Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2004M
14 Ramadhan 1425H

Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 menghasilkan sebuah sumpah yang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda. Salah satu isi dari sumpah itu adalah tentang bahasa. Pada saat kongres hanya sedikit para pemuda tersebut lancar berbahasa Indonesia, yang paling fasih saat itu hanyalah Muhammad Yamin.

Jauh sebelum Sumpah Pemuda warga Tionghoa sudah lebih dulu menggunakan bahasa Melayu di akhir abad ke-19, bahkan termasuk penggunaan aksara Latin sebagai pengganti aksara Arab, terutama dalam surat kabar seperti Soerat Kabar Bahasa Melaijoe (1856), Soerat Chabar Betawi (1858), Selompret Melajoe (1860), dan Bintang Soerabaja (1860).

Di masa Pergerakan Kebangsaan setelah era Kebangkitan Nasional beredar dua surat kabar yang cukup penting yaitu Keng Po dan Sin Po. Surat kabar Sin Po adalah surat kabar yang pertama menuliskan Indonesia menggantikan nomenklatur Hindia-Belanda atau Nederlandsch-Indie.

Sejarah Indonesia di masa tersebut lebih menyenangkan untuk ditelaah dalam bentuk fiksi dengan membaca Tetralogi karya Pramoedya Ananta Toer, khususnya pada buku kedua Anak Semua Bangsa. Novel Remy Sylado Kembang Jepun pun mengambil setting sejarah yang sama.

Komentar

54 komentar untuk catatan 'Sumpah Pemuda'

  1. #1
    gravatar

    ada filmnya gak ya seputar peristiwa Soempah Pemoeda itu?:)

  2. #2
    gravatar

    Perjuangan G28O/KPII

  3. #3
    gravatar

    kalo bangsa Tiong Hoa dah make bahasa Indonesia, kenapa kalo ke glodok, aku jadi ngerasa asing coz gak ngerti bahasa yg dipake…?

  4. #4
    gravatar

    [...] saan. Dengan biolanya lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada penutupan acara Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Jakarta. Selain lagu kebangsaan tersebut ia menciptaka [...]

  5. #5
    gravatar

    mungkin bangsa Tionghoa di situ make bahasa laen? bahasa hokkien ato bahasa jawa.. gak tau tapi ada kemungkinan ya..

  6. #6
    gravatar

    mungkin bangsa Tionghoa di situ make bahasa laen? bahasa hokkien ato bahasa jawa.. gak tau tapi ada kemungkinan ya..

  7. #7
    gravatar

    bagus sekali

  8. #8
    gravatar

    woooooUiiiii….
    bingung neh, ada tugas dari guru sejarah, harus ngapalin isi sumpah pemuda…
    yang jadi masalah, gw lupa isi sumpah pemuda itu apaan….
    nah, bwat kalian yang tahu isi sumpah pemuda, kasih tau gw yah.. kirim ke tatapapipupu@plasa.com, key?!
    thanX BefOre…….

  9. #9
    gravatar

    sumpah pemuda?
    ntahlah… aku tak mengerti lagi
    ntah atas nama apa negeri ini
    mudah2an bukan atas nama
    Majelis Ulama Indonesia
    mudah2an masih atas nama
    INDONESIA RAYA

    merdeka, kawan!
    (sori, teriakan gw pelan. sekarang, cuman bisa yang seperti ini)

    salam, dyami.

  10. #10
    gravatar

    sumpah pemuda, apakah masih ada yang ngurusin lagi?
    banyak anak2 yang gak mengerti bahasanya sendiri secara benar.
    itu kesalahan siapa?

  11. #11
    gravatar

    adakah arti penting dari sumpah pemuda itu sendiri bagi rakyat indonesia pada saat sekarang ini(jaman modern), khususnya bagi para pendidik agar dapat mengaplikasikannya kepada anak didik

  12. #12
    gravatar

    ada ga monumennya?

  13. #13
    gravatar

    Sumpah Pemuda 28 oktober 2005

    1. Satu Bangsa
    2. Satu Tanah-air
    3. Satu Bahasa
    4. Satu Kaya
    5. Satu Miskin

    dengan berdasarkan Pancasial sila pertama, yaitu Keuangan Yang Maha Esa

  14. #14
    gravatar

    Bagi yang punya, gw minta tolong di send ke asbh_27@yahoo.com “foto-foto dokumentasi sumpah pemuda” n tolong juga kasih tau alamat situsnya. thx.. bro…

  15. #15
    gravatar

    halo semua rakyat indonesia! aku mau buat karya tulis tentang sumpah pemuda. bagi siapa saja punya data tentang sp kirimin datanya via email

  16. #16
    gravatar

    pemuda sekarang banyak yang ga ngerti etika tau!
    salah siapa dosa siapa?
    gimana kalo cara ngebenerinnya mulai dari diri sendiri aja!
    ra usah kaken polah….tak keplaki sisan!

  17. #17
    gravatar

    gue pingin tahu lebih banyak tentang kongres sumpah pemuda 1928. Ada yang mau share?
    latar belakangnya apa? kondisi sosial pada waktu itu? Keadaan para pemuda serta kondisi sosial ekonomi dan budaya yang berkembang waktu itu? siapa saja pesertanya dan latar belakang pada waktu itu?
    thx. kalau tahu please kirim ke me1ky@yahoo.com
    thx so much.

  18. #18
    gravatar

    Kawan2 pemuda.

    Kita semua, selaku pemuda, maaf kalau ada orang tua disini. Telah terlalu banyak bicara tanpa berbuat apa2. Bahkan Sejarah bangsa kita sendiri kita tak paham.

    Saya pikir, sebelum anda mulai menulis komentar2 bodoh semacam komentar syari diatas, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu sejarah sebuah bangsa yang anda akui sebagai bangsa anda.

    Orang Tionghoa menggunakan bahasa Melayu untuk berkomonuikasi dengan orang2 Belanda dan Inlander ( Pribumi ), Bahasa Melayu adalah percampuran antar semua bahasa yang dipakai oleh orang hindia belanda jaman itu. Bahasa Melayu singkatnya, gabungan dari bahasa Inggris, Belanda, Portugis, India, Jawa, Cina, dan bahasa suku2 lainnya. Hal ini juga jadi hal yang serupa di Malaysia dan Singapura. Bahasa Melayu, pada dasarnya bukan sebuah bahasa yang bersifat asli. Ianya adalah gabungan dari semua bahasa yang ada dengan campuran logat2 juga. Maka timbulah kata2 macam KULKAS dari bahasa belanda Coel Caast. Atau Graha dari bahasa sanskrit india yang artinya gedung. Suling atau seruling dari XIAU LING bahasa cina. Perlu anda semua ketahui, bahwa pada masa kolonial, orang2 cina cukup dekat dengan orang pribumi. Namun pada masa Gubernur JEndral Idenburg, kedua belah pihak sengaja diadu domab agar terjadi permusuhan di antara mereka. Alasannya adalah untuk memperlambat kemajuan Nasionalisme yang dipelopori oleh Sarikat Islam dan untuk menghentikan laju perdagangan Tionghoa yang ketika itu maju pesat.

  19. #19
    gravatar

    setelah membaca komentar dari sdr diaz, gw ingat akan ungkapan yang dilontarkan oleh dede ce, pengarang buku “aku tersesat di taipe city”. suatu bentuk ironi tersendiri memang, dimana kita menyadari kakn keberadaan Indonesia yang multikultur tetapi kita tidak bersikap multikultur. indonesia perlu pemimpin yang bisa menghargai segala perbedaan, tidak terkekang oleh sereotif berlebihan, “apa itu perbedaan agama, adat kurtur, bahasa?”. sumpah pemuda merupakan bukti produk kebangsaan yang ideal bagi perkembangan bangsa kita. ingat bahwa masa itu, semua lapisan pemuda ambil andil, entah itu jawa atau bukan. kita semua satu dan sudah layaknya untuk bersatu.

