Telanjang Habis di Bawah Satelit

Selasa, 17 Juni 2003M
17 Rabiul Akhir 1424H

Beginilah kira-kira ilustrasi yang ada di film “Enemy of the States”…

DUNIA sudah telanjang. Begitulah ungkapan pakar teknologi pengindraan jauh, Dr. Indroyono Soesilo. Ia lalu membuka komputernya, dan menunjukkan gambar pangkalan Angkatan Laut di Surabaya dari satelit milik Prancis Spot-5 dengan resolusi lima meter. Tampak pool galangan kapal PT PAL yang disandari beberapa kapal perang TNI Angkatan Laut.

Gambar-gambar di ”wilayah sensitif” juga ada. Gambar Istana Negara yang diambil satelit milik swasta Amerika, Ikonos, dan Monumen Nasional menjelang dilangsungkan acara takbiran akbar yang dijepret dengan resolusi satu meter. Resolusi satu meter itu artinya, sebuah benda bisa dilihat jelas bila berukuran minimal satu meter persegi. Jadi, mobil kepresidenan yang sedang diparkir di istana bisa dilihat dari langit. Cuma dengan sekali klik, koordinatnya diketahui.

Dalam serangan Amerika ke Irak, tiga-empat bulan lalu, salah satu kunci keberhasilan bombardir agresor adalah tersedianya peta. Bom-bom pintar Amerika, dengan bimbingan satelit global positioning system, dari ketinggian ribuan meter, bisa tepat menghancurkan Istana Saddam Hussein.

Selama perang tersebut, kata Indroyono, ada tiga satelit sipil yang bisa memberi gambar bagus. Yakni: satelit Quickbird (yang resolusinya 70 cm), Ikonos (resolusi satu meter), dan Spot-5 (resolusi lima meter). Satelit ketiga milik Prancis, dua lainnya milik swasta Amerika Serikat.

Peta-peta digital itu kini dijajakan bebas di internet. Hasil jepretan Quickbird bisa dilongok di situs http://www.digitalglobe.com, Ikonos ada di http://www.istar.com

Peta-peta itu memang dijual untuk tujuan damai. Misalnya perencanaan kota, pengendalian banjir, penambangan mineral, minyak bumi, pengawasan hutan, atau tata guna lahan pertanian. Istar lebih khusus menyediakan peta-peta itu untuk perencanaan jaringan telepon seluler.

Menurut Sebastien Hermil, Manajer Regional Asia Pasifik Istar, saat ini ia baru punya tujuh pelanggan di Indonesia. Semuanya terkait urusan telepon seluler. Apakah militer Indonesia menggunakan data Istar? ”Untuk tujuan militer, saya tidak bisa bicara”, katanya saat pameran IITELMIT, awal Mei lalu, di Jakarta.

Yang jelas, lanjutnya, semua orang bisa mendapat peta-peta Istar lewat internet. Di situsnya, Istar menjajakan peta 2.000 kota di lebih dari 100 negara. Resolusinya bervariasi, mulai 100 meter hingga 25 cm. Di situ dijajakan peta 30 kota besar, dari Banda Aceh, Manado, Bogor, sampai Madiun.

Harga yang ditawarkan Istar lumayan mahal. Peta Jakarta, misalnya, seluas 1.600 kilometer persegi dengan resolusi 20 meter, dijual seharga US$ 9.500 (sekitar Rp80 juta). Harga lebih murah ditawarkan Ikonos. Untuk resolusi satu meter dijual US$ 4 per kilometer persegi. ”LandSat sekarang sedang banting harga, ” kata Indroyono kepada Eric Samantha dari GATRA. Gambar yang umurnya sudah dua tahun, dengan luas 180 kilometer persegi, dijual LandSat hanya US$ 50 (sekitar Rp450.000).

Meski untuk tujuan damai, kemampuan satelit-satelit itu lebih dari cukup untuk keperluan militer. Untuk pertahanan dan keamanan, peta hasil satelit ini digunakan untuk empat hal. Pertama, surveyland, untuk mengetahui adanya gunung, lembah, sungai. Kedua, recognition, ini lebih detail lagi, untuk mengetahui ketinggian gunung dan kedalaman lembah.

Ketiga, detection, untuk mengetahui di lereng gunung itu ada sebuah kampung. Lalu di kampung itu ada rumah, jalan, sawah, jembatan, dan sebagainya. Terakhir untuk identification. Satelit jenis ini bisa mengetahui sawah itu ditanami padi, jagung, atau kacang panjang. Makin detail informasi yang dibutuhkan, makin tinggi resolusi yang dihasilkan satelit tersebut.

