Puisi Tentang Kemerdekaan

Minggu, 15 Agustus 2004M
28 Jumadil Akhir 1425H

Pahlawan dan Sok Pahlawan
yang berjuang dulu
dan mati dalam perang
memang disebut pahlawan
(gambar pejuang tanpa pamrih)

yang berjuang dulu
tapi hidup senang sekarang
ingin juga disebut pahlawan
gambar pejuang dengan pamrih

– Remy Sylado 1971

Membaca puisi di atas membangkitkan rasa hormat kepada pahlawan negeri kita, sekaligus membangkitkan kejengkelan bagi mereka yang ingin disebut ‘pahlawan hidup’ tapi penuh pamrih.

Menguji Kebangsaan
di manakah engkau
ketika Indonesia
diproklamirkan merdeka?

yang oportunis
sedang menggigit kwaci
di rumah bordil gang hober

– Remy Sylado

Hahaha, apakah selain yang di gang tersebut tidak oportunis?

Komentar

111 komentar untuk catatan 'Puisi Tentang Kemerdekaan'

  1. #1
    gravatar

    Bagus bgt

    Nolongin gw nyari tugas bahasa indonesia tentang puisi kemerdekaan
    makasih ya!
    :-)

  2. #2
    gravatar

    Sangat bagus, karena aku dapat mudah menemukan puisi tentang Tsunami dari guru Bahasa Indonesia

  3. #3
    gravatar

    pokoknya seru abez………..

  4. #4
    gravatar

    puisinya bgs banget………….
    moga bisa menggugah semangat pemuda2 RI
    moga masih banyak orang yang berjiwa pahlawan di jaman sekarang ini
    yang kita perlukan sekarang seorang pahlawan
    bukan topeng pahlawan atau pahlawan bertopeng
    oya……….
    buat puisi tentang stunami yang bagus ya!!!

  5. #5
    gravatar

    thanx, buat tugas arsitek bikin bangunan tema kepahlawanan dari puisi

  6. #6
    gravatar

    Hah, akhirnya kutemukan seseorang yang peduli dengan bangsa kita.
    Melalui sedikit baris dalam kata-kata, dapat berarti banyak bila kita memahaminya.

  7. #7
    gravatar

    Hah? apaan ni?

  8. #8
    gravatar

    wa9h bgs b9t ni9h puisinya, and juga bs nolongin W dR kejaran Ad W y9 tadinya aQ d suruh bkn puisi…. hehehee……
    ya dR pade aQ bkn puisi mendin9an cari aja…….gt…
    thanks ya dah nolongin aQ…

  9. #9
    gravatar

    wezz…! bagus bgt puisinya! cocok neh boeat ngisi mading kelas aq! makasih ya…..

  10. #10
    gravatar

    HahahA BaGus JUga TUCh PuiSina BUaT Gw TeMPeL dImaDiNg SKULL
    gW HEHEh ThANk’x y

  11. #11
    gravatar

    bagus banget bikin gw gampang ngerjain tugas

  12. #12
    gravatar

    Bagiku…( sorry, sbelumnya ) puisinya t’lalu sdikit. Ni cman sran loh! gmn klo d + lg krya2nya yg lain. Thanks b4.

  13. #13
    gravatar

    Bagus tapi q kurang mengerti agak sih

  14. #14
    gravatar

    pUiSinya bGuS bGt. sLaiN iTu, pWiSinyA nLonGiN gW nGerJaiN tGas baHaSa iNDonESia.

    tHanKS bGt ya…

  15. #15
    gravatar

    bagus banget q suka tapi emang seh?dikit baget tapi g pa2?
    emang cocok pada masa dahulu puisinya?karna dari buku, n jisah yang q ketahui masa dahulu itu emang sering banget para tentara bahkan penjajah kerumah bordil tuk mencari kesenangan semata…tapi klo untuk masa sekarang rumah bordil itu telah meluas dan dimana saja ada? sampai anak2 sekolahan pun terjerumus akibat pergaulan bebas
    dan saya ingin cerita2 masa dahulu ditayangin lagi n puisi2nya?munkin di tanyangin
    pas hari2 nasional bagusnya jadi bisa semua pelajar melihatnya

