Apa Definisi Sastra?

Jumat, 26 November 2004M
12 Syawwal 1425H

Seorang teman bertanya kepada saya “Apa sih definisi sastra?”. Ia seorang penulis novel yang kebingungan mendefinisikan sastra yang sekaligus juga membuat saya kebingungan karena seorang yang sudah menulis novel bingung dengan definisi sastra. Dan kini saya akan membuat anda juga kebingungan membaca tulisan ini.

Menurut saya, sastra adalah perwujudan pikiran dalam bentuk tulisan. Tulisan adalah media pemikiran yang tercurah melalui bahasa, bahasa yang bisa direpresentasikan dalam bentuk tulisan, media lain bisa saja berbentuk gambar, melody musik, lukisan ataupun karya lingkungan binaan (arsitektur).

Sastra menjadi bagian dari budaya masyarakat. Sastra yang memuat materi yang tinggi dipelihara secara turun-temurun oleh para pujangga, banyak yang secara lisan karena media tulisan sangat terbatas, hanya daun lontar.

Ada tudingan kepada guru-guru sekolah atau kurikulum pendidikan formal yang mengakibatkan keterasingan sastra dalam kehidupan bermasyarakat, seperti tendensi bahwa sebuah karya sastra adalah harus indah, menawan, cantik dsb. Kenyataannya guru-guru pengajar tidak lebih dari makelar atau mak comblang yang menawarkan produk-produk sastra kepada muridnya dengan gaji yang rendah, hingga kini. Berapa banyak yang kita (media/masyarakat) anggap sebagai sastrawan tapi bukanlah guru bahasa atau lulusan pendidikan bahasa sebuah sekolah tinggi?

Salah satu upaya keterasingan sastra dalam kaitannya dengan budaya masyarakat adalah Universitas Indonesia mengganti Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya.

Dr. Abdullah Dahana Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia berkesimpulan bahwa istilah Sastra telah mengalami penyempitan arti, “Kebanyakan kaum awam menganggap sastra hanyalah ilmu yang mengurusi kesusastraan saja. Padahal arti sastra sesungguhnya itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan secara luas. Itulah salah satu penyebab Fakultas Sastra berganti baju menjadi Fakultas Ilmu Budaya.”

Menurut KBBI arti sastra adalah:
(1) bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari);
(2) karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya.

Jadi apa definisi sastra itu?
Mari kita cari! (be a winner, not a loser). Ada sebuah dialog bapak dengan anak yang saya temukan di situs penerbit Mizan tentang pengajaran dan penggambaran sastra. Sebuah artikel yang cukup menarik!

Dalam bahasa Inggris kita mengenal kata literature, diserap menjadi literatur ke dalam bahasa Indonesia. Arti literature (menurut kamus online WorldNet) adalah:
1: creative writing of recognized artistic value
2: the humanistic study of a body of literature; “he took a course in French literature”
3: published writings in a particular style on a particular subject; “the technical literature”; “one aspect of Waterloo has not yet been treated in the literature”
4: the profession or art of a writer; “her place in literature is secure”

Apakah sastra memiliki definisi yang sama dengan literature?
Jika melihat perbandingan arti dua kamus di atas terdapat perbedaan bahwa arti literatur dalam bahasa Inggris memiliki arti yang lebih lebar dibandingkan arti sastra dalam bahasa Indonesia.

Sebuah pepatah mengatakan “Bahasa menunjukkan bangsa”, pepatah ini benar sebagai eksistensi sebuah bangsa di dunia. Siapa lagi yang harus berbahasa Indonesia selain kita sendiri supaya tidak kehilangan identitas diri?

Bahasa, selain dipertahankan sebagai warisan budaya pula harus dikembangkan, salah satu yang penting adalah kosakata baru. Sebenarnya kosakata baru yang murni diciptakan oleh orang Indonesia itu ada, seperti contohnya adalah pindai (scan), tikalas (subscript), tikatas (superscript). Tapi siapa yang menggunakan? Apakah publikasi lembaga bahasa kurang? atau justru lembaga bahasa tidak mempublikasikan apa-apa?

Selain mencari kombinasi dari 26 karakter latin sebagai kosakata baru, bahasa Indonesia memiliki metoda tersendiri untuk membentuk inovasi kosakata yaitu dengan sisipan ataupun imbuhan. Contoh yang paling umum adalah kinerja (performance) yang berasal dari kerja atau sinambung (continuous) dari kata sambung. Mengapa tidak kita ciptakan misalnya tinembak, pinanjang, pinendek, sinempit atau linuas?

Komentar

95 komentar untuk catatan 'Apa Definisi Sastra?'

  1. #1
    gravatar

    sepertinya sastrawan memang suka bikin bingung pembaca he3x, tapi saya setuju dengan definisi sastra yang anda kemukakan (meski tidak semuanya). Kesimpulan saya sastra tidak harus selalu berbentuk fiksi.

  2. #2
    gravatar

    Menurut saya sastra itu adalah suatu benda abstrak yang setiap orang mempunyainya (dalam pikiran manusia). Sastra tak berbentuk dan tak tak punya batasan-batasan karena merupakan hasil pikir manusia yang tak terbatas.

  3. #3
    gravatar

    setuju, sastra ada dalam pikiran manusia, namun manusia butuh wujudnya, ekspresinya dan pengejawantahannya, sehingga lahirlah tulisan, coretan, gambar, lirik, melodi dsb.