Pada 1990, menurut Indroyono, satelit-satelit sipil hanya mampu menyurvei daratan dan pengenalan lapangan. Namun, sekarang satelit sipil bisa dipakai untuk pengidentifikasian. ‘‘Satelit sipil saja sudah bisa, bayangkan satelit mata-mata militer mereka”, katanya.

Apakah ada cara untuk berlindung dari intaian satelit-satelit itu? ”Tidak. Dengan informasi satelit, Indonesia memang sudah telanjang, ” kata Rudolf Wennemar Matindas, Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).

Bakosurtanal juga menjajakan peta Indonesia, baik berupa buku maupun lewat situs internet. Tapi, sebagai lembaga resmi pemerintah, Bakosurtanal lebih hati-hati memberikan foto daerah dan lapangan udara militer. ”Tidak semua kami kasih ke publik. Daerah tertentu bisa kami kamuflase menjadi kebun”, kata Matindas.

Perusahaan swasta asing tentu tidak memiliki batasan serupa. Gambar-gambar istana Saddam Hussein, lokasi pembangkit nuklir Iran Busherh, hasil jepretan Quickbird dan Ikonos, bisa di-download di situs mereka.

”Kalau punya uang, tinggal klik dan download”, kata Indroyono, insinyur teknik geologi dari ITB itu. Gambar detail kota-kota seluruh dunia akan sampai di komputer dalam waktu 24 jam. Dan tagihan ke kartu kredit datang satu bulan kemudian. Tak ada yang bisa melarang dan tak ada yang bisa melacak.

Tentara Indonesia bisa memiliki gambar hasil citra satelit Aceh dengan resolusi tinggi. Namun, mereka harus punya kartu kredit untuk membayar.

Dani Hamdani

[Ilmu & Teknologi, GATRA, Nomor 30 Beredar Senin 9 Juni 2003]

Komentar

134 komentar untuk catatan 'Telanjang Habis di Bawah Satelit'

  1. #1
    gravatar

    tolo lu dapat ini informasi dari mana?

  2. #2
    gravatar

    [...] Wow, ini jelas-jelas terobosan bagus dari NASA untuk mempublish informasi ini ke publik. Saya jadi inget tulisan Jay tentang Telanjang Habis di Bawah Satelit dan sepertinya kehadiran NASA World Wind semakin membuktikan tulisan Jay, sebab semua gambar-gambar yang ada di aplikasi ini merupakan tangkapan gambar dari berbagai macam satelit seperti Blue Marble, Landsat 7, SRTM, MODIS dan berbagai macam satelit lainnya [...]

  3. #3
    gravatar

    kemaren hp gua jatuh di kali, bisa ketemu gak ya?

  4. #4
    gravatar

    tentang anjas mara yang telanjang kirimkan dong

  5. #5
    gravatar

    kok ga ada gambar nya sih?

  6. #6
    gravatar

    biasa aja tuch…………. sirik buanget……khan negara ga rugi….yang rugi yang nanggapin negatif….lebih baik kita rame-rame demo para koruptor… yang nyata-nyata sangat merugikan.menurut gw ga usah terlalu berpura-pura….acuh ajalahhhhhh….tul ga?jangan sampai jiwa seni kita hilang yang yinggal cuma air seni doang

  7. #7
    gravatar

    gambarnya tampilkan dong

  8. #8
    gravatar

    bagaimana cara untuk merapihkan, memasukan poto/gambar di web blog saya merasa kesulitan nih, ditunggu jawabannya rudiana@teras.net.id

  9. #9
    gravatar

    Gimana dengan Google Earth? Google Maps? Yahoo Maps Beta? walaupun Yahoo Maps belum ada kota di Indonesia:D

  10. #10
    gravatar

    Bagaimana kita bisa dowload peta satelit?

  11. #11
    gravatar

    ada enggak info beasiswa?kalo ada tolong kirimkan yaaaaa….? lagi butuh banget niiiii….?

  12. #12
    gravatar

    gimana sih caranya supaya bisa ngeliat kampung kita sendiri melalui internet? kalo di google earth kebanyakan monitor enggak mampu, ada eggk cara lain?bls thank’s

  13. #13
    gravatar

    enaaaaakkk niiiiiiich….! besokkk apalagiiiiiii….. yaa? addddaaaa”’ aj..ja!