  16. #16
    gravatar

    bagus lain kali pidato doang yang dari bahasa inggris tentang kemerdekaan dan lain lain buat nolongin ngerjain tugas heheh

  17. #17
    gravatar

    G ngerti blaz.Tp tolong dong.Boatin aq puisi yg ringan2 aja biar isa aq bawa ke skul.Dah thankssss.alot.Tp apik deh pokoknya

  18. #18
    gravatar

    manteph bgt! lumayan bwt tgs mading…
    anyway keren lah, this homepage has saved me alot…
    WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAAK!

  19. #19
    gravatar

    tengkyu, nolongin nyari pr puisi bahasa indonesia

  20. #20
    gravatar

    bagus tapi…ada yang kuarang dari kata-katanya………kayaknya abelum selesai….itu hanya inti dari puisinya saja……ok

  21. #21
    gravatar

    puisinya kurang menarik…karna kata – katanya kurang puitis banget…bagi aq ini puisinya parah abizzzzzzz

  22. #22
    gravatar

    kembangkan sayap toek terbang

  23. #23
    gravatar

    mantep bgt kata2nya, makasih uda buatin tugasku…..

  24. #24
    gravatar

    Bagussssbagus..
    Ntar dulu gw blom baca…
    ntar yak….

  25. #25
    gravatar

    yang oportunis itu saya lho!

  26. #26
    gravatar

    Bukannya emang gitu pak? Karena mereka masih hidup jadinya pamrih. Coba yang sudah tidak hidup itu hidup sekarang. Pasti pamrih juga…

  27. #27
    gravatar

    xx_budi_xx@hotmail.com

  28. #28
    gravatar

    puisi kamu bagus bgt,emang smua itu bnar org2 y g punya jasa sok2an jd pahlawan.yang kasihannya pahlawan kesiangan

  29. #29
    gravatar

    thank dah sedikit bisa ngebantu tgs b.indonesia gw

  30. #30
    gravatar

    buatin 1 lagi yang agak lebih kebahasa indonesiaan (bkn gaul) dong. Soalnya, guru gua bisa marain gue neh kalo sampe kaya gitu.
    Komentar gue, kalo bisa bhs gaul bagus, yg lebih sopan pasti lbh bagus. Trus baitnya 4 bait ya. THX kalo lu bisa bantuin gue nyari tugas.

  31. #31
    gravatar

    lumayanlah………..

  32. #32
    gravatar

    Makaci, Coz dah bantuin aQ cari puisi yg disuruh ma guru B.iND aQ..
    HEHEHE..

  33. #33
    gravatar

    salam sastra….
    bangga dengan kemurnian ide dan sepi dari ricuh emosi dan kotornya politisi busuk yang mempolitisi semua jadi permainan….
    salam sastra….
    padamu…
    penghuni ruang budi dalam cengkeram tak bermata

  34. #34
    gravatar

    bahasa lo ga elite….maaf kesalahan bukan pd anda….tp pd keyboard kita….

  35. #35
    gravatar

    tolong cariin kata -akata bijak tenteng kemerdekeen ri dong……?

  36. #36
    gravatar

    ngapa gak byk puisi tntg merdeka ya.

