumpai dokter yang seperti itu memberikan obat yang tidak sesuai dengan sakitnya,hanya memikirkan bagaimana dia mendapatkan uang lebih,tapi ada juga dokter yang mempunyai perinsip pasien ini dapat sembuh bila sidokter memberikan resep yang cocok dengan obat yang akan diberikan,aku berharap semua dokter berpikir dahulu sebelum memberikan obat yang cocok kepada pasiennya,,,,,terima kasih untuk semua dokter!!!!!!!!!!!!!!

  18. #18
    gravatar

    Sorry ya nimbrung, tentang antibiotik. Sebenarnya sering kali yang menimbulkan keadaan resistensi (tidak mempannya suatu antibiotik terhadap bakteri) adalah pola pasien itu dalam meminum obat, bukan sering atau tidaknya obat itu diberikan. kalo memang perlu antibiotik pasti akan diresepkan oleh dokter dan yang biasanya diberikan adalah golongan yang paling ringan dan paling sesuai dengan penyakitnya.

    Maksud saya dengan pola pasien yang tidak baik dalam meminum obat adalah tidak teratur, misalnya obat itu harus diminum 3 kali sehari, yang artinya kita minum tiap 8 jam, jadi kalo kita minum jam 6 pagi, untuk yang ke dua seharusnya jam 2 siang, dan yang ke tiga adalah 10 malam, ya kurang lebih begitu. tapi pasien lebih sering lupa, bahkan tidak tuntas dalam meminum antibiotik, hal itu menyebabkan terjadinya perubahan pada bakteri, seolah2 bakteri punya kesempatan (waktu) untuk mempelajari cara kerja obat (antibiotik) sehingga ketika antibiotik itu datang lagi, bakteri sudah punya perlindungan, akhirnya antibiotik tersebut jadi tidak mempan terhadap bakteri tersebut. Akibatnya penyakit tidak sembuh, sehingga dibutuhkan antibiotik dari golongan yang berbeda atau dosis yang lebih tinggi.

    Dokter tidak akan secara sembarangan memberikan antibiotik jika tidak sesuai dengan kasus atau penyakitnya, pada beberapa orang mungkin saja terjadi efek samping atau efek hipersensitif (alergi), untuk itu perlu kerjasama dari pasien juga untuk menceritakan riwayat kesehatannya pada dokter. Dengan memberitahukan pada dokter golongan antibiotik apa yang pernah anda minum merupakan hal yang penting bagi dokter untuk menentukan pengobatan seperti apa yang terbaik. Pasien juga berhak mendapatkan informasi mengenai penyakit dan perawatannya dengan selengkap dan sejelas mungkin dari dokter, oleh karena itu bertanyalah sejelas mungkin pada dokter anda.

  19. #19
    gravatar

    kok gitu..hhe

  20. #20
    gravatar

    wah jd gimana neh..kbtulan sy lg sakit gigi n gusi bengkak truz sakit kalo disentuh lidah. selama ini sy minum anti biotik tp mana aku tahu kalo hrs diminum tratur..sy sih minumnya suka-suka klo terasa agak nyeri baru diminum lagi.. so mesti mnum obat apalagi ya klo udh bgni..ada yang tau ga friend??

  21. #21
    gravatar

    Gimana kalo penyakiynya dobel, contoh neh saya abis dari tht di kasih antibiotik cesfpan 2xsehari , trus selang sehari ke dokter gigi dikasih anti biotik metronidazole 3x sehari. jd bingung nih diminum gak ya yg metro???ada yg bisa bantuin gak..thanks ya

  22. #22
    gravatar

    Wah judul Lap AkhR w Ada kaitannya jg sm Amoksisilin, setau w amoksisilin bs jg bwt orang anaphilaxis or keracunan sampai shok berat, fatalnya bs juga menybbkn kematian,ih..ih serem jg tuh!!!?tp kLo dosis-a dh melebihi bts