  14. #14
    gravatar

    apa loe liat-liattt?

  15. #15
    gravatar

    daku jadi pengen telanjang juga ne.. bro! ayo kita2 telanjang sama2….

  16. #16
    gravatar

    daku jadi mau telanjang juga…bro ayo kita2 telanjang sama2..

  17. #17
    gravatar

    gimana caranya dapet citra yang gratis? tolongin dunk desperated niy…

  18. #18
    gravatar

    Mangkanya ajaran Islam melarang HUS(hubungan suami-istri) di tempat terbuka beratapkan langit(bukan langit-langit) karena bakal kejadian 1 meter persegi dapat dipotret (telah diwanti-wanti oleh nabinya sejak berabad-abad yang lalu). Tau-tau imagenya beredar di Internet. Bisa jadi dengan perkembangan teknologi ini, ‘kamera’ satelit ini dapat memotret hingga 1 centimeter persegi, bakal apa jadinya …..

  19. #19
    gravatar

    gambarnya please, butuh banget nih buat tugas!!!!

  20. #20
    gravatar

    klo gitu bagus donk, gw boleh minta foto-foto kota bogor, jakarta, bekasi, dan tangerang ga?
    gw juga minta foto-foto tanah kosong di kota bogor. mau bangun rumah nih..
    ok bales yah!

  21. #21
    gravatar

    gimana sih caranya supaya bisa ngeliat kampung kita sendiri melalui internet? kalo di google earth kebanyakan monitor enggak mampu, ada eggk cara lain?bls thank’s

  22. #22
    gravatar

    Gambar Anjas telanjang kirim dong!! penasaran nih…….

  23. #23
    gravatar

    tertarik dengan tulisan telanjang habis di bawah satelit bagaimana saya bisa mendapatkan image kota saya yang terpencil di papua? bisa gratis, khan?

  24. #24
    gravatar

    wah telanjang di bawah satelit asik kale….ye…
    teknologi sekarang +keren aja….
    bisa mandi di bawah satelit juga dong?!?!?!?!?!

  25. #25
    gravatar

    Wow, luarrrrrrrrrrrrrrr Biasa…….?
    bisa tidak kontak langsung sate4lit tersebut?
    klo bsa caranya gimana?
    tp klo g bsa di bisakan dong…!

  26. #26
    gravatar

    Kalau udah telanjang, apakah ijin akses informasi wilayah masih perlu ijin lembaga tertentu (jaman dahulu)? Kan kita boleh beli langsung ke provider.

  27. #27
    gravatar

    buka dong gambarnya

  28. #28
    gravatar

    kalau jalan2 kecil, sungai kecil, lembah, gunung aja bisa dideteksi, gempa harus nya bisa juga dong. tapi kenapa gempa diyogya tgl 26 mei 2006 kemarin sampai ngak bisa diprediksi, apa biaya nya terlalu mahal untuk membayar satelit itu?

  29. #29
    gravatar

    gw pngn pnya motor Jupiter MX Euy kumaha nya caranya….
    hehehehe
    oh ya gw pngn bnyk tw tw tentang Pengindraan jauh/citra satelit. coz sesuai dengan jur.kuliah gw.
    kasih gw donk…/
    Lw kan kaya banyak duit nya..
    ok…
    Ni phone gw
    0229135181

  30. #30
    gravatar

    ko’ kg ad gmbarnya…?

  31. #31
    gravatar

    kasih tau dung cara cepat and untuk belajar earth google karena saya susah mo dapatkan program apilikasinya.

  32. #32
    gravatar

    gue nggak tertarik tuchhhhhhhhhh………!!!

  33. #33
    gravatar

    Hmmmmmmmmmmm……………….
    Software mana yg lebih bagus antara Google Earth & World Wind?
    Sama2 bisa lihat kkota2 mana aja, ermasuk Indonesia. Cuma kalo di Indonesia di Google Earth masih banyak tempat yg belum di-map dengan baik. Gimana degnan World Wind? Koat2 Indonesia udah bisa resolusi tinggi belum yah………

  34. #34
    gravatar

    dear all,

    tolong dikirim kan car melihat satelite digitalnya

  35. #35
    gravatar

    Hello, infonya si bagus nih.. btw ada yg punya info buat download / beli softcopy peta jakarta 2006 nga? tp yg bener2 akurat dan tersedia dalam banyak skala (at least 2 skala yg beda). Mohon bantuannya.

  36. #36
    gravatar

    bisa nggak ya? lihat orang disiksa dikubur dengan satelit?