  37. #37
    gravatar

    Bagus….. lain kali buat lagi ya jd w bs sekalian ngerjain tugas B. Indonesia w.wkwkwkwk

  38. #38
    gravatar

    ngebantu bgt buat ngerjain tugas mading… puisinya mendalam n punya banyak makna…

  39. #39
    gravatar

    pendek banget puisinya,, gw jd g bsa nyntek tuh,,

  40. #40
    gravatar

    ??? puisinya emang bagus tapi kok dikit?? thnx udah bantu aku dalam tugas mencari puisi hehehe ^^v aku punya puisi nih..
    cerita masa lalu

    masa-masa yang pilu..
    perjuangan nyawa yang gigih
    melangkah menyerbu menyerang
    tak dihiraukan

    kini..
    matahari mersinar terang
    tak ada lagi menderita
    tak ada lagi tangis pilu..

    cerita-cerita perjuangan
    menggambarkan sosok sosok
    yang tak dikenal
    merebut kemerdekaan ini

    kini semua merdeka
    tak ada jajahan
    tak ada perang
    MERDEKA! MERDEKA!

  41. #41
    gravatar

    gW ska m Puisinx, n thanks JuGa dah bantuin Gw nYari Puisi, but,, Puisinx terLaLu dikit. he he he. Gw cuman nGucaPin thanks bwad PahLawan Indonesia YnG dah berJuanG meLawan Pra PenJaJah

    MERDEKA… MERDEKA…

  42. #42
    gravatar

    MakasIh! TugAs BhS Indo gue tertolong!

  43. #43
    gravatar

    mkaCiH y pUisI na baNtu aQ BUAT perLombaan puiSi d’ sKuL Q,,,,!!! MErdeKA bUAt InDoneSiA >>

  44. #44
    gravatar

    nya alus sih puisina mah ngan saeutik pisan euy hahaha,,, Tp salut lah buat yang ngebuat puisi ini… Dapet ide dari mana sih??? Ajarin bikin puisi donk,,, please,,,, yah…ya…yah…

  45. #45
    gravatar

    yg 1 lucu bgt deh sampe ketaw..a
    seru deh baca puese km..
    jadi gampang deh ngerjain tugas ..he..he.he
    tinggal nyontek ke google
    makasih ya buat puisinya
    bubye…?

  46. #46
    gravatar

    makasi ya puisinya jadi bisa ngerjain tugas bahasa indonesia ha..ha..ha
    makasi ya buat puisinya

  47. #47
    gravatar

    puisinya sedikit tapi joss.membuatku teringat atas pengorbanan para pahlawan

  48. #48
    gravatar

    blh jg puisin’
    bsa bwt 1 lgi g yng lbh pnjng puisin’

  49. #49
    gravatar

    gw copy ah buat musikalisasi puisi

  50. #50
    gravatar

    puisinya bgs
    tp terllu dkt tpp kpp dh bwt tgs sejarah saiia..

    hehehehe

    by:rangciw

  51. #51
    gravatar

    wah bagus bgt……..
    jdi inspirasi MADINK Qu ni….thx

  52. #52
    gravatar

    Keren….Trims udah bantu dptin tugas BI dari BU Sri!!!

  53. #53
    gravatar

    wew
    baguss2 bgtt membantu gw dalam mencari bahan wat acara Bulan Bahasa in my skull

  54. #54
    gravatar

    Makasih puisina bgs bgt
    n’ tugas B.indo Q sleze dah
    thank’s Y………
    nilai tugas aQ (100)very good
    bwt lg y puisina bgs bgt……..
    Bye…Bye…

  55. #55
    gravatar

    jelek sekali pokoknya jelek sekali ahahahahahahah

  56. #56
    gravatar

    tinggal di kombinasi jadi deh mau liat? bayar serebu! wong katrok mau ae tak bohongi

    niih:

    dikiit lagi

    Cari aja sendiri

  57. #57
    gravatar

    gillaaa….Puisinya bagus bgt..!!Ap lagi bisa bantuin gw cari tugas BI..!!Tq yaa..!!

  58. #58
    gravatar

    HAI ………
    BAGUS BANGAT PUISINYA………
    AKU PUJI KOK
    AKU SUDAH SEPASTINYA MEMPUNYAI SEMANGAT KEMERDEKAAN……..
    SALAM BUAT SEMUA……….

  59. #59
    gravatar

    Halo all…
    ThX karna dapat memudahkan cari puisi utk tugas ni…
    skali lg ThX yaCh….