  23. #23
    gravatar

    silahkan bagi mereka yang sakit gigi, bisa ke dokter Marjono [titel nya bukan profesor, Dr,blablabla......] tapi pasiennya rela dateng dari jauh hanya untuk diservis oleh sang dokter ‘aneh’ ini. saya bilang ‘aneh’ karena dia gak banyak bicara,gaya nya agak kemayu. tapi normal lho ! :) dan saran yang dia berikan untuk kita sangat baik. dia tidak sembarangnan mau cabut gigi, dari segi harga juga termasuk murah. tambal gigi tidak sampe 100rb, cuma dateng periksa gigi dan dia kasih resep KAGAK BAYAR. dari kecil, saya sudah diperiksa oleh dia, banyak pasien yang juga gitu. minggu lalu saya datang ke sana, gusi berdarah terus menerus, ngocor gitu. lalu dia kasih resep obat Amoxcycilin habiskan 17 butir, sembuh !! [tidak ada biaya periksa gigi yang dia minta. kalo resep obat Amoxcycilin yang dia suruh beli di apotik ya bayarlah. :) ] alamatnya di Jalan Pangeran Jayakarta sebelah Pom Bensin PANCA WARNA. lokasi tepatnya berada di samping kompleks ruko dan Bank LIPPO. pasti semua orang tahu deh di sana, tanya aja.
    sudah terbukti Maestro Gigi, :) buktikan sendiri , asal kuat aja antri pulang malem :) pasiennya RAMEEEEE !

  24. #24
    gravatar

    Jay, kalo nanti-nanti ke drg lagi atau dokter manapun, biasakan untuk bertanya walaupun dokternya terkesan gak mau ditanya, paksa aja…. misalnya pertanyaan itu begini; kemungkinan sakit saya apa? kenapa bisa terjadi sakit geditu? terus akan dikasih obat apa? cara kerja obat bagaimana? dll….
    Pasien kadang terkesan selalu ,menyalahkan, dokter kurang ini itu, padahal mereka sendiri yang kurang kritis….
    Oke Jay????
    Maju terus pantang sakit.

  25. #25
    gravatar

    Teman teman, ada kalanya antibiotik itu diresepkan lebih dari satu macam, tergantung penyakit (bakteri penyebab) dan jenis obat yang digunakan. Pemilihan obat jg didasarkan berbagai macam alasan : usia, riwayat kesehatan umum, riwayat alergi, konsumsi obat2an rutin (pada kasus hipertensi misalnya, pasien biasanya rutin minum obat tertentu untuk menjaga tekanan darahny), ibu hamil, dan lain sebagainya. pada kondisi sakit gigi, jika ditemukan abses (ada proses peradangan lanjut yang menyebabkan timbulnya nanah) terkadang diperlukan kombinasi dua antibiotik : amoxicillin dan metronidazole, atau mungkin ada pilihan obat lain seperti clyndamicin. Pemilihan obat antibiotik tersebut tergantung pada kasus penyakitnya dan beberapa hal yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya seorang pasien banyak2 bertanya pada dokter agar benar2 mengerti penyakit apa yg diderita dan mengerti betul penggunaan obat2an yang digunakan, agar hasilnya tepat sasaran. Kewajiban dokter juga menjelaskan sejelas2nya pada pasie

  26. #26
    gravatar

    Ohya, syok anafilaksis sbenarnya bisa terjadi kapan saja, dan penyebabnya bukan hanya antibitotik, bisa saja penyebabnya obat penghilang rasa sakit, anestesi, bahkan vitamin. Reaksi anafilaksis ini sbenarnya sperti reaksi allergi, dan efeknya memang sangat fatal. Karena yang terjadi secara klinis biasanya diawali dengan gatar kemerahan pada kulit, pembengkakan, yang paling berbahaya jika sampai terjadi pembengkakan (edema) saluran pernafasan, ini yang menyebabkan kondisi sulit bernafas, sering kali menyebabkan kematian. Untuk itu sangatlah penting bagi dokter untuk mengetahui alergi yang dimiliki oleh pasien. Apakah alergi terhadap obat2an maupun alergi terhadap zat2 lain. Dalam keadaan syok anafilaksis, harus segera dilakukan penanganan secepatnya untuk mencegah terjadinya keadaan sumbatan jalan nafat tadi, yang disebabkan pembengkakan saluran nafas atas. Mungkin supaya lebih jelas bisa googling, cari info tentang syok anafilaksis.