  37. #37
    gravatar

    Web site tlg diperbanyak gambar2 tks

  38. #38
    gravatar

    lagi ngomongin apa sie?

  39. #39
    gravatar

    ga semua nya bisa di liat, karena resolusi tiap daerah beda, rumah ku bisa, tapi geser kecamatan udah ga bisa.

  40. #40
    gravatar

    Semua bisa diliat dong?

  41. #41
    gravatar

    Thanks

  42. #42
    gravatar

    guaaaa gak ngeliaaaaaaat!

  43. #43
    gravatar

    tolon cariin kucing gw nama: rukhyat&dwi cozZ udah 3 hari gak pulang

  44. #44
    gravatar

    kok gak ada gambarnya gak seru and kurang hot………jadinya kan aku gak sangeeeeeeee!!!padahal gw kesini biar w sange……gak bisa praktekin deh..

  45. #45
    gravatar

    Maaf Bang kalau cuma untuk memata-matai Indonesia saya kira nggak perlu harus membayar, cukup dengan koneksi Internet yang memadai (Telkom Speedy mis.), dengan komputer dengan spec minimal:
    Operating System: Windows 2000 or Windows XP
    CPU: Pentium 3, 500Mhz
    System Memory (RAM): 128MB
    Hard Disk: 400MB free space
    Network Speed: 128 Kbits/sec
    Graphics Card: 3D-capable with 16MB of VRAM
    Screen: 1024×768, “16-bit High Color”

    kita cukup mendownload software Google Earth: http://earth.google.com/earth.html. Ver.3 dan Ver.4Beta: http://earth.google.com/earth4.html dapat digunakan oleh “mata-mata amatir” kaya kita asalkan punya koneksi Internet yang memdai. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca: http://earth.google.com/index.html. Trims:-)

  46. #46
    gravatar

    hioh hebat

  47. #47
    gravatar

    Yep. Btol bgt… Gw udah pae google earth dari dulu. Cuman ya itu.. Klo yang versi gratis (bukan yang pro) Gambarnya udah rada lama. Sekitar 1 or 2 thn yang lalu… Tapi tetep asyik kok. Gw aja liat kampus UI bening bgt.. Met donlod deh =)

  48. #48
    gravatar

    piye carane..
    bandrol

  49. #49
    gravatar

    Yep. Btol bgt… Gw udah pae google earth dari dulu. Cuman ya itu.. Klo yang versi gratis (bukan yang pro) Gambarnya udah rada lama. Sekitar 1 or 2 thn yang lalu… Tapi tetep asyik kok. Gw aja liat kampus UI bening bgt.. Met donlod deh =)

  50. #50
    gravatar

    aku pake browser apa yah?:bingung mode: xixixixixi….
    UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER UNKNOWN BROWSER

  51. #51
    gravatar

    gimana caranya liat rolling stone latihan lewat satelit..???
    maklum kami anak band..

  52. #52
    gravatar

    syereeeem ih……………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  53. #53
    gravatar

    Mo foto satelit (pengimderaan) digital kota Bogor dwonk soalnya bwat bhan skripsi gw neh so kl bs gratisan ya (demi dan atas nama pendidikan dan ilmu pengetahuan)
    Thax bgt slmnya….

  54. #54
    gravatar

    Use your brain before talk, folks! Udah disebut resolusi terbaik 70 cm, eh kok ada yang nyari hp, kucing, dll. Good luck, Jay!

  55. #55
    gravatar

    mana foto telanjangnya cewek indonesia asli

  56. #56
    gravatar

    emang indonesia dari dulu telanjang melulu… sekarang sich belum terasa akibatnya, tapi anak cucu kita yang akan mengalaminya……

  57. #57
    gravatar

    oh indonesiaku….

  58. #58
    gravatar

    ini web site yang bagus utk konsultasi mengenai satelit khususnya mengenai penginderaan jauh, maju terus dunia persatelitaan indonesia !!
    tolong bantuin saya dapat peta digital kota bandung dan kota medan lengkap ya. thanks
    fadlan nst

  59. #59
    gravatar

    pakai gogle earth masih kurang baik gambarnya tak bisa lihat tambang Emas Ama Minyak…..kalau bisa aq mau lihat irak….nih…