  60. #60
    gravatar

    aku pengen gabungan……leh tau caranya ga…?????pleazzzzzzzzzzzzzzeeeeee……………..
    thanx be4

  61. #61
    gravatar

    hu uh gak ada yg bagus masa gua nyari puisinya dikit doanggg tamabh lagi donk

  62. #62
    gravatar

    Hidup Indonesia!!
    Gne Neh Pemuda” yg mau menyumbangkan pemikiran cerdasnya ke publik…
    Pokoknya bwt sang penulis,
    Hiduplah Untuk Indonesia!!!
    Indonesia akan semakin Hidup!!!

    PeTRuS RaNdi

  63. #63
    gravatar

    bagusssssss….
    nolongin w bgd bwt ngerjain tugas bwt puisi kemerdekaan..
    top abies….

  64. #64
    gravatar

    kebetulan gw ad tugas neeh..cari kata2 buat ucapan kemerdekaan RI ke-63 thn neeh..kata2 na kyakna bs diambil dri puisi2 tmen2 neeh..tq..anyway, tambahin lagee dunk…ato kasih masukan yeee,…

  65. #65
    gravatar

    gila ini puisi paling keren sedunia bisa banti kerjain BI pula

  66. #66
    gravatar

    thanx bgt buat blog ini gw jd bs cepat cariin puisi buat adik gw
    Puisinya bgs2 bgt.
    Merdeka 1000x
    God Blezz Us

  67. #67
    gravatar

    keren abiezzz…
    thanx y yg udah ngebuatnya…
    slm knl bagi yg baca punya wa…
    hhe…
    ^_^

  68. #68
    gravatar

    thanks da bantu q bwt ngerjain tgs lomba kemerdekaan…….^_^

  69. #69
    gravatar

    hai! Keren banget! Tolong bantuin aq ngerjain tugaz bhs indonesiatentang puisi kemerdekaan ! Thanks ya! :}

  70. #70
    gravatar

    Terinspirasi dari pahlawan bangsa dan Regenerasi
    goresan hati……………… muchlas
    Jakarta 05 Agustus 2008

    PATRIOT BUNGA BANGSA …………………

    Tumpah darah pejuang bangsa, tertembus mesiu di mana mana
    Tidak rela…semangatpun membara, Tak perduli nyawa demi merdeka
    Serbu serang tak kenal waktu, hingga merdeka walau tubuh cidera
    Sebagai bukti perjuangan Patriot Bangsa, menuju gerbang merdeka

    Bukan jiwa menjadi pengecut, melainkan membara tak kenal takut
    Selama nadi ini masih berdenyut, berkorban nyawa sudahlah patut
    Tak kan mundur selangkahpun, walau tidur dihutan tanpa selimut
    Patriot bangsa perlu dianut, semangat membaja tak pernah menuntut

    Bulat tekad usir penjajah dari bumi persada nusa
    Jika harus bermandi darah bangga bela nusa dan bangsa
    Dipersembahkan jiwa dan raga untuk persada nusa
    Untuk merdeka……. merdeka…….. merdeka ………merdeka

    Bersatu teguh menempuh, bambu runcing sebagai senjata ampuh
    Menghalau penjajah agar negeri merdeka dan tak kenal rapuh
    Tapal batas negeri tercinta , dijaga ketat darat laut udara yang terjauh
    Negara merdeka aman tenteram dan damai tempat kita berteduh

    REGENERASI BANGSA MERDEKA …………………………..

