Latar Belakang Hari Pahlawan

Rabu, 10 November 2004 M
25 Ramadhan 1425H

Tugu Pahlawan

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Soekarno-Hatta 17 Agustus 1945 pasukan Jepang mulai dilucuti oleh tentara nasional dan rakyat. Proses pelucutan ini menimbulkan bentrokan-bentrokan di berbagai daerah yang cukup banyak menimbulkan korban. Inisiatif tersebut juga dilakukan karena pihak sekutu di Indonesia masih belum juga melucuti tentara Jepang.

Pihak sekutu yang telah menjatuhkan bom di kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang juga turut akhirnya turun ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang. 15 September sekutu yang diwakili oleh Inggris mendarat di Jakarta dan 25 Oktober di Surabaya dengan 6.000 serdadu dari Divisi ke-23 dengan pimpinan Brigadir Jenderal Mallaby. Namun pendaratan sekutu ini didomplengi kepentingan Belanda secara rahasia melalui NICA untuk kembali menguasai Indonesia meskipun sudah memerdekakan dirinya.

Rakyat Indonesia marah mendengar konspirasi tersebut sehingga perlawanan terhadap Inggris dan NICA tetap berlanjut yang memuncak ketika pimpinan sekutu wilayah Jawa Timur Brigadir Jenderal Mallaby terbunuh 30 Oktober di Surabaya.

Bung Tomo

Inggris dan NICA melalui Mayor Jenderal Mansergh yang menggantikan Mallaby mengultimatum rakyat Indonesia untuk menyerah sampai batas akhir tanggal 10 November pagi hari. Namun di batas ultimatum tersebut rakyat Surabaya menjawabnya dengan meningkatkan perlawanan secara besar-besaran, salah satu pimpinan perlawanan tersebut adalah Sutomo, dikenal sebagai Bung Tomo (yang sampai saat ini belum diangkat secara resmi menjadi Pahlawan Nasional, hanya menerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama pada tahun 1995 oleh presiden Suharto).

Perang tersebut melibatkan pasukan sekutu dengan 30.000 serdadu (26.000 didatangkan dari Divisi ke-5 dengan dilengkapi 24 tank Sherman) dan 50 pesawat tempur dan beberapa kapal perang. Inggris menduga 3 hari Surabaya bisa ditaklukan namun kenyataannya memakan satu bulan sampai akhirnya Surabaya kembali jatuh ke tangan sekutu dan NICA.

Perang ini menimbulkan perlawanan lain di semua kota seperti Jakarta, Bogor, Bandung sampai dengan aksi membakar kota 24 Maret 1946 dan Mohammad Toha meledakkan gudang amunisi Belanda, Palagan Ambarawa, Medan, Brastagi, Bangka dll. Perlawanan ini terus berlanjut baik dengan senjata maupun dengan negosiasi para pimpinan negeri seperti perjanjian Linggajati di Kuningan, perjanjian di atas kapal Renville, perjanjian Roem-Royen sampai akhirnya Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda pada tahun 1949.

Empat tahun revolusi yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, hingga akhirnya momen 10 November dijadikan Hari Pahlawan. Dari fakta sejarah di atas bisa kita simpulkan bahwa ancaman pertama kemerdekaan Indonesia bukan hanya Belanda ingin menguasai kembali, namun sekutu yang dipimpin Amerika memiliki kepentingan tersendiri di Indonesia.

Komentar

97 komentar untuk catatan 'Latar Belakang Hari Pahlawan'

  1. #1
    gravatar

    […] kemerdekaan” (h.355). Oh, Surabaya Sue. Begitu cintanya engkau terhadap negeriku ini. Bahkan Jay, yang dalam blognya biasanya lengkap ketika membuat artikel dan rujukan, juga terlewat tentang […]

  2. #2
    gravatar

    numpang lewat ah… lagi cari topik tentang hari pahlawan…

  3. #3
    gravatar

    […] sendiri dapat anda cari dengan googling atau blogwalking sana sini, sedikit refrensi dapat klik disini. Saya pribadi sangat bangga dengan kota tercintah saya surabaya dengan sejuta atau puluhan juta […]

  4. #4
    gravatar

    Mari kita lanjutkan sisa-sisa perjuangan yang sempat tertunda, Merdeka!!