  4. #4
    gravatar

    sesuatu yang kami butuhkan saat ini. Sebuah definisi sastra, dimana memuat sejuta arti yang hanya ada dalam pikiran tiap manusi…

  5. #5
    gravatar

    Sastrawan dalam Asy-Syu’araa’

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

    [224] Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat.

    [225] Tidakkah kamu melihat bahwasanya mereka mengembara di tiap-tiap lembah,

    [226] dan bahwasanya mere…

  6. #6
    gravatar

    sastra merupahkan ungkapan hati yang tersembunyi di benak manusia, dan akan di wujudkan memalalui ekspresi seseorang yang berupa nyanyian, melodi, dan juga puisi yang sebenarnya di salurkan ke luar dan itu akan mengambarkan kehidupan seseorang yang sebenanya.

  7. #7
    gravatar

    menurut saya sastra adalah sebuah intisari dan manifestasi dari segala jenis komunikasi, bahkan saya pikir hewan dan tumbuhanpu memiliki sastra mereka sendiri tinggal bagaimana kita menjelaskan, apa sih sastra itu? seperti halnya cinta, sastra bersifat universal dan setiap kita, memiliki pengertian maknanya sendiri-sendiri. intinya mbuh… aku barusan ngomong apa yah..

  8. #8
    gravatar

    sastra merupakan buah karya yang merupakan hasil dari ekspresi perasaan

  9. #9
    gravatar

    Pokoknya sastra merupakan karya seni dan untuk memenuhi kriteria sebagai karya seni lihat dulu resep ini oke!
    a.bagaimana penghargaan orang terhadap karya tersebut
    b.bagaimana fungsi karya tersebut
    c.siap pembuatnya
    bingung ya?sama. besok penjelasannya ya!

  10. #10
    gravatar

    hai kawan, kenapa masih bernostalgia dengan definisi sastra-tua itu? kenapa masih beromantik-ria dengan mengidentikkan sastra dengan yang bagus-bagus, yang ekspresif, dll?
    meski tidak keliru, aku tidak sepakat dengan sebagian besar komentator blog ini. sebab sastra bukan sekadar ekspresi perasaan, atau manifestasi dari perasaan dsb yang ditulis, yang diprosakan atau dipuisikan. definisi macam ini tidak memadai.
    untuk mengerti sebuah tulisan merupakan sastra atau bukan, tentu harus melihat apa yang disebut sebagai “inter-tekstualitas”! hampir semua tulisan yang ada, kalau tidak merupakan perwakilan eskpresi, (sebagiannya) ia merupakan perwakilan dari realitas. tetapi yang membedakan sastra dengan yang lain adalah relasi yang ter(di)bangun di dalam teks. inilah yang kemudian meluaskan pengertian tentang sastra yang tidak hanya didefinisikan sebagai karya fiksi, atau karya yang indah, halus, romantis, dll.
    inilah kiranya yang menjadi alasan kenapa sebagian penerima nobel-sastra bukan dari kalangan sastrawan, atau karya etnografi Clifford Geertz–tentang Sabung Ayam di Bali–dapat dimasukkan ke dalam genre sastra.
    dengan definisi ini, apa yang diperjuangkan Saussure, babhwa bahasa (baca: sastra) merupakan obyek kajian yang otonom sehingga pengkajiannya (seharusnya) dilakukan dengan menelisik ke dalam aspek internal bahasa, bukan pada aspek eksternal seperti sejarah penulis, latar peristiwa–pendek kata, sesuatu yang membentuk sastra.
    thx

  11. #11
    gravatar

    sastra dapat juga melambangkan jati diri kita yang mana setiap hasil karya sastra itu dapat berbentuk perilakunya si pengarang tersebut.Makannya imu sastra sangat diperlukan oleh setiap Pencipta/pengarang yang mau membuat suatu sebuah karya sastra.

  12. #12
    gravatar

    sastra adlah buah dari sistem tanda. berakar dari bahasa sebagai buah dari pikiran dan jiwa manusia. sulitnya mendefinisikan apa itu sastra memang dominasi pengertian merujuk sebagai tulisan kreatif dan apa yang dikomunikasikan dalam sebuah karya sastra didominasi dari tulisan. Lebih dari itu perkembangan media sastra telah meluas seperti dalam bentuk film, musik yang merupakan bagian dari sastra elektronik. Sebagaimana yang dikenal, yang disebut dengan karya sastra, adalah representasi lugas dari apa itu sastra. jadi permasalahan yang juga membuat saya bingung adalah sastra itu sungguh berbeda dari karya seorang anak kecil / katakanlah usia anak baru kenal tulisan atau anak TK.

  13. #13
    gravatar

    Hingga saat ini masih terdapat banyak perdebatan tentang definisi satra. Media pewujudan sastra sendiri adalah hasil dari subjektivitas pencipta sastra. Atas dasar subjektivitas itulah timbul banyak interpretasi yang terjadi. Oleh karena itu, setiap pendapat tentang definisi sastra yang ada bukanlah boomerang bagi pemikirnya. Tetapi sebagai kekayaan khasanah yang kita miliki.