    Bersatu kita maju bersama kita bisa
    Berkarya untuk maju demi nusa dan bangsa
    Kita perangi sampah dan narkoba, tak lupa jaga negeri kita
    Bukan pengecut yang harus dimuka, tetapi tandang gawe santosa itu yang utama

    Mari kita kerja bhakti, agar negeri bersih rapih terkendali
    Jangan hanya mbengong duduk merokok dan minum kopi
    Sementara terhadap lingkungan masa bodo tidak peduli
    Kalau ada pembagian dari pemerintah atau instansi,

    Ngacung tinggi tinggi supaya dapat bagian dan minta segera diberi,
    Tak dapat marahnya sampai memaki-maki walau hanya dalam hati
    Insan demikian tidak patut hidup ditempat yang bersih rapi
    Atau mungkin tidak sadarkan diri, tapi belum mati

    Mari kita bangun negeri tercinta ini
    Bukan merusak atau untuk kepentingan sendiri
    Tetapi harus tahu mana yang layak dan hak, ayo kita berpartisipasi
    Membela yang benar dan maju pantang berhenti sebelum mati

    Para pemimpin negeri ini, didepan hendaknya mengerti
    Gunakan amanah ini dengan benar dan jangan korupsi
    Masyarakat awampun juga ingin menikmati negeri tercinta ini
    Bukan kesempatan jadi pemimpin, berbuat seenaknya sendiri

    Hai insyani, jangan merasa dirimu hidup benar sendiri
    Tanpa kawan tidaklah berarti, kalau mati apakah akan kekubur sendiri
    Berkawan hidup indah nyaman tanpa lawan
    Dimata Teman apalagi di hadapan Tuhan nanti

    Didalam Hari Ulang Tahun ini, adalah cambuk untuk koreksi
    Mengingat perjuangan Patriot sejati
    Agar hidup selalu termotivasi, terarah Santun dan punya kreasi
    Mencakup seluruh komponen hidup bermasyarakat dan berbakti

    Seandainya negeri ini bersih dan rapi
    Niscaya indah dipandang mata meresap kedalam hati
    Bagai surga di dunia nan indah dan berseri
    Insyaallah Tuhan selalu bersama kita sampai dihari nanti

    Amien………………………………amat muchlas
    Jakarta, 05 Agustus 2008

  71. #71
    gravatar

    KeReN ,TAPI BIKINNYA YANG BANYAK. DONG

  72. #72
    gravatar

    MENTARI PAGI

    Pertiwimu kini tertawa menganak
    Menjerit diatas kepuasan
    Kasihan darah yang menyatu dengan tanah airmu
    Elakkan pengorbananmu

    Dimana kobaran merah semangatmu?
    Dimana putih suci ketulusanmu?
    Pemudamu kini telah pergi
    Anak cucumu hanya durhaka
    Dia menari dengan malaikat bumi

    Jangan menangis untuk hari
    Bukti sudah sakit
    Kuyakin kasihmu dalam mentari pagi
    Tuk memberi arti
    Membangunkan perjuanganmu yang mati hati

    Jepara,19 agustus 2008

    By.
    BERDIRI SENDIRI
    (4F1F)

  73. #73
    gravatar

    Memang segala sesuatu butuh perjuangan…
    tapi perjuangan melawan penjajahan adalah hal yang paling luar biasa…
    untuk para paHlawan INDONESIA…
    MERDEKA…MERDEKA…MERDEKA…

  74. #74
    gravatar

    bagus bgt kalo bisa ditambah lg puisinya

  75. #75
    gravatar

    puisinya dkit

    tp kt2nya ngena bgt!!!

    thx y. . .

  76. #76
    gravatar

    puisinya krg panjang dikit lebih bagus yg punya afif dari pada yg di atas

  77. #77
    gravatar

    Terinspirasi dari pahlawan bunga bangsa
    goresan hati……………Amat muchlas
    Jakarta 05 Agustus 2008

    PATRIOT BUNGA BANGSA………………

    Tumpah darah pejuang bangsa, tertembus mesiu di mana mana
    Tidak rela…semangatpun membara, Tak perduli nyawa demi merdeka
    Serbu dan serang tak kenal waktu, hingga merdeka walau tubuh cidera
    Sebagai bukti perjuangan Patriot Bangsa, menuju gerbang merdeka

    Bukan jiwa menjadi pengecut, melainkan membara tak kenal takut
    Selama nadi ini masih berdenyut, berkorban nyawa sudahlah patut
    Tak kan mundur selangkahpun, walau tidur dihutan tanpa selimut
    Patriot bangsa perlu dianut, semangat membaja tak pernah menuntut

    Bulat tekad usir penjajah dari bumi persada nusa
    Jika harus bermandi darah bangga bela nusa dan bangsa
    Dipersembahkan jiwa dan raga untuk persada nusa
    Untuk merdeka.!!…. merdeka.!!…. merdeka .!!…..merdeka !!!