  20. #20
    gravatar

    Buat diaz,, santai aja kali,, namanya juga lucu2an doang

  21. #21
    gravatar

    saya sebagai anak muda, malu dengan komentar lucu-lucuan diatas.. sementara dibelahan bumi yang lain, anak-anak mudanya saat ini sedang mempertaruhkan nyawa mereka demi menjaga sejarah mereka, di sini sejarah cuma barang usang yang dijadikan bahan ketawa..

  22. #22
    gravatar

    Kalau menurut sejarahwan kawakan Bapak Sartono, Sumpah Pemuda bukan apa-apa. Dia hanya pelengkap dari sebuah Manifesto Politik 1925, yang isinya lebih esensial dibanding Sumpah Pemuda. Yang jelas lebih dulu.

  23. #23
    gravatar

    untuk sahabat-sahabatku semua, kita memang minim dengan yang namanya dokumentasi sejarah apalagi tentang sumpah pemuda, kita tidak tahu siapa yang menggerakkan mereka, hingga semua pemuda di seluhruh nusantara punya inisiatif dan mau bergerak untuk menjadi satu kesatuan yakni berbangsa satu “INDONESIA”. meskipun kita tidak tahu itu semua tapi seharusnya kita sebagai pemuda yang juga dilahirkan di bumi pertiwi ini untuk menjaga persatuan itu karena sebagaimana yang terjadi di tanah air ini, banyak sekali daerah-daerah yang mencoba melepaskan diri dari NKRI, kita harus ketahui bersama bahwa kita punya musuh bersama yakni kapitalisme global, panjenengan-panjenengan harus bisa melihat situasi global di INDONESIA.okey…
    AMBILLAH HIKMAHNYA, KARENA INDONESIA TIDAK AKAN BISA BERUBAH KALAU PEMUDANYA TIDAK SINERGIS DAN KEMBALI KE NKRI. MATUR NUWUN

  24. #24
    gravatar

    woiii, daku disuruh bikin karangan tentang sumpah pemuda nihhh… berisi : latar belakangnya, tokoh-tokohnya ama keputusannya !!! tolongin dooonggg !!!!!

  25. #25
    gravatar

    Terima kasih buat Pramoedya dan Titiw atas komentar dan sarannya..
    Saya hanya mau bilang satu, Jika kita tidak mengerti akan arti dari sejarah kita sendiri, akankah kita mampu menjadi orang yang mampu menghadapi masa depan ???

    Buat saya sendiri masalah ini agak serius. ( Coba sekali-kali berpikir dewasalah… nasib negri ini ada ditangan kaum muda loh.. saya sendiri masih 18, kalian yg demen ngebanyol doank itu umurnya saya yakin udah lebih tua kan >? ) tapi klo bisa bercanda ttg hal yg lain kenapa tidak ?? haha..

    Salam.

  26. #26
    gravatar

    Ooo iya, sebelum lupa, Mas Iwan Satyanegara, klo anda tidak keberatan, boleh minta detailnya tentang manifesto politik tahun 1925 itu ?

    Makasih, maap bawel..

  27. #27
    gravatar

    aduh sedih bc kmntar2nya ,kq ky pd krg mnghrgai gt to hiks hiks hiks

  28. #28
    gravatar

    kalo mau tau semu ttg sumpah pemuda, dari latar belakang ampe tokoh2 nyari di mana si? ai ad tugas suruh bikin tugas tp gk tau cari di mana. makaseh

  29. #29
    gravatar

    manifesto politik ada hubungannya gk ama sumpah pemuda? kalo ada apaan?

  30. #30
    gravatar

    #28: Cari di perpustakaan, arsip nasional, dan search di internet sebagai tambahan.

  31. #31
    gravatar

    haloo…kebetulan 7 bulan terkahir ini saya membaca suratkabar terbitan 1907 s/d 2007. Benarkah: “Sin Po adalah surat kabar yang pertama menuliskan Indonesia menggantikan nomenklatur Hindia-Belanda atau Nederlandsch-Indie?”, edisi mana bung?? Supaya jelas saudara, dan menjadi terang benderang :) dengan senyum. salam kenal. http://www.rhomayuliantri.blogspot.com

  32. #32
    gravatar

    Salam…Benarkah “Surat kabar Sin Po adalah surat kabar yang pertama menuliskan Indonesia menggantikan nomenklatur Hindia-Belanda atau Nederlandsch-Indie?”, edisi kapan bung?kebetulan 7 buln ini saya baca koran-koran di tahun 1907-2007, termasuk Sin Po. Supaya terang benderang saudara. terimakasih. salam kenal.

