Oposisi Bumi Mars

Rabu, 27 Agustus 2003M
29 Jumadil Akhir 1424H

Dalam tiga hari ini tanggal 27, 28 dan 29 Agustus planet Mars berada dalam orbit dengan jarak terdekat ke bumi (oposisi). Peristiwa langka ini cukup banyak diminati orang-orang. Tadi dengan beberapa rekan kantor mencoba jalan-jalan ke Bosscha di Lembang meskipun melalui reservasi telepon semua tiket sudah habis dipesan.

Dari tengah kota Bandung sampai ke Bosscha membutuhkan waktu 1 jam 45 menit dan itu pun sudah tidak bisa masuk ke area laboratorium Bosscha. Akhirnya makan pete dan usus goreng di RM Brebes Lembang, kebetulan ada yang sedang berulang tahun.

Komentar

26 komentar untuk catatan 'Oposisi Bumi Mars'

  1. #1
    gravatar

    Wah Enak tuh, Pete Sama Usus Gorengnya…Teu bagi – Bagi Euy!.

    Kirain Teh Marsnya Segede Bulan, eh…Ternyata Gedean Upil sayah!

    Di Bogor Bisa Nikmatin Terangnya Mars, Duduk diloteng sambil Ngemil kuaci Cepean dari warung Pa Haji Mumu.

  2. #2
    gravatar

    Sebenarnya jarak terdekat mars dengan bumi akan terjadi pada tanggal 27-31 october 2005 dengan jarak 69 juta kilometer dari bumi, memang pada tanggal 27-29 agustus 2005 adalah awal jarak terdekat bumi dengan mars tahun ini dengan jarak 101 juta kilometer dari bumi. Malahan setelah tanggal 29 Agustus bumi dan mars semakin dekat yang puncaknya pada tanggal 27-31 october 2005. Jarak yang paling dekat antara mars dan bumi sudah terjadi pada tanggal 16 Augustus – 5 September 2005 dengan jarak 56 juta kilometer. Hal ini akan terulang pada tahun 2018 pada 15 Juli – 02 Agustus dengan jarak yang sama yakni 56 juta kilometer.

    Data ini saya ambil dari http://www.windows.ucar.edu/tour/link=/mars/mars_orbit.html

  3. #3
    gravatar

    Oh ya bila analisa saya ini salah mohon untuk dikomentari kesalahannya ya.. thanks

  4. #4
    gravatar

    Anda benar mas Ivan, menurut NASA ( http://science.nasa.gov/headlines/y2005/27may_approachingmars.htm ), jarak Bumi-Mars terdekat dicapai pada tanggal 30 Oktober 2005 pukul 03.19 UT dengan jarak 69 juta kilometer. bandingkan dengan rata-rata 225 juta kilometer. Makanya NASA kemarin meluncurkan wahana MRI ke Mars karena memang waktunya tepat diperkirakan Maret sampai ke atmosfer Mars. Memang sejak 26 Agustus jarak Bumi-Mars makin mendekat dan pantulan cahaya Mars yang dapat dilihat dari Bumi terus meningkat.

    Ada fenomena yang lebih menarik, Mars dan Jupiter terlihat saling PDKT di langit sebelah barat. Bahkan kedua planet sudah terlihat terus ‘pacaran’ sejak tanggal 26 kemarin dan akan ‘putus’ tanggal 1 September 2005 sebelum rujuk lagi tanggal 6 September 2005 saat bulan sabit ikut bergabung. Selamat melihat, kalau ada yang sempat ambil foto posting ya…..

  5. #5
    gravatar

    tepatnya adalah oposisinya (matahari-bumi-mars berada dalam satu garis).
    oposisi sangat jarang terjadi karena bidang orbit tidak sama.

  6. #6
    gravatar

    Sebenarnya yang mana yang benar? Mars dekat pada tanggal 27 Agustus 2005 atau pada tanggal 27-31 Oktober 2005? Kalau keduanya benar, mana yang paling dekat? Di balas yaa…

  7. #7
    gravatar

    #6: Chindy, akhir Agustus 2005 jarak Mars-Bumi semakin mendekat dan paling dekat akan terjadi akhir Oktober 2005, sedangkan 27-28-29 Agustus yang saya tulis di atas adalah tahun 2003 yang lalu saat Matahari-Bumi-Mars mengalami oposisi.

  8. #8
    gravatar

    Trus kalo udah t9l 27 a9ustus spt itU?
    apa yaN9 terjadi?
    apakaH berbahaya?
    tL9 peNjelasN yah…..