    Bersatu teguh menempuh, bambu runcing sebagai senjata ampuh
    Menghalau penjajah agar negeri merdeka dan tak kenal rapuh
    Tapal batas negeri tercinta , dijaga ketat darat laut udara yang terjauh
    Negara merdeka aman tenteram dan damai tempat kita berteduh

    Kupersembahkan negeri ini untukmu wahai insyani
    Sebagai generasi penerus dapatlah menjunjung tinggi negeri
    Menjaga menata dan melanjutkan perjuangan patriot sejati
    Demi negeri aku rela berkorban …..untukmu negeri

    Darah Pejuang dipersembahkan membasahi bumi pertiwi
    Sebagai bunga bangsa negeri dikenal hingga nanti
    Sebatas itukah sanjungan untuk pahlawan sejati … ???
    Pantaskah insyani hanya melihat dan tidak ada reaksi … ?

    Negeri …………..negeri ………….negeri……. nasibmu
    Sebagai ajang peperangan dan merebut kekuasaan,,,………….

    jakarta 05 agustus 2008 ………… Amat muchlas

  78. #78
    gravatar

    Wew!!! Bagus juga nich puisinya!!! thx bgt ya!! Berkat nie, tugas B. Indnesia w Sukses besar!!!
    1x lagi thx ya!!! Ku ku ku….

  79. #79
    gravatar

    puisix lumayan juga.singkat tapi padat,trz keren abezzzzzzzz!!!!!!!!!!succes ya!

    SEMANGAT!!!!!!!!!!

  80. #80
    gravatar

    Puisinya oke banget tuh . . .

    Sukse ya untuk yang bikin !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  81. #81
    gravatar

    Puisinya oke banget tuh . . .

    Sukse ya untuk yang bikin !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    terus berjuang untuk negara ya …

  82. #82
    gravatar

    bangkit ayo bangkit, tinggalkan kursi duduk malasmu, cari inovatif yang tiada henti, itulah pahlawan pahlawan pahlawan pengisi negeri…….

  83. #83
    gravatar

    plize,.,.,.tolong buatin puisi tentang
    PAHLAWAN ada tugas nich dr guru,.,.,.,.,pliz3…..k3y!!!!!

  84. #84
    gravatar

    plizzz dun bikinin tentang puisi pahlawan,,,
    dapet tugaz dari guru nih..di suruh bikin mading dan tentang pahlawan,,,plizz yah,,

  85. #85
    gravatar

    Pahlawan

    Hai Pahlawan kami,
    Kau selalu melindungi kami
    Kau telah berjuang untuk kami
    Dan seluruh warga-warga dan teman-teman kami
    Juga negara demi kami

    Seandainya itu semua
    Bukan dari pengorbanan yang rela
    Dan semangat para pahlawan kita
    Maka negara ini akan hancur selamanya
    Jadi, terimalah terimakasih kami semua

    Ibu Kartini

    Dahulu wanita selalu diinjak-injak
    Tetapi sekarang tidak lagi
    Karena dahulu Ibu Kartini berjuang keras
    Untuk menyelamatkan kaum wanita

    Pengorbanan

    Detik-detik penuh dengan ancaman
    Ketiga raga di pucuk darah penghabisan

    Mata tombak yang selalu mengintai
    Darah mengucur deras bagai badai

    Tak kenal senjata, tak kenal mati
    Hanya kaulah pahlawan sejati

    Senyum Suci

    Senyum suci tlah kauraih
    terima kasih pahlawan suci
    semangat juang tinggi tlah kauraih
    Indonesiaku gemilang kini

    keren gak,,,??