  33. #33
    gravatar

    Saya Butuh informasi tentang sumpah pemuda sebagai bahan penelitian untuk mengikuti lomba karya ilmiah remaja…

    Apakah anda bisa membantu saya???
    Jika bisa tolong kirimkan ke alamat friendster saya saja di I_Star@plasa.com

    Seputar sumpah pemuda…dan terutama infi-info tentang sumpah pemuda yang langka didapat dan merupakan pengetahuan yang baru

  34. #34
    gravatar

    haloo… Mas Iwan Satyanegara, klo anda tidak keberatan, boleh minta detailnya tentang manifesto politik tahun 1925 itu ? plsss

    soalnya ada tugas tent “pembentukan indentitas kebangsaan Indonesia”

  35. #35
    gravatar

    hai semuanya, siapa pun anda, apapun profesinya
    makna sumpah pemuda sekarang di tahun 2007, kita harus bersatu melawan musuh terbesar yaitu pemanasan global! manusia di muka bumi ini tidak ada seorang pun yang mampu melawan bencana alam yang sebenarnya karena ulah kita sendiri. amerika aja yang katanya negara adidaya tidak mampu menghadapi bencana kebakaran di California. padahal tuh ada arnold “terminator”! mumpung masih punya kesempatan apa salahnya kita bersatu padu menjaga lingkungan sekitar kita untuk membantu menyelamatkan bumi kita. lumayan 50% bangsa Indonesia menjaga lingkungan dapat menyelamatkan bumi tempat kita berpijak… Bencana alam tidak pandang bulu, apapun ras/suku bangsa anda, bahasa anda, agama anda! kita mulai dari hal yang bisa kita lakukan, buang sampah pada tempatnya…. Save our earth!!!!!

  36. #36
    gravatar

    Hehehehe…. mantap postnya… tapi yaa yang original aja sekarang daah pada lupa kali yaahh… hihihih… Gimana anak anak kita entar…

    anyway, salam kenal

  37. #37
    gravatar

    sumpah pemuda uda la…
    kan hanya sebagai simbol aja men jangan terlalu diingat trus, harus diganti dengan semangat baru..
    sekarang kita ma harus kejar ketertinggalan kita ma malaysia di semua bidang tu..
    apalagi dalam hal pendidikan hal universitas2 masa kita baru mengejar untuk riset, kalah tu ama malaysia aj mau apex itu lo universitas top dunia.
    n kita hanya jadi penonton aja.
    masa budaya kita diambil all men, n atu lagi para pemuda jangan demon melu2 mungkin harus contoh singapura mahasiswanya ada perwakilan tu di DPRnya jd ga ada ribut.

  38. #38
    gravatar

    SUMPAH PEMUDA DAH GAK LAKU LAGI SEKARANG, YANG DA SEKARANG SUMPEEEEEH DEH LOE………..

  39. #39
    gravatar

    sumpah pemuda harus tetap di kenang karena perjuangan mereka tidak dapat tergantikan

  40. #40
    gravatar

    saya sangat prihatin kepada pemuda masa kini….memprihatinkan!!!!!! iya gak??????

  41. #41
    gravatar

    Ada yang tau isi surat kabar hindia poetra yang bertema manifesto politik????????