  9. #9
    gravatar

    kok makin tambah bulan makin deket… bisa bisa tabrakan nich.. bencana lagiii:(( huaaaaaaaaaaaaaaaaa……
    harus makan yang banyak.. heuheuheuheuh
    toong kasi tau yang bener yaaaa

  10. #10
    gravatar

    [...] Tahun 2003 pernah saya tulis sedikit informasi tentang oposisi planet Mars. Istilah oposisi dalam bidang astronomi adalah kondisi suatu benda langit berada di belakang pengamat terhadap posisi matahari, untuk kemudahan sering dikatakan ketiga benda langit tersebut berada dalam satu garis dengan posisi pengamat berada di tengah. Tiga tahun lalu planet Mars berada pada oposisi jika dilihat dari Bumi, hingga di malam hari tanggal 27 Agustus planet Mars akan lebih mudah diamati karena akan terlihat sepanjang malam, orbit Mars sedang berada pada jarak terdekat ke Bumi (jarak 0.37271 AU) dan pantulan permukaan Mars tidak kabur (unobscured). [...]

  11. #11
    gravatar

    hahaahahaa ngeliat mars ampe makan pete
    bagggguuuuuuuuus

  12. #12
    gravatar

    wah enak tuh!!!!!!!!!!!!!!
    ada dua bulan dong!!!!!!!!!
    mungkin bumi lagi datang bulan kali makana ada dua bulan!!!!!

  13. #13
    gravatar

    pak/bu,
    bener ngak sih.. katanya mars dekat dengan bumi tgl 27 august 2006.. katanya jaraknya 34.650.000.000 mile = 56 jt km?

    tolong jawab ya

  14. #14
    gravatar

    sory nol nya kebanyakan, harus nya 34.650.000 mile

  15. #15
    gravatar

    jarak ini bisa keliatan denga mata telanjang atau dengan binocular gak?

  16. #16
    gravatar

    Assalaamualaikum warahmatullaahi Wabarakaatuh…
    Mulailah memandang fenomena alam ini dengan pendekatan agama, jangan melulu dengan pandangan teori teori dan teknologi, Jagat Raya ini ada YG Mengatur, Mengontrol

    Ketakutan akan bencana hanyalah salah satu bentuk ketakutan manusia akan mati, padahal mati adalah pasti.

    Manusia ALLAH ciptakan bukan untuk menghuni dunia, paling lama umur saya dan anda anda di forum ini 60 – 70 tahun, perbanyaklah AMAL, Insya ALLAH amal amal ini yg akan menyelamatkan kita di kehidupan yg sesungguhnya.

  17. #17
    gravatar

    artikelnya yang buanyak dong! jadi klo buat tugas skul gampang!

  18. #18
    gravatar

    wahhh…uda basi yahhh…yahhh batal dunk ngeliat 2 bln purnama,
    nahh,,mo nanya ni..kra2 mngkin ga yaa ada kejadian ampe kite2 ngeliat ada 2 bulan purnama??apa aja dahh..mo mars kek,..jupiter kek..mas jupri kek…eeehh salah ketik ya yang terakhir…maaap..maap..

  19. #19
    gravatar

    Wah info baru nih…gue kayaknya baru baca…thanks untuk semuanya

  20. #20
    gravatar

    berita itu cuman hoax

    silahkan baca di : http://direktif.web.id/arc/2006/07/mars-hoaks

  21. #21
    gravatar

    kartika artinya bintang salam kenal …
    blog aku di http://keris.blogs.ie

  22. #22
    gravatar

    #20: Bukan hoax, tapi basbang. Baca tanggal postingan, saya tulis di tahun 2003.

  23. #23
    gravatar

    ahhh, masa sih itu beneran . ga percaya ah ! hehehe
    kalo beneran . that`s so amazing things that i eva seen !

  24. #24
    gravatar

    emmmmmmm bener ya ad planet marss??/ ga boong kaaan , nanti tunggu malem2 tau2 nya ga ad cape deeeeeeeeeeee

  25. #25
    gravatar

    @atas emang bener yang ditulis mas jay 27 agustus 2003 memmang mars terlihat ( ingat 2003 ). bukannnya 2008 , itu cuma HOAX ..stiap tahun juga ada isu sperti itu ….

  26. #26
    gravatar

    Waahhh waahh…
    Berharap bisa datang ke bosscha n melihat peristiwa langka ini…
    Hmmm kapan lagi yaa??
    Anyway, klo ada komunitas yg mau jalan2 ke bosscha boleh gak ikutan….
    Gw orang awam ttg ilmu ini, tp tertarik pada astronomi…

    Terima kasih.
    Mayang
    jeenalathooya@gmail.com

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.