  14. #14
    gravatar

    sastra adalah suatu kondisi negara yang dimuat di harian kompas oleh seorang wartawan, dimana situasi itu diedit.. tapi kita tidak boleh menggunakan kata situasi.. karena situasi negara itu tidaklah mewakili sebagian pengertian sastra. cuma harian kompas dan wartawan yang bisa memakai kata istilah itu…
    inilah salah satu contoh sastra.
    jadi sastra itu merupakan hasil kontemplasi, buah pikiran, dan atau ekspresi seseorang (sastrawan, kalau boleh)di ats karya-karya sastra (we know what they are)

  15. #15
    gravatar

    klo aq beda ma kalian….sastra menurut aq adlh sbuah keindaan tapi, juga sbuah kenistaan dan kebohongan, meski tu mrpakan ungkapan perasaan hati pling dalam yang diujudkn dlam bentuk ekspresi diri

  16. #16
    gravatar

    saya mau curhat….
    saya di beri tugas oleh dosen saya untuk mencari apa itu definisi sastra….
    bingung….
    banyak banget pengertian dari mana-mana
    menurut saya sastra itu sebuah rangkaian bahasa…..
    heeee….

  17. #17
    gravatar

    menurut saya, sastra mempunyai banyak makna, tapi sayangnya saya bingung mana yang paling konkrit. he…. yang jelas, definisi sastra sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. ^o^

  18. #18
    gravatar

    hiks,
    sastra apaan c?!
    bingung juga. Qjg disuruh bwt cari pengertian tentang sastra
    gimana kalo pengertian itu menurut teman2 yang di atas aj y,
    kan lucu…
    toh ada pengarangnya juga kan? =b

  19. #19
    gravatar

    sastra mengandung banyak makna sehingga membuat orang yang mencari makna dan definisi sastra itu “RUWET”. Maka perlu adanya definisi sastra yang lebih universal, lebih singkat dan padat serta mudah di pahami oleh pembaca.
    Ingat!!!!!!!!!!!!!!!!!!! kejahatan bukan terjadi karna ada niat pelakunya tapi karna ada kesempatan!waspadalah!waspadalah!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. #20
    gravatar

    Sastra itu adalah ungkapan hati setiap orang yang berbeda-beda.
    Sastra tidak dapat didefinisikan secara satu pihak saja, perlu ditinjau dari segi-segi dan aspek yag lain. Jadi, sastra adalah apresiasi diri dari seseorang dalam bentuk prosa, puisi, maupun drama.
    Sastra merupakan hal yang kompleks.

  21. #21
    gravatar

    wahai kawan tak ada salahnya kita memiliki pengertian yang berbeda tentang makna sastra itu sendiri.perbedaan hadir sebagai anugerah dari yang Maha kuasa.ia hadir bukan untuk di perdebatkan ataupun dipertentangkan.Dalam pandangan saya pengertian sastra itu tidak pernah mengalami penyempitan ataupun perluasan makna.karena sesuatu yang telah melekat dalam diri manusia apalagi sampai menjadi budaya akan sulit untuk menghapusnya.toh walaupun ia hilang tapi hakikatnya ia tetap exist.bagi saya untuk memberi pengertian yang Absolut benar dan dapat diterima oleh semua kalangan sangatlah sulit.karena di dunia itu tidak ada kebenaran yang mutlak kecuali firman yang berasal dari tuhan.hemat saya sastra adalah semua tindak tanduk kita didalam kehidupan baik itu berupa tulisan atau hanya imajinasi yang memiliki nilai lebih dan memiliki makna ganda yang tidak bisa di terjemahkan secara spontan tapi harus dengan penghayatan.

  22. #22
    gravatar

    sastra adalah sesuatu yg ga bs diucapkan melain u/ diekspresika…

  23. #23
    gravatar

    #22: Ucapan adalah sebuah ekspresi.

  24. #24
    gravatar

    aku rasa definisi sastra bener banget.tapi apaan sih KBBI itu???tapi trims for all

  25. #25
    gravatar

    S >>> Sesuatu yang bermakna dalam setiap bait kata
    A >>> Asal Punya Ekspresi ucapan tentang ke indahan di sebut sastra
    S >>> Seindah mutiara menjadi indah dengan penataan bahasa yang penuh kebohongan
    t >>> Tutur bahasa seorang yang Munafik dan mengagungkan sesuatu yang “SILLY”
    R >>> Renungkan Sastra saat ini berpindah menjadi Pornografi yeng berkedok “seni”
    A >>> Antara PRo dan Kontra memahami seni adalah Sastra

  26. #26
    gravatar

    Sastra adalah tulisan yang indah. sastra tidak akan ada nilainya apabila ia tidak dihasilkan dalam sebuah karya. misalnya seseorang punya imajinasi tentang sebuah karya yang indah yang hanya tersimpan dalam pikiran. seindah dan semenarik apapun ide itu jika ia tidak mampu melahirkannya dalam bentuk tulisan, sama saja dengan nihil! NOL BESAR!!!contoh nyata adalah puisi. orang tidak akan tahu puisi itu indah, apabila tidak membacanya dalam bentuk karya.

  27. #27
    gravatar

    sebenarnya aku ingin menyelesaikan tugasku pada mata kuliah sastra dan genre sastra. Namun, bukannya selesai, dengan membuka situs ini, aku malah membuat tugas baru lagi untuk dipecahkan. pecahkan saja kepalaku!!!
    apapun itu sastra, yang jelas, seperti motto dari fakultasku… SASTRA BERSATU TAK BISA DIKLAHKAN!!!
    CAPEK DECH….

