Apa Definisi Sastra?

Jumat, 26 November 2004M
12 Syawwal 1425H

Seorang teman bertanya kepada saya “Apa sih definisi sastra?”. Ia seorang penulis novel yang kebingungan mendefinisikan sastra yang sekaligus juga membuat saya kebingungan karena seorang yang sudah menulis novel bingung dengan definisi sastra. Dan kini saya akan membuat anda juga kebingungan membaca tulisan ini.

Menurut saya, sastra adalah perwujudan pikiran dalam bentuk tulisan. Tulisan adalah media pemikiran yang tercurah melalui bahasa, bahasa yang bisa direpresentasikan dalam bentuk tulisan, media lain bisa saja berbentuk gambar, melody musik, lukisan ataupun karya lingkungan binaan (arsitektur).

Sastra menjadi bagian dari budaya masyarakat. Sastra yang memuat materi yang tinggi dipelihara secara turun-temurun oleh para pujangga, banyak yang secara lisan karena media tulisan sangat terbatas, hanya daun lontar.

Ada tudingan kepada guru-guru sekolah atau kurikulum pendidikan formal yang mengakibatkan keterasingan sastra dalam kehidupan bermasyarakat, seperti tendensi bahwa sebuah karya sastra adalah harus indah, menawan, cantik dsb. Kenyataannya guru-guru pengajar tidak lebih dari makelar atau mak comblang yang menawarkan produk-produk sastra kepada muridnya dengan gaji yang rendah, hingga kini. Berapa banyak yang kita (media/masyarakat) anggap sebagai sastrawan tapi bukanlah guru bahasa atau lulusan pendidikan bahasa sebuah sekolah tinggi?

Salah satu upaya keterasingan sastra dalam kaitannya dengan budaya masyarakat adalah Universitas Indonesia mengganti Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya.

Dr. Abdullah Dahana Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia berkesimpulan bahwa istilah Sastra telah mengalami penyempitan arti, “Kebanyakan kaum awam menganggap sastra hanyalah ilmu yang mengurusi kesusastraan saja. Padahal arti sastra sesungguhnya itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan secara luas. Itulah salah satu penyebab Fakultas Sastra berganti baju menjadi Fakultas Ilmu Budaya.”

Menurut KBBI arti sastra adalah:
(1) bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari);
(2) karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya.

Jadi apa definisi sastra itu?
Mari kita cari! (be a winner, not a loser). Ada sebuah dialog bapak dengan anak yang saya temukan di situs penerbit Mizan tentang pengajaran dan penggambaran sastra. Sebuah artikel yang cukup menarik!

Dalam bahasa Inggris kita mengenal kata literature, diserap menjadi literatur ke dalam bahasa Indonesia. Arti literature (menurut kamus online WorldNet) adalah:
1: creative writing of recognized artistic value
2: the humanistic study of a body of literature; “he took a course in French literature”
3: published writings in a particular style on a particular subject; “the technical literature”; “one aspect of Waterloo has not yet been treated in the literature”
4: the profession or art of a writer; “her place in literature is secure”

Apakah sastra memiliki definisi yang sama dengan literature?
Jika melihat perbandingan arti dua kamus di atas terdapat perbedaan bahwa arti literatur dalam bahasa Inggris memiliki arti yang lebih lebar dibandingkan arti sastra dalam bahasa Indonesia.

Sebuah pepatah mengatakan “Bahasa menunjukkan bangsa”, pepatah ini benar sebagai eksistensi sebuah bangsa di dunia. Siapa lagi yang harus berbahasa Indonesia selain kita sendiri supaya tidak kehilangan identitas diri?

Bahasa, selain dipertahankan sebagai warisan budaya pula harus dikembangkan, salah satu yang penting adalah kosakata baru. Sebenarnya kosakata baru yang murni diciptakan oleh orang Indonesia itu ada, seperti contohnya adalah pindai (scan), tikalas (subscript), tikatas (superscript). Tapi siapa yang menggunakan? Apakah publikasi lembaga bahasa kurang? atau justru lembaga bahasa tidak mempublikasikan apa-apa?

Selain mencari kombinasi dari 26 karakter latin sebagai kosakata baru, bahasa Indonesia memiliki metoda tersendiri untuk membentuk inovasi kosakata yaitu dengan sisipan ataupun imbuhan. Contoh yang paling umum adalah kinerja (performance) yang berasal dari kerja atau sinambung (continuous) dari kata sambung. Mengapa tidak kita ciptakan misalnya tinembak, pinanjang, pinendek, sinempit atau linuas?

Komentar

95 komentar untuk catatan 'Apa Definisi Sastra?'

  1. #1
    gravatar

    setuju. sastra adalah cara menyampaiakan pikiran dan perasaan melalui tulisan. tolong jangan diperlebar. kita harus punya batasan agar tidak menabrak istilah yang lain.

  2. #2
    gravatar

    Sastra menurut saya adalah suatu perasaan yang terpendam di hati sang penulis sastra yang di wujudkan/di tuangkannya di sebuah tulisan. Jadi defenisi sastra menurut saya adalah ungkapan/perasaan seseorang yang diungkapkan di sebuah karya yang berbentuk tulisan,dan tulisan tersebut memiliki arti yang mengena di hati orang… THX

  3. #3
    gravatar

    dan menurut saya
    sastra itu ialah imajinasi yang dituliskan menjadi sebuah karya , dan terdapat bahasa yang indah dalam suatu karya tulis yang perlu di ketahui makna nya

  4. #4
    gravatar

    hmmmmzzzz pendapatnya bolehh juga gak papapkan ku masukin watzz jawaban semuanya !!! hehehehehh biar nilaiku gede lau menurut aqu sastra tuh apa aja bolehh ,,,,,,,

  5. #5
    gravatar

    Waaah. ngena banget!.
    Baru saja saya mau “nyebur di sastra nih.” moga dapat bimbingan.
    Nambah lagi ilmu. Thanks infonya. Maju terus sastra Indonesia.

  6. #6
    gravatar

    ini pasti copas , dasar plagiat !!!
    ini dari website saya , kurang ajar kau !!

  7. #7
    gravatar

    maaf, saya tidak akan meng-copas post anda. tapi saya hanya mengambil beberapa komentar yang ada di sini untuk dijadikan arti sastra di banyak masyarakat. trims :)

  8. #8
    gravatar

    aduh maaf kebalik maksud saya…

    SASTRA ADALAH SENI DARI BAHASA?
    Jika mengingat betapa indahnya sebuah puisi, betapa indahnya sebuah prosa, dan juga betapa indahnya sebuah drama. Menurut saya mereka itu indah, dan sesuatu yang indah itukan adalah seni. Apakah pengartian saya ini salah. Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya ^_^’

  9. #9
    gravatar

    Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  10. #10
    gravatar

    Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

  11. #11
    gravatar

    Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  12. #12
    gravatar

    Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

  13. #13
    gravatar

    Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

  14. #14
    gravatar

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

  15. #15
    gravatar

    Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

  16. #16
    gravatar

    Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

  17. #17
    gravatar

    this is wondwerful,,,,,,, uhmhhm sastra , membingungkan,,, n mmbt org mnjd bingung,,,, tp ddlam kbingungan tersipan keunikan dan keindahan…….

  18. #18
    gravatar

    sastra mempunyai banyak arti tapi intinya sastra itu imajinasi seseoarang yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan maupun gambar yang menceritakan sutu kisah lika liku kehidupan dengan keromantisan yang penuh cinta.

  19. #19
    gravatar

    wah, bnyak bnget defnisi berbeda ttg sastra..
    di dunia sastra apresiasi itu sah berbeda..
    kalau menurut saya sih, jika didefnisikan secara sderhana, sastra=bahasa kalbu..
    so, terlepas dari fiktif ataupun fakta, kalau itu berasal dari hati, yah, tentu saja itu bisa disebut sebagai sastra (tnpa mengesampingkan pengakuan penikmatnya)

  20. #20
    gravatar

    menurut saya sastra ialah ekspresi atau ungkanpan seseorang yang lugas untuk menyampaikan sesuatu kepada hayalak banyak…. yg menjadi penilaiannya adalah cara di menyapaikan nya atau tutur bahasa yg digunakan….

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.