  60. #60
    gravatar

    tak ada yg bisa merubah nasib bangsa kalau cuma presiden saja,kita harus mulai dari diri kita sendiri.
    “JANGAN SELALU MENGOMENTAR PEKERJAAN ORANG, TAPI JADILAH ORANG YANG DIBERI KOMENTAR.”
    kamu bisa apa,kalo kamu menjadi orang yang suka mengkritik,kamu tak bisa membuat sesuatu yang membanggakan diri sendiri,apa lagi membanggakan bangsa.
    tapi tetap semangat dalam menjalani hidup percaya bahwa tak selamanya bangsa INDONESIA terpuruk ada waktunya INDONESIA bangkit dan menjadi bangsa yang TERBAIK diantara yang TERBAIK.
    MERDEKA…INDONESIAKU…MERDEKA…INDONESIAMU DAN INDONESIA KITA

  61. #61
    gravatar

    Anjing……………..USA anjing…………..pake mata-mata segala………………kalo berany gentel dikit napa……….?

    orang2 pada tw koq klw lw emang cerdas………….tapi lw kaya ANJING………

    artinya………….bisa mencium dan mendeteksi dari jarak jauh,…………tanpa memegang obvjeknya…………..Remote sensing……………Pantas dech klw lw dikasih julukan si Anjing Cerdas,……………..ANJING,………….Lw Ditunggu malaikat malik di NERAKA…………

  62. #62
    gravatar

    Cara mengaksesnya gimana om,
    boleh minta gambar tanah kosong di daerah perumnas Tangerang ga??

  63. #63
    gravatar

    kalo ada kan enak .tapi bisa ga indonesia punya yang kayak gitu
    kalo ada kan enak,enga kita aja yang di intip oleh negara laen
    kita juga bisa ngintip negara laen…..amerika misalnya

  64. #64
    gravatar

    aku download google earth, tapi kok gak bisa diakses, komputerku apa softwarenya yang masih rahasia tuh…
    jawab ya…

  65. #65
    gravatar

    wakakakaka….komp km kurang tinggi kali spek-nya….ak pake HP compaq dc 7100 usdt ma HP compaq Evo D51C biasa aja tuh…bisa liat jogja dg sarkemnya keliatan jelas….surabaya dg gang dolinya….hehehe….

  66. #66
    gravatar

    aku minta foto bokep nya dong

  67. #67
    gravatar

    Adam Air jatuh, kemungkinan merupakan rekayasa Amerika.
    Ada dua skenario:

    1. Amerika ingin membuat detail peta area perairan di sekitar sulawesi dan kalimantan, bisa jadi amerika telah mengetahui ada sumber mineral yang sangat berharga bagi amerika melalui satelit yang mereka punya. Untuk masuk ke area tersebut adalah dengan menembak jatuh pesawat yang melintas dekat perairan tersebut. Sehingga Amerika dapat masuk ke perairan Indonesia dengan alasan membantu pencarian pesawat tersebut.

    2. Amerika ingin meningkatkan Gerakan separatis di Poso.

    Jadi kita harus waspada terhadap semua bantuan amerika dan antek-anteknya tersebut.

  68. #68
    gravatar

    gempa aceh, bom bali, kerusuhan jakarta, runtuhnya WTC, pentagon, pabrik senjata kimia irak, ambon, Papua, dst..dst…

    bukan amerika kalo kelakuannya gak begitu
    invasi ke irak dan afgan salah satu tujuannya juga begitu, karena tidak semua dapat dideteksi satelit radar. terutama lapisan subsurface..

    ciptakan konflik dan bencana, lalu datang bak dewa penolong :)

  69. #69
    gravatar

    Gila Benar,Qt bisa lihat leluasa, tapi ngeri benar k’lo di manfaatin Teroris. hiii…. serem

  70. #70
    gravatar

    Wah asik tu bisa lihat bumi dari satelit , tambah pengetahuan
    gue pingin lihat babe ama nyak kira2x gambarnya gimana ya

  71. #71
    gravatar

    ughh……..jangan2 semua orang berebutan berdiri dibawah satelit

  72. #72
    gravatar

    ini situs kalo bisa nampilin gambar/foto satelitnya indonesia per kabupaten, baru bisa dibilang bagus ini situs !

  73. #73
    gravatar

    kalao mau liat peta2 kabupaten kecamatan sampe kampung2. liata jah di nusaland dot com
    kampung gw ajah keliatan tuh, walopun gambarnya udah 1-2 taon yang lalu ;)

  74. #74
    gravatar

    Terimakasih sebelumnya saya ucapkan kepada semua Crew http://www.yulian.firdaus.or.id yang telah memberi saya pengetahuan tentang satelit.
    Kami adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (NGO) yang sedang membantu korban gempa dan tsunami di Aceh yaitu Muslim Aid Indonesia. Dalam hal ini ingin menanyakan bagaimana cara saya mendapatkan informasi tentang peta-peta satelit yang mendetail untuk wilayah Aceh secara keseluruhan. Hal ini sangat penting bagi kami dalam melaksanakan tugas kemanusiaan ini. Mengingat banyak wilayah-wilayah atau desa-desa target bantuan belum ada Peta Satelitnya.
    Demikian pertanyaan dari kami, atas jawabannya dan bantuannya kami ucapakan banyak terimakasih.

    Wassalam,
    Muslim Aid Indonesia

    Zulfahmi
    CAD Supervisor/Site Supervisor

  75. #75
    gravatar

    i love u jay or yulian…where ever you’re

  76. #76
    gravatar

    saLIHFBDSLgbdN;OIDNO;HKATGN

  77. #77
    gravatar

    Jelek gambarnya

  78. #78
    gravatar

    Microsof udah ngeluarin sofware peta ga ya? Bentar lagi mungkin microsott ngluarin MS-Map.. Kalo buat nyaingin google earth dan gambarnya lebih jelas… Tamatlah privasi…

  79. #79
    gravatar

    Boleh….boleh berhbungan sex di taman kok…asal ada pohonnya….gitu…kalo kelihatan kan gerakan kamu kaku….malu….yang lihat udah biasa…trus digodain….mendingan di tempat yang umpet ja….ada pohonnya….itu aaja ngaak usah mikir lainnya….malu kan bikin susah…ya.
    dokter

  80. #80
    gravatar

    gmne cra cari pcar yg setia y???please dunx cariin w pcar…yg setia ma w……….

  81. #81
    gravatar

    thxs semuanya ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  82. #82
    gravatar

    gmn cara liat kota ku dari satelit ?bisa ngggggggggak motret nya

  83. #83
    gravatar

    satelit itu apaan ya..? kok kayaknya enak dimakan

  84. #84
    gravatar

    satelit tu apaan ya?? kok kayanya enak

  85. #85
    gravatar

    @77 : walah bener neh kampung gw kelihatan di nusaland.com

  86. #86
    gravatar

    pengen ni nonton online langsung dari satelit gmn ya caranya

  87. #87
    gravatar

    aku pingin banget lihat rumahku dari satelit

  88. #88
    gravatar

    YES,AKHIRNYA GUWE BISA CHOY………..

    WUKAKAKA………………….

  89. #89
    gravatar

    SEMOGA DENGAN TEKNOLOGI SATELIT BANGSA KITA BISA MENGIKUTI PERKEMBANGAN DUNIA.CAYOO INDONESIAKU……………………………..

  90. #90
    gravatar

    GEMPA JOGJA BUATAN AMERIKA..
    ada 2 alasan :
    1. Gempa itu di awali dengan letusan yang ada di parangtritis.(api yang mejulang tinngi ke atas yang berwarna merah) atau lihat di rekaman2 amatir saat gempa terjadi.
    2. dengan ada nya gempa tersebut system2 yang ada di yogyakarta mengalami gangguan, sehingga amerika bisa leluasa mengambil kesempatan itu dengan sebaik2nya. BERSATU LAH ISLAM !! BANTAI AMERIKA SERIKAT !!

  91. #91
    gravatar

    Bang Jay,help me donk…
    1.Untuk ngejalanin Google earth apa mesti koneksi internet ?
    2.Apa beda nyang gratis ama nyang bayar ?
    Tolong pencerahannya ya bang,soalnya aku perlu nyang kaya gini nih.thanks berat

  92. #92
    gravatar

    #96: 1. Iya, harus konek ke internet, skala broadband malah.
    2. Versi bayar ada fitur yang lebih, yang engga ada di versi gratis.

  93. #93
    gravatar

    dimana mana yang namanya telanjang itu nggak baek.masuk angin iya.ada ga yang punya duit receh buat beli karung goni.biar ga telanjang.

  94. #94
    gravatar

    Aye awalnye horny n penasaran, eh, pas dibuka, isinye ginian. Ade-ade aje da’ah. aye jadi pengen malu nih. Tapi tengkyu bang Jay udah ngebuke wawasan aye nih bang. Jangan lupe ye bang, kirimin aye hart kopinye ke afie_123@yahoo.co.id. Aye tungguin nih bang Jay. Makasih ye. Salamalekum (Afie)

  95. #95
    gravatar

    Ada info terkait dgn info yg dipaparkan bung jay di http://www.gatra.com/2003-07-07/artikel.php?id=29191 (plus beberapa gambar)

  96. #96
    gravatar

    wah ini mah gosip aja…..
    yangbikin web iseng aja…kurang kerjaan.

    salam

    F

  97. #97
    gravatar

    wew ebat ya skg ad satelit kyk gn…
    tp tlg dnk…kirimin g alamat buat g…satelit yg bisa lihat gerakan manusia di berbagai kota,n kegiatan nya setia hari….dan juga bening… lagi pgn ne lihat kegiatan bonyok…hohoho kirim ke edy_satria@yahoo.co.id
    tq yach

  98. #98
    gravatar

    tolong beritahu bagaimana cara melihat dunia ini secara online/live..
    dlm arti kata,bisa melihat dgn siaran langsung saat itu juga..
    Reply pliz…
    thx..

  99. #99
    gravatar

    Bagaimana caranya untuk mendapatkan peta atau video gidital yang real time, bisa melihat pergerakan benda2 yang ada di bumi.

  100. #100
    gravatar

    Gambarnya tolong dikirim ya!

  101. #101
    gravatar

    mas edy_satria, aku juga setuju usul sampeyan, boleh donk nimbrung mas edy, di cc aja ke aku, he..he..he makasih banyak sebelonnya ya …. (lurahinswa06@yahoo.com)

  102. #102
    gravatar

    aku bingung ni cara kerja situs ini aku jg baru kali ni main internet maklumlah aku dari kampung…..grrrrrrrr

  103. #103
    gravatar

    artikel diatas oke banget, tapi ada yang bisa bantu ga ya? saya mau download peta unuk GPS60 garrmin punya tapi saya kesulitan, ada yang pernah coba mybe bisa bantu saya di The_juray@yahoo.co.id

  104. #104
    gravatar

    good, good. apa lagi kalo bisa tolongin tayangin kota bogor persatu meter persegi, yang baru gitu. soalnya aku lagi tugas akhir ni, butuh banget. tolong ye.

  105. #105
    gravatar

    wow.. keren banget ya.. bisa ngintip (ups)..
    teknologi yang luar biasa harus dibarengi oleh akhlak manusia yang luar biasa juga

  106. #106
    gravatar

    Bisagak lebih yang mendetel masalah ini??????????????????

  107. #107
    gravatar

    gimana sih caranya supaya bisa ngeliat kampung kita sendiri melalui internet? kalo di google earth kebanyakan monitor enggak mampu, ada eggk cara lain?bls thank’s

  108. #108
    gravatar

    bulan september2007 kemaren hp gue ilang tipe N90 d surabaya.Padahal itu hp mahal banget & semua data2 penting ada disitu. bisa gak ya????????????? bales donk!!!!!!!!!!!!!!

  109. #109
    gravatar

    lase kau yang tulis kata tolo diatas, weh lase kau tidak ada tolo kah?. pukimai kau besar sekali. kau orang mana?.

  110. #110
    gravatar

    bagi dong info cara melihat bumi lewat internet/satelit…..
    semoga panjang umur dan berberkah…

  111. #111
    gravatar

    kapan ya indonesia punya satelit kaya amerika,biar kita bisa data teroris yg lagi aktiv bikin boom,biar kita juga bisa liat orang yg kita mo liat dari satelit cuma dari peta….

  112. #112
    gravatar

    kalo skrng mungkin, telanjang habis dibawah Google Earth

  113. #113
    gravatar

    Harusnya para ilmuan Indonesia coba-coba mengkopi komponen satelit luar negeri.supaya bisa buat sendiri.
    beli tomat sekilo gitu lho………….
    sumpe”””””””” lho

  114. #114
    gravatar

    kita sebenarnya kurang enak gimana? mau lihat rumah, mobil segala yang ada dibumi ini sangat mudah. satelitnya sudah disiapkan oleh negara amerika.tinggal download googelearth. mau tahu posisi, arah, kecepatan, tujuan tinggal beli gps cuman dibawah dua jutaan rupiah. satelitnya sudah disiapkan oleh negara amerika tinggal pencet, GRATIS. kalau foto satelit tentunya tidak semua tempat difoto setiap tahun! NAMANYA JUGA GRATIS Cooy.