  28. #28
    gravatar

    kalo menurut aku (mgkn hampir sama dgn yg Anda hanya bilang tapi dgn bahasa yg sedikit lain)sastra adalah bentuk ekspresi perasaan&pikiran manusia yg bisa dituangkan dlm bentuk apa saja. mgkn hasilnya indah (ada nilai estetika dan bla bla bla) tapi bisa juga tidak indah, contoh: puisi “Child Wife” (Paul Verlaine) tentang istrinya yg kekanak-kanakan. menurutku itu contoh puisi yg bagus tapi tdk indah krn menuliskan sifat2 org yg kekanak-kanakan & (agak) menyebalkan & jadi alasan knp Verlaine cerai dengan istrinya itu. buat yg prnh baca “Child Wife”, ad komentar?

  29. #29
    gravatar

    sastra adalah suatu yang indah tp kadang membingungkan, why? ya bahasax ya maksudnya?tp kok ga da sastra hidup pasti sepi n seurius bangggeeeet

  30. #30
    gravatar

    sastra yo sasstra itu sendiri ngapain sih kita mesti susah2 mendefinikan orang sudah jelas koq…

  31. #31
    gravatar

    saya setuju sekali dengan tulisan anda tentang definisi sastra. sekedar tambahan, orang yang mau mengerti dan memahami sastra adalah orang yang beruntung. mereka yang mengabaikan arti dan peran sastra bagi kehidupan adalah orang yang belum mengerti tentang pentingnya sastra. mereka perlu sedikit mengenal sastra agar bisa menilai sastra dengan benar. di fakultas sastra, ada motto “sastra mboys”. motto itu bukan sekedar julukan saja tetapi memang difungsikan sebagai semangat dalam mempelajari sastra. mari kita bedakan antasa sastra/seni dengan pornografi, bualan/kebohongan, dll yang tidak mencerminkan sastra sesungguhnya. hidup sastra indonesia!

  32. #32
    gravatar

    thx ud bantuin bwt topik karya sastra…..hahahaha!!!

    denok_db2_10_haterz

  33. #33
    gravatar

    Sastra adalah sebuah kerya yang tidak hanya dipandang sepele, sastra mempunyai arti yang luas. sastra sendiri sangat sulit untuk di definisikan, banyak pemikiran yang timbul tentang definisi sastra, kalau saya sendiri mengartikan sastra itu hanyalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bangaimana mengelola kehidupan yang diolah melalui tulisan dan dalam bentuk karya-karya lainnya seperti puisi, novel dan prosa. sastra mengungkapkan semua apa yang ada didalam muka bumi ini, seperti kehidupan masa lampau masa sekarang dan masa akan datang.

  34. #34
    gravatar

    sastra adalah ungkapan hati dari seorang pecundang

  35. #35
    gravatar

    sastra indonesia kurang kreatif

  36. #36
    gravatar

    sASTRA INDONESIA COCOK UNTUK ORANG ITEM KAYAK SAYA

    komang item 9c

  37. #37
    gravatar

    buat saya, sesungguhnya saya belum begitu memahami sastra hanya saja saya begitu merasa tertarik dengan sastra. seluruh kehidupan saya hampir sebagian besar dimiliki oleh peranan sastra dan saya terus menikmatinya meskipun saya belum sungguh memahami sastra itu sendiri.semoga suatu saat saya dapat memahaminya bukan hanya menikmatinya.thank u.GBU

  38. #38
    gravatar

    saya masih butuh penjelasan yg mudah dan jelas mengenai “lukisan termasuk karya sastra” how come? dosen saya pernah menjelaskan tp saya gk dengerin,hehe,tolong ya

  39. #39
    gravatar

    Bagiku, Sastra adalah seni bertutur secara halus. ia adalah bahasa yang dapat diterima siapapun. sebab sastra bertutur dengan bahasa ibu

  40. #40
    gravatar

    klau aku sih sastra tergantung dari orang yang mendfinisikannya apakah sastra itu indah dsb

  41. #41
    gravatar

    saat ini kami sedang dipusingkan dengan istilah sastra itu sendiri.
    hmmmmmm…….
    apa ya?
    satu kata untuk sastra
    “AMAZING”

  42. #42
    gravatar

    sastra adalah ungkapan hati yang tertuang dalam goresan tinta serorang pujangga yang diimplementasikan dalam siratan makna yang terkadang membingungkan namun didalamnya terdapat keindahan yang tak ternilai

  43. #43
    gravatar

    kenapa harus memusingkan definisi sebuah sastra.
    alangkah indahnya jika sastra itu diapresiasikan saja tanpa dikaji dg teori dan kewajiban yg harus diaplikasikan di siswa.
    saya setuju sastra itu indah, tetapi pemahaman satra tidak dpt “dipaksakan” pd org yg apatis dan tdk mau tahu dg keseimbangan jiwa

  44. #44
    gravatar

    Oleh karena karya sastra bersifat dinamis, kata sastra sulit didefinisikan. Definisi sastra mengemban corak sastra pada masing-masing zamannya.Definisi sastra pada zaman sastra Melayu berbeda dengan sastra Indonesia modern: angkatan 45, 66, 70 hingga sekarang. Dani N.Toda penulis buku apa sastra itu setebal ratusan halaman malah tidak secara pasti mengungkap tabir apakah sastra.sebagaimana sastra terus berubah, definisi sastra pun akan mengalami perubahan. namun bukan berarti karya sastra tidak memiliki jati diri.sastra harus bisa memberikan katarsis jiwa serta pencerahan spiritual.Itulah keindahan dan kebermanfaatan karya sastra bagi kehidupan (dulce et utile).