  42. #42
    gravatar

    pernah ga sih qta smw b’fikir knpa qta terlahir di indonesia? di jaman saat ini? zaman sesudah k’merdekaan? kenapa ga di saat indonesia sdng berjuang memperebutkan kemerdekaan? taw d saat zaman kerajaan dulu, sblum ada’a penjajahan? knpa qta smw ada saat ini? d saat indonesia dlm k’adan yg…mgkn lbh susah, jauh lbh susah drpd saat pnjajahan dulu, jauh lbh sengsara drpd jmn pnja2han dlu. knp? krna saat in dtng pnja2h dgn model baru, berasal dr negri qta sndri… pnjajah it skrg brkdok sbg pmbela rkyat, pdhl tjuan’a hny ingn jd pnguasa rkyat, ga jauh bda sm jepang dgn “gerakan 3A” nya

  43. #43
    gravatar

    [...] kebangsaan. Dengan biolanya lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada penutupan acara Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Jakarta. Selain lagu kebangsaan tersebut ia menciptakan lagu lain yang tak asing [...]

  44. #44
    gravatar

    seharusnya ada undang-undang yang ngatur tntang penggunaan bahasa semisal, tidak boleh memakai bahsa asing dalam iklan, berdagang, pendidikan, agar bhs indo. tetap jaya. Jngan sampe` kita malah lebih tau bhs. asing ketimbang bahasa kita sendiri. Gimana? siapkah kita???????

  45. #45
    gravatar

    kalau bangsa ini ingin benar dan bsngkit dari keterpurukan ..maka generasi penerusnya terutama pemuda juga harus benar..coba lihst aja pemuda jaman sekarang sekarang,jauh dari agama..taunya dugem aja..walaupun gak semuanya

  46. #46
    gravatar

    anda yang menulis ini adalah para pengharum nama bangsa!

  47. #47
    gravatar

    igh… w bingung nii,,
    w agy ad tugas sruh nyari arti sumpah pemuda
    w bingung nii hrz nyari d mna.
    klw mslkan ad yg tw krim email k w ajj yw
    nii almt’y
    sweet_bunga14@yahoo.com
    thx yw !!!!!!

  48. #48
    gravatar

    walopun qmana pemuda sekarang harus ttap harus optimis, merayakan sumpah pemuda!apa salahnya toh ga ada ruginya, jadikan hari itu sebagai motivasi buat kita, buat negara ini!…

  49. #49
    gravatar

    ayo donk jangan patah semangat kita bangkitkan negara kita INDONESIA

  50. #50
    gravatar

    Sobat Muda…..!!!!

    Diriku adalah bagian dari Pemuda Indonesia masa kini yang prihatin terhadap tanah air ini, bangsa ini….ke mana akan dibawa jika hanya melahirkan “Pemuda Bangsa”

    1. jika dia berpendidikan, yang nantinya menjadi PEMIMPIN KORUP sebagaimana banyak kita saksikan Di Media lebih banyak memberitakan Oknum yang korup.

    2. jika dia tidak berpendidikan, dia akan di jalan jadi preman dan akan dirazia preman dan ditangkapin.

    Inilah yang menjadi dasar renunganku sobat muda, kemana semangat reformasi…?

    Karena Pemuda adalah harapan bangsa, bagaimana merevolusi mental-mental pemuda masa kini dan yang akan datang ke arah seperti semangat Sumpah Pemuda.

    Setuju tidak jika para pemuda se-Indonesia berhimpun guna memperbaiki citra pemuda. Jika ada yang setuju dengan didriku kirim komentar ke e-mail diriku,
    usman.marudani@yahoo.com

  51. #51
    gravatar

    sumpah pemuda ini hanya dibesar-besarkan oleh M.Yamin supaya nama dia yang paling berperan dalam peristiwa ini,dia mengubah namanya yang dahulu hasil sepakatan menjadi sumpah pemuda.

  52. #52
    gravatar

    [...] kebangsaan. Dengan biolanya lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada penutupan acara Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Jakarta. Selain lagu kebangsaan tersebut ia menciptakan lagu lain yang tak asing [...]

  53. #53
    gravatar

    [...] Dengan biolanya lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada penutupan acara Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Jakarta. Selain lagu kebangsaan tersebut ia menciptakan lagu lain yang [...]

  54. #54
    gravatar

    [...] kebangsaan. Dengan biolanya lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada penutupan acara Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Jakarta. Selain lagu kebangsaan tersebut ia menciptakan lagu lain yang tak [...]

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.