Perkembangan Instant Messenger

Jumat, 8 Oktober 2004 M
23 Syaban 1425H

Komunikasi digital semakin banyak ragamnya. Dulu sekitar tahun 1996 muncul ICQ sebuah plesetan dari I Seek You yang dibuat oleh orang Israel dengan identitas berbentuk nomor yang saat ini sudah mencapai 200juta lebih. Aplikasi ini kemudian dikenal sebagai messenger atau instant-messenger.

ISP besar AOL juga ikut meramaikan dunia messenger diberi nama AIM yang dipadukan dengan aplikasi Netscape saat itu (mulai versi 3 kalau tidak salah). Bedanya adalah AIM menggunakan nickname atau namauser sebagai identitas utama atau account.

Search engine Yahoo semakin berkembang dan turut pula membuat messenger dengan konsep single account, anda punya account email Yahoo maka anda bisa langsung menggunakannya sebagai account Yahoo Messenger, selain juga sebagai account untuk administrasi YahooGroups.

Kemudian AIM dan ICQ bergabung dalam satu manajemen, mungkin berusaha berkompetisi dengan YM yang semakin banyak dipakai karena kemudahannya.

Microsoft pun tak ingin ketinggalan membuat MSN Messenger yang pre-installed pada sistem operasi mutakhirnya. Konsep yang ditawarkan adalah MSN Passport di mana kita bisa mendaftarkan email address kita masing-masing sebagai passport/account MSN Messsenger. Jadi tidak harus menggunakan account email Hotmail atau MSN untuk menggunakan MSN Messenger.

Kalangan Open Source membentuk pula messenger ini dengan konsep distributed terinterkoneksi dengan engine bahasa XML yang dinamakan Jabber yang dipelihara dan dikembangkan oleh Jabber Software Foundation. Messenger Jabber sendiri sebenarnya hanya sebagian kecil dari aplikasi yang diusulkan oleh JSF. Beberapa hari yang lalu protokol XMPP yang digunakan Jabber sudah diterima menjadi draft RFC. RFC adalah draft standar dalam internet, memuat standardisasi teknis dan non-teknis aplikasi TCP/IP. Konsep distributed interconnected yang ditawarkan Jabber adalah bahwa setiap orang/komunitas dapat membuat server sendiri dengan user account masing-masing dan antar server tersebut saling terhubung sehingga user Jabber di server satu bisa berkomunikasi dengan user Jabber di server lain. Identitas yang digunakan berbentuk seperti email, user@server.jabbernya. Salah satu server yang saya dan rekan buat adalah Jabber Indonesia.

Memang cukup memusingkan dengan banyaknya aplikasi messenger ini, sampai saya dan beberapa teman yang lain memelihara account messenger tersebut dan dibuat semuanya online dengan bantuan aplikasi yang multi-protocol untuk mengurangi resource memori di komputer. Kadang juga hal ini dianggap gila, “Untuk apa pake messenger banyak-banyak?” atau “Udah pake YM aja, trendy!”.

Provider messenger pun tak berhenti mengembangkan aplikasi ini, kini dengan messenger bisa disisipkan transfer data, voice dan camera selain fungsi dasar untuk one-to-one chat atau conference chat. GAIM, salah satu aplikasi messenger yang multiprotokol mulai memperkenalkan enkripsi dengan GPG untuk faktor keamanan komunikasi.

Dengan banyaknya protokol komunikasi di atas kadang-kadang timbul keanehan dalam komunikasi yaitu komunikasi menjadi asimetrik. Bermula dari keisengan atau kejailan seperti bertanya melalui YM dijawab kemudian melalui ICQ atau tiba-tiba dapat SMS yang kadang harus berpikir dulu rasanya tak pernah bertanya lewat situ. Kadang juga email panjang dijawab singkat lewat messenger, bahkan sebuah pesan melalui komentar blog pernah saya jawab ketemu di darat beberapa jam kemudian. Atau juga termasuk tulisan ini, adalah sebuah ide atas komunikasi yang terjadi di mailing list junker NusaGames!

Kapan Google membuat messenger?

Komentar

12 komentar untuk catatan 'Perkembangan Instant Messenger'

  1. #1
    gravatar

    jay, kayaknya mendingan pake htb deh
    *pertanyaan lewat ym*

  2. #2
    gravatar

    hotmail bikinan orang india deh

  3. #3
    gravatar

    Kemudian AIM dan ICQ bergabung dalam satu manajemen, mungkin berusaha berkompetisi dengan YM yang semakin banyak dipakai karena kemudahannya

    Yang benar adalah AOL mengakuisisi Mirabilis. Waktu itu AOL sedang gila-gilaan mengakuisisi, selain Mirabilis, AOL juga mengakuisisi Netscape, Nullsoft, Compuserve, dll. Tapi ICQ dan AIM baru disatukan lama sesudah itu. Sekarang login ke ICQ bisa menggunakan client AIM dan CMIIW sebaliknya.

  4. #4
    gravatar

    Comparison of instant messengers

  5. #5
    gravatar

    terus AOL kemudian gabung dgn Time-Warner, pemilik CNN, HBO, Warner Bross, Time megazine, dll:)

  6. #6
    gravatar

    Kalau Google Gimana? Yah google bikin email 1 Giga dulu aja ^_^ sama mantep di Search Enginenya hee heee

  7. #7
    gravatar

    saya memakai server freebsd, apakah bisa mengunakan XMPP ngga ya..?
    mohon petunjuknya..

  8. #8
    gravatar

    saya cuma mau cari tugas komputer koq. numpang lewaaaatt..

  9. #9
    gravatar

    o iyaaa. saya jangan diteror melalui email saya yah.. kalo engga, gua tabhoQ luh!!

  10. #10
    gravatar

    thanks bgt artikelnya ,sya lagi cari arikel tenteng im buat skripsi saya

  11. #11
    gravatar

    numpang coret sob. Gmna cra bkin jabber srver?

  12. #12
    gravatar

    sekarang facebook udah mendunia

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.