  45. #45
    gravatar

    arti kata sastra itu cukup luas tergantung orang melihatnya dari sudut mana. tapisecara umum sastra itu sesuatu yang indah dan mempunya makna bagi orang yang melihat atau membacanya. tapi jika kita melihat dan membacanya belum tentu orang tersebut melihat atau membecanya itu indah. jadi, menurut saya arti sastra itu tergantung orang yang ingin menedefenisiskannya bagaimana dan melihatnya dari sudut mana. tidak usahlah kita ribut untuk mendefinisaikan kata sastra karena arti sastra itu cukup luas. yang kita pikirkan adalah bagaimana cara kita melepaskan bangsa ini dari kemiskinan dan pembodohan supaya bangsa kita setara dengan bangsa lain.

  46. #46
    gravatar

    maaf pak sastras itu bikin pusing

  47. #47
    gravatar

    no coment

  48. #48
    gravatar

    aku ada tugas dari dosen pengantar sastra UGM , aq disuruh cari pengertian sastra…eh ternyata disini bnyk pendapat tentang sastra ….., aku jg bingung ap seh pengertian sastra??? klo menurutku …. sastra adalah*(!)@)@!)@)!*(#(&*$*&*$#>!”?#”!@#!#(!#(!_#)!#!#)!_@#>#>?”!?#:#@}!:#!?#”!?”#! ….,maaf ya klo ad yang ngga paham…,coz ini adalah karya sastra ku..,dng bahasa yang mungkin hanya akan dipahami oleh seorang penulisnya. jadi perwujudan sastra serta isinya merupakan suatu hal yang bersifat abstrak ( oleh personalitas penciptanya).
    hehehehehe…………

  49. #49
    gravatar

    banyak sekali yang mendefenisikan apa itu sastra,,,
    saya setuju dengan apa yang telah di sampaikan,,
    walaupun saya masih belum paham betul apa itu sastra.
    saya kuliah di salah satu universitas,fakultas sastra dan budaya,,,dan sampai sekarang saya saya belum paham betul tentang sastra.

    perbanyak tentang kajian sastra karena saya pikir ini akan membantu orang-orang untuk memahami apa itu sastra.

  50. #50
    gravatar

    semua orang yang berpendapat bahwa sastra itu ini dan sastra itu seperti itu, boleh aj ko dan kita ga bisa ngambil kesimpulan apa sih definisi dari sastra itu hanya dari satu atau dua sumber saja ……..
    yang peting gimana kita bisa mmasuk dan memahami sastra itu dengan pemahaman yang bagus dari berbagai macam sumber……
    dan kita bisa mewujudkannya dalam bentuk tulisan
    memang sangat dibutuhkan sekali sebuah pemahaman yang detail untuk merumuskan sebuah makna yang tersirat dibalik suatu karya sastra…dan membuat diri kita ngerti dengan sendirimya….
    menurut saya…..
    sastra merupakan sbuah karya yang berasal dari expressi pemikiran kita,dan menggambarkan jati diri seorang penulisnya….

  51. #51
    gravatar

    apakah sebenarnya hakikat satra…?

  52. #52
    gravatar

    yah pengertian nya kurang….

    ku disuruh cr pengertian sastra neyh…
    da yang bs nambahin lagi tak?

  53. #53
    gravatar

    hai…saya sempat bingung juga untuk mendefinisikan sastra. Karena ada banyak defenisi sastra. Jadi menurut saya, sastra itu sebuah karya baik dalam bentuk tulis maupun lisan yang mengandung nilai estetik tentunya.

  54. #54
    gravatar

    salam kenal….

    AKU BUKANLAH PENYAIR, AKU HANYALAH SESEORANG- YG SEDANG-MENCARI BENTUK, WUJUD ASLINYA SENDIRI

    http://www.duniasastra.com

    Dikeheningan malam aku telah berjalan , menyusuri lorong-lorong kotorku dan ruhku juga telah memasuki rumah-rumah kalian . Detak-detak jantung kalian juga berdegup didadaku , dan nafas-nafasmu menghembus pula di hidungku.

    Dan aku bukanlah seorang penyair aku hanya sekedar mengucapkan rangkaian kata tentang sesuatu yang sebenarnya kalian sendiri telah tahu didasar alam pikirmu.

    Diantara kalian ada yang menyebutku angkuh , hanya mementingkan kegemaranku menyepi dan mengatakan kepadaku : ” Ia berbicara dengan tetumbuhan dan para satwa ,bukan dengan kita manusia . Seorang diri ia duduk dipuncak-puncak perbukitan memandang rendah pada kota dan kehidupan”. Sebagian yang lain diantara kalian berbicara kepadaku meski tanpa kata-kata : ” Ia orang yang aneh , orang ganjil , pencinta keluhuran yang tak teraih, untuk apa bermukim dipuncak-puncak gunung tempat elang bersarang, dan mengapa pula mencari sesuatu yang wujudnya belum pasti ?”…”Angin apa yang hendak kau tangkap dalam jala-mu . Burung ajaib manakah yang ingin kau jaring dilangit biru ?!…Kemarilah engkau bersatu dengan kami , turunlah bersama kita akan berbagi roti , dan lepaskan hausmu dengan anggur-anggurku !”