  86. #86
    gravatar

    wah ni bener2 bikin org ga kesusahan cari puisi
    thx ya!!!!

  87. #87
    gravatar

    Wah.. Keren bgt toE..!!
    Makacih yaph…
    Lumayan, wat W tempeL d Mading.. He..:-)

  88. #88
    gravatar

    hihi. punten mas…hehe minta ijin blognya aku link k blog aku boleh ga?
    hehe..merdeka!!!

  89. #89
    gravatar

    Oh boleh, dengan senang hati.

  90. #90
    gravatar

    Hbat..
    bguz bgt..
    tugas b.indoq slese sdh..
    huf..
    thx ya..
    eh.. bnyakin puisix yach…

  91. #91
    gravatar

    Kemarin adalah sejarah…
    Esok adalah misteri…
    Dan Hari ini???
    Hari ini adalah hadiah…
    Gunakan hadiah ini sebaik mungkin…
    Cma mo ngAsih usul gimNa kaLo di Tambahin ma cerpen2 seJarah PerjuaNgan RI ???
    Cma usul… ;>

  92. #92
    gravatar

    hahahahahahaha bagus sekali puisinya -_- dari Op34c

  93. #93
    gravatar

    mantapzz kk bantu ak tugas dri bu gru tentang kemerdekaan

  94. #94
    gravatar

    maaf puisi itu memiliki aturan.jangan seenaknya merusak puisi. seharus nya puisi harus memperhatikan diksi dan agar lebih indah tolong puiosi itu jangan di beri rima campuran.tapi puisi buatanmu good

  95. #95
    gravatar

    makasih ya dah bantu aku nyari puisi buat lomba.thank ya.

  96. #96
    gravatar

    tolong di munculin puisi pahlawan/kemerdekaan lainnya. please. :)

  97. #97
    gravatar

    makasih ya dah bantuin nyari puisi tang kemerdekan

  98. #98
    gravatar

    Wow thanx udah buat gue ndax dimarahin karna udah bikin puisi.. skali lg thanx ya..

  99. #99
    gravatar

    sangat bagus sekali…. saya sangat menghargainya!

  100. #100
    gravatar

    buat amat muchlas.. kereeeeennn buanget!! and puisi yang di buat di sini juga bagus.

  101. #101
    gravatar

    wah bgus bagt eaw
    ternyata bnyak juga yang puduli dengan bangsa kami
    terimakasi telah peduli dengan indonesia qu
    pertiwi qu
    tetap lah berjuang untuk INDONESIA qu
    MERDEKA ???????????
    MERDEKA ???????????
    MERDEKA ???????????

  102. #102
    gravatar

    bagusssss beud euy!
    gw ngambil dari sini buat tugas sekolah gw. hehe

  103. #103
    gravatar

    singkat kata “puisinya bagus”

  104. #104
    gravatar

    gila bgus pasti gua besok menang waktu lomba puisi

  105. #105
    gravatar

    saya mau tanya, puisi yang bertema bahasa persatuan itu kyk gmna ya..

    makasi

  106. #106
    gravatar

    ich kren jd pngn gbng lech yua! kobarkn semangat merah putih MERDEKA!!!!!!

  107. #107
    gravatar

    ada puisi WARISAN BUDAYA BANGSA gak….?

  108. #108
    gravatar

    Alhamdullillah !! Saya Mendapat Pengeluaran dari Tugas Saya Yaitu Lomba Mading (: Dengan adanya ini adalah Adanya Kesempatan saya menjuarai Lomba Mading Ini Makasiii..

  109. #109
    gravatar

    i like it.
    singkat padat dan jelas,
    dari pda pnjang bertele malas juga bcanya

  110. #110
    gravatar

    puisinya sangat menariiik sekali…

  111. #111
    gravatar

    singkat kali puisinya

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.