  27. #27
    gravatar

    antibiotik… harus sesuai anjuran!!! sebenernya bagus koq buat nyembuhin infeksi

  28. #28
    gravatar

    Kalo minum antibiotik tidak teratur dapat menyebakan kuman penyakit kebal terhadap obat tersebut gitu lho!!!!!!!!

  29. #29
    gravatar

    Aku sekarang lagi sakit gigi, tapi menurutku ini bukan tergolong sakit gigi soalnya gigiku ngk berlubang dan ngk ada yang sakit. Tapi aku heran kenapa pipi ku bengkak padahal gusiku juga ngk ada yang sakit. Aku pikir ini karena gigi belakangku lagi tumbuh. Yang aku lebih heran ini sudah terjadi 3 kali tiap tahunnya dan selalu di bulan yang sama. Aku coba minum amoxicillin ama asam mefenamat setelah aku minum selama 3 hari masih belum ada perubahan. Sekarang aku jadinya puasa ngk bisa makan soalnya bukaan mulutku hanya 1/2 cm aja. Mohon pencerahan donk…. Tnks

  30. #30
    gravatar

    Katanya, antibiotik berlebihan membunuh semua bakteri dalam tubuh, bakteri baik maupun bakteri jahat, betulkah?
    Anakku sebulan yl opname krn infeksi paru2 selama 3 hari, stl itu di rmh 3 hr sakit lagi, aku bawa ke dokter yg sama katanya radang tenggorokan, diberi antibiotik lagi deh, sehari kemudian malah jadi diare selama 3 hr, diare berhenti setelah dia kuberi lacto-B.

  31. #31
    gravatar

    Entahlah, tapi biasanya untuk cabut gigi tidak ada batas minimum meskipun untuk gigi asli sekalipun karena salah satu kerabat dahulu ada beberpa gigi asli yang dicabut semasa SMP untuk merapikan giginya (karena total ukuran semua gigi lebih besar daripada besar dari rahangnya).

    Gigi kuning belum tentu karena oba tapi juga bisa karena pola makan, hidup, dan genetika. Namun, klo udh kejadian apapun itu penyebabnya seingetku gak ada penyelamatnya. Ada sih secara temporer meskipun tidak dianjurkan, semacam menggunakan pewarna gigi. Tapi, tetap saja tidak dianjurkan. biasanya obat yang bikin kuning gigi adalah obat untuk penyakit paru-paru, hehehehe….

  32. #32
    gravatar

    Amoxan, bener ga sih itu keras jadi minumnya cukup 9 butir aja? saya denger dari apoteker gitu.. kabari please :(

  33. #33
    gravatar

    Merek Amoxan mahal tuh, 30ribu, sedang Merek: Amoxilin cuma 5 ribuan (generik) :D, Isinya sama persis

  34. #34
    gravatar

    Help me…!
    haduh gigi geraham saya berlubang, gusi apa pipi saya bengkak jadi malu mau kuliah nih… :(
    apa saya harus minum antibiotik?

  35. #35
    gravatar

    saya dua kali keracunan obat amoxllin dan asam mwtanamet,sewaktu sakit gigi yg kedua parah ampe gelap dan hilang kesadaran.saya jadi trauma mengkonsumsi obat,gimana ya….padahal anti biotik penting…untuk penyakit tertentu

  36. #36
    gravatar

    Saya, sedang hamil 4 bulan tapi belakangan ini gigi dan gusi sering ngilu sama sakit banget. saya, pingin minum obat tuk ilangin ngilu dan sakit. yang aman apa ya. thx

  37. #37
    gravatar

    gusi saya bengkak karena begian dekat bibir juga dengan rahang, bukan main sakitnya, semula saya minum amoicilin 500mg obat generik. bengkaknya dan rasa sakit berkurang setelah habis 14 butir, saking bandelnya tangan saya amibil cottot but dan oleskan minyak gosok biar cepat kempes dan bisa makan,namun malah smakin sakitdan bengkak akhirnya say minum obat cataflam 50mg alhamdulillah sakitdan bengkak berkurang. apakah cataflam jenis antibiotiq? sementara saya masih punya amoxilin 1 butir bagaimana ini apa saya harus minum juga amicilin tersebut.