    Memang aku telah mendaki “puncak-puncak perbukitan” dan sering pula aku mengembara dalam “kesunyian ” hutan.tapi aku juga akan tetap dapat mengamati kalian tanpa perlu “turun” dari puncak pegunungan.

    Kesunyian jiwa telah menyebabkan mereka melontarkan kata-kata itu, namun apabila kesunyian itu mendalam lagi, maka mereka akan dapat mengerti, bahwa apa yang aku cari adalah rahasia terdalam jiwa manusia ,dan yang aku buru adalah sukma agung manusia yg menjelajah kesegala penjuru semesta.

    Dan Kesunyian itulah yang menuntunku melangkah menuju “lorong penderitaan” sekaligus teman keagungan spiritual…..

    Aku orang yang percaya sekaligus peragu, betapa seringnya jariku menekan lukaku sendiri sekedar untuk menghayati nilai kebenaran . Dan keyakinanku berkata manusia itu tak terkurung dalam raga dan jasad yang merangkak mencari kehangatan matahari, bukan pula penggali terowongan untuk mencari perlindungan, melainkan ruh yang merdeka-jiwa yang meliputi cakrawala dunia . Jika kata-kataku memasuki samar, kalian tak perlu gusar karena asal mula segala sesuatu adalah samar , meskipun akan jelas pada akhirnya.

    Sebab apakah pengetahuan itu jika bukan bayangan dan pengetahuan yang terpendam bisu. Pikiran kalian dan jalinan kata-kataku, digetarkan oleh gelombang yang satu ,terekam dan terpatri diantara hari-hari dan masa silam yang telah berlalu , sejak bumi belum mengenal dirinya sendiri dan kegelapan belum terkurung oleh pekatnya malam .

    Pahamilah kata-kata orang bijak dan laksanakan dalam kehidupanmu sendiri . Hidupkanlah kata-kata itu , tetapi jangan pernah memamerkan perbuatan -pebuatan itu dengan menceritakannya, karena dia yang mengucapkan apa yang tidak dia pahami , tidak lebih baik dari seekor keledai yg mengangkat buku-buku.

    Jangan pernah menyesal karena kalian ‘buta’ dan jangan pernah merasa kecewa karena kalian ‘tuli’, sebab dipagi ini fajar pemahamanmu telah merekah untuk kalian didalam mencari rahasia kehidupan . Dan kalian akan mensyukuri segala gulita- sebagaimana kalian mensyukuri terang cahaya.

    Dan segala yang “tak berbentuk” selalu berusaha mencari “bentuknya”, seperti berjuta-juta bintang yang menjelma menjadi matahari…

    Dan kulihat…….Kehidupan itu bersifat dalam , tinggi dan jauh , hanya wawasan luas dan bebas yang dapat menyentuh kakinya , meski sebenarnya ia dekat !.

    Banyak sudah orang bijak yang telah mendatangi kalian untuk mengajarkan hikmat dan pengetahuan . Dan aku datang untuk mengambil hikmat itu dan lihatlah kutemukan sesuatu yang tak ternilai didasar hati, laksana air pancuran yang melegakan jiwa.

    Setiap kali aku datang ke air pancuran itu , dikala dahaga hendak membasahi kerongkongan , aku dapatkan air itu sendiri tengah kehausan -dia meminumku selagi aku meminumnya !

    Hartono Beny Hidayat Elaboration with KG

  55. #55
    gravatar

    y s0edah,,s0edah,,
    g sah pke acara ruwet(c0mment by bang napi S.), p0esing, bing0eng, bereaksi yang b’lebihan, apalagi sampai pecahkan kepala(c0mment by Cilik:27-c0mmentnya l0ec0e banget sie),, ,,
    yang namae SASTRA mang git0e adanya,, ,,
    hanya 0rang yang ma0e ta0e apz it0e SASTRA,yang ta0e akan artinya SASTRA,, ,,
    yang namanya SASTRA t0e bebas,, ,,
    it means, tiap kepala,masing2 individu pasti memp0enyai pendapat yang beda,, ,,
    kan ada t0eh pepatah yang bilang,
    ,,kepala b0leh sama item,tapi isi b0leh saja beda dunk,,
    jadi g sah t’lal0e dipers0elit apz yang dah jadi hal m0edah,, ,,
    karna hal it0e hanya akan menjadi r0ngr0ngan diri sendiri,, ,,
    intinya SASTRA t0e BEBAS,, ,,

  56. #56
    gravatar

    sastra adalah sebuah keterasingan yang jarang kita pandang senagai seduah realita.
    keberadaannya sering diacuhkan hanya sesaat diperlukan..

    sastra adalah ini itu yang individualis yang dipakasa untuk dimengerti oleh para guru untuk muridnya padahal sastra adalah pengunkapan dan penafsiran secara pribadi yang tidak boleh dibatai
    Apalagi untuk tugas sekilah yang di dalamnya harus mencantumkan sumber jawaban hanya untuk menjawab pertanyaan yang seharusnya imajinatif

  57. #57
    gravatar

    SASTRA ADALAH GETARAN JIWA YANG TERLUKISKAN DALAM KATA-KATA…..
    MENGALUN LEMBUT BERNUANSA CINTA…
    SO THAT THIS NOW GET LIVE MY HEARHT
    SASTRA ADALAH KEKUATAN HATI YANG TERSATU DALAM IMAJI…
    TIADA YANG TERGANTI…
    SASTRA,,,,,,
    YOOOOI.