  115. #115
    gravatar

    ternyata teknologi tak selamanya menguntungkan..contoh konkretnya, yah seperti penemuan yang satu ini.Indonesia benar-benar dapat dengan mudahnya ditaklukkan oleh Amerika jika Indonesia tidak segera menguasai mereka.Sebagai warga Indonesia malu donk memanfaatkan barang-barang penemuan Amerika.Kapan kita maju coba..kalo kita terus-terusan malakukan hal bodoh seperti itu????

  116. #116
    gravatar

    mari kita bikin satelit biar bisa nelanjagi orang bule

  117. #117
    gravatar

    selamat dan suport atas forum ini,khusus hp ilang dkali aku ngerasa prihatin masih ada orang yg seperti ini,yg ngk ngerti ini wacana pengetahuan,ini bukan lembaga kepolisian!kalau mau ambil saja diroxy/wtc dijamin nanti kalau ketahuan digebukin masa….ha3x salut buat temen2 yg nambahin info tentang forum ini….trimaksih!

  118. #118
    gravatar

    he……….ikutan dong kayak orgil yg mw dtipu kyak lo..lo gt..
    liat cara gue dong liat orang telanjang dari ssatelit….

  119. #119
    gravatar

    kek,km to sip2……….
    ,
    emamg lo tau ga stelit to apaan…
    palingan km anakna jadul(jaman dulu) n yg lo tau cma kali doanng.

  120. #120
    gravatar

    sombongnya yang diatas ini ehhhh, tau kokah yang namanya tecnologi… klu tau ko nda usah mi tawwa ko calla (hina) kya tong ko gagah…..

  121. #121
    gravatar

    gambarnya.boax banget nich,kabarnya satelt google kna petir.tpi masa aih satelit kena peir,

  122. #122
    gravatar

    gile satelit kena petir? emangnya orbitnya setinggi layangan apa he he …

  123. #123
    gravatar

    kemajuan teknologi di dunia memang hrs diacungi jmpol tapi inget pertimgkn dulu apa segi negatifnya jg cuma positifnya aja. kapan indonesia mo maju dlm bidng teknologi klo pejabatnya korup semua?

  124. #124
    gravatar

    bagus buat kemajuan teknologi dan hal yang positif

  125. #125
    gravatar

    aku setuju kalo indonesia mampu buat sendiri satelit canggih

  126. #126
    gravatar

    apa aq bisa pinjem kameranya melalui internet.aq mau lihat semua negara.khususnya GLOBAL WARMING di Kutub utara.

  127. #127
    gravatar

    iseng2 mampir sini. sebenernya postingnya bagus, cuma kok yg komentar pikirannya aneh2 deh? jadi ngerusak suasana. ada yg ngeres, ada yg OOT, ada yg nanya jodoh…duh!

  128. #128
    gravatar

    Kalo USA bisa kita juga pasti bisalah. kalo merasa ditelanjangin ya balas aja, telanjangi meraka. Buat yang mampu dan mau ngecoba, ayo kita coba lihat amrik lewat satelit.

  129. #129
    gravatar

    wah semakin lama nggak ada privacy ya. nggak kebayang era cucu2 kita nanti.

  130. #130
    gravatar

    wah…..klo dijabarkan secara detail dlm penggunaanya, kita bisa ngeliat yang aneh2 dimuka bumi ini…..hehehe,apalagi ngeshot bule yg lagi bejemur di pantai kute, bali

  131. #131
    gravatar

    coba lihat di google eart sekarang sudah 3 D walaupun cuma gambar animasi tapi lumayan bagus lo…bisa bisa cari kapal titanic…..coba ketik aja….

  132. #132
    gravatar

    maju terus,semangat truz tuk memajukan bangsa indonesia yg kita cintai ini” & exspresikan tehnologi untuk kemajuan bangsa,melalui tehnologi satelit/internet,,,, yg ada demi kemajuan jaman!!!!!!! :)

  133. #133
    gravatar

    Jaman sudah berubah, kita duduk saja sudah bisa lihat wajah dan bicara sama saudara, teman yang letaknya jauh….. dibelahan dunia, Nah ini ni….. ada nggak ya nanti teknologi misalkan nonton film orang goreng ayam, bau masakan itu juga sampai ke kita…. syukur ayam gorengnya …. he .. he .. hee.

  134. #134
    gravatar

    Itulah kecanggihan teknologi. siapa yang menguasai teknologi akan menguasai dunia.

Tulis komentar

XHTML: Anda dapat menggunakan tag-tag berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Untuk menampilkan gambar/icon avatar anda silakan daftarkan alamat email di Gravatar.