  38. #38
    gravatar

    Dokter pernah ngasih sy Cyprofloxasin 500mg setelah sy blg sy sdh minum Amox 6butir gk ada reaksi. Cobain dech…

  39. #39
    gravatar

    dokter nya pintar ga? , ada dokter yang kumlaut ada juga yang hampir DO, nah kalo yg buka praktek ini yang hampir DO ‘ darah biru dapat izin buka praktek yang penting uang mengalir, akibatnya dokternya main coba coba, saya pernah cabut gigi yang rusak bagian belakang atas, kata dokter sudah selesai pas beberapa hari ternyata masih ada setengahnya tertinggal, maklum dokternya murah nah itu dia

  40. #40
    gravatar

    Antibiotik bukan obat bebas, jadi jangan membeli sendiri tanpa resep dokter.. Orang apotek yg nb bukan dokter tdk bisa mendiagnosa penyakit, jd gimana bisa menentukan obat kalo diagnosanya gatau? Jadi gunakan obat sesuai petunjuk dokter.. Kalo merasa biaya konsultasi ke dokter mahal, bisa dtg ke Puskesmas. Yg penting jangan coba2 ‘meresepkan’ sendiri

  41. #41
    gravatar

    bagaimana kalau amoxsilin tidak manjur?? adakah antibiotik yang ampuh??

  42. #42
    gravatar

    kalo sakit gigi ma gusi bengkak mndingn pake yg alami aja cukup pake bawang putih+garam insya allah cpt sembuh drpda bhn kimia

    Obat sakit gigi alami lainnya yaitu menggunakan
    bawang putih dimana bawang putih
    mengandung antiseptik alami. Cara ini bisa
    untuk mengobati sakit gigi berlubang dan
    gusi bengkak.
    Cara membuat bawang putih sebagai obat sakit
    gigi alami
    Ambil satu siung bawang putih lalu kupas
    kulitnya dan haluskan. Haluskan pake manual ja
    jangan pake blender biar mudah nyarinya. kalo
    pake blender nanti susah nyari hasilnya soale
    bawang yang diblender cuma satu siung, he
    he… lanjut setelah dihaluskan lalu dikumpulin
    dan dicampur dengan garam dapur lalu aduk
    sampe rata, bisa juga pake garam kasar tapi
    dihaluskan bareng ma bawang putihnya.
    Cara Memakainya
    Masukkan pada gigi yang berlubang ataupun
    oleskan pada gusi yang bengkak. Mengenai
    rasanya yaitu sedikit panas dan juga gimanaaa
    gitu terasa dilidah. tapi ini ampuh dan alami. ga
    uenak dikit gapapalah… Tahan sampai nyeri
    pada gigi reda dan waktunya relatif. maksudnya
    kalau masih pertama kali dan masih terbi`sa
    memakai obat kimia biasanya agak lama. tapi
    kalo yang da lama cerai dengan obat kimia jika
    pake cara ini cepat hasilnya dan ga mudah
    kambuh.
    Sebenarnya masih banyak model atau cara
    alami yang dapat mengobati sakit gigi tapi
    menurut saya dua cara tersebut dah paling
    ampuh dan terbukti pada saya dan keluarga.
    Moga jodoh (cocok) juga bagi sobat sekalian.
    Jika sahabat sekalian menginginkan obat sakit
    gigi siap pakai yang ampuh, saya
    merekomendasikan untuk memakai SG –
    Ampuh & Cepat Menyembuhkan Sakit Gigi.
    Obat ini terbuat dari bahan alami dan harganya
    sangat terjangkau.
    Demikian sudah kiranya saya mengulas tentang
    cara alami mengobati sakit gigi, alangkah
    baiknya sebelum terjadinya sakit gigi kita
    melakukan pencegahan gigi berlubang karena
    gigi berlubang merupakan penyebab utama
    timbulnya sakit gigi. Ada juga cara lain yang
    dapat untuk menghidari sakit gigi yaitu dengan
    menambal atau mencabut gigi berlubang yang
    kita punya. Dan untuk mengatasi masalah gusi
    berdarah tapi giginya tidak sakit silahkan baca
    artikel bagaimana cara mengatasi gusi berdarah
    tanpa ada sakit gigi.

  43. #43
    gravatar

    cara mempercepat kemailan

    Jay adalah Yulian » Antibiotik Amoksisilin

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.