  58. #58
    gravatar

    Sastra???itulah yang ada di pemikiran saya sekarang.Dapet tugas dari dosen eh………….ternyata barang sepele semacam sastra bisa bikin kepala nyt-nyutan lho.Berarti hebat kan sastra itu,buktinya bisa menimbulkan perubahan dan gejala baru dalam diri.Pokoknya if you want to know your self,don’t forget to study about sastra !!!!!

  59. #59
    gravatar

    sastra merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang sampai sekarang tidak dapat didefinisikan secara pasti..
    menurut saya,sastra adalah subuah karya seni yang bebas dan tidak terikat oleh sebuah aturan apapun dan selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu

  60. #60
    gravatar

    duh bingung dehhh….da tugas dari kampus tentang devinisi sastra …tuing tuing tuing

  61. #61
    gravatar

    SASTRA ADALAH SUATU PENUNJANG KEHIDUPAN.

  62. #62
    gravatar

    sastra…………………………..?????????????????????????????????????
    ntah g ngerti …….!!!!!!!!!!!!!
    sangat susah untuk d mengerti
    bgtu bnyk pengertian………..
    buk ganti tugas ny donk!!!!!!!!!!!!!!!
    PUSING,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  63. #63
    gravatar

    Sastra adalah hasil cipta manusia yang didlamnya terdpt bgitu bnyk isi tersmbunyi dan mmpunyai estetika tersendiri bg pnikmatnya,,

  64. #64
    gravatar

    Sastra tidak perlu didefinisikan. Sebagai sebuah karya, sastra perlu dibaca (tentu bagi orang yang tidak bikin karya). Bagi penulis atau calon penulis, tulislah karya sebanyak mungkin, agar orang dapat membaca karya-karya anda. Sastra bicara tentang kehidupan, layaknya ilmu ilmu lain yang bicara tentang manusia dan kehidupannya. Anda ingat betapa besar pengaruh karya sastra, Uncle Tom’s Cabin. Karya ini mampu menggerakkan semangat sebagian besar orang amerika menentang perbudakan. Konon, perang besar (civil war) salah satu diantaranya disulut oleh karya itu. Akhirnya, perang untuk menghapuskan perbudakan di amerika berakhir dengan hapusnya perbudakan. Sastra ada manfaatnya. Sastra dapat dimanfaatkan untuk menyuarakan ketidakadilan, sebagai upaya untuk menyadarkan diri orang-orang yang zalim. Bacalah karya sastra agar anda dapat memanusiakan orang orang. Sastra adalah “model” kehidupan yang dihadirkan oleh pengarang; yang baik diadopsi dan yang jelek ditinggalkan. Korupsi atau ketidakadilan orang yang berkuasa biasanya diberi hukuman langsung oleh pengarangnya, dengan tujuan agar pembaca tidak meniru perilaku tokoh yang korop itu.

  65. #65
    gravatar

    Marilah kita mencoba untuk menghargai produsen sastra (pengarang). Sebagai karya seni, sastra sudah barang tentu menawarkan hiburan dan manfaat. Sebagai orang yang pernah belajar sastra, manfaat sastra yang dapat saya ambil adalah bahwa saya dapat memahami budaya (kehidupan) masyarakat tertentu. Ketidakadilan atau kesewenang-wenangan kelompok tertentu terhadap kelompok lain seringkali diangkat oleh pengarang, dan disampaikan dalam bentuk tulisan, sebagai protes atas ketidakadilan itu. Protes ternyata dapat dilakukan dengan karya sastra. Hendaknya, kita tidak mengatakan bahwa karya sastra sebagai “tahi kucing”. Bangsa yang besar umumnya ditandai dengan munculnya karya-karya sastra yang adiluhung. Untuk itu, seperti apa bentuknya, karya sastra hendaknya diberikan apresiasi, penghargaan. Tak semua kita bisa menghasilkan karya sastra. Sebagai orang yang tak bisa menghasilkan sastra, seperi saya, menghargai sastra bangsa sendiri saja sudah cukup. syukur-syukur kalau kita mau membacanya. Ok? selamat membaca karya sastra bangsa seniri, lalu kita baca karya-karya bangsa lain.

  66. #66
    gravatar

    aq sekarang lagi nuliz skripsi tentang sastra nich………..

    ada yang tau tentang kajian sastra gakkkk……
    kalo ada yang tau, kasih tau aq ya…..

    plizzzzzzzzz!!!!!!!!!

  67. #67
    gravatar

    dapat tugas dr dosen, ‘mencari definisi sastra menurut para ahli’ cukup 2 aja.. da yg tau ga?????? tolong dunkz!!! lgsg kirim ke emailq aja. PliZzzz :)
    kl menurut aq, ‘Sastra itu, karya tulis yg merupakan salah satu media untuk menuangkan hasil pemikiran dan ungkapan perasaan seseorang, yg dapat melibatkan penikmatnya secara emosional..’

  68. #68
    gravatar

    Ada sastra lisan, ada sastra tulis, dan ada sastra elektronik. Itulah tiga paradigma sastra yang cukup memadai untuk menampung definisi-definisi sastra.

  69. #69
    gravatar

    sastra biarlah berjalan apa adanya biarlah sastra berjalan menurut keinginannya, marilah kita merubah dunia dengan karya sastra.

  70. #70
    gravatar

    thanks arikelnya bagus sekali.. buat skripsi

  71. #71
    gravatar

    sastra adalah tugas dari dosen yang harus segera dikumpulkan…pfuh!merepotkan!

  72. #72
    gravatar

    sedemikianya juga penilaian saya tentang sastra ialah suatu rasa karsa manusia yang mengalir rumpun melalui sebuah inajinatif manusia tersalurkan atas dasar naluri pencipta yang ada dalam diri nya sendiri

  73. #73
    gravatar

    kebanyakan orang setelah mendengar sastra selalu tertuju pada karya-karya barat, padahal karya-karya yang ada di indonesiapun merupakan karya sastra yang cukup bersaing di dunia. sastra identik dengan hasil pemikiran, luapan-luapan pikiran. tidak akan menyesal jd sastrawan.

  74. #74
    gravatar

    aku adalah mahasiswa sastra salah satu perguruan tinggi di jogja, sastra itu mempunyai tiga kriteria dan unsur, pertama, ada unsur seninya dan bersifat imajinatif, kedua, menggunakan bahasa sebagai mediumnya, ketiga, ada unsur fact atau fakta di dalamnya tetapi fakta yang ada di dalamnya merupakan sebuah kreasi dan tidak dapat dijadikan patokan atau acuan???????????gt loh mas??????????emang orang klo ga’ paham sastra pasti bingung tuh????????????

  75. #75
    gravatar

    mmm, menurutku sekarang ini, banyak para sastrawan yang udah pada terkenal, tapi kok nggak bisa bikin novel atawa cerpen yang menggugah pembacanya. karyanya walo byk tersebar di berbagai media tapi tak ada isinya, seperti sampah! padahal salah satu siri2 sastra yang baik adalah bisa memberikan wawasan plus pencerahan pada pembacanya, taruhlah seperti karya bagusnya Ahmad Tohari, AA. Navis, Kang Joni ariadinata.

  76. #76
    gravatar

    setuju. sastra adalah cara menyampaiakan pikiran dan perasaan melalui tulisan. tolong jangan diperlebar. kita harus punya batasan agar tidak menabrak istilah yang lain.

  77. #77
    gravatar

    Sastra menurut saya adalah suatu perasaan yang terpendam di hati sang penulis sastra yang di wujudkan/di tuangkannya di sebuah tulisan. Jadi defenisi sastra menurut saya adalah ungkapan/perasaan seseorang yang diungkapkan di sebuah karya yang berbentuk tulisan,dan tulisan tersebut memiliki arti yang mengena di hati orang… THX

  78. #78
    gravatar

    dan menurut saya
    sastra itu ialah imajinasi yang dituliskan menjadi sebuah karya , dan terdapat bahasa yang indah dalam suatu karya tulis yang perlu di ketahui makna nya

  79. #79
    gravatar

    hmmmmzzzz pendapatnya bolehh juga gak papapkan ku masukin watzz jawaban semuanya !!! hehehehehh biar nilaiku gede lau menurut aqu sastra tuh apa aja bolehh ,,,,,,,

  80. #80
    gravatar

    Waaah. ngena banget!.
    Baru saja saya mau “nyebur di sastra nih.” moga dapat bimbingan.
    Nambah lagi ilmu. Thanks infonya. Maju terus sastra Indonesia.

  81. #81
    gravatar

    ini pasti copas , dasar plagiat !!!
    ini dari website saya , kurang ajar kau !!

  82. #82
    gravatar

    maaf, saya tidak akan meng-copas post anda. tapi saya hanya mengambil beberapa komentar yang ada di sini untuk dijadikan arti sastra di banyak masyarakat. trims :)

  83. #83
    gravatar

    aduh maaf kebalik maksud saya…

    SASTRA ADALAH SENI DARI BAHASA?
    Jika mengingat betapa indahnya sebuah puisi, betapa indahnya sebuah prosa, dan juga betapa indahnya sebuah drama. Menurut saya mereka itu indah, dan sesuatu yang indah itukan adalah seni. Apakah pengartian saya ini salah. Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya ^_^’

  84. #84
    gravatar

    Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  85. #85
    gravatar

    Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

  86. #86
    gravatar

    Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  87. #87
    gravatar

    Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

  88. #88
    gravatar

    Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

  89. #89
    gravatar

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

  90. #90
    gravatar

    Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

  91. #91
    gravatar

    Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

  92. #92
    gravatar

    this is wondwerful,,,,,,, uhmhhm sastra , membingungkan,,, n mmbt org mnjd bingung,,,, tp ddlam kbingungan tersipan keunikan dan keindahan…….

  93. #93
    gravatar

    sastra mempunyai banyak arti tapi intinya sastra itu imajinasi seseoarang yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan maupun gambar yang menceritakan sutu kisah lika liku kehidupan dengan keromantisan yang penuh cinta.

  94. #94
    gravatar

    wah, bnyak bnget defnisi berbeda ttg sastra..
    di dunia sastra apresiasi itu sah berbeda..
    kalau menurut saya sih, jika didefnisikan secara sderhana, sastra=bahasa kalbu..
    so, terlepas dari fiktif ataupun fakta, kalau itu berasal dari hati, yah, tentu saja itu bisa disebut sebagai sastra (tnpa mengesampingkan pengakuan penikmatnya)

  95. #95
    gravatar

    menurut saya sastra ialah ekspresi atau ungkanpan seseorang yang lugas untuk menyampaikan sesuatu kepada hayalak banyak…. yg menjadi penilaiannya adalah cara di menyapaikan nya atau tutur bahasa yg digunakan….

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.