  5. #5
    gravatar

    […] Wikipedia: Battle of Surabaya Wikipedia: Peristiwa 10 November Jay adalah Yulian: Latar Belakang Hari Pahlawan Kompas.com: Bung Tomo Akhirnya Dapat Gelar Pahlawan Nasional OkeZone.com: Bung Tomo, Gelar Itu […]

  6. #6
    gravatar

    huMh..
    mKcieH oM,,udDa bNtUiNt cHeL n9rjaeN t9az cKULa.. ^_^ V

  7. #7
    gravatar

    Seng nggawe website iki pancen nggateli

  8. #8
    gravatar

    hai saya minta untuk mencantumkan lahir dan wafat bung tomo ga kaya ni ga penting

  9. #9
    gravatar

    akyu nak cute knapa ga da foto q d sn

  10. #10
    gravatar

    wah itusih harus memperjuangkan pahlawan revolusi
    tapi kalau dimasa perang pasti gila-gilaan

  11. #11
    gravatar

    Fenomena yang terjadi gak jauh beda dengan invasi Inggris di iraq atau Afghanistan. Di mana-mana tuh pasukan penjajah enak aja suruh lucuti senjata. Emang indonesia negara apaan? Dan dalam record sejarah, Indonesia satu-satunya negara Asia yang membunuh Jenderal Inggris. Hebat!

  12. #12
    gravatar

    eh btw pasich hikmah yang dapat kita ambil dari hari pahlawan?

  13. #13
    gravatar

    PAHLAWAN PEJUANG KAMI

    Apakah Pikir Rakyat Indonesia Kau Lama
    Apakah Pikir Rakyat Indonesia Kau Terlupa
    Apakah Pikir Rakyat Indonesia kau Tua
    Apakah Pikir Rakyat Indonesia Kau Tak Raga
    Dan Apakah Pikir Rakyat Indonesia Kau Hilang
    Tak Sadarkah Tetesan Air Mata Pertiwi….?

    “Salut Buat Bang JAY!!!!!”

  14. #14
    gravatar

    maju kan indonesia untuk menjadi indonesia lebih baek…..

  15. #15
    gravatar

    Aku rasa ini semua ini bukan hanya diingat tetapi dipelajari, dipahami serta diterapkan, karena semua ini merupakan pelajaran dimasa yang lalu dan akan terurang dimasa kini.
    Sebuah kredibilitas yang tinggi akan memahami dan diterapkan di kehidupan dimasa kini

  16. #16
    gravatar

    wah…lumayan, ketemu deh buat tugas ….
    hehehe…
    makasih ya….

  17. #17
    gravatar

    Ommmmmmm makasih yach… udah bantuin aku selesaiin tugas…… mudah2an om dan keluarga diberkahi oleh Allah SWT….amin

  18. #18
    gravatar

    Jangan sampe qt melupakan sejarah…

  19. #19
    gravatar

    SELAMAT HARI PAHLAWAN , BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI PARA JASA PAHLAWAN KITA,.

  20. #20
    gravatar

    […] : http://yulian.firdaus.or.id/2004/11/10/latar-belakang-hari-pahlawan/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this […]

  21. #21
    gravatar

    selamat hari pahlawan yaa !
    jngan lupakan negra INDONESIA !
    MERDEKA !

  22. #22
    gravatar

    hari pahlawan merupakan hal yang bersejarah bagi masyarakat dan bangsa indonesia.kita sebagai generasi penerus hrs bisa jadi pahlawan minimal untuk diri sendiri apa lagi untuk nusa bangsa.selamat hari pahlawan semoga muncul pahlawan pahlawan masa depan

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.


%d blogger